Home BLOG Jajal Koneksi 5G, Jadi Tak Sabar Menanti

Jajal Koneksi 5G, Jadi Tak Sabar Menanti

jajal 5G

tabloidpulsa.id – Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa salah satu operator Tanah Air telah mengumumkan kesiapan jaringan dan bahkan meluncurkan layanan 5G di beberapa titik terbatas pada akhir Mei ini. Kami tentunya penasaran untuk jajal koneksi 5G ini dengan perangkat yang kami miliki untuk melihat sesiap apa, dan menerawang apa yang bisa kita lakukan dengan kecepatan ini.

Sejak 27 Mei 2021 lalu, Telkomsel menjadi operator pertama yang meluncurkan layanan 5G  di Indonesia. Meskipun hanya beberapa titik, yakni 10 area hotspot 5G di Medan, Kepulauan Riau, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, Denpasar, Balikpapan dan Makassar. Serta 6 cluster perumahan di Jakarta dan Tangerang Selatan.

Tapi perlu diingat bahwa ini adalah baru langkah awal. Artinya, untuk sampai benar-benar matang menjadi layanan unggulan, 5G masih akan membutuhkan banyak waktu dan upaya yang berkesinambungan serta sinergi antara semua pihak, mulai dari regulator, operator, hingga vendor penyedia perangkat.

Berangkat dari “ekspektasi rendah” ini lah kami di Tabloidpulsa.id mencari momen yang tepat untuk men- jajal reliabilitas jaringan 5G ini di berbagai lokasi. Tanpa sepengetahuan pihak operator dan berbekal ponsel 5G yang sudah di-unlock seminggu lalu, yakni OPPO Find X2 Pro dan OPPO Reno5 5G.

Melampaui Ekspektasi

Saat melakukan pengetesan di percobaan pertama, kami mendatangi kawasan perkantoran di Jakarta Selatan. Dengan asumsi bahwa kami melakukannya di tengah-tengah gedung perkantoran yang tinggi dan mungkin mempengaruhi hasil pengetesan menggunakan aplikasi monitor jaringan semisal Speedtest by OOKLA dan nPerf.

Benar saja, kami baru mendapatkan jaringan 5G, dengan indikasi berubahnya tulisan 4G jadi 5G di ikon network pada ponsel, ketika berada di luar gedung. Di sini kami melakukan pengetesan menggunakan nomor Telkomsel 4G biasa dan hasilnya berkisar di angka 100 hingga 120 mbps untuk download speed.

Masih di titik yang sama, kami kemudian mengganti nomor dengan nomor Telkomsel yang telah “terdaftar” untuk layanan 5G. Dan hasil pengetesan kecepatan transfer data mencapai angka yang berbeda. Meskipun tidak mencapai angka yang kami inginkan.

Kecepatan transfer data dengan menggunakan nomor khusus tadi berkisar di angka 200 hingga tembus 400 mbps. Masih sedikit lebih kecil dari ekspektasi kami yang kami set di angka 700 mbps (tapi tetap dengan berekspektasi rendah ya, guys).

Hal ini menunjukkan bahwa untuk menikmati layanan 5G secara optimal, kita harus mengaktifkan fitur 5G nya terlebih dahulu di nomor kita. Sesuai dengan pernyataan dari Telkomsel yang secara bertahap akan mengaktifkan fitur 5G di nomor-nomor lama secara otomatis, atau kita bisa melakukan registrasi melalui situs resmi 5G Telkomsel.

Makin Ngebut di Lokasi Lain

Beralih ke lokasi berikutnya, yang notabene terbebas dari gangguan fisik dari gedung-gedung bertingkat, kami mendapatkan hasil yang jauh lebih baik. Masih menggunakan perangkat yang sama, yakni OPPO Find X2 Pro dan Reno 5 5G, dan software Speedtest by OOKLA dan nPerf.

Dalam pengujian sebanyak hampir 15 kali, kami mendapatkan kisaran kecepatan di 350 hingga 570 mbps. Dengan catatan menggunakan “nomor 5G”, atau nomor yang memang diaktivasi atau sudah didaftarkan secara khusus. Dan ini sih, menggembirakan.

Artinya kecepatannya sudah mendekati angka 600 – 700 mbps yang telah kami set sebagai maksimum speed untuk layanan 5G dengan spek yang digunakan oleh Telkomsel.

Oh iya, Telkomsel menggunakan solusi jaringan Non Standalone atau NSA. Yang memungkinkan jaringan 5G untuk berjalan dengan prasarana yang telah ada (jaringan 4G). Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Telkomsel menggunakan band n40 2300 Mhz. Saat ini belum banyak produk yang mendukung jaringan 5G dengan band tersebut.

Hasil pengetesan kami di beberapa titik di atas termasuk menjanjikan. Di luar ekspektasi kami, yang awalnya sempat berpikir bahwa sinyal 5G nya bahkan mungkin tidak ada di titik yang dijanjikan. Ternyata bisa kita lihat dari hasil pengetesan di atas, bahwa kecepatannya bahkan melampaui beberapa peak 5G di beberapa Negara Asia lain yang dihimpun oleh OpenSignal per Desember 2020 tahun lalu.

Tentunya bikin kami tidak sabar. Karena secara teori dengan kecepatan 600 Mbps misalnya, kita bisa mendownload game yang berukuran katakanlah 75 GB seperti game-game Playstation jaman sekarang, hanya dibutuhkan waktu sekitar 17 menit saja. Cepat sekali. Coba bandingkan dengan kecepatan 4G yang sekarang! Tentunya sangat jauh berbeda.

Tips Bagi Yang Mau Mencoba

Kalau kami saja bisa secara spontan melakukan tes ini, maka seharusnya siapapun bisa melakukan hal yang sama. Asalkan memenuhi sejumlah persyaratan berikut.

  1. Menggunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G)
  2. Berada di lokasi yang sudah terlayani jaringan Telkomsel 5G
  3. Menggunakan perangkat smartphone yang telah mendukung jaringan dan layanan Telkomsel 5G, serta memastikan fitur 5G sudah aktif pada perangkat tersebut
  4. Memastikan nomor ponselnya telah aktif fitur 5G

Nah khusus nomor 4, Telkomsel telah melakukan upaya mengakftikan fitur 5G secara bertahap ke pelanggan yang sudah ada, dan membuka registrasi di situs resmi mereka di telkomsel.com/5G.

Untuk nomor 3, memang banyak pilihannya, namun yang paling tidak repot sih perangkat OPPO yang juga kami gunakan dalam upaya men jajal 5G saat ini. Yaitu OPPO Find X2 Pro dan Reno5 5G. Jika Anda sudah memiliki produk ini, Anda hanya perlu membuka fitur 5G nya. Bisa Anda konsultasikan ke Service Center OPPO terdekat.

Oh iya, terkait hal ini pun OPPO secara tanggap telah mengajukan sertifikasi lanjutan untuk 4 produk 5G mereka, yakni OPPO Find X2, OPPO Find X2 Pro, Reno5 5G dan A74 5G. Yang bisa Anda baca di tulisan selanjutnya.

Previous articleShopeePay Hadirkan Kampanye 6.6 Mid Year Deals
Next articleOPPO “Daftar Ulang” 4 Smartphone 5G ke Postel, Apa Saja?
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here