Home NEWS Sejak Kapan OPPO Serius Garap Fotografi Portrait?

Sejak Kapan OPPO Serius Garap Fotografi Portrait?

Sensor Kamera portriat OPPO Reno7

tabloidpulsa.id – Sembilan tahun OPPO di Indonesia, ponsel-ponsel OPPO telah mengalami evolusi yang cukup mencolok. Bukan sebatas perubahan pada desain, sejumlah evolusi pun terlihat di sisi fitur kamera. Mengubah identitas ponsel selfie sebagai jalur awal yang ditempuh OPPO, hingga serius garap fotografi portrait seperti saat ini.  Menjawab kebutuhan pasar, sekaligus menjadi trend setter dengan sejumlah teknologi yang dimiliki.

Dalam sebuah kesempatan workshop beberapa saat lalu, PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto memperlihatkan bahwa perjalanan kamera ponsel OPPO ke arah portrait photography ini lebih jelas dimulai sejak eranya seri Reno. Seri yang sering kami sebut sebagai kanvas putihnya teknologi fotografi OPPO ini memang sering menjadi tempat untuk mencoba teknologi baru di kamera ponsel OPPO.

Masih segar di ingatan kita akan hadirnya OPPO Reno 10x Zoom yang menjadi ponsel OPPO pertama dengan teknologi lensa periskop. Menghadirkan kemampuan perbesaran optikal dengan cara meletakkan sejumlah lensa dalam susunan berbaris ke samping, bukan menumpuk, dan dengan bantuan cermin periskop memungkinkan sensor untuk menangkap gambar dari luar.

OPPO Reno 10x Zoom Barcelona Limited Edition

Bersama dengan Reno2 dan Reno3, ketiga seri ini dianggap masih serius menggarap dan memperbaiki fitur-fitur di kamera utama. Aryo menyebutnya sebagai main camera era. Sejumlah fitur yang diperkenalkan di era ini, antara lain hadirnya fitur Ultra steady video, Audio Zoom dan video bokeh di Reno2, ditambah fitur 44MP Ultra Night selfie dan ultra dark mode di Reno3.

Era berikutnya, baru terlihat bahwa OPPO mulai beranjak memperkenalkan fotografi ptret atau portrait melalui kemampuan AI yang dibawa.

ERA PORTRAIT

Era ini diawali dengan hadirnya dua fitur AI Portrait yakni AI Color Portrait dan Night Flare portrait di OPPO Reno4. Sekedar mengingatkan, fitur-fitur ini hadir karena kemampuan AI mengisolasi obyek foto dari background sudah semakin oke. Memungkinkan sistem untuk kemudian memunculkan warna obyek foto dan menjadikan background hitam putih, atau melakukan modifikasi pada background dengan cara memendarkan cahaya yang ada di sana.

OPPO Jual 1 Juta Smartphone
OPPO Reno4

Selanjutnya di OPPO Reno5 fitur serupa dihadirkan bersama dengan fitur kunci lainnya. Adalah AI mixed Portrait yang kemudian menemani AI Highlight video dan dual view video. Menjadikan hasil foto portrait OPPO Reno5 terlihat lebih artistik.

Kemudian fitur AI Portriat anyar terus diintroduksi oleh seri Reno berikutnya. OPPO Reno6 mulai memperkenalkan bokeh flare portrait. Memungkinkan cahaya pada background terlihat membulat dan berpendar secara lebih artistik. Berlaku untuk pemotretan di siang hari, ataupun malam hari. Di Reno6 juga kemampuan AI dalam mengisolasi foreground vs background diuji lebih keras lagi, dan dianggap sudah mampu melakukannya untuk kebutuhan video, terlihat dengan munculnya fitur portrait beautification video.

Bedanya OPPO Reno6 dengan Reno5
Reno6 – Reno5

Hadirnya fitur portrait di videografi Reno6 menjadi cikal bakal arah pengembangan fitur portrait untuk video di produk-produk selanjutnya. Termasuk di Reno7. Dengan membawa fitur kunci yang hampir seluruhnya terkait dengan portrait fot dan video, semisal ultra sensing selfie, selfie HDR, dan portrait retouching.

Besar kemungkinan fitur portrait tetap akan menjadi highlight pada produk Reno selanjutnya. Mengingat kemampuan prosesing kamera yang jauh lebih baik di Reno8, kita bisa berharap bahwa pemisahan foreground dan background yang lebih baik dan alami akan memunculkan fitur portrait baru yang lebih menantang dan seru untuk kita bahas lebih lanjut di tabloidpulsa.id selanjutnya.

Previous articleAcer Kembali Gelar Predator League 2022 Total Hadiah Rp 6 Miliar
Next article3 Tips OOTD Kekinian Sesuai Warna Smartphone
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here