Home TEKNO Pentingnya Fitur AI pada Layar OPPO Reno5 F dan A54

Pentingnya Fitur AI pada Layar OPPO Reno5 F dan A54

fitur ai layar oppo
OPPO - PR

tabloidpulsa.id – Sebagai perangkat yang menemani sepanjang hari, smartphone dapat menjadi perangkat yang sangat membantu mempermudah hidup kita namun bisa juga memberikan efek samping yang merugikan. Salah satu efek samping yang harus dihindari adalah pengaruhnya pada penglihatan (mata) Anda. Hal ini terkait pada warna dan intensitas cahaya yang terpancarkan layar ponsel ke mata kita.

Meskipun pada dasarnya sebuah smartphone memiliki fitur untuk mengatur tingkat kecerahan layar, namun seringkali penggunanya tidak peduli atau malas untuk mengubah tingkat kecerahan layar secara manual. 

Hampir semua pengguna ponsel malas untuk mengubah secara manual, apapun kondisi pencahayaan saat mereka menggunakan ponsel tersebut. Yang penting terang dan terlihat jelas. Tanpa menyadari bahwa eksposure semacam itu dapat mengakibatkan kelelahan mata bahkan sampai ke kerusakan syaraf.

Seperti yang sudah dijelaskan pada review OPPO A54 dan Reno5 F kemarin, di bagian layar OPPO telah memanfaatkan kecerdasan buatan agar layar dapat secara otomatis menyesuaikan kecerahan dan warna ke dalam intensitas yang tepat sesuai dengan kondisi pencahayaan ruangan saat Anda menggunakan ponsel.

Fitur yang merupakan penggabungan dari fitur AI Smart Backlight, Sunlight Screen, dan Moonlight Screen ini akan membuat penggunanya merasa nyaman terutama saat harus berlama-lama menatap layar ponsel.

Seperti yang telah kita sama-sama ketahui, ada beberapa hal yang seharusnya pengguna ponsel dapatlakukan untuk melindungi matanya. Diantaranya adalah:

  1. Menjaga Jarak Pandang Aman dan Durasi

Para ahli kesehatan menyebutkan bahwa jarak ideal untuk melihat ponsel adalah berkisar antara 30 hingga 40 cm. Disarankan juga agar mata diistirahatkan setiap 20 menit. Artinya upayakan jangan terlalu berlama-lama. Melihat ponsel dengan jarak yang dekat dan dalam waktu lama dapat mengakibatkan mata minus. Jika Anda kesulitan membaca tulisan di ponsel dari jarak tersebut, sebaiknya memperbesar ukuran font pada ponsel. Atau jika perlu, gunakan kacamata saat melihat ponsel. 

  1. Pastikan untuk Berkedip

Karena terlalu serius melihat layar ponsel, seringkali kita lupa untuk mengedipkan mata. Hal ini dapat membuat mata menjadi kering atau iritasi ringan. Jadi, jangan lupa untuk mengedipkan mata dengan normal saat melihat layar ponsel. 

  1. Mengatur Kecerahan Layar Ponsel

Sangat disarankan untuk mengatur tingkat kecerahan layar ke posisi yang paling rendah. Juga disarankan agar tidak memakai ponsel di ruangan yang terlalu gelap. Anda dapat menyesuaikan tingkat kecerahan layar perangkat sesuai dengan lingkungan sekitar. Usahakan jangan terlalu terang atau malah terlalu gelap. 

Khusus terkait poin ketiga ini (seperti sudah diuraikan sebelumnya), menjadi salah satu alasan mengapa fitur pengaturan layar otomatis menjadi hal yang penting. Jadi, meskipun smartphone itu harganya mahal dan hardware yang dimiliki tergolong canggih, namun bila tidak menyematkan fitur pengaturan layar otomatis yang mampu melindungi mata Anda, sebaiknya Anda berpikir ulang untuk menggunakannya.

Tidak sekedar menyematkan fitur pengaturan layar otomatis “asal ada”, Oppo A54 menyematkan fitur canggih yang diberi nama “Smart Sunlight Screen dan Moonlight Screen”. Fitur ini mampu mengatur pencahayaan otomatis pada perangkat Oppo A54 dan membuat layar terasa nyaman untuk dilihat. Selain fitur tersebut, perangkat ini juga menyertakan fitur “Eye Comfort Mode” yang membuat layar ponsel Anda menjadi lebih sehat untuk penglihatan Anda.

Sedangkan Oppo Reno5 F menyediakan fitur “AI Eye Comfort” yang mampu memberikan kecerahan ideal sepanjang hari. Dengan adanya penyematan teknologi AI (artificial inteligent) membuat fitur ini dapat menyesuaikan kecerahan ideal lebih sempurna baik di siang hari maupun di malam hari. (ALD/USI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here