Home Blog Page 320

Smartfren Luncurkan Gerakan 100% untuk Indonesia

Smartfren 100% untuk Indonesia

tabloidpulsa.idSmartfren meluncurkan gerakan 100% untuk Indonesia. Salah satu inisiatif utama dalam gerakan ini adalah program Internet untuk Indonesia. Akses internet memiliki peran penting sebagai medium perubahan dan membuka peluang baru bagi masyarakat.

Dengan program ini, Smartfren berharap dapat mewujudkan pemerataan akses internet di seluruh Indonesia serta mendorong anak-anak muda untuk memanfaatkannya guna meraih prestasi, seperti menjadi atlet esports, wirausaha digital, atau menciptakan karya-karya digital.

Andrijanto Muljono, Chief Commercial Officer Smartfren, menyatakan, “Momen Hari Kebangkitan Nasional kita manfaatkan untuk membangkitkan semangat anak-anak muda Indonesia dalam berkarya dan bisa terbang lebih tinggi dengan memanfaatkan internet. Gerakan 100% untuk Indonesia ini adalah komitmen Smartfren untuk menyatukan seluruh anak muda di Indonesia melalui berbagai programnya, meningkatkan kelas UMKM, dan memberikan manfaat positif bagi Indonesia.”

Gerakan Internet untuk Indonesia telah berjalan dan akan terus berlanjut pada tahun 2023 ini. Melalui gerakan ini, Smartfren mengajak masyarakat untuk secara aktif terlibat dalam pengembangan potensi, terutama potensi lokal, dengan memanfaatkan internet.

Dengan menggunakan berbagai produk yang ditawarkan oleh Smartfren, para pelanggan telah berkontribusi dalam memberikan akses internet kepada masyarakat yang membutuhkan serta membuka peluang baru bagi mereka.

Beberapa sasaran dari program ini termasuk pelajar di daerah terpencil, pelajar di kawasan sub-urban yang menghadapi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan akses internet untuk pendidikan, komunitas belajar di berbagai daerah, serta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal di berbagai kota di Indonesia.

Dr. Nining I. Soesilo, Penasihat PEBS Universitas Indonesia, menambahkan, “Ini adalah program yang bagus yang dijalankan oleh Smartfren. Saya berharap banyak perusahaan lain yang juga menginisiasi program digitalisasi UMKM dan anak-anak muda seperti ini, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi Indonesia. Saat ini, terdapat lebih dari 64 juta unit usaha UMKM di seluruh Indonesia, namun hanya sebagian kecil yang telah menjalankan digitalisasi dan berhasil meningkatkan kelasnya. Selain itu, hampir 97% tenaga kerja di Indonesia bekerja di sektor UMKM. Oleh karena itu, upaya untuk mendukung digitalisasi UMKM akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.”

Selain program Internet untuk Indonesia, Gerakan Smartfren 100% untuk Indonesia juga melibatkan sejumlah program lain yang dijalankan secara konsisten. Program-program tersebut antara lain adalah Teman UMKM Indonesia, yang berfokus pada pengembangan potensi lokal dan digitalisasi untuk meningkatkan kualitas UMKM; Teman Pintar Indonesia sebagai medium literasi digital untuk anak muda dan para ibu yang hingga saat ini telah menjangkau lebih dari 30.000 orang peserta di hampir 150 kota; Teman Kreasi Indonesia yang merupakan wadah kolaborasi dengan berbagai usaha lokal; dan WOW 100% untuk Indonesia yang telah berjalan di sejumlah kota sebagai wadah untuk menampilkan berbagai potensi dari sisi komunitas serta usaha lokal

Fixed Mobile Convergence Jadi Bisnis Baru Operator?

tabloidpulsa.id – Fixed Mobile Convergence (FMC) bisa menjadi mesin pertumbuhan keuangan terbaru bagi operator telekomunikasi di tengah tekanan terus menurunnya Average Revenue Per User (ARPU) karena perang harga dan saturasi di layanan seluler.

FMC adalah sebuah konsep yang menggabungkan jaringan mobile dan fixed broadband. Dengan menggunakan FMC, pengguna akan layanan internet secara terus-menerus, kapan pun dan di mana pun.

Founder IndoTelko Forum Doni Ismanto Darwin menyakini FMC bisa menjadi mesin pertumbuhan baru di sisi keuangan bagi operator jika tidak terjebak dengan perang harga layaknya yang terjadi di layanan mobile broadband.

“FMC harus dijadikan sebagai era baru layanan broadband di Indonesia dimana dari sisi kecepatan pelanggan merasakan true broadband, dari sisi harga terjangkau, dan pelayanan purna jual membuat nyaman pelanggan,” kata Doni dalam acara Indotelko bertajuk “Babak Baru Layanan Broadband Bersama Fixed Mobile Convergence” di Jakarta, Selasa (23/5/2023).

Diingatkannya, jika  kembali terjebak ke dalam perang harga ketika menyelenggarakan FMC, maka yang dirugikan tidak hanya operator tetapi masyarakat.

“Indonesia ini secara kecepatan internet tidak pernah bagus rankingnya di Asia Tenggara, kalau FMC ternyata sama saja dengan era 3G, 4G, atau 5G, lama-lama masyarakat bisa apatis dengan teknologi baru dan beranggapan itu hanya bagian dari gimmick pemasaran,” tegasnya.

Berdasarkan studi top 30 perusahaan telko global berdasarkan revenue pada 2021 oleh Capital IQ, Telkom, Kearney, sepanjang 2011-2021 industri telko tetap tumbuh sebesar 2 persen. Di sisi lain untuk Indonesia, ada peluang dari sisi fixed broadband lantaran penetrasi layanan ini baru 14 persen hingga 2021, berdasar data McKinsey Analysis Oxford Economic, Analysis Mascon, Telkom.

Sementara itu, masih dalam studi sama, benchmark global menunjukkan korelasi antara GDP per kapita dengan penetrasi fixed broadband. Di Indonesia sendiri GDP per kapita diperkirakan tumbuh 6 persen CAGR, atau naik dari 51.000 dollar AS ke 70.000 dollar AS pada 2027, yang mana hal itu akan mendorong penetrasi fixed broadband dari 14 persen menjadi 23 persen pada 2023.

“Bagi Telkom, sejalan dengan strategi korporasi Five Bold Moves, harus ada inovasi bisnis yang menguntungkan masyakarat dan juga negara. Telkom melihat besarnya peluang pasar di fixed broadband karena penetrasinya baru 14 persen dibanding mobile broadband (wireless).  Kalau dengan FMC ini kita bisa dapat next 5 juta pelanggan dalam 5 tahun pertama. Bayangkan kalau kita gabungkan Indihome dengan Orbit nanti yang kick of pemasarannya akan dilakukan pada Agustus mendatang,” ujar SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza dalam acara yang sama.

Dijelaskannya, pencapaian target 5 juta pelanggan dilakukan dengan cross selling, baik untuk pengguna Indihome dan pengguna Telkomsel. Pemasarannya juga tidak akan massif karena akan menggunakan skema one on one selling. Serta sasaran utamanya adalah pengguna keluarga. 

Nantinya akan ada nama produk baru “gabungan” Indihome dan Telkomsel ini. Harga produk baru ini, juga tidak akan di atas ARPU Indihome di Rp 265.000 dan tidak akan di bawah ARPU Orbit Rp 70.000.

Sementara Group Head Indirect Channel Management XL Axiata Junius Koestadi mengklaim, XL Axiata merupakan pionir FMC di Indonesia saat ini dengan menggabungkan layanan Link Net dalam produk XL Satu.

Saat ini XL Satu sudah memiliki 350.000 pelanggan, atau melebihi target 30 persen pelanggan dari sebelumnya. XL Axiata pun kemudian menargetkan mendapatkan 40 persen pelanggan baru di tahun ini.

“FMC ini demandnya ada, dari survei kami pelanggan menyukai layanan XL Satu karena easy to manage, ada single app, single bill, single kuota dan lainnya yang belum ada di layanan operator negara lain,” kata Junius.

Dengan layanan FMC XL Satu ini, XL Axiata berani menargetkan layanan ini akan tersedia di lebih dari 150 kota pada 2025.

Menurut dia, tantangan terbesar layanan FMC ini adalah integrasi jaringan mobile XL Axiata dengan mitra, bagaimana menyatukannya dengan cepat.

“Tantangan lain dari sisi konsumen, yakni bagaimana mengkomunikasikan XL Satu dan benefitnya ke konsumen. Kami selalu bilang ini internet untuk kebutuhan di luar rumah, di rumah dan berbagi ke keluarga,” lanjutnya.

Analis BRI Danareksa Niko Margaronis mengatakan, ada perbedaan anatra layanan 5G dan FMC. Saat ini, kebutuhan penggunaan 5G di Indonesia belum banyak, yakni baru untuk segmen enterprise dan fixed wireless.  

“Saya lihat ini hal baru karena dulu selalu mobile service, FMC ini baru permulaan. Sementara penetrasi fixed broadband bisa 14 persen juga didorong oleh double play konvergensi layanan TV dan internet. FMC ini bisa jadi next double play yang bisa dorong penetrasi fixed broadband jadi 20-30 persen ke depannya,” kata Niko.

Ia juga menyoroti adanya peluang pendapatan baru operator dengan FMC. Sebab ada estimasi tambahan Rp 200 ribu untuk ARPU. Di layanan mobile, ARPU antara Rp 40.000-Rp 45.000. “Itu very big plus, biaya bisa naik untuk ningkatin ARPU, tapi tetap bisa drive more revenues operator yang sekarang,” lanjutnya.

Selain bisnis baru yang memberikan peluang pendapatan baru, FMC menurut Niko juga mendorong operator fokus bagaimana memberikan offering layanan yang lebih baik ke pelanggan sehingga ARPU pun bisa lebih sehat.

Anggota Komisi Komunikasi dan Edukasi Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Heru Sutadi menambahkan untuk konsumen ada beberapa catatan yang diberikan BPKN terhadap operator yang memberikan layanan FMC.

Pertama, diharapkan jika ada konvergensi Fixed broadband dan mobile broadband, layanan jangan berubah sehingga jangan sampai ada mati HP gara-gara layanan berubah.

Kedua, jangan ada perubahan produk. Karena yang penting pelanggan enggak berubah karena pelanggan punya hak kenyamanan dan hak mendapatkan pelayanan yang baik.

Ketiga, jangan ada yang dibebankan ke pelanggan dan pelanggan jangan dipaksa masuk Fixed Mobile Convergence, misal dengan penambahan alat, karena tanpa dipaksa pun masyarakat butuh layanan internet yang stabil. “Keempat, sosiaslisasi yang baik kepada masyarakat. Jangan Over Promised atau bikin pelanggan harapannya berlebihan dengan layanan ini,” tutupnya.

OPPO Dukung Kolaborasi “Satu Dalam Cita”

tabloidpulsa.id – Setelah sukses menyelenggarakan pementasan teater tradisi Sudamala: Dari Epilog Calonarang pada tahun lalu di Gedung Arsip Nasional, Jakarta, Titimangsa akan kembali hadir bersama Katadata dan Pura Mangkunegaran Solo, serta didukung oleh Bank Central Asia (BCA), mempersembahkan kolaborasi “Satu dalam Cita.”

Satu dalam Cita merupakan rangkaian acara yang terdiri atas Pertunjukan SUDAMALA: Dari Epilog Calonarang (24 & 25 Juni 2023), Pasar Kangen (23-25 Juni 2023), Royal Heritage Dinner (23-25 Juni 2023) serta kegiatan kebudayaan lainnya yang diselenggarakan di Pura Mangkunegaran, Solo.

Produser acara Sudamala, Nicholas Saputra dan Happy Salma, telah berbincang dengan Gde Bayu Putra selaku produser pendamping acara, untuk membawa pementasan teater tradisi Sudamala ke luar Jakarta. Menurut Nicholas Saputra dan Happy Salma, Sudamala akan kembali hadir karena pementasan di Jakarta tahun lalu berlangsung sukses dan memiliki nilai pertunjukan yang relevan dengan konteks saat ini.

“Kami bertiga sepakat untuk dapat kembali menyelenggarakan pertunjukan Sudamala di Solo, tepatnya di Pura Mangkunegaran. Karena, tempat ini bagi kami sangat ideal berhubung memiliki nilai sejarah yang tinggi dan sangat terbuka untuk menerima berbagai bentuk kebudayaan yang beragam dan dari wilayah yang berbeda,” ungkap Nicholas Saputra dan Happy Salma.

Atas dasar itulah, Nicholas Saputra dan Happy Salma telah lama menjalin komunikasi dengan pihak Mangkunegaran, yang kemudian dalam perjalanannya menggandeng Katadata sebagai mitra bersama. Titimangsa, Pura Mangkunegaran, dan Katadata memiliki perasaan, pandangan, dan kepedulian yang sama tentang nilai keberagaman dan kolaborasi di Nusantara ini.

Dalam konteks historis, spirit keberagaman dan kolaborasi itu terlihat jelas dari adanya hubungan erat antara kebudayaan Jawa dan Bali yang bahkan telah dirintis sejak 1929 oleh Tjokorda Gde Raka Sukawati, yang kala itu beranjangsana ke Solo untuk mengikuti Kongres Java Instituut kelima dan menyampaikan orasi tentang kebudayaan Bali.

“Pada prinsipnya, masyarakat Jawa dan Bali berasal dari akar (roots) yang sama. Di Mangkunegaran sendiri, di era Eyang Buyut saya, KGPAA Mangkunegara VII, banyak sekali dibangun hubungan kebudayaan dengan kerajaan-kerajaan di Bali pada sekitar tahun 1930-40-an,” kata KGPAA Mangkoenagoro X.

“Kami melihat masa lalu bukan hanya sebagai kenangan, tetapi fondasi untuk masa kini dan masa depan. Pementasan Sudamala yang berkolaborasi dengan Titimangsa bersama para maestro dan seniman dari Bali ini, merupakan bagian dari upaya untuk menghidupkan kembali hubungan kebudayaan antara Mangkunegaran dan Bali.”

KGPAA Mangkoenagoro X menambahkan, “Hal ini juga selaras dengan visi kami untuk menjadikan Mangkunegaran sebagai wadah kebudayaan dari seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia. Mangkunegaran adalah tempat untuk merayakan kebudayaan dan menunjukkan bahwa keberagaman justru menguatkan ikatan kita satu dengan lainnya,”.

CEO & Co-Founder Katadata Metta Dharmasaputra mengatakan, sebagai perusahaan media berbasis data, Katadata memiliki tanggung jawab untuk turut menumbuhkan spirit keberagaman, serta mengembangkan dan melakukan literasi budaya kepada publik. Tak hanya melalui pembuatan konten berita dan informasi, tapi juga melalui penyelenggaran berbagai event.

“Kolaborasi pertama Katadata dengan Pura Mangkunegaran terjadi saat melaksanakan Adeging Pura Mangkunegaran pada Maret lalu, yang juga menampilkan Happy Salma dalam pembacaan Babad Mangkunegaran,” ujar Metta. “Berawal dari event inilah, tercetus rencana kerjasama berikutnya dengan Pura Mangkunegaran dan Titimangsa untuk menggelar rangkaian acara SATU DALAM CITA, yang terdiri dari pementasan tari Sudamala, Pasar Kangen dan Royal Heritage Dinner.”

“Satu dalam Cita” dipersembahkan juga oleh Bank BCA sebagai sponsor utama event ini. EVP Corporate Communication and Social Responsibility BCA Hera F. Haryn menjelaskan, keikutsertaan Bank BCA didasari oleh semangat untuk ikut melestarikan budaya nusantara.

“Kami sangat bangga karena dipercaya untuk ambil bagian dalam kolaborasi ‘Satu dalam Cita’,  yang meliputi pementasan Epilog Calonarang Sudamala, Pasar Kangen, dan Royal Heritage Dinner. Sebagai perbankan nasional, BCA berkomitmen untuk turut berkontribusi memelihara dan merayakan seni dan budaya, karena keduanya memainkan peran yang sama vitalnya seperti perbankan dalam membentuk kehidupan dan peradaban yang dinamis dan inklusif. Kami harap pagelaran ini dapat meningkatkan kecintaan masyarakat, terutama generasi muda terhadap kekayaan dan identitas budaya Nusantara dan tergerak untuk melestarikannya. Aksi budaya bersama ini juga kami harapkan mampu menjadi episentrum pergerakan ekonomi kreatif, meningkatkan kesejahteraan para pekerja seni tanah air dan memacu efek ekonomi menggulung atau multiplier effect sehingga akhirnya berkontribusi bagi pertumbuhan perekonomian nasional”, pungkas Hera.

Sejak tahun 2012, BCA telah secara konsisten melestarikan budaya Nusantara melalui melalui program CSR Bakti Budaya BCA. Berbagai inisiatif dilakukan BCA melalui Bakti Budaya BCA untuk meningkatkan kesadaran generasi muda dan masyarakat akan kesenian di Indonesia serta menumbuhkan kecintaan untuk terus melestarikan dan memberikan dampak bagi pertumbuhan kesejahteraan komunitas budaya nusantara.

Program ini juga disponsori oleh OPPO Indonesia, Grab sebagai official  transport partner, dan Mitsubishi Motors, Drive your ambition. Selain itu, didukung oleh Pemerintah Kota Surakarta, Solo The Spirit of Java; serta Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi.

Chief Marketing Officer OPPO Indonesia, Patrick Owen, mengatakan “Ini merupakan dukungan OPPO yang berkelanjutan bagi pertunjukan Sudamala. Melihat kesuksesan tahun lalu, kami sangat antusias dengan pertunjukan tahun ini yang akan diadakan di salah satu tempat historis Indonesia. Sebagai brand yang mendukung industri kreatif, OPPO merasa bangga bisa menjadi bagian dari pementasan yang luar biasa ini. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen OPPO untuk berkembang dan tumbuh bersama para insan kreatif tanah air, sekaligus mendukung pelestarian ragam budaya di era digital.

Melalui teknologi terbaru yang ada pada OPPO Find N2 Flip, para pengisi acara dapat merekam proses produksi untuk evaluasi maupun saat pementasan untuk dokumentasi dengan lebih baik, terutama karena hp flip ini memungkinkan sudut pengambilan gambar yang kreatif dan unik, baterai juga lebih tahan lama sehingga mendukung keseluruhan proses produksi maupun pementasan. OPPO berharap bisa terus berkolaborasi dengan berbagai pihak dan terus melakukan inovasi untuk menghadirkan teknologi yang mendukung penggunanya.”

Richard Aditya, Director of West Indonesia, Grab Indonesia mengatakan, “Grab sangat senang bisa kembali berkolaborasi dengan Titimangsa untuk menghadirkan pementasan Sudamala: Dari Epilog Calonarang yang kali ini akan diadakan di Solo. Grab berharap dapat mendukung perekonomian lokal melalui pementasan ini. Hal ini juga sejalan dengan misi GrabForGood kami untuk menciptakan dampak sosial dan meningkatkan kehidupan, serta peluang pendapatan masyarakat di tempat-tempat di mana kami beroperasi,”

Grab percaya bahwa  mendukung pelestarian warisan budaya Indonesia melalui acara kesenian dan festival rakyat akan berdampak positif terhadap perekonomian lokal dan kehidupan masyarakat setempat.

Sebagai official transport partner dari pementasan Sudamala: Dari Epilog Calonarang, Grab juga akan menyediakan promo khusus GrabCar dan GrabBike yang dapat dipakai konsumen di Solo selama periode 23-25 Juni 2023, sehingga lebih mudah dan nyaman untuk menuju ke lokasi acara dan pulang ke rumah. Selama periode tersebut, konsumen bisa mendapatkan diskon untuk perjalanan dengan menggunakan kode promo GRABSUDAMALA pada aplikasi Grab.

Mitsubishi Motors terus mendukung Life’s Adventure setiap orang dengan berbagai ambisi yang ingin diraih melalui produk dan layanan kami, salah satunya dengan mendukung pementasan Sudamala untuk melestarikan kebudayaan Indonesia. Kami berharap pementasan ini menjadi bagian penting dari upaya meningkatkan eksistensi budaya dan pementasan tradisi kepada khalayak umum.

Selain itu, program ini juga didukung oleh PT. Telkom Indonesia, Galeri Indonesia Kaya, dan Menzel Ubud Hotel. Kolaborasi ini juga menggandeng beberapa media partner seperti: Harper’s Bazaar, Her World Indonesia, Cosmopolitan Indonesia, Brava Radio, Mother & Beyond, i-radio Jakarta, Katadata.co.id, dan Zigi.id. Venue partner Konferensi Pers “Satu Dalam Cita” didukung oleh Hutan Kota by Plataran.

Hacks Produktivitas Lebih Gampang dengan Galaxy S23 Ultra 5G

tabloidpulsa.id – Saat ini, teknologi smartphone yang kian canggih sangat membantu konsumen dalam mendukung semua aktivitasnya. Bahkan, hanya dengan smartphone semua aktivitas dan produktivitas lebih gampang ditingkatkan hanya dalam satu genggaman, mulai dari bermain game, menonton video, memesan kendaraan, belajar masak, mengasah skill fotografi.

Pada perkembangannya, smartphone telah menjadi device yang kerap diandalkan untuk membantu penggunanya lebih produktif setiap hari.

Fakta ini pun dipertegas melalui hasil riset dari Think with Google yang mengemukakan bahwa 75% responden mengatakan smartphone dapat membantu mereka lebih produktif.

Di satu sisi, 60% responden menilai smartphone dapat membantu mereka lebih confident dan prepared dalam menyiapkan pekerjaan sehari-hari.

Untuk Anda yang punya tingkat produktivitas tinggi, Galaxy S23 Ultra 5G jadi pilihan smartphone yang paling tepat.

Buat Anda yang penasaran seberapa canggih Samsung Galaxy S23 Ultra 5G, berikut deretan hacks produktivitas pada Galaxy S23 Ultra untuk buat keseharian semakin produktif tanpa hambatan:

Gunakan S Pen untuk Bikin Pekerjaan Lebih Mudah

Sejak pertama kali hadir di Galaxy Note Series, S Pen memang diciptakan untuk mendorong kinerja penggunanya.

Dengan S Pen, pengguna Galaxy S23 Ultra 5G bisa bekerja dimanapun dan kapanpun. Agar produktivitas maksimal dengan S Pen, pengguna bisa menerapkan sejumlah tips, seperti misalnya mencatat segala sesuatu on the go langsung di halaman depan tanpa harus membuka aplikasi.

Caranya cukup tarik S Pen dari tempatnya maka secara otomatis bisa langsung mencatat segala kebutuhan.

Dengan S Pen, pengguna juga bisa mengubah tulisan tangan menjadi teks digital dengan mudah. Fitur ini akan sangat berguna untuk membantu dalam mengedit, menyimpan, dan membagikan catatan dengan mudah.

Tidak hanya itu, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Smart Select untuk menyalin teks dari gambar atau dokumen hasil scan ke dalam bentuk tulisan, sehingga tidak perlu mengetik ulang informasi yang penting dan bisa menghemat waktu.

Sementara itu buat yang sering meeting, bisa memanfaatkan fitur Text Capture untuk menjadwalkan meeting dengan mudah.

Cukup dengan menangkap teks yang menunjukkan tanggal meeting tertentu dari WhatsApp, email, atau website, maka secara otomatis akan tercatat di kalender.

Pengguna juga bisa coret-coret langsung di kalender menggunakan S Pen.

Beberapa kemampuan S Pen lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mendorong produktivitas kerja, di antaranya kemampuan untuk untuk membuat tanda tangan digital yang presisi seperti di atas kertas, memungkinkan untuk menerjemahkan kata per kata dengan mudah, sertabisa digunakan sebagai remote untuk tombol shutter kamera.

Dengan begitu, pengguna bisa mengambil foto dengan mudah tanpa harus menyentuh layar.

Kerjakan dokumen secara remote dengan Live Sharing di Google Meet

Tak dipungkiri Google memiliki banyak sekali produk yang dapat menunjang pekerjaan lebih mudah. Kabar menariknya, Galaxy S23 Ultra 5G sudah dibekali sistem yang terintegrasi dengan sejumlah fitur khas Google.

Nah, agar proses produktivitas lebih mumpuni, ada sejumlah tips yang bisa diterapkan, salah satunya adalah memanfaatkan fitur Live Sharing yang ada di Google Duo.

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa melakukan aktivitas kolaboratif dengan tim, seperti berbagi dan mengedit dokumen, mendengarkan musik, atau menonton video di YouTube secara bersamaan.

Cara ini bisa diterapkan untuk mempermudah kerja remote. Sebagai contoh, pada saat memberi catatan pada sebuah dokumen yang dishare melalui Google Meet, maka secara otomatis catatan tersebut akan langsung masuk ke device rekan kerja, begitupun sebaliknya.

Integrasi antara Samsung dan Google juga ditunjukkan melalui penggunaan S Pen. Sekarang S Pen bisa dipakai untuk melakukan quick search di aplikasi tertentu milik Google, di antaranya adalah Chrome dan YouTube.

Melalui fitur yang diberi nama S Pen to Text itu, pengguna bisa melakukan hacks produktivitas dengan melakukan pencarian cepat di kolom pencarian Chrome dan YouTube dengan tulisan tangan tanpa harus repot-repot mengetik secara digital.

Pakai fitur Secure Folder untuk dokumen confidential

Keamanan data menjadi isu yang paling penting, terutama di era digital seperti saat ini. Kabar baiknya, pengguna Galaxy S23 Series 5G tidak perlu khawatir soal keamanan data, sebab Samsung telah melengkapi perangkatnya dengan Knox.

Diperkenalkan pertama kali pada 2013, Knox diciptakan sebagai solusi perlindungan data untuk seluruh perangkat Galaxy terutama bagi pengguna bisnis.

Knox merupakan platform keamanan berlapis yang dibangun untuk membantu bisnis dan profesional untuk meningkatkan alur kerja mereka agar dapat menggunakan dan mengelola perangkat secara inovatif.

Di samping itu, Samsung juga punya fitur Secure Folder yang memungkinkan pengguna untuk lebih mengamankan aplikasi dan data pribadi.

Dengan Secure Folder, pengguna bisa melakukan sedikit hacks produktivitas dengan cara mengunci dokumen-dokumen confidential ke folder khusus yang hanya bisa diakses dengan password khusus dengan cara sebagai berikut:

  1. Scroll ke bawah notifications tray dan pergi ke menu Settings
  2. Selanjutnya pilih opsi Security and Privacy, lalu cari Secure Folder dan klik
  3. Untuk menggunakan Secure Folder pengguna harus sign in terlebih dahulu menggunakan Samsung Account
  4. Selanjutnya jika Secure Folder sudah terbuat pengguna bisa memilih jenis lock untuk Secure Folder, seperti PIN, password, pattern, hingga fingerprints
  5. Melalui Secure Folder pengguna bisa menyimpan foto atau dokumen apapun
  6. Sebagai contoh pengguna ingin menyimpan foto, maka klik foto yang diinginkan dan pilih tap more lalu pindahkan ke Secure Folder
  7. Selain foto dan dokumen, pengguna juga bisa menyimpan aplikasi di Secure Folder

Untuk yang mau lebih produktif tanpa hambatan langsung coba Galaxy S23 Series 5G!

Demikian sejumlah hacks produktivitas yang bisa dilakukan menggunakan smartphone flagship Samsung, dan konsumen bisa memiliki Galaxy S23 Ultra 5G dengan harga Rp19.999.000 (12GB/256GB), Rp21.999.000 (12GB/512GB), dan Rp25.999.000 (12GB/1TB).

Galaxy S23+ 5G hadir dengan harga Rp15.999.000 (8GB/256 GB) dan Rp17.999.000 (8GB/512GB). Galaxy S23 5G tersedia dengan harga Rp12.999.000 (8GB/128GB) dan Rp13.999.000 (8GB/256GB).

Indosat dan GSMA Luncurkan Program Digitalisasi Konservasi Mangrove

Program Digitalisasi Konservasi Mangrove

tabloidpulsa.id – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) berkolaborasi dengan Global System for Mobile Communication Association(GSMA) dalam upaya meningkatkan ketahanan lingkungan dan ekonomi Indonesia dengan pengembangan mitigasi berbasis seluler. Kolaborasi ini merupakan salah satu inisiatif untuk menangani dampak perubahan iklim dunia yang dituangkan ke dalam program “Digitalisasi Konservasi Mangrove” di Kalimantan Utara.

Program berkelanjutan ini juga mendapatkan dukungan dari Kementerian Federal Jerman untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ), dan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit(GIZ), Universitas Borneo Tarakan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, dan Pemda Sebatik Barat.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan “Isu perubahan iklim dunia telah menjadi perhatian global dan berdampak signifikan bagi kelestarian ekosistem makhluk hidup. Kolaborasi Indosat dengan GSMA merupakan langkah nyata untuk mengatasi isu perubahan iklim lewat pemanfaatan teknologi digital. Upaya bersama yang sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia ini akan meningkatkan ketahanan lingkungan sekaligus meningkatkan perekonomian yang tidak hanya bagi masyarakat sekitar, tapi juga mempercepat pertumbuhan ekonomi bangsa.”

Head of Asia Pasific Global System Mobile Communications Association (GSMA), Julian Gorman, menambahkan “GSMA memperkuat komitmennya dalam mengatasi tantangan iklim global melalui dukungan program digitalisasi untuk mengatasi dampak buruk dan iklim ekstrim. Kolaborasi antara Indosat dan GSMA Mobile Innovation Hub, merupakan bukti komitmen kami terhadap lingkungan mengenai bagaimana seluler dapat berkontribusi penting dalam menghubungkan komunitas melalui solusi digital. Apalagi, konservasi mangrove merupakan kebutuhan global di banyak komunitas pesisir. Kemitraan strategis ini tentunya membawa produktivitas dan ketahanan lingkungan di masa yang akan datang.”

Program Digitalisasi Konservasi Mangrove ini merupakan kelanjutan dari penandatangan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) di Barcelona pada Maret 2023 lalu yang akan dilakukan dalam dua bentuk kegiatan. Pertama adalah pemetaan wilayah laut dan pesisir dengan menggunakan Open-source & Geospatial Mapping di wilayah pesisir dan laut Kalimantan Utara khususnya di Desa Setabu, Kecamatan Sebatik Barat. Kegiatan ini akan melibatkan warga serta tokoh masyarakat sekitar dengan menggunakan aplikasi Qfiled yang dapat diperbarui secara berkala.

Dengan aplikasi Qfield tersebut, Indosat bersama GSMA, BMZ dan GIZ juga memberikan pelatihan pemetaan untuk memetakan area wilayah pesisir dan pantai, serta memproduksi digital map untuk kegiatan selanjutnya. Keberhasilan dari kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk disosialisasikan kepada pelaku usaha lain serta melindungi mangrove dalam jangka panjang.

Kegiatan kedua adalah memperkenalkan solusi digital berbasis Internet of Things (IoT) kepada para petambak udang lokal untuk memantau kadar air dalam tambak, khususnya yang berdekatan dengan wilayah tumbuh mangrove. Tujuannya adalah agar produktivitas tambak-tambak kecil meningkat serta menghindari mangrove dari ancaman penebangan oleh para petambak besar.

“Digitalisasi akan mampu mengurangi dampak kerusakan alam dan memaksimalkan berbagai potensi yang belum tersentuh untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Indosat akan terus memposisikan diri sebagai kolaborator utama untuk memberdayakan Indonesia,” tutup Vikram.

Siap Luncurkan Hot 30 di 24 Mei, Infinix Gelar Turnamen Free Fire

Infinix Hot 30

tabloidpulsa.id – Infinix segera meluncurkan seri terbarunya, Infinix Hot 30, pada tanggal 24 Mei mendatang. Dengan fitur-fitur seperti pengisian cepat, layar lebar beresolusi tinggi, serta kapasitas memori handal di kelasnya, Infinix Hot 30 siap meningkatkan pengalaman bermain game dan hiburan pengguna dengan harga kompetitif.  

Menambah semarak jelang peluncuran Hot 30 yang berkolaborasi dengan Free Fire, Infinix juga menghadirkan turnamen Free Fire “Warung Gaming Infinix” atau WARNING. Roadshow WARNING perdana yang berlangsung di Kota Lama, Semarang, Jawa Tengah pada Sabtu (20/05) pun berhasil menarik perhatian ratusan Xfans untuk berkompetisi. Turnamen yang menggabungkan tren mobile gaming dengan nongkrong ini siap Infinix hadirkan di beberapa kota hingga Juni mendatang.  

Sergio Ticoalu, Regional Integrated Marketing Manager Southeast Asia Infinix menjelaskan “Sesuai tagline nya, #GakGamingGakAsik Hot 30 yang akan Infinix luncurkan di 24 Mei ini akan konsisten mengusung pengalaman mobile gaming plus entertainment maksimal di kelasnya. Kolaborasi dengan Free Fire dan insight yang kita kumpulkan dari XFans pun kita jadikan bahwa banyak XFans yang menjadikan warmindo jadi tempat kumpul buat ngegame, nongkrong, dan berkomunitas jadi inspirasi Infinix untuk bawa roadshow  Warung Infinix Gaming yang kami harap bisa menambah excitement jelang peluncuran Infinix Hot 30 ini.”  

Smartphone ini dibekali dengan kemampuan charging cepat 33W Fast Charge yang dipasangkan dengan baterai 5000mAh. Kombinasi ini membuat smartphone terbaru Infinix dapat mendukung produktivitas pengguna selama seharian untuk berbagai keperluan. Di bagian layar, smartphone ini didukung layar Super Bright Display berukuran 6.78inci yang memiliki refresh rate 90Hz. Dukungan layar canggih di smartphone ini membuat kegiatan pengguna akan berjalan lebih mulus. 

Sisi memori juga tak kalah menarik berkat dukungan RAM 8GB dengan ekstensi 8GB (8GB+8GB) dan memori  internal ROM 128GB. Memori lapang untuk lebih banyak aplikasi dan RAM besar tentunya memungkinkan pengguna untuk menjalankan aktivitas multitasking dengan lebih maksimal tanpa lag yang mengganggu. Tak ketinggalan, fitur NFC juga tersemat untuk memudahkan transaksi uang elektronik pengguna.  

Aktivasi Komunitas

Roadshow Infinix Hot 30 bertajuk Warung Infinix Gaming atau WARNING perdana dibuka di Semarang, Jawa Tengah berlokasi di Warmindo Kota Lama pada Sabtu, 20 Mei 2023. Ratusan XFans dan penggemar Free Fire pun menjadi bagian dari turnamen Free Fire dengan sistem 1vs1 untuk memenangkan hadiah utama Infinix Hot 30 Series dan merchandise eksklusif Infinix.     

Setelah Semarang, Roadshow WARNING akan hadir di beberapa kota lainnya seperti Malang, Yogyakarta, dan Bandung. Berlangsung hingga Juni mendatang, para XFans dan SONIC bisa langsung melakukan registrasi via platform Infinix Community (@InfinixCommunity) di Instagram untuk turut serta dalam turnamen Warung Gaming Infinix. “Turnamen WARNING jadi platform yang sangat menarik dari Infinix untuk lebih dekat dengan tren mobile gaming di level aspiring gamers. Program ini juga tentu align dengan positioning Infinix sebagai enabler dan spirit “JadiInMauLo” yang kami luncurkan pada tahun ini,” pungkasnya. 

Desain Stylish & Kamera Find N2 Flip Pikat Sosialita Surabaya

find n2 flip sosialita surabaya

tabloidpulsa.id – Smartphone sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari gaya hidup. Layaknya pada HP lipat flagship OPPO Find N2 Flip. Smartphone lipat ini selain menyajikan perangkat berkelas, desain stylish namun tetap menjanjikan keunggulan fotografi terutama untuk traveling. Hal inilah yang terbukti dalam gelaran OPPO Pop-Store di Mall Pakuwon Surabaya yang dihadiri oleh sejumlah sosialita yang ikut merasakan kehebatan Smartphone lipat OPPO Find N2 Flip tersebut.

Respon tinggi didapatkan melalui ketertarikan mereka para sosilaita Surabaya, akan desain yang premium dan compact serta balutan warna Moonlit Purple Find N2 Flip yang sangat cocok dipadupadankan dengan berbagai busana. Sebagai salah satu rangkaian acara, sekaligus menunjukkan bagaimana desain dan warna Find N2 Flip yang sangat stylish ini, OPPO menghadirkan sebuah Trunk Show yang memadukan koleksi busana dari Sebastian Gunawan dengan perangkat Find N2 Flip.

Setelah pegelaran busana yang berhasil menarik perhatian kalangan atas yang hadir, para tamu undangan kemudian disuguhkan dialog inspiratif dengan tema “Travel in Style with Nicholas Saputra, in dialogue with Vicky Tanzil”. Dialog ini memberikan sebuah gambaran bagaimana Find N2 Flip dapat mendukung kegiatan traveling melalui kemampuan fotografi dan kemudahan bentuk perangkat lipat seperti menghadirkan fitur FlexForm mode namun tetap dengan memenuhi kebutuhan fashion penggunanya.

Chief Marketing Officer OPPO Indonesia, Patrick Owen mengatakan, “Tidak hanya menghadirkan inovasi mutakhir yang menjawab kebutuhan konsumen, OPPO Indonesia juga turut ambil bagian menginspirasi gaya hidup. Menyadari bahwa travel dan fashion adalah bagian yang tidak terpisahkan dari gaya hidup masyarakat, OPPO bekerja sama dengan Nicholas Saputra sebagai Brand Ambassador OPPO Indonesia dan juga Vicky Tanzil seorang Photofinder untuk menghadirkan inspirasi bagaimana teknologi dapat mendukung aktivitas traveling. Dan tentu saja, tetap tampil stylish saat traveling dengan rekomendasi trunk show dari Sebastian Gunawan. Dari sisi teknologi, OPPO juga memberikan perhatian khusus pada desain OPPO Find N2 Flip yang compact, intuitif dan stylish, dengan 2 pilihan warna Astral Black, dan Moonlit Purple yang menjadi nuansa dari Pop-Up Store OPPO Find N2 Flip. Kami berharap acara hari ini dapat menjadi sumber referensi bagi masyarakat Surabaya, para fashion enthusiasts, traveler dan fotografer.”

Yuki Kato Jadi Product Ambassador vivo Y Series Terbaru

Product Ambassador vivo Y36 Series

tabloidpulsa.id – Meramaikan pasar smartphone Indonesia di pertengahan tahun 2023 ini, vivo Indonesia secara resmi menambah daftar varian smartphone generasi terbaru vivo Y-Series melalui vivo Y36 Series.

Hadir dengan dua varian, yaitu vivo Y36 dan vivo Y36 5G, vivo Y36 Series membawa tagline ‘Gaya Sultan, Performa Jagoan’ berkat balutan Dynamic Glass Design, layar Ultra O Screen, kapasitas memori 256GB ROM & 8GB + 8GB Extended RAM, pengisian daya 44W FlashCharge, jangkauan 5G Network, dan konfigurasi kamera 50MP Main Camera.

Melengkapi kehadiran generasi vivo Y Series terbaru, vivo Indonesia juga dengan bangga memperkenalkan artis ternama Indonesia, Yuki Kato, sebagai product ambassador pertama Y Series bersamaan dengan kehadiran vivo Y36 Series.

Kami meluncurkan vivo Y36 Series dengan serangkaian teknologi dan inovasi terbaru baik dari sisi desain, performa, maupun kamera. Dengan kombinasi ini, vivo Y36 Series menjadi smartphone yang siap mendampingi kehidupan konsumen layaknya seorang sultan dan menawarkan seamless experience berkat performanya yang jagoan sehingga mendukung pengguna berbagai dalam berbagai aktivitas,” ungkapGilang Pamenan, Product Manager vivo Indonesia. “Kami juga sangat gembira untuk memperkenalkan Yuki Kato sebagai Product Ambassador pertama pada Y Series, sosoknya yang muda dan multi-talenta membuat Yuki selaras dengan nilai pada vivo Y Series.”

Selaku Product Ambassador pertama pada vivo Y Series dan dalam menjalankanYuki Kato memerlukan smartphone yang dapat diandalkan untuk mendukung kesehariannya sebagai public figure agar tetap bisa tampil, stay up-to-date, dan produktif.

Yuki Kato, Public Figure dan Product Ambassador vivo Y Series mengatakanDi tengah kepadatan jadwal, aku bisa tetap bisa produktif dengan memanfaatkan serangkaian teknologi yang ditawarkan oleh vivo Y36 Series. Smartphone ini merupakan andalan yang aku jadikan everyday smartphone, apalagi dengan desainnya yang berkelasperformanya yang jagoan, dan pengecasan daya baterai yang cepat.”

Yuki Kato juga membagikan apa yang membuat seorang artis ini seakan tidak bisa dipisahkan dengan vivo Y36 Series-nya.

Pada tampilannya, Yuki Kato melihat vivo Y36 Series memiliki desain berkelaslayaknya seorang Sultan, sehingga dapat mendukung penampilannya dalam satu genggaman. vivo Y36 Series menjadi smartphone Y-Series pertama dari vivo yang membawa Dynamic Glass Design. Dengan inovasi yang dihadirkan smartphone inimenonjolkan tampilan elegan dan nuansa lembut, serta nyaman saat digenggam karena dilengkapi dengan 2.5D Flat Frame. Pilihan warnanya juga trendy, sehingga meningkatkan kepercayaan diri Yuki ketika berpergian dalam kesehariannya.

Tak hanya itu, vivo Y36 Series juga telah dilengkapi dengan IP54 Dust & Splash Waterproof untuk semakin mendukung jadwal kepadatan Yuki karena aman untuk dibawa bahkan jika akan melakukan kegiatan outdoor seperti shooting tanpa perlu khawatir akan rusak terkena air maupun debu.

Sebagai seorang public figure, kegiatan multitasking bagi Yuki Kato terasa challenging terutama dengan jadwalnya yang padat. Namun hal itu dapat ditunjang dengan kehadiran vivo Y36 Series yang menawarkan Performa Jagoan untuk menunjang produktivitas pengguna seperti Yuki. Pada bagian pemrosesan, vivo Y36 Series membawa pembaharuan berupa memori berkapasitas 8GB + 8GB Extended RAM untuk mendukung beragam aktivitas seperti membuka beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa lagging. vivo Y36 Series merupakan salah satu smartphone dengan kapasitas ROM terbesar dikelasnya. Ruang penyimpanan 256GB menjadi salah satu nilai plus bagi Yuki untuk menyimpan berbagai file, foto, video, atau bahkan naskah untuk shooting tanpa harus mengkhawatirkan memori yang penuh.

Selain itu, vivo Y36 Series didukung oleh pengecasan cepat dikelasnya dengan 44W FlashCharge. Di tengah kepadatan jadwal shooting­-nya Yuki , ia tidak perlu khawatir akan kehabisan waktu untuk menunggu pengecasan daya baterai hingga full karena smartphone ini memberikan pengalaman pengecasan tercepat dikelasnya. Efektivitas dan efisiensi waktu keseharian Yuki yang padat sangat terbantu oleh teknologi pengisian daya ini karena pengecasan hingga 30% hanya dalam kurun waktu 15 menit.

Untuk semakin menyempurnakan penggunaan smartphone, vivo Y36 Series juga menawarkan pengalaman fotografi yang menyenangkan. Smartphone ini memiliki kamera belakang beresolusi tinggi untuk hasil foto yang lebih jelas, mulus dan detail pada malam ataupun siang hari. Berkat konfigurasi kamera 50MP Main Camera dan 16MP Front Camera, Yuki dapat menangkap momen berharga menjadi lebih indah. Bahkan, ia pun bisa membagikan kesehariannya melalui media sosial kepada para fans dengan kualitas dan tampilan hasil tangkapan gambar yang paling menakjubkan.

Yuki Kato menambahkan, “Menurut aku, vivo Y36 Series adalah smartphone yang desainnya ‘Gaya Sultan’ banget karena dibalut dengan Dynamic Glass Design, warnanya trendy dan juga nyaman digenggam. Belum lagi, Performa Jagoan dengan kapasitas memori besar untuk support semua kegiatanku dan selalu bisa update di media sosial. Jadi, aku merasa tetap terhubung sama followers dan fans-fans setia-ku.”

vivo selalu berkomitmen untuk membawa pembaharuan teknologi unggulan yang bisa didapatkan oleh lebih banyak konsumen, khususnya bagi kalangan muda. Hadirnya vivo Y36 Series akan menawarkan seamless experience dengan berbagai pembaharuan teknologi pada desain, performa, dan kamera demi menunjang produktivitas konsumen dalam satu genggaman ponsel dengan harga terjangkau. Konsumen sudah bisa menikmati program pre-order smartphone vivo Y36 Series mulai tanggal 25 Mei 2023 di e-commerce partner vivo, dan vivo official store.

vivo Y36 Series Masuk Indonesia, Desain Keren dan Memori Besar

vivo Y36 Series

tabloidpulsa.id – vivo Indonesia resmi mengkonfirmasi kehadiran vivo Y36 Series di pasar Indonesia untuk memberikan opsi yang lebih bervariatif dan menjangkau semua kalangan. 

Mengusung tagline Gaya Sultan, Performa Jagoan”, vivo Y36 Series merupakan vivo Y Series pertama yang diciptakan dengan Dynamic Glass Design berkelas ala flagship.

Material glass yang elegan membungkus smartphone ini menjadikan penggunanya menjadi lebih percaya diri dan bisa tampil penuh gaya saat berkumpul bersama teman-temannya, layaknya seorang Sultan.

Tidak hanya dengan desain yang elegan,lini smartphone ini juga membawa dukungan memori besar berupa 8GB + 8GB Extended RAM, 256GB ROM44W FlashCharge, dan juga sudah siap jaringan 5G.

Dengan rangkaian inovasi teknologi ini, vivo Y36 Series siap hadir untuk mendukung produktivitas konsumen dan memberikan pengalaman terbaik untuk mencapai kepuasan hidup yang sesungguhnya.

Gilang Pamenan, Product Manager vivo Indonesia mengungkapkan, “vivo Indonesia kembali lagi hadirkan inovasi terbaru melalui vivo Y36 Series yang akan segera diluncurkan di pasar Indonesia. Smartphone ini siap untuk menjawab kebutuhan konsumen akan smartphone dengan design berkelas dan performa juara. Kami harap vivo Y36 series ini nantinya bisa menemani keseharian pengguna agar bisa berGaya Sultan dengan Performa smartphone yang Jagoan.”

Sebagai generasi terbaru vivo Y Series, lini smartphone ini hadir dalam dua varian, yaitu vivo Y36 dan vivo Y36 5G. Pada smartphone ini, vivo untuk pertama kalinya membawa inovasi teknologi berupa Dynamic Glass Design dalam vivo Y Series.

Melalui inovasi ini, vivo ingin memperkenalkan smartphone dengan tampilan ala sultan yang lebih bergaya dan nyaman saat digenggam.

Dengan teknologi Fluorite AG pada material glass yang menciptakan tampilan berkelas, tahan terhadap goresan dan tidak meninggalkan sidik jari.

Material ini pun memberikan efek yang sangat halus layaknya cermin dan menciptakan efek yang elegan dan futuristik.

Pada bagian layar, lini smartphone ini hadir dengan Ultra O Screen yang akan membuat smartphone ini terlihat berkelas layaknya layar pada flagship smartphone.

Ultra O Screen ini dirancang untuk memaksimalkan rasio tampilan pada layar pada smartphone, sehingga akan memberikan pengalaman visual lebih imersif.

Dengan demikian, konsumen akan semakin maksimal dalam menikmati pengalaman hiburan lewat layar smartphone ini.

Tidak ketinggalan, desain 2.5D Flat Frame, yang memastikan tepi ponsel tetap halus dan akan selalu nyaman saat digenggam atau disimpan di dalam saku.

Selain membawa design dengan “Gaya Sultan”vivo Y36 Series ini hadir dengan membawa semangat “Performa Jagoan” yang membawa kinerja smartphone lebih kuat dan smooth guna menunjang produktivitas setiap penggunanya. 

Pada modul memori penyimpanannya, lini smartphone ini membawa ruang berkapasitas salah satu yang terbesar dikelasnya dengan 256GB ROM dan 8GB+8GB Extended RAM yang siap digunakan untuk mendukung beragam aktivitas pengguna tanpa ada kendala lagging.

Kapasitas ROM yang besar disematkan pada smartphone ini bertujuan sebagai investasi jangka panjang karena bisa menyimpan dokumen dalam jumlah besar.

Selain itu, lini smartphone ini juga melakukan update pada sektor daya dengan menghadirkan 44W FlashCharge yang memberikan sistem pengisian daya salah satu yang tercepat di kelasnya.

Selain itu, pada varian vivo Y36 5G, smartphone ini tentunya sudah bisa digunakan dalam jangkauan jaringan 5G.

vivo Segera Umumkan Product Ambassador Pertama untuk vivo Y Series

Bersamaan dengan pengumuman akan kehadiran vivo Y36 Series di Indonesia, vivo juga akan segera memperkenalkan wajah baru sekaligus Product Ambassador untuk vivo Y-Series. Beliau ini akan menjadi sosok untuk mencerminkan tampilan dan teknologi yang dibawa dalam vivo Y-Series.

Berbagai pembaharuan yang dimiliki, baik dari sisi desain, performa, maupun kamera smartphone ini patut ditunggu dan siap meramaikan industri smartphone Tanah Air yang siap menjawab kebutuhan setiap konsumen.

“Tentunya, kami telah menyiapkan kejutan lainnya lewat vivo Y36 Series ini, selain dari inovasi dan teknologi yang akan kami hadirkan. Kali ini, vivo juga memberikan kejutan dengan adanya Product Ambassador dari vivo Y series yang masih dirahasiakan.  Nantikan kehadiran vivo Y36 Series dalam waktu dekat.” tutup Gilang.

Infinix Umumkan Kolaborasi Anti Kalah Bersama ONIC eSports

Infinix X ONIC eSports

tabloidpulsa.id – Infinix mengumumkan kemitraan dengan ONIC eSports, tim eSports profesional asal Indonesia dengan berbagai prestasi skala internasional, sebagai Official Gaming Smartphone Partner.

Sebagai komitmen untuk terus menghadirkan kejutan kolaborasi sekaligus menghadirkan pengalaman produk yang semakin optimal bagi penggemar mobile gaming di Indonesia, kemitraan ini bertajuk “Kolaborasi Anti Kalah” ini siap termanifestasi dalam rangkaian program sekaligus produk terbaru Infinix dalam waktu dekat.  

Sergio Ticoalu, Regional Integrated Marketing Manager Infinix mengatakan “Kami sangat bangga bisa melakukan kolaborasi anti kalah dengan ONIC eSports. Kami melihat ONIC eSports memiliki kesamaan visi dengan Infinix untuk mengembangkan dunia eSports Indonesia. Dalam kolaborasi ini, akan ada banyak kejutan di dalamnya.” 

Sejalan dengan Sergio, Justin W, CEO ONIC eSports mengatakan “Tentunya ONIC eSports sangat bangga bisa berkolaborasi dengan Infinix sebagai Official Gaming Smartphone Partner. Dengan visi dan DNA yang sama yaitu Champion atau Juara menjadikan sinergi ini sebagai kolaborasi anti kalah bagi semua mobile gamer dan pecinta eSports di Indonesia. Harapan kami, kemitraan ini akan membuka akses lebih luas lagi bagi para gamers untuk menggali potensi diri di dunia gaming dan profesional eSports serta memiliki mental juara.” 

Program Kolaborasi Anti Kalah  

Dalam beberapa tahun terakhir, Infinix konsisten menjadi bagian dari ekosistem eSports serta tren mobile gaming yang kini menjadi bagian dari gaya hidup anak muda Indonesia. Deretan program seperti Infinix Gaming Master, program tahunan Infinix untuk mencari talenta eSports di Indonesia, serta partisipasinya sebagai “Official Smartphone” di gelaran M4 2022 lalu mendapat antusiasme yang cukup memuaskan bagi para penggemar mobile gaming serta XFans di tanah air. 

Di sisi lain, tim eSports yang terus berkembang sejak resmi dibentuk pada tahun 2018 kini menjadi salah satu tim eSports profesional yang prestasi tingkat regional hingga internasional. Berbagai turnamen seperti MSC, Piala Presiden, serta liga terbaru, MPL 2023 berhasil dimenangkan oleh ONIC eSports dalam perjalanan profesionalnya di indonesia.   

“Kolaborasi Anti Kalah mewakili semangat Infinix sebagai brand challenger yang terus menghadirkan produk dengan inovasi terdepan di kelasnya serta perjalanan ONIC eSports yang terus membuktikan diri sebagai salah satu tim profesional eSports terbaik di indonesia,” tambah Sergio Ticoalu.  

Siap Hadirkan Kejutan di Produk Note Series Terbaru  

Selain mengumumkan kolaborasi, Infinix juga mengungkap hadirnya produk Note Series terbaru di Indonesia dalam waktu dekat. Infinix Note Series terbaru ini akan menjadi salah satu produk pertama Infinix dengan kejutan kolaborasi eksklusif bersama ONIC eSports. “Selain mengusung spesifikasi superior untuk performance dan pengalaman gaming, Note Series terbaru dengan sentuhan kolaborasi dengan ONIC eSports ini akan jadi kejutan menarik bagi para XFans dan SONIC di Indonesia,” pungkas Sergio Ticoalu.  

Editor's Pick