Home REVIEW Review Redmi Note 12: 2 Jutaan dengan Layar AMOLED dan Kamera 50MP

Review Redmi Note 12: 2 Jutaan dengan Layar AMOLED dan Kamera 50MP

Review Redmi Note 12

tabloidpulsa.id – Mengawali tahun 2023, Xiaomi merilis lini smartphone terbarunya yakni Redmi Note 12 Series di Indonesia pada Maret lalu.

Saat peluncuran perdananya, Xiaomi mengenalkan tiga model Redmi Note 12 Series yakni Redmi Note 12, Redmi Note 12 Pro dan Redmi Note 12 Pro 5G.

Beruntung, tabloidpulsa.id berkesempatan untuk menguji salah satu model dari smartphone anyar Xiaomi ini yaitu Redmi Note 12.

Meski merupakan model paling standar dari varian Redmi Note 12 Series, namun smartphone ini diklaim membawa spesifikasi serta pengalaman penggunaan kelas flagship yang menjadikannya “Jawara Tanpa Batas”.

Lantas, bagaimana dengan performa sejatinya Redmi Note 12 ini? Cek review lengkapnya berikut ini ya!.

Harga: Rp 2.999.000 (8GB/128GB)
Pilihan Warna: Onyx Gray, Mint Green, Ice Blue
Paket Penjualan: Handset Redmi Note 12, Silikon case, Charger adapter, Kabel data USB-C, buku manual, kartu garansi, PIN Ejector

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)165,66×75,96×7,85 mm/ 183,5 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi a/b/g/n/ac
Sistem Operasi (OS)MIUI 14, berbasis Android 13
Supported storage eksternalYes, MicroSD card up to 1TB
Layar inci – Tipe Screen6.67 inches, 107.4 cm2 (~85.3% screen-to-body ratio), 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~395 ppi density), AMOLED, 120Hz, 1200 nits, Gorilla Glass 3
Prosesor/ CPUSnapdragon 685 (6nm); Octa-core (4×2.8 GHz Cortex-A73 & 4×1.9 GHz Cortex-A53), GPU: Adreno 610
RAM & Internal Storage8 GB RAM/ 128 GB ROM 
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Triple:
50 MP, f/1.8, (wide), 1/2.76″, 0.64µm, PDAF + 8 MP, f/2.2, 120˚ (ultrawide), 1/4″, 1.12µm + 2 MP, f/2.4, (macro); LED flash, HDR, panorama
Video: 1080p@30fps

Depan Single:
13 MP, f/2.5, (wide), 1/3.0″; HDR
Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh Li-po (non-removable); Fast charging 33W

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerTidak
5G ReadyTidak4K video recordingTidak
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

PLUSMINUS

KELEBIHANKEKURANGAN
Snapdragon 685 (6nm) terbaik di kelasnyaTidak mendukung jaringan 5G
Layar AMOLED dengan refresh rate 120HzTidak Stereo Speaker
Baterai tahan lama dengan fast charging 33W
Memori luas plus Extended RAM 
Kamera utama 50MP 
NFC, IP53-rating 

Desain Premium

Tampilan luar sepertinya masih menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi konsumen yang ingin membeli smartphone. Wajar jika sebagian besar vendor, termasuk Xiaomi, melakukan riset khusus terkait sektor ini.

Tidak hanya menghadirkan perangkat yang terjangkau, Xiaomi juga menawarkan smartphone penuh gaya yang mampu menonjolkan karakter penggunanya lewat desain trendi. Redmi Note 12 tampil dengan desain yang terkesan kaku. Tiap sudut dibuat tegas, dengan tepian yang ‘tajam’ serta bingkai datar alias flat.

Baca Juga:  Review OPPO Reno5 F: Lebih Serius Buat Nge-Game, Multimedia Tetap Keren

Konstruksi fisiknya sepintas mirip dengan Xiaomi 12 Lite yang tampil kotak, namun tetap meninggalkan kesan elegan.

Layaknya smartphone mid-to-low kebanyakan, Redmi Note 12 memiliki bingkai plastik yang dikombinasikan dengan bodi berbahan polikarbonat. Sisi belakang memiliki tekstur matte, yang dibalut dengan lapisan khusus yang seolah-olah menghadirkan efek kaca. Inilah yang membuat tampilan luar smartphone ini terlihat ‘mewah’ dan tidak murahan.

Poin plusnya, sisi belakang ini tidak mudah meninggalkan noda atau bekas sidik jari, meski dipegang dalam waktu yang lumayan lama.

Panel belakang, tepatnya di sudut kiri bawah terdapat logo ‘Redmi’ yang cukup tegas dan di bagian atas ada modul kamera berbentuk kotak transparan layaknya kaca dengan permukaan menonjol.

Di modul kamera ini tersemat tiga buah lensa dengan satu LED flash yang tersusun dengan struktur cukup unik.

Sisi depan perangkat memiliki layar berukuran luas dengan teknologi AMOLED. Menariknya, Redmi Note 12 sudah bersertifikat IP53 yang berarti tahan terhadap debu dan percikan air.

Bergeser ke bagian tepi bodi. Ada tombol volume di bagian kanan, persis di bagian atas panel sensor sidik jari yang sekaligus berfungsi sebagai tombol power. Sementara sebelah kiri terdapat kompartemen SIM card, yang di dalamnya terdapat dua baki kartu SIM operator dan satu baki untuk kartu memori tambahan berjenis microSD.

Di bagian bawah, Anda akan menjumpai port charger berjenis USB-C, mikrofon dan corong loud speaker. Sedangkan di bagian atas ada audio jack 3,5mm, sensor khusus serta IR blaster.

Selain memiliki desain yang keren, Redmi Note 12 juga punya bodi yang ramping serta ringan. Berdasarkan data teknis, smartphone ini berdimensi 165,66×75,96×7,85 mm dengan bobot sekitar 183,5 gram.

Oiya sebagai informasi, Redmi Note 12 sendiri hadir dengan tiga pilihan warna trendi yakni Onyx Gray, Mint Green, Ice Blue.

Layar AMOLED 120Hz

Sektor ini merupakan salah satu keunggulan utama dari Redmi Note 12. Smartphone ini menampilkan penampang layar berukuran besar dengan jenis AMOLED seluas 6,67 inci. Resolusi layarnya sendiri sudah FHD+ (2400×1080) yang digadang-gadang sanggup menampilkan konten dengan sangat jernih, tajam dan nyata.

Desain panel layarnya standar smartphone mid-end masa kini dengan area lubang kamera depan di bagian atas (punch hole). Tiap sisi layar dihiasi bezel tipis, hanya bagian bawah (dagu) saja yang terlihat memiliki bezel cukup tebal.

Keunggulan dari layar smartphone ini adalah dukungan refresh rate hingga 120Hz, yang tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh para mobile gamers. Sayangnya, di pengaturan display tidak didukung opsi setting refresh rate otomatis. Hanya tersedia pilihan 120Hz atau 60Hz.

Baca Juga:  Review realme GT | Flagship Ngebut Paling Terjangkau dengan Snapdragon 888 5G

Saat ditelusuri lewat pengujian singkat, hampir sebagian besar pengoperasian standar perangkat menampilkan pengaturan 120Hz. Hanya ketika memutar video dari galeri yang menampilkan pengaturan refresh rate di angka 60Hz.

Xiaomi mengklaim bahwa layar Redmi Note 12 mendukung tingkat kecerahan hingga 1200 nits. Hal ini memungkinkan penggunaan perangkat langsung di bawah sinar matahari tanpa menurunkan kualitas tayangan layar.

Satu hal yang menjadi catatan, meski memiliki tingkat touch sampling di angka 240Hz nyatanya saat penggunaan kerap terjadi proses yang terasa lambat.

Untuk yang hobi melakukan personalisasi tampilan layar, Xiaomi menghadirkan pengaturan lengkap mulai dari widget, wallpaper hingga theme. Hal ini juga berkat dukungan antarmuka MIUI 14 berbasiskan Android 13, yang menawarkan User Interface yang pastinya sangat mudah untuk ditelusuri serta digunakan oleh pengguna.

Hampir ketinggalan, layar Redmi Note 12 juga telah didukung sertifikasi Netflix HD, untuk kualitas tayangan film yang pastinya akan memanjakan mata. Terlebih, layar perangkat ini juga sudah dilengkapi SGS Eye Care dan juga mode membaca.

Kamera 50MP Terbaik di Kelasnya

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, smartphone ini memiliki modul kamera yang sedikit menyembul dari bodi. Terdapat pengaturan tiga lensa kamera yang terdiri dari kamera utama 50MP yang ditandem dengan kamera ultra-wide 8MP dan lensa makro 2MP. Untuk yang suka selfie dan video call, tersedia kamera depan 13MP.

Soal kualitas, untuk di kondisi pencahayaan yang melimpah, tidak ada masalah sama sekali. Kamera Redmi Note 12 mampu menghasilkan jempretan penuh warna, cerah dan benar-benar layak untuk dibagikan via media sosial. Detail foto benar-benar tajam dengan minim distorsi. Bahkan, saat gambar diperbesar pun masih menunjukan detail yang apik, tanpa penurunan kualitas.

Untuk mendapatkan detail jepretan yang mumpuni ini, Anda bisa mengatur mode kamera ke pilihan 50MP di settingan antarmuka kamera.

Lensa ultra-wide juga ternyata masih mampu bekerja dengan maksimal. Anda yang hobi foto landscape hingga cityscape sepertinya akan menyukai kamera Redmi Note 12 ini. Lantas bagaimana dengan lensa makronya? Secara umum, hasil bidikan makro smartphone ini masih lumayan bisa dibanggakan. Hanya saja, untuk di kondisi tertentu hasil jepretannya masih dihiasi noise yang cukup mengganggu.

Opsi mode kamera lain yang juga disertakan pada antarmuka kamera Redmi Note 12 diantaranya Pro, Portrait, Night, Panorama, Time-lapse, Slow motion dan documents.

Untuk kualitas kamera selfie sepertinya tidak perlu diragukan, apalagi Xiaomi telah menjejalkan kecerdasan buatan (AI) untuk menghasilkan foto diri yang lebih natural dan alami.

Kemampuan rekam video baik untuk kamera belakang maupun depan sudah mendukung format full HD 1080 @30fps dengan kualitas standar tanpa dikungan OIS. Kualitas rekamannya masih aman untuk membuat video jogged-joget ala TikToker.

Baca Juga:  Ini Strategi Xiaomi di Tahun 2023

Berikut ini hasil jepretan kameranya:

Performa

Sektor ini biasanya yang paling ditunggu-tunggu para Mifans. Seperti yang selalu digembar-gemborkan Xiaomi, meski dibanderol dengan harga yang terjangkau, namun performa produknya selalu ‘jawara’. Begitu pula yang diusung oleh Redmi Note 12 ini.

Berbekal Snapdragon 685 yang merupakan chipset generasi terbaru besutan Qualcomm untuk segmen menengah, Redmi Note 12 mampu berakselerasi dengan cepat. Semua fungsi dan aplikasi bisa dilibas dengan lancar tanpa lag.

Kemampuan multitasking yang mulus di smartphone ini juga tidak lepas dari dukungan RAM 8GB, yang dilengkapi fitur Memory extension hingga kapasitas 5GB. Jika ditotal, Redmi Note 12 yang diuji tabloidpulsa.id ini punya kapasitas RAM 13GB loh. Fitur memory ekstension ini memanfaatkan sebagian kapasitas storage internal yang tidak digunakan.

Sebagai informasi, stogare internal berjenis UFS2.2 yang dimiliki Redmi Note 12 sendiri memiliki kapasitas 128GB, yang masih bisa diekspansi menggunakan kartu memori tambahan berjenis microSD sebagai ruang penyimpanan cadangan dengan kapasitas maksimal hingga 1TB.

Jadi, untuk yang hobi menyimpan file dokumen, foto, video hingga data-data penting lainnya tidak perlu takut kehabisan memori.

Lantas bagaimana dengan performa gamingnya? Ini yang selalu jadi pertanyaan rutin para mobile gamers selain tentunya kualitas layar.

Lewat kolaborasi hardware yang sudah diterangkan sebelumnya, sepertinya tidak perlu ada keraguan lagi bagi para mobile gamers untuk tidak melirik Redmi Note 12. Pasalnya, hampir semua game mobile favorit semacam Free Fire, PUBG Mobile, Mobile Legends, Asphalt 9, AoV bahkan Genshin Impact dan Apex Legends dapat dieksekusi dengan baik dan lacar.

Pengalaman bermain game-game tersebut tidak menunjukan frame drop yang meresahkan. Bahkan, untuk beberapa game pengaturan grafisnya bisa mentok di level optimal. Hanya saja untuk pengaturan di tingkat maksimal ini perangkat akan sedikit mengalami lonjakan panas di bodinya. Tapi masih relatif normal sih.

Bagi yang masih penasaran dengan performa smartphone ini, bisa juga melihat hasil benchmarknya menggunakan beberapa aplikasi seperti yang tertampil di bawah ini:

Oiya satu lagi yagn tidak kalah pentingnya, Redmi Note 12 ternyata sudah dibekali NFC loh. Jadi, untuk para Mifans yang biasa menggunakan kartu e-money untuk transaksi di KRL, MRT, Transjakarta atau bayar TOL bisa loh memanfaatkan teknologi ini untuk mengecek saldo e-money.

Baterai 5000mAh + 33W Fash Charging

Serupa dengan lini smartphone yang baru-baru ini meluncur ke pasaran, Redmi Note 12 pun didukung baterai dengan kapasitas besar yakni 5000mAh.

Untuk penggunaan standar seperti menjelajahi web, menerima panggilan telepon, menonton video, mendengarkan musik, akses media sosial, serta membaca novel, baterai smartphone ini bisa bertahan hingga satu hari penuh.

Selama pengujian, baterai perangkat ini bisa digunakan bermain game online nonstop hingga 8 jam lebih. Anda juga bisa menonton streaming video selama 20 jam lebih, melakukan panggilan telpon selama kurang lebih 30 jam.

Poin plusnya, Redmi Note 12 didukung dengan kemampuan pengisian cepat 33W. Dan di paket penjualannya tersedia adaptor charger 33W, yang dapat mengisi daya dari posisi 0% hingga 10% hanya dalam waktu sekitar 62 menit saja.

Kesimpulan

Untuk Anda yang tengah mencari smartphone baru yang memiliki performa mumpuni dengan harga terjangkau, Redmi Note 12 sepertinya bisa menjadi pilihan yang paling pas.

Berbekal chipset paling baru Qualcomm Snapdragon 685, Kamera 50MP, Layar AMOLED serta baterai 5000mAh dengan fast charging 33W, smartphone ini mampu mendukung semua kebutuhan pengguna sehari-hari.

Poin plusnya lagi, smartphone ini telah dilengkapi pula dengan NFC untuk mengecek saldo maupun isi ulang kartu e-money.

Nah, untuk yang penasaran dan ingin mendapatkan Redmi Note 12, Xiaomi sudah menggelar early bird online sejak 4 April lalu di Mi.com dan Xiaomi Official Store (Shopee serta Akulaku). Sementara untuk offline bisa didapatkan di Xiaomi Store, Xiaomi Shop dan Erafone.

Harganya sendiri, smartphone ini dibanderola Rp 2.499.000 varian 4GB/128GB normalnya Rp 2.599.000, untuk varian 6GB/128GB Rp 2.699.000 normalnya Rp 2.799.000 dan Rp 2.899.000 (8GB/128GB) normalnya Rp 2.999.000.

Penulis: HAIRUDDIN

Previous articleTips Personalisasi Layar Samsung Galaxy A54 5G dan A34 5G
Next articleTelkomsel Gelar Program Rezeki Sakti Ramadan 2023
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here