Home NEWS Review OPPO Reno8 T 5G: Layar Lengkung dan Kamera 108MP

Review OPPO Reno8 T 5G: Layar Lengkung dan Kamera 108MP

Review Reno8 T 5G layar lengkung

tabloidpulsa.id – Oppo Reno8 T 5G hadir sebagai perangkat Reno8 T Series paling premium, dengan menawarkan sejumlah fitur canggih dan layar AMOLED yang melengkung di bagian sisi kanan kiri, serta koneksi siap 5G. Menjadi jawaban OPPO terhadap tren ponsel berlayar lengkung yang mulai hadir di perangkat kelas menengah.

Membawa visual yang menarik, ponsel ini pun tetap ditemani dengan sejumlah teknologi yang mumpuni. Mulai dari chipset yang kuat , RAM berukuran besar dan sejumlah peningkatan di sisi kamera yang mampu menangkap gambar dalam resolusi besar.

review oppo reno8 T 5g tampak belakang

Harga: Rp 5.999.000 (8/128 GB), Rp 6.499.000 (8/256 GB)
Pilihan Warna: Midnight Black, Sunrise Gold
Paket Penjualan: Smartphone OPPO Reno8 T 5G, silicon case, Charger adapter SuperVOOC 67W, kabel data USB Type C, pin ejector, buku manual

SPESIFIKASI

Dimensi & Berat (mm&gram)162.3 x 74.3 x 7.7 mm/ 171 gram
SIM & JaringanHybrid Dual Nano SIM, 5G, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)ColorOS 13 berbasis Android 13
Supported storage eksternalYes, MicroSD card up to 1TB
Layar inci – Tipe Screen6.7 inci, ~93.76% screen-to-body ratio, 1080 x 2412 pixels, AMOLED 120 Hz, ASAHI Glass AGC DT-Star2
Prosesor/ CPUQualcomm Snapdragon 695 5G (6nm); CPU Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 660 Gold + 6×1.7 GHz Kryo 660 Silver), GPU: Adreno 619
RAM & Internal Storage8 GB RAM/ 128 GB ROM
8 GB RAM/ 256 GB ROM
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Triple:
108 MP Main Camera F/1.8
2MP Depth Camera F/2.4
2MP Microscope F/3.3
Video: 1080p@30fps  

Depan Single: 32MP F/2.4
Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)4800 mAh Lithium (non-removable), SuperVOOC 67W
Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyYa4K video recordingTidak
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa
KELEBIHANKEKURANGAN
Desain dengan layar lengkung seperti flagshipTidak ada kamera UltraWide
Ukuran tipis enak digunakan berlama-lamaTidak bisa merekam video 4K
Chipset Snapdragon 695 5G dengan penggunaan daya yang efisienTidak ada colokan audio 3.5 mm
Kamera 108MP terbukti tajam di kondisi 
SuperVOOC 33W pencahayaan optimal 
Support Codec Bluetooth HD Audio, LDAC dan LHDC 
SuperVOOC 67W, isi daya lebih cepat dan aman 

Desain

Baca Juga:  Kemana Perginya Game Space di OPPO Reno7 Series?

Sebagai produk Reno8 T Series yang paling premium, desain Reno8 T 5G terlihat lebih mencolok. Masih tipis dan nyaman digenggam seperti varian 4G nya, tapi lebih solid berkat hadirnya layar curve 3D sehingga bagian tepi ponsel makin enak dipeluk menggunakan jemari kita.

Seperti yang kita ketahui, tidak ada varian dengan kulit sintetis di Reno8T 5G. Namun demikian pilihan warna yang tersedia masih tetap menarik yakni Midnight Black dan Sunrise Gold. Dengan teknologi OPPO Glow, maka sejatinya material back cover tidak akan mudah kotor karena sidik jari, meskipun mungkin masih akan memberikan sedikit efek licin.

Tata letak lensa kamera utama yang dibuat menyatu 2 lingkaran dalam 1 bentukan oval menjadikan tampilannya mengingatkan kita dengan Reno8 T varian 4G. Bedanya di sini lingkarannya lebih besar dan lebih kompleks.

Baca Juga:  Indosat Ooredoo Hutchison Siap Gelar IDCamp X KADIN 2023
review oppo reno8 T 5g kamera belakang

Di bagian depan, kita akan menemukan lensa kamera selfie dalam bentuk punch hole yang memposisikan diri di tengah-tengah layar atas. Tidak lagi di salah satu sudut layaknya ponsel-ponsel Reno lain.

Sementara untuk lubang port, Reno8 T 5G hanya menyediakan satu lubang koneksi saja, yakni USB Type C. kabar yang menyedihkan bagi penggemar colokan audio 3.5 mm.

review oppo reno8 T 5g portasi

Layar

Biasanya kita menemukan layar curve pada ponsel-ponsel flagship. Semisal Seri Find X di keluarga OPPO. Namun sekarang hadir di ponsel kelas menengah ke atas atau turun ke seri Reno.

Layarnya sendiri merupakan layar berpanel AMOLED dengan ukuran 6,7 inci dengan bentangan sampai ke bagian sisi dengan cara membuat lekukan di sepanjang tepian kanan dan kiri, dan menyisakan bezel yang tipis baik di atas maupun di bagian bawah layar.

Baca Juga:  Review realme Watch S Pro: Tetap Trendi, Fitur Kian Melimpah
review oppo reno8 T 5g punch hole

Layar ini juga membawa Refresh Rate 120 Hz, sehingga nyaman untuk digunakan menikmati konten dan browsing konten sosmed di beberapa aplikasi. Juga menjadikannya lebih responsif ketika digunakan bermain game.

review oppo reno8 T 5g layar curved

UI dan Software

OPPO Reno8 T 5G membawa ColorOS 13 berbasis Android 13. Sudah kita maklumi merupakan Custom UI terbaik karena menawarkan tampilan yang sederhana, mudah digunakan dan menyajikan beberapa fitur menarik. Semisal tentu saja RAM Expansion, Game mode, fitur kamera dan editing dan sebagainya.

review oppo reno8 T 5g UI home screen

Chipset dan Memory

OPPO Reno8 T 5G diperkuat oleh chipset besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 695 5G dengan fabrikasi 6nm. Merupakan chipset 5G kelas menengah yang banyak digunakan oleh ponsel lain di rentang harga segini.

Chipset ini membawa CPU 8 inti dengan konfigurasi 2 x Kryo 660 Gold dengan speed 2.2 GHz dan 6 x Kryo 660 Silver di speed 1.7GHz. Kryo 660 Gold sendiri merupakan chip dengan basis Cortex-A78, sementara Kryo 660 Silver berbasis Cortex-A55. Sudah cukup mumpuni di kelasnya.

review oppo reno8 T 5g benchmarks

Sementara di sisi grafis, Chipset ini membawa GPU Adreno 619 yang juga dikenal bandel untuk menjalankan game berat. Geshin Impact misalnya, bisa bertahan stabil di 30fps dalam beberapa waktu permainan.

Sementara game MOBA semisal Mobile Legend, mampu diset ke pengaturan grafis tertinggi alias Ultra.

Smartphone ini membawa RAM 8GB dengan pilihan ROM 128 GB dan 256 GB. Juga fitur RAM Expansion hingga 8 GB yang akan memungkinkan akselerasi hardware makin baik.

Kamera 108MP

Menggunakan teknologi bining terbaru, kamera OPPO Reno8 T series, termasuk Reno8 T 5G ini mampu menangkap gambar hingga 108MP dalam mode Hi-Res. Apa yang terjadi jika kit amenangkap gambar dengan mode ini? hasil foto akan besar dari sisi kapasitas filenya, dan jika kita crop, kualitasnya tidak berubah. Terutama jika endingnya adalah halaman sosmed kita.

Pihak OPPO sendiri mencoba membuktikan ketajaman kamera ponsel ini dengan melakukan serangkaian pameran foto yang diambil langsung dari ponsel, dan dicetak dengan kertas foto Fuji Pearl Paper berukuran 120 x 185 cm. Acara ini berlangsung hingga 15 Maret kemarin.

Selain kamera 108MP, Reno8T 5G juga membawa kamera 2 MP untuk keperluan microscope dan 2 MP untuk kebutuhan depth. Serta satu kamera depan 32 MP yang menjadi andalan OPPO.

Baterai dan Fast Charging

OPPO Reno8 T 5G dibekali denga baterai mumpuni dengan kapasitas 4800 mAh. Baterai ini mampu mengusung ponsel untuk dapat bertahan seharian, dalam beragam skenario, termasuk untuk foto-foto.

Menariknya Reno8 T 5G termasuk ponsel Reno dengan dukungan SuperVOOC terbaik, yakni 67W. Mampu mengisi penuh baterai dari nol hanya dalam waktu 44 menit saja.

Kesimpulan

OPPO Reno8 T 5G merupakan ponsel Reno dengan sentuhan berbeda. Layar lengkung atau curve display menjadikannya terlihat seperi ponsel flagship. Tipis, enak digenggam, dan tidak membutuhkan banyak ruang saat disimpan. Namun lebih dair itu semua, ponsel ini membawa kamera yang tajam dan pengisian daya super cepat yang bakal banyak dimanfaatkan.

Previous articleTelkomsel Siap Sambut Momen RAFI 2023
Next articleProdusen Game Lotum Kini Gunakan Couchbase Capella DBaaS
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here