Home REVIEW Review realme narzo 50, Smartphone Gaming Pemula Berlayar 120Hz

Review realme narzo 50, Smartphone Gaming Pemula Berlayar 120Hz

realme narzo 50 foto utama

tabloidpulsa.id – Bersama dengan diluncurkannya realme GT 2 Pro jelang Ramadhan 2022, realme Indonesia juga memperkenalkan produk yang disasar untuk kelas lebih rendah, yakni seri narzo terbaru, realme narzo 50. Disasar untuk anak muda yang hobi bermain game, ponsel entry level ini dilengkapi dengan chipset mumpuni, desain stylish, kamera lebih dari sekedar ada dan layar yang memanjakan mata.

Kami curiga nama realme narzo 50 diambil dari resolusi kamera kelas flagship-nya realme yang dibawa oleh ponsel ini. Tapi boleh jadi tidak nyambung sama sekali. Namun yang pasti pihak realme mengklaim bahwa sistem kamera yang dibawa adalah sistem yang sama dengan yang digunakan di seri GT 2. Minimal di bagian sensor.

Tapi, bukan soal kamera saja yang menarik perhatian kami. Dengan harga yang disematkan padanya, ponsel ini menyuguhkan performa gaming yang mumpuni dengan dukungan layar berteknologi refresh rate 120Hz.

Harga: Rp 2.499.000
Pilihan Warna: Speed Blue & Speed Black (yang kami review)
Paket Penjualan: Smartphone narzo 50, silicon case, Charger adapter Dart Charge 33W, kabel data USB Type C, buku manual, pin ejector

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)164.1 x 75.5 x 8.5 mm / 194 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)realme UI 2.0 berbasis Android 11
Supported storage eksternalYes, MicroSD card
Layar inci – Tipe Screen6.6 inci, ~90.8% screen-to-body ratio, 1080 x 2412 pixels, IPS LCD, 120Hz
Prosesor/ CPUMediatek Helio G96 (12nm); Octa-core (2×2.05 GHz Cortex A76 + 6×2.0 GHz Cortex A55), GPU: Mali G57 MC2
RAM & Internal Storage4 GB RAM/ 64 GB ROM  
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang triple: 50 MP f/1.8 Main Camera 2 MP f/2.8 B&W 2 MP f/2.4 Super Macro Video: 1080p@30fps, 720p@30fps, Slo-Mo up to 120fps   Depan Single: 16 MP f/2.1 Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh Li-po (non-removable), 33W Dart Charge

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyTidak4K video recordingTidak
NFCTidakVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

PLUSMINUS

Baca Juga:  Review Tecno Phantom X: Benchmark Kemampuan Merek Baru
KelebihanKekurangan
*Desain menarik dengan pewarnaan yang baru lagi.
*Back cover glossy namun tidak licin.
*Layar cerah dan menawarkan 6 tingkat refresh rate yang disesuaikan dengan skenario tontonan, up to 120Hz.
*UI enak dilihat dan digunakan, menawarkan banyak fitur optimalisasi.
*Baterai berkapasitas besar.
*Kamera dengan banyak fitur.
*Pengisian daya cepat Dart Charge 33W.
*Tidak ada pilihan rekam video 60 fps.
*Belum ada NFC.

Desain
Tidak terlalu banyak perubahan dari desain narzo dan produk realme lain sebelumnya, realme narzo 50 dibuat dengan konsep yang tetap mempertahankan kerampingan meskipun disebut membawa kapasitas baterai besar. Hal ini akan mempermudah pengguna ketika berinteraksi dengan layar sentuh ponsel, terutama dengan menggunakan satu tangan.

Namun tetap saja ada pembeda yang menjadikan produk ini unik. Di bagian back cover, realme narzo 50 mengusung pewarnaan dan tekstur yang disebut kevlar speed design. Dimana bagian tengah dari belakang smartphone ini diberi aksen mirip tekstur serat karbon, atau carbon fiber. Mengingatkan kita pada desain custom mobil-mobil street racing.

Tesktur ini kemudian dilapisi dengan plastik glossy transparan. Halus, namun terasa tidak licin bahkan cenderung kesat, sehingga memberikan grip saat digunakan meskipun tangan kita dalam keadaan basah berkeringat.

narzo 50 juga membawa fitur keamanan berupa sensor sidik jari yang diletakkan bersama dengan tombol power. Berada di samping kanan ponsel, menjadikannya mudah diakses dan memberikan respon yang cepat ketika digunakan.

Layar
realme narzo 50 membawa layar 6,6 inci dengan resolusi 2412 x 1080 pixel atau masuk dalam kategori FHD+. Membawa panel jenis IPS LCD, tampilan yang disuguhkan terasa sudah cukup memuaskan dengan kecerahan di angka 480 nits dan ratio layar ke body ada di angka 90.8%, mendominasi bagian depan smartphone ini.

Dengan menyelipkan kamera dalam desain single punch hole, layar menjadi terasa lebih luas dan akomodatif terhadap segala jenis kebutuhan. Termasuk buat nge-game ataupun nonton tayangan video dan streaming.

Tapi sejatinya, teknologi pada layar ponsel ini lah yang membuatnya menjadi layak diperhitungkan. Di kelasnya, narzo 50 sanggup memberikan setidaknya 6 pilihan refresh rate layar sesuai dengan kebutuhan, untuk memberikan pilihan pada sistem dalam menghemat baterai.

Baca Juga:  Review Asus ROG Phone 5 – Tercipta Untuk Gamer Kompetitif

Kita ingat, fitur ini juga pernah dibawa oleh realme 9 series. Dimana layar smartphone ini membuka semua kemungkinan refresh rate, dari 30 Hz, 45 Hz, 48 Hz, 50 Hz, 60 Hz, 90 Hz dan 120 Hz. Dari standar untuk menonton media di timeline sosial media, tayangan yang setara TV analog, bermain game, hingga kenyamanan saat menggeser-geser layar timeline media sosial.

Software
realme narzo 50 hadir dengan membawa realme UI 2.0 berbasis Android 11. Sekedar mengingatkan, UI ini menawarkan kesederhanaan tampilan dan semua hal yang bersifat efisiensi. Mulai dari penggunaan space hingga ikon yang bisa dipersonalisasi. Namun menariknya, secara default realme UI ini masih menawarkan app tray, itu loh sebuah ruang dimana semua app yang terinstal akan berkumpul, tidak hanya di home screen seperti biasanya.

Sejumlah fitur penting dan bermanfaat dihadirkan oleh realme UI 2.0 ini. Termasuk salah satunya untuk kebutuhan nge-game yang disebut Games (dulu bernama Game Space). Juga untuk pertama kalinya fitur Virtual RAM (DRE) hadir di perangkat narzo. Memungkinkan kita untuk meminjam besaran memori internal untuk dijadikan RAM sementara ketika dibutuhkan.

Menariknya fitur ini pernah disebut tidak bakal hadir di varian yang memori internalnya kecil atau di bawah 128GB. Seperti pada realme 8i yang pernah kami review sebelumnya (link). Saat kami review pun, realme narzo 50 varian 4/64GB yang ada di meja redaksi tidak memiliki fitur ini.

Tapi kabar baiknya, berdasarkan informasi yang kami dapat, realme akan menghadirkan fitur ini di pembaharuan software over the air alias OTA untuk varian 4/64GB, dengan dukungan tambahan RAM bisa sampai 3GB. Menarik untuk ditunggu.

Performa Hardware
Buat urusan performa, narzo 50 nampaknya sudah bisa memberikan performa maksimal di kelas harga yang ia tempati. Untuk mewujudkannya, realme telah menyematkan chipset besutan Mediatek, yakni Helio G96. Sebuah chipset yang sering sekali digunakan oleh ponsel yang mengejar performa pada masanya, terutama di pertengahan akhir 2021.

Chipset ini membawa prosesor 8 inti dengan konfigurasi big.LITTLE 2 berbanding 6. Dimana 2 core untuk performa terdiri dari 2 inti cortex A76 2.05GHz dan 6 core efisiensi terdiri dari 6 inti cortex A55 2GHz. Di atas kertas sih sudah menjanjikan, meskipun dilihat dari tipe inti performance memang tertinggal 2 generasi dari kebanyakan chipset 5G yang hadir di tahun ini. Keputusan yang harus ditempuh dan sangat bisa dimengerti, terutama saat dihadapkan dengan harga perangkat.

Baca Juga:  Review realme narzo 30A: Powerful Gaming di Kelas 1 Jutaan

Chipset ini pun membawa GPU yang sudah teruji, yakni Mali-G57 MC2. Dan merupakan satu-satunya di kelas ini yang membawa dukungan refresh rate layar hingga 120 Hz.

Varian yang kami review membawa RAM sebesar 4GB, dan ROM atau memori internal 64GB. Seharusnya sih sudah mumpuni, karena toh ponsel ini juga membawa slot memori tambahan yang terpisah dari 2 slot SIM Card yang tersedia.

Nilai Antutu yang mendekati angka 300 ribuan, atau berkisar dari 260 ribu ke atas sudah bisa dibilang mumpuni. Baik untuk harga yang ditawarkan, maupun untuk kebutuhan real-nya. Jadi Anda bisa membayangkan sendiri bagaimana ponsel ini bisa memberikan kepuasan di sisi performa tersebut.

Baterai
narzo 50 dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh. Dengan efisiensi yang ditawarkan oleh software alias realme UI 2.0, maka kapasitas ini sudah cukup untuk mendukung kinerja ponsel selama dua harian tanpa harus melakukan pengisian daya ulang.

Namun ketika kita membutuhkan pengisian daya ulang yang efisien, smartphone ini pun menyediakan teknologi pengisian daya cepat in-house milik mereka yakni Dart Charge. Dengan daya maksimum di 33W.

Dengan Dart Charge 33W ini, kita bisa mengisi daya ponsel dari nol hingga 100% hanya dalam waktu 70 menit. Karena merupakan teknologi dalam ekosistem yang tertutup, maka realme telah menjamin keamanan pengisian daya ini, baik secara hardware maupun software.

Kamera
Tibalah kita ke bagian yang nampaknya bakal memberi kesan positif terhadap ponsel narzo 50, kamera! Smartphone ini membawa konfigurasi 3 kamera, terdiri dari kamera utama 50MP dengan aperture besar di f/1.8, bakalan mampu menyerap cahaya lebih banyak dan dengan perbesaran maksimal di 4x, bakal siap mengambil gambar dari jauh tanpa kehilangan kualitas.

Berikutnya ada kamera Makro dengan bukaan f/2.4. Digunakan untuk mengambil gambar dari jarak dekat hingga 4cm. Dan terakhir ada kamera B&W dengan bukaan f/2.8 untuk kebutuhan memberi efek artistik khas foto street yang biasa dibawa oleh ponsel-ponsel realme.

Di sisi software kamera narzo 50 juga menyediakan sejumlah fitur pintar yang dibantu oleh AI, semisal Color Portrait, Dymanic Bokeh, dan sejumlah efek tambahan di bagian mode portrait. Akan sangat familiar bagi para pengguna realme tentunya.

Lalu ada mode pengambilan foto 50MP. Mengabadikan gambar dengan resolusi maksimal yang bisa diraih, menghasilkan sebuah foto dengan kepadatan yang tinggi dan detil. Sehingga aman ketika harus di-crop karena tidak banyak mengurangi kualitas foto hasil crop-an tersebut.

Dalam hal perekaman video, kamera utama ini hanya menyediakan 2 opsi resolusi yakni 1080p (FHD) dan 720p (HD) yang masing-masing dapat merekam dalam framerate 30 fps. Kecuali, kalau kita akses mode slo-mo, maka kita bisa meraih framerate video di 120fps dengan playback di 30fps.

Bagaimana dengan kamera depan? Kamera depan narzo 50 merupakan kamera single 16MP dengan bukaan f/2.1 dan mampu merekam video dalam resolusi 1080p di 30fps.

front camera

Kesimpulan
narzo 50 merupakan ponsel anak muda yang mementingkan performa, terutama untuk bermain game dengan lancar, namun juga sambil belajar membuat konten di sosial media. Baik performa hardware maupun kamera yang disediakan sudah mumpuni dan mudah dipelajari bahkan oleh mereka yang baru saja memiliki smartphone Android.

realme narzo 50 hadir di Lazada dan silakan klik link berikut untuk informasi lebih lanjut: https://bit.ly/narzo50diLazada

Previous article5 Fitur vivo Y75 5G Untuk Memaksimalkan Hiburan dan Produktivitas
Next articleShopeePay Talk Bagikan Tips Jitu Co-Branding dari Pakar dan Pebisnis
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here