Home REVIEW Review realme GT | Flagship Ngebut Paling Terjangkau dengan Snapdragon 888 5G

Review realme GT | Flagship Ngebut Paling Terjangkau dengan Snapdragon 888 5G

realme GT

tabloidpulsa.id – Tidak banyak produk ponsel yang hadir hingga pertengahan tahun ini yang membawa SoC flagship sekelas Snapdragon 888 5G (atau yang setingkat dengannya dari kubu produsen lain). Terlebih yang hadir secara resmi di Indonesia. Melihat dirilisnya realme GT pada pertengah Juni lalu, kami jadi berharap realme GT bisa segera hadir di sini.

Karena realme telah memantapkan diri sebagai produsen ponsel anak muda Indonesia. Dimana mereka kerap menghadirkan produk dengan performa mumpuni di kisaran harga yang relatif “masuk” untuk kantong anak remaja, baik mereka yang suka menabung sejak sekolah maupun yang baru saja mendapatkan gaji pertama.

Maka berharapnya sih semangat yang sama bisa berlaku juga ketika realme berupaya menjawab kebutuhan ponsel anak muda akan sebuah ponsel kelas flagship. Dan realme GT adalah jawaban yang paling masuk akal.

Jaminan performa tinggi yang dibawa oleh spek hardware, SoC terbaik untuk saat ini, manajemen daya, UI yang balance antara kebutuhan lifestyle dan gaming serta kamera yang dikenal lebih dari rata-rata adalah ekspektasi yang muncul secara otomatis. Kabar baiknya, Anda tidak salah. Dan kami beruntung bisa mereview produk ini dan akan mengkonfirmasi ekspektasi tersebut.

Harga: 7-8 juta di Eropa*

Pilihan Warna: Racing Yellow, Dashing Silver, Dashing Blue

Isi Paket Penjualan: Ponsel realme GT, Silicon case, 65W SuperDart Charging adapter, Kabel data USB Type C, Buku Panduan Cepat dan Kartu Garansi

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)158.5 x 73.3 x 8.4 mm / 186 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 5G/4G LTE/HSPA+/3G/2G
Sistem Operasi (OS)realme UI 2.0 berbasis Android 11
Supported storage eksternalTidak
Layar inci – Tipe Screen6.43 inci, 1080 x 2400 pixels (~409 ppi density), Super AMOLED, 120 Hz, 360 Hz touch sampling rate
Prosesor/ CPUQualcomm Snapdragon 888 5G (5 nm) (Octacore: 1×2.84 GHz Kryo 680, 3×2.42 GHz Kryo 680, 4×1.8 GHz Kryo 680), GPU Adreno 660
RAM & Internal Storage8 GB RAM LPDDR5/ 128 GB ROM UFS 3.1
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Triple: 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), f/1.8, PDAF; 8 MP f/2.3, Ultra-wide; 2 MP Macro camera, f/2.4 Video:  4K@30/60fps, 1080p@30/60/240fps, 720p@30/60fps   Depan Single: 16 MP, f/2.5 (wide), 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)4500 mAh, 65W SuperDart Charging, OTG Reverse charging

FITUR:

Removable batteryTidakGPSYa
MultitouchYaFingerprintYa
Dual SIMYaDual Kamera DepanTidak
3G HSDPAYaMemory externalTidak
4G LTEYaGyroscopeYa
5GYaQuad Kamera BelakangTidak
NFCYa4K video recordingYa
InfraredTidakVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
KelebihanKekurangan
Layar Super AMOLED 120Hz
Baterai besar 4500 mAh Dual Cell
NFC
65W SuperDart Charge
Bobot ringan untuk ukuran flagship
Speaker Stereo
Sistem pendingin terasa efektif, tidak panas saat digunakan berlama-lama.
Tidak ada slot memory External.
Tidak semua memiliki desain seperti Racing Yellow.
Tidak ada tombol khusus untuk game, padahal chipsetnya enak banget buat ngegame.

Desain Penuh Filosofi

Lagi-lagi realme melakukan pendekatan filosofis terhadap pemilihan desain ponsel, baik dari material yang digunakan maupun pewarnaannya. Tapi ijinkan kami untuk tarik nafas sebentar dan mengagumi produk yang masuk ke meja review kami.

Kali ini tabloidpulsa.id mendapatkan produk realme GT dengan desain paling mencolok yang disebut warna Racing Yellow. Membawa back cover yang dilapisi kulit berwarna kuning dengan garis tegas berwarna hitam yang menghubungkan area kamera dengan bagian tepi di arah berlawanan. Mirip desain mobil sport kan?

Selain desain dan pewarnaan produk yang kami miliki, produk ini tersedia dalam 2 warna lain, yakni dashing silver dan dashing blue. Yang sebenarnya sama-sama didominasi warna biru dengan efek gambar jejak cahaya menyeruak dari bawah ke atas membentuk huruf V, seperti efek cahaya lampu belakang mobil yang tengah melaju kencang di malam hari gitu ga sih?

Filosofi dashing ini sengaja dihadirkan untuk menunjukkan seberapa kencang produk ini, baik untuk performa hardware ketika digunakan untuk kebutuhan gaming dan multimedia, ataupun menunjuk pada teknologi transfer data yang sudah disematkan padanya, 5G!

Kembali lagi ke produk yang kami review, yakni produk dengan sentuhan material kulit di back covernya. Tenang saja, kulit yang digunakan disebut oleh realme sebagai Vegan Leather yang dijamin anti pudar atau dalam bahasa jawa bisa dibilang anti mbladus, dan anti sobek. Karena bukan roti ya kan?

Beralih ke bagian depan. Layar ponsel terbentang menutupi hampir sebagian besar permukaan. Sekitar 85.9 % bagian muka ponsel tertutup oleh layar dengan sebuah lubang kamera selfie di sudut kiri. Lubangnya sendiri tidak terlalu besar, tapi masih terlihat. Soal layar dan kamera selfie ini akan kita bahas lebih banyak di bagian lain.

Lalu, untuk bagian lain realme GT ini sama dengan produk-produk realme lain. Semisal pada tata letak tombol dan portasi. Menariknya, realme tetap mempertahankan lubang jack 3.5 mm. Jarang loh ponsel flagship dengan lubang jack audio seperti ini.

Sayangnya, meski membawa spek yang tinggi buat ngegame, produk ini tidak dilengkapi dengan tombol game yang terdedikasi. Bagusnya sih, ketika diajak mabar, ponsel ini bisa menyamar sebagai ponsel biasa, dan bakal mengejutkan ketika lawan Anda tahu performa ponsel ini. Ya kan?

Layar 120Hz dengan Panel AMOLED

Ponsel realme GT membawa layar kelas flagship. Membawa panel Super AMOLED yang memanjakan mata penggunanya di bentangan 6.43 inci. Dengan resolusi 1080 x 2400 pixel, atau FHD+ dan rasio layar 20:9 maka kerapatannya terbilang besar di angka 409 pixel per inch.

Artinya, layar ponsel ini akan menampilkan nilai kontras yang tinggi, kedalaman warna hitam yang pekat, ikon dan tulisan pun akan terbaca dengan baik. Bahkan dengan refresh rate layar yang bisa dipilih antara 60 Hz dan 120 Hz, maka animasi saat Anda menggeser-geser halaman menu pun akan berjalan mulus.

Nah untuk urusan kenyaman saat digunakan, layar ini pun mendukung touch sampling rate 360Hz. Saat ngegame berlama-lama, kalaupun suhunya meningkat di bagian layar akurasi sentuhan tetap akurat dan itu telah kami coba untuk bermain game-game yang kompetitif. Kita bahkan bisa mengaturnya agar sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kita.

Layar ini pun membawa standar warna gamut yang luas P3 100% dengan saturasi warna kelas NTSC 98%. Beberapa orang sih bilang ini adalah standar tontonan ala sinema alias bioskop. Jadi selain buat nge game, layar ponsel ini juga cocok bagi Anda yang suka nonton film.

UI Bersih dengan Fitur yang Seimbang

Kembali realme menyematkan realme UI 2.0 di perangkat anyarnya ini. Yang bagi kami di tim tabloidpulsa.id sih dikenal sebagai UI yang mengalami pengembangan paling pesat, antar muka yang to the point, bersih dan sederhana sehingga mudah digunakan dan menemukan fungsi yang sedang kita butuhkan.

Ngomong-ngomong fungsi, realme UI juga membawa hampir semua fitur OS custom yang relatif seimbang. Untuk kebutuhan game ada Game Space, lengkap dengan semua pernak-pernik untuk meningkatkan pengalaman ngegame kita, semisal game assistant dan sebagainya.

Untuk kebutuhan fotografi, sudah ada bantuan dari AI, dan efek-efek pendukung. Termasuk untuk optimalisasi hardware dan penggunaan baterai yang lebih efisien.

Performa Maksimal, Pembuangan Panas Optimal

Masih segar di ingatan kami proses review beberapa produk dengan Snapdragon 888 5G, dimana panas berlebih menjadi momok saat bermain game. Kali ini kami dikejutkan dengan cara realme GT dalam mengelola panas yang dihasilkan SoC sehingga ponsel tidak cepat panas, bahkan ketika digunakan ngegame berlama-lama. Ini sih yang harusnya dijadikan fitur kunci nomor satu realme GT, gan!

Tapi sebelum sampai ke pembahasan sistem pendingin, perlu diketahui bahwa realme GT membawa chipset kelas flagship besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 888 5G. SoC dengan proses fabrikasi 5nm ini memungkinkan lebih banyak komponen chip yang disematkan ke dalam sistem sehingga terjadi efisiensi penggunaan daya juga makin optimal dalam mengeksekusi perintah dan data, selain tentu saja menambah fitur-fitur yang sebelumnya tidak ada.

SoC ini membawa sebuah CPU dengan 8 inti Kryo 680, dengan 3 konfigurasi kecepatan. Satu di antaranya yang paling tinggi memiliki clock speed 2.84 GHz, lalu ada 3 inti dengan clock speed 2.42 GHz dan sisanya 4 inti memiliki clock speed 1.8 GHz. Makin banyak kemungkinan untuk mengelola proses dari yang biasa saja, sedang hingga proses berat yang membutuhkan upaya yang lebih tinggi.

Selanjutnya SoC Snapdragon 888 5G juga membawa GPU kelas flagship Adreno 660, RAM 8 GB LPDDR5 dan ROM jenis UFS 3.1 sebesar 128 GB. Ini merupakan spek daleman realme GT Racing Yellow yang kita review ya.

Tidak banyak perdebatan, baik secara benchmark sintetis maupun dari bagaimana pengalaman kami menggunakannya untuk ngegame. Ponsel ini menyediakan kenyamanan berlebih untuk memainkan game-game yang selama ini kami mainkan. Terutama untuk PUBG Mobile, dan Genshin Impact.

Nah ini yang menarik, realme menggunakan metode pembuangan panas yang dinamakan Stainless Steel Vapour Cooling System. Merupakan gabungan material pendingin terbuat dari baja dan perunggu yang meningkatkan kecepatan sirkulasi uap air sehingga mampu meredam panas dengan lebih baik.

Pengurangan temperatur hingga 42% ini kemudian dilengkapi dengan sebuah perangkat heat sink yang menutupi seluruh bagian sumber panas. Dengan demikian ponsel ini dapat mencapai performa terbaik setiap saat.

Jangan lupa juga bahwa Snapdragon 888 GT merupakan chipset yang sudah 5G ready. Dengan sejumlah fitur cerdas untuk mengenali kualitas sinyal di lingkungan sekitar yang kemudian dapat melakukan pengalihan jaringan secara efektif untuk mengurangi penggunaan daya berlebih.

realme GT juga mengoptimalkan teknologi yang dimiliki SoC ini, yakni akselerasi saluran ganda yang memungkinkan WiFi dan 5G berjalan bersamaan untuk meningkatkan kecepatan dan stabilitas jaringan. Penting banget nih ketika kita bermain game online.

Kamera Utama 64 MP dengan Nightscape Mode

realme GT membawa tiga kamera utama. Terdiri dari satu kamera 64 MP dengan sensor Sony IMX682, focal length 26mm, dan aperture f/1.8, lalu ada kamera 8 MP ultra wide, dengan focal length 15.7mm, dan aperture f/2.3, dan satu kamera makro 2 MP, dengan aperture f/2.4.

Untuk urusan fotografi, realme GT tetap mempertahankan sejumlah fitur menarik semisal AI Scene recognition, filter malam, AI ID photo, dan portrait distortion correction. Sementara untuk video ada fitur nightscape video, ultra steady video dan portrait bokeh video.

Kamera utama ponsel ini sanggup merekam video dengan resolusi terbesar di angka 4K atau setara dengan 3840 x 2160 pixel dalam frame rate 60fps.

Beralih ke kamera selfie, realme GT membawa kamera beresolusi 16 MP dengan aperture f/2.5. Memiliki sejumlah fitur menarik baik di sisi fotografi maupun video. Di antaranya adalah super nightscape dengan dukungan perekaman video hingga resolusi 1080p dalam 30fps.

Hasilnya bisa dilihat di foto-foto berikut. (telah disesuaikan ukurannya untuk website)

outdoor zoom 2x

indoor lowligt

Baterai Besar dengan Fast Charging 65W

Salah satu fitur jagoan produk-produk realme adalah pengisian daya super cepat dan aman. Diberi nama SuperDart Charge, teknologi ini mampu menghantarkan daya 65W sehingga mampu mengisi baterai hingga penuh selama 35 menit saja. Atau kalau Anda harus buru-melakukan pengisian daya, sistem ini mampu mengisi selama 3 menit untuk digunakan sepanjang 51 menit kemudian.

Teknologi ini menggunakan 5 Levels Intelligent Chip Protection, sehingga aman tanpa adanya overheating.

Kapasitas baterainya sendiri adalah 4500 mAh. Sudah cukup banget buat bermain game dalam rentang waktu cukup lama. Kalaupun habis, pengisian baterai bisa dilakukan sambil bermain, tanpa mengakibatkan panas berlebih. Dan yang paling penting, ada mode super Power Saving nih gan. Ketika sebentar lagi chicken dinner, lalu baterai tiba-tiba tingal 5%, aktifkan mode ini dan kita masih bisa melanjutkan bermain sampai selesai.

Kesimpulan

Kami sih penasaran sekali dengan harga yang bakal dibanderol pada realme GT ketika masuk ke pasar Indonesia. Terutama untuk varian paling besar dengan RAM 12GB dan ROM 256GB. Seperti yang kita ketahui, beberapa kompetitor membanderol produk dengan spek mirip masih di kisaran angka 15 jutaan. Kalau realme GT varian ini bisa hadir di angka 10 jutaan, tentu saja produk ini bakal jadi Flagship killer sebenarnya.

Sebagai alternatif ada varian 8/128 GB yang kami tes, Itupun masih mampu memberikan pengalaman yang positif ketika kami mereview produk ini. Dengan manajemen panas yang pintar, waktu pengisian daya yang cepat serta performa maksimal yang dihadirkan SoC flagship terbaik untuk saat ini, membuat kami betah bermain game dan menonton konten menggunakan produk ini. Sambil menunggu jaringan 5G tersedia untuk umum dan tersebar merata di Tanah Air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here