Home REVIEW Review realme narzo 30A: Powerful Gaming di Kelas 1 Jutaan

Review realme narzo 30A: Powerful Gaming di Kelas 1 Jutaan

Review realme narzo 30A

tabloidpulsa.id – Layaknya smartphone realme narzo Series lainnya, perangkat terbaru ini pun mengedepankan kemampuan gaming. Bukan tanpa sebab, slogan “Power Up The Game” yang dibawanya cukup jelas menunjukan hal tersebut. Terutama dengan kehadiran chipset MediaTek Helio G85 di narzo 30A ini.

Seperti yang tercantum di data teknis chipset MediaTek Helio G85, salah satu keunggulan utama yang ditawarkannya memang difokuskan pada kemampuan gaming. Untuk mendukung hal tersebut, realme narzo 30A juga menyertakan baterai berkapasitas monster yang memiliki daya tahan lebih dari satu bulan.

Oiya, smartphone yang tampil dengan desain trendi dan beda dari yang lainnya ini sudah mulai tersedia di pasaran tanah air loh. Anda yang ingin mendapatkannya bisa langsung mencarinya di official online store realme Indonesia di Shopee, akulaku atau realme.com/id.

Untuk harga, realme narzo 30A pun dibanderol dengan label harga yang tergolong cukup terjangkau, yakni sekitar 1 jutaan. Lantas, setrengginas apa ya performa realme narzo 30A ini? Cek dulu review realme narzo 30A berikut ini.

Paket Penjualan : Handset, Adapter Charger, Kabel USB Type-C, Buku Manual, Kartu Garansi, SIM Ejector
Warna : Laser Blue, Laser Black
Harga : Rp 1.899.000 (4/64GB), Early Bird/Flash Sale Rp 1.799.000

Performa Gaming Terbaik dengan Helio G85

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, realme narzo 30A digadang-gadang akan menjadi smartphone gaming terbaik di kelas harga 1 jutaan. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran chipset MediaTek Helio G85.

Jeroan ini dibangun berdasarkan pabrikasi 12nm dan tersusun atas prosesor Octa-core 2×2.0 GHz Cortex-A75 dan 6×1.8 GHz Cortex-A55. Untuk mendapatkan performa yang lebih kuat dalam menampilkan grafis game mobile, realme juga mengkolaborasikannya dengan GPU ARM Mali-G52.

Kolaborasi ini diklaim akan sanggup menghadirkan sensasi bermain game yang lebih bertenaga. Untuk membuktikan hal tersebut, kami mencobanya dengan memainkan sejumlah game favorit anak muda masa kini. Mulai dari Mobile Legends, AoV, PUBG Mobile dan Free Fire bisa dieksekusi dengan maksimal.

Sensasi menikmati permainan yang lebih seru dengan akselerasi terbaik, tanpa takut terganggu oleh aktifitas lain di narzo 30A, realme juga menanamkan Game Space.  Untuk bermain online, realme narzo 30A juga menyertakan fitur network acceleration yang kabarnya bisa mereduksi delay hingga lebih dari 80%.

Performa hardware yang dimiliki oleh realme narzo 30A ini pun tidak lepas dari dukungan memori yang cukup luas. Kebetulan, unit review realme narzo 30A yang PULSA terima merupakan varian dengan RAM 4GB dan ROM 64GB.

Secara keseluruhan, Helio G85 yang disokong oleh realme narzo 30A ini benar-benar bisa diandalkan untuk menikmati game dengan mulus. Bagi yang masih penasaran, kami juga melakukan uji benchmark menggunakan beberapa aplikasi dengan hasil yang tentu saja cukup memuaskan.

Berdasarkan catatan kami dari review realme narzo 30A, aplikasi AnTuTu versi 8.5.6 membukukan skor yang cukup tinggi untuk realme narzo 30A. Dari beberapa kali benchmark, didapat nilai rata-rata di angka 200 ribuan. Anda juga bisa melihat hasil benchmark dengan aplikasi lain di tangkapan layar berikut ini.

Baterai 6000 mAh + 18W Fast Charging

Baca Juga:  Catat Tanggalnya! 15 Juni realme C53 NFC Bakal Hadir di Pasaran

Membahas performa hardware tentu saja tidak akan lengkap tanpa menyinggung sistem power. Dan di narzo 30A ini realme sangat percaya diri dengan menjejalkan baterai berkapasitas monster. Ya, tidak-tanggung-tanggung baterai 6000 mAh pun ditanamkan ke bodi realme narzo 30A.

Lewat kemampuan manajerial sumber daya yang handal dari realme, baterai realme narzo 30A sanggup menghadirkan daya tahan yang mumpuni. Untuk penggunaan normal, baterai perangkat ini bisa menyediakan waktu operasional lebih dari sehari untuk satu kali pengisian daya.

Bahkan berdasarkan hasil tes realme Lab sendiri, baterai realme narzo 30A ini mampu bertahan selama 46 hari dalam mode siaga. Berdasarkan hasil tes ketahanan baterai, untuk telpon bisa selama 52 jam. Untuk memutar lagu di aplikasi streaming music semisal Spotify bisa mencapai 114 jam.

Sementara untuk game dapat bertahan 10 jam, WhatsApp-an bisa sampai 28 jam dan streaming YouTube hampir 27 jam.

Jika dirata-rata, kemampuan baterai realme narzo 30A ini jauh lebih baik dari beberapa flagship apalagi smartphone di kelas yang sama.

Tidak hanya itu, realme narzo 30A juga menanamkan teknologi pengisian daya yang cukup tangguh yakni 18W dan bisa mengisi baterai lebih cepat dari teknologi charging standar. Satu lagi yang cukup penting, perangkat ini juga ternyata didukung kemampuan untuk mengisi daya gadget lain lewat fitur reverse charging via kabel USB OTG khusus.

Untuk mendukung kemampuan baterai, realme juga menanamkan sejumlah fitur khusus seperti App Quick Freeze, Screen Battery Optimization. Sebagai tambahan, ada juga Sleep Standby Mode untuk menghemat daya ketika tidur.

Jika ingin daya tahan lebih lama lagi, Anda dapat mengaktifkan Super Power Saving Mode  atau Power Saving Mode yang akan mengurangi tingkat kecerahan layar, mempersingkat waktu layar-mati ke 15 detik dan menonaktifkan sinkronisasi di latar untuk lebih jauh memperpanjang masa pakai baterai.

Tak hanya itu, dalam kapasitas baterai tersisa 5% saja, realme narzo masih dapat menjalankan fungsi telepon hingga 2,5 jam, memutar musik selama 6 jam, membalas pesan di WhatsApp selama 80 menit, hingga menambah waktu siaga selama 3 hari.

Desain Trendi

realme narzo 30A hadir dengan kemasan yang baru. Biasanya kotak penjualan realme berwarna kuning, kali ini realme mengemasnya dengan warna dominan biru dengan aksen tulisan putih. Kemasan baru ini mewakili karakter anak muda yang unik: energik, berani, dan cerdas.

Saat pertama kali melihat realme narzo 30A yang dikeluarkan dari kotak penjualannya, kami langsung berdecak kagum. Bukan hanya karena baru pertama kali melihat smartphone entry level dengan desain keren, tapi realme narzo 30A memang benar-benar menyuguhkan sesuatu yang lain dari biasanya.

Di bagian belakang, cover realme narzo 30A terlihat layaknya smartphone premium. Ada dua bagian tekstur yang berbeda. Sepertiga di atasnya terlihat polos, sementara sisanya memiliki struktur dengan garis diagonal.

Konsep garis ini memperlihatkan struktur yang menyerupai efek gelombang, yang tampilannya bisa sangat jelas terlihat dari berbagai sudut. realme sendiri menegaskan bahwa sensasi visual terbaru ini mengingatkan pada sebuah pergerakan dan menunjukan gaya yang bebas.

Baca Juga:  Xiaomi Redmi Note 9 5G, Seri Note 9 Dengan Dukungan 5G

Desain terbaru dari realme ini sangat jelas menggambarkan karakter anak muda yang enerjik dan bebas mengekspresikan gaya hidupnya. Bahkan, konsep desain yang bisa dibilang trendi ini sangat mudah untuk dikenali sebagai ciri khas realme narzo 30A.

Tulisan narzo yang berada tepat di bagian atas sisi bergelombang, dan diapit oleh kompartemen kamera belakang dengan susunan berbentuk kotak, menambah apik tampilan keseluruhan realme narzo 30A.

Tidak hanya unik, struktur desain realme narzo 30A ini juga memiliki permukaan yang terasa kesat dan membuatnya cukup mantap digenggam maupun diletakkan dimana saja. Struktur bodinya pun terasa solid dengan permukaan bodi bagian belakang berkonsep curve.

Poin plusnya, realme narzo 30A hadir dalam beberapa pilihan warna trendi yang pastinya cocok banget untuk anak muda sebagai pelengkap fesyen. Kebetulan, unit review realme narzo 30A yang kami terima merupakan varian warna laser blue.

Layar Luas  

Tidak hanya ciamik di bagian belakang, realme narzo 30A juga menghadirkan sentuhan istimewa untuk sisi depan. Perangkat ini memiliki layar dengan bidang yang luas. Berdasarkan data teknis, bentang layar realme narzo 30A berukuran 6,5 inci berkonsep mini-drop dan punya rasio layar 20:9 dengan rasio bodi-ke-layar 88.7%.

Dengan bidang pandang yang luas ini, realme narzo 30A pastinya akan sanggup memberikan pengalaman yang lebih maksimal untuk menikmati multimedia dan game.

realme sendiri menerapkan teknik pelapisan layar dengan proses tumpukan yang ditingkatkan, berdasarkan fungsi yang secara kreatif mendesain bagian-bagian dan komponen lebih dekat satu sama lainnya. Alhasil, area poni jadi terlihat lebih mungil 30,9% dibanding model layar dewdrop.

Meski begitu, masih ada sedikit kekurangan yang sebenarnya tidak terlalu mengganggu. Bagian dagu narzo 30A memiliki area hitam yang masih terlihat cukup lebar. Beberapa kalangan bisa jadi akan menyoroti bagian kecil ini.

Oiya hampir lupa, layar perangkat ini memiliki resolusi HD+ dengan jenis IPS LCD yang dibekali dengan sederet fungsi personalisasi serta teknologi yang ramah mata. Pertama, layar realme narzo 30A sudah menyertakan Dark Mode dengan pengaturan yang cukup fleksibel. Kedua, layar perangkat ini juga telah mendukung Eye comfort untuk kenyamanan mata.

13MP AI Dual Camera + Nightscape Mode

Meski bukan menjadi fitur yang paling dijagokan. Namun, realme juga tetap memperhatikan sektor kamera. Di realme narzo 30A, realme menanamkan AI Dual Camera dengan susunan 13 MP kamera utama yang memiliki aperture besar f/2.2 untuk memberikan cahaya ekstra ketika memotret malam hari, dan 2MP kamera B/W.

Menariknya, meski masuk dalam kategori smartphone entry level, nyatanya realme narzo 30A ini didukung pula dengan kemampuan tersebut. Dengan mengaktifkan Mode Super Nightscape, Anda dapat mengambil bidikan malam yang cerah dan jernih tanpa tripod. Di review realme narzo 30A ini, kami juga mencoba fitur tersebut.

Night Mode
Outdoor Normal
Indoor normal

Filter malam yang sempat hadir di realme 7 series juga dihadirkan di realme narzo 30A ini. Filter malam Flamingo, Cyberpunk dan Modern Gold masing-masing memiliki gaya uniknya, membuat bidikan ke level berikutnya tanpa repot mengedit dengan aplikasi pihak ketiga.

Baca Juga:  Berbekal Sony IMX766 dan OIS, Ini Dia Hasil Photo Low Light realme 9 Pro+

realme narzo 30A juga menyertakan fitur Chroma Boost, yang menghasilkan foto yang lebih berwarna, natural dan menarik. Sementara untuk kebutuhan selfie, ada kamera depan 8MP yang dilengkapi AI Beauty, Portrait Mode, dan fitur lainnya untuk membuat hasil jepretan benar-benar menonjol.

realme UI

Smartphone terbaru realme ini juga sudah membawa antarmuka terbaru yang khusus digarap oleh realme sendiri yakni realme UI. Dan basis platformnya menggunakan Android 10. Jadi tidak heran jika karakter tampilan di perangkat ini terlihat lebih segar dan cukup mulus saat ditelusuri.

Tidak hanya dari sisi tampilan, personalisasi serta fitur pendukung realme UI terbaru ini pun cukup berlimpah. Mulai dari hadirnya opsi terbaik untuk meningkatkan performa layar, hingga fitur-fitur pendukung yang bisa dimanfaatkan anak muda.

Beberapa diantaranya yang bisa jadi sangat berguna adalah Mode Ganda untuk Berbagi Musik (Dual Mode Music Share) sangat berguna ketika dua pengguna mencoba menikmati video atau lagu yang sama pada waktu yang sama dari perangkat yang sama.

Anda dapat menghubungkan sepasang earbud nirkabel dan earphone kabel secara bersamaan, sehingga Anda berdua dapat mendengarkan lagu yang sama yang diputar dari smartphone realme yang sama.

Fitur ini didukung jika satu pengguna mendengarkan musik dalam Bluetooth dan headphone kabel secara bersamaan. Lalu, jika satu pengguna sedang menelepon melalui Bluetooth, pengguna lainnya tetap dapat mendengarkan musik melalui perangkat kabel.

Ada juga App Cloner yang memungkinkan pengguna menduplikasi beberapa aplikasi. Dengan fitur ini, di realme narzo 30A bisa memiliki dua aplikasi berbeda. Misalnya saja Facebook, Instagram, WhatsApp, Telegram, Messenger, Skype dan sebagainya.

Untuk pengguna baru yang ingin berganti dari smartphone lain ke realme narzo 30A, bisa juga memanfaatkan fitur Clone Phone. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengkopi semua data dari smartphone lama dengan cepat loh.

Real Quality

realme mengklaim bahwa setiap smartphone-nya, mulai dari flagship hingga entry level, termasuk realme narzo 30A mengusung Real Quality sebagai standar ketahanan produk. Tiap realme narzo 30A telah melewati standar pengujian yang ketat sebelum dipasarkan untuk membuktikan bahwa smartphone tersebut dalam kualitas prima dan tahan lama. realme berkomitmen untuk memberikan ketenangan bagi setiap pengguna dengan harga terbaik yang bisa mereka dapatkan.

Kesimpulan

Slogan “Power Up The Game” yang diperkuat oleh kehadiran chipset Helio G85, rasa-rasanya memang sangat pas disandang oleh realme narzo 30A. Dengannya, smartphone ini mampu menghadirkan performa gaming yang mumpuni.

Dukungan daya tahan baterai yang powerful, desain yang trendi serta layar luas menjadi nilai jual yang patut pula untuk dipertimbangkan. Terlebih, banderolan harganya pun bisa dibilang sangat terjangkau yakni hanya sekitar 1 jutaan saja. Dan itu semua tentu saja bisa menjadikan realme narzo 30A sebagai smartphone gaming paling layak beli.

realme narzo 30A sudah dapat dibeli di platform e-commerce seperti Shopee, akulaku dan situs resmi realme dapatkan juga free paket data sebesar 36GB dari Indosat dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Spesifikasi realme narzo 30A:                                    :

Dimensi & Berat (mm&gram)164.5 x 75.9 x 9.8 mm/207 gram
SIM & JaringanDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by); 4G LTE/HSPA+/3G/2G
Sistem Operasi (OS)Android 10 + realme UI
Memori eksternalmicroSD up to 256GB
Layar inci – Tipe Screen6.5 inci IPS LCD, HD+ (720 x 1600 pixels),~270 ppi; Aspect rasio 20:9
Prosesor/ CPUOcta-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55), MediaTek Helio G85 (12nm) / Mali-G52 MC2 GPU
RAM & Internal Storage4GB RAM / 64GB ROM
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang (Dual): 13 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/3.06″, 1.12µm, PDAF + 2 MP B/W, f/2.4; LED flash, HDR, panorama Video: 1080p@30fps Depan: 8 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/4″, 1.12µm, HDR Video:  1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)Li-Po 6000 mAh (non-removable), 18W Fast Charging, Reverse Charging

Fitur Utama realme narzo 30A:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaDual Kamera BelakangYa
NFCTidak4K video recordingTidak
InfraredTidakVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYaRadio FMYa

Kesimpulan Plus Minus (+/-)     :

KelebihanKekurangan
Desain Trendi
Helio G85 Gaming Performance
Baterai 6000 mAH + 18W fast charging
Layar luas
Fitur kamera standar
Speaker mono
Paket penjualan standar (tidak ada softcase dan earphone)

Previous articleChip Televisi Pintar 4K MT9638 dari MediaTek Didukung AI
Next articleErajaya Mulai Buka Pre-order DJI FPV
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here