Home NEWS Seru Bermain Game di OPPO Reno5 5G

Seru Bermain Game di OPPO Reno5 5G

seru bermain game di oppo reno5 5g

tabloidpulsa.id – OPPO tidak pernah menggunakan jargon “ponsel gaming” kepada produk-produk yang diluncurkannya, namun semua pengguna tahu bahwa di dalam ponsel OPPO ada fitur mutakhir yang bikin seru bermain game. Terutama untuk produk-produk OPPO yang telah ditemani dengan ColorOS terkini. 

Tak terkecuali OPPO Reno5 5G. Ponsel yang dirilis awal Februari ini juga memiliki chipset yang lebih advanced dibanding OPPO Reno5 varian 4G yang tentunya memberikan efek signifikan terhadap kinerja gaming.

DUA FAKTOR PENTING

Bicara seru dan nyamannya bermain game, maka kita akan bicara banyak hal. Tidak hanya mengandalkan spek hardware saja, semisal SoC yang dibawa, terkait CPU, GPU dan memori, atau merambat ke desain dan daya tahan baterai. Faktor Software juga menjadi hal penting.

ColorOS 11 berbasis Android 11 yang dibawa oleh Reno5 5G memiliki fitur menarik yang disebut Game Space. Dan jika kita bicara game space maka kita akan masuk ke pembahasan yang lebih kompleks terkait dengan efektivitas penggunaan daya, network dan tentu saja kinerja CPU secara keseluruhan.

Menariknya, pengguna OPPO Reno5 5G tidak perlu memikirkan lebih dalam ke arah sana. Karena dengan satu langkah mudah, kenyamanan bermain game ini dapat dirasakan secara otomatis setiap kita menjalankan game favorit.

CPU DAN GPU YANG MUMPUNI

OPPO Reno5 5G disokong oleh SoC terbaru Qualcomm untuk pasar ponsel kelas menengah ke atas. Yakni snapdragon 765G 5G dengan fabrikasi 7nm. Artinya, CPU yang dibawa adalah CPU berinti 8 yang terdiri dari 1 buah inti prosesor 2.4 GHz Kryo 475 Prime, 1 buah inti prosesor 2.2 GHz Kryo 475 Gold dan sisanya, yaitu 6 inti prosesor 1.8 GHz Kryo 475 Silver.

Fabrikasi 7nm yang diusung memungkinkan qualcomm untuk meletakkan fitur-fitur tambahan yang sebelumnya tidak ada pada SoC generasi sebelumnya. Dengan demikian Reno5 5G memiliki potensi untuk memiliki fitur yang lebih kaya ketimbang ponsel-ponsel lain dengan chipset generasi yang lebih lawas.

Berikutnya SoC Snapdragon 765G 5G juga membawa GPU Adreno 620 serta RAM 8GB dan memori internal 128 GB. Ini merupakan paduan CPU dan GPU yang mumpuni untuk bermain game dengan hambatan yang minimal.

Oh iya, jangan lupakan juga layarnya yang mendukung framerate 90Hz dan touch sampling rate 180Hz. Meskipun saat ini kebanyakan game-game yang rilis masih sebatas tertampil di 60Hz, kami bisa pastikan ada perubahan yang signifikan di sisi tampilan dan responsivitas di layar OPPO reno5 5G ini.

GAME SPACE YANG MENJAGA DI SISI SOFTWARE

Kebayang gimana terganggunya, saat sedang asyik main PUBG Mobile dan tinggal 3 orang menuju Chiken Dinner, tiba-tiba ada telpon masuk dari telemarketing. Ga Acik kan gan? Atau Anda ingin mengatur agar CPU dan memori bisa didorong optimal untuk main game saja, tidak lagi berbagi dengan Facebook yang suka ngabisin RAM?

Kira-kira Game Space yang ada di OPPO ColorOS diciptakan untuk menanggulangi dua permasalahan di atas. Tidak hanya gangguan-gangguan yang berasa dari eksternal semisal SMS, telepon, wa dan sebagainya, juga gangguan yang berasal dari dalam sistem semisal pengguna RAM berlebih di aplikasi-aplikasi tak terduga yang berjalan di bawah sistem.

Pastikan semua game yang terinstal di ponsel, Anda daftarkan ke Game Space. Dengan demikian, setiap kali kita mengaktifkan game, maka fitur Game Space akan otomatis berjalan.

Sebelum kita bermain game, Game Space akan memperlihatkan status performa CPU dan GPU secara realtime, juga kekuatan sinyal dan persentase baterai tersisa. Dengan informasi ini kita dapat mengukur, bahkan memproyeksikan pengalaman bermain game kita nanti dalam tiga pilihan kondisi.

Kondisi pertama, atau mode pertama adalah Low Power Mode, merupakan solusi saat kita ingin banget bermain gamem tapi tidak mau kehabisan baterai dengan cepat. Semisal saat berada di tengah perjalanan, di mana melakukan charging akan terasa sulit.

Imbasnya, performa CPU dan GPU akan dikurangi demi penggunaan daya yang tidak terlalu besar.

Mode kedua adalah balanced mode. Ini adalah mode default yang akan menyeimbangkan antara penggunaan daya dengan performa CPU dan GPU.

Lalu terakhir, yang mungkin Anda butuhkan adalah Competition Mode. Mode ini akan meningkatkan performa GPU dan CPU, tetapi akan mengorbankan daya tahan baterai.

Selain itu, kita pun bisa mengatur gameplay enhancement dengan mengunci kecerahan layar. Agar tidak terjadi kedipan atau perubahan kecerahan saat bermain game, lalu ada network optimization, melalui sebuah Network acceleration. Dengan mode ini jaringan kita akan dijagain dalam dua koneksi berbeda yang saling mendukung.

OPPO juga menawarkan tunnel kanal jaringan 4G eksklusif ataupun VIP dengan bergabung ke dalam paket berlangganan. Akan kami tulis di tulisan terpisah, sekedar untuk mencoba apakah metode berlangganan ini berpengaruh untuk semua pengguna, termasuk pengguna di Indonesia.

Dan terakhir ada pilihan general, untuk menghalangi semua notifikasi yang muncul di ponsel, dan menghalangi telepon masuk, selama kita bermain game.

Pada akhirnya, kesenangan kita semua akan tergantung dari pengembangan game dan update konten berkala yang membuat game tersebut tetap seru dan tidak membosankan. Di mana ponsel Reno5 5G ini akan siap menjaga pengalaman kita dalam memainkannya.

Secara umum, saat kami memainkan game PUBG Mobile, FreeFire, COD Mobile dan Genshin Impact, ponsel ini berjalan sangat lancar, di mana masing-masing game kami set di very high, kecuali genshin impact yang kami biarkan menggunakan setingan default berdasarkan rekomendasi ponsel.

Dan yang paling penting, kami merasakan pengalaman seru bermain game tanpa gangguan notifikasi dan telepon selama melakukan tes ini. Hal yang baik jika Anda memang membutuhkan waktu khusus untuk bermain game kompetitif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here