Home NEWS Jajal Layanan 5G Bersama Telkomsel, Layak Gak Sih?

Jajal Layanan 5G Bersama Telkomsel, Layak Gak Sih?

Grapari Terminal 3 Soetta
Grapari Terminal 3 Soetta

TabloidPulsa.id – Bila sebelumnya Tabloidpulsa.id menjajal reliabilitas jaringan 5G secara mandiri, kini saatnya menjajal 5G bersama operator. Namun sebelum jajal dilakukan, dari pihak operator (Telkomsel) memberikan bekal atau penjelasan terkait jajal terbatas yang akan dilakukan.

Pertama, Telkomsel menggunakan solusi jaringan Non Standalone (NSA) yang memungkinkan jaringan 5G berjalan dengan prasarana yang telah ada (jaringan 4G). Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Telkomsel menggunakan band n40 2300 Mhz. Saat ini belum banyak produk yang mendukung jaringan 5G dengan band tersebut.

Kedua, layanan 5G yang ada saat ini masih merupakan layanan untuk B2B atau corporate. Selain itu, dari setiap wilayah residensial yang sudah dapat menikmati layanan 5G, coverage yang ada masih sekitar 10% saja. Secara bertahap Telkomsel akan meningkatkan coverage hingga 100%. Ada 2 perguruan tinggi yang sudah dapat menikmati layanan 5G Telkomsel ini yaitu kampus ITB Bandung dan Telkom University. Keduanya menggunakan 5G untuk keperluan R&D. Setelah itu ada kawasan industri di Batam yang menggunakan layanan 5G ini untuk robotic AI serta telemedicine berupa pengobatan jarak jauh.

Karenanya, untuk dapat menikmati layanan 5G Telkomsel, dibutuhkan 2 syarat utama yaitu perangkat dan SIMcard yang digunakan sudah di unlock.

Untuk lebih jelasnya baca juga : Jajal Koneksi 5G Jakarta

Ketiga. Perangkat yang digunakan adalah OPPO Reno5 5G dengan lokasi pengujian dilakukan di TSO (Telkomsel Smart Office) di Jalan Gatot Subroto, Jakarta serta Grapari Terminal 3 Bandara Soetta dengan menggunakan software Speedtest by OOKLA. Sedangkan SIMcard yang digunakan sudah diregistrasi untuk menikmati layanan 5G.

Hasil Pengujian
Beberapa kali pengujian yang dilakukan di Telkomsel Smart Office (TSO) didapat hasil tertinggi untuk Download di angka 633 Mbps. Sedangkan untuk Upload didapat angka 79,4 Mbps.

Hasil Pengujian di Gedung TSO

Beranjak ke Grapari Terminal 3 Bandara Soetta. Setelah pengujian beberapa kali, hasil tertinggi untuk Download didapat angka 671 Mbps sedangkan hasil pengujian untuk Upload didapat angka 80,7 Mbps. Artinya di Grapari Terminal 3 Bandara Soetta didapat hasil yang lebih tinggi dibanding di Telkomsel Smart Office (TSO).

Hasil Pengujian di Grapari Terminal 3 Soetta

Mantap guys. Dari pengujian ini membuktikan, jaringan 5G Telkomsel sudah layak dinikmati. Buat Anda yang non korporat, Anda bisa mendapatkan layanan 5G melalui Telkomsel Orbit 5G. Telkomsel Orbit 5G adalah internet nirkabel rumah yang memanfaatkan teknologi 5G untuk memberikan pengalaman internet rumah yang lebih baik bagi seluruh anggota keluarga. Saat ini jaringan Telkomsel Orbit 5G mencakup 6 kawasan hunian di sekitar Jakarta yaitu Pondok Indah, Widya Chandra, Pantai Indah Kapuk, Kelapa Gading, Alam Sutera, dan Bumi Serpong Damai. Silakan berkonsultasi dengan petugas Telkomsel untuk mendapatkan informasi cakupan yang tepat di wilayah Anda.

Baca Juga : OPPO Daftar Ulang 4 Smartphone 5G ke Postel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here