Home Blog Page 436

Blibli Cinta Bumi Dorong Ekonomi Sirkular

Blibli Cinta Bumi

tabloidpulsa.id – Sebagai pelopor ekosistem omnichannel terintegrasi, Blibli bersama tiket.com dan Ranch Market berkomitmen mengusung visi kolaboratif untuk menjadi ekosistem e-commerce hijau pertama di Indonesia dengan penerapan ekonomi sirkular untuk menyukseskan SDG (Sustainable Development Goals).

Selama gelaran kampanye dan eksibisi “Langkah Membumi” yang berlangsung sejak 11 November hingga 4 Desember 2022 yang berlokasi di ASHTA District 8, Jakarta Selatan, Blibli mengusung pengalaman omnichannel dengan membawa 25 merek produk eco-friendly, yang dipamerkan di booth Langkah Membumi dan dapat dibeli secara online lewat memindai QR Code atau mengunjungi laman utama kurasi produk eco-conscious di aplikasi dan situs resmi Blibli dengan mengetik di search bar Blibli Cinta Bumi.

Selama tiga minggu eksibisi tersebut, pengunjung mendapatkan edukasi  mengenai darurat sampah di ibukota, termasuk proses pengolahan sampah e-commerce menjadi produk dengan kemanfaatan baru. Blibli pun turut memajang dan menjual hasil olahan sampah operasionalnya, terdiri dari kardus dan plastik, menjadi barang-barang seperti multi purpose tote bag, pouch, mobile phone holder, laptop sleeve case, dan T-shirt, yang turut memberdayakan komunitas perempuan tmarjinal hasil kerja sama dengan sebuah social enterprise, Liberty Society. Produk-produk tersebut juga bisa dipesan lewat eco hub Blibli Cinta Bumi dengan harga mulai dari Rp200.000,-

Melalui kegiatan ini, Blibli telah menyumbang pada konservasi alam dan pemberdayaan komunitas marjinal dengan menggandeng beberapa pihak yang memiliki kesamaan visi. Bersama Plana, social enterprise, memproduksi kayu ramah lingkungan yang terbuat dari plastik bekas dan sekam beras, mendaur ulang 120 kilogram plastik daur ulang dan 240 kilogram gabahyang setara dengan menyelamatkan 90 pohon.

Bekerja sama dengan Bioma perusahaan jasa rental furniture yang mendukung efisiensi penggunaan produk, serta berkolaborasi dengan Liberty Society untuk memulai ekonomi sirkular yang memberikan dampak untuk memberikan pelatihan kepada 120 perempuan di 3 provinsi. Lebih jauh lagi, pada proses produksi produk upcycled sampah Blibli telah memberi tambahan penghasilan hingga 4-5x lipat pada komunitas perempuan marjinal. Dimana untuk keseluruhan kegiatan ini sudah mendukung sembilan pilar pembangunan berkelanjutan, mulai dari konsumsi dan produk bertanggung jawab sampai dengan berkurangnya kesenjangan.

Eksibisi Langkah Membumi ini menuai antusiasme tinggi dari masyarakat. Di luar pengunjung, Blibli juga mencatat lonjakan kunjungan pada laman kurasi eco hub Blibli Cinta Bumi mencapai >10.000 selama satu bulan terakhir.

Blibli juga mencatat kepedulian pengunjung, termasuk pekerja kantoran di kawasan SCBD yang peduli akan eco-conscious lifestyle, sesederhana berpartisipasi dengan mengembalikan kemasan bekas berupa kardus dan kemasan plastik.

“Dalam eksibisi ini, kami menggunakan pendekatan edutainment dalam memperkenalkan langkah sederhana yang bisa dilakukan bersama, mulai dari kemudahan memilah sampah sampai dengan inovasi ekonomi sirkular yang bisa memberikan kehidupan kedua bagi sampah kardus dan plastik agar memiliki nilai tambah dan fungsi baru, serta kesempatan bagi pekerja yang terdiri dari komunitas marjinal untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik melalui pendapatan tambahan dan pelatihan. Blibli bersama ekosistem kami, tiket.com dan Ranch Market sangat bangga bisa menginisiasi gaya hidup ‘hijau’, yang disertai tingginya antusias pengunjung, baik dari kaum profesional dan keluarga, menjadikan eksibisi ini ajang pembelajaran bagi generasi muda,” ujar Yolanda Nainggolan, VP, Public Relations, Blibli.

Sejumlah kegiatan inspiratif dan edukatif juga digelar, diantaranya kolaborasi dengan Bartega Studio dan Liberty Society dalam menggelar “Junkart Class’ dengan tema Song of The Ocean. Kelas edukasi pentingnya memasak bahan makanan segar bersama Arsyan Dwianto, Big 3 Masterchef Indonesia Season 9, yang berkolaborasi dengan Ranch Market juga digelar untuk memupuk semangat gaya hidup sehat.

Kegiatan edukasi memilah dan mendaur ulang sampah bertajuk FamDay Turn Trash to Treasure yang turut melibatkan komunitas Sahabat Ibu Pintar Blibli, serta berbagai aktivitas media sosial juga diharapkan turut meningkatkan kepedulian terhadap gaya hidup lebih ramah lingkungan, yang menjadi pesan utama dari eksibisi Langkah Membumi ini.

Eksibisi Langkah Membumi ini menjadi inisiatif berorientasi ESG (Environment, Society, Governance) pertama di bawah naungan ekosistem Blibli Tiket yang diharapkan dapat menjadi pemicu semangat masyarakat dalam mengambil langkah kecil yang konsisten dan berdampak positif bagi Bumi dan kualitas hidup yang lebih baik.

Perjalanan Langkah Membumi dari Blibli Cinta Bumi

Sejak 2020, Blibli telah memulai langkah kecil dalam mengelola sampah, termasuk kardus bekas dan plastik, melalui Blibli Cinta Bumi. Mulai dari menerapkan green warehouse dan memastikan sistem operasional yang lebih efisien. Mendorong tim internal untuk mengelola limbah yang dihasilkan, serta menyediakan Kotak Pengumpul Sampah dan layanan BES Paket bagi pelanggan dan seller mengajak mereka mengembalikan kardus bekas Blibli yang akan didaur ulang menjadi filler material pengganti bubble wrap. Serta, program kerjasama dengan Djarum Foundation untuk menukarkan setiap 10 kardus bekas yang pelanggan kembalikan menjadi bentuk donasi 1 benih yang sudah dilaksanakan melalui penanaman 1.000 bibit pohon di Kabupaten Rembang pada 2021 dan penanaman 3.000 bibit mangrove di Semarang pada bulan November lalu.

Melangkah lebih jauh, Blibli menginisiasi kolaborasi bersama Liberty Society untuk menerapkan ekonomi sirkular melalui kampanye dan eksibisi Langkah Membumi, di mana keduanya memberdayakan komunitas perempuan marjinal untuk memberikan kehidupan kedua terhadap sampah-sampah yang telah dikumpulkan. Kampanye ini menjadi wujud komitmen Blibli dalam menerapkan bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab selaras dengan prinsip ESG. Apalagi data Bappenas (2020) menunjukkan bahwa penerapan ekonomi sirkular berpotensi mengurangi 50 persen sampah pada tahun 2030.

Menutup gelaran eksibisi Langkah Membumi, Yolanda mengatakan, “Dengan semakin banyak sinergi dan inisiatif ESG kedepannya, kami optimis dapat mewujudkan visi bersama menjadi ekosistem e-commerce hijau pertama di Indonesia. Solusi bersama dibutuhkan untuk mengatasi masalah bersama, dan melalui langkah kecil bersama pelanggan dan seller kami mewujudkannya.”

Versi Terbaru airasia SUPER+ Berikan Keuntungan Tanpa Batas

airasia SUPER+

tabloidpulsa.idairasia SUPER+ memperkenalkan versi terbarunya dengan memperluas jangkauan ke lebih dari 130 destinasi, serta menawarkan pengguna beragam keuntungan lainnya.

Kali ini, paket SUPER+ dapat dibeli oleh setiap pengguna di seluruh dunia, bahkan bagi mereka yang berada di Amerika Serikat, Eropa, dan kawasan lainnya. Sebelumnya, SUPER+ telah diluncurkan pada Maret 2022 untuk wilayah Asia Tenggara. Hingga hari ini, ratusan ribu pelanggan telah menukarkan lebih dari 500.000 tiket penerbangan gratis dengan memanfaatkan SUPER+.

Di tengah gelora kebangkitan industri perjalanan, permintaan masyarakat akan transportasi udara juga mengalami peningkatan yang signifikan. Laporan Perkembangan Pariwisata dan Transportasi Nasional dari Badan Pusat Statistik mencatat bahwa selama Januari–Oktober 2022, jumlah penumpang angkutan udara internasional mencapai 5,1 juta orang, atau naik sebesar 1.010,64 persen jika dibandingkan kondisi pada periode yang sama di tahun 2021. Seiring dengan fenomena tersebut, pengembangan dari SUPER+ menjadi sebuah jawaban dari airasia Super App atas kebutuhan para pelancong akan pengalaman perjalanan yang terjangkau.

SUPER+ versi terbaru menawarkan dua opsi berlangganan dengan pilihan destinasi yang berbeda. Pelanggan dapat memilih SUPER+ Lite yang menjangkau rute Asia Tenggara, atau SUPER+ Premium yang menyediakan akses ke seluruh negara dari rute grup maskapai AirAsia, termasuk Jepang, Korea Selatan, Australia, Selandia Baru, India, Maladewa, Hong Kong, Taiwan, dan Arab Saudi. Lebih menariknya lagi, kedua opsi paket SUPER+ juga termasuk Diskon tanpa batas untuk pemesanan airasia ride di Bali, Malaysia, dan Thailand, serta Diskon 5% tanpa batas untuk reservasi hotel melalui airasia hotels.

SUPER+ versi terbaru ini tersedia secara eksklusif bagi 200.000 pelanggan baru. Pelanggan di Indonesia bisa mendapatkan SUPER+ dengan harga mulai dari 4 juta Rupiah. Periode pembelian dibuka hingga 11 Desember 2022, pukul 22.59 WIB. Pengguna airasia Super App cukup klik ikon SUPER+ di dalam aplikasi atau kunjungi https://app.airasia.com/F4uy/jbp0bw7b untuk berlangganan.

Dalam setiap pembelian paket berlangganan SUPER+, pelanggan juga akan memperoleh bonus hingga 2.000 airasia points. Poin tersebut dapat digunakan untuk bertransaksi pada seluruh layanan dan produk di airasia Super App, mulai dari pemesanan tiket pesawat, hotel, makanan, berbelanja produk duty-free, dan lainnya.

Pelanggan SUPER+ dapat menukarkan tiket penerbangan mereka selama satu tahun sejak tanggal berlangganan* (contoh: 5 Desember 2022 – 5 Desember 2023) dan mulai melakukan perjalanan per 1 Januari 2023.

CEO Capital A Tony Fernandes menyampaikan, “Kami merasa sangat gembira dengan dibukanya kembali perbatasan sejumlah negara, seperti Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, dan lainnya yang akan datang dalam waktu dekat. Langkah inilah yang telah kami persiapkan untuk mendorong kebangkitan industri perjalanan. Paket berlangganan SUPER+ merepresentasikan keindahan dari ekosistem airasia Super App, dimana kami memadukan layanan maskapai beserta ragam produk dan layanan perjalanan lainnya, seperti airasia hotels hingga airasia ride yang juga merupakan bagian dari keuntungan SUPER+. Sesuai dengan DNA kami, SUPER+ menjadi salah satu produk yang menekankan value terbaik kepada para pengguna, dan kami akan terus mengutamakan hal tersebut pada semua lini produk dan layanan yang akan kami luncurkan di masa mendatang.”

Head of Marketing airasia Super App Indonesia Boni Andika menambahkan, “Secara keutuhan ekosistem airasia Super App, kehadiran SUPER+ telah menegaskan kembali kekuatan kami sebagai satu-satunya travel super app yang memiliki maskapai sendiri, sehingga mampu menyajikan pengalaman perjalanan yang menyeluruh dan terjangkau kepada para pengguna. Kami juga berharap dengan adanya SUPER+ dapat menarik semakin banyak wisatawan mancanegara untuk mengeksplorasi berbagai destinasi unggulan di tanah air, serta mendukung kebangkitan industri pariwisata Indonesia.”

Antusiasme menyambut kabar bahagia ini turut diutarakan oleh Meliyana, salah satu pelanggan setia SUPER+ yang berasal dari Indonesia, “Saya sudah berlangganan SUPER+ dari pertama kali diluncurkan. Hingga hari ini, saya sudah terbang gratis sebanyak 68 kali dengan menggunakan SUPER+. Tidak diragukan kalau SUPER+ ini sangat menguntungkan!”

Cara Menukarkan Tiket Penerbangan dan Diskon Tanpa Batas dengan SUPER+

Seluruh tiket penerbangan yang ditukarkan dengan SUPER+ belum termasuk pajak pemerintah dan biaya tambahan lainnya. Pemesanan tiket penerbangan harus dilakukan minimal 14 hari sebelum waktu keberangkatan dan mengikuti periode embargo, serta syarat ketentuan yang berlaku. Ketersediaan tiket penerbangan mengikuti jumlah penawaran dan permintaan pada rute yang dipilih.

DANA Raih Penghargaan PJP Non-bank di Bank Indonesia Award 2022

tabloidpulsa.id – Kemitraan strategis merupakan salah satu kunci dalam menjalin sinergi antar pemangku kepentingan guna mempercepat akselerasi inklusi keuangan. Pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2022 yang berlangsung pada hari Rabu, 30 November 2022 lalu, Bank Indonesia memberikan penghargaan Bank Indonesia Award 2022 kepada 58 pemangku kepentingan yang turut berkontribusi mendukung akselerasi transformasi sektor keuangan. Dompet digital DANA menerima penghargaan sebagai Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) QRIS dengan Performa Terbaik. 

Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022 dengan tema Sinergi dan Inovasi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Menuju Indonesia Maju mengulik arah bauran kebijakan Bank Indonesia 2023 menuju ketahanan, pemulihan, dan kebangkitan ekonomi Indonesia yang terdiri dari kebijakan moneter, kebijakan makroprudensial, kebijakan sistem pembayaran, kebijakan pendalaman pasar uang, dan kebijakan ekonomi-keuangan inklusif dan hijau. Pada pertemuan ini, Bank Indonesia sekaligus memberikan penghargaan kepada DANA sebagai salah satu mitra strategis non-bank yang menunjukkan performa terbaik khususnya dalam hal transaksi QRIS. 

Integrasi dompet digital DANA dengan QRIS yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam melakukan berbagai transaksi, menjadi fokus utama DANA untuk aktif menggandeng Pemerintah daerah, institusi finansial, komunitas, hingga pelaku UMKM dalam mengedukasi penggunaan QRIS. Upaya DANA memperlihatkan kenaikan transaksi QRIS di DANA dari Juni 2021 hingga Juni 2022, yang bertumbuh positif mencapai hampir 5 kali lipat. Ini adalah kali keduanya DANA memenangkan penghargaan bergengsi dari Bank Indonesia. Sebelumnya pada tahun 2020, DANA memenangkan penghargaan serupa, dan menunjukkan konsistensi dan komitmen DANA dalam upaya mendukung Pemerintah dalam mengedukasi penggunaan QRIS mengingat pada tahun 2020 silam, DANA juga memperoleh penghargaan yang sama dari Bank Indonesia.

“Terpilihnya DANA sebagai penerima penghargaan PJP Nonbank dengan Performa QRIS Terbaik tentunya menjadi kebanggaan dan dorongan untuk terus berdedikasi dalam melayani para pengguna kami. Pencapaian ini tak lepas dari kepercayaan para pengguna yang begitu besar, sehingga DANA dapat memberikan kontribusi bagi percepatan transformasi digital. Berbagai inisiatif guna meningkatkan literasi digital, khususnya terkait QRIS sebagai standar pembayaran yang menjadi pemersatu ragam transaksi dan layanan, dijalani oleh DANA dengan memperhatikan kebutuhan pengguna dari berbagai daerah. QRIS kini menjadi game-changer dalam transaksi digital di Indonesia, dan DANA berkomitmen untuk berinovasi dengan menempatkan pengguna di titik pusat inovasi teknologi,” ujar Vince Iswara selaku CEO dan Co-Founder DANA Indonesia. 

Sinergi dan inovasi merupakan kata kunci dalam mencapai ketahanan dan kebangkitan, terlebih dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di tengah era digitalisasi. DANA, sebagai perusahaan teknologi yang mengimplementasikan open platform strategy, senantiasa turut mengambil bagian untuk mewujudkan ekosistem pembayaran nasional dengan integrasi, interkonektivitas, dan interoperabilitas, sesuai gagasan pemerintah. Kini, DANA juga telah menerapkan Standar Nasional Open API Pembayaran (SNAP) melengkapi sistem QRIS sebagai standardisasi interkoneksi pembayaran guna melajukan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025.

Bank Indonesia Awards menandakan tonggak pencapaian bagi para pemangku kepentingan yang setia berkontribusi mempercepat terwujudnya transformasi digital, serta memberikan energi baru untuk berkarya. Bersama dengan 57 penerima penghargaan lainnya, dompet digital DANA berdedikasi untuk berinovasi memenuhi kebutuhan para pengguna, serta memberikan pengalaman terbaik dalam bertransaksi digital.

JDL Express Indonesia Siap Berikan Layanan Terbaik di Harbolnas 12.12

JDL Express Indonesia

tabloidpulsa.id – Momen tanggal kembar selalu ditunggu-tunggu oleh para pecinta belanja online serta para pelaku bisnis online. Menyambut festival belanja online terbesar di akhir tahun yaitu 12.12, JDL Express Indonesia mempersiapkan sebanyak 300 armada guna melayani pelanggan. JDL Express Indonesia menyadari kebutuhan logistik, kecepatan dan keamanan dalam pengiriman barang menjadi aspek penting bagi kenyamanan pelanggan. 

Tidak hanya mempersiapkan armada dalam jumlah yang besar, JDL Express Indonesia juga yakin bahwa ekspedisi layanan darat truck networking yang dimiliki di wilayah Jabodetabek dan pulau Jawa dapat memaksimalkan proses pengiriman barang nantinya. Sumber Daya Manusia (SDM) pun dipersiapkan untuk mengantarkan paket lebih cepat dan aman agar pelanggan dapat merasakan pengalaman berbelanja online lebih optimal.

Melalui momen festival belanja online 12.12 ini pula, platform logistik ini berkomitmen menjadi penyedia logistik terpercaya dan mampu diandalkan di Indonesia. “JDL Express Indonesia mendukung pengiriman logistik, baik dari pembelanjaan pelanggan di JD.ID maupun pengiriman dari klien korporasi dan online seller melalui layanan yang holistik di sepanjang tahun 2022,” ungkap Echo Hong selaku CEO JDL Express Indonesia.

Ms. Echo Hong merupakan CEO baru dari yang aktif sejak 5 Oktober 2022 lalu. Beliau adalah salah satu pemimpin termuda yang dimiliki oleh JD Worldwide dengan usia 36 tahun dan telah memiliki 11 tahun pengalaman di bidang logistik. Sebelumnya Ms. Echo Hong merupakan Head of Logistics di JD.ID dan telah bergabung bersama JD.ID sejak tahun 2012. Memegang teguh nilai tanggung jawab, kepercayaan dan loyalitas, Ms. Echo Hong yakin dapat mencapai target perusahaan dan meningkatkan lebih banyak bisnis eksternal nantinya.

Melihat tingginya antusiasme Harbolnas 12.12 nantinya, platform logistsik ini juga telah melihat tren jenis barang yang paling diminati oleh pelanggan. “Jenis barang groceries dan barang elektronik menjadi dua jenis barang yang paling diminati dan akan banyak dibeli oleh para pelanggan. Berafiliasi dengan JD.ID, didukung sistem pengiriman yang menggunakan standar rekomendasi dari JD Logistics, dan telah memiliki 11 gudang, lebih dari 250 titik drop point, serta lebih dari 3.000 kurir, JDL Express Indonesia optimis dapat membantu melayani pelanggan akan kebutuhan mereka”, tambah  Echo Hong.

Platform logistik ini juga memberikan berbagai kemudahan kepada para pelanggan dengan berbagai layanan yang dimiliki, seperti layanan pengiriman reguler, pengiriman dengan metode pembayaran di tempat (Cash on Delivery), metode pembayaran dengan menggunakan kartu di tempat (Card Swipe on Delivery), tailor-made, fulfillment, kargo, last mile, dan cross border last mile.

Beragam pilihan ini menjadi wujud komitmen untuk selalu ingin memaksimalkan customer experience. Turut memeriahkan pesta belanja online terbesar, JDL Express Indonesia memberikan promo menarik bagi para pelanggannya yaitu Rp.5.000,-/kg untuk pengantaran dalam kota dan Rp.10.000,-/kg untuk pengantaran di seluruh Jawa khusus untuk pelanggan baru. 

Xiaomi 13 Pro Muncul di Database BIS & SIRIM Jelang Peluncuran Global

tabloidpulsa.id – Xiaomi seharusnya meluncurkan seri Xiaomi 13 pada 1 Desember di China, namun peluncurannya ditunda, dan tanggal peluncuran baru belum diumumkan oleh raksasa smartphone tersebut.  Dikutip dari GizoChina, Xiaomi 13 Pro telah muncul di database SIRIM dan BIS, mengisyaratkan peluncuran Malaysia dan India yang akan segera terjadi.

Dikatakan bahwa sertifikasi BIS dan SIRIM menunjukkan perangkat tersebut memiliki nomor model 2210132G. Sertifikasi SIRIM juga menegaskan moniker sebagai Xiaomi 13 Pro. Selain itu, sertifikasi tidak banyak mengungkapkan tentang smartphone. Namun, kami sudah memiliki banyak informasi tentang perangkat tersebut berkat banyak kebocoran.  Mari lihat.

Spesifikasi Xiaomi 13 Pro (prediksi)

Dibandingkan dengan Xiaomi 12 Pro, 13 Pro akan memiliki bagian belakang yang didesain ulang, terbukti dari gambar yang bocor.  Benjolan kamera utama akan berbentuk persegi dengan ujung membulat. Modul kamera akan menggunakan sensor Sony IMX989 1 inci 50 megapiksel dengan OIS sebagai kamera utamanya. Dua kamera lainnya diisi oleh lensa ultra lebar 50 megapiksel dan lensa telefoto zoom optik 3,2x 50 megapiksel dengan OIS.

Layar perangkat berukuran 6,73 inci dan diharapkan menawarkan resolusi 2K dengan kecepatan refresh 120Hz, peredupan PWM 1920Hz, dan kecerahan puncak 1.900 nits.  Di bawah tenda, perangkat akan menampilkan chipset Snapdragon 8 Gen 2 dengan RAM LPDDR5X dan penyimpanan UFS 4.0.

Xiaomi 13 Pro juga dikatakan memiliki baterai 4.820mAh dengan pengisian cepat 120W.  Ini akan mendukung pengisian nirkabel 50W dan pengisian nirkabel terbalik 10W.  Xiaomi 13 Pro akan dilengkapi dengan chip Surge G1 untuk manajemen daya yang lebih baik saat mengisi daya.

Selain fitur-fitur tersebut, perangkat tersebut dikatakan dilengkapi dengan blaster IR, motor linier mesin cyber, NFC, dan sasis dengan peringkat IP68.  Perangkat ini akan memiliki berat 229 gram (kulit belakang – 210 gram) dan memiliki ketebalan 8,38mm (kulit belakang 8,7mm).

Opensignal: 5G di Indonesia Lebih Superior Ketimbang Wifi dan 4G

opensignal 5g

tabloidpulsa.id – Meski belum tersebar secara luas dan bisa dinikmati oleh siapa saja, bahkan di Ibu Kota Jakarta, jaringan 5G di Indonesia dinilai oleh Opensignal memiliki kecepatan jauh lebih baik dari kecepatan WiFi dan 4G. Opensignal lembaga riset yang memfokuskan pada kualitas jaringan nirkabel baru-baru ini merilis sebuah artikel menarik bertajuk “5G in Indonesia is Far superior to Wifi, and 4G” memberikan pandangan bahwa 5G di Indonesia memiliki masa depan yang cerah.

Tulisan Opensignal ini dimulai dengan membandingkan kecepatan jariangan 4G dibandingkan Wifi, yang berdasarkan analisa mereka 4G masih memiliki sejumlah kelebihan. Baik jika dibandingkan dengan jaringan Wifi publik, maupun jaringan private. Tapi kecepatan 5G diketahui telah mampu melampaui kecepatan dua jaringan tersebut.

Jaringan 5G di Indonesia memiliki rata-rata kecepatan download hampir 4 kali kecepatan jaringan melalui Wifi. Untuk kebutuhan streaming, secara berturu-turut kita bisa mendapatkan pengalaman terbaik di jaringan 5G, 4G lalu Wifi. Tapi hal ini tidak berlaku ketika digunakan untuk bermain game multiplayer, di mana 5G masih di atas, kemudian disusul oleh Wifi untuk pengalaman nge game yang lebih baik lalu paling bawah ada 4G.

Data Opensignal memperlihatkan kecepatan download 4G melalui smartphone para pengguna di Indonesia rata-rata mencapai angka 17 Mbps. Ketika mereka mendapatkan kececpatan 14.6 Mbps saat terhubung Wifi. Jika dibandignkan dengan kecepatan 5G yang mencapai 54.6 Mbps rata-rata, artinya kecepatannya sudah mencapai 3.3 kali kecepatan 4G dan 3.9 kali lebih cepat dari WiFi.

Data berikutnya memperlihatkan kecepatan upload. Hampir sama, kecepatan uplaod melalui jaringan 5G memperlihatkan kecepatan yang paling tinggi yakni 19.6 Mbps. Artinya ini 2.5 kali lebih cepat dari upload melalui jaringan 4G yang ada di speed 7.7 Mbps. Dan 3.1 kali lebih cepat dari Wifi yang memiliki kecepatan 6.3 Mbps.

Kecepatan upload ini dinilai sangat penting terutama untuk berbagi konten melalui jejaring sosial, mengirimkan lampiran email yang berukuran besar, video calls atau ketika terhubung dengan jaringan VPN.

Pengguna smartphone di Indonesia juga memiliki pengalaman yang jauh lebih baik ketika menonton video streaming melalui jaringan 5G, dibandingkan dengan 4G dan Wifi. Dengan nilai 67.4, pengalaman nonton video via 5G ini sudah masuk ke kategori Very Good (65-75). Artinya kita bisa merasakan waktu loading yang cepat, hanya sedikit saja mengalami lag. Tapi sayangnya pengalmaan ini bakal bervariasi dan bisa dibilang inkonsisten tergantung video yang ditayangkan, resolusi dan providernya.

Sebagai pembanding Wifi dan 4G menempati dua kategori di bawahnya, yakni Fair (40-55). Anda bisa cek grafik yang disediakan oleh Opensignal berikut ini.

Selanjutnya untuk bermain game multipalayer, Wifi memberikan penglaman yang lebih baik ketimbang 4G. Dengan nilai 68.3 dari 100, Wifi menempati satu kategori di atas 4G yaitu fair. Sementara 4G masuk ke kategori Poor. Sekali lagi jaringan 5G mampu dominan dengan menempati kategori good fengan nilai 77.3.

Hasil ini memperlihatkan bahwa pengguna smartphone di Indonesia kini bisa menikmati kecepatan download dan upload, termasuk menonton video streaming dan bermain game multipalyer ketika terhubung ke 5G. Tapi satu hal yang mungkin belum diketahui Opensignal adalah, 5G di Indonesia masih sangat terbatas, baik berdasarkan lokasi, maupun aksesibiltas bagi pengguna ponsel yang awam.

Seperti yang telah disebutkan di awal, jaringan 5G masih bertumbuh belum menyebar secara merata. Jangankan ke seluruh pelosok Negeri, di ibu kota sendiri masih menjadi Pekerjaan Rumah yang cukup pelik. Semoga hal ini bisa segera diatasi oleh pihak-pihak terkait.

Traveloka Perkenalkan Tagline Baru “Life, Your Way”

life your way traveloka

tabloidpulsa.id – Pada 2 Desember lalu, Traveloka, Platform travel terdepan di Asia tenggara meluncurkan tagline baru yakni “Life, Your Way”. Tagline baru ini menurut rilis yang kami terima, semakin menegaskan kehadiran Traveloka sebagai platform travel yang menghadirkan pengalaman konsumen yang mengedepankan teknologi melalui beragam solusi layanan perjalanan. Tagline terbaru Traveloka. “Life, Your Way” mencerminkan misi perusahaan dalam memudahkan konsumen memenuhi aspirasi serta kebutuhan perjalannya.

Perubahan tagline ini sekaligus merespon terhadap peningkatan kebutuhan masyarakat untuk melakukan perjalanan. Laporan e-Conomy SEA 20221 menyebutkan bahwa sektor perjalanan menunjukkan tren pemulihan yang bertahap dan akan mencapai pemulihan penuh pada tahun 2023 dan 2024. Laporan yang sama menyebutkan perjalanan domestik menunjukkan tren pemulihan yang lebih cepat, di mana tercatat bahwa pemesanan hotel di Asia Tenggara mencapai hampir 80% level sebelum pandemi. Sementara penumpang perjalanan udara domestik di Indonesia dan Malaysia masing-masing mencapai 70% dan 60% dibandingkan tahun 2019.

Menurut Data internal Traveloka juga pada kuartal III/2022, terdapat peningkatan pemesanan hingga 5x lipat untuk perjalanan destinasi internasional, dan lebih dari 30% peningkatan pemesanan pada perjalanan destinasi domestik. Secara keseluruhan, pemesanan tiket pesawat juga meningkat hingga 4x dibanding pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Shirley Lesmana, Chief Marketing Officer, Traveloka, mengatakan, “Kebutuhan perjalanan konsumen terus mengalami perubahan, dan kami melihat adanya tren di mana para konsumen kini menginginkan adanya pengalaman perjalanan yang lebih personal. Traveloka meluncurkan tagline “Life, Your Way” untuk mempertegas posisinya sebagai perusahaan teknologi yang berpusat pada konsumen (consumer-centric) dari lintas generasi untuk memenuhi beragam kebutuhan mereka. Tiga kunci utama Traveloka yaitu, (1) solusi produk serta layanan yang menyeluruh; (2) jaminan layanan yang berkualitas dan fitur-fitur terbaik untuk meningkatkan kenyamanan konsumen; serta (3) Best value deals atau ketersediaan harga-harga yang menguntungkan bagi para konsumen. Kombinasi formula ini menjadikan Traveloka sebagai platform travel terdepan se-Asia Tenggara.”

Sebagai perusahaan teknologi, Traveloka secara konsisten terus menghadirkan beragam produk yang dirancang untuk dapat mempermudah konsumen dalam memenuhi kebutuhan perjalanan mereka. Traveloka hadir dengan inovasi yang relevan dengan kebutuhan konsumen, seperti:

1. Traveloka Points, program reward yang dibuat khusus bagi konsumen untuk dengan mudah mendapatkan points Traveloka setiap melakukan transaksi serta menyelesaikan misi yang tersedia di Reward Zone. Sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen, Traveloka Points yang terkumpul dapat dimanfaatkan kembali untuk mendapatkan diskon di produk-produk yang tersedia di Traveloka.

2. Traveloka juga baru-baru ini meluncurkan Traveloka Priority, program loyalitas inklusif yang menawarkan keuntungan eksklusif seperti diskon hotel dan prioritas layanan pelanggan bagi konsumen setia Traveloka.

3. Traveloka juga meluncurkan fitur Reschedule+, inovasi reschedule pertama dan terlengkap di Indonesia yang memungkinkan konsumen mengubah tidak hanya jadwal penerbangan, namun hingga destinasi dan maskapai penerbangan dalam satu kali pemesanan.

Tidak hanya di Indonesia, Traveloka juga siap memperkuat posisinya di Asia Tenggara dan menghadirkan pengalaman perjalanan dan gaya hidup terbaik di negara-negara kawasan di mana Traveloka menjadi satu-satunya platform perjalanan terkemuka dari Indonesia yang juga beroperasi di Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

“Traveloka menunjukkan keyakinan terhadap kemampuan dan kesiapan untuk dapat terus beradaptasi guna merespon apa yang dibutuhkan konsumen, saat ini dan di masa mendatang. Dengan menjadi brand yang semakin berpusat pada konsumen, kami berharap Traveloka dapat menjadi inspirasi sekaligus platform travel pilihan konsumen dalam mewujudkan aspirasi, mengeksplorasi berbagai destinasi baru, serta menemukan hidden gems untuk lebih memaknai hidup. Lebih jauh, melalui tagline yang baru ini Traveloka berupaya untuk menjadi brand yang semakin terdepan untuk menghadirkan kebahagiaan bagi para konsumen,” tutup Shirley.

Telkomsel Hadirkan Program Akhir Tahun “Rezeki Sakti”

Telkomsel Rezeki Sakti

tabloidpulsa.id – Sebagai salah satu program loyalitas bagi pelanggan prabayar di akhir tahun, Telkomsel menghadirkan program “Rezeki Sakti”. Program ini akan membuka kesempatan pada seluruh pelanggan Telkomsel Prabayar di seluruh wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara untuk mendapatkan voucher GoPay, Shopee, Tokopedia, Indomaret, Alfamart, diamond untuk games Free Fire atau Mobile Legends secara langsung.

Kesempatan untuk mendapatkan hadriah langsung tersebut dapat dinikmati bagi pelangggan yang melakukan pembelian khusus Paket Combo Sakti, Internet Sakti, Giganet dan Hot Promo dengan minimal pembelian Rp 50 ribu melalui aplikasi MyTelkomsel atau melalui website telkomsel.com/rezekisakti dan UMB *363# dengan metode pembayaran pulsa atau e-wallet. Program ini berlangsung mulai 17 Oktober hingga 31 Desember 2022.

Vice President Prepaid Consumer Marketing Telkomsel, Tuty Rahma Afriza mengatakan, “Rezeki Sakti merupakan salah satu program loyalitas yang kami hadirkan kepada seluruh pengguna setia Telkomsel Prabayar untuk bisa merasakan berbagai keuntungan secara langsung setiap kali melakukan pembelian paket data tertentu dari Telkomsel. Di samping untuk memberikan pengalaman terbaik yang mengedepankan prinsip customer-centricity, kami juga ingin menghadirkan berbagai nilai tambah bagi pelanggan dalam menggunakan setiap produk dan layanan terdepan Telkomsel.”

Melalui program ini, setiap pelanggan yang telah berhasil membeli paket data sesuai ketentuan, akan mendapatkan notifikasi SMS dari 777, yang berisikan URL (tautan) untuk melakukan proses penukaran voucher. Pelanggan dapat memilih voucher yang diinginkan selama persediaan harian masih tersedia. Program Rezeki Sakti merupakan bagian dari langkah nyata Telkomsel dalam menghadirkan lebih banyak nilai tambah dari produk dan layanan yang mendukung beragam kebutuhan maupun aktivitas digital pelanggan.

“Kami berharap Program Rezeki Sakti ini dapat meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pelanggan dalam mengakses beragam kebutuhan aktivitas digital, sekaligus melengkapi kebahagiaan bernilai tambah untuk pelanggan di akhir tahun 2022. Telkomsel senantiasa akan terus memperkuat perannya sebagai leading digital company dalam mendampingi setiap fase kehidupan masyarakat, dengan menghadirkan ragam produk dan layanan yang inovatif, solutif dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan,” pungkas Tuty.

Berbagai informasi menarik mengenai program Rezeki Sakti dapat diakses lebih lanjut melalui telkomsel.com/rezekisakti.

Hyperkin Xenon, Hidupkan Kembali Desain Stik Xbox 360

hyperkin Xenon

tabloidpulsa.id – Memperingati hari dirilisnya konsol Xbox 360 dari Microsoft yang ke 17 tahun, Hyperkin memperkenalkan sebuah produk kontroler dengan desain yang menyerupai kontroler konsol XBOX 360 tersebut, yakni Hyperkin Xenon. Tentunya dengan kelebihan dan kekurangannya ya. Hal ini merupakan percobaan kedua Hyperkin yang sebelumnya berhasil menghidupkan controller Duke milik Xbox pertama (original) di tahun 2018.

Melalui press release-nya Hyperkin menyatakan bahwa Xenon akan tersedia pada tahun 2023. Akan dibuat dalam bentuk kontroler berkabel alias wired, dengan desain yang identik dengan kontroler Xbox 360. Namun dengan kabel Type C yang bisa dilepas-pasang. Bahkan mereka menyebutnya sebagai replika sekaligus menjadi produk official yang mendapatkan lisensi penuh dari Microsoft.

Kontroler dengan tampilan jadul ini akan hadir sebagai kontroler untuk konsol terkini, semisal XBOX One, XBOX Series X|S dan PC. Hal ini bisa terlihat dari hadirnya beberapa tombol menu dan share yang kini telah diadopsi oleh kontroler Microsoft generasi terkini.

Menariknya, penamaan Xenon ini didasarkan pada code name konsol Microsoft generasi kedua saat masuk ke dalam tahap pengembangan, yakni project Xenon. Sebelum akhirnya diumumkan sebagai Xbox 360 di tahun 2005.

Hyperkin Xenon rencananya akan dirilis dengan beberapa pilihan warna, yakni Hitam, Putih, Merah Muda dan Merah Tua. Sampai saat tulisan ini Anda baca, belum ada informasi berapa ahrga kontroler ini, namun dari informasi yang dibagiakan oleh Hyperkin nampaknya kita harus bersabar sampai awal tahun depan.

Hyperkin sebelumnya telah merilis percobaan serupa, dengan menghidupkan kembali kontroler Xbox Original Duke Controller yang super besar. Dan berhasil meraih beberapa penghargaan di tahun 2018 sebagai kontroler terbaik, terutama sebagai produk third party berlisensi resmi. Hyperkin Duke sendiri sudah bisa didapatkan di beberapa kanal e-commerce lokal dengan harga sekitar Rp 1.500.000,- Apakah nanti Hyperkin Xenon memiliki harga yang sama?

Hyperkin Duke

Xbox 360 merupakan produk konsol kedua Microsoft setelah Xbox (original). Diperkenalkan pada tahun 2005 tepatnya di bulan November.

IDC: Pengiriman Tablet Global Turun 8,8 Persen YoY di Q3 2022

tabloidpulsa.id – Pengiriman tablet di pasar global turun 8,8 persen pada kuartal ketiga 2022. Menurut International Data Corporation (IDC), OEM mengirimkan 38,6 juta unit antara Juli hingga September dibandingkan dengan 42,4 juta unit pada periode yang sama tahun lalu.  

Total pengiriman pada kuartal ini juga turun dibandingkan dengan 40,4 juta pada Q2,2022.  Di samping tablet, Chromebook juga mencatat pertumbuhan negatif dengan pengiriman turun 34,4 persen tahun-ke-tahun serta kuartal sebelumnya menjadi 4,3 juta unit.

Di kategori tablet, Apple terus memimpin industri dengan pangsa pasar 37,5 persen meski pengapalan turun 1,1 persen menjadi 14,5 juta unit year-on-year.  Samsung berada di urutan kedua dengan pangsa pasar 18,4 persen dengan pengiriman 7,1 juta unit.  Kindle Amazon mengantongi tempat ketiga dengan 4,3 juta pengiriman dan pangsa pasar 11,1 persen.  Lenovo jatuh ke posisi keempat dengan penurunan pengiriman sebesar 36,6 persen YoY menjadi 2,7 juta unit.  Huawei menyelesaikan daftar lima besar dengan 2,4 juta pengiriman.  Produsen tablet lainnya mengapalkan 7,6 juta unit dengan pangsa pasar 19,7 persen.

Kecuali Huawei, semua OEM mencatat pertumbuhan negatif dari tahun ke tahun.  Menurut IDC, pabrikan baru seperti Xiaomi, OPPO, Vivo, dan Realme tampaknya telah memicu persaingan yang kuat di jajaran perangkat yang lebih rendah.

Sedangkan untuk Chromebook, Acer menyalip Dell untuk posisi teratas dengan pangsa pasar 23,9 persen dan 1 juta pengiriman.  Dell dan HP berada di urutan kedua dan ketiga dengan penjualan masing-masing 0,9 dan 0,8 juta unit.  Lenovo mengantongi tempat keempat sedangkan Samsung menyelesaikan daftar lima besar.

Editor's Pick