Home REVIEW Review OPPO A76 | Tak Sekedar Tawarkan SuperVOOC

Review OPPO A76 | Tak Sekedar Tawarkan SuperVOOC

oppo a76

tabloidpulsa.id – OPPO pertama di tahun 2022 adalah OPPO A Series yang membawa sejumlah fitur premium. Ponsel dengan nama A76 ini merupakan ponsel pertama OPPO yang dipersenjatai chipset anyar dari Qualcomm, Snapdragon 680 dengan segala keunikannya, didukung baterai berkapasitas besar dan pengisian daya SuperVOOC 33W.

Banyak hal yang bisa dibahas di OPPO A76. Dari hal sekecil desain back cover hingga spesifikasi chipset yang berpengaruh pada daya tahan baterai dan juga sejumlah hal baru yang pertama kali hadir di ponsel OPPO kelas A Series.

Harga: Rp 3.399.000
Pilihan Warna: Glowing Blue, Glowing Black
Paket Penjualan: Perangkat OPPO A76, Kabel data USB Type-C High Capacity, Adapter SuperVOOC 33W, Casing silicon, Pin Ejector, Manual, Kartu garansi

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)164.4 x 75.7 x 8.4mm/ 189 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)ColorOS 11.1 berbasis Android 11
Supported storage eksternalYes, MicroSD card
Layar inci – Tipe Screen6.56 inci, ~89.9% screen-to-body ratio, 1612 x 720 pixels, IPS LCD, 90Hz, Max brightness 600nit
Prosesor/ CPUQualcomm Snapdragon 680 (6nm); Octa-core (4×2.4 GHz Kryo 265 Gold + 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver), GPU: Adreno 610
RAM & Internal Storage6 GB RAM/ 128 GB ROM
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Dual: 13 MP f/2.2 Main Camera 2 MP f/2.4 depth Video: 1080p@30fps   Depan Single: 8 MP f/2.0 Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh Li-po (non-removable), SuperVOOC 33W

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyTidak4K video recordingTidak
NFCTidakVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

PLUSMINUS

KelebihanKekurangan
* Pertama kali A series yang membawa SuperVOOC 33W
* Chipset 6nm dengan efisiensi yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya
* Triple ISP untuk hasil kamera yang lebih baik tertanam di chipset Snapdragon 680
* Baterai berkapasitas besar 5000 mAh
*RAM dan ROM Expansion
* Layar 90Hz, makin betah nonton feed Media sosial
* Desain tipis dan anti gores, meskipun tetap terlihat glowing
* Resolusi yang ditampilkan layar masih sebatas HD+
* Software kamera bisa lebih ditingkatkan agar tidak terlalu jauh dari series yang lain

Kembali Usung OPPO Glow
Setelah sukses di OPPO A95, desain back cover anti kotor gara-gara sidik jari yang juga tahan goresan dan meredam panas dari dalam chamber ini kembali diterapkan di OPPO A76. Desain back cover yang memiliki nama OPPO Glow ini memang terlihat menggoda dengan tetap memperlihatkan kilauan dan gradasi warna, namun tidak licin dan tidak mudah menjebak bekas sidik jari, seberkeringat apapun tangan kita.

Ada sedikit tekstur yang bisa dirasakan, meskipun tidak sampai membuat permukaannya jadi sekasar amplas. Dan terbukti tidak mudah tergores, bahkan ketika diletakkan dalam saku bersama kunci motor dan koin.

Dalam kondisi ini justru pelindung layarnya duluan yang akan terlihat banyak goresan nih. Tapi ini kan solusinya gampang, tinggal ganti anti gores. Kalau beruntung dengan prorgam tertentu kita bisa mendapatkan pergantian anti gores ini secara gratis di Service Center OPPO terdekat.

Ada dua pilihan warna yang disediakan oleh OPPO. Antara lain Glowing Blue seperti yang tengah kita review dan Glowing Black. Keduanya sama-sama memberikan efek mirip glitter yang lapisi cat dengan tekstur sangat mikro sehingga terlihat berpendar dan menghasilkan warna yang ciamik saat dijatuhi cahaya dari berbagai sudut berbeda.

Ponselnya sendiri dibuat dalam bentuk candy bar card type yang memanjang, layaknya ponsel android kebanyakan, namun dengan sentuhan yang kalau kita pegang tuh terasa OPPO Sekali. Tipis, dengan bagian tepi membulat, melandai ke arah layar sehingga mudah digunakan dengan satu tangan dan nyaman untuk berlama-lama.

Sensor pengenal sidik jari diletakkan bersama tombol power di samping kanan, sehingga memungkinkan ponsel ini bisa dibuat setipis mungkin meskipun membawa baterai dengan kapasitas besar.

Masih ada colokan audio 3.5 mm di ponsel ini, bersama port USB Type-C dan speaker di sisi paling bawah. Sementara itu, desain kamera belakang terlihat unik seperti kompor listrik dengan induksi, dengan memberikan ruang untuk dua lensa dalam lingkaran yang sama besar di atas permukaan berwarna hitam. Sedangkan kamera depan dibuat dalam desain punch hole, meminjam sedikit area dari layar sehingga tidak terlalu berpengaruh pada luas area pandang.

Ponsel ini membawa 2 sertifikasi berbeda. Yakni sertifikasi anti debu IP5X dan sertifikasi anti cipratan air dari segala arah IPX4.

Layar 90Hz Makin Betah Pantengin Sosmed
OPPO A76 membawa layar dengan bentangan 6,56 inci dengan resolusi HD+ atau sekitar 1612 x 720 pixel. Bukan resolusi terbesar, namun sudah cukup mumpuni untuk menampilkan gambar yang masih terlihat padat dalam ukuran layar demikian.

Yang menarik layar A76 telah mendukung refresh rate 90Hz. Cukup advance dibanding standar layar ponsel yang 60Hz. Tapi kebanyakan refresh rate ini banyak dioptimalkan dalam peggunaan melihat feed sosial media. Saat tulisan ini dibuat sih begitu. Dan secara default, aplikasi-aplikasi yang mendukung akan otomatis menyesuaikan refresh rate maksimum layar, kecuali ketika Anda set menjadi standar 60Hz, semisal untuk mengurangi penggunaan daya berlebih.

Masih Setia dengan ColorOS 11.1
Dilihat dari spesifikasi hardware, sebenarnya tidak ada alasan mengapa OPPO A76 masih menggunakan ColorOS 11.1. Tapi, wajar bila jalan ini ditempuh mengingat Android 11 yang menjadi basis pengembangan ColorOS 11.1, masih merupakan OS Android dengan pengguna terbanyak sampai saat ini.

ColorOS 11.1 sudah mampu mengolah power dengan baik, melakukan efisiensi dan kontrol terhadap penggunaan daya. Juga menyediakan manajemen penghemat daya ketika kapasitas baterai mencapai angka tertentu, sehingga ponsel tetap digunakan lebih lama dari seharusnya.

Salah satu yang menarik tentu saja ada pada RAM expansion. Dimana pengguna bisa menambahkan besaran RAM dengan cara meminjam dari ROM untuk sementara ketika dibutuhkan.

Untuk pasar Indonesia, juga ada fitur ROM expansion. Sebuah fitur yang memungkinkan MicroSD card kita untuk menyimpan data-data aplikasi dan sistem, seakan-akan merupakan penambahan memori internal.

Snapdragon 680 dengan Fabrikasi 6nm
OPPO A76 membawa chipset 4G anyar dari Qualcomm, yakni Snapdragon 680. Membawa prosesor 8 inti dengan konfigurasi 2 cluster big.LITTLE yang masing-masing terdiri dari 4 core, dengan clock speed maksimum di 2.4 GHz.

Dilihat dari konfigurasi CPU dan GPU sih memang tidak terlihat terlalu istimewa karena kombinasi penggunaan Cortex A73, A55 dan Adreno 610. Tapi yang menjadi menarik adalah fabrikasinya yang sudah up to date yakni 6nm.

Fabrikasi seperti ini menjadikan prosesor sangat efisien dalam konsumsi daya, menjadikan baterai lebih awet, dimulai dari intinya. Karena transistor dibuat jauh lebih kecil di ukuran 6nm, maka ini juga memungkinkan pabrikan chipset untuk menambahkan fitur baru ke dalam sistem chip. Dan salah satu fitur yang masuk di SD 680 ini adalah triple ISP Spectra 346, lengkap dengan AI Enhanced Low-Light Capture.

Triple ISP akan berimbas pada kemampuan chipset dalam memproses hasil jepret kamera ponsel, hingga lebih baik lagi. Proses menggabungkan data-data gambar dan warna menjadi sebuah hasil foto yang mumpuni akan berlangsung lebih cepat, dan kalaupun ada proses peningkatan gambar melalui fungsi AI, maka chipset mampu melakukannya dengan lebih akurat.

Untuk bermain game pun sebenarnya tidak ada masalah. Ponsel bisa diajak memainkan game populer semisal Mobile Legend dan FreeFire dengan lancar. Bahkan dengan RAM 6GB plus fitur RAM expansion, maka performa multitasking pun berjalan mulus. Hanya saja sesuaikan setingan pada game untuk tidak terlalu rata kanan, agar frame rate yang lancar dan stabil bisa didapat.

Artinya, meskipun secara umum penggunaan chipset ini ditujukan untuk efisiensi daya yang tingggi, namun kita masih bisa memanfaatkan untuk fungsi-fungsi lain, termasuk ngegame.

Baterai 5000mAH + SuperVOOC 33W
Desain tahan gores, chipset dengan konsumsi daya yang efisien, ditambah baterai berkapasitas besar 5000 mAh dan pengisian daya cepat khas OPPO di 33W, merupakan kombinasi yang tepat untuk mereka yang aktif di outdoor namun tetap tidak mau ketinggalan berita dan tren terkini.

OPPO A76 merupakan pintu gerbang pertama bagi teknologi SuperVOOC untuk bisa hadir di perangkat OPPO untuk segmen yang lebih bawah dari sebelumnya. Meskipun mengalami modifikasi, namun kenyataan bahwa SuperVOOC kini hadir di produk A series dan juga untuk kapasitas baterai yag lebih besar, merupakan satu hal yang menjanjikan.

Menggunakan teknologi dalam sebuah ekosistem yang menjamin keamanan pengisian daya cepat, OPPO A76 memiliki 2 cell baterai yang bakal diisi secara bersamaan sehingga memangkas waktu yang dibutuhkan.

Selama Anda menggunakan adapter charger dan kabel data bawaan, fitur ini bisa dimaksimalkan dan terjamin keamanannya.

Dua Kamera Utama 13MP + 2MP
Saat diperkenalkan membawa kamera dengan spesifikasi seperti ini, pihak OPPO mendapat beberapa pertanyaan terkait apakah resolusi kamera sebesar ini sudah cukup mumpuni? Kami memilih untuk langsung mencobanya. Saat itu kondisi Jakarta sedang mendung sehingga cahaya tidak optimal.

Maka kami bisa sedikit menceritakan bagaimana kemampuan kamera ponsel ini dengan lebih pede lagi. Terutama ketika kita masuk ke bagian foto malam.

Secara umum, kamera ponsel utama yang terletak di bagain belakang ponsel ini mampu menghasilkan foto dengan saturasi yang cenderung ditahan di bawah. Tidak terlalu ngejreng, namun tetap menampilkan warna aslinya. Terutama saat menggunakan mode foto biasa di kondisi mendung parah.

Ada beberapa noise yang terlihat terutama di area-area samping yang gelap. Namun tidak mengganggu terlebih ketika foto tersebut digunakan untuk keperluan posting di media sosial. Aman.

Masuk ke mode portrait, ketika menemukan obyek foto dan background yang kontras kita bisa mendapatkan blur yang halus pada background dengan pemisahan yang cukup akurat. Tapi di beberapa foto yang backgroundnya sendiri adalah berlubang semisal kursi dari penjalin, maka AI bekerja keras untuk memisahkan background dan foreground. Tips dari kami, hindari background seperti ini untuk pengambilan gambar portrait menggunakan ponsel apapun.

Beralih ke mode Night Photo, kami mendapatkan hasil yang menarik untuk dibahas. Karena warna ditampilkan dengan sedikit sentuhan. Meningkatkan ketajaman warna rupanya, dengan tetap mempertahankan obyek dan langit malam dengan pendaran warna yang dramatis.

Noise masih hadir, tetapi cukup minim dan dengan teknik pemotretan yang tepat, ditambah sedikit editing di nilai shadow, maka foto malam akan terlihat halus dan layak untuk dinaikkan di feeds sosial media kita.

Sementara di bagian depan, ada kamera selfie 8MP. Disandingkan dengan beberapa fitur semisal penghilang noda dan portrait yang ditingkatkan kecerahannya.

Hasil kamera ini bisa dilihat di beberapa contoh berikut ini.

Kesimpulan
OPPO A76 mampu tampil apik di awal 2022 ini dengan menawarkan desain yang menarik, serta sitem pengisian daya cepat SuperVOOC 33W yang baru saja hadir di kelasnya. Tapi sejatinya, OPPO membangun produk ini untuk dapat memenuhi kebutuhan Anda, pengguna ponsel yang sering beraktivitas di luar ruangan. Entah itu untuk sekedar hobi atau memang tuntutan pekerjaan.

Dengan OPPO A76, Anda bisa mendapatkan ponsel dengan baterai yang awet, sebagai hasil dari efisiensi yang dimulai oleh chipset, dibantu dengan ColorOS 11, dan sebuah baterai berkapasitas besar. Saat baterai habis pun, kita hanya akan membutuhkan waktu singkat untuk mengisinya penuh sehingga tidak banyak waktu yang terbuang. Asyik!

Previous articleMulai Tersedia di Pasaran, Inilah Kelebihan realme 9 Pro Series
Next articleDatascrip Jadi Distributor Dell Technologies’ Consumer Products di Indonesia
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here