tabloidpulsa.id – Perusahaan analitik seluler global Opensignal kembali merilis artikel analisis terbaru berjudul “Laporan Pengalaman Jaringan Seluler”.
Melalui artikel tersebut, Opensignal memaparkan hasil analisis terhadap pengalaman jaringan seluler dari semua penggunanya di Indonesia pada lima operator, yaitu: 3 (Tri), Indosat, Smartfren, Telkomsel, dan XL, selama 90 hari mulai 1 Agustus 2022. Opensignal juga memeriksa pengalaman jaringan seluler penggunanya di 10 wilayah utama di Indonesia dan menggunakan pengukuran 5G serta teknologi jaringan seluler generasi lama untuk menentukan skor setiap kategori penghargaan.
Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai analisis Opensignal bisa langsung mengunjungi tautan berikut: https://www.opensignal.com/in/reports/2022/12/indonesia/mobile-network-experience
Berikut beberapa poin temuan utama yang terdapat dalam artikel tersebut:
XL berada di posisi teratas untuk hasil pengukuran Pengalaman Video, Game, dan Aplikasi Suara di Indonesia: Pengguna smartphone di XL menikmati kualitas pengalaman terbaik yang tersedia saat streaming video, bermain game seluler multiplayer, atau menggunakan layanan suara over-the-top (OTT).
XL dinobatkan sebagai pemenang penghargaan pengalaman Kecepatan Unduhan: Pengguna XL mencatat Pengalaman Kecepatan Unduhan tercepat di Indonesia, rata-rata 20,8 Mbps lebih unggul 18,2% di atas Telkomsel. Kecepatan unduhan ini mengalami peningkatan rata-rata sebesar 2,1 Mbps atau 10,9% sejak laporan Opensignal sebelumnya dirilis pada Juli 2022.
Telkomsel memiliki pengalaman paling konsisten: Telkomsel memenangkan penghargaan kualitas Excellent Consistent dan Core Consistent dua kali berturut-turut dalam laporan pengalaman seluler Opensignal.
Telkomsel Unggul dalam Pengalaman Jangkauan 4G: Dengan skor 8,8 pada skala 10 poin, Telkomsel memenangkan penghargaan Pengalaman Jangkauan 4G, mengungguli XL (6,5) dan Indosat (6,4). Pengalaman Jangkauan 4G Opensignal menganalisis tempat menerima sinyal 4G relatif terhadap lokasi yang dikunjungi pelanggan operator jaringan.
tabloidpulsa.id –Transjakarta dan GoTo, dua andalan warga Jakarta dalam bermobilitas, bersinergi guna meningkatkan kemudahan dan kenyamanan perjalanan masyarakat melalui transportasi publik terintegrasi.
Sinergi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) antara GoTo dan Transjakarta yang berlangsung pada 13 Desember 2022, di Halte CSW Jakarta. Menyusul ditandatanganinya MoU tersebut, kolaborasi GoTo dan Transjakarta pada tahap awal ditandai dengan terintegrasinya GoPay dengan aplikasi Tije.
GoPay sebagai layanan dompet elektronik dari GoTo Financial yang paling banyak digunakan di Indonesia akan tersedia sebagai opsi pembayaran di aplikasi mobile TiJe, sebuah platform digital untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna Transjakarta, seperti membeli tiket hingga mendapatkan informasi rute dan halte. Pembayaran nontunai dengan GoPay di aplikasi TiJe dapat dilakukan mulai Januari 2023.
CEO GoTo Andre Soelistyo mengatakan, “Masyarakat Jakarta memiliki tingkat mobilitas tinggi yang semakin mendekati kondisi sebelum pandemi. Harapan kami, kolaborasi ini semakin meningkatkan kemudahan masyarakat dalam menikmati mobilitas yang cepat, aman dan didukung transaksi non tunai terintegrasi dari GoPay dan layanan Tije. Kami berharap ke depannya integrasi antara Tije dan GoTransit akan memenuhi kebutuhan masyarakat dan dapat membantu pemerintah mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas Jakarta.”
Andre juga menambahkan bahwa kolaborasi ini juga merupakan langkah lanjutan komitmen pihak GoTo dalam mewujudkan ekosistem transportasi publik yang mudah dan nyaman sehingga menjadi pilihan masyarakat dalam bepergian.
Sementara itu, Yana Aditya, Direktur Utama Transjakarta menyampaikan “Dengan kolaborasi ini visi Transjakarta untuk menghubungkan kehidupan Jakarta dapat semakin diperluas melalui pilihan moda transportasi yang lebih banyak serta cara pembayaran yang lebih mudah.”
Yana juga mengatakan nota kesepahaman yang segera diikuti dengan beberapa langkah lanjutan ini akan dapat meningkatkan jumlah pelanggan yang pada akhir tahun ini telah mencapai lebih dari 800 ribu per hari. Mobilitas masyarakat perkotaan yang tinggi mengingatkan akan pentingnya kolaborasi dan integrasi dengan berbagai pihak termasuk pelaku industri teknologi seperti GoTo dengan GoPay sebagai solusi keuangan digitalnya, dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan khususnya kemudahan mobilisasi dan bertransaksi.
Keselarasan visi dan komitmen inilah yang mendorong kolaborasi di antara dua kekuatan besar di sektor transportasi dan teknologi ini. Selain memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran, kolaborasi GoPay dan Transjakarta melengkapi kerja sama strategis GoPay lainnya dengan sejumlah layanan transportasi umum di berbagai kota seperti Kereta Commuter Indonesia, MRT Jakarta, Bus Trans Pakuan Bogor, Trans Semarang, hingga Blue Bird. Kerja sama dengan berbagai transportasi publik terbukti telah meningkatkan transaksi GoPay untuk layanan mobilitas sebesar lebih dari 4x lipat sejak Januari hingga November 2022.
Tidak berhenti di sini, bentuk kolaborasi lainnya dari GoTo dan Transjakarta juga akan segera diperkenalkan, untuk menawarkan lebih banyak kemudahan bagi pengguna Transjakarta, antara lain untuk membeli tiket Transjakarta melalui fitur GoTransit di aplikasi Gojek. GoTransit merupakan inovasi yang telah memperkuat Gojek sebagai penghubung multimoda transportasi publik, khususnya masyarakat dari berbagai wilayah sekitar Jakarta, untuk mempermudah mobilitas agar perjalanan lebih mudah dan efisien.
tabloidpulsa.id– Seiko Epson Corporation telah mendefinisikan Tujuan Perusahaan dari Epson Group (Epson).
Pernyataan Tujuan Perusahaan mengartikulasikan jenis nilai yang ditawarkan Epson kepada dunia, alasan unik keberadaan perusahaan sebagai dasar utamanya.
Inovasi efisien, ringkas, dan presisi yang diupayakan Epson melampaui teknologi.
Ini mencakup filosofi untuk menghilangkan limbah, mengurangi dimensi, dan meningkatkan presisi, sebuah pendekatan yang dapat menciptakan nilai sosial yang lebih besar.
Tujuan perusahaan tidak dapat diwujudkan oleh karyawan Epson saja. Pelanggan, mitra, dan masyarakat harus berempati dan berbagi tujuan kami.
Epson berusaha untuk berkontribusi pada pelestarian lingkungan dan pengembangan budaya dan untuk memperkaya kehidupan dan menciptakan dunia yang lebih baik.
Presiden global Epson Yasunori Ogawa mengatakan, “Kami di Epson menandai tahun ke-80 kami dalam bisnis pada bulan Mei tahun ini. Kami selalu melatih kreativitas dan menantang diri kami sendiri untuk memberikan produk dan layanan yang melebihi harapan pelanggan kami dengan memanfaatkan teknologi yang efisien, kompak, dan tepat yang telah kami kembangkan sejak perusahaan didirikan. Kami akan terus mematuhi filosofi unik Epson tentang inovasi yang efisien, ringkas, dan tepat, memanfaatkan nilai luar biasa yang dihasilkan inovasi tersebut untuk mengatasi masalah lingkungan global dan masalah sosial lainnya, dan bekerja sama untuk menciptakan planet yang lebih baik dan memperkaya kehidupan masyarakat.”
Epson bermaksud untuk terus berkolaborasi dengan pelanggan dan mitranya untuk memecahkan masalah sosial dan untuk memperkaya kehidupan dan menciptakan dunia yang lebih baik.
tabloidpulsa.id – Blibli konsisten menghadirkan rangkaian program Blibli Histeria untuk meramaikan momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Beragam penawaran luar biasa digelar untuk pelanggan setia. Tahun ini, rangkaian dibuka dengan Blibli Histeria Seru 10.10 dimana pelanggan bisa mendapatkan tiket konser NCT 127, kemudian Blibli Histeria Luar Biasa 11.11 berhadiah belanja trip ke Korea Selatan, dan ditutup dengan Blibli Histeria Spektakuler 12.12 dengan lelang mobil listrik.
Periode puncak Blibli Histeria Spektakuler 12.12 yang berlangsung hingga tanggal 15 Desember ditandai dengan hadirnya Mega Lelang sebagai fase pamungkas. Program lelang ini sendiri berlangsung mulai dari 12 hingga 15 Desember 2022 di empat waktu berbeda setiap harinya, yakni pukul 12.00, 18.00, 20.00, dan 22.00 WIB.
Di Mega Lelang, pelanggan bisa mewujudkan wishlist akhir tahun akan berbagai produk kekinian, mulai dari smartphone dan gadget terbaru hingga fashion item paling trendy. Bahkan, khusus di Mega Lelang pada 12 Desember 2022, Blibli melakukan lelang mobil listrik dengan harga mulai dari Rp12!
Chief Marketing Officer Blibli, Edward Kilian Suwignyo mengatakan, “Mega Lelang menghadirkan berbagai pilihan produk branded yang menjadi hot item in the market, seperti mobil listrik yang sedang diminati saat ini, sekaligus menjadi upaya Blibli dalam mendukung keberlanjutan lingkungan di dalam gaya hidup pelanggan”.
Menurut Edward, dengan pilihan produk yang lengkap dan waktu pelaksanaan yang bisa dipilih sesuai preferensi, Mega Lelang jadi kesempatan bagi pelanggan untuk mendapatkan produk-produk yang dibutuhkan dengan lebih puas dan dengan cara yang lebih menyenangkan. Untuk memastikan kepuasan pelanggan, dalam menentukan pemenang di setiap program yang dihadirkan Blibli menerapkan prinsip fairness dengan melakukan pengecekan data pemenang hingga mengambil langkah tegas seperti anulir apabila ditemukan indikasi kecurangan. Blibli juga menyediakan layanan customer-care 24/7 di berbagai saluran mulai dari telepon, email, hingga media sosial yang telah memenangkan penghargaan kelas dunia.
“Kami pun senang bisa menghadirkan Blibli Histeria untuk menjawab antusiasme pelanggan selama rangkaian Blibli Histeria 2022. Selama periode kampanye Histeria 10.10 dan 11.11, tercatat ada 55 juta pengunjung dan peningkatan nilai transaksi sebanyak 3 kali dibandingkan periode normal dalam 30 hari terakhir. Selain itu, dengan hadirnya beragam toko resmi atau official store menambah sederet pengalaman berbelanja dengan nilai tambah di Blibli. Dengan adanya relevansi antara program yang kami tawarkan dengan permintaan masyarakat, Blibli Histeria akan menjadi momen yang berkesan bagi pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya sebelum menutup tahun 2022 dengan suka cita,” kata Edward melanjutkan.
Sepanjang Blibli Histeria 2022, Bliblimart menjadi kategori belanja paling diminati, sedangkan Handphone, Tablet & Accessories merupakan penyumbang transaksi terbesar sepanjang Histeria 2022. Dari sisi penggunaan fitur, Blibli mencatat peningkatan signifikan pada penggunaan fitur 2 Jam Sampai serta solusi omnichannel seperti Click & Collectdan Tukar Tambah.
Blibli Histeria merupakan bentuk komitmen Blibli dalam memberikan kepuasan berbelanja bagi pelanggan. Tak hanya melalui program ini, Blibli juga menghadirkan sederet program menarik lainnya yang terus digelar sepanjang tahun, mulai dari Big Pay Day di setiap akhir bulan, kampanye terkait perempuan dan anak, seperti Festival Belanja Cantik, Moms and Kids Fair, dan peringatan Hari Ibu, hingga brand deals dari beragam merek ternama baik lokal maupun internasional.
tabloidpulsa.id – Hari ini OPPO mengkonfirmasi acara teknologi tahunan keempatnya, INNO DAY 2022, akan diadakan dalam format virtual pada 14 Desember 2022. Membawa tema “Empowering a Better Future”, acara tersebut menunjukkan komitmen OPPO terhadap keterbukaan dan inklusivitas, serta menciptakan lebih banyak kemungkinan melalui pengalaman interkoneksi yang lebih cerdas.
OPPO INNO DAY adalah acara tahunan OPPO yang mengeksplorasi teknologi baru dan menunjukkan berbagai pencapaiannya selama setahun terakhir. INNO DAY 2022 akan menampilkan pengenalan beberapa teknologi mutakhir terbaru yang dikembangkan di bawah empat inisiatif cerdas: hiburan cerdas, produktivitas cerdas, kesehatan cerdas, dan pembelajaran cerdas. Konsumen turut diundang untuk bergabung dalam acara ini untuk memahami bagaimana OPPO membentuk masa depan yang lebih baik dengan terobosan Inovasi dan teknologi.
OPPO INNO DAY pertama kali diadakan pada tahun 2019, di mana seri perangkat wearable dan OPPO 5G CPE dihadirkan untuk era koneksi cerdas berdasarkan teknologi 5G. OPPO memperkenalkan perangkat wearable OPPO Watch sebagai smartwatch pertama OPPO.
Pada INNO DAY 2020, OPPO memamerkan layar smartphone berkonsep inovatif yang dapat digulung dalam OPPO X 2021, OPPO AR Glass yang menawarkan kacamata pintar dengan dukungan interaksi dengan perangkat smartphone berbasis gerakan, serta OPPO CybeReal AR yang merupakan aplikasi yang mampu menerjemahkan situasi di dunia nyata ke dunia virtual.
Pada acara tahun lalu, OPPO mengumumkan proposisi merek barunya yaitu “Inspiration Ahead”, dan memperkenalkan produk inovatif seperti Air Glass yang menjadi kacamata revolusioner yang dapat dioperasikan hanya dengan menggunakan gerakan tangan, kepala, perintah suara, atau sentuhan pada layar virtual di perangkat, Retractable Camera yang mengadopsi mekanisme retractable yang memberikan panjang fokus hingga setara 52 mm, NPU pencitraan pertama MariSilicon X yang dikembangkan sendiri oleh OPPO, dan smartphone lipat pertama OPPO yaitu OPPO Find N.
Pada INNO Day 2022, OPPO akan memperkenalkan inovasi dan terobosan terbaru di industri untuk menyuguhkan teknologi masa depan kepada konsumen. Untuk menyaksikan INNO Day 2022 esok hari, dapat melalui ke tautan berikut : https://www.oppo.com/en/events/innoday2022/
tabloidpulsa – Bencana gempa bumi yang melanda daerah Cianjur dan sekitarnya di Jawa Barat pada akhir November lalu meninggalkan banyak korban dan luka yang mendalam, terlebih bagi mereka yang tidak hanya kehilangan rumah dan mata pencahariannya, namun juga keluarga dan kerabat terkasih. Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per 5 Desember 2022, tercatat setidaknya terdapat 334 korban jiwa dengan delapan korban jiwa yang masih belum ditemukan, 593 korban luka berat, dan 114.683 warga yang terpaksa mengungsi karena kehilangan tempat tinggalnya. Selain itu, lebih dari 10.000 rumah dan fasilitas publik juga terkena dampak akibat gempa, termasuk sekolah, tempat ibadah, fasilitas kesehatan dan gedung kantor.
Untuk mendukung proses tanggap darurat bencana di Cianjur dan Jawa Barat, ByteDance pada Kamis lalu (8/12) menyerahkan bantuan kemanusiaan senilai 150 ribu dolar AS kepada Palang Merah Indonesia. Donasi kemanusiaan tersebut bertujuan untuk membantu para korban gempa bumi melalui aksi tanggap darurat dan pemulihan bencana Palang Merah Indonesia di Jawa Barat.
Bapak Jusuf Kalla sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia menyatakan, “Dampak gempa Cianjur sangat besar dan luas dikarenakan kepadatan penduduk yang tinggi di wilayah Jawa Barat. Penanggulangan bencana yang perlu diberikan tidak hanya terdiri dari pekerjaan yang bersifat segera seperti bantuan medis, penampungan sementara, penyediaan air bersih, namun juga pekerjaan jangka panjang yang mencakup pembangunan infrastruktur yang terdampak serta pemulihan psikologis para korban. Melihat skala pekerjaan yang ada, diperlukan upaya kolektif dari semua pemangku kepentingan. Oleh karena itu, kami berterima kasih kepada ByteDance karena telah memberikan kepercayaan kepada Palang Merah Indonesia untuk pekerjaan kemanusiaan kami,” ungkapnya.
“Di tengah masa-masa sulit, kami sangat terinspirasi oleh semangat dan perjuangan masyarakat Indonesia yang bersatu untuk saling membantu melalui berbagai platform digital ByteDance. Kami melihat bagaimana komunitas terus terlibat dan berinteraksi dalam platform kami untuk berbagi informasi terkini tentang kondisi di Cianjur, termasuk memberikan informasi bagaimana komunitas dapat saling membantu. Kami turut berduka atas tragedi Gempa Cianjur dan mendonasikan 150 ribu dolar AS kepada Palang Merah Indonesia untuk membantu upaya penanggulangan bencana,” ujar Perwakilan ByteDance.
Melalui Palang Merah Indonesia, donasi ini akan digunakan untuk mendukung penanganan korban gempa Cianjur, termasuk pemenuhan kebutuhan dasar seperti air, sanitasi dan kebersihan, makanan, pertolongan pertama, pembangunan hunian sementara, pencarian korban, pemulihan layanan keluarga, hingga pendampingan psikologi. Palang Merah Indonesia akan bekerja secara bertahap hingga satu tahun ke depan di setiap lokasi bencana, dimulai dari lokasi pusat gempa di Cianjur, Jawa Barat, guna menyalurkan bantuan kemanusiaan dan menangani pemulihan bencana.
tabloidpulsa.com – tiket.com, secara resmi mengumumkan kemitraan dengan Goldenbird untuk layanan Jemputan Bandara yang tersedia di tiket.com. Layanan Jemputan Bandara Goldenbird ini sudah dapat diakses di platform tiket.com mulai 12 Desember 2022.
Dengan layanan jemputan bandara Goldenbird, customer tiket.com dapat melakukan perjalanan dari dan ke bandara tujuan dengan aman, nyaman, karena biaya yang dibayarkan telah termasuk biaya bensin, parkir di lokasi penjemputan. Customer tiket.com juga dapat menikmati promo discount Rp50 ribu (minimum transaksi Rp250 ribu) untuk jemputan bandara menggunakan Goldenbird, selama periode 12 – 31 Desember 2022.
Andi Hendrawan, Director of Transport, tiket.com, menyambut dengan antusias kehadiran Goldenbird sebagai mitra tiket.com. “Sebuah kebanggaan bagi tiket.com karena Goldenbird telah bergabung menjadi partner layanan jemputan bandara di tiket.com. Sebagai OTA dengan fokus customer-centric, kami terus meningkatkan layanan agar dapat menyediakan solusi lengkap untuk kebutuhan wisata dan perjalanan bagi customer tiket.com. Goldenbird memiliki reputasi yang kuat di industri transportasi, customer dapat menikmati layanan Jemputan Bandaradengan kualitas pelayanan yang terpercaya dengan pengalaman yang aman dan nyaman dalam perjalanan dari atau menujubandara.”
Goldenbird merupakan bagian dari Blue Bird Group yang bergerak pada layanan antar jemput pelanggan dengan menggunakan mobil. Goldenbird menyediakan layanan yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan transportasi jemputan dengan aman dan nyaman. Untuk memaksimalkan kegiatan operasionalnya, Goldenbird hadir dengan beberapa keunggulan antara lain:
Pelayanan premium
Pengemudi yang Terpercaya
Armada yang Nyaman dan Mewah
Hadir dengan Goldenbird Extra Protection
Wakil Direktur PT Blue Bird Tbk Andre Djokosoetono mengatakan, “Kolaborasi Blue Bird Group dan tiket.com melalui layanan jemputan bandara Goldenbird di tiket.com merupakan wujud nyata strategi 3M Bluebird (Multi-Product, Multi-Channel, Multi-Payment), terutama pada pilar multi-channel, yang berfokus pada perluasan akses pelanggan terhadap layanan reservasi Bluebird. Hal ini juga sejalan dengan komitmen kami dalam mempermudah pengalaman layanan dengan mengusung kampanye EZ yang kami hadirkan untuk pelanggan setia kami.”
Layanan jemputan bandara Goldenbird di tiket.com tersebar di beberapa wilayah nasional dan dibagi beberapa fase ketersediaan antara lain pada fase pertama yang akan mulai beroperasi pada 12 Desember 2022, yakni pada:
Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta (CGK) / Jakarta
Bandar Udara Internasional Ngurah Rai (DPS) / Denpasar Bali
Dilanjutkan dengan fase berikutnya yang akan direalisasikan dalam waktu dekat, yakni pada Bandar Udara Internasional Juanda (SUB) Surabaya, Bandar Udara Yogyakarta International Airport (YIA) Yogyakarta, Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani (SRG) Semarang, Bandar Udara Internasional Pulau Lombok (LOP) Lombok, Bandar Udara Abdulrachman Saleh (MLG) Malang, Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo (SOC) Solo dan Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara (BDO) Bandung.
tabloidpulsa.id – Dalam beberapa tahun terakhir, fintech telah menjadi salah satu sektor yang paling berkembang dalam lanskap teknologi. Menurut Survei FinTech Global PWC, pada tahun 2019, lebih dari 47% perusahaan jasa keuangan memasukkan Fintech dalam strategi masa depan mereka. Lebih banyak konsumen juga mengandalkan layanan digital untuk mengakses informasi keuangan mereka dan melakukan transaksi.
Fenomena tersebut telah menyebabkan pertumbuhan layanan fintech yang cepat. Institusi finansial konvensional pun turut mengadopsi tren ini untuk memperluas jangkauan layanan mereka melalui adopsi Open Finance dengan penerapan embedded finance, produk digital dan integrasi API.
Namun, memasuki tahun 2022, ekonomi global mulai mengalami penurunan yang diikuti oleh ancaman resesi. Imbasnya, perusahaan teknologi mulai mengalami pertumbuhan yang lebih lambat karena konsumen menunda pengeluaran mereka dan menyebabkan perampingan tim.
Product Tech Connect by Ayoconnect yang diadakan di ConnectLounge pada Kamis, 8 Desember kemarin ikut menyoroti tren, perkembangan, dan kasus penggunaan teknologi bersama professional dari bidang produk, strategi, dan engineering dengan membahas peluang open finance, keberadaan neo bank dan bank digital, tech winter, dan inovasi pembayaran yang kian ramai.
Dalam tajuk “Uncovering Opportunities with Open Finance During the Economic Downturn”, acara ini mengundang sederet narasumber dari institusi perbankan Bank Neo Commerce dan NOBU Bank, pemain di industri ekosistem fintech Indonesia DANA Indonesia, AstraPay, Akseleran, hingga computing services dari Google Cloud.
Jakob Rost, CEO dan Founder Ayoconnect dalam keynote-nya memaparkan gambaran ekosistem fintech di 2022 dan prediksi di tahun mendatang.
“Saat dunia mulai pulih dari situasi ekonomi saat pandemi COVID-19, ekonomi global yang menurun kembali membawa kita semua untuk beradaptasi. Ini adalah momentum untuk menjalin dan menguatkan kolaborasi dengan berbagai sektor dan industri.”
Indonesia memiliki keunggulan pada masa tech winter di mana 179 juta orang memiliki smartphone, jumlah yang diperkirakan akan meningkat menjadi 239 juta pada tahun 2026. Angka ini diprediksi menjadi potensi sinergi antar pemerintah, asosiasi, dan pelaku industri fintech mendorong kemajuan digitalisasi, khususnya untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
“Besarnya angka penetrasi pengguna internet dan smartphone merupakan peluang yang membuka lebar pintu kesempatan untuk mengoptimalkan kolaborasi antar sektor. Kolaborasi yang optimal tidak hanya mampu mempercepat inklusi keuangan, tapi dalam jangka panjang juga dapat menjanjikan proses pemulihan ekonomi nasional yang stabil dan berkelanjutan” pungkas Jakob.
Product Tech Connect by Ayoconnect merupakan rangkaian acara Bulan Fintech Nasional besutan Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) yang sukses diselenggarakan sejak 11 November 2022 di Bali.
Dalam salah satu sesi diskusi terbuka, AVP of Synergy Ayoconnect Achmad Syarifuddin menambahkan, “Kerja sama sinergis merupakan salah satu strategi untuk mengatasi tech winter di tahun 2023. Acara Product Tech Connect merupakan komitmen Ayoconnect untuk menggemakan semangat kolaborasi melalui diskusi antara fintech,banking, regulator dan seluruh pemain di ekosistem finansial digital. Ke depannya, Ayoconnect akan terus mendukung kolaborasi antar sektor – terutama dari sisi Open Finance. Banyak peluang yang bisa dioptimalkan melalui pengembangan Open Banking dan Open Finance, yang dapat membantu ekosistem finansial digital kami bertahan melalui tech winter yang akan datang.”
tabloidpulsa.id – Setelah diperkenalkan bulan Juni lalu, pada acara Xbox Bethesda Showcase, bahwa game PC dan ponsel terbesar dari Riot Games akan segera tersedia di Game pass, hari ini tanggal 12 Desember 2022 sudah bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan Game Pass.
Buat penggemar game-game dari Riot Games pastinya baka dimanjakan dengan kehadiran beberapa game menarik baik itu game MOBA, strategi, maupun game-game kompetitif lainnya. Tapi sebelum mendownloadnya secara gratis lewat PC game Pass, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan.
Pertama pastikan aplikasi Xbox di PC kita terinstal dalam versi yang paling up to date. Jadi, bagi yang sudah mengisntal pun harus cek lagi, apakah app nya sudah update atau belum. Dimulai di hari ini, lewat app tersebut akan muncul panduan bagaimana untuk menghubungkan akun Riot Anda dengan akun Xbox Game Pass.
Bagi yang belum punya akun Riot pun, nanti akan diarahkan untuk membuat akun Riot baru sehingga mempermudah pemain baru untuk bisa menikmati game-game Riot yang ada di Xbox Game Pass ini.
Yang pasti, dengan menghubungkan akun Riot dengan Game Pass, Anda akan mendapatkan tidak hanya game yang gratisan, tetapi juga benefit lain yang bisa Anda cek di daftar berikut ini:
VALORANT
● Akses ke Semua Agent yang ada
● Akses untuk setiap Agent yang baru dirilis
● Tambahan 20% Match XP untuk pelanggan Battle Pass, Event Pass, dan progress Kontrak Agent aktif
League of Legends
● Seluruh champion yang tersedia (sekitar 160+)
● Akses untuk setiap champion yang baru dirilis
● Tambahan XP 20%
Legends of Runeterra
● Seluruh kartu di Foundations Set
Teamfight Tactics
● 1-Star Rare Little Legend Tacticians
● 4 Skin Arena yang tersedia hingga April 2023, dan 1 Skin Arena yang akan dirotasi setiap bulannya.
League of Legends: Wild Rift (akan hadir di bulan Januari) benefit yang tersedia antara lain:
● Seluruh champion yang tersedia (Sekitar 80+)
● Akses hari pertama untuk setiap champion yang baru dirilis
● Tambahan XP 20%
Selain itu, sebagai benefit tambahan, pemain yang menautkan akun mereka sebelum 1 Januari 2023 akan menerima lebih banyak bonus dari Riot:
tabloidpulsa.id – Bertempat di Danau Toba, Sumatra Utara, Huawei sebagai penyedia teknologi informasi dan komunikasi (TIK) global menyatakan akan terus mendorong serangkaian inovasi teknologi digital generasi baru (semisal 5G, kecerdasan buatan dan komputasi awan) dalam upaya memacu efisiensi dan menciptakan beragam terobosan bagi pertumbuhan ekonomi digital yang berkesinambungan, rendah karbon dan nir emisi di Indonesia.
Dalam paparannya di Huawei ICT Outlook 2023 yang mengusung tema, Forging Ahead Indonesian Digital Transformation in 2023, Steven Wang, CEO of Huawei Indonesia Carries Network Business Group, menegaskan peran kunci ITK sebagai enabler bagi perkembangan yang rendah karbon.
Steven Wang
“Di Huawei, kami akan terus mendorong implementasi strategi ‘more bits, less watts’ untuk mendorong TIK hijau yang berfokus meningkatkan efisiensi energi yang sangat dibutuhkan di industri TIK melalui 3 lapis solusi arsitektur: sites, jaringan dan operasi yang hijau. Di Indonesia, Huawei akan terus mendorong industri TIK untuk memperbaiki efisiensi jaringan dan memaksimalkan energi terbarukan dalam rangka mengurangi emisi,” tegas Steven Wang.
Menurut, International Telecommunications Union (ITU), industri TIK harus mengurangi emisi gas (GHG) hingga 45 persen antara tahun 2020 hingga 2030 sesuai Perjanjian Paris.
Di lain sisi, inovasi di teknologi digital memainkan peran penting untuk menggarap berbagai peluang yang bermanfaat bagi ekosistem digital sebagaimana disampaikan oleh Jason Zhang, CEO of Huawei Cloud Indonesia. Sejak 2017, Huawei Cloud telah berkembang dengan sangat pesat di seluruh dunia digerakkan oleh dua mesin yaitu bisnis dan teknologi.
Jason Zhang
“Baru-baru ini, kami meluncurkan inisiatif Go Cloud, Go Global yang akan berfokus pada Everything as a Service [XaaS] dan perluasan jejak Huawei dalam rangka membangun ‘1 jejaring global’ yang memungkinkan layanan dapat diakses dalam 50 seperseribu detik secara global. Di Indonesia, Huawei baru saja menghadirkan 3 Region baru untuk memberikan pengalaman kecerdasan buatan (AI) lokal terbaik dan layanan B2B lokal yang unggul melalui layanan komputasi awan yang bisa diandalkan, bisa dipercaya dan berkesinambungan,” tegas Jason Zhang.
Sementara, Miao Jun, Account Director Enterprise Business Group, Huawei Indonesia, menyoroti secara khusus salah satu sektor yang bisa menjadi game changer bagi ekonomi digital, yaitu industri transportasi. Indonesia adalah salah satu negara di Asia yang memiliki jumlah bandara terbanyak, yaitu 673 dan 3227 pelabuhan.
“Masa depan industri transportasi adalah menjadi semakin digital, diperkuat dengan kecerdasan buatan dan cerdas. Dalam hal ini, Huawei memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai lanskap industri transportasi global secara komprehensif, termasuk dengan berbagai pilot project penerapan di bandara Shenzhen dan pelabuhan Tianjin, Tiongkok,” ujar Miao Jun.
Menurut Lai Chaosen, Vice President, Delivery & Service Huawei Indonesia, untuk memastikan bahwa jaringan senantiasa beroperasi setiap waktu dan di segala situasi, Huawei juga fokus pada delivery dan network assurance untuk memastikan pembangunan infrastruktur digital.
“Baru-baru ini, Huawei bersama pemangku kepentingan lain dan operator bahu membahu membantu pemerintah untuk memastikan jaringan telekomunikasi untuk perhelatan akbar G20 Summit,” kata Lai Chaosen.
Bekerja sama dengan lebih dari 150 mitra kontraktor yang juga melibatkan 5000 tim mitra, Huawei telah menyelesaikan pembangunan lebih dari 84 ribu sites yang mencakup 115 ribu elemen jaringan (NE).
Begitu juga dengan pengembangan talenta digital sebagai fondasi transformasi digital, Wang Bin, Vice President, Management Transformation, Huawei Indonesia mengatakan bahwa Huawei Indonesia melalui platform Huawei ASEAN Academy Indonesia akan terus mendorong penyiapan talenta digital yang profesional dan sesuai dengan kebutuhan industri dan perkembangan teknologi.
“Melalui 3 lini, yaitu Business Institute, Engineering Institute dan Technical Insitute, Huawei telah berkontribusi untuk menyiapkan lebih dari 71 ribu talenta digital dalam dua tahun terakhir dari target 100 ribu talenta digital dalam 5 tahun. Tidak hanya itu, Huawei juga mengimplementasikan rencana pengembangan akuisisi bakat secara menyeluruh yang meliputi tiga tahapan pra-perekrutan, perekrutan, hingga pasca-perekrutan dengan tujuan membangun iklim pengembangan talenta digital, dan menguntungkan ekosistem industri selain menyediakan bakat berkualitas tinggi untuk Huawei. Sebagai pengakuan atas skema talenta yang begitu komprehensif, Huawei telah meraih berbagai penghargaan perusahaan, baik dari pemerintah, mitra universitas, maupun media,” kata Wang Bin,” tegas Wang Bin.
Di tengah laju dan masifnya digitalisasi, Syarbeni, Cybersecurity and Privacy Protection Officer, Huawei Indonesia, juga melihat maraknya ancaman bagi keamanan siber dan perlindungan data yang memerlukan inisiatif dan kerjasama yang melibatkan segenap pemangku kepentingan di dalam ekosistem digital untuk memaksimalkan transformasi digital.
“Serangan siber dan data fraud merupakan salah satu risiko globa terutama yang perlu diwaspadai bersama melalui kolaborasi dan upaya yang didasari oleh sikap berbagi tanggung jawab (shared responsibility). Kebutuhan akan verifikasi dan standardisasi untuk keamanan perangkat dan teknologi juga memegang peranan penting. Bagi Huawei, keamanan siber merupakan perkara yang sangat krusial yang melampaui bisnis itu sendiri,” pungkas Syarbeni