Home REVIEW Review OPPO Reno8 | Varian 4G dengan Tampilan yang Tak Asing

Review OPPO Reno8 | Varian 4G dengan Tampilan yang Tak Asing

review oppo reno8

tabloidpulsa.id – Saat peluncuran OPPO Reno8 Series beberapa waktu lalu, OPPO Indonesia memperkenalkan seluruh produk yang masuk dalam lini ini dan memastikan dua di antaranya untuk hadir lebih dulu dari yang lain. Salah satunya adalah OPPO Reno8 yang membawa teknologi jaringan 4G. Tersedia sebagai varian terendah, ponsel ini membawa fitur-fitur cemerlang yang pernah diapresiasi di seri sebelumnya, dengan peningkatan di sisi OS, yang sudah bakal dipastikan mendapat update ColorOS 13 di akhir tahun 2022 ini.

Membicarakan OPPO Reno8 tidak akan lepas dari ponsel serupa di generasi sebelumnya, yakni OPPO Reno7 4G. Melakukan pendekatan desain yang berbeda, sejumlah hal yang kami sukai di produk terdahulu tetap dibawa dan bahkan mengalami perbaikan, terutama yang berhubungan dengan kamera, software dan AI.

Harga: Rp 4.999.000
Ketersediaan Warna: Dawnlight Gold, Starlight Black
Paket penjualan: Ponsel OPPO Reno8, Charger adapter SuperVOOC 33W, Kabel data USB Type-C, Silicon case, buku manual, Pin Ejector

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)160 x 73.4 x 7.67 mm/ 181 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)ColorOS 12.1, berbasis Android 12
Supported storage eksternalYes, MicroSD card
Layar inci – Tipe Screen6.43 inci, ~90.8% screen-to-body ratio, 1080 x 2400 pixels, AMOLED, 90Hz, Corning Gorilla Glass 5
Prosesor/ CPUQualcomm Snapdragon 680 (6nm); CPU Octa-core (4×2.4 GHz Kryo 265 Gold + 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver), GPU: Adreno 610
RAM & Internal Storage8 GB RAM/ 256 GB ROM  
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Triple:
64 MP f/1.7 Main Camera
2 MP f/3.3, Mikroskop
2 MP f/2.4 Mono
Video: 1080p 30fps, 720p 30fps  

Depan Single:
32 MP f/2.4
Video: 1080p@30fps, 720p 30fps
Baterai jenis (jenis)4500 mAh Li-ion (non-removable), SuperVOOC 33W

FITUR:

Baca Juga:  Cara Mengatur Tampilan Always-On Display di OPPO Reno5
Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerTidak
5G ReadyTidak4K video recordingTidak
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

PLUSMINUS

KELEBIHANKEKURANGAN
Kamera depan dengan sensor IMX709Performa bukan yang terbaik di kelas harga yang ditawarkan jika hanya dilihat di atas kertas dan benchmarking
Fitur Kamera mumpuni terutama untuk kebutuhan portrait dan malam hariBelum memiliki speaker stereo
Fitur kamera mikroskop
Chipset 4G terkini dengan efisiensi daya yang lebih baik 
Layar AMOLED 90Hz 
SuperVOOC 33W 
  

Desain Lawas dengan Warna Baru

OPPO Reno8 hadir dengan pewarnaan yang segar, layaknya setiap produk OPPO terbaru. Meski tanpa pendekatan bahan back cover dengan tekstur kulit seperti sebelumnya, Reno8 hadir dengan dua pilihan warna, yakni Dawnlight Gold dan Starlight Black. Keduanya memperlihatkan warna dengan sedikit glitter dan gradasi yang bakal berubah tergantung sudut datangnya cahaya.

Meski terbilang tanpa tekstur yang ekstrim, permukaan bagian belakang ponsel ini tetap tahan goresan dan tidak mudah kotor karena sidik jari.

Sama seperti produk Reno8 lain produk ini dibuat kotak, memiliki bagian tepian yang tegas. Tidak lagi melandai 2.5D seperti sebelum-sebelumnya. Dengan bagian kamera yang diletakkan di  sebuah permukaan lebih tinggi. Bakal tidak asing bagi mereka yang mencintai produk sebelumnya.

tombolpower oppo reno8 review

Layout tata letak lensa kamera, juga hadirnya ring light di lensa paling bawah memang tidak mengalami perubahan. Kami yakin dari sisi ketersediaan fitur pun bakal sama. Ada kemampuan foto microscopic di ponsel ini.

Baca Juga:  OPPO A15 : Tampil Mewah untuk Kelas Pemula
kamera oppo reno8 orbit light

Layar AMOLED 90Hz

OPPO Reno8 membawa layar dalam bentangan 6,4 inci. Sesuai dengan jenis panel yang digunakan, maka kedalaman warna hitam atau nilai kontras pun bisa diharapkan tinggi sekali. Sehingga memancarkan warna yang lebih hidup, atau istilahnya popped up, mencuat ke permukaan.

Tidak ada yang perlu dikeluhkan di sisi ini. Bahkan dengan membawa refresh rate 90Hz, maka proses menikmati video Reels di Instagram maupun TikTok jadi lebih terasa lancar dan memanjakan mata.

layar oppo reno8

Layar ini hadir dengan meminimalisir margin alias hampir bezeless. Karena kamera depan juga diletakkan dalam desain single punch hole, maka bagian margin terbesar hanya ada di sis bawah. Namun ini dapat dimengerti mengingat bagian ini banyak digunakan untuk kebutuhan kontroling menggunakan gesture.

ColorOS 12.1 Sejak Diluncurkan

Salah satu kelebihan produk baru adalah kemungkinan untuk mengadopsi sistem software terbaru sejak diaktifkan pertama kali. Dan hal ini tidak dipungkiri menjadi salah satu kelebihan Reno8 dibandingkan produk terdahulu. Dan yang terpenting, kabar menggembirakan datang sehari setelah 17-an kemarin, bahwa perangkat ini bakal mendapat update ColorOS 13 berbasis Android 13 di tahun ini juga.

Jadi, secara software produk ini sih sudah future proof alias masih bisa digunakan hingga 5G benar-benar sempurna diaplikasikan ke masyarakat.

Ada hal yang menarik yang perlu dibahas nih di bagian ColorOS 12.1. Pertama adalah sistem keamanan location yang diperbaiki. Sistem memiliki fitur Fuzzy Location yang memungkinkan informasi lokasi asli hanya bisa digunakan oleh aplikasi-aplikasi penting yang membutuhkannya. Sementara untuk aplikasi lain akan diarahkan ke titik yang berubah-ubah sehingga memberi keamanan berlapis.

Selebihnya User Interface yang ada di ponsel ini akan mengingatkan kita pada produk ColorOS lain, termasuk hadirnya RAM expansion hingga 5GB, OPPO Share, fitur Games, NFC dan sebagainya.

Baca Juga:  OPPO A54 Meluncur di Indonesia, Bawa Layar Punch-hole dan Sertifikasi IPX4

Qualcomm Snapdragon 680 4G

Untuk ponsel yang masih menggunakan jaringan 4G, chipset yang dibawa ini merupakan sudah yang terbaik, tertama untuk mereka yang dijual di kelas medium yang premium. Snapdragon 680 membawa CPU 8 inti, Triple ISP, GPU kelas tinggi, dan sejumlah dukungan maksimal dengan kebutuhan daya yang relatif efisien dan rendah.

Dari yang kami sebutkan di atas, memberi pengaruh pada performa, pengeksekusian program, pemrosesan gambar, juga render tayangan dengan efisiensi daya yang optimal. Karena Chipset ini mengalami fabrikasi 6nm.

Ditambah dengan kombinasi RAM 8 GB, plus RAM Expansion hingga 5 GB, sehingga kita bisa memiliki total RAM 13 GB ketika dibutuhkan, juga kapasitas memori internal 256 GB, mestinya sih semua program bisa berjalan dengan lancar.

Khusus untuk game mungkin kita tidak bisa berharap senyaman bermain di ponsel flagship, tapi untuk kelas menengah seperti ini pengalamannya sudah mumpuni. OPPO melalui ColorOS 12.1 juga telah menyediakan fitur-fitur pendukung demi kenyamanan bermain game yan lebih maksimal.

Ada Quick Stratup yang memungkinkan kita untuk kembali ke game yang sering dimainkan dengan cepat tanpa harus loading dari awal lagi, lalu ada AI Frame Rate Stabilization yang memungkinkan kita untuk bermain game seru dengan framerate yang stabil, tidak tersendat, terutama di momen yang chaos. Semisal dikeroyok 5 hero sekaligus dalam satu layar.

Kamera Mumpuni untuk Portrait

Dulu di lini Reno7 Series, kami mengapresiasi OPPO Reno7 yang notabene dijual dengan harga paling murah, namun memperlihatkan kemampuan fotografi yang paling menonjol di antara ketiga produk yang dirilis saat itu. Kini, kami bisa bilang bahwa kualitas yang sama masih dibawa oleh Reno8 4G.

Kami belum bisa bilang apakah ia yang terbaik di antara ke-4 produk Reno8 yang diluncurkan, namun price to performance, dengan bantuan Software yang ada, fitur microskopis yang kembali hadir dan juga foto malam yang menarik, maka untuk fotografi Reno8 4G ini masih bisa disebut salah satu yang terbaik.

Membawa 3 lensa utama, yakni 64 MP kamera portrait, 2MP MicroLens dan 2MP depth camera, maka kita bisa menghasilkan foto yang beragam. Dari foto portrait dengan bantuan filter AI semisal Bokeh Flare Portrait, hingga foto artistik menggunakan microlens yang bisa melakukan perbesaran hingga 30x dengan bantuan pencahayaan dari Orbit Light.

Sementara untuk pemotretan selfie, OPPO kembali menyematkan sensor Sony Flagship hasil kerja sama dengan OPPO yakni IMX709. Mampu menangkap ccahaya dengan lebih baik, sehingga foto selfie bisa dilakukan dalam kondisi cahaya yang kurang optimal sekalipun.

Hasilnya bisa dilihat di gambar-gambar berikut ini.

Baterai Dual Cell dengan SuperVOOC 33W

OPPO Reno8 membawa baterai dengan kapasitas 4500 mAh. Dengan pengisian daya cepat SuperVOOC 33W yang memungkinkannya terisi penuh dari nol dalam waktu sekitar 70 menit. Membawa sistem yang tertutup memungkinkan proses pengisian daya dapat dijamin aman. Selama menggunakan adapter dan kabel bawaan ya.

Kesimpulan

Seri Reno8 jelang akhir tahun 2022 ini kami mulai dengan mereview produk paling rendah, OPPO Reno8 (4G). Membawa nostalgia kehebatan produk setara di generasi sebelumnya, terutama di sisi fotografi. Dengan dukungan software yang lebih segar, dan bahkan dipastikan bakal mendapat update masih di tahun yang sama, nampaknya Reno8 akan kembali menjadi favorit di lini Reno8.

Previous articleEufyCam 2C Punya Baterai yang Tahan Hingga 6 Bulan
Next articleAplikasi PINTU Jadi Sponsor Resmi Film Mencuri Raden Saleh
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here