Home REVIEW Review realme 8: Performa Terbaik di Kelas Menengah

Review realme 8: Performa Terbaik di Kelas Menengah

Review realme 8

tabloidpulsa.id – Pasar smartphone tanah air terutama di kelas mid-range kembali dibanjiri oleh produk-produk baru. Hampir sebagian besar vendor yang bermain di segmen ini mengklaim produk besutanya membawa beragam inovasi kekinian, bahkan digadang-gadang akan menjadi tren baru di industri.

realme contohnya, baru-baru ini menggelontorkan produk gress di lini seri angka paling anyar besutannya:  realme 8 Series. Ada dua perangkat yang diboyong realme di seri ini: realme 8 serta realme 8 Pro, dan satu diantaranya sudah bertengger di meja uji PULSA.

Seperti yang sudah-sudah, realme memang memiliki trik khusus untuk menggaet pengguna smartphone, terutama anak muda yang memang menjadi target utamanya. Lewat jargon ‘Trendsetting Design”, realme 8 ini menghadirkan konsep desain paling unik dan belum pernah ada di pasaran tanah air.

Tidak hanya itu, smartphone yang membawa slogan ‘Capture Infinity’ ini juga diklaim akan menjadi The best performance stylish phone in mid-range karena membawa sejumlah teknologi baru yang performanya pilih tanding.

Tidak perlu berpanjang lebar lagi, berikut ini kami akan mengupas tuntas smartphone yang akan menjadi idola baru di rentang harga 3 jutaan. Simak review realme 8 berikut ini ya!

Trendsetting Design

Tampilan desain yang aduhai dan sedap dipandang mata menjadi daya tarik pertama yang coba dihadirkan oleh realme 8. Hal ini bukan semata-mata karena gimmick saja, namun realme memang benar-benar serius menggarap bagian ini.

Lewat teknik pabrikasi yang khusus, realme 8 membawa bahasa desain yang cukup unik dan baru yakni Infinite Bold Design. Konsep desain yang terinspirasi bentuk digital ini baru pertama kali dihadirkan realme. Untuk menampilkan visualisasi dunia digital, realme 8 dibuat melalui Split Design dan Splicing Process.

Hasil dari proses tersebut akan langsung terlihat saat pertama kali melihat bodi perangkat ini. Aura futuristik terpancar dari desain luar realme 8 yang bergaya sci-fi. Kebetulan, unit yang diuji PULSA memiliki pulasan warna Cyber Silver yang kental nuansa perak. Sebagai informasi, realme 8 juga punya pilihan warna lain yakni Cyber Black.

Di bagian cover belakang, Anda akan menjumpai struktur desain yang seolah-olah menampilkan dua dunia berbeda. Sebelah kiri penggambaran dunia nyata lewat struktur garis diagonal, sedangkan sisi sebelahnya adalah dunia digital yang misterius.

Sisi digital yang terpantek di bodi belakang realme 8 ini menampilkan guratan tagline khas realme yakni “Dare to Leap”, yang memiliki pendaran warna trendi saat dilihat dari berbagai sudut.

realme mengklaim integrasi dinamis dari elemen-elemen ini merupakan perpaduan antara yang nyata dan ilusi dalam gaya visual yang menakjubkan. Hal ini tentu saja akan menjadi magnet yang kuat untuk menggaet anak muda.

Tidak hanya dari sisi pewarnaan, realme juga membalut perangkat ini dengan desain yang tergolong cukup ramping. Berdasarkan data teknis, realme 8 hanya memiliki ketebalan bodi 7,99mm saja loh. Selain tipis, ternyata bobot smartphone ini juga ringan. Beratnya cuma sekitar 177 gram saja.

Ramping dan ringan, tentu saja akan memberikan kenyamanan tersendiri saat menggenggam perangkat ini. Hal ini juga kami rasakan sepanjang melakukan review realme 8. Bahkan realme akan menjadikan konsep ini sebagai bagian terpenting dari desain smartphone yang akan diterapkan pada perangkat di masa depan.

Untuk kompartemen lain, sepertinya tidak ada yang berubah. Realme tetap menyertakan tombol volume/power serta triple card slot di sisi kanan dan kiri bodi. Sedangkan di bagian bawah ada port audio jack 3.5mm, corong speaker, port USB type-C.

Layar Super AMOLED  

Di bagian ini, realme sepertinya tetap mempertahankan konsep layar yang sudah diterapkan pada produk seri angka sebelumnya. Pilihan layar Super AMOLED yang ditanamkan ke realme 8 memang sudah sangat tepat. Apalagi, belakangan layar jenis ini mulai menjadi standar di smartphone-smartphone mid-range.

Layar Super AMOLED ini memungkinkan tampilan lebih cerah, dan karena setiap piksel pada layar dapat disesuaikan, efisiensi daya juga ditingkatkan. Dibandingkan dengan layar LCD, layar jenis ini mampu mereproduksi warna yang lebih baik, kontras yang lebih tinggi, dan tampilan yang lebih realistis.

Menariknya, Anda tetap diberikan keleluasaan untuk menyesuaikan dan mempersonalisasikan tampilan display dengan kebutuhan sehari-hari. Mulai dari pengaturan screen color mode yang menawarkan opsi Vivid dan color temperature, hingga aktifasi OSIE visual effect untuk mendongkrak tampilan video.

Data teknis menunjukan layar Super AMOLED 6,4 inci di realme 8 ini memiliki resolusi Full HD dan tingkat sampling sentuh hingga 180Hz untuk daya tanggap yang lebih baik saat bermain game.

realme 8 juga menyertakan mode sinar matahari hingga 1000nits untuk memastikan layar terlihat bahkan di bawah kondisi sinar matahari yang keras. Layar ini juga mendukung fungsi Dark mode dan Eye comfort, yang secara efektif mengurangi kelelahan mata.

realme 8 juga memiliki fitur Always-on Display, sehingga Anda dapat melihat informasi penting dalam sekejap. Bisa berupa informasi tanggal dan jam, notifikasi pesan masuk dan juga status dari kapasitas baterai.

Layaknya smartphone mid-range kebanyakan, realme 8 juga menanamkan panel sensor sidik jari dalam layar yang peka cahaya dan dapat dibuka dengan cepat. Dibandingkan dengan membuka kunci tombol, in-display fingerprint sensor terasa lebih alami dan menawarkan pengalaman yang lebih interaktif dan efisien.

Untuk membuktikan kemampuan sensor sidik jari ini, di review realme 8 ini kami membuktikan performa panel sidik jari yang ternyata bisa dengan cepat mendeteksi data sidik jari dan membuka layar dengan lancar.

64MP AI Quad Camera

Review realme 8 kali lanjutkan ke bagian kamera. Sesuai slogan yang dibawanya “Capture Infinity”, sektor kamera menjadi salah satu keunggulan utama dari perangkat ini. Tampil dengan susunan kotak, konfigurasi kamera realme 8 juga menjadi daya tarik tersendiri bagi desain keseluruhan perangkat ini.

Realme 8 membawa empat kamera yang terdiri dari Kamera utama 64MP hadir dengan sensor ukuran super besar, bukaan f / 1.79 dan piksel super tinggi, mendukung Quad Bayer, ukuran piksel hingga 1.4μm. Kolaborasi ini tentu saja akan sanggup menghasilkan jepretan yang cerah dan tajam meski dalam cahaya redup.

Berikutnya adalah kamera sudut lebar yang memiliki apertur f/2.25, dan resolusi 8MP. Anda tidak perlu bersandar untuk mengambil gambar yang sempurna berkat lensa sudut ultra lebar dengan bidang pandang 119° ini. Proses peralihan dari mode standar ke ultra-wide ini pun cukup mudah, cukup satu klik saja. Alhasil, Anda akan mampu menangkap gambar lanskap, arsitektur, dan grup besar yang lebih memuaskan.

Kamera ketiga adalah lensa ultra makro 2MP dengan bukaan f/2.4. Dengan lensa ini, Anda bisa lebih dekat dan menemukan keindahan dunia mikro dengan jarak pemotretan 4cm. Hasil jepretannya pun memiliki detail yang tajam dan menurut kami cukup keren.

Nah yang terakhir adalah lensa Portrait B/W 2MP. Sistem filter warna baru memungkinkan lensa potret mendeteksi rangkaian cahaya yang lebih luas, membantu lensa utama menangkap cahaya dengan lebih baik, meningkatkan kontras gambar, membuat gambar bergaya retro, dan menambahkan tekstur pada potret. Cocok untuk yang ingin berkreasi dengan beragam filter keren.

Selain memiliki konfigurasi kamera yang tangguh, perangkat ini pun disong sejumlah mode dan pengaturan kamera paling kekinian. Pertama ada Mode Tilt-shift dapat mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur, menggunakan semacam ilusi optik mata manusia. Saat menatap objek yang sangat dekat, latar depan dan latar belakang biasanya tidak fokus. Jika menambahkan efek pengaburan yang tepat pada gambar seperti itu, otak akan mendeskripsikannya menjadi lanskap miniatur yang sangat dekat.

Biasanya, efek buram ini dicapai dengan lensa tilt-shift yang mahal, yang membuat bagian foto menjadi jelas dan sebagian menjadi buram. Dengan algoritma fotografi tilt-shift baru, realme 8 dapat mengubah dunia nyata menjadi dunia miniatur yang ajaib. Tilt-shift Mode juga memungkinkan Anda menyesuaikan bentuk, sudut, posisi, dan ukuran efek blur secara manual. Anda dapat dengan mudah memilih dan menyesuaikan efek buram agar sesuai dengan pemandangannya.

Selanjutnya adalah Starry Mode yang telah mendapat peningkatan yang cukup signifikan. realme melakukan optimalisasi proses pencitraan, memisahkan langkah pencerahan bintang dari algoritma dan diproses oleh ISP khusus di SoC. Hasilnya, tentu saja foto bintang yang keren.

Ada juga Neon Portrait yang sangat cocok diterapkan untuk fotografi malam hari. Mode ini akan membantu meningkatkan efek blur untuk menciptakan bidikan yang lebih “dreamy”. Untuk yang hobi foto ngeblur, bisa juga mencoba Dynamic Bokeh untuk menyorot subjek Anda dengan latar belakang yang bergerak-gerak, menciptakan kesan gerakan yang menarik.

Seperti tren fotografi belakang ini, ada juga yang menyukai foto dengan background hitam putih sementara subyek foto tetap berwarna. Nah, di realme 8 ini ada loh fiturnya yang dinamakan AI Color Portrait. Bahkan, realme sendiri telah melakukan peningkatan pada algoritma Portrait AI yang secara otomatis mendeteksi potret dalam berbagai skenario, dan mengoptimalkan bidikan yang sesuai. Pengguna dapat mengambil bidikan potret yang tampak alami dan hidup tanpa menggunakan mode khusus apa pun. 

Selama melakukan review realme 8, kami juga mencoba beberapa mode kamera mulai dengan menggunakan fitur-fitur standar, hingga menambahkannya dengan filter khusus.

Normal Mode
Ultra-wide
AI Color Portrait
Dynamic-bokeh
Ultra Macro
Modern-Gold
Cyberpunk
Night-mode
Selfie

Tidak hanya foto, kamera realme 8 juga menawarkan kemampuan yang maksimal untuk perekaman video. Di perangkat ini, realme menghadirkan Dual-view Video terbaru yang memungkinkan pengguna merekam dari kamera depan dan belakang secara bersamaan. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda akan dapat mengambil berbagai video pendek yang kreatif dan menarik.

Bahkan, realme juga menjejalkan sejumlah kemampuan rekam yang jarang ada di perangkat sekelasnya seperti perekaman video slo-mo 1080p/120fps yang dilengkapi stabilisasi video UIS, perekaman video dengan sudut ultra lebar, mode sinema dan juga kemampuan rekam video 4K.

Lalu bagaimana dengan Anda yang hobi selfie? Tenang, realme 8 sudah membenamkan kamera depan berkekuatan 16MP Ultra-clear dengan aperture f/2.45. Seperti review realme 8 yang kami lakukan, kamera ini juga mendukung mode kecantikan pintar, Efek Bokeh, dll. Secara khusus, algoritme kecantikan terbaru yang dikembangkan untuk jenis kelamin yang berbeda, jenis kulit yang berbeda, dan bentuk serta fitur wajah yang berbeda memungkinkan Anda mengambil foto selfie yang menampilkan kulit alami dan lembut dengan mudah.

realme 8 juga hadir dengan AI Beauty, Portrait Mode, dan Super Nightscape untuk memastikan setiap selfie tampil kece. Poin plusnya, kamera depan realme 8 juga sanggup merekam video slo-mo 1080p/120fps yang didukung Stabilisasi video UIS. Cocok nih untuk para TikToker atau vlogger pemula yang ingin selalu eksis.

Performa Gaming

Selain desain, layar AMOLED dan kamera, sektor performa pun menjadi sorotan utama realme di perangkat ini. realme 8 mengadopsi prosesor gaming MediaTek Helio G95, yang dibangun berdasarkan pabrikasi 12nm dan tersusun atas prosesor Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55), dan dipadukan oleh 900MHz Mali-G76 GPU.

Untuk menghasilkan performa gaming yang mulus maupun kinerja yang maksimal dalam menjalankan semua fungsi smartphone, realme 8 dilengkapi memori yang cukup besar. Varian yang diuji PULSA memiliki RAM 8GB dengan penyimpanan bawaan 128GB dan masih bisa diekspansi menggunakan kartu microSD berkapasitas maksimal 256GB.

Satu lagi yang tidak kalah pentingnya, realme 8 dilengkapi dengan Sistem Pendingin Cairan Tembaga yang canggih. Dibandingkan dengan Sistem Pendingin Serat Karbon generasi sebelumnya, efisiensi pendinginan meningkat 14,4%, sehingga kinerja smartphone tetap cepat dengan suhu terjaga.

Selama melakukan review realme 8, kami mencoba sejumlah game yang bisa jadi satu diantaranya menjadi favorit para pembaca di sini. Mulai dari CODM, PUBGM, Free Fire, AOV, Mobile Legends, Asphalt 9 hingga Genshin Impact bisa dilibas dengan akselerasi yang cukup lancar.

Hal ini tentu saja tidak lepas dari dukungan game space yang mampu mengalokasikan semua sumber daya baik CPU maupun GPU ke level performa yang maksimal saat digunakan bermain game.

Di game space, Anda bisa memilih beberapa mode yang salah satunya adalah Pro Gamer Mode. Di mode ini, sistem akan melakukan optimasi layar, sumber power dan juga menonaktifkan notifikasi.Bahkan, Anda juga bisa memanfaatkan network acceleration untuk mengurangi delay hingga 80%.

Selama review realme 8, kami juga melakukan pengujian performa perangkat ini menggunakan aplikasi benchmark. Berdasarkan tes menggunakan AnTuTu versi 9.0.1-OB, skor keseluruhan dari jeroan realme 8 tembus di angka lebih dari 300 ribuan. Nilai ini tentu saja mencerminkan kinerja yang tangguh dari jeroan realme 8. Untuk hasil benchmark dengan aplikasi lain, bisa dilihat pada tangkapan layar terlampir.

Baterai 5000mAh + 30W Dart Charge

realme 8 dibekali baterai berkapasitas cukup besar yakni 5000 mAh. Bahkan diklaim menjadi salah satu kapasitas baterai terbesar di kelas smartphone mid-range. Dengan baterai ini, Anda bisa mengeksplorasi fungsi smartphone mulai dari hiburan hingga berkomunikasi dengan waktu penggunaan yang cukup panjang. Normalnya, seperti hasil review realme 8 yang kami lakukan ternyata bisa lebih dari satu hari penuh loh.

Bahkan berdasarkan hasil uji dari lab realme, untuk standby saja bisa bertahan hingga 952 jam. Berikut untuk tabel masa pakainya.

 SiagaTeleponYouTubeOnline MusikGaming
Masa Pakai952 jam43 jam23 jam98 jam10 jam

Menariknya, realme 8 sudah didukung teknologi pengisian daya cepat, 30W Dart Charge yang telah dioptimalkan. Secara teknis, untuk mengisi daya baterai 5000 mAh realme 8 dari posisi 0% hingga 100% hanya membutuhkan waktu sekitar 65 menit.

Dan hanya dalam 26 menit, smartphone dapat mengisi hampir 50%. Poin plusnya, realme 8 juga mendukung pengisian daya 15W Power Delivery yang memungkinkan untuk mengisi baterai perangkat lain via USB OTG.

Lantas bagaimana dengan keamanan? Tenang, realme telah menjejalkan algoritma pengisian daya yang dikembangkan untuk realme 8 mencakup lima lapisan perlindungan keamanan dan memberikan perlindungan keamanan tingkat perangkat keras untuk seluruh proses pengisian daya. Jadi, tetap aman terkendali ya.

realme UI 2.0

realme 8 hadir dengan dukungan antarmuka paling anayar hasil pengembangannya, yakni realme UI 2.0. User Interface ini bertumpu pada platform Android 11 yang tentunya sangat besar pengaruhnya terhadap struktur menu dan fitur-fitur pendukung yang ada di perangkat ini.

Selain menyediakan fasilitas standar Android, realme UI 2.0 juga melengkapinya dengan sejumlah optimalisasi seperti mendukung lebih dari 100 item yang dapat disesuaikan. Ini termasuk Warna Tema Global, 3 Gaya Mode Gelap, Kustomisasi Ikon dan banyak lagi fitur menarik dan berguna.

Ada juga Mode Berbagi Musik Dual untuk berbagi trek favorit Anda saat ini dengan teman-teman Anda. Dan realme Share yang kuat memungkinkan Anda berbagi foto dengan teman dalam sekejap. Fitur subtitle stitching baru memungkinkan Anda untuk berbagi film favorit dan kutipan favorit Anda dengan mulus.

Dengan menggunakan mesin fluida, realme UI 2.0 telah meningkatkan pemanfaatan sumber daya sistem sebesar 45%, yang menghasilkan peningkatan kecepatan sistem sebesar 32% dan peningkatan stabilitas frame rate sebesar 17% dibandingkan generasi sebelumnya.

realme telah meningkatkan kecepatan ketika membuka aplikasi, realme UI 2.0 yang menampilkan metode pra-peluncuran AI menjadi mempersingkat waktu 23,63% untuk peluncuran aplikasi. Itulah realme UI 2.0 baru, kesenangan tanpa batas bagi pengguna Gen Z.

Terakhir yang tidak kalah menariknya dan penting bagi anak muda ibukota sekarang ini, realme 8 juga dibekali koneksi NFC. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik.

Kesimpulan

Sepertinya memang tidak “ngadi-ngadi” jika realme mengklain bahwa produk anyarnya ini pantas untuk menyandang gelar sebagai The best performance stylish phone in midrange. Selain hadir dengan desain yang ciamik, realme 8 juga didukung teknologi kamera 64MP yang mumpuni untuk menghasilkan jepretan di segala kondisi.

Tidak hanya itu, dengan banderolan harga yang cukup terjangkau untuk sebuah perangkat mid-rang, realme 8 juga menawarkan performa chipset MediaTek Helio G95 yang mumpuni baik untuk gaming, hiburan bahkan pekerjaan.

Nah, untuk yang tertarik ingin mendapatkan realme 8 ini bisa langsung mendapatkannya di e-commerce partner yakni Shopee, atau di website resmi realme Indonesia.

Spesifikasi realme 8:                                      :

Dimensi & Berat (mm&gram)160.6 x 73.9 x 7.99 mm / 177 gram
SIM & JaringanDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by); 4G LTE/HSPA+/3G/2G
Sistem Operasi (OS)Android 11 + realme UI 2.0
Memori eksternalmicroSD up to 256GB
Layar inci – Tipe Screen6.4 inci Super AMOLED, FHD+ (1080 x 2400 pixels),~411 ppi; Aspect rasio 20:9, Always-on display
Prosesor/ CPUOcta-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55), Mediatek Helio G95 (12 nm) / Mali-G76 MC4 GPU
RAM & Internal Storage8GB RAM / 128GB ROM
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang (Triple): 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.73″, 0.8µm, PDAF + 8 MP, f/2.3, 119˚, 16mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm + 2 MP, f/2.4, (macro) + 2 MP, f/2.4, (depth); LED flash, HDR, panorama Video: 4K@30fps, 1080p@30/60/120fps, gyro-EIS Depan: 16 MP, f/2.5, (wide), 1/3.0″, 1.0µm; HDR, panorama Video:  1080p@30/120fps, gyro-EIS
Baterai jenis (jenis)Li-Po 5000 mAh (non-removable), 30W Dart Charge
HargaRp 3.599.000,- sementara untuk Early bird sale Rp 3.399.000

Fitur Utama realme 8:

Removable batteryTidakIn-Display FingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaQuad Kamera BelakangYa
NFCYa4K video recordingYa
InfraredTidakVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYaRadio FMTidak

Kesimpulan Plus Minus (+/-)     :

KelebihanKekurangan
Desain Trendi
Layar Super AMOLED
Quad Camera 64MP
Baterai 5000 mAh
30W Dart Charge
NFC
Tidak ada radio FM
Paket penjualan tanpa earphone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here