Home REVIEW Review OPPO Reno8 5G | Desain Apik, Fotografi Ciamik

Review OPPO Reno8 5G | Desain Apik, Fotografi Ciamik

review oppo reno8 5g portrait

tabloidpulsa.id – Meski bisa dibilang bukan yang terlengkap di seri Reno8, OPPO Reno8 5G sudah membawa semua hal premium. Mulai dari desain metal unibodi yang tipis nan ringan, membuatnya hadir tanpa colokan audio 3.5 mm dan bahkan tanpa slot memori tambahan layaknya flagship, juga sensor kamera premium di dua sisi, depan dan belakang. Hadir tanpa NPU MariSilicon X, Reno8 5G tetap menyajikan hasil foto yang ciamik.

Desain yang terlihat fresh dan premium, karena berkiblat pada desain flagship mereka OPPO Find X5 Pro, juga dukungan duo sensor Sony IMX709 di depan dan IMX766 di belakang, menjadikan ponsel Reno anyar ini cocok sebagai Reno generasi terbaru yang tetap mengusung Portrait Expert. Bagaimana dengan aspek lainnya?

Harga: Rp 7.999.000,-
Pilihan Warna: Shimmer Gold, Shimmer Black
Paket Penjualan: Ponsel Reno8 5G, Power Adapter SuperVOOC 80W, Kabel Data USB Type C, Silicon Case, PIN ejector, Panduan dan Kartu Garansi

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)160.6 x 73.4 x 7.7 mm/ 179 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 5G, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)ColorOS 12.1, berbasis Android 12
Supported storage eksternalNo
Layar inci – Tipe Screen6.4 inci, ~83.9% screen-to-body ratio, 1080 x 2400 pixels, AMOLED, 90Hz, Corning Gorilla Glass 5
Prosesor/ CPUMediatek Dimensity 1300 (6nm); CPU Octa-core (1×3 GHz Cortex A78 + 3×2.6 GHz Cortex A78 + 4×2.0 GHz Cortex A55), GPU: Mali-G77 MC9
RAM & Internal Storage8 GB RAM/ 256 GB ROM  
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Triple:
50 MP f/1.8 Main Camera
8 MP f/2.2, Mikroskop
2 MP f/2.4 Makro
Video: 4K 30fps, 1080p 30/60/120fps  

Depan Single:
32 MP f/2.4
Video: 1080p@30fps, 720p 30fps
Baterai jenis (jenis)4500 mAh Li-ion (non-removable), SuperVOOC 80W

FITUR:

Baca Juga:  Review realme Watch 2 dan Watch 2 Pro, Jam Tangan Pintar Anak Muda
Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalTidak
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerTidak
5G ReadyYa4K video recordingYa
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortTidak

PLUSMINUS

KELEBIHANKEKURANGAN
Kamera depan dengan sensor IMX709Belum memiliki Speaker Stereo
Kamera belakang utama dengan sensor IMX766Tidak ada slot memori tambahan
Chipset siap 5G dengan efisiensi penggunaan dayaTidak ada port audio 3.5 mm
Layar AMOLED 90Hz 
SuperVOOC 80W 
Desain unibody dengan tepian klasik, nyaman di genggaman 

Desain Unibodi Terlihat Premium

Bagian Backcover Reno8 5G dibentuk oleh satu lapisan yang dibentuk dalam satu cetakan. Sehingga tidak ada pemisahan antara bagian kamera dengan bagian back cover lain. Kita hanya menemukan perbedaan tinggi saja, yang sudah diatur sedemikian rupa agar berada di satu titik yang tetap nyaman ketika digunakan dengan satu tangan.

Dengan tetap menerapkan pewarnaan ala OPPO Glow yang membuatnya tidak mudah tergores dan menyimpan jejak sidik jari, ponsel ini tersedia dalam dua warna pilihan. Yakni Shimmer Gold dan Shimmer Black.

shimmer gold

Khusus yang shimmer gold, mampu menampilkan pantulan cahaya yang berwarna-warni. Tergantung sudut arah datang cahaya sehingga tampil glowing dan elegan.

Ponsel ini dibuat tipis dengan tepian yang tegas, membentuk bidang kotak yang retro klasik, sehigga nyaman digunakan tanpa perlu menggunakan casing silikon bawaan.

Sayangnya, karena menggunakan desain ala flagship ini ponsel Reno8 5G jadi tidak lagi membawa port audio 3.5 mm layaknya Reno7 5G. Juga dengan aalsasan yang sama, ponsel ini pun tidak lagi membawa slot memori tambahan. Hanya menyediakan slot dual NanoSIM yang bertumpuk layaknya flagship OPPO seri Find X.

Baca Juga:  Xiaomi Redmi Note 9 Pro 5G, Versi Tertinggi di Note 9 5G

Layar AMOLED 90Hz

OPPO Reno8 5G membawa layar AMOLED dengan resolusi FHD+ 2400 x 1080 pixel dalam bentangan 6.4 inci. Merupakan standar ponsel premium, juga membawa refresh rate 90Hz untuk membuat nyaman mata kita saat browsing di sosial media.

Layaknya layar OPPO seri Reno lain, layar Reno8 5G menggunakan desain single punch hole untuk menyematkan kamera depan. Dengannya layar jaadi terasa lega, sehingga bezel terlihat tipis, kecuali bagian bawah yang memang disediakan untuk kontrol gesture yang lebih nyaman.

ColorOS 12.1 dan Siap Update ke 13

Reno8 5G langsung terinstal ColorOS 12.1 sejak saat diterima oleh Anda dari toko. Artinya, Anda sudah mendapatkan ColorOS versi terbaru untuk saat ini. Dengan sejumlah keunggulan di sisi konektivitas dengan WindowsPC, keamanan yang lebih baik terutama saat beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lalin dan seterusnya.

Termasuk fitur RAM expansion hingga 5GB tambahan yang diambil dari memori internal. Dengan memoeri internal sebesar 256 GB, maka hal ini bisa berjalan dengan baik tanpa ada cegukan di sistem.

Kabar gembiranya, Reno8 5G akan segera kebagian update ColorOS 13 berbasis Android 13 di bulan Oktober 2022. Lebih dulu dari Reno8 dan Reno8 Z 5G. Bahkan flagship dua tahun lalu, OPPO Find X2 Pro.

Dimensity 1300 5G

Dibanding dengan Reno7 5G yang menjadi pendahulu di sektor yang sama, Reno8 5G juga membawa chipset besutan Mediatek, Hanya saja lebih update, yakni Dimensity 1300 5G. Masih membawa fabrikasi 6nm yang berarti mampu melakukan penggunaan daya lebih efisien.

Baca Juga:  Review Honor Band 6: Smartband Rasa Smartwatch

Chipset ini membawa 3 cluster CPU. Yang terdiri dari 1 cluster dengan 1 inti Cortex A78 speed 3 GHz, 1 cluster dengan 3 inti CPU Cortex A78 speed 2,6 GHz, dan 1 cluster dengan 4 inti Cortex A55 speed 2 GHz.

Menjanjikan performa yang optimal untuk single dan multi tasking. Namun ditakutkan bisa menimbulkan panas berlebih dalam rongga ponsel. Beruntung, OPPO menanamkan sistem pendingin Super Conductive VC Liquid Cooling System yang bisa membuang panas dengan lebih efektif sehingga ponsel tetap nyaman digunakan meskipun dalam performa tertinggi sekalipun.

Ponsel ini membawa RAM 8 GB, dan media penyimpanan sebesar 256 GB. Sudah disebutkan di atas, OPPO juga membawa fitur RAM Expansion, yang akan memungkinkan sistem untuk menambah RAM hingga 5GB, diambil dari memori internal yang masih tersedia.

Kamera dengan dual Flagship Sensor

Di bagian belakang, OPPO Reno8 5G membawa triple kamera utama. Di sini OPPO menggunakan sensor 50MP F/1.8 Sony IMX766. Ini adalah salah satu sensor kamera kelas flagship dari Sony.

Kamera utama ini didukung dengan teknologi Quadra Bining, dimana kamera bisa menangkap lebih banyak cahaya untuk mengurangi Noise pada gambar. Selain itu juga ada teknologi DOL-HDR (Digital Overlap HDR), yang bakal menghasilkan foto dan video dengan dynamic range yang lebih baik. Sehingga detail gambar jadi lebih terlihat.

Lalu berikutnya ada kamera Ultra-Wide 8MP F/2.2 dan lensa Makro 2MP F/2.4. Selain untuk fotografi makro, sensor ini juga digunakan membantu sensor utama saat mode potrait, yaitu untuk mengambil kedalaman ruang di bagian background, supaya foto/video potrait bisa tampil secara optimal.

Sedangkan untuk kamera selfienya, Reno8 5G menggunakan sensor 32 MP, Sony IMX709, f/2.4, yang juga menggunakan fitur DOL-HDR.

Beralih ke kemampuan video, OPPO Reno8 5G membawa fitur Ultra Night video, yaitu perekaman video di malam hari yang diperkuat dengan AI, supaya kualitas gambar video tetap bagus meskipun dikondisi minim cahaya.

Untuk perekamannya sendiri, smartphone ini bisa merekam maksimal di 1080p/60FPS, 4K/30 FPS pada sensor utama, dan 1080p/30FPS di sensor ultra-wide angle.

Baterai dengan SuperVOOC 80W

OPPO Reno8 5G membawa baterai dengan kapasitas 4500mAh. Tapi yang paling menarik adalah pengisian dayanya yang terbilang cepat, update dari seri Reno sebelumnya. Berbekal charger SuperVOOC 80W, dari kondisi 0% hingga 50%, pengisian hanya butuh waktu waktu sekitar 11 menit. Sedangkan untuk sampai 100%, hanya butuh waktu setengah jam.

Fitur Penting Lain

Beragam fitur lain juga hadir di smartphone ini untuk kebutuhuan pengguna, diantaranya:
NFC: Untuk mengecek dan top-up saldo flash card
Multi Screen Connect: Bisa terkoneksi ke layar PC hingga tiga aplikasi
Always On Display: Tampilan layar selalu aktif, menampilkan widget penting seperti Jam, Notifikasi dan lain-lain
Omoji: Membuat Emoji menggunakan karakter personal
Video Color Boost: Menampilkan warna dengan kontras lebih tinggi pada layar

Kesimpulan

OPPO Reno8 5G menempati posisi sebagai pengganti OPPO Reno7 5G. Baik dari sisi harga, maupun dari sisi fitur yang dibawanya. Hanya saja, kali ini Reno8 5G tampil lebih mendekati ke seri flagship, terlihat dari desain yang dibawa serta sensor-sensor kamera yang disematkan kepadanya. Meski tanpa NPU tambahan ponsel ini tetap mampu menyajikan hasil foto dengan baik.

Previous articleSamsung Pimpin Teknologi Foldable Smartphone Dengan 4 Inovasi Ini
Next articleSamsung Kembangkan Prototipe Reinvented Toilet
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here