Home REVIEW Review OPPO Enco Buds: Desain Ringkas, Suara Ngebas

Review OPPO Enco Buds: Desain Ringkas, Suara Ngebas

oppo enco buds

tabloidpulsa.id – Baru saja dirilis pada akhir April 2021 di Cina, OPPO Enco Buds akhirnya dijual secara resmi di Indonesia pada Juni 2021 ini. Menawarkan harga rendah dengan kualitas yang tidak bisa dibilang setengah-setengah, OPPO Enco Buds ditemani baterai dengan daya tahan seharian penuh.

Enco Buds merupakan keluarga OPPO TWS (True Wireless Stereo) terbaru yang kini bisa Anda dapatkan di shopee.co.id dengan harga Rp 599.000,-. Dengan pilihan warna tersedia sekarang hanya warna putih. 

Desain Mungil Anti Air

OPPO Enco Buds memiliki ukuran yang relatif kecil. Baik untuk masing-masing budsnya, maupun casing chargernya. Dengan demikian produk ini mudah dibawa kemana-mana tanpa membutuhkan banyak tempat dan cenderung tidak terasa saat digunakan.

Hanya memiliki bobot 4 gram per-buds dengan ketebalan 2 cm-an saja, produk ini membawa desain tanpa gagang. Hanya berupa lingkaran mungil dengan bagian driver yang mengarah ke luar untuk dimasukkan ke dalam telinga, berakhir dengan bagian eartips yang terbuat dari karet.

Pengguna baru perangkat-perangkat OPPO saya rekomendasikan untuk memilih ukuran eartips yang paling sesuai. Selain membuat nyaman saat ditusukkan ke dalam lubang telinga, juga mempengaruhi seluruh kualitas suara yang kita terima.

Bagian yang menyeruak ke arah lubang telinga Enco Buds ini mirip-mirip dengan Enco sebelumnya. Nyaman bagi telinga, namun terkadang bagi mereka yang memiliki rongga telinga agak besar, jadi kurang sedikit masuk ke dalam. Hal ini dengan mudah dapat diatasi dengan penggunaan eartips yang sesuai.

Kalau Anda masih bingung apakah ukuran eartips yang digunakan sudah tepat, saat Anda gunakan Enco Buds, silakan tekan kedua area kepala di atas telinga, di samping pelipis. Jika ada perubahan kualitas suara yang signifikan, maka bisa jadi Anda membutuhkan ukuran eartips yang berbeda.

Seluruh bagian buds dan charging case ini terbuat dari bahan plastik dengan polesan glossy. Tidak terlalu glossy memang, namun sudah cukup mampu memperlihatkan pada penggunanya bahwa produk ini akan cukup tangguh digunakan dalam beragam kondisi.

Enco Buds telah dilengkapi dengan sertifikat ketangguhan IP54. Artinya, produk ini sudah dijamin untuk tetap aktif dalam kondisi berdebu dan percikan air, semisal tetesan keringat yang masuk ke ronga telinga penggunanya. Minimal kalau gerimis, Anda tidak perlu parno untuk melindungi perangkat ini.

Nah yang menarik meskipun memiliki area kontrol di atas permukaan yang sempit, Enco Buds mampu membawa semua kontrol yang dibutuhkan pengguna tanpa ada yang ditinggalkan.

Kontrol Sentuh Lengkap

Ukuran buds OPPO Enco Buds ini boleh kecil, tapi hampir semua kebutuhan kontrol multimedia bisa disematkan kepadanya. Sebut saja play/pause, Next, Game mode dan Volume. Termasuk tentunya kontrol untuk mengangkat dan menutup telepon.

Biasanya di merek lain, karena keterbatasan sensor pada area sentuh buds-nya, mereka akan terpaksa meninggalkan beberapa fungsi. Semisal fungi volume.

Sentuh sekali area kontrol akan melakukan Play/Pause, atau memainkan musik atau menghentikannya untuk sementara. Ketuk dua kali untuk mengganti lagu dan ketuk tiga kali untuk masuk ke mode game atau low latency.

Lalu dengan pintar OPPO menyematkan kontrol volume dengan cara menekan, tahan dan geser ke atas atau ke bawah Enco Buds.

Koneksi Stabil dengan Bluetooth 5.2

Generasi awal TWS, seperti yang masih Anda ingat mengandalkan koneksi ke perangkat melalui satu buds yang didedikasikan khusus. Maka tidak heran TWS-TWS pada jaman itu, akan mengalami pengurangan daya tahan baterai yang signifikan hanya di satu buds saja. Entah itu yang kanan atau yang kiri.

Dengan makin berkembangnya teknologi, hal itu tidak lagi terjadi. Termasuk pada Enco Buds. Di mana masing-masing buds akan secara simultan terhubung dengan perangkat yang sama dengan kualitas koneksi yang setara.

Bahkan dengan chipset Bluetooth 5.2 yang telah ditingkatkan transmisi binaural low latency pun dapat berjalan dengan baik dengan tentu saja kebutuhan daya yang makin minim dan efektif.

Suara Ngebas, Makin Lembut Setelah Break

Seperti biasa, saat melakukan tes kualitas audio perangkat headset, kami menggunakannya terus menerus untuk beberapa hari dan berharap akan mendapatkan kualitas terbaik saat “sudah panas”.

Pada awal penggunaan, kami merasakan ada satu frekuensi mencolok dari TWS ini. Bass. Meskipun dalam kondisi salah memilih ukuran eartips. Bayangkan, dengan kondisi kurang optimal saja, bassnya sudah hadir.

Lalu setelah penggunaan eartips yang sesuai, dengan posisi penggunaan yang tepat, TWS OPPO ini memberikan kualitas audio yang akan memanjakan telinga bass head atau penggemar suara bas, atau mereka yang suka terhipnotis dengan musik-musik yang punchy baik dari kategori EDM, House, atau bahkan Klasik 80’an yang kerap memainkan petikan bass atraktif.

Setelah hampir dua minggu menggunakannya setiap hari, suara output yang disuguhkan terasa lebih matang. Dengan bass yang tetap mendominasi, namun jauh lebih halus. Tidak melupakan frekuensi lain yang juga muncul, dengan separasi yang cukup luas untuk kelas TWS harga segini.

Secara teknis, Enco Buds membawa driver dengan ukuran 8mm. Dilengkapi dengan codec audio AAC dan SBC. Anda bisa mengubah driver ini melalui setingan Bluetooth di ponsel OPPO (ColorOS). Atau untuk pengguna Android lain, bisa menginstal aplikasi HeyMelody.

Kualitas Bertelpon dan Mode Gaming

Ngebas saat mendengarkan musik juga ngebas saat suara kita diterima orang lain. Meskipun terdengar sedikit agak jauh, suara yang kita kirimkan ke lawan bicara terdengar bulat, tidak cempreng seperti terkena gangguan sinyal.

Dengan algoritma berbasis model DNN (deep neural network), sistem pada Enco Buds akan memisahkan suara kita yang merdu ini dari gangguan suara latar sehingga lawan bicara dapat mendengarkan suara kita dengan baik.

Suara konstan dengan fluktuasi kebisingannya tidak berubah lebih dari 5db akan diisolasi dan dikurangi. Sehingga meskipun kita sedang diam, lawan bicara tidaka kan mendengar suara latar selama kita melakukan panggilan telepon.

Dan ini nih yang pasti Anda cari. Dukungan low latency untuk bermain game. Sejumlah game yang membutuhkan konsentrasi dan fokus lebih pada audio akan jauh lebih asyik kalau dimainkan menggunakan headset. Dan headset bluetooth itu dulu dikenal ngga banget untuk kondisi seperti ini.


Tapi itu dulu, saat koneksi Bluetooth memiliki delay yang cukup mengganggu. Nah di Enco Buds ini, ada mode game. Bisa diaktifkan dengan mengetuk salah satu buds 3 kali. Yang akan membawa kita ke pengalaman mengasyikkan dengan latensi audio rendah, 80 ms.

Daya Tahan Baterai Total 24 Jam

Aneh sih memang kalau kita menggunakan TWS sepanjang hari selama 24 jam. Tapi, kalau Anda membutuhkannya, Enco Buds bisa memenuhi kebutuhan tersebut.

Dengan penggabungan kapasitas baterai di masing-masing buds dan di charging case, yakni 40 mAh di setiap buds, dan 400 mAh di Cahrging case, maka Enco Buds dapat mendengarkan musik secara nonstop hingga 6 jam dengan volume di angka 50%.

Lalu hanya dengan mengisi daya selama 15 menit, kita bisa mendengarkan musik sampai 1 jam. Dan untuk mengisi penuh setiap buds dari nol sampai penuh, hanya dibutuhkan waktu 2.5 jam.

Kesimpulan

OPPO Enco Buds merupakan perangkat TWS yang memenuhi kebutuhan fashion, basshead serta gaming sekaligus. Meski dijual dengan harga terjangkau, kualitas audio yang dihasilkan tidak mengecewakan dan membuat penggunanya betah berlama-lama mengenakannya.

Ditambah dengan baterai yang mampu bertahan selama 24 jam, dengan asumsi charging case dapat digunakan untuk mengisi daya earbuds selama 4 kali sebelum charging case dicharge kembali, maka hari-hari ini akan dihiasi oleh musik non stop tanpa repot.

Anda bisa membelinya di link berikut https://shopee.co.id/product/13140292/7685898407

Harga: Rp 599.000,-

Warna: Putih dan Biru*

Paket Penjulan: 2 earbuds OPPO Enco Buds, Charging Case, Kabel Data USB Type-C, Dokumen

Spesifikasi

TypeTrue Wireless Earphone
Model (earphones)ETI81
Model (earphone case)ETI82
Color White/Blue
Driver8 mm dynamic driver
DiaphragmTPU+PEEK
Driver Sensitivity100.6 dB @1 kHz
Driver Impedance32 Ohm
Driver Rate Power3 mW
Microphone TypeOmni-directional MEMS microphone
Microphone Sensitivity-38 dBV/Pa
Frequency Response Range20 Hz – 20 kHz
Bluetooth CodecAAC/SBC
Bluetooth VersionBT 5.2
Effective Bluetooth range10 m
Battery TypeRechargeable Li-ion Cell
Battery Capacity40 mAh (Earbuds) / 400 mAh (Charging case)
Music Play Time (50% volume)6 h (single charge)/24 h (with charging case)
Communication Time (50% volume)4 h (single charge)/15 h (with charging case)
Cable Charge Time120 min (Earbuds)150 min (Earbuds + Charging case)
Charging PortUSB Type-C
Water & Dust Resistance (earbuds)IP54
Weight (each ear)4.0 g
Weight (charging case)37.0 g

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here