Home REVIEW Review realme C21Y: Upgrade Performa, Pas Buat Belajar di Rumah

Review realme C21Y: Upgrade Performa, Pas Buat Belajar di Rumah

realme c21y

tabloidpulsa.id – Beberapa minggu lalu, beberapa teman saya meminta rekomendasi produk ponsel di bawah dua jutaan yang mumpuni untuk anak mereka yang baru mulai bersekolah di rumah. Seperti sebuah jawaban atas doa-doa mereka yang membutuhkan, realme tiba-tiba merilis sebuah produk yang bisa mengisi daftar rekomendasi tersebut yakni realme C21Y.

Kami yakin banyak di antara kita yang berpikir bahwa ponsel-ponsel di harga sejutaan, kurang lebih akan memiliki performa yang sama. Bahkan di bawah rata-rata. Sayangnya anggapan tersebut untuk tahun 2021 harus hilang sih. Kecuali memang Anda mencari performa sekelas flagship untuk merender game 3D yang lebih rumit. Itu hal yang berbeda.

Dengan semakin berkembangnya teknologi komponen mikro, maka semakin banyak pula pilihan yang dapat berimbas pada upaya menekan biaya produksi. Termasuk pada teknologi SoC pintar yang kini digunakan di realme C21Y.

Singkat kata, kita bisa mengharapkan performa tinggi di harga segini, berkat strategi pemlihan komponen SoC tanpa menganaktirikan sisi desain dan ketangguhan daya tahan baterai.

Harga: Rp 1.499.000,- (3/32GB)

Pilihan Warna: Cross Black, Cross Blue

Paket Penjualan: Ponsel realme C21Y, Power Adapter 10W, kabel data Micro USB, PIN ejector, Kartu Garansi, Buku Manual, Screen Protector (terpasang)

Spesifikasi:

Dimensi & Berat (mm&gram)164.5 x 76 x 9.1 mm / 200 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G
Sistem Operasi (OS)realme UI R Edition berbasis Android 11
Supported storage eksternalMicroSD Card
Layar inci – Tipe Screen6.5 inci, 720 x 1600 pixels (~270 ppi density), IPS LCD, 400 nits
Prosesor/ CPUOcta-core (12 nm) ( 2×1.8 GHz Cortex A75, 6×1.8 GHz Cortex A55), GPU Mali-G52
RAM & Internal Storage3 GB RAM/ 32 GB ROM eMMC 5.1 (tersedia juga 4/64GB)
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Triple: 13 MP, f/2.2, 26mm (wide); 2 MP f/2.4, B&W; 2 MP Macro camera, f/2.4   Video:  1080p@30fps, 720p@30fps   Depan Single: 5 MP, f/2.4 (wide), 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh, OTG Reverse charging

Fitur Check:

Removable batteryTidakGPSYa
MultitouchYaFingerprintYa
Dual SIMYaDual Kamera DepanTidak
3G HSDPAYaMemory externalYa
4G LTEYaGyroscopeYa
5GTidakTriple Kamera BelakangYa
NFCTidak4K video recordingTidak
InfraredTidakVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa

Kelebihan dan Kekurangan:

KelebihanKekurangan
Performa mumpuni untuk bermain game dan multitasking
Baterai besar 5000 mAh
Mengantongi sertifikasi TüV Rheinland
Layar besar dan terang
Kamera 13 MP
Tidak ada fitur realme biasanya, semisal Game Space
UI Camera sangat sederhana

Desain

Sekilas, dari sisi desain tidak banyak perubahan yang dilakukan oleh realme C21Y. Terutama jika dibandingkan dengan realme C21 yang sudah kami review di link berikut ini (https://tabloidpulsa.id/review-realme-c21/).

Mulai dari pemilihan material, ketersediaan warna hingga pendekatan pada desain back cover, yang kembali memilih menggunakan 2 garis diagonal saling bertumbukan. Membentuk desain saling menyilang, menyediakan dua tekstur berbeda di 4 bagian yang dihasilkan oleh tumbukan tersebut. Tampak seperti huruf X yang tidak simetris. Atau seperti jam pasir ga sih?

Masih di bagian belakang, atau back cover, kita juga tetap menemukan sensor sidik jari berbentuk area lingkaran yang agak mendekat ke bagian atas agar mudah diakses oleh jari telunjuk kita, dan dua lubang di bagian bawah sebagai corong speaker. Di samping tulisan realme.

Sementara itu sebuah area berisi 3 kamera utama berbentuk persegi empat menempati area kiri atas belakang ponsel, pasti akan mengingatkan kita pada realme C21.

Demikian pula saat kita melihatnya dari area depan. Bagian yang didominasi layar ini menampilkan sebuah poni yang sangat kecil di layar atas, guna meletakkan lensa kamera selfie. Ukuran layar, resolusi dan jenis layarnya masih sama dengan realme C21.

Produk realme anyar ini juga mendapatkan sertifikasi kualitas dari TÜV Rheinland. Dimana produk ini telah melalui pengujian yang berisi 23 tes utama, terdiri dari 10 skenario uji penggunaan harian seperti akibat jatuh, pemakaian dan kerusakan, 7 skenario uji lingkungan ekstrim, pada suhu super tinggi dan rendah, lalu 6 skenario uji keandalan komponen.

Memastikan ponsel ini akan baik-baik saja saat Anda gunakan, setidaknya sampai 3 tahun ke depan.

Yang menjadi menarik adalah, meskipun menjanjikan jeroan yang lebih up to date dan relatif lebih baik, realme C21Y ditawarkan dengan harga yang justru lebih murah dari harga perkenalan realme C21. Kita simak lebih lanjut review ini agar Anda bisa mendapatkan gambaran lebih baik.

Display

Ponsel realme C21Y membawa layar lebar berukuran 6.5 inci. Karena rasio screen to body nya 89.5% maka ponsel ini mungkin akan sedikit lebih besar dari ponsel anyar kebanyakan. Sebenarnya sih tidak sebesar itu, masih cukup tipis, mengingat kapasitas baterai yang dibawa serta setiap ujung layar masih bisa dijangkau dengan satu tangan saja.

Meskipun membawa layar dengan panel IPS LCD, Anda akan dengan mudah memuji kecerahan yang diperlihatkan layar ini. Terang banget, sampai kecerahan 400nits, membuatnya tampak apik meski digunakan di luar ruangan saat siang hari.

Resolusinya ada di angka 720 x 1600 pixel atau HD+. Untuk produk di angka sejutaan merupakan resolusi standar yang bisa dinikmati tanpa ada keluhan. Toh ikon dan teks tetap terlihat padat, sehingga memudahkan kita untuk membaca tugas sekolah atau mengenali gambar ilustrasi yang hadir di buku teks pelajaran.

User Interface dan Aplikasi Bawaan

Bagi pasar Indonesia, realme C21Y yang beredar sudah dilengkapi dengan interface terbaru yang berbasis Android 11. Kami belum mengkonfirmasi, tapi yang pasti bukan realme UI 2.0 seperti pada ponsel-ponsel realme terbaru yang pernah kami review, semisal realme 8 5G dan GT.

Di bagian device info sendiri tertulis bahwa interface ponsel ini adalah realme UI R Edition. Kalau diperhatikan memang tidak membawa semua fitur realme UI 2.0 yang seharusnya menjadi standar UI untuk android 11, tetapi sebuah versi ringan yang mengupayakan agar pengguna tetap mendapat pengalaman android terbaru dalam perangkat dengan harga terjangkau.

Tidak ada Game Space khas ColorOS dan realme UI di sini, tapi realme memutuskan untuk tetap menyediakan SoLoop secara pra instal. Keputusan ini membuktikan bahwa produk ini memang diperuntukkan agar Anda bisa fokus bekerja dan belajar membuat konten sebagai pertanggungjawaban tugas di sekolah misalnya.

Meskipun untuk kebutuhan game, ponsel ini tetap mumpuni dengan beberapa alasan yang akan kita bahas di bagian hardware ya.

Hardware

Sampailah kita ke pembahasan hardware. Paling menarik karena bagian inilah yang akan menjadi pembeda antara realme C21 dengan realme C21Y. Demi menawarkan kinerja yang lebih baik, alias upgrade yang cukup signifikan di sisi performa, tapi dengan harga yang tetap terjangkau, realme memutuskan untuk mencoba menggunakan chipset octa-core.

Dari hasil benchmark menggunakan aplikasi Geekbench misalnya, performa realme C21Y bisa terlihat memang mengalami peningkatan. Ketika di realme C21 hanya mendapatkan skor 164 di single core dan 948 di multicore, maka di realme C21Y bisa mencapai angka 351 di single core dan 1338 di multicore.

Disclaimer, uji ini dilakukan di satu waktu dan tempat yang sama sehingga mengurangi faktor lain yang mungkin akan mempengaruhi. Hasil skor benchmark yang Anda lakukan bisa saja berbeda karena banyak parameter tak terukur lain yang dapat mempengaruhi.

SoC octa-core ini membawa 8 inti CPU dengan konfigurasi 2 inti big cortex A75 berkecepatan 1.8GHz dan 6 inti LITTLE cortex A55 berkecepatan 1.8GHz. Dengan GPU MALI G52 yang memiliki speed 614.4 MHz. Baik CPU dan GPU telah diupgrade secara maksimal oleh pihak produsen chipset.

Untuk melihat kemampuan GPU, kami juga melakukan benchmark standar yang biasa kami lakukan, yakni 3DBenchmark pada tes Slingshot Extreme- OpenGL ES 3.1, dan hasilnya juga lumayan, yakni di angka 1134. Berdasarkan hasil itu, kita bisa berharap kenyamanan yang lebih baik ketika bermain game di realme C21Y ini.

Itu pun kemudian ditemani pula oleh hadirnya Gyroscope. Staf foto dan artistik PULSA yang suka ngegame benar-benar bergantung pada fitur ini. Jadi, sesekali ketika Anda tengah beristirahat di akhir pekan, boleh lah main se-game dua game dengan ponsel ini.

Oke, sekarang kita bahas RAM dan ROM yang dibawa. Produk yang kami review kali ini adalah produk yang paling standar. Alias membawa RAM 3GB dan ROM 32GB. Bagaimana pengalamannya? Tidak terlalu buruk, bahkan meskipun Anda baru saja beralih dari realme seri C lainnya. Varian memori lebih besar juga disediakan realme, yakni 4/64 GB.

Untuk menemani kinerja hardware ponsel ini, realme menyematkan baterai berkapasitas besar 5000 mAh. Dengannya ponsel ini bisa bertahan selama 44 jam untuk melakukan panggilan telepon, 21 jam untuk menonton YouTube secara nonstop, 6 jam meeting online dan 5 jam bermain game.

Jika terpaksa mengulur waktu, karena banyak kemungkinan, semisal tidak menemukan charger di sekitar Anda, Anda bisa menggunakan Screen Battery Optimization atau Sleep Standby optimization untuk mengurangi penggunaan daya baik saat layar hidup ataupun saat layar mati, semisal saat tidur.

Dan ada juga fitur App Quick Freeze, yang dapat mengurangi penggunaan daya sebuah aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Triple Kamera

Beralih ke bagian kamera. Seperti yang sudah dibahas di bagian desain, ponsel ini membawa tiga kamera utama dengan dukungan AI. Terdiri dari 1 kamera 13MP f/2.2 sebagai lensa utama, 1 kamera 2MP f/2.4 untuk lensa B&W, serta 1 kamera 2MP f/2.4 untuk kebutuhan makro hingga 4 cm.

Hasilnya sudah mumpuni untuk ponsel sejutaan. Tidak jelek dan bagus jika kondisi cahayanya mendukung. Terutama untuk memotret tulisan tugas sekolah misalnya, kamera utama ponsel ini sudah dapat diandalkan.

Atau kalau Anda butuh kamera untuk merekam video hafalan, kamera ini bisa merekam video hingga 1080p dengan frame rate yang diangkat ke 30fps. Walaupun hanya 30 fps saja, tak jadi masalah, toh kita bisa menghasilkan video sinematik dengan framerate tersebut.

Lalu kamera depannya adalah kamera 5MP dengan aperture f/2.4. Juga mampu menghasilkan video 1080p 30fps. Bisa banget untuk mendukung sekolah online via aplikasi zoom atau Google Meet.

Kesimpulan

Tetap mengandalkan desain dan kualitas foto realme sebelumnya, realme C21Y melakukan upgrade yang cukup signifikan di sisi performa. Memungkinkan ponsel ini untuk tetap dijual di kisaran harga yang terjangkau, bahkan lebih murah dari harga perkenalan produk sebelumnya.

Tambahan sertifikasi durabilitas dari TÜV Rheinland semakin menambah nilai jual realme C21Y yang memastikan tahan banting hingga pemakaian 3 tahun. Jarang sekali ponsel di segmen entry-level memiliki sertifikasi durabilitas, maka keputusan realme menambah sertifikasi ini menjadi tambah bagi pengguna.

Dengan makin dibutuhkannya perangkat ponsel untuk beraktivitas di rumah tanpa harus membebani keuangan keluarga, maka kehadiran realme C21Y dianggap tepat waktu dan akan menjadi salah satu solusi. Mereka yang selama ini mencari produk tepat dengan spek hardware tangguh di sisi baterai dan performa yang lebih update di harga sejutaan, bisa mempertimbangkan ponsel ini sebagai sasaran belanja berikutnya. Jika Anda membaca tulisan ini sebelum jam 12:00 WIB tanggal 22 Juli 2021, maka Anda bisa segera mengikuti flash sale nya di Shopee, akulaku dan realme.com. atau jika Anda masih takut berbelanja keluar karena pandemi dan masa PPKM, Anda bisa menghubungi realme WhatsApp Store di nomor 0856-0000-0721 untuk berbelanja dari rumah dan telah mendukung pembayaran COD di seluruh Indonesia. Tetap sehat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here