Home REVIEW Review OPPO Pad Air, Tablet Pertama yang Menjanjikan

Review OPPO Pad Air, Tablet Pertama yang Menjanjikan

tablet oppo pad air

tabloidpulsa.id – OPPO akhirnya menjual tablet pertama mereka di pasar Indonesia. Sebuah pendekatan yang menarik menggunakan dukungan penuh dari aksesoris yang mumpuni untuk meningkatkan produktivitas penggunanya. Dijual dengan harga 4 juta kurang sedikit, tablet ini bukan sekedar ponsel yang diperbesar. Ia bisa digunakan untuk beragam kegiatan, termasuk menggambar digital.

OPPO Pad Air dijual dengan harga RP 3.999.000. Dengan harga segini kita akan mendapatkan hanya tablet saja, namun OPPO Indonesia telah menyediakan sejumlah aksesoris yang penting. Bisa Anda pilih saat melakukan transaksi di OPPO Store dengan harga yang relatif terjangkau.

Harga: Rp 3.999.000
Pilihan Warna: Abu-abu
Paket Penjualan: tablet, kabel data USB Type C, Charger Adapter, Kartu garansi, Ejector, Panduan cepat

Dimensi & Berat (mm&gram)245.1 x 154.8 x 6.9 mm/  440 gram
SIM & JaringanNo SIM, WiFi
Sistem Operasi (OS)ColorOS 12.1, berbasis Android 12
Supported storage eksternalYes, MicroSD card hingga 512 GB
Layar inci – Tipe Screen10.36 inci, ~84.2% screen-to-body ratio, 2000 x 1200 pixels, IPS LCD, 60Hz
Prosesor/ CPUQualcomm Snapdragon 680 (6nm); CPU Octa-core (4×2.4 GHz Kryo 265 Gold + 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver), GPU: Adreno 610
RAM & Internal Storage4 GB RAM/ 64 GB ROM  
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Single:
8 MP f/2.0 Video: 1080p 30fps, 720p 30fps  

Depan Single:
5 MP f/2.2
Video: 1080p@30fps, 720p 30fps
Baterai jenis (jenis)7100 mAh Li-ion (non-removable), 18W

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintTidak
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMTidakMemory externalYa
3G HSDPATidakGyroscopeYa
4G LTETidakStereo SpeakerYa
5G ReadyTidak4K video recordingTidak
NFCTidakVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortTidak

PLUSMINUS

KELEBIHANKEKURANGAN
Desain tipis dan ringanTidak ada colokan audio 3.5 mm
Chipset mumpuni untuk multitasking dan fungsi yang cukup berat. Termasuk game kasualTidak ada seluler
RAM expansion hingga pilihan 3GB
Layar yang support stylus 
Layar IPS 10.36 inci, luas untuk ditonton beramai-ramai 
4 spaker stereo dengan teknologi Dolby Atmos 

Desain

Baca Juga:  Review Huawei FreeLace Pro: Tampil Premium dengan Fitur ANC

OPPO Pad Air memiliki tampilan yang menarik sebagai sebuah tablet. Bukan hanya ukurannya yang terbilang tipis dengan ratio ukuran yang mendekati 19:6, tetapi juga penambahan ornamen pada back cover membuatnya seirama dengan tablet OPPO lain yang tidak berhasil launching di Indonesia.

Motif bak gundukan pasir yang terkena angin pada bagian belakang tablet ini menjadi karakter utama OPPO Pad. OPPO menyebutnya sebagai tekstur 3D Sunset Dune. Namun karena Pad Air merupakan produk pertama yang hadir di Indonesia, kita boleh berpikir bahwa tren desain seperti ini bakal hadir kembali di tablet selanjutnya, atau setidaknya melakukan pendekatan yang serupa.

Yang pasti bagian back cover tablet ini didesain dengan tekni OPPO Glow. Sama dengan produk-produk ponsel mereka. Dengan teknik ini bagian belakang tablet tidak akan mudah kotor karena sidik jari, bahkan cukup tahan terhadap goresan minor.

Hanya 440 gram dengan ketebalan 6.94 mm alias tidak sampai 1 cm, tablet ini akan memanjakan kita saat melakukan pekerjaan menggunakan tablet ini. Kita bisa berpindah posisi sesuka kita, memasukkannya dalam tas selempang, atau backpack tanpa ada rasa khawatir memenuhi barang bawaan.

Tersedia hanya tiga tombol, yakni 1 power dan 2 volume yang berada saling berdekatan membentuk sudut siku-siku. Di salah satu sudut yang memiliki kamera belakang. Dan juga lensa kamera depan yang diletakkan simetris saat tablet diposisikan landscape alias horisontal.

Letak kamera, tombol-tombol dan posisi logo OPPO di back cover memberi kesimpulan bahwa OPPO Pad Air sejatinya dinikmati untuk posisi horisontal atau landscape. Hal ini diperkuat juga dengan kehadiran lubang speaker di kedua sisi kanan dan kiri ketika dalam posisi ini.

Tidak tanggung-tanggung OPPO Pad Air menyediakan 4 lubang speaker, dengan konfigurasi 2 lubang speaker di masing-masing sisi. Menghasilkan output adio yang kencang, juga terseparasi stereo dengan teknologi Dolby.

Sementara untuk kebutuhan charging dan transfer data, ada port USB Type C di salah satu sisi, sehingga tidak akan mengganggu ketika harus melakukan charging sambil menonton konten kesayangan. Sayangnya tidak ada colokan audio 3.5 mm dan slot SIM Card di tablet ini. Sehingga koneksi internet hanya bisa mengandalkan WiFi dan untuk mendengarkan audio secara pribadi bisa menggunakan Bluetooth.

Baca Juga:  Review Redmibook 15, Laptop Pertama Langsung Menggoda

Display

OPPO Pad Air menggunakan layar IPS dengan ukuran 10.36 inci. Memiliki ratio layar yang cenderung melebar dengan resolusi 2K atau setara 2000 x 1200 pixel, alias ada di atas FHD. Mendukung gamut warna yang lebar hingga tipikal 71%  NTSC, untuk menonton video di layar ini sih sudah cukup mumpuni. Meski tidak bisa dibilang sangat akurat.

Terutama bagi Anda yang demen nonton tayangan video dengan format HDR10 atau HLG, karena layar OPPO Pad Air mendukung dua format tayangan HDR tersebut. Menarik bukan?

sketchbook on oppo pad air

Bezel pada layar tablet ini bisa dibilang cukup tipis yakni 8mm di setiap sisi. Membuat kita puas menikmati layar yang mengisi lebih dari 83,5% area depan tabelt OPPO Pad Air ini. Menariknya, seperti halnya pada ponsel, OPPO membawa teknologi Eye-Care di Pad Air. Jadi kita tidak perlu lagi risau saat menggunakannya dalam frekuensi yang cukup tinggi.

Apalagi ini tablet yang bisa kita gunakan untuk membaca majalah digital sebelum tidur, membaca alkitab, dan hal-hal lain untuk mengundang rasa kantuk hadir di temaramnya kamar.

Software dan OS

OPPO Pad Air hadir langsung dengan ColorOS 12.1 yang memiliki keunikan. Meski tanpa disebut tablet version, tampilannya sangat adaptif dan bisa klop untuk memanfaatkan lebar layar yang dibawa. Tidak lagi tampak seperti OS versi ponsel yang diperbesar.

Dari tampilan pada setting, hingga home screen yang tampil ala desktop membuatnya terlihat berbeda dari pengalaman menggunakan ponsel OPPO. Terlebih dengan hadirnya fitur dual windows yang memanfaatkan luas layar untuk menampilkan dua aplikasi berbeda sekaligus, maka secara sistem OPPO Pad Air sudah siap untuk meningkatkan produktivitas penggunanya.

Baca Juga:  Review POCO X3 GT: Bawa Chipset Baru, Performa Powerful
OPPO Pad Air

PR-nya memang tidak semua aplikasi mendukung tampilan dual windows ini. Tapi sudah pasti semua aplikasi bisa diset menjadi floating windows. Sehingga kita bisa bekerja sambil menonton tayangan anime kesukaan dalam satu waktu yang sama.

Selain Multi windows dan floating windows, tablet OPPO Pad Air ini juga mendukung  multi-screen connect. Kita bisa menghubungkan ponsel OPPO ke tablet ini, atau bisa juga dihubungkan ke Laptop Windows untuk mengirimkan data, input hingga menggunakan jaringan internet ponsel yang terhubung.

Chipset dan Memory

Tablet OPPO pertama ini membawa chipset besutan Qualcomm, Snapdragon 680. Chipset ini merupakan chipset yang membawa modem 4G LTE dengan fabrikasi 6nm. Terkenal memiliki efisiensi daya yang tinggi dan merupakan chipset 4G yang lumayan up to date.

Chipset ini membawa 8 inti CPU, terdiri dari 4 inti Kryo 265 Gold 2.4GHz dan 4 inti Kryo 265 Silver 1.8 GHz. Juga GPU Adreno 610 yang merupakan chip grafis kelas menengah ke atas. Dengan spesifikasi seperti ini performa OPPO Pad Air bisa dibilang mumpuni untuk kelas harga yang ditawarkan.

Untuk mengamankan fungsi multitasking tablet Pad Air, OPPO juga menyiapkan RAM sebesar 4GB. Yang bisa ditambah hingga 3GB dengan fitur RAM Expansion. Fitur ini cukup membantu untuk meningkatkan performa table OPPO Pad Air ini.

Sebagai media penyimpanan, OPPO meneydiakan ROM sebesar 64GB yang bisa ditambahkan dengan Memori tambahan dengan jenis MicroSD card hingga 512GB.

Baterai

OPPO Pad Air hadri dengan baterai berkapasitas besar. Wajar saja mengingat tablet ini memiliki layar besar dan fungsi yang relatif lebih berat ketimbang ponsel. Beruntung tidak ada teknologi seluler di tablet OPPO ini, sehingga mengurangi beban daya OPPO Pad Air.

Baterainya sendiri berkapasitas 7100 mAh dengan pengisian daya berstandar PD (power Delivery) dengan output 9V/2A alias 18 Watt.

Aksesoris Tambahan

OPPO Pad Air ini menarik karena mendukung Stylus kapasitif untuk kita melakukan tanda tangan digital ke pdf, atau berkreasi membuat sketsa dan gambar-gambar di waktu luang. Atau sekedar bermain bersama anak untuk mewarnai gambar.

OPPO Indonesia menyediakan beberapa pilihan aksesoris untuk OPPO Pad Air. Selama persediaan masih ada, kita bisa menambahkan aksesoris ini ketika kita membeli tablet OPPO Pad Air di OPPO Store.

Ada cover, Smart Keyboard dan Smart Stylus. Smart Cover dijual dengan harga Rp 299.000 saja, sementara Smart Keyboard di Rp 799.000, sedangkan Smart Stylus dijual dengan harga Rp 699.000. Kita akan bahas mengenai tiga aksesoris ini di tulisa berbeda.

Kamera

Meskipun hadir hanya sebagai pelengkap, kita tidak bisa mengesampingkan pentingnya kamera di OPPO Pad Air. Pasalnya tablet OPPO Pad Air bisa digunkaan untuk melakukan meeting online. Memanfaatkan kamera depan 5MP kita bisa bercakap via video dengan beberapa orang sekaligus.

Sementara kamera 8MP di belakang bisa kita manfaatkan untuk mengabadikan obyek gambar yang bisa kita kerjakan di lain waktu. Sambil membuat sketsa, dan mencocokkan warna gambar kita dengan aslinya.

Kesimpulan

Sebagai tablet pertama OPPO di Indonesia, OPPO Pad Air mampu memperlihatkan keseriusan OPPO dalam membuat perangkat yang nantinya bisa saling terhubung satu sama lain, atau bahasa kerennya melengkapi eksosistem perangkat pintar mereka. Tidak mudah untuk menyajikan tablet yang multi fungsi dengan harga terjangkau dan bisa tetap memenuhi kebutuhan performa penggunanya, namun OPPO Pad Air mampu menjawabnya dengan positif. Tentunya masih ada beberapa catatan dan itu bisa diperbaiki di produk selanjutnya.

Previous articlePengaturan Keamanan dan Privasi Terbaru Samsung Permudah Kelola Data Pribadi
Next articleDANA Tutup Tahun 2022 dengan Menjadi “Top Improvers”
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here