Home REVIEW Review realme Watch S Pro: Tetap Trendi, Fitur Kian Melimpah

Review realme Watch S Pro: Tetap Trendi, Fitur Kian Melimpah

Review realme Watch S Pro

tabloidpulsa.id – Strategi realme untuk menuju ekosistem AIoT lewat “1+4+N”, sepertinya mulai membuahkan hasil yang cukup gemilang.

Sepanjang kuartal pertama hingga ketiga tahun 2020 saja, realme mencatat pertumbuhan penjualan perangkat AIoT keseluruhan sebesar 1.551,4%. Bahkan, realme sendiri telah menargetkan penjualan perangkat AIoT sebesar 30% di Indonesia.

Untuk memuluskan langkahnya tersebut, realme terlihat cukup gencar membawa lini produk AIoT ke pasaran tanah air. Yang terbaru, realme menghadirkan produk jam tangan pintar generasi terbaru dari seri Watch S yakni realme Watch S Pro.

Embel-embel ‘Pro’ yang ditambahkan ke realme Watch S Pro bukan hanya sebatas penghias nama produk baru untuk membedakannya dengan perangkat sebelumnya. Namun, benar-benar menghadirkan sejumlah peningkatan yang cukup signifikan.

Tak heran jika realme melabeli jam tangan pintar ini dengan jargon “Pro Style, Pro Sport”. Kedua kata ini menunjukan apa saja yang bisa dihadirkan oleh realme Watch S Pro.

Berikut ini pengalaman PULSA menggunakan realme Watch S Pro selama satu minggu lebih.

Desain

Tampilan luar realme Watch S Pro masih mengadopsi konsep sebelumnya, klasik dan sederhana. Desainnya membulat dengan karakter layaknya jam tangan analog. Hal ini terlihat jelas dengan dihadirkannya tachymeter, berupa skala numerik yang tercetak di sekitar tepi dial atau terukir pada bezel.

Skala numerik ini umumnya dipakai untuk menghitung kecepatan rata-rata, yang kerap diukur dengan satuan detik.

Selain itu, smartwatch anyar realme ini juga memiliki dua knop di bagian sisi kanan, dengan struktur yang menyembul. Hanya saja, mekanisme yang diterapkan bukan diputar layaknya knop crown jam analog konvensional melainkan ditekan untuk memunculkan sejumlah fitur unggulannya.

Knop atas untuk kembali ke tampilan default jam dan mengaktifkan atau menonaktifkan tampilan watch face. Sedangkan knop bawah untuk membuka fitur utama yang disediakan realme Watch S Pro.

Sesuai dengan jargon Pro Style, bodi realme Watch S Pro menggunakan material Stainless Steel SUS316L, yang umum digunakan oleh smartwatch dan jam tangan analog. Bahan ini terkenal akan daya tahannya yang cukup tinggi. Sementara bobot jam tangannya sendiri hanya sekitar 63,5 gram.

Permukaan bagian depan dipoles dan disikat di sisi dan dilapis dengan PVD + AF untuk efek visual premium. Memang sih, saat pertama kali melihat jam tangan pintar ini, kami langsung merasakan aura mewah dari tampilan keseluruhannya.

Di bagian bawah dan dalam, realme Watch S Pro menanamkan beberapa buah sensor penting seperti sensor denyut jantung, getaran rotor dan akselerometer 6 sumbu.

Tali jam tangan terbuat dari silikon likuid berkualitas, tahan lama, ringan, dan ramah kulit, cocok untuk penggunaan sehari-hari dan olahraga. Model strap ini masih sama seperti di realme Watch S. Selain itu, realme juga menerapkan konsep quick release untuk tali jamnya. Ukuran standar strap realme Watch S Pro lebar 22mm dengan panjang sekitar 152-223mm.

Menariknya, realme menawarkan dua model strap yakni berbahan silikon (bawaan) dan kulit Vegan, yang hadir dalam berbagai warna. Untuk tali berbahan silikon akan hadir dengan warna Biru, Oranye dan Hijau. Sementara untuk tali berbahan kulit Vegan akan hadir dalam warna Coklat, Biru dan Hijau yang pas menambah kesan Pro Style pada realme Watch S Pro.

Soal kenyamanan saat digunakan, selama satu minggu lebih review realme Watch S Pro, tidak ada masalah. Strap silikon bisa dengan nyaman melingkar di pergelangan tangan. Bodi keseluruhan realme Watch S Pro juga menurut kami pas, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Display

realme Watch S Pro mengadopsi layar sentuh AMOLED seluas 1,39 inci atau sekitar 3,5cm, dengan resolusi tinggi 454×454 piksel (326 PPI). Tampilan layar dari jam tangan pintar Pro Style ini cukup tajam untuk menampilkan detail penunjuk waktu maupun fitur kesehatan lainnya.

Poin plusnya, layar jam tangan pintar realme ini juga didukung sensor cahaya sekitar, yang memungkinkan layar untuk dapat menyesuaikan kecerahan sebanyak lima level, dan kecerahan dapat mencapai 450nits pada level tertinggi, memberikan tampilan yang jelas di bawah sinar matahari. Dan nilai kontrasnya hingga 100,000: 1, memberikan efek visual yang lebih premium di setiap gambar.

Sebagai perlindungan pada layar, realme Watch S Pro memiliki lapisan kaca khusus Corning Gorilla Glass 3 dengan konsep 2,5D. Perpaduan model bulat dengan lapisan kaca ini membuat pengalaman menelusuri permukaan layar melalui sentuhan jari yang mulus dan nyaman.

Untuk tampilan display sendiri, realme Watch S Pro didukung fitur Always-On Display (AOD) yang canggih bisa menampilkan informasi waktu kapan saja, di mana saja tanpa perlu menyalakan jam tangan Anda.

Kerennya, AOD ini sudah mengadopsi skema dan fungsi cerdas termasuk kemampuannya menghemat konsumsi daya. Hanya saja, untuk fungsi AOD ini baru akan tersedia melalui update via OTA.

Sama seperti generasi sebelumnya, realme Watch S Pro pun disokong 100-an lebih watch face dengan tampilan trendi, rata-rata merupakan hasil kerjasama dengan pengguna dan desainer terkenal. Watch Face trendi ini dapat Anda gunakan selama 3 bulan tanpa berulang.

Di perangkatnya sendiri, pengguna bisa mengatur tampilan jam dalam dua model yakni analog atau digital. Sementara untuk pemilihan watch face, harus terkoneksi dengan aplikasi realme Link yang bisa diunduh dari PlayStore.

Konektivitas

realme Watch S Pro bisa dihubungkan dengan smartphone Android maupun iOS via koneksi Bluetooth 5.0. Namun, untuk menjalankan fungsi smartwatch Anda harus terlebih daahulu menginstal aplikasi realme Link di smartphone.

Proses pairing dan mengkoneksikan jam tangan pintar ini ke smartphone tergolong cukup mudah. Aplikasi realme Link juga bisa dengan cepat mendeteksi perangkat, asalkan posisi Watch S Pro tidak lebih dari 10 meter.

Banyak fungsi Pro menarik yang disediakan realme Watch S Pro yang terkoneksi ke smartphone. Bisa dengan cepat membuka kunci layar smartphone saat didekatkan, bisa mengontrol pemutar musik smartphone dari jarak jauh termasuk fungsi lainnya semisal menjeda musik dan memutar ulang.

Selain itu, realme Watch S Pro juga mendukung kendali kamera jarak jauh, sehingga Anda dapat mengambil foto diri Anda bahkan ketika sedang sendirian.

Fitur lain adalah penolakan panggilan. Ketika dipasangkan, smartphone yang mendapat panggilan telepon, maka nomor telepon akan ditampilkan di realme Watch S Pro dengan tombol penolakan. Pengguna dapat menolak panggilan dengan satu klik.

Sebagai bagian penting dari strategi realme AIoT, realme Watch S Pro adalah salah satu perangkat sentral dari sistem realme AIoT. Setelah pembaruan OTA, realme Watch S Pro akan dapat menautkan beberapa perangkat AIoT dari jarak jauh agar mudah beroperasi tanpa membuka smartphone.

Nah yang paling umum, realme Watch S Pro dapat menerima hampir semua notifikasi aplikasi dan menampilkan beberapa ikon yang sesuai. Seperti panggilan telpon, SMS, dan pesan aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Twitter, email dan sebagainya. Selama melakukan review realme Watch S Pro, kami bisa menerima semua notifikasi dari smartphone dengan lancar.

Fitur Kesehatan

Seperti halnya smartwatch pada umumnya, realme Watch S Pro juga mengunggulkan fitur kesehatan. Dan di perangkat ini, hampir sebagian health monitoring tersedia. Pertama adalah monitor detak jantung yang mengandalkan sensor PPG bawaan.

Sensor ini sudah mendapatkan peningkatan dibanding versi Watch S Series sebelumnya. Sensor ini memiliki tingkat akurasi dan presisi yang tinggi. Dapat mendeteksi detak jantung dengan cepat tanpa gangguan selama 24 jam non-stop, dan akan menginformasikannya setiap 5 menit.

Fitur monitoring detak jantung ini juga dilengkapi alaram yang akan mengirimkan notifikasi khusus jika detak jantung terlalu tinggi atau terlalu rendah guna melindungi kesehatan Anda sepanjang hari.

Pemantauan denyut jantung dicapai dengan memancarkan cahaya hijau dengan panjang gelombang tertentu ke kulit dan kemudian mendeteksi cahaya yang dipantulkan. Sensor di realme Watch S Pro berkinerja hebat dalam beberapa faktor kunci seperti akurasi, kompatibilitas warna kulit, dan konsumsi daya.

Kedua adalah pengukur tingkat oksigen dalam darah, yang biasa dikenal dengan istilah SpO2. Selama pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih belum juga mereda, mendeteksi tingkat oksigen darah menjadi salah satu indikator untuk mendeteksi awal apakah seseorang reaktif terhadap virus Corona.

Jika oksigen darah terlalu rendah, itu berarti bahwa sel-sel tidak bisa mendapatkan oksigen yang cukup, yang akan menyebabkan berbagai gejala. Biasanya deteksi oksigen darah membutuhkan peralatan medis, tetapi sekarang dengan realme Watch S Pro, Anda dapat memantau oksigen darah Anda kapan saja.

Dari segi akurasi, realme Watch S Pro juga telah mencapai level yang cukup tinggi, sebanding dengan monitor oksigen darah medis.

Di review realme Watch S Pro kami juga mendapatkan sejumlah fitur kesehatan lain seperti pemantau langkah, pengingat bergerak jika terlalu lama duduk, pemantauan tidur, pengingat hidrasi, dan relaksasi meditasi untuk mengatur napas dan mengembalikan konsentrasi pengguna.

Fitur Olahraga

Selain untuk memantau kondisi kesehatan tubuh, realme Watch S Pro pun menyertakan fitur Pro Sport untuk mendukung kegiatan olahraga.

Secara default, realme Watch S Pro mendukung pemantauan olahraga hingga 15 jenis: Outdoor Run, Indoor Run, Outdoor Walk, Indoor Walk, Outdoor Cycling, Spinning, Hiking, Swimming, Basketball, Yoga, Rowing, Elliptical, Cricket, Strength Training, Free workout.

Secara cerdas, jam tangan juga mengidentifikasi apakah Anda berjalan atau berlari, dan algoritma penghitungan langkah yang akurat membuat setiap langkah akan dihitung.

realme Watch S Pro juga menambahkan mode berenang baru, berkat ketahanan air 5ATM. Mode renang baru ini dapat merekam data olahraga renang Anda secara real-time, termasuk SWLF/Kcal/Length/Type, sehingga membantu Anda untuk berenang lebih baik lagi.

Secara teknis, sensor 5 ATM yang didukung oleh realme Watch S Pro ini memungkinkan penggunaan jam tangan hingga kedalaman 50 meter. Namun, dianjurkan untuk tidak menggunakan smartwatch ini untuk berenang di laut yang memiliki kadar garam tinggi.

Bukan berarti tidak bisa bertahan di dalam air laut, namun dengan kadar garam tinggi dari air laut kemungkinan besar bisa membuat korosi pada beberapa bagian jam tangan pintar ini.

Satu lagi fitur Pro Sport yang tidak kalah menariknya dari realme Watch S Pro adalah adopsi sensor GPS presisi tinggi dan hemat daya untuk pertama kalinya. Mendukung lokasi satelit ganda (GPS dan Glonass, online pada saat yang sama).

GPS bawaan realme Watch S Pro dapat memberikan fungsi perekaman jalur independen untuk berlari, jogging, bersepeda, berjalan kaki. Termasuk juga untuk menentukan titik koordinat menggunakan kompas digital yang jadi fitur tambahan smartwatch ini.

Baterai

Jam tangan ini hadir dengan baterai besar 420mAh yang tertanam didalamnya. Karena sensor dan prosesor yang sangat efisien, realme Watch S Pro dapat bertahan hingga 14 hari, kemampuannya ini masih setara dengan seri Watch S sebelumnya.

Dengan kehadiran baterai yang punya daya tahan cukup tangguh ini, Anda bisa menggunakannya sepanjang hari tanpa perlu sering-sering mengisi ulang daya. Dan selama kami melakukan review realme Watch S Pro, hal tersebut benar-benar terbukti.

Untuk proses pengisian ulang sumber power, realme Watch S Pro menyertakan charger khusus yang menggunakan teknik magnetik layaknya smartwatch premium. Charger ini secara efektif dapat mengisi daya jam tangan hingga 100% hanya dalam 2 jam.

Kesimpulan

Kehadiran generasi terbaru jam tangan pintar realme ini menjadi bukti keseriusannya untuk menjadi produsen AIoT nomor satu di Indonesia. realme Watch S Pro menawarkan fitur dan fungsi yang tidak kalah canggih dibanding smartwatch yang dibanderol dengan harga lebih mahal. Lewat slogan “The Stylish New Pro” dan spek Pro Style Pro Sport, realme dengan percaya diri mampu membuktikannya.

Anda bisa memantau kondisi kesehatan maupun rating olahraga dengan cukup akurat selama 24 jam dalam seminggu. Pun demikian, bisa menggunakannya untuk berenang serta memantau semua notifikasi yang masuk ke smartphone seharian penuh.

Oiya hampir kelupaan, untuk mendapatkan semua fungsi canggih tersebut, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 1,6 jutaan saja loh. realme Watch S Pro akan tersedia di realme.com, Shopee serta realme Official Store di seluruh Indonesia pada 26 Januari 2021.

Previous articleShopeePay Kembali Salurkan Bantuan Gerobak Usaha
Next articleApa Itu Augmented Reality
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here