Home NEWS Menpora Dito: Rakornas Jadi Sarana Konsolidasi dan Optimalisasi Kepemudaan dan Olahraga

Menpora Dito: Rakornas Jadi Sarana Konsolidasi dan Optimalisasi Kepemudaan dan Olahraga

Menpora Dito Rakornas

tabloidpulsa.id – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo, mengarahkan fokus Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepemudaan dan Keolahragaan Tahun 2023 untuk menjadi panggung konsolidasi dan optimalisasi pelayanan kepemudaan serta keolahragaan di seluruh negeri.

Dalam kunjungannya ke Jakarta untuk meninjau persiapan Rakornas Kepemudaan dan Keolahragaan Tahun 2023, Menpora Dito dengan tegas menyampaikan aspirasinya, “Saya berharap momentum ini dapat membangkitkan semangat gotong royong dalam memajukan dunia olahraga, kesehatan, dan kreativitas bagi warga Indonesia.”

Menpora Dito menjelaskan bahwa tujuan dari Rakornas ini, yang pertama kalinya digelar, adalah untuk menciptakan generasi muda yang kuat serta untuk mengembangkan ekosistem olahraga Indonesia agar semakin berkembang. Karena itu, semua pemangku kepentingan dalam bidang Kepemudaan dan Keolahragaan di seluruh Indonesia diundang untuk berpartisipasi dalam acara ini.

Baca Juga:  ERAVERSARY 2022 Kembali Hadir Manjakan Pelanggan Erajaya

“Sesuai dengan sifat perdana Rakornas ini dalam dunia pemuda dan olahraga, kita berupaya untuk menciptakan terobosan yang signifikan serta mengimplementasikannya dengan baik di tingkat daerah. Saya juga mengundang seluruh pihak yang memiliki peran dalam kepemudaan untuk bekerja sama, baik dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” ujar Menpora Dito.

Pembukaan Rakornas Kepemudaan dan Keolahragaan Tahun 2023 direncanakan akan diselenggarakan secara resmi oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI), Muhadjir Effendy.

Rakornas Kepemudaan dan Keolahragaan dengan tema “Pemuda Tangguh, Olahraga Maju” ini merupakan bagian penting dari peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 tahun 2023 yang selalu dirayakan pada tanggal 9 September setiap tahunnya.

Baca Juga:  ASUS Zenfone 10 Siap Masuk Indonesia, Catat Tanggalnya!

Acara Rakornas ini juga akan membahas berbagai isu strategis, termasuk sosialisasi dan implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta Rencana Aksi Daerah (RAD) dalam pelayanan kepemudaan. Selain itu, topik pembahasan akan mencakup peningkatan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) secara nasional dan perkembangan terbaru dalam pembangunan kepemudaan serta keolahragaan.

Rangkaian pembukaan Rakornas akan dilanjutkan dengan peluncuran laporan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Tahun 2023 serta pemberian penghargaan kepada provinsi dengan IPP tertinggi.

Selain itu, acara ini akan mencakup penandatanganan komitmen bersama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), dan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

Baca Juga:  Grab dan OVO Raih Penghargaan sebagai Brand Pemberdaya UMKM

Penandatanganan komitmen bersama juga akan melibatkan Kemenpora RI dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam rangka pelaksanaan Tridarma Ekakarma di Bidang Kepemudaan dan Keolahragaan.

Sebagai tambahan, akan ada penayangan video aplikasi “Kawal Pora,” sebuah alat pengawasan dan pendampingan yang disediakan oleh Kemenpora kepada organisasi olahraga, yang dapat diakses langsung oleh masyarakat.

Previous articleJBL Festival Dare to Listen Segera Hadir di Jakarta
Next articleALVA Hadirkan Promo Spekatakuler untuk Pembelian Kendaraan Listrik
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here