Home REVIEW Review Infinix Hot 30i: Smartphone 1 Jutaan dengan RAM 16GB dan Kamera...

Review Infinix Hot 30i: Smartphone 1 Jutaan dengan RAM 16GB dan Kamera 50MP

Review Infinix Hot 30i

tabloidpulsa.id – Berdasarkan hasil survey yang dilakukan sebuah situs teknologi terdepan, mengungkap bahwa kapasitas memori yang besar di sebuah smartphone menjadi salah satu kebutuhan mendesak konsumen saat ini.

Tak heran jika Sebagian besar produsen ponsel pintar saling berlomba-lomba menggelontorkan perangkat unggulan terbarunya yang didukung kapasitas memori super besar, baik untuk storage internal maupun RAM.

Infinix menjadi salah satu vendor smartphone yang cukup memperhatikan kebutuhan konsumen ini, dan di perangkat terbarunya yakni Hot 30i, Infinix menyiapkan ruang penyimpanan paling besar di kelasnya.

Berdasarkan data teknis, Infinix Hot 30i hadir dengan RAM 16GB yang merupakan gabungan dari RAM default 8GB plus 8GB RAM expansion.

Untuk storage internalnya sendiri, smartphone ini menyediakan kapasitas 128GB yang didukung slot memori ekspansi microSD hingga kapasitas 1TB.

Dengan spesifikasi ini, Infinix Hot 30i digadang-gadang sebagai smartphone sejutaan dengan memori super besar yang ada di pasaran saat ini.

Lantas, bagaimana dengan performa keseluruhannya? Simak review Infinix Hot 30i berikut.

Harga: Rp 1.499.000
Pilihan Warna: Glacier Blue, Mirror Black, Diamond White
Paket Penjualan: Handset Infinix Hot 30i, Silikon case, Charger adapter, Kabel data USB-C, buku manual, kartu garansi, PIN Ejector

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)164 x 75.75 x 8.4 mm/ 191 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi a/b/g/n/ac
Sistem Operasi (OS)XOS v12.0, berbasis Android 12
Supported storage eksternalYes, MicroSD card up to 1TB
Layar inci – Tipe Screen6.56 inci, 103.4 cm2 (~83.2% screen-to-body ratio), 720 x 1612 pixels, 20:9 ratio (~269 ppi density), IPS LCD, 90Hz, 500 nits (peak), WIDVINE L1
Prosesor/ CPUMediatek Helio G37 (12nm); Octa-core (4×2.3 GHz Cortex-A53 & 4×1.8 GHz Cortex-A53), GPU: IMG PowerVR GE8320
RAM & Internal Storage8 GB + 8 GB RAM/ 128 GB ROM 
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Dual:
50 MP, f/1.6 + AI Camera; Dual-LED flash
Camera Video: 1080p@30fps

Depan Single:
5 MP, f/2.0; Dual-LED flash
Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh Li-po (non-removable); 10W Charging (5V/2A)

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerTidak
5G ReadyTidak4K video recordingTidak
NFCTidakVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

PLUSMINUS

KELEBIHANKEKURANGAN
Layar dengan Refresh rate 90HzTidak mendukung jaringan 5G
Memori luas, RAM 8 GB + 8 GB ExtendedLayar IPS LCD
Baterai tahan lamaResolusi Layar Masih HD+
Kamera utama 50MPTidak ada NFC
 

Desain Keren

Di Hot 30i ini Infinix menghadirkan konsep desain kelas menengahnya ke segmen entry-level. Berbeda dengan lini Hot series sebelumnya yang masih kental nuansa smartphone pemula, di perangkat terbaru ini Infinix membalutnya dengan desain yang tampil keren.

Konstruksi fisik Hot 30i kotak dengan permukaan flat. Mirip seri Zero terbaru. Di bagian belakang, terlihat dua buah lensa kamera berbentuk bulatan besar yang disertai satu bulatan kecil LED flash. Formasi modul kamera ini layaknya smartphone flagship kekinian.

Baca Juga:  Review Infinix Hot 30: Smartphone Gaming 1 Jutaan Punya NFC

Sisi belakang terlihat lebih ciamik lagi dengan hadirnya lapisan serupa kaca, serta garis-garis unik dengan pola khusus yang akan memancarkan gradasi warna layaknya berlian. Hanya saja, desain glossy ini membuat bodi belakang Hot 30i mudah kotor dan gampang meninggalkan bekas sidik jari.

Soal kenyamanan saat digenggam dan digunakan, sepertinya Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, smartphone ini memiliki bobot yang cukup ringan dengan berat hanya sekitar 191 gram. Bodinya pun terbilang tipis, tebalnya hanya 8,4mm. Cocok lah untuk ditenteng saat hang-out bareng rekan-rekan.

Apalagi, Hot 30i juga hadir dengan pilihan warna-warna trendi. Ada Glacier Blue, Mirror Black dan Diamond White. Kebetulan unit yang tabloidpulsa.id tes berwarna hitam alias Mirror Black.

Pada bagian kanan bodi terdapat tombol volume dan panel sensor sidik jari yang sekaligus berfungsi sebagai tombol power.

Sensor fingerprint menjadi pelengkap Face Unlock sebagai fitur keamanan, sekaligus untuk memudahkan Anda membuka kunci layar dengan cepat.

Di sisi bodi sebelah kiri, Infinix Hot 30i meletakan kompartemen kartu SIM. Untuk membukanya menggunakan PIN ejector yang disediakan dalam paket penjualan.

Di dalam slot SIM card ini Anda akan menjumpai dua baki tempat kartu SIM operator dan satu lagi untuk kartu memori tambahan berjenis microSD.

Beralih ke bagian bawah bodi. Ada jack audio 3.5mm, mikrofon, lubang charger USB-C dan corong speaker (mono).

Oiya, untuk yang ingin melindungi bodi perangkat agar tidak mudah baret, Infinix menyertakan softcase di paket penjualannya.

Layar Jernih

Infinix Hot 30i menggunakan layar IPS LCD berukuran 6,56 inci HD+ (720×1612 piksel) dengan rasio aspek 20:9. Layar ini memiliki kecerahan mencapai 500 nits (peak).

Cukup tajam dan jernih untuk menampilkan foto, video, game serta konten aplikasi, bahkan saat digunakan langsung di bawah sinar matahari.

Layar smartphone terbaru Infinix ini memenuhi hampir sebagian besar area depan, membuat tampilan konten jadi terlihat luas saat dipandang mata. Di review Infinix Hot 30i ini kami menemukan sedikit minus yang kerap jadi gunjingan netizen yang maha benar, yakni masih adanya bazel tebal di area dagu bawah layar.

Padahal, dengan banderolan harga yang hanya sekitar satu jutaan saja, spesifikasi layar yang diusung Hot 30i ini sudah terbilang cukup mumpuni.

Sebagai catatan bagi para netizen, di data teknis yang dilampirkan pihak Infinix, Hot 30i ternyata telah mendukung sertifikasi WIDVINE L1 yang artinya dapat menghadirkan tayangan HD saat menonton film Netflix.

Respon layar saat digunakan untuk menelusuri jajaran menu pun terasa lancar, karena layar smartphone ini sudah mendukung refresh rate 90Hz dan 180Hz touch sampling rate.

Poin plusnya, Anda bisa mengatur pilihan refresh rate layar sesuai kebutuhan. Mulai yang paling tinggi 90Hz, yang standar 60Hz, atau Anda juga dapat mengaturnya secara otomatis dengan memilih opsi Auto-switch Refresh Rate.

Baca Juga:  Samsung Galaxy M33 5G | Performa Menjanjikan 5G Ready 4 Jutaan

Keunggulan lain yang juga ditawarkan oleh layar Hot 30i diantaranya dukungan Dark Mode, Eye Care serta opsi personalisasi yang cukup komplit berkat dukungan antarmuka XOS v12.0 berbasiskan Android 12.

Kamera Terbaik di Kelasnya

Inilah salah satu keunggulan utama yang jadi jualannya Infinix Hot 30i. Di perangkat ini, Infinix menanamkan konfigurasi dua kamera dengan resolusi cukup besar yakni 50MP untuk kamera utama dan satu lagi AI camera yang secara spesifik tidak diterangkan besaran resolusinya.

Infinix Hot 30i Camera

Sesuai taglin yang diusungnya “Shining Portrait Photography”, Hot 30i ini menawarkan kemampuan foto portrait yang terbaik di kelasnya lewat sejumlah mode kamera tambahan yang pastinya seru untuk dieksplorasi.

Soal kualitas jepretan, kamera perangkat ini mampu menghasilkan foto dengan detail yang tajam di kondisi dengan pencahayaan melimpah. Namun, kurang maksimal jika berada di tempat dengan cahaya minim.

Untuk mengakalinya, Infinix menghadirkan Dual LED flash di bagian belakang untuk sekadar menambah pencahayaan saat foto-foto di tempat yang agak gelap. Atau bisa juga dengan mengaktifkan opsi HDR untuk meningkatkan ketajaman gambar dengan rentang dinamis dan eksposur yang lebih maksimal.

Antarmuka kamera yang tawarkan Hot 30i tergolong standar. Anda akan menjumpai sejumlah mode kamera seperti Slow motion, videoAI cam, beauty, portrait dan AR shot. Sayangnya, tidak ada pilihan mode Pro atau manual di perangkat ini.

Untuk opsi Night mode, juga diatur secara otomatis. Jadi, Ketika Anda berada di lokasi yang gelap, maka secara otomatis sistem kamera akan mendeteksi cahaya di sekitar dan mengaturnya ke mode malam untuk menghasilkan jepretan yang lebih baik.

Bagi yang hobi vlogging, kamera belakang Hot 30i juga bisa dimanfaatkan merekam video dengan kualitas Full HD 1080 @30fps.

Sementara untuk yang ingin selfie, kamera depan berkekuatan 5MP perangkat ini sudah didukung kecerdasan buatan (AI). Hasil jepretan foto diri ini akan terlihat lebih mulus dan kinclong.

Supaya lebih maksimal, Anda juga bisa mengaktifkan filter, efek beauty serta mode portrait yang dapat membuat gambar latar terlihat ngeblur.

Penasaran dengan hasil foto di review Infinix Hot 30i, bisa melihatnya di bawah ini.

Menurut kami, untuk sebuah ponsel yang dibanderol dengan harga hanya sekitar 1 jutaan, hasil jepretan kamera Infinix Hot 30i ini sudah tergolong cukup apik dan menarik. Masih pantas untuk dipakai mengabadikan momen halal bihalal Lebaran dan dibagikan melalui akun media sosial.

Performa

Urusan performa, Infinix Hot 30i membawa chipset MediaTek Helio G37. Dapur pacu ini membawa konfigurasi CPU delapan inti (octa-core) yang tersusun atas 4×2.3GHz Cortex-A53 dan 4×1.8GHz Cortex-A53. Sementara untuk grafisnya, mengandalkan PowerVR GE8320.

Untuk mendukung kinerja keseluruhan, smartphone ini didukung kapasitas memori yang cukup besar. Bahkan menurut kami super besar untuk ukuran smartphone entry-level yang ada di pasaran saat ini.

Lebih lengkapnya, smartphone ini disokong penyimpanan internal berkapasitas 128GB yang dapat diekspansi menggunakan kartu microSD hingga kapasitas maksimal 1TB. Cukup besar untuk menyimpan dokumen, foto, video, audio maupun file penting lainnya bukan? Jadi, jangan takut kekurangan memori lah ya.

Baca Juga:  Infinix Gandeng Capcut, Ajak Pengguna Berkreasi Tanpa Batas  

Nah yang menjadi sorotan utamanya adalah kapasitas RAM. Di smartphone ini, Infinix menanamkan Random Access Memory default 8GB. Menariknya, Hot 30i didukung fitur MemFusion yakni virtual RAM yang bisa ditambahkan dengan pilihan hingga 8GB yang diambil dari sebagian ROM yang sedang tidak digunakan.

Lewat kombinasi ini, Infinix Hot 30i seolah-olah membawa kapasitas RAM 16GB yang tentunya super besar untuk ukuran smartphone sejutaan. Menarik bukan?

Untuk performa keseluruhan, smartphone ini mampu menjalankan proses multitasking dengan lancar. Akselerasinya dalam membuka dan mengoperasikan aplikasi maupun game-game standar bebas ngelag.

Sebagai pembuktian, kami melakukan pengujian dengan memainkan sejumlah game popular seperti Free Fire, Mobile Legends, dan COD Mobile.

Tidak ada kendala berarti saat memainkan Free Fire maupun Mobile Legends. Bahkan di review Infinix Hot 30i ini untuk Free Fire pengaturan grafis dan FPS bisa diset ke level high. Begitu juga untuk Mobile Legends, pengaturannya bisa diset rata kanan.

Respon sentuhan saat memainkan kedua game ini terasa mulus dan lancar. Bidikan ke lawan, memilih senjata, mengaktifkan skill bisa berjalan tanpa kendala dan membawa Anda kepada kemenangan.

Sementara untuk COD Mobile, di review Infinix Hot 30i ini sistem game memberikan opsi pengaturan grafis di pilihan low dan Frame Rate di High. Proses permainan bisa berjalan mulus. Hanya sedikit terasa ngelag saat melakukan serangan dan menghindar dari gempuran lawan.

Untuk yang bertanya-tanya apakah smartphone ini bisa memainkan Genshin Impact, jawabannya bisa. Tapi, dengan spesifikasi chipset yang diusung Hot 30i tentu saja akan ngelag. Jadi disarankan tidak usah install game ini ya.

Lewat dukungan game mode Anda tetap bisa bermain game dengan santuy tanpa takut terganggu oleh notifikasi dan sebagainya. Lewat pop-up khusus, Anda bisa mengatur untuk menyembunyikan notifikasi, merekam layar saat bermain game, call reject dan sebagainya. Cukup menarik!

Bagi Anda yang masih penasaran dengan performa smartphone ini, kami juga melakukan pengujian menggunakan beberapa plikasi benchmark. Hot 30i menunjukan kinerja yang cukup baik untuk ukuran smartphone sejutaan dengan skor AnTuTu v9.6.0 mencapai 144 ribuan. Setingkat lebih baik dari pendahulunya Infinix Hot 20i yang rata-rata hanya mencapai 102 ribuan.

Berikut daftar benchmark lebih lengkapnya:

Baterai

Kapasitas baterai yang cukup besar menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk memilih sebuah smartphone, dan hal ini dipenuhi oleh Infinix Hot 30i.

Berbekal kapasitas baterai 5000 mAh, smartphone ini akan dapat menunjang aktivitas penggunanya hingga lebih dari satu hari dalam sekali pengisian daya.

Hal ini juga tentu saja tidak lepas dari dukungan sejumlah fitur serta sistem manajemen power yang handal dari Infinix. Perangkat ini mendukung Power Maraton yang di dalamnya berisi sejumlah fitur penting seperti Power Boost, Ultra Power Saving, Smart Power Saving Scene, Battery Optimization dan Battery saver.

Berdasarkan hasil pengujian, untuk posisi baterai 75% saja Hot 30i dapat menyediakan waktu penggunaan normal hingga 13 jam lebih dan untuk standby mencapai 18 jam lebih.

Sayangnya, smartphone ini hanya menyertakan teknologi pengisian daya standar yakni 10W. Namun menurut kami, sistem pengisian daya di perangkat ini sudah tegolong memadai dan baik. Untuk mengisi daya hingga 5% hanya membutuhkan waktu 2 menit.

Oiya, di paket penjualannya tetap disertakan adapter charger 10W loh ya, dengan kabel charger USB-C.

Kesimpulan

Infinix Hot 30i jadi pilihan yang tepat untuk Anda yang tengah mencari smartphone terjangkau dengan spesifikasi memori serta kamera yang Tangguh.

Dengan banderolan harga Rp 1.449.000 (normalnya Rp 1.499.000) untuk first sale mulai 3 Mei 2023, Anda sudah mendapatkan smartphone dengan RAM 16GB plus storage internal 128GB yang mendukung memori ekspansi hingga 1TB.

Selain itu, Anda juga mendapatkan kualitas kamera yang baik dengan lensa utama berkekuatan 50MP dan 5MP kamera selfie. Pas untuk foto serta vlogging dan membagikannya di media sosial biar auto viral.

Daya tahan baterai yang Tangguh serta kualitas layar jernih dengan refresh rate 90Hz yang ditawarkan smartphone ini, pastinya juga akan sangat membantu Anda untuk beraktivitas sepanjang hari.

Nah, untuk yang tertarik dan ingin mendapatkannya bisa langsung mengunjungi toko-toko ponsel di kota Anda, atau bisa juga melalui official store Infinix di e-commerce kesayangan Anda seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dan Blibli.

Penulis: HAIRUDDIN

Previous articleANKER PowerPort 313 Kompatibel dengan Samsung Super Fast Charging
Next articleAcer Chromebook Spin 714 Terbaru Punya Desain Tangguh dan Ramah Lingkungan
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

2 COMMENTS

  1. Kog speknya beda ya dengan yang di webnya Infinix. Di webnya Infinix katanya bukan menggunakan prosesor MediaTek Helio G37 tapi Unisoc T606. Kecepatannya juga bukan 2.3 GHz tapi 1.6 GHz. GPU bukan menggunakan PowerVR GE8320 tapi pakai ARM Mali-G57 MP1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here