Home NEWS Preview Kamera OPPO Reno7, Siap Beraksi di Semua Kondisi

Preview Kamera OPPO Reno7, Siap Beraksi di Semua Kondisi

kamera oppo reno7
oppo - pr

tabloidpulsa.id – Anggota OPPO Reno7 series yang terakhir di perkenalkan di Indonesia, yakni OPPO Reno7 (4G) telah masuk ke meja redaksi sejak beberapa hari lalu. Kami sedang melakukan review mendalami kemampuan ponsel secara lebih mendalam lagi. Tapi, fungsi kamera OPPO Reno7 menjadi salah satu poin yang menarik perhatian kami, untuk berlama-lama mengutak-atik hingga kemudian lahirlah tulisan ini.

Terlepas dari kamera merupakan salah satu fitur kunci produk OPPO Reno, atau kenyataan bahwa Reno7 merupakan produk pertama yang membawa sensor hasil kerjasama OPPOxSony dengan IMX709-nya, ternyata baik kamera depan, maupun kamera belakang OPPO Reno7 memiliki kemampuan yang menarik untuk dibahas dalam satu tulisan terpisah.

Konfigurasi Kamera
OPPO Reno7 dibekali sistem kamera utama dengan 3 lensa/kamera. Menjadi unik karena salah satunya adalah lensa atau kamera yang mampu menghasilkan foto mikroskopis, mampu melakukan perbesaran hingga 30 kali dari sebuah obyek yang sangat kecil, dan dari jarak yang sangat dekat. Di mana lensa hampir menempel pada obyek.

Di belakang ada kamera 64MP AI sebagai kamera utama. Memiliki bukaan besar f/1.7 dengan sudut pengambilan gambar hingga 79 derajat. Berikutnya ada kamera Mikro atau disebut dengan Microlens, memiliki resolusi 2MP dengan bukaan f/3.3 dan sudut pengambilan gambar di angka 65 derajat. Lensa Micro ini bisa dengan mudah dikenali karena membawa LED ring light yang mengelilinginya.

Baca Juga:  Bakal Ada OPPO Reno5 Edisi Khusus, Seperti Apa Ya?

Lalu masih di belakang, ada juga lensa kamera 2MP untuk kebutuhan mono. Memiliki bukaan f/2.4 dengan sudut pengambilan gambar di 89 derajat.

Sementara di bagian depan, kita bisa menemukan satu kamera selfie dengan dukungan sensor unik, IMX709. Membawa resolusi 32MP AI, dengan bukaan f/2.4 dan sudut pandang 85 derajat.

Sensor RGBW dan Algoritma Quadra Binning
Sensor hasil pengembangan OPPO dan Sony membawa sejumlah teknologi, di antaranya adalah sensor RGBW (red-green-blue-white) yang merupakan pengembangan dari sensor RGGB klasik sehingga mampu menangkap 60% lebih banyak cahaya. Sementara Quadra binning memungkinkan hasil tangkapan lensa 16MP misalnya menjadi sebuah gambar yang padat, tanpa noise, lebih jelas dan lebih cerah setara dengan nilai yang sama pada sebuah foto 64MP.

Baca Juga:  GoPlay Studio Tawarkan Penghasilan Tambahan Bagi Konten Kreator

Dua teknologi ini dimanfaatkan sangat efektif untuk hampir semua skenario penggunaan kamera. Sampai kami berpikir bahwa kamera ponsel ini tidak hanya bagus untuk selfie. Bahkan, kamera utama dan kamera depannya siap diajak untuk hunting foto malam yang pantas dipamerkan di sosial media Anda.

Dilengkapi Fitur AI khas Reno
Jika Anda mengikuti produk OPPO Reno selama ini, tentunya sudah paham apa yang bakal Anda dapatkan pada sistem software kameranya. Sejumlah fungsi AI, perpaduan teknologi pada sensor dan software ColorOS memungkinkan kita untuk memotret foto yang terlihat profesional.

Disclaimer, seperti halnya penulis, tidak semua orang jago fotografi. Baik dari pemilihan sudut, obyek hingga bagaimana menghasilkan foto dengan pencahayaan yang optimal. Maka hadirnya fitur AI pada kamera Reno7 dan kemudahan dalam mengambil gambar yang ditawarkan akan menjadi penyelamat. Siapapun bisa mengambil foto bagus.

Ada fitur Selfie HDR di sana, termasuk di dalamnya Bokeh Flare Portrait, hingga portrait retouching, untuk mengutak-atik wajah sehingga terlihat lebih berseri. Semisal dengan menghilangkan jerawat atau sesuatu yang selama ini membuat Anda insecure. Tapi ingat, tanpa itupun semua, Anda sudah sempurna! Eaaaa.

Baca Juga:  Resmi! Di Indonesia, OPPO Find N2 Flip Dibanderol Rp 14,9 Jutaan

Oh ya, jangan lupa juga mode mikroskop. Anda bisa membaca perbedaan mode ini vs mode makro di tulisan kami yang lain (baca di sini). Perlu dicatat bahwa foto mikro akan ditangkap dalam ratio 1:1 alias square.

Contoh Hasil Foto
Berikut contoh hasil foto dari sejumlah fungsi yang ditawarkan. Belum semuanya, karena akan kami bahas lagi di review beberapa hari mendatang. Yang pasti, pengambilan ii dilakukan dengan metode point and snap, tanpa pengaturan lebih lanjut.

Hasilnya pun langsung kami resize menjadi 640×480 px, disesuaikan dengan kebutuhan web. Tanpa ada editing sama sekali. Kalau Anda butuh hasil mentahannya, Anda bisa mention kami di kolom komentar, atau DM di IG @pulsachannel atau twitter @tabloidpulsa. Kami akan menguploadnya di Flickr jika sudah banyak masukan.

outdoor wide 1x
outdoor zoom 2x (max)
Night mode with Effect
night mode no effect
night mode
Selfie HDR
Micro 30x
micro 15x
micro 30x
Previous articleDaftar Smartphone realme yang Worth It Dibeli
Next articlePC Game Pass Segera Hadir di Indonesia
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here