Home NEWS Tampil Futuristik, Begini Proses Desain OPPO Find X3 Pro 5G

Tampil Futuristik, Begini Proses Desain OPPO Find X3 Pro 5G

Desain OPPO Find X3 Pro

tabloidpulsa.id – Arsitek legendaris Anthony Gaudi berpendapat bahwa tidak ada konsep garis lurus di alam semesta. Dari perbukitan hijau hingga kerikil halus, semua memiliki lengkungan, sebuah bentuk yang merepresentasikan kehangatan, kenyamanan, dan kedamaian. Menerapkan filosofi desain ini pada sebuah smartphone yang senantiasa kita gunakan selama berjam-jam tentunya sangat masuk akal. Namun, merancang bentuk lengkungan ini dan menerapkannya pada teknologi yang kompleks bukanlah hal yang mudah.

OPPO mengimplementasikan konsep alam semesta ini dan menembus batasan teknologi dengan menghadirkan OPPO Find X3 Pro 5G, smartphone yang berbeda dari lainnya. OPPO Find X3 Pro 5G berdesain ramping dan memiliki layar kaca kurva mulus dengan 2.000 titik kontrol yang terpasang pada bodinya.

Patrick Owen, Chief Creative Officer OPPO Indonesia menjelaskan, “OPPO Find X3 Pro 5G dirancang khusus untuk memvisualisasikan estetika futuristik, perangkat ini memiliki kaca layar berbentuk melengkung organik yang menjadikannya sebuah perangkat dengan desain inovatif dan nyaman digenggam. OPPO Find X3 Pro 5G adalah mahakarya yang terbuat dari sepotong kaca berbentuk kurva mulus nan cantik yang terinspirasi dari tema luar angkasa. Bagian yang terbaik adalah kaca melengkung dan mengelilingi kamera ganda pada perangkat yang disebut sebagai Gradient Arc, sebuah desain unutuk menciptakan tampilan yang belum pernah ada sebelumnya.”

Meskipun memiliki keindahan minimalis yang tampak sederhana, perangkat ini sesungguhnya memiliki rancangan yang kompleks. Sebelum merancang perangkat, desainer OPPO terlebih dahulu membuat sketsa kurva dan busur cembung yang terdapat pada bagian kiri dan atas holder kamera, serta bagian bawah dan kanannya. Area atas, dijuluki ‘permukaan matahari’, menawarkan transisi yang mulus, sedangkan sebaliknya, area bayangan membentuk transisi yang mulus dari bagian belakang ponsel yang datar itu sendiri.

Namun, bentuk kurva yang mengelilingi kamera ini tidak dapat digambar dengan software menggambar biasa. Ibarat berjabat tangan tiga orang pada waktu yang sama, tidak mungkin menciptakan desain dan kreasi ini dengan pola pikir tradisional. Apabila hanya bergantung pada metode tradisional, kurva yang dihasilkan tidak akan memiliki bentuk yang seragam dengan ukuran lengkungan yang tidak sama. Apabila dipaksakan, permukaan belakang OPPO Find X3 Pro 5G ini akan menghasilkan pantulan cahaya berantakan.

Baca Juga:  Lenovo dan Ruangguru Gelar Kontes Poster Pendidikan untuk #KelasBelajarMasaDepan

Merancang yang mustahil

Untuk merancang dan menciptakan bentuk kurva yang sempurna pada bagian kaca belakang perangkat, desainer OPPO menerapkan proses “UV point mapping” dengan memproyeksikan gambar 2D ke permukaan 3D. Para desainer kemudian menciptakan rancangan 3D kurva yang memiliki lebih dari 2.000 titik individu yang disesuaikan sedemikian rupa untuk menghasilkan bentuk kurva dengan tingkat presisi yang luar biasa.

Mengukur kurva dengan tepat menjadi tantangan utama. Mengukur minute defect dan distortion pada bentuk kurva dengan detil mikroskopis bukanlah sesuatu yang mudah dan penuh dengan berbagai rintangan. Dengan menggunakan metode teknologi canggih yang digunakan dalam industri otomotif mobil yang disebut sebagai zebra analysis detection method, OPPO mampu memproyeksikan garis lengkungan yang akurat pada bagian kaca perangkat untuk menciptakan permukaan yang sangat halus.

Apabila garis permukaan tidak rata, bagian belakang perangkat tentunya tidak akan menghasilkan pantulan cahaya sempurna sebagaimana yang diharapkan. Dengan teliti memperhatikan seluruh garis rancangan ini, OPPO berhasil menciptakan kurva halus yang sempurna hingga pada tingkat milimeter. Teknik kompleks seperti ini juga menghadirkan tantangan lebih lanjut. Metode pembuatan kaca hot-forge konvensional tidak akan mampu menghasilkan kurva sempurna yang telah dirancang oleh tim OPPO.

Menciptakan yang mustahil

OPPO sebelumnya berhasil mencetak kaca dengan metode hot-forging untuk menciptakan kurva yang sempurna. Berkat inovasi ini, OPPO Find X2 Pro versi Lamborghini yang terinspirasi dari Aventador SVJ Roadster berhasil diciptakan dengan lekukan yang meniru bentuk supercar legendaris tersebut. Teknik ini mampu menghasilkan kurva dengan lengkungan menakjubkan dan transisi sempurna dari titik tertinggi 0,6 mm hingga ke titik terendah 0,1 mm.

Baca Juga:  OPPO A17k Unggulkan Desain Elegan dan Premium di Kelasnya

Namun, teknik revolusioner seperti ini perlu dikembangkan lebih lanjut untuk merancang OPPO Find X3 Pro 5G. Bentuk kurva empat sisi dan tiga dimensi menjadikan panel kaca jauh lebih sulit untuk dikeluarkan dari cetakan selama proses pembuatan. Dalam proses pembuatan cetakan casing konvesional, biasanya proses ini dilakukan sebanyak 20 kali sebelum kami mendapatkan hasil yang diinginkan Namun, dalam desain kaca kompleks pada OPPO Find X3 Pro 5G, pembuatan cetakan dilakukan hingga 100 kali hanya untuk mendapatkan bentuk lengkungan yang sempurna.

Setelah cetakannya siap, kaca tersebut sekarang dapat dibuat melalui proses hot-forging terbaik dari OPPO. Cetakan super akurat yang terbuat dari grafit ini dimasukkan bersamaan dengan kaca ke dalam tungku tempa dengan panas 700 derajat sehingga kaca menjadi lunak dan mudah dibentuk. Kaca kemudian ditekan di dalam mesin die-casting untuk membentuk kurva yang diinginkan. Seluruh proses mulai dari pemanasan, penempaan, hingga pendinginan ini sekarang dilakukan secara otomatis dengan tingkat keberhasilan yang hampir sama seperti proses pencetakan casing belakang konvensional lainnya.

Selama proses desain, teknik, dan manufaktur, OPPO melakukan kontrol yang ketat untuk memastikan presisi dan kesempurnaan kurva ini dan menjadikan OPPO Find X3 Pro 5G nyaman digenggam. Hasil akhirnya adalah bentuk kaca berbentuk melengkung yang sangat mulus, kokoh, dan memiliki keindahan yang tak tertandingi.

Keanggunan yang tak tertandingi

Selain desain fisiknya, sentuhan akhir dalam rancangan OPPO Find X3 Pro 5G menghadirkan estetika yang tak tertandingi dan belum pernah ada sebelumnya. Lapisan matte dan anti-glare tak hanya menjadikan kaca terasa sehalus sutra, tetapi juga mampu menahan noda sidik jari dengan sangat baik sehingga kaca selalu tampak bersih setiap saat.

Baca Juga:  Erajaya Leasing Fair Tawarkan Kemudahan Pembayaran Cicilan

OPPO Find X3 Pro 5G tersedia dalam warna Gloss Black yang tampil kokoh dan menawan. Pilihan lainnya adalah warna Blue dengan sentuhan akhir dual-tone yang mampu mengubah pantulan cahaya menjadi gelombang yang membaur dan pola warna yang memukau.

Dalam proses pewarnaan konvensional, film berwarna ditempatkan di bawah kaca belakang. Namun, apabila proses ini diterapkan pada bentuk kurva OPPO Find X3 Pro 5G, film berwarna ini akan mengkerut dan membentuk gelembung yang tidak indah dipandang. Untuk mengatasi hal ini, para teknisi kami menerapkan proses pelapisan OC0 + dan penyemprotan tinta terbaik di industri. Metode ini tidak hanya menciptakan hasil akhir yang seragam dan halus yang meningkatkan keindahan pantulan cahaya pada kaca, tetapi juga mengurangi kemungkinan pecahnya kaca apabila perangkat terjatuh hingga 50 persen. Film tambahan yang ditempatkan di permukaan bagian dalam kaca juga mencegah kaca pecah dan menyebabkan bahaya bagi penggunanya apabila kaca rusak karena benturan.

Era baru dalam desain smartphone

Sama seperti desain dan teknik hebat lainnya, OPPO Find X3 Pro 5G adalah objek yang memancarkan keindahan sederhana dan bersahaja yang memiliki tingkat tingkat komplesitas yang tinggi dan dihasilkan berkat upaya luar biasa dari OPPO.

“OPPO Find X3 Pro 5G merupakan smartphone tiada tandingan yang mendorong batasan desain dan teknik. Melengkapi sentuhan akhir yang unik dan kuat serta kurva yang luar biasa, perangkat ini memiliki IP68 Water, Dust Resistance, dan sistem OS yang dirancang khusus untuk pengguna. Dengan OPPO Find X3 Pro 5G, Anda seakan menggenggam masa depan di telapak tangan,” tutup Patrick Owen.

Previous articleJajal Layanan 5G Bersama Telkomsel, Layak Gak Sih?
Next articleClosed Beta The Lord: Age Of Renaissance Dibuka 4 Juni 2021
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here