Home TIPS & TRICK Cara Melacak dan Mengunci Ponsel POCO yang Hilang

Cara Melacak dan Mengunci Ponsel POCO yang Hilang

POCO X5 Pro 5G Yellow

tabloidpulsa.id – Sebagai ponsel yang cocok buat gaming, pastinya POCO sering kali dibawa ke tempat nongkrong buat mabar, dong. Sebut saja POCO X5 5G yang ditenagai Snapdragon 695 5G punya performa paling ekstrem di kelasnya buat melibas game-game favorit, juga desain rampingnya yang keren bikin standout di tongkrongan. Makanya nggak jarang juga ponsel POCO ketinggalan selepas asyik mabar, dan hilang. Duh! Jadi panik.

Eits. jangan keburu panik dulu, dong. Soalnya, selain dikenal berkat performa dan harganya yang ekstrem, POCO juga punya fitur keamanan yang mumpuni. Andi Renreng, Associate Director Marketing POCO Indonesia, mengatakan, “Bukan cuma unggul dari sisi performa dan harganya yang ekstrem, ponsel POCO juga dibekali fitur keamanan yang oke banget.  Salah satunya kalau ponsel POCO kita hilang, entah karena dicuri atau kita sendiri yang kelupaan di mana meletakkannya, bisa segera dilacak dan dikunci supaya nggak disalahgunakan oleh orang lain.”

Melacak ponsel POCO yang hilang

Begini, nih, caranya. Nggak sulit, kok. Tapi, pastikan Anda memiliki Akun Xiaomi dan terhubung pada Mi Cloud di ponsel tersebut ya.

  1. Kunjungi website Mi Cloud di i.mi.com menggunakan perangkat seperti laptop atau PC.
  2. Di pojok kanan atas terdapat opsi untuk mengganti bahasa, misalnya ke bahasa Indonesia.
  3. Pilih “Masuk dengan Akun Mi” kemudian log in (bisa menggunakan email, nomor ponsel, atau ID Mi yang terdaftar pada akun Mi di ponsel yang hilang). Itu adalah akun layanan Xiaomi Cloud buat membantu mencari, mengunci, menyembunyikan, maupun menghapus ponsel kita.
  4. Klik “Cari perangkat” untuk mulai mencari lokasi ponsel terkini.
  5. Jika belum pernah mengunjungi fitur ini, maka Anda akan diminta memilih tipe ponsel yang digunakan.
  6. Kalau titik lokasi yang muncul warnanya biru, berarti ponselnya dalam keadaan aktif. Tapi kalau berwarna abu-abu dan ada tulisan waktu terakhir online, berarti ponsel sedang tidak aktif sehingga lokasinya merupakan lokasi terakhir kali ketika ponsel aktif.
  7. Setelah lokasi ditemukan, zoom peta yang muncul untuk memastikan tingkat keakuratan posisi ponsel.
  8. Ketika sudah berada di titik lokasi ponsel yang hilang, kita dapat membunyikan ponselnya dengan menekan opsi “Bunyi” yang ada kiri bawah menu dari ponsel yang ditemukan. Suara akan aktif meski ponsel dalam keadaan silent.

Perlu diingat bahwa pelacakan bisa dilakukan bila fitur “Cari perangkat” (“Find device”) di ponsel sudah diaktifkan, dan lokasi akan terbaca kalau ponsel terkoneksi jaringan internet. Sehingga, dianjurkan buat mengaktifkan fitur tersebut dan mencoba lacak ponsel sebelum kejadian ponsel terlanjur hilang.

Baca Juga:  5 Game Android untuk Rayakan Tahun Baru di Rumah

Ketika ponsel hilang, disarankan buat melapor ke polisi sesegera mungkin dan laporkan juga kehilangan akun utama. Kemudian ubah kata sandi secepatnya untuk melindungi keamanan akun.

Mengunci (memblokir) ponsel dan menghapus datanya

Di samping opsi “Bunyi”, ada “Mode hilang” dan “Hapus data” pada menu dari ponsel yang ditemukan, buat menghindari penyalahgunaan oleh orang lain.

Untuk mengunci ponsel, dapat menggunakan opsi “Mode hilang”. Begini caranya:

  1. Pilih “Mode hilang”
  2. Tekan “Ganti ke Mode Hilang”
  3. Masukkan pesan kehilangan pada menu “Masukkan pesan layar kunci” dan masukkan nomor telepon yang bisa dihubungi.
  4. Pilih “Kunci”
  5. Pilih “Selesai”

“Mode hilang” akan mengunci ponsel, sehingga orang lain tidak bisa mengaksesnya sampai adanya log in yang sukses menggunakan akun Mi Cloud yang terdaftar.

Baca Juga:  Fitur Unggulan POCO X5 Pro 5G untuk Mendukung Lifestyle Anak Muda

Lebih lanjut, jika ingin menghapus data, pilih “Hapus data”. Fitur ini akan menghapus semua file dan data pada ponsel POCO yang hilang, untuk mengamankan dari tindakan jahat terhadap data yang tersimpan.

Info tambahan: permission pada fitur “Find device”

Kita bisa melacak dan mengunci ponsel POCO yang hilang berkat fitur “Find device”. Untuk menjalankan tugasnya, fitur ini membutuhkan beberapa permission (izin) berikut ini:

  • Access device info
    Mengakses nomor ponsel buat melacak perangkat ketika tidak terkoneksi internet. Bila ponsel tidak terkoneksi internet, lokasi yang diinformasikan tidak real time, melainkan lokasi terakhirnya ketika terhubung internet.
  • Access location
    Akses buat melacak lokasi ponsel secara real time (membutuhkan koneksi internet).
  • Send SMS
    Jika ponsel mati atau tidak terkoneksi internet, SMS akan dikirim untuk meng-update info soal lokasinya secara rutin. Operator ponsel akan mengenai biaya untuk pesan ini.
Baca Juga:  Tips Bikin Nyaman Gunakan Reno6 dengan Satu Tangan

“Berkat fitur keamanannya yang unggul, bikin ponsel POCO makin terpercaya,” sambung Bung Andi. “Semoga semua pengguna POCO makin merasa aman dan tenang saat beraksi bersama ponsel kesayangannya ini di keseharian.”

Previous articleGalaxy M54 5G Dukung Gen Z Dengan Baterai 6000mAh dan Kamera 108MP OIS
Next articleJ&T Express Umumkan 10 UKM Disabilitas Penerima Bantuan Usaha
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here