Home NEWS Tanpa NPU Terpisah, Hasil Portrait Reno8 5G Masih Istimewa

Tanpa NPU Terpisah, Hasil Portrait Reno8 5G Masih Istimewa

review oppo reno8 5g portrait

tabloidpulsa.id – Saat ini kita sudah memaklumi bahwasannya produk OPPO Reno8 Series dengan spesifikasi terbaik memang ada di varian Reno8 Pro 5G yang harganya baru akan muncul di bulan September depan. Tapi, apakah varian di bawahnya kalah telak? Kami secara iseng, sambil mempersiapkan review, mencoba membuktikannya dengan mengambil foto portrait menggunakan Reno8 5G di kondisi gelap dan hasilnya tidak mengecewakan. Meski ada beberapa catatan.

Keistimewaan yang langsung kita rasakan ketika mencoba produk Reno8 dengan MariSilicon X, yakni OPPO Reno8 Pro 5G adalah selain hasil foto yang menawan, juga proses pemotretan yang terbilang instant, tanpa jeda dan bisa dilakukan secepat yang kita mau. Meskipun kondisi pencahayaan saat itu sedang tidak optimal.

Sayangnya NPU MariSilicon X tidak disematkan pada semua perangkat Reno8 Series. Lalu apa pengaruhnya, kami langsung mencari jawaban melalui beberapa kali eksperimen menggunakan produk yang ada di satu level di bawahnya yakni OPPO Reno8 5G. Produk ini sudah diumumkan harganya untuk bisa dipesan dan muali dijual tanggal 26 Agustus mendatang.

Secara spesifikasi kamera, saya bisa sebut bahwa keduanya sama. Antara Reno8 Pro 5G dan Reno8 5G. Perbedaan paling signifikan hanya pada SoC dan NPU tambahan- MariSilicon X. Jadi kami berpikir bahwa yang bakal terasa adalah di sisi performa, tapi tidak banyak berbeda di sisi kualitas kamera.

Awalnya kami berpikir demikian. Jadi, kami mencoba melakukan pemotretan di kondisi yang menantang menggunakan OPPO Reno8 5G. Beberapa kali hingga kami mendapatkan beberapa kesimpulan menarik.

Sebelum membahas lebih banyak, silakan cek hasil foto berikut.

Menurut Kami

Foto yang dihasilkan OPPO Reno8 5G ternyata juga mampu meredam noise di titik-titik yang gelap. Terutama di bagian tepi foto yang memang mulai kehilangan fokus. Warna yang dihasilkan merupakan perpaduan dari peredaman HDR dan juga peningkatan AI color sehingga tampil artistik layaknya diambil menggunakan lensa DSLR.

Tapi, dalam pemotretan di kondisi yang minim cahaya, ketika kami sandingkan dengan OPPO Reno8 Pro, ada beberapa jeda di mana sistem membutuhkan waktu dalam melakukan pemrosesan gambar. Terlihat seperti ikon loading di bagian atas viewfinder.

Hal ini bisa dijawab menggunakan logika bahwasannya ketika kita menggunakan hanya Image Processor yang ada di SoC, maka terjadi pembatasan (karena berbagi dengan fungsi lain) saat menggunakan memori (RAM). Berbeda ketika di situ ada MariSilicon X NPU yang bakal mem-by-pass pembatasan ini sehingga pemprosesan gambar bisa berjalan lebih cepat dengan memori yang didedikasikan khusus untuk proses tersebut.

Menariknya hal ini pula yang kami rasakan ketika membandingkan ponsel ini dengan OPPO Reno7 5G saat memotret di pencahayaan yang kurang optimal. Hmmm, penasaran seperti apa, cek tulisan kami berikutnya ya.

Previous articleLaptop Gaming Lenovo Terbaru Gunakan Prosesor AMD Ryzen 7 6800H
Next articleInfinix Gaming Master Siap Digelar dengan Hadiah Rp 115 Juta
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here