Home REVIEW Review OPPO A16: Harga Ringan, Cocok Buat Berjualan Online

Review OPPO A16: Harga Ringan, Cocok Buat Berjualan Online

oppo a16 online

tabloidpulsa.id – Tak terasa kita sudah memasuki tahun kedua di masa pendemi yang tetap memaksa kita untuk mengurangi aktivitas, hanya di rumah saja. Di masa ini, di luar dugaan justru muncul alasan-alasan baru kenapa kita harus berganti ponsel. Salah satunya adalah hobi baru berniaga atau jualan barang lewat online. Dengan harga yang ditawarkan, OPPO A16 merupakan salah satu ponsel yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan online tersebut

Dibanderol dengan harga relatif terjangkau, anggota A series OPPO A16 menawarkan kemampuan fotografi yang apik untuk bisa ditampilkan di lapak online Anda. Ditambah dengan ColorOS 11.1 yang powerful, akan meningkatkan value foto tersebut dengan fitur-fitur menarik lainnya.

Produk ini sudah dirilis Juli lalu dan kami sudah menggunakannya untuk beberapa kegiatan termasuk nge-game, nonton, dan simulasi jualan produk lewat lapak online.

Harga: Rp 1.999.000,-
Pilihan warna: Space Silver, Crystal Black
Paket penjualan: Ponsel OPPO A16, Silikon Case, Charger adapter, kable data USB Type C, Buku manual

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)163.8 x 75.6 x 8.4 mm / 190 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G
Sistem Operasi (OS)ColorOS 11.1 berbasis Android 11
Supported storage eksternalYa MicroSD hingga 256 GB
Layar inci – Tipe Screen6.52 nci, 720 x 1600 pixels (~ ppi density), IPS LCD 60Hz, 480 nits
Prosesor/ CPUMediatek Helio G35 (12 nm) (Octacore: 4×2.3 GHz Cortex-A53, 4×1.8 GHz Cortex-A53), GPU PowerVR GE8320
RAM & Internal Storage3 GB RAM / 32 GB ROM eMMC 5.1
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Triple: 13 MP, f/2.2 (wide); 2 MP Macro camera, f/2.4, 2 MP Depth Camera F/2.4 Video:  1080p@30fps
Depan Single: 8 MP, f/2.0 (wide), 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh, 10W charging

FITUR CHECK LIST:

Removable batteryTidakGPSYa
MultitouchYaFingerprintYa
Dual SIMYaDual Kamera DepanTidak
3G HSDPAYaMemory externalYa
4G LTEYaGyroscopeYa
5GTidakQuad Kamera BelakangTidak
NFCTidak4K video recordingTidak
InfraredTidakVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
KelebihanKekurangan
Layar terang dengan teknologi Eye-Care.
Baterai berkapasitas besar 5000 mAh.
Kamera dengan hasil apik di pencahayaan yang optimal.
Tipis dan relatif ringan.
ColorOS 11.1 ringan dan lancar.
Performa standar ponsel Entri, bisa ngegame, tapi terbatas.
Tidak membawa pengisian daya yang lebih besar. Meskipun mengisi power semalaman terbukti aman dengan pengaturan suhu.  

Desain Tipis Kekinian

Baca Juga:  Review OPPO Enco Air2 Pro | Dengan ANC dan IP54

Harga yang dibanderol produk ini membuatnya masuk ke dalam kelompok ponsel entri tapi sedikit di kategori yang lebih mewah. Atau dengan kata lain mendekati kelas mid low.

Maka wajar apabila tampilan ponsel ini tidak begitu berbeda dari sejumlah ponsel OPPO yang lebih mahal. Desain tipis meskipun kita tahu bahwa ponsel ini membawa baterai berkapasitas besar.

Untuk menguji kenyamanan desain ponsel ini kami pun sering meletakkan ponsel di saku belakang celana jeans dan beraktivitas seperti biasa. Dan kami tidak menemukan kesulitan berarti dalam bergerak ataupun duduk dalam waktu yang lama.

Disclaimer: tetap tidak direkomendasikan untuk menyimpan ponsel ini di saku belakang celana untuk menghindari terjatuh atau tertinggal di sofa, juga kerusakan yang mungkin terjadi.

Sayangnya bahan material back cover ponsel ini relatif mudah kotor karena sidik jari atau tangan yang berkeringat. Untuk itu Anda perlu memasang casing silikon bawaannya agar tidak sering-sering membersihkan area back cover OPPO A16. Sekaligus menghindari goresan yang mungkin terjadi karena penggunaan yang ekstrim.

Meskipun OPPO A16 telah mendapatkan sertifikasi IPX4 waterproof, bukan berarti Anda bisa menggunakannya sambil berenang. IPX4 menandakan bahwa Anda tidak perlu khawatir ketika hujan, karena cipratan air yang minim atau tetesan embun dari gelas es teh manis Anda tidak akan merusak ponsel.

OPPO A16 memiliki dua pilihan warna. Bagi yang suka warna cerah ada Space Silver, sementara Crystal Black akan menjadi warna pilihan bagi mereka yang suka warna gelap. Keduanya menawarkan efek glossy yang sama dengan pendaran cahaya yang atraktif.

Kamera utama diletakkan di sudut kiri atas bagian belakang ponsel. Membawa tiga lensa dan lampu flash LED dalam area persegi empat yang memanjang. Sementara untuk sensor sidik jari diletakkan di area samping, bersama tombol power. Layaknya ponsel yang meletakkan sensor sidik jari di posisi serupa, tombol power dibuat lebih rendah dari bagian tulang samping ponsel.

Dikarenakan sensornya merupakan sensor fisik tanpa penghalang yang berarti, responnya pun terbilang sangat cepat. Bayangkan jika sensor sidik jari ini kemudian dikombinasikan dengan face recognition.

Ponsel ini membawa lubang Input Output yang lengkap. Yakni USB Type C untuk input data dan daya, serta jack audio 3.5mm untuk digunakan bersama dengan headset kabel favorit Anda. Keduanya diletakkan di bagian bawah ponsel.

Terakhir, bagian muka ponsel seperti biasa didominasi oleh layar. Kali ini di A16, OPPO menggunakan desain layar dew drop alias poni super mungil untuk meletakkan lensa kamera depan, tepat di bawah celah earpiece yang dibuat setipis mungkin.

Baca Juga:  Review ROG Phone 5s Pro | Versi Terbaik, Tetap Dikemas Unik

Layar Lebar dengan Eye Care dan ColorOS 11.1

Memanfaatkan layar berukuran 6.52 inci dengan panel IPS, ponsel ini menyuguhkan tampilan dalam resolusi 720 x 1600 pixel atau HD+ dengan kecerahan tipikal mencapi 480 nits. Jenis layar seperti ini akan menampilkan gambar dan semua UI dengan apik, tanpa terlihat terlalu gelap ataupun terlalu terang. Standar ponsel kelas entri sampai mid-low sih ya. Tidak ada yang bisa dikritisi di sisi ini.

Saat digunakan untuk bermain game dan menonton, bagaimanapun jadi tidak membebani kerja chipset bagik di CPU, GPU maupun memori. Dan ini adalah jalan yang masuk akal untuk ditempuh A16.

Karena menggunakan desain dew drop, maka ada sedikit bagian layar yang terpakai oleh kamera yang menjorok ke dalam. Hanya sedikit saja dan tidak mengganggu tampilan baik saat menonton konten dalam layar penuh, maupun bermain game.

Dengan layar selebar ini, kita bisa menggunakan fitur split screen dengan lebih baik, memanfaatkan sebagian layar untuk kegiatan berbeda, semisal menjawab pesan pelanggan sambil nonton Youtube?

Salah satu kelebihan OPPO A16 adalah ponsel ini dirilis sudah menggunakan COlorOS terbaru, versi 11.1. Custom OS milik OPPO yang pernah didapuk sebagai Custom OS dengan performa terbaik versi salah satu perusahaan benchmark ini memiliki sejumlah fitur bawaan yang apik.

Di sisi layar atau tampilan, kita bisa manfaatkan salah satu fitur ColorOS 11.1 yakni AI Smart Backlighting, Sunlight Screen dan Moonlight Screen. Tiga sekawan fitur signatur dari layar Eye-care display milik OPPO yang berfungsi untuk mengurangi kerusakan mata akibat perubahan cahaya atau kedipan yang terus menerus, terutama saat digunakan di berbagai kondisi pencahayaan

Semisal saat membaca dan menonton di keremangan kamar tentu akan memberikan efek berbeda dengan cahaya luar ruangan saat siang hari. Nah dengan fitur ini kita bisa menyesuaikan kecerahan dan warna pada layar untuk bisa menyesuaikan sehingga mata kita akan lebih nyaman.

Buat pengguna ColorOS 11.1 pertama, mungkin Anda akan segera merasakan betapa sederhana tampilan yang disajikan, mudah dimengerti dan bersih. Lalu selanjutnya Anda akan lebih dapat menghargai waktu dengan sejumlah fitur-fitur menarik semisal AI Startup Optimizer, System Booster, dan pemantauan harian.

Ketiga fitur di atas akan mengoptimalkan hardware untuk bisa berjalan lebih tahan lama, cepat dibuka dari home screen, dan melacak aplikasi apa saja yang berjalan di belakang sistem.

Baca Juga:  realme narzo 20 Pro Review : Smartphone Game Berlayar 90 Hz dengan 65W SuperDart Charge dan Helio G95

Lalu ada juga yang akan meningkatkan efisiensi pekerjaan kita. Semisal penerjemahan foto menggunakan tiga jari yang ditahan agak lama di teks yang ingin diterjemahkan. Juga flexDrop yang memungkinkan kita membuka aplikasi dalam layar kecil yang mengambang.

Bagi yang menggunakan ponsel ini untuk ngegame juga, Anda bisa memanfaatkan Game Space. Hampir semua fitur yang ada di ponsel-ponsel ColorOS 11.1 ada di gamespace ini, terutama untuk bullet notification. Memudahkan kita membaca pesan masuk saat bermain game, tanpa mengganggu permainan.

Performa Terjaga dengan Suhu Terkontrol

Sebagai ponsel yang disasar untuk kelas entri, chipset yang dibawa oleh OPPO A16 termasuk lumayan powerful. Terlebih jika kita melihat perpaduan hardware yang dibawa, semisal resolusi display, kamera dan baterai. Mediatek Helio G35 yang membawa inti CPU yang agak jadul Cortex A53, mempunyai sejumlah fitur terkait peningkata performa gaming.

Chipset ini membawa CPU dengan 8 inti atau Octa-core. Terdiri dari 4 inti Cortex A53 dengan Clock Speed 2.3GHz dan 4 inti Cortex A53 dengan clock speed 1.8Ghz. Membawa GPU PowerVR GE8320 dengan RAM 3GB dan ROM 32GB.

Kalau 32GB ruang penyimpanan internal ini kurang untuk Anda, A16 masih menyediakan ruang Kartu Memori tambahan hingga 256GB. Jadi selalu ada ruang kosong yang bisa Anda manfaatkan baik untuk menyimpan file foto barang jualan, video review produk Anda ataupun video drama berseri-seri untuk ditonton saat waktu luang.

Ponsel ini membawa baterai berkapasitas besar 5000 mAh. Dengan pengisian daya standar 10W. SUdah barang tentu akan menghasilkan panas yang cukup tinggi, bersama dengan chipset yang juga siap digenjot, maka kontrol suhu rasanya sangat dibutuhkan.

OPPO A16 sudah menyiapkan 5 sensor suhu yang ditempatkan secara strategis di beberapa bagian ponsel. Sensor ini kemudian dapat secara akurat merasakan sumber panas, untuk kemudian mengontrol asupan daya, semisal saat melakukan pengecasan baterai.

Triple Camera yang Bisa Diandalkan

Salah satu alasan mengapa kami merekomendasikan ponsel ini untuk kegiatan berniaga online adalah kamera yang bisa diandalkan. Membawa tiga kamera belakang dan satu kamera depan dengan hasil yang memuaskan, terutama saat digunakan di ruangan dengan pencahayaan yang optimal, kamera ponsel ini bisa memperlihatkan detil produk yang Anda inginkan.

Kita mulai dari kamera utama. Kamera ini terdiri dari tiga lensa, yakni 13 MP kamera utama, 2MP kamera bokeh (depth) dan 2MP kamera makro. Untuk menghasilkan gambar yang paling sesuai, mungkin Anda perlu mengenali kamera ponsel ini terlebih dahulu. Mulai dari fungsi masing-masing lensa, hingga tingkat kecerahan yang paling pas, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut ini ada beberapa contoh foto yang bisa Anda lihat. Baik berupa contoh produk jualan, maupun foto pemandangan sehari-hari yang kami temukan di sekeliling kami. (Tanpa edit warna dan kontras, hanya penyesuaian ukuran atau resize saja)

Hasilnya bagus. Untuk ukuran ponsel kelas harga segini, dari OPPO, warna yang ditampilkan lebih mendekati warna asli, tanpa ada upaya meningkatkan saturasi. Tapi kalaupun Anda mau tone warna berbeda, ada sejumlah filter yang bisa dimanfaatkan.

Tapi meskipun sudah ColorOS 11.1, fitur kamera ponsel ini tidak selengkap produk Reno. Tentu saja, karena keduanya diperuntukkan bagi kelas yang berbeda. Dan karena Reno seperti yang sudah kami jelaskan di review OPPO Reno6 kemarin, merupakan produk yang akan menampilkan fitur kamera terkini milik OPPO.

Kesimpulan

Bagi Anda yang sudah merasakan pentingnya efisiensi dan efektivitas dalam sebuah ponsel Android, dan mau mencoba seenak apa menggunakan ColorOS, maka OPPO A16 merupakan produk yang paling tepat untuk Anda memulai.

Sebagai bonus, ponsel ini membawa performa gaming minimum yang dibutuhkan, juga kamera yang bisa diandalkan. Mereka yang membutuhkan perangkat pas untuk berjualan secara online misalnya, akan dapat memanfaatkan OPPO A16 secara maksimal. Menggunakan kamera sebagai alat untuk mendokumentasi produk yang kita tawarkan, dan koneksi saluran ganda 4G dan WiFi yang akan menemani setiap saat.

Previous articleMi 360° Home Security Camera 2K Raih Sertifikasi Keamanan dari BSI
Next articlePre-order Predator Helios 300 Sudah Digelar
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here