Home Blog Page 257

Blibli Perkuat Operational Excellence Dengan Adopsi Teknologi AI

tabloidpulsa.id – Blibli menjadi omnichannel commerce pertama yang mengadopsi teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan untuk optimalkan kegiatan operasional logistik.

Berkomitmen mengintegrasikan keberlanjutan dalam semua aspek bisnis, pemanfaatan teknologi AI di bidang operasional logistik ini diantaranya berperan untuk prediksi kebutuhan stok, rekomendasi kebutuhan yang terpersonalisasi, selain itu, integrasi AI juga memungkinkan transformasi pengelolaan logistik yang lebih signifikan, seperti identifikasi dan solusi masalah secara real-time hingga berkontribusi pada pengelolaan logistik yang lebih cepat dan efisien.

Upaya Blibli dalam mengadopsi AI pada bidang logistik ini sejalan dengan harapan pemerintah yang ingin mendorong lebih banyak pemanfaatan teknologi AI yang kini sudah meliputi berbagai sektor.

Pada tahun 2021, misalnya, AI telah membantu sekitar 26,7 juta pekerja Indonesia atau sebesar 21,1% dari total tenaga kerja kala itu, dengan sektor perdagangan tercatat sebagai yang kinerjanya paling teroptimalkan oleh teknologi ini.

Langkah yang diambil Blibli ini menandai penguatan komitmen Perseroan untuk terus menjadi  ekosistem perdagangan omnichannel yang relevan dengan kebutuhan pelanggan dari waktu ke waktu, seraya konsisten menjamin kepuasan pelanggan di setiap pengalaman belanja melalui operational excellence di setiap lini.

Azizah Purwitasari, Head of Business Process Transformation Blibli mengatakan, “Implementasi dari teknologi AI kami gunakan untuk meningkatkan efisiensi operasional, memberikan pengalaman pelanggan yang unggul, dan menjadi yang terdepan dalam inovasi di industri e-commerce. Selain itu, Blibli juga mengintegrasikan AI sebagai bagian dari komitmen terhadap prinsip-prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG). Integrasi AI juga tidak hanya melibatkan pengembangan teknologi, tetapi juga dalam strategi bisnis yang menyeluruh untuk mencapai keunggulan kompetitif dan pertumbuhan berkelanjutan.”

Pemanfaatan AI juga menjadi bentuk adaptabilitas Blibli dalam menghadapi kompleksitas bisnis yang harus mampu menjawab tantangan dalam menjaga kepuasan belanja pelanggan, sebagaimana yang  disuarakan oleh Perseroan melalui semangat terbarunya, Simplify to Amplify.

Total terdapat lima solusi berbasis AI yang dihadirkan di jaringan gudang Blibli, yakni: menghemat waktu untuk efisiensi operasional yang lebih baik, mengurangi biaya kemasan dengan memilih material yang lebih tepat guna, membantu pihak gudang mengurangi kesalahan dalam proses packing produk yang akan dikirim, mengurangi risiko air gap packaging demi jaminan barang tetap prima hingga ke tangan pelanggan, serta meningkatkan dukungan terhadap nilai-nilai ESG melalui prosedur yang lebih ramah lingkungan.

Saat ini, implementasi AI pada pengemasan semakin tinggi dari sisi adoption rate yaitu meningkat hingga 86%, yang artinya rekomendasi yang diberikan oleh AI semakin baik dan tepat untuk dijadikan acuan oleh tim packer pada saat melakukan pengemasan barang. Ditambah lagi, inovasi ini juga sudah menurunkan biaya pengemasan hingga 11% selama empat bulan dioperasikan.

Lebih lanjut, pemanfaatan AI memperkuat komitmen Blibli  dalam membangun sistem pergudangan dan distribusi yang lebih efektif dan memadai, di mana kini didukung oleh 16 gudang terpadu yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Jaringan logistik Blibli juga menerapkan siklus transformasi yang berasal dari proses kolaborasi dengan berbagai tim, mulai dari tim Business Process Transformation, Warehouse, Data Science, Data Analytics, dan tim Technology Warehouse Management System.

“Proses pembangunan model AI tidak hanya sekadar kegiatan pengembangan, melainkan suatu perjalanan pembelajaran berkelanjutan. Saat ini, manfaat AI dalam sistem logistik sudah semakin terukur berkat peningkatan adoption rate dan pengurangan packaging cost yang signifikan. Tentunya evaluasi dan analisis masih akan terus dilakukan untuk mengoptimalkan implementasi, memastikan efisiensi, dan meningkatkan manfaat secara keseluruhan,” pungkas Azizah.

Bagi Blibli, komitmen dalam mewujudkan bisnis yang berkelanjutan lewat inovasi keberlanjutan akan terus ditingkatkan untuk mendukung operational excellence dan memenuhi kepuasan pelanggan kami.

Ke depannya, Blibli menargetkan transformasi yang menyeluruh mulai dari people, process, dan sistem untuk menjamin implementasi teknologi AI ini dapat berjalan maksimal dalam memperkuat ekosistem dan meningkatkan kapabilitas last-mile delivery.

5 Tips Memaksimalkan Konten Live Stream di SnackVideo!

tabloidpulsa.id – Pada zaman yang kian modern ini, perkembangan teknologi juga turut semakin maju dan mendorong setiap kegiatan usaha untuk beradaptasi dan mengikuti perkembangan zaman. Kini, tidak sedikit pelaku UMKM di Indonesia yang sudah memanfaatkan media sosial sebagai saluran promosi dan meningkatkan brand awareness. Berbagai konten promosi dibuat semenarik mungkin agar mampu menarik perhatian dan kesadaran konsumen terhadap produk, sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan yang maksimal. Satu dari banyaknya platform media sosial yang saat ini tengah gencar dimanfaatkan oleh pelaku UMKM adalah platform video pendek SnackVideo.

SnackVideo sebagai salah satu platform media sosial video pendek terbesar di Indonesia, ikut memberi dukungan kepada para pelaku UMKM dalam penggunaan konten video pendek untuk mengoptimalkan promosi bisnis mereka. Konten video pendek yang menarik dan kreatif dapat dijadikan sebagai alat promosi yang ditujukan untuk meningkatkan awareness (kesadaran) konsumen terhadap produk yang ditawarkan, terutama di media sosial. Video pendek yang kreatif juga dapat menjangkau lebih banyak orang dan berujung pada peningkatan penjualan produk maupun jasa.

Dina Bhirawa, selaku Head of Marketing SnackVideo Indonesia, menyatakan, “SnackVideo merupakan platform video pendek yang dinamis dan mudah digunakan oleh masyarakat. Saat ini, pengguna aktif SnackVideo telah mencapai 43 juta di seluruh Indonesia. Jika UMKM dapat memanfaatkannya dengan tepat melalui konten-konten yang informatif dan menarik mengenai produknya, maka promosi melalui video pendek di SnackVideo akan menjadi semakin efektif. Terutama dalam menarik perhatian dan menumbuhkan curiosity konsumen terhadap produk maupun jasa. Karena itu, kami mendukung para UMKM di Indonesia untuk terus aktif dan bersemangat dalam mengembangkan kreativitas dan membuat konten video pendek yang menarik, sehingga bisa trending dan ditonton oleh banyak orang.”

Salah satu strategi berwirausaha yang saat ini sedang tren melalui platform video pendek dan banyak dilakukan oleh pelaku UMKM adalah live streaming. Tak hanya untuk meningkatkan kunjungan konsumen secara online, fitur live stream ini juga dapat digunakan oleh para pelaku bisnis untuk membangun komunikasi dengan konsumen dan konsumen potensial melalui fitur live chat nya.

Live streaming merupakan salah satu fitur yang tersedia di SnackVideo yang dapat digunakan oleh UMKM untuk memperkenalkan produk dan membangun komunikasi dengan para konsumen, bahkan untuk mendorong terjadinya penjualan. Sama seperti video pendek, live streaming juga membutuhkan konsep yang kreatif dan persiapan yang matang agar dapat memberi hasil yang diharapkan. Untuk itu, SnackVideo ingin memberikan beberapa panduan kepada para content creator dan host mengenai persiapan yang baik untuk melakukan live streaming serta berbagai tips agar live streaming bisa berlangsung menarik dan diikuti banyak pengguna SnackVideo,” jelas Dina.

Saat mempersiapkan live streaming di SnackVideo, maka UMKM harus memperhatikan hal-hal berikut:

  • Menentukan jenis konten yang ingin dilakukan. Jenisnya bisa berupa chit chat atau obrolan, langkah-langkah penggunaan produk (misal untuk produk beauty), games & challenge, mukbang (untuk produk food & beverages), menari, atau bernyanyi. Jika live streaming untuk mempromosikan produk, sertakan juga informasi pembelian produk yang bisa dipilih oleh penonton.
  • Pilih waktu yang tepat untuk melakukan live streaming sesuai demografi dari pengguna yang menjadi sasaran. Informasikan terlebih dahulu jadwal live streaming serta host yang akan memandu acara agar tidak terlewat.
  • Pemilihan host yang tepat. Pilih host yang terlihat menarik dengan pakaian yang terlihat sopan dan rapi, rambut ditata dengan rapi, serta mengaplikasikan make up untuk host perempuan. Hindari penampilan host yang seksi dan vulgar.
  • Host bersikap ramah dan bersahabat dengan para penontonnya. Jangan lupa untuk mengucapkan salam dan menyapa penonton, terutama penonton yang sudah rutin menonton live streaming. Lakukan interaksi dengan membaca dan merespons komen-komen dari penonton, terutama yang berkaitan dengan informasi produk. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih jika ada penonton yang memberikan gift.
  • Jangan lupa persiapkan setting dan perlengkapan. Live streaming sebaiknya dilakukan di ruangan yang tenang sehingga host merasa nyaman dalam bekerja. Pastikan perlengkapan berfungsi dengan baik. Atur jarak duduk host serta pencahayaannya sehingga wajah host bisa terlihat dengan jelas tapi tidak memenuhi layar ponsel.

Salah satu UMKM yang sukses memperkenalkan usahanya melalui konten video pendek di SnackVideo adalah Mengantar yang bergerak di bidang jasa transportasi dan logistik. Menurut Faeruz Faiz, Direktur PT. Mengantar Karya Bangsa, promosi menggunakan video pendek di SnackVideo membantu bisnisnya tumbuh secara signifikan. Hal lain yang membuat ia tertarik melakukan promosi di SnackVideo adalah kesamaan misi Mengantar dan SnackVideo dalam membantu kemajuan UMKM Indonesia.

“Mengantar sudah cukup lama membuat konten video pendek di SnackVideo untuk mendapatkan atensi dari konsumen. Melalui konten-konten video pendek yang kami buat di SnackVideo, kami dapat memperkenalkan Mengantar kepada masyarakat Indonesia dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Kami juga memilih platform SnackVideo karena kami melihat bahwa SnackVideo punya semangat untuk membantu UMKM Indonesia agar bisa tumbuh dan maju. Semangat yang sama juga dimiliki Mengantar yang membantu UMKM Indonesia untuk kebutuhan transportasi dan logistik mereka,” ujar Faeruz.

Mencermati tren yang sedang berlangsung di kalangan masyarakat merupakan langkah penting yang harus diambil oleh para pelaku UMKM. Terutama dalam implementasi digitalisasi bisnis dan pemanfaatan media sosial sebagai saluran promosi. “Memahami cara-cara yang benar dalam melaksanakan live streaming juga diperlukan agar informasi yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh target konsumen. SnackVideo akan terus mendukung kemajuan UMKM di Indonesia dengan berbagi informasi berupa tips and tricks menarik yang dapat diimplementasikan oleh para UMKM dan content creator untuk mengembangkan konten di akun SnackVideo nya”, tutup Dina.

vivo Resmi Jadi Official Smartphone UEFA EURO 2024

vivo Official Smartphone UEFA EURO 2024

tabloidpulsa.id – vivo dengan bangga kembali mengumumkan partisipasinya di ajang turnamen sepak bola UEFA EURO. Lama dinantikan penggemar, UEFA EURO 2024 akan dilangsungkan di Jerman pada pertengahan Juni hingga pertengahan Juli 2024 mendatang. Sebagai Official Smartphone UEFA EURO 2024, vivo akan kembali memamerkan teknologi terdepannya di panggung sepak bola dunia sambil berbagi momen eksklusif dengan penggemar sepak bola di seluruh dunia untuk kedua kalinya setelah sukses ikut memeriahkan UEFA EURO 2020 lalu. 

Sebagai Official Smartphone UEFA EURO 2024 yang dibekali teknologi terdepan, vivo berkomitmen untuk menghadirkan flagship smartphone yang berorientasi pada konsumen yang dapat menghasilkan fotografi level profesional dengan lebih mudah dan bisa diakses semua orang, sekaligus mendorong penggemar untuk mengabadikan momen selama pergelaran UEFA EURO 2024yang penuh aksi.

Turnamen UEFA EURO merupakan salah satu ajang olahraga terkemuka di dunia yang dinikmati oleh lebih dari lima miliar penggemar di seluruh dunia. Selama UEFA EURO 2024 berlangsung, vivo akan memberikan kesempatan bagi para penggemar untuk menikmati pengalaman immersive lewat berbagai aktivitas yang telah disiapkan oleh vivo.

Sebelum tiap pertandingan dimulai, vivo akan memberikan pengalaman bagi penggemar untuk menikmati musik bersama DJ terkemuka dunia. Selain itu, bersama UEFA, vivo  juga akan jadi pendukung utama segmen “Player of the Match” di setiap akhir pertandingan dan merayakan performa para pemain terbaik bersama dengan penonton. vivo juga akan mendukung dan melengkapi staf UEFA EURO 2024 dengan flagship smartphone vivo untuk mendukung produktivitas mereka dalam menyukseskan turnamen UEFA EURO.

Ini bukan kali pertama vivo terlibat mendukung pesta sepak bola Eropa terbesar ini. Pada tahun 2021, sebagai mitra resmi UEFA EURO 2020, vivo sukses meluncurkan kampanye media sosial yang mengajak para penggemar untuk menangkap dan berbagi momen kebahagiaan selama turnamen berlangsung. Kumpulan konten yang dibuat penggemar tersebut pun ditampilkan saat upacara pembukaan dan penutupan.

Saat itu, vivo juga menggunakan teknologi AI untuk merestorasi foto momen terbaik sepanjang sejarah turnamen, yang dipersembahkan untuk UEFA sebagai hadiah untuk perayaan ulang tahun ke-60 UEFA EURO. Lebih lanjut, sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme penggemar di media sosial, vivo juga memberikan kesempatan kepada satu penggemar yang beruntung ke menyaksikan final UEFA EURO 2020 secara langsung. Dukungan vivo terhadap sepak bola pun akhirnya diperluas ke ajang global lainnya.

Seiring waktu, sepak bola semakin dikenal sebagai olahraga dengan penggemar terbanyak di seluruh dunia, dengan sejarah yang kaya dan mencerminkan kerja sama tim serta semangat mencapai tujuan bersama.

Dengan kekuatan sportivitas, sepak bola tidak hanya mampu meruntuhkan batasan dan perbedaan namun juga membangun hubungan yang lebih kuat baik antar individu maupun komunitas. Dengan semangat yang serupa, vivo akan terus membangun dan memperkuat kedekatan emosional dengan penggemar sepak bola di seluruh dunia.

JBL Rilis Soundgear Sense, Earbuds Pertama dengan Konduksi Udara

JBL Soundgear Sense

tabloidpulsa.id – JBL resmi memperkenalkan true wireless open-ear earbuds pertamanya yang dilabel dengan nama JBL Soundgear Sense.

Menampilkan Teknologi OpenSound JBL dengan konduksi udara, earbuds terbaru ini mengubah pengalaman mendengarkan musik Anda, dan membuat standar terbaru untuk kualitas audio di produk ini.

Earbuds ini memperkenalkan sebuah terobosan pada teknologi audio dengan memberikan kualitas suara khas JBL kepada para pendengar, sambil tetap terhubung dengan lingkungan sekitar mereka.

Dengan driver 16.2 mm yang dirancang secara unik dan algoritma penyempurnaan bass, JBL Soundgear Sense membawa kualitas suara open-ear ke level selanjutnya.

Dengarkan dunia di sekitar Anda sambil menikmati setiap irama dari lagu favorit Anda.

Nikmati bass yang kuat dan vokal yang jernih dari playlist musik favorit Anda, maupun saat menerima panggilan telepon.

Dengan fleksibilitas yang tak tertandingi, pengait telinga JBL Soundgear dapat diputar dan ukurannya dapat disesuaikan untuk personalisasi, demi kenyamanan sepanjang hari.

Didesain untuk menyempurnakan rutinitas harian Anda, earbuds konduksi udara ini dapat diletakkan dengan nyaman di lekukan telinga Anda tanpa menghalangi saluran telinga.

Earbuds ini juga menggunakan desain dan bentuk yang unik untuk mengurangi kebocoran suara dan melindungi privasi Anda.

JBL Soundgear Sense memastikan kenyamanan yang aman dan santai untuk pemakaian dalam waktu lama, sehingga ideal untuk aktivitas luar ruangan, di kantor, atau berjalan-jalan.

Earbuds yang pas dan nyaman

Selain menghasilkan suara yang luar biasa, JBL Soundgear Sense menawarkan konektivitas multi-poin untuk koneksi tanpa batas dengan semua perangkat Anda.

Memutuskan dan menyambungkan kembali menjadi lebih mudah.

Dengan empat mikrofon yang terintegrasi, earbuds ini memberikan kualitas telepon yang sangat baik, apapun dan dimanapun lingkungannya.

Menyatu dengan gaya hidup Anda, dengan adanya rating IP54 menjamin ketahanan terhadap keringat, debu, dan curah hujan.

Tali leher yang dapat dilepas memberikan tingkat keamanan tambahan selama latihan yang berat.

“Mengembangkan Soundgear Sense menjadi tantangan bagi kami untuk membuat kualitas audio JBL yang luar biasa menjadi earbuds konduksi udara. Saya senang dengan hasilnya. Berkat pengetahuan audio kami yang luar biasa, Teknologi JBL OpenSound kami yang terdepan di kelasnya memastikan bahwa bahkan dalam faktor bentuk baru ini, kami tetap memberikan pengalaman suara luar biasa yang membuat JBL dikenal selama ini,” kata Grace Koh, Vice President & General Manager of Consumer Audio, HARMAN Asia-Pacific.

Tetap terhubung, tetap sadar, dan benamkan diri Anda dalam kualitas suara JBL yang legendaris dengan JBL Soundgear Sense.

JBL Soundgear Sense akan tersedia dalam warna Hitam dan Putih mulai tanggal 15 November 2023 di JBL Official Online atau Offline Store dan di jblstore.co.id dengan kemasan yang terbuat dari kertas bersertifikat FSC dan dicetak dengan tinta kedelai (soy ink).

Harga JBL Soundgear Sense di pasaran Indonesia dipatok sekitar Rp 3.399.000.

Dapatkan promo spesial selama periode peluncuran, yaitu diskon 10% serta free 1 pc produk Infinity Lab Instant Charger 20W 1 USB.

Fitur Soundgear Sense:

  • Bluetooth 5.3 dengan dukungan audio LE
  • Teknologi OpenSound JBL dengan driver 16.2mm
  • 4 mikrofon untuk panggilan telepon yang jernih dan jelas
  • Daya tahan baterai hingga 24 jam (6 jam di earbuds ditambah tambahan 18 jam dari casing)
  • Pengisian daya cepat – pengisian daya 15 menit memberikan Anda 4 jam tambahan mendengarkan musik
  • IP54 tahan keringat, cipratan air, dan debu
  • Desain hybrid dengan tali leher yang bisa disesuaikan
  • Kontrol sentuhan dan aplikasi Headphone JBL untuk personalisasi dan penyesuaian EQ

Telkomsel dan Productive+ Dukung Disabilitas Berwirausaha

Telkomsel productive+ disabilitas wirausaha

tabloidpulsa.id – Memperkuat konsistensi sebagai social impact enabler yang senantiasa memberikan dampak positif terhadap kemajuan masyarakat Indonesia melalui pemanfaatan teknologi, Telkomsel mendukung program #InkubatorDigitalDisabilitas, berkolaborasi bersama Productive+ yang merupakan platform forum digital bagi para penyandang disabilitas.

Kolaborasi ini bertujuan untuk mendukung kegiatan wirausaha para penyandang disabilitas melalui pemberian fasilitas sarana usaha, informasi mengenai permodalan dan pelatihan usaha dalam menambah pengetahuan bisnis untuk meningkatkan produktivitas secara digital. Program #InkubatorDigitalDisabilitas yang akan berlangsung hingga Desember 2023 ini menjadi bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel dan perwujudan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) perusahaan.

Vice President Corporate Communications and Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono mengatakan, “Berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2022, mayoritas atau sekira 241.561 penyandang disabilitas bekerja sebagai wirausaha. Mengusung semangat bergotong rotong untuk berbagi harapan akan kesetaraan kepada teman disabilitas yang selaras dengan semangat Indonesia, Telkomsel berkolaborasi dengan Productive+ untuk membuka semua peluang potensi bangsa melalui pemberian akses kegiatan usaha. Melalui dukungan pemberian sarana dan modal usaha ini, kami berharap dapat semakin menguatkan kapabilitas wirausaha para Teman Disabilitas untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik. Langkah ini juga sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam mendukung ekosistem ekonomi digital yang inklusif bagi seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk bisa mandiri secara ekonomi, melalui aktivitas perusahaan yang mengedepankan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG).”

Inisiator program #InkubatorDigitalDisabilitas dan Productive+, Angkie Yudistia mengatakan, “Kolaborasi bersama Telkomsel ini mendukung terwujudnya iklim ekonomi yang inklusif dan ramah disabilitas. Sebab, para Teman Disabilitas memiliki potensi untuk menjadi pelaku usaha, tetapi memang memerlukan sejumlah dukungan seperti pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan akses ke modal usaha. Oleh karena itu, dengan adanya dukungan dari Telkomsel ini akan sangat bermakna dan bermanfaat bagi Teman Disabilitas.”

Program ini berlangsung dari 6 November sampai 18 Desember 2023 dengan ragam aktivitas yang akan membantu Teman Disabilitas pelaku UMKM untuk memperoleh perluasan akses permodalan melalui skema pemberian hibah maupun pinjaman dengan bagi hasil keuntungan ringan untuk menstimulasi potensi kemampuan wirausaha, mendapatkan modal usaha yang diberikan secara bertahap, pendampingan kegiatan usaha, dan paket pelatihan kewirausahaan.

Setiap Teman Disabilitas yang menjadi penerima manfaat dari program ini akan mendapatkan paket pelatihan serta modal usaha dengan total masing-masing sebesar Rp 1,5 juta. Pemberian modal ini akan berupa saldo di Aplikasi Fello, sebuah aplikasi pembayaran digital yang menjadi mitra Productive+. Modal tersebut dapat digunakan oleh Teman Disabilitas untuk melakukan kegiatan usaha di bidang transaksi keuangan seperti penjualan pulsa, token listrik, hingga melayani pembayaran tagihan air, BPJS dan lainnya.

Sebagai aplikasi digital yang menjadi forum bagi para penyandang disabilitas untuk bisa mendapatkan penghidupan yang lebih baik, platform Productive+ yang berdiri sejak November 2022 menyediakan berbagai fitur antara lain mencari pekerjaan, bertukar informasi edukatif hingga pemberdayaan secara ekonomi. Productive+ telah membantu lebih dari 1.000 pengguna dalam mencari pekerjaan serta mengembangkan keahlian sesuai bakat dan minat mereka. Hingga saat ini, Productive+ memiliki lebih dari 42 ribu pengguna aktif yang berbagi cerita dan berdaya bersama.

Indonesia Gadget Award 2023 Apresiasi Bagi Pelaku Industri Telko dan Teknologi

Indoesia Gadget Award

tabloidpulsa.id – Berkolaborasi dengan firma riset global Counterpoint, Gizmologi dan Gadgetdiva menggelar Indonesia Gadget Award 2023 untuk memberikan insight terbaru seputar gadget di tahun ini dan ke depannya, serta memberikan penghargaan khusus kepada sejumlah gadget terbaik yang layak dengan inovasi-inovasi terbaik.

Membawa tema “Inovasi dan Kolaborasi Wujudkan Resiliensi”, masyarakat Indonesia kini memasuki era endemi, di mana kegiatan sehari-hari telah dilakukan seperti sebelum pandemi berlangsung. Dibandingkan dua tahun sebelumnya, intensitas untuk beraktivitas, bertatap muka, serta berkolaborasi tentu jauh lebih tinggi. Membutuhkan pendamping seperti gadget yang bisa membantu segala aktivitasnya.

Semangat kolaborasi juga selalu ditekankan oleh Presiden RI, Joko Widodo, agar kita semua dapat mengedepankan kerja sama di tengah rivalitas global yang terjadi saat ini. Untuk itu, kolaborasi menjadi bagian dari tema Indonesia Gadget Awards 2023. Hal tersebut turut dikonfirmasi oleh Prasetyo Herfianto selaku Ketua Pelaksana IGA 2023.

“Ide untuk melibatkan firma riset Counterpoint sendiri sudah kami rencanakan sejak tahun lalu, menjadikan IGA sebagai acara yang juga bisa memberikan hasil riset terkini tentang pasar gadget di Indonesia. Tentunya tidak semerta dari kami, kami juga melibatkan para pembaca Gizmologi dan GadgetDiva untuk mengisi polling survei yang kemudian memberikan hasil penilaian dalam acara award ini. Kami juga berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung kelancaran acara, termasuk teman-teman media, KOL, tech reviewer, brand, serta rekan PR yang ikut meramaikan acara ini.”

Counterpoint Paparkan Tren Pasar Smartphone Q3 2023

Menjadi salah satu bagian inti acara Indonesia Gadget Award 2023, perwakilan dari Counterpoint secara langsung membagikan insight baru terkait pasar smartphone selama Q3 2023. Dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu, tren perilisan model smartphone baru meningkat hingga 10% YoY. Terutama pada segmen harga kurang dari Rp3 jutaan, dengan beberapa contoh seperti Infinix GT10 Pro, Redmi 12, maupun iTel P40.

Dibandingkan tahun lalu, Samsung masih tetap merajai pasar smartphone Indonesia dengan jumlah pengapalan mencapai 20%, meski ada penurunan 1% dibandingkan tahun lalu. Febriman Abdillah, Senior Analyst Counterpoint mengatakan, Samsung berhasil meraih peringkat pertama berkat dukungan dari smartphone dengan segmen harga kurang dari Rp3 jutaan maupun rentang harga Rp3-6 juta.

Yang tidak kalah menarik, Xiaomi berhasil menjadi brand smartphone yang behasil naik ke urutan ketiga, menorehkan nilai kenaikan tertinggi hingga 30% YoY di Q3 2023. “Xiaomi terus berupaya dalam memperkuat pasokan, distribusi, serta program penjualannya melalui sejumlah metode seperti promosi maupun diskon khusus,” jelas Febriman.

Counterpoint memperkirakan bila ke depannya anggaran untuk membeli smartphone bakal menjadi tolak ukur dalam menentukan pilihan. Terkait hal ini, berbagi faktor seperti promosi  harga, program bundling, trade-in, hingga skema cicilan bisa menjadi pilihan yang mampu menarik pembelian. Selain itu, intensitas penggunaan yang tinggi membuat konsumen semakin mengharapkan peningkatan spesifikasi seperti RAM, penyimpanan, baterai, layar, dan fitur kamera dalam harga terjangkau.

Lanjutkan Kolaborasi Demi Mendorong Pertumbuhan Ekosistem Teknologi

Keberhasilan brand dalam menghadirkan gadget terbaik dengan inovasi terdepan, terbukti langsung dengan hasil survei polling Gizmologi & GadgetDiva yang membuat mereka menjadi pemenang di Indonesia Gadget Award 2023. Melibatkan masyarakat secara langsung, Gadget of the Year 2023 berhasil diraih oleh Samsung dengan smartphone terbaiknya, Galaxy S23 Ultra 5G yang serbabisa dan menjadi idaman pembaca. Menjadi bukti akan kualitas perangkat yang tinggi.

Indonesia Gadget Award 2023 telah melibatkan 1146 responden melalui survei yang dibagikan selama kurang lebih dua pekan. Dari hasil survei tersebut, ditemukan tiga faktor penting penentu masyarakat ketika membeli smartphone, yakni kinerja yang mulus (20,53%), kualitas kamera (18,84%), serta harga yang bersaing (14,60%). Dua poin penting setelahnya adalah dukungan baterai yang tahan lama serta memori lega untuk menyimpan banyak file maupun aplikasi.

Selain inovasi, kolaborasi juga dapat dilakukan untuk bersama-sama membangun industri lebih sehat, seperti yang disampaikan oleh Bambang Dwi Atmoko selaku Chief Editor Gizmologi. “Pada kesempatan ini, mari kita merayakan semangat inovasi dan kolaborasi sebagai upaya untuk mewujudkan resiliensi dalam industri kita. Kita apresiasi pencapaian-pencapaian luar biasa untuk terus mendorong pertumbuhan ekosistem teknologi dan digital di Indonesia.”

Ke depannya, Indonesia Gadget Award akan diadakan secara rutin setiap tahun, secara kontinyu berkolaborasi dengan berbagai pihak demi memberikan insight yang relevan bagi semua pihak. Terus merayakan beragam inovasi baru yang akan hadir sepanjang tahun, memudahkan aktivitas maupun meningkatkan kualitas hidup sehari-hari.

Daftar Pemenang Indonesia Gadget Award 2023

Di perhelatan tahun 2023 ini, para pemenangnya adalah:

Best Gadget for Business

  • Best Laptop for Business: Lenovo ThinkPad Z13
  • Best Smartphone for Business: Samsung Galaxy Z Fold5

Best Gadget for Gaming

  • Best Laptop for Gaming: ASUS ROG Zephyrus Duo 16 GX650
  • Best Smartphone for Gaming: ASUS ROG Phone 7
  • Best Value Smartphone for Gaming: Infinix GT 10 Pro

Best Gadget for Creators

  • Best Laptop for Creators: ASUS Vivobook 14X OLED
  • Best Smartphone for Creators: Samsung Galaxy S23 Ultra
  • Best Value Smartphone for Creators: Samsung Galaxy A34 5G

Best Gadget for Education

  • Best Laptop for Education: ASUS Vivobook Go 14
  • Best Tablet for Education: Xiaomi Redmi Pad SE

Best Wearable Devices

  • Best Smartwatch: Huawei Watch GT4
  • Best Value Smartwatch: Xiaomi Redmi Watch 3 Active
  • Best Audio Devices: JBL Tour Pro 2

Best Smart Home Devices

  • Best Smart TV: Samsung
  • Best Home Security: Bardi
  • Innovative Home Appliances: LG Wash Tower

Best provider

  • Most Innovative Internet Provider: IndiHome by Telkomsel
  • Most Innovative Telco Operator: Indosat Ooredoo Hutchison
  • Most Innovative Fixed Mobile Convergence: XL Satu by XL Axiata

Best Gadget for Woman: Garmin vivoactive 5

Gadget of The Year 2023: Samsung Galaxy S23 Ultra

Erajaya Digital Gelar Masterclass by Erafone 2023

Masterclass by Erafone

tabloidpulsa.id – Erajaya Digital menggelar ajang tahunan bertajuk “Masterclass by Erafone 2023” yang mempertemukan pakar yang tersertifikasi dengan para penggemar fotografi, member loyal Erafone dan komunitas.

Acara ini menjadi kesempatan berharga bagi peserta untuk menyimak tutorial, berdiskusi serta berbagi pengalaman terkait sejumlah temauntuk memaksimalkan perangkat yang dimiliki dalam menghasilkan konten.

Joy Wahjudi, CEO Erajaya Digital, mengatakan, “Erajaya Digital memahami hasrat dari pengguna perangkat seperti smartphone atau drone yang ingin menghasilkan konten yang menarik secara visual dan membagikannya di berbagai platform media sosial. Oleh karena itu, kami kembali menghadirkan Masterclass by Erafone di bawah bimbingan Master Coach yang akan berbagi ilmunya. Kami berharap ajang ini menjadi kesempatan bagi para peserta untuk belajar dan meningkatkan kemampuan ke tingkat yang lebih tinggi lagi.”

Rangkaian kegiatan Masterclass by Erafone tahun ini sudah dimulai di Medan pada tanggal 11 November 2023 lalu menghadirkan fotografer Herry Tjiang yang membagikan tips untuk memotret makanan.

Sesi kedua akan dilakukan di Bali pada tanggal 18 November 2023 dengan menghadirkan Didi Kasim yang akan membagikan kiat untuk memotret foto landscape.

Acara puncak dari Masterclass by Erafone 2023 adalah community gathering yang akan diadakan di Pantai Indah Kapuk 2 secara hybrid pada tanggal 25 November 2023 mendatang dan mengundang para Master Coach seperti Barry Kusuma, Benedictus Wijiadi, Didi Kasim serta Herry Tjiang. Mereka akan berbagi tips mengabadikan momen menggunakan smartphone dan drone bagi peserta terpilih.

Acara ini bisa diikuti dengan mendaftar melalui https://bit.ly/46hpDBm, atau dengan menyaksikan secara langsung melalui kanal YouTube Erafone https://www.youtube.com/@Erafonestores.

Rangkaian acara Masterclass by Erafone juga meliputi kompetisi fotografi yang digelar pada tanggal 6-20 November 2023 dalam tiga kategori lomba yakni Culinary Smartphone Photography, Landscape Smartphone Photography dan Cityscape Drone Photography.

Pemenang akan dipilih oleh para Master Coach dari setiap kategori dan diumumkan pada acara community gathering.

Total hadiah yang diperebutkan dalam kompetisi ini adalah MyEraspace Point dengan senilai Rp9 juta dan tiga unit smartphone senilai Rp10 juta.

Teknologi Push-to-Talk Merevolusi Komunikasi di Industri Indonesia

Teknologi Push-to-Talk

tabloidpulsa.id – Meskipun telepon pintar dan pesan instan mendominasi komunikasi pribadi, industri memerlukan solusi yang lebih cepat dan andal. Dalam lingkungan bisnis yang serba cepat saat ini, komunikasi yang efisien kini dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi Push-to-Talk (PTT), yang telah berkembang secara signifikan sejak handy-talkie tradisional.

Sebagai perusahaan yang berdedikasi untuk memberikan solusi komunikasi inovatif, PT Citradata Purnakharisma selaku distributor resmi dan pusat layanan Motorola Solutions yang terpercaya di Indonesia, membawa PTT ke tingkat berikutnya dengan solusi PTT broadband WAVE PTX.

Lanskap bisnis modern menuntut alat yang mendorong kolaborasi dan efisiensi secara real-time. Solusi PTT broadband WAVE PTX dari Motorola Solutions, dengan fitur-fitur canggih dan keandalannya, siap untuk menjadi alat komunikasi utama bagi industri seperti logistik, ritel, manufaktur, perhotelan, dan pelayanan pemerintah. Karena sektor-sektor ini terus berkembang, memiliki tulang punggung komunikasi yang kuat seperti WAVE PTX akan menjadi sangat penting dalam memastikan kesuksesan dan pertumbuhan operasional.

“Kami siap menjadi distributor pertama menghadirkan lini produk WAVE PTX TLK-100 dan 150 serta perlengkapannya yang menunjang kebutuhan industri di Indonesia dalam hal layanan, komunikasi, dan keamanan,” ujar Gama Waney, Direktur dari PT Citradata Purnakharisma. “Dengan berlangganan sistem WAVE PTX, Anda dapat menggunakan layanan Wave On Cloud (WOC) pada MOTOTRBO dan smartphone. Tidak memerlukan lisensi spektrum yang mahal hingga memakan waktu untuk pemrograman manualnya.”

Perusahaan logistik menuntut komunikasi real-time dari kendaraan mereka, yang secara instan bisa menyampaikan informasi lalu lintas, kerusakan, atau status pengiriman. Selain itu, keadaan darurat dapat segera dikomunikasikan, memastikan respons yang cepat. Dengan jangkauan jaringan WAVE PTX yang luas dan platform yang aman, komunikasi tetap lancar dimanapun lokasinya selama masih dapat terhubung dengan internet (melalui WIFI maupun data seluler kartu SIM) serta menjamin data sensitif, seperti detail pengiriman, tetap terlindungi.

Operasi ritel berkembang dengan koordinasi, yang membutuhkan pemeriksaan stok tepat waktu dengan gudang atau departemen lain, serta mengelola staf guna melayani pelanggan. Fitur interoperabilitas WAVE PTX dapat diintegrasikan dengan sistem komunikasi yang sudah ada, sehingga memungkinkan komunikasi yang mudah dan konsisten.

Untuk industri keamanan, WAVE PTX dari Motorola Solutions menawarkan cakupan jaringan yang luas serta interoperabilitas dengan sistem WAVE PTX WOC yang sudah ada. Hal ini akan memastikan komunikasi cepat pada keadaan darurat, memastikan keselamatan pekerja dan respon yang cepat terhadap potensi bahaya, terlepas dari perangkat komunikasi yang mereka gunakan.

Dan terakhir, perusahaan manufaktur dapat menggunakan teknologi Push-to-Talk WAVE PTX untuk membantu dalam pelaporan, seperti kerusakan mesin atau masalah lini produksi, bisa dikomunikasikan secara instan. Di era yang sering terjadi pembobolan data, WAVE PTX menjamin platform komunikasi yang aman, memastikan bahwa data bisnis yang sensitif tetap terlindungi.

“Kami menawarkan paket khusus untuk 30 pembelian pertama yang meliputi 2 unit radio TLK100, 1 unit TLK150, Desktop PowerPack, tiga subscription WAVE PTX dan masih banyak lagi. Kami siap untuk membawa komunikasi bisnis ke tingkat yang lebih tinggi!” tutup Gama Waney, Direktur dari PT Citradata Purnakharisma.

Garmin Luncurkan 3 Produk Baru Ekosistem Diving

Garmin-Descent-G1-Ocean

tabloidpulsa.id – Garmin hari ini mengumumkan tiga produk untuk ekosistem Diving: Descent G1 Solar – Ocean Edition, Descent Mk3 Series dan Descent T2 Transceiver yang dirancang  untuk penyelam dari berbagai tingkat kemahiran.

Membawa slogan “For Both Your Worlds”, produk ekosistem Diving Garmin tidak hanya handal ketika menyelam, namun untuk olahraga lainnya seperti lari trail, renang, lari, bersepeda, mendaki, mendayung, ski, golf.

Descent G1 Solar – Ocean Edition, Komputer Selam Pertama Garmin yang Terbuat dari Daur Ulang Jaring Ikan di Lautan

Descent G1 Solar – Ocean Edition, adalah kombinasi Dive Com dan smartwatch yang ramah lingkungan, berkat fitur menyelam dari Garmin yang telah dikenal membantu pengguna memaksimalkan pengalaman menyelam mereka – ditambah fitur multisport dan smart features lainnya untuk gaya hidup aktif sehari-hari.

Dirancang dengan memanfaatkan material yang ramah lingkungan, bagian housing, bezel, dan tombol dibuat dari plastik daur ulang yang diperoleh dari laut. Selain konstruksinya yang ramah lingkungan, Descent G1 Solar – Ocean Edition dilengkapi dengan lensa pengisian daya tenaga surya yang memungkinkan penyelam menjelajah lebih lama dengan masa pakai baterai hingga 25 jam dalam mode selam dan hingga 124 hari dalam mode smartwatch.

“Kami bangga memperkenalkan produk pertama kami dengan komponen yang terbuat dari plastik daur ulang. Pada Descent G1 Solar – Ocean Edition, kami memanfaatkan material yang dulunya berisiko merusak habitat laut dan mengubahnya menjadi bagian-bagian untuk membantu menciptakan komputer selam ramah lingkungan yang dibuat untuk mengeksplorasi lautan,” ujar Sky Chen, Director of Garmin Southeast Asia.

Sebuah Desain yang Memberikan Pengaruh

Kehadiran Descent G1 Solar – Ocean Edition dimulai dari sesi brainstorming antara rekanan Garmin. “Rekanan kami menghabiskan banyak waktu untuk mengejar minat mereka – memancing, menyelam, berselancar, dan banyak lagi – di lautan di seluruh dunia. Beberapa juga mendedikasikan waktu pribadi mereka untuk membersihkan area di sekitar perairan dan dengan melakukan hal tersebut, mereka mulai memikirkan cara untuk menggunakan kembali bahan-bahan plastik yang dibuang ke laut. Setelah banyak melakukan konseptualisasi dan penelitian, idenya menjadi jelas: sebuah jam tangan yang dibuat untuk menjelajahi lautan dengan menggunakan bahan daur ulang yang ditakdirkan untuk berakhir di dalamnya,” ujar Susan Lyman, Garmin Vice President of Global Consumer Marketing.

Setelah plastik dari laut dikumpulkan di sekitar perairan, plastik tersebut disortir, dibersihkan, dan dikeringkan. Plastik tersebut kemudian dilebur menjadi resin sebelum diperkuat dengan serat kaca dan diwarnai. Kemudian bahan tersebut dibentuk untuk menciptakan bentuk housing jam tangan, bezel, dan tombol—lalu dipadukan dalam komputer selam yang kokoh dan ramah lingkungan yang dirancang untuk membantu pengguna menyelam dengan percaya diri.

Untuk Menemani Anda Menjelajah di Permukaan dan di Bawah air

Menggabungkan semua fitur populer dari Descent G1 Solar sebelumnya, Ocean Edition yang baru cocok untuk penyelam yang peduli dengan lingkungan laut karena bahan ramah lingkungan. Penyelam dapat memiliki komputer selam dan jam tangan pintar sekaligus, dengan fitur-fitur yang dibuat untuk kehidupan di darat atau di bawah air.

  • Dapatkan beberapa mode penyelaman untuk penyelaman single dan multiple gas (termasuk nitrox dan trimix), gauge, apnea, apnea hunter, dan closed-circuit rebreather.
  • Lacak titik masuk dan keluar penyelaman di permukaan dengan teknologi pemosisian multi-frekuensi, Multi-band GNSS.
  • Simpan dan tinjau data hingga 200 penyelaman dan bagikan melalui aplikasi Garmin Dive.
  • Sesuaikan layar untuk memberikan data tambahan pada setiap mode penyelaman.
  • Navigasi dengan mudah di bawah permukaan air menggunakan kompas selam 3 sumbu.
  • Melihat kondisi pasang surut terdekat langsung dari jam.
  • Tetap bugar untuk penyelaman berikutnya dengan lebih dari 30 aplikasi olahraga bawaan, recovery time advisor, training status, saran olahraga harian, dan pelacakan pernapasan sepanjang hari.
  • Fokus pada pikiran dan tubuh dengan skor tidur dan pemantauan tidur tingkat lanjut, detak jantung berbasis pergelangan tangan, pemantauan energi melalui Body Battery, dan pelacakan hidrasi.
  • Tetap terhubung dengan smart notification, serta deteksi insiden kecelakaan.

Descent Mk3 series dan Descent T2 Melengkapi Ekosistem Selam Garmin

Garmin juga mengumumkan kehadiran Descent Mk3 Series dan Descent T2 Transceiver dengan teknologi sonar SubWave yang telah ditingkatkan. Pembaruan ini akan menambahkan fitur pesan penyelam-ke-penyelam dan Diver Assistance ke tangki pemantauan tekanan. Dibuat khusus dengan pendekatan desain yang mengutamakan penyelaman, seri Descent Mk3 Series hadir dalam dua ukuran – 43mm dan 51mm – dengan opsi integrasi udara dan menampilkan layar sentuh AMOLED yang dinamis, casing khusus untuk menyelam hingga kedalaman 200 meter dengan logam anti bocor pada bagian tombol, dan masa pakai baterai hingga 48 jam dalam mode menyelam.

Descent Mk3i 51mm juga dilengkapi dengan LED flashlight internal untuk visibilitas lebih baik dalam kondisi cahaya redup—bahkan di bawah air. Dengan berbagai tools seperti beberapa mode penyelaman, dan skor kesiapan menyelam, ditambah rangkaian fitur kesehatan, dan kebugaran, Descent Mk3i membantu penyelam memaksimalkan petualangan mereka di atas dan di bawah permukaan.

Harga dan Ketersediaan

Descent G1 Solar – Ocean Edition sudah bisa dipesan dengan harga Rp 10.799.000 sementara Descent Mk3 Series tersedia dengan harga mulai dari Rp 19.999.000 dan Descent T2 Transceiver seharga Rp 8.399.000 bisa dipesan di Garmin Brand Store Pondok Indah Mall (PIM) Jakarta dan Garmin Brand Store Teuku Umar Bali. Selama masa pre order 15 November – 20 Desember 2023, konsumen yang memesan Descent G1 Solar – Ocean Edition dan Descent Mk3 Series akan mendapatkan Dry Bag Special Edition Garmin dan berkesempatan memenangkan undian Freediving Certification Level 1. Pemenang akan diumumkan oleh Garmin pada Januari 2024.

Memudahkan instruktur selam dan penyelam profesional dalam mengeksplor dunia bawah laut dengan ekosistem selam Garmin, brand ini juga menawarkan program bundle Descent Mk3 Series dengan Descent T2 Transceiver mulai dari Rp 30.558.100 dengan bonus Dry Bag Special Edition Garmin dan Gull Mask untuk 50 pembeli pertama di Garmin Brand Store PIM Jakarta dan Teuku Umar Bali.

ModelHargaBonus
Descent G1 Solar, Dive Computer, AzureRp 10.799.000Dry Bag Special Edition & Undian Freediving Certification Level 1
Descent Mk3i, 51mm, Carbon Gray DLC Titanium with Black Silicone BandRp 26.999.000Dry Bag Special Edition & Undian Freediving Certification Level 1
Descent Mk3i, 43mm, Carbon Gray DLC Titanium with Black Silicone BandRp 22.999.000Dry Bag Special Edition & Undian Freediving Certification Level 1
Descent Mk3i, 43mm, Bronze PVD Titanium with French Gray Silicone BandRp 22.999.000Dry Bag Special Edition & Undian Freediving Certification Level 1
Descent Mk3, 43mm, Stainless Steel with Fog Gray Silicone BandRp 19.999.000Dry Bag Special Edition & Undian Freediving Certification Level 1
Descent T2 TransceiverRp 8.399.000
Descent Mk3i, 51mm, Carbon Gray DLC Titanium with Black Silicone Band (Bundle with Descent T2)Rp 34.558.100Dry Bag Special Edition Garmin dan Gull Mask untuk 50 pembeli pertama, serta Undian Freediving Certification Level 1
Descent Mk3i, 43mm Carbon Gray DLC Titanium with Black Silicone Band (Bundle with Descent T2)Rp 30.558.100Dry Bag Special Edition Garmin dan Gull Mask untuk 50 pembeli pertama, serta Undian Freediving Certification Level 1
Descent Mk3i, 43mm, Bronze PVD Titanium with French Gray Silicone Band (Bundle with Descent T2)Rp 30.558.100Dry Bag Special Edition Garmin dan Gull Mask untuk 50 pembeli pertama, serta Undian Freediving Certification Level 1

J&T Express Umumkan 10 UKM Disabilitas Penerima Bantuan Usaha

tabloidpulsa.id – J&T Express mengumumkan sepuluh pemenang UKM disabilitas beserta peringkat dalam program pemberdayaan Deliver Possibilities. Inisiatif Deliver Possibilities dijalankan bersama dengan komunitas pemberdayaan penyandang disabilitas, Menembus Batas dan didukung oleh Kemenkop UKM. Program ini berhasil menemukan ragam usaha kreatif yang meliputi fashion, kriya, F&B, dan lainnya. Para pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa dukungan pendanaan usaha bagi bisnis mereka.

“Kami mengapresiasi setiap UKM disabilitas yang telah mengikuti program Deliver Possibilities. Kami percaya, setiap UKM memiliki keunggulannya masing-masing sehingga mereka berhasil menjalani proses seleksi hingga di titik akhir ini. Hasil program ini juga menjadi bukti bahwa UKM disabilitas Indonesia berdaya.” ujar Herline Septia selaku Brand Manager J&T Express.

Secara keseluruhan, pelaksanaan Deliver Possibilities berlangsung selama satu bulan. Dalam kurun waktu tersebut, kegiatan yang dilakukan mencakup pelatihan sebanyak enam kali yang dilakukan secara daring dan hybrid, pembuatan business plan oleh UKM yang lolos menjadi dua puluh (20) besar, dan penjurian yang dilakukan oleh para ahli seperti Mario Gultom – Founder of Sunyi Coffee, Yessie Natasia Mareti – Founder of Fashionistas, Yorri, Fuzz, Prima Raharjo – Fungsional Ahli Madya dari Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis, Kemenkop UKM dan Denny Lim – General Manager J&T Express.

“Keterbatasan fisik bukanlah hambatan untuk menggapai impian. Keberanian bukan ditentukan oleh fisik tapi tekad dalam hati yang kuat. Saya berharap, teman-teman dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang dengan kekuatan tekad tersebut. Melalui program-program seperti Deliver Possibilities ini lah, saya yakin kita dapat mendukung UKM disabilitas menjadi lebih baik.” ujar Prima Raharjo, Fungsional Ahli Madya dari Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis, Kemenkop UKM.

Penentuan pemenang dinilai dari beberapa indikator. Indikator tersebut meliputi aspek pelatihan dan aspek penulisan proposal. Selain originalitas ide usaha yang dimiliki, para UKM yang lolos ke pembuatan proposal ditantang untuk dapat memaparkan business plan mereka dengan mempertimbangkan kriteria kelayakan, analisa, dan financial projection.

Kesepuluh pemenang membawa pulang bantuan wirausaha dengan total Rp150.000.000 yang akan dibagi berdasarkan klasifikasi tiga peringkat pemenang. Bagi UKM dengan peringkat pertama hingga ketiga, mendapatkan besaran hadiah senilai Rp20.000.000, untuk peringkat keempat dan kelima mendapatkan Rp15.000.000, dan selebihnya mendapat Rp12.000.000. 

“Mewakili peserta yang lain, saya mengucapkan terima kasih untuk J&T Express sebagai perusahaan nasional dan multinasional yang masih memperdulikan teman-teman disabilitas. Kami sebagai penyandang disabilitas hadir bukan hanya untuk dikasihani, namun kami juga layak untuk mendapatkan kasih sayang dan dukungan.” ujar Sandy selaku pemilik Aroma Jiwa Perfumery.

Adapun daftar pemenang program Deliver Possibilities persembahan J&T Express dan Menembus Batas berdasarkan peringkat, meliputi:

  1. Athaya P Nirwasita (Athaya Art)
  2. Sandy (Aroma Jiwa Perfumery)
  3. Muhammad Ikhwan Tariqo (Dekardekor)
  4. Dewi Winarti Roro Shanti (Dewijaya Care)
  5. Sugeng Paijo (Jajanan Mamake)
  6. Riefky Dwi Julianto (Bu Anas Snack)
  7. Rismawan Yulianto (Kube Difaku)
  8. Nurul Endah Rosyita (R3n Coffee & Tea)
  9. Tasya Nurfitria (K Empire)
  10. Anik Puji Lestari (Khaulamp

Editor's Pick