Home REVIEW Review realme C21: Tiga Kamera dengan Daya Tahan Prima

Review realme C21: Tiga Kamera dengan Daya Tahan Prima

Review realme C21

tabloidpulsa.idrealme kembali menggebrak pasar smartphone entry level tanah air dengan gacoan terbarunya. Tidak tanggung-tanggung, kali ini realme langsung tancap gas lewat dua produk anyar C-Series yakni realme C25 dan realme C21.

Beruntung, PULSA menjadi salah satu media pertama yang berkesempatan menguji coba produk terbaru realme Indonesia. Kali ini, review realme C21 sudah bertengger di meja uji PULSA dan siap dikupas tuntas.

Oiya…sebagai informasi, realme C21 ini merupakan salah satu smartphone entry level dengan sejumlah keunggulan baru  yang jarang ada di perangkat sekelasnya, terutama di rentang harga satu jutaan.

Pertama, realme C21 membawa sistem manajemen power yang handal dari baterai berkapasitas 5000 mAh. Cukup sesuai dengan karakter C-Series realme yang memang rata-rata mengunggulkan daya tahan baterai.

Kedua, perangkat ini hadir dengan dukungan Triple Camera yang membawa sejumlah fitur unggulan layaknya di kelas mid-end.

Nah, yang ketiga dan paling menarik adalah realme C21 menjadi perangkat entry level dengan dukungan sertifikasi kualitas TÜV Rheinland. Artinya, perangkat ini menjadi salah satu smartphone dengan sertifikasi ketahanan paling terjangkau yang ada di pasaran tanah air.

Lantas, seperti apa sih performa keseluruhan dari smartphone yang membawa slogan “Tiga Kamera. Kualitas Juara” ini? Simak review realme C21 yang lebih lengkap berikut ini.

Desain dengan Sertifikasi TÜV Rheinland

Sebagai brand anak muda, tentunya realme sangat peduli terhadap tampilan. Di realme C21 ini, realme menunjukan sesuatu yang baru dan jarang ada di perangkat entry level. Konsep desain yang dihadirkan realme C21 menunjukan gairah muda yang enerjik lewat konsep geometrik.

Sisi belakang memiliki patern khusus yang kabarnya terinspirasi oleh bentuk jam pasir. Model crosshatch-nya terlihat cukup berani, dan memberikan efek visual yang trendi. Akses ini juga menyerupai pita yang terbentang dari atas hingga ke bawah.

Permukaannya dihiasi tekstrur kesat yang menyerupai pola sidik jari. Pihak realme mengklaim, desain bagian belakang ini tidak akan mudah meninggalkan bekas sidik jari.

Tidak hanya itu, desain bagian belakang ini pun dipercantik dengan modul kamera berbentuk kotak yang belakangan tengah ngetren, dan ikon realme yang posisinya sejalur dengan corong speaker.

Berdasarkan keterangan resminya, realme menerapkan teknik yang lebih maju dengan teknologi mutakhir dari Jerman yang menggunakan mesin ukiran lima sumbu presisi untuk menghasilkan model desain yang apik ini.

Tidak hanya tampil keren, ternyata realme juga mengemas realme C21 dengan standar pengujian kualitas yang cukup tinggi. Bahkan, bisa dibilang terbaik dan pertama kali diterapkan untuk sebuah perangkat entry level.

Bahkan tidak tanggung-tanggung, realme pun berkolaborasi secara eksklusif dengan otoritas dunia dalam hal kualitas yakni TÜV Rheinland untuk menguji realme C21 agar tetap prima walau jangka pemakaian tiga tahun. Dengan dikantonginya sertifikasi kualitas terbaru TÜV Rheinland di realme C21, realme memberikan jaminan yang terbaik bagi konsumen.

Sebagai informasi, sertifikasi keandalan tinggi smarthone TÜV Rheinland berisi 23 pengujian utama, termasuk diantaranya:

  • 10 Skenario Pengujian Penggunaan Harian seperti jatuh, abrasi karena penggunaan
  • 7 Skenario uji lingkungan ekstrim, seperti suhu super tinggi dan rendah, kelembaban tinggi dan rendah, fluktuasi tegangan, masa pakai tombol, listrik statis, tekanan udara
  • Skenario Uji Reliabilitas 6 Komponen

Paling sering ditemukan kasus dalam pemakaian sehari-hari adalah smartphone terpeleset dari genggaman ketika mengeluarkan dari kantong maupun tas, bergesekan dengan kunci atau benda lain ketika di dalam tas atau kantong celana, penggunaan secara rutin cairan hand sanitizer sebelum memegang smartphone dan kondisi hujan.

Dalam masa uji coba di lab TÜV Rheinland dibuktikan, bahwa realme C21 mampu bertahan dari gempuran kasus tersebut. Bahkan, bagian belakang realme C21 yang memiliki tekstur tidak sulit untuk dibersihkan dan tetap prima walau sering bersinggungan dengan cairan kimia atau benda logam.

Soal kenyamanan saat digenggam, spertinya tidak perlu diragukan lagi. Dimensinya pun terbilang pas digenggaman. Tidak terlalu bongsor, juga tidak terasa tebal. Hal ini kami buktikan sepanjang review realme C21.

Layar Mini-drop Ramah Mata  

Selain bodi yang telah mengantongi sertifkasi TÜV Rheinland, desain layar yang diusung realme C21 pun tentunya mendapat jaminan serupa.

Model layar yang diusung realme C21 adalah mini-drop alias tetesan air dengan ukuran poni yang lebih mungil dari biasanya. Untuk layarnya sendiri, realme C21 membentangkan panel IPS seukuran 6,5 inci dengan rasio aspek 20:9.

Meski terlihat masih memiliki lis bezel yang agak sedikit tebal, namun area pandang layar perangkat ini sudah cukup luas. Berdasarkan data teknis, perbandingan rasio bodi ke layar perangkat ini mencapai 89,5%. Untuk yang hobi nonton film atau sekadar bermain game, tentunya akan terasa nyaman dengan kehadiran layar yang hampir penuh ini.

Paling menariknya lagi, layar perangkat ini ternyata juga telah disokong teknologi yang ramah mata. Lewat mode Eye comfort yang dapat ditemukan pada pengaturan display, Anda bisa membuat layar realme C21 jadi lebih ramah mata.

Anda bisa mengatur fungsi tersebut agar selalu aktif terus atau sesuai dengan yang dibutuhkan. Bahkan, Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan fitur Dark Mode. Makin keren aja ini ya layar realme C21.

Poin plusnya, Mode Gelap di realme C21 yang merupakan bawaan dari antarmuka realme UI ini pun mendukung untuk beragam aplikasi pihak ketiga.

Performa Tangguh

realme C21 hadir dengan dukungan MediaTek Helio G35. Chipset ini bisa dibilang tangguh untuk urusan gaming di kelas entry level. Berbekal pabrikasi 12nm, Helio G35 di perangkat ini tersusun oleh prosesor delapan inti Cortex A53 dengan kecepatan 2,3GHz, yang menjadikannya sebagai salah satu prosesor tercepat dan terbaru di kategori pemula.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, prosesor yang diusung realme C21 sangat ideal untuk gamer pemula. Akselerasinya dalam mengeksekusi berbagai fungsi dan aplikasi ponsel, bahkan game kelas menengah terbilang cukup lancar.

Kami juga mencoba memainkan beberapa game yang cukup banyak peminatnya seperti Free Fire, Mobile Legends dan PUBG Mobile Lite. Hampir sebagian besar bisa dimainkan dengan lancar dan tanpa kendala. Apalagi, realme C21 juga menyertakan fitur pemaksimal perfoma gaming yakni Game Space.

Apalagi, perangkat ini pun dibekali dengan dukungan memori yang luas. Di pasaran, realme C21 akan tersedia dalam dua variasi. Pertama dengan RAM 3GB plus ROM 32GB serta RAM 4GB dengan interal 64GB yang sudah mendukung LPDDR4X.

Sebagai tambahan, realme C21 pun dilengkapi slot memori ekspansi microSD dengan kapasitas maksimal 256GB. Posisi slot tambahan ini terpisah dari kompartemen SIM card. Artinya, aka nada 3 baki kartu di realme C21 yang disiapkan untuk 2 kartu SIM operator yang mendukung network 4G LTE dan 1 slot untuk microSD.

Untuk membuktikan performa realme C21 yang diklaim sebagai salah satu perangkat terbaik di segmen entry level, PULSA juga melakukan uji benchmark di review realme C21 menggunakan beberapa aplikasi. Dan rata-rata, hasil pengujian tersebut menunjukan skor yang memang benar-benar memuaskan untuk ukuran smartphone pemula.

Baterai Mega 5000mAh Tahan Lama

Inilah salah satu keunggulan utama dari realme C21. Selain memiliki performa hardware yang cukup tangguh, perangkat ini juga disokong sistem manajemen power yang handal. Kapasitas baterai 5000mAh yang dibawa smartphone ini merupakan ukuran yang sangat besar di segmen entry level.

Untuk penggunaan normal selama review realme C21, baterai perangkat ini bisa bertahan lebih dari dua hari dalam sekali pengisian. Bahkan, berdasarkan pengujian dari realme Lab, baterai yang dimiliki oleh realme C21 mampu untuk bertahan dalam mode standby hingga 47 hari. Wow..luar biasa.

Poin plusnya, realme C21 juga mendukung mode pengisian balik OTG (reverse charging). Jadi, dengan menggunakan kabel konektor khusus perangkat ini bisa menjadi layaknya powerbank untuk mengisi ulang daya perangkat lain.

Hasil Tes Ketahanan Baterai:

 TeleponYoutubeSpotifyInstagramFree Fire
Masa Pakai Baterai44.26 jam21.83 jam94.68 jam17.8 jam7.35 jam

Istimewanya lagi, realme C21 juga dilengkapi kemampuan manajemen sumber power yang handal. Di menu informasi baterai, perangkat ini menyertakan fitur penghemat daya yang powerful. Salah satu pilihannya adalah Super Power Saving Mode.

Berdasarkan hasil uji selama review realme C21, dengan mengaktifkan mode ini Anda hanya akan bisa menggunakan 6 aplikasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun efeknya, daya tahan baterai akan terdongkrak dengan drastis dan bisa bertahan lebih lama lagi.

Hasil pengujian baterai 5% (dalam Mode Super Power Saving Mode):

 TeleponYoutubespotifyWhatsAppstandby mode
Masa Pakai Baterai2.23 jam1.36 jam4.78 jam1.43 jam57.08 jam

13MP AI Triple Camera

Meski secara umum bukan menjadi fitur jagoan paling utama, namun kehadiran tiga kamera di realme C21 menjadi poin plus untuk konsumen entry level. Perangkat ini memiliki kamera utama yang mengadopsi sensor utama 13MP, dengan aperture besar f/2.2 dan mampu menjaring cahaya masuk dengan lebih maksimal untuk menghasilkan jepretan gambar yang lebih jernih dan cerah.

Kamera utama realme C21 juga sudah mendukung PDAF yang mampu menangkap titik fokus dengan cepat dan tepat. Bahkan, sensor utama ini juga didukung kemampuan 4x zoom yang memungkinkan ANda membidik foto dari jarak yang cukup jauh.

Berikutnya adalah lensa B&W dan Retro berkekuatan 2MP, yang memberikan dua efek artistik khusus untuk potret. Lensa ini juga dapat mereproduksi potret dalam warna hitam dan putih, memberikan eksposur yang lebih tinggi dan meningkatkan kontras antara gambar terang dan gelap.

Dalam mode Potret, pencahayaan, suhu warna, rona, dan parameter lainnya disesuaikan dengan baik berulang kali. Bersamaan dengan simulasi hasil karya potret, piranti lunak menerapkan gaya retro dengan penerapan yang luas, menambah tekstur pada foto untuk sentuhan akhir.

Nah yang terakhir adalah lensa makro 2MP. Lensa di realme C21 ini mampu mengeksekusi foto dengan jarak pengambilan gambar super dekat, 4cm. Ini memungkikan Anda memotret fotografi makro dengan detil yang cukup tajam, sekaligus menjelajahi pesona dunia mikro. Anda bisa memanfaatkan kemampuan ini dengan memilih mode Ultra Macro di pengaturan lanjutan kamera.

Selain foto-foto standar, Anda juga bisa memanfaatkan sejumlah filter keren yang disediakan oleh realme C21. Bahkan, beberapa diantaranya tersedia di perangkat kelas menengah loh. Filter tersebut seperti Modern Gold, Cyberpunk dan Flamingo.

Kami juga melakukan pengujian kualitas jepretan kamera selama review realme C21 dilakukan, dan berikut ini beberapa hasil jepretannya.

Night Mode
Modern Gold Filter
Cyberpunk Filter

Untuk yang hobi selfie, realme C21 menyediakan kamera depan berkekuatan 5MP. Kamera depan ini juga mendukung AI beauty, mode HDR, mode portrait dan fitur Panoselfie untuk membantu Anda mengambil foto selfie lebih luas. Secara keseluruhan memberikan Anda pengalaman kamera terbaik di segmennya.

realme UI

Sebagai perangkat baru, tentunya realme pun menghadirkan sejumlah perbaikan dan peningkatan pada antarmuka yang dijejalkan ke realme C21. Bahkan, perangkat entry level ini juga telah mengadopsi sistem antarmuka paling baru besutan realme, yakni realme UI yang menggunakan pondasi Android 10.

Menariknya, realme UI ini sudah menyuguhkan antarmuka yang hampir menyamai Android murni. Artinya, selain tampil lebih sederhana dan simpel, user interface ini pun menawarkan akselerasi yang mulus serta mudah dioperasikan.

Untuk urusan optimalisasi, realme UI ini pun tentu saja menawarkan personalisasi yang lebih melimpah. Bahkan, beberapa fitur unik pun tersedia untuk dimanfaatkan.

Beberapa diantaranya cukup menarik untuk dicoba, diantaranya Mode Ganda untuk Berbagi Musik (Dual Mode Music Share) sangat berguna ketika dua pengguna mencoba menikmati video atau lagu yang sama pada waktu yang sama dari perangkat yang sama.

Anda dapat menghubungkan sepasang earbud nirkabel dan earphone kabel secara bersamaan, sehingga Anda berdua dapat mendengarkan lagu yang sama yang diputar dari smartphone realme yang sama. Fitur ini didukung jika satu pengguna mendengarkan musik dalam Bluetooth dan headphone kabel secara bersamaan. Lalu, jika satu pengguna sedang menelepon melalui Bluetooth, pengguna lainnya tetap dapat mendengarkan musik melalui perangkat kabel.

Di realme C21, realme juga menanamkan sistem keamanan yang cukup tangguh yakni “Perlindungan Informasi Pribadi”. Sistem akan menyediakan halaman informasi kosong ketika aplikasi meminta untuk mengakses informasi pribadi pengguna. Ini memastikan riwayat panggilan, kontak dan pesan Anda tetap pribadi dan mencegah kebocoran informasi.

Kesimpulan

Target pasar yang dituju lewat slogan “Tiga Kamera, Kualitas Juara”, sepertinya sudah sangat jelas dapat diwujudkan oleh realme C21. Smartphone ini sangat mumpuni dan cocok dimiliki oleh konsumen di segmen entry level. Terlebih, perangkat ini pun sudah dibekali sertifikasi terbaik untuk daya tahan dari TÜV Rheinland.

Pun demikian, sejumlah fasilitas gacoan lain seperti baterai 5000 mAh dengan daya tahan super tangguh, tiga kamera, serta konsep desain yang lebih fresh bisa menjadi daya tarik tersendiri dari smartphone yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau, yakni sekitar satu jutaan rupiah saja.

Anda yang penasaran dan ingin langsung menikmati kemampuan terbaik dari sebuah smartphone entry level besutan realme ini, bisa mendapatkannya di situs resmi realme dan sejumlah e-commerce partner. Dapatkan juga sejumlah bonus menarik selama masa pemesanan. realme C21 bisa didapatkan di Lazada, Shopee, dan situs resmi realme.

Spesifikasi realme C21:                          

Dimensi & Berat (mm&gram)165.2 x 76.4 x 8.9 mm / 190 gram
SIM & JaringanDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by); 4G LTE/HSPA+/3G/2G
Sistem Operasi (OS)Android 10 + realme UI
Memori eksternalmicroSD up to 256GB
Layar inci – Tipe Screen6.5 inci IPS LCD, HD+ (720 x 1600 pixels),~270 ppi; Aspect rasio 20:9
Prosesor/ CPUOcta-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53), MediaTek Helio G35 (12nm) / PowerVR GE8320 GPU
RAM & Internal Storage4GB RAM / 64GB ROM
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang (Triple): 13 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/3.06″, 1.12µm, PDAF + 2 MP, f/2.4, (macro) + 2 MP, f/2.4, (B/W); LED flash, HDR, panorama Video: 1080p@30fps Depan: 5 MP, f/2.2, (wide), 1/5.0″, 1.12µm, HDR Video:  1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)Li-Po 5000 mAh (non-removable), Reverse Charging
HargaRp 1.699.000 (3/32GB), Rp 1.999.000 (4/64GB)

Fitur Utama realme C21:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaTriple Kamera BelakangYa
NFCTidak4K video recordingTidak
InfraredTidakVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYaRadio FMYa

Kesimpulan Plus Minus (+/-)     :

KelebihanKekurangan
Desain Trendi
Triple Camera 13MP
Baterai 5000 mAh Tahan Lama
Sertifikasi TÜV Rheinland
Fitur kamera standar
Speaker mono
Paket penjualan tanpa earphone dan soft case
Previous articleIndosat Ooredoo Luncurkan Kampanye #BisaBangkitBersama
Next articleOASE Resmi Buka Outlet Pertama Berkonsep One Stop Shopping
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here