tabloidpulsa.id – Indosat Ooredoo berhasil mempertahankan performa jaringan yang baik dalam mengantisipasi kebutuhan telekomunikasi digital para pelanggan selama masa liburan Natal 2021 dan momen Tahun Baru 2022. Pada musim liburan kali ini, Indosat Ooredoo mencatatkan pertumbuhan trafik data harian tertinggi dengan kenaikan 24% pada tanggal 1 Januari 2022, dimana hingga 98% diantaranya dapat terlayani di jaringan 4G.
SVP-Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang, mengatakan “Kami bangga dapat memberikan pengalaman digital terbaik kepada pelanggan kami selama masa liburan Natal dan Tahun Baru, meskipun terjadi lonjakan trafik yang tinggi. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim Indosat Ooredoo dan mitra kami di lapangan, yang berhasil mengantisipasi dan menjamin ketersediaan layanan bagi seluruh pelanggan. Perluasan jaringan 4G berkualitas video kami, bersama dengan implementasi Command Center yang didukung oleh Network Operation Center berbasis AI/ML (Artificial Intelligence/Machine Learning) dan otomatisasi, serta kesiapan saluran layanan pelanggan, adalah faktor pendukung lain yang menjamin pelanggan tetap terhubung selama periode liburan ini.”
Indosat Ooredoo mencatatkan peningkatan trafik data sebesar 14% pada tanggal 25 Desember 2021 dan naik sebesar 24% pada tanggal 1 Januari 2022 dibandingkan dengan trafik hari normal. Peningkatan trafik data yang cukup signifikan terlihat di beberapa kota di Pulau Jawa seperti Bodetabek, Cirebon, Kudus, Tasikmalaya, Tegal, Tuban, Serang, Solo, dan Sukabumi. Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Balikpapan, Manado, dan Samarinda. Sementara itu, Youtube, Facebook, WhatsApp, TitTok, dan Instagram masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pelanggan selama liburan.
Beberapa aktivitas peningkatan kualitas jaringan dan operasional Command Center fisik terpusat telah dilakukan untuk memastikan pelanggan menikmati pengalaman digital terbaik. Peralatan & dasbor khusus untuk pemantauan status kinerja jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara proaktif, telah berhasil mengurangi keluhan pelanggan hingga 62% dibandingkan tahun sebelumnya.
Sebelum masa liburan, Indosat Ooredoo juga melakukan uji jaringan di beberapa area publik dan pemukiman yang diprediksi akan mengalami lonjakan trafik telekomunikasi, seperti tempat rekreasi, jalan utama, jalan tol, rest area, bandara, terminal bus, stasiun kereta api, dan tempat ibadah.
Layanan pelanggan Indosat Ooredoo melalui berbagai saluran seperti Official IM3 WhatsApp (0855-1000-185), website (care.indosatooredoo.com), Official Twitter Care (@indosatcare), email (cs@indosatooredoo.com), aplikasi myIM3, dan panggilan ke Call Center *185# juga memberikan dukungan atas penyelesaian kendala yang dialami pelanggan selama masa liburan.
tabloidpulsa.id – Tak terasa hari ini merupakan hari terakhir di tahun 2021. Besok, kita sudah masuk ke tahun 2022 yang tentu saja menjanjikan dan penuh harapan. Untuk menyambut pergantian tahun ini kami ingin berbagi tips bagaimana membuat tampilan ponsel Anda menjadi fresh di tahun depan, utamanya di tampilan ikon app pada ponsel OPPO A95 berikut ini.
Sebenarnya opsi perubahan bentuk ikon app agar sesuai dengan keinginan kita ini sudah ada di ColorOS lama, hanya saja di ColorOS 11.1 yang dipakai A95, ada tambahan yang memungkinkan icon Art+ dan icon pihak ketiga dibiarkan tidak terpengaruh dengan setingan ini.
Dengan mengubah tampilan ikon aplikasi, sedikit banyak ponsel akan terlihat segar dan yang paling penting akan berbeda dengan ponsel milik orang lain, meskipun tipenya sama.
Pertama, yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke bagian Settings. Lalu dari sini masuk ke Pesonalizations. Dari sini kita masuk ke Icon Style. Akan muncul sebuah pop up menu di setengah halaman ke bawah. Akan kami jelaskan masing-masing fungsinya.
Baris pertama terdiri dari 4 ikon. Dari kiri ke kanan ada Default, Material Style, Pebble dan Custom. Default kita pilih jika ingin mengembaikan tampilan ikon seperti semula, bawaan theme. Material Style jika Anda ingin tampilan dinamis dimana icon akan memperlihatkan logo app saja, tanpa background. Menjadikan tampilan ikon terlihat tidak seragam, namun tetap bergaya.
Berikutnya ada pilihan Pebble, untuk membuat ikon app terlihat bulat. Sementata terakhir ada pilihan custom, ketika kita tekan akan membawa ke sebuah setingan baru. Yang terdiri dari bentuk guntingan background, terdiri dari round corner (kita bisa mengatur sudut ikonnya dari kotak banget sampai membulat), segi delapan, trapesium, persegi empat dengan sudut membulat.
Di bawahnya ada pengaturan ukuran foreground, artinya logo bisa dibuat kecil atau besar memenuhi area ikon ini dengan menggeser silder yang ada. Berikutnya ada pengaturan ukuran ikon, untuk memperbesar atau memperkecil ukuran keseluruhan ikon app (baik background maupun foreground).
Dan terakhir ada pengaturan ukuran nama app, dari tidak ada (disembunyikan), kecil, default, medium besar dan extra besar.
Nah sejak di pengaturan pertama, ada slider bertuliskan Art+ Icon. Ketika diaktifkan, maka pengaturan yang kita lakukan akan berpengaruh juga untuk ikon app bikinan pihak ketiga. Yang biasa Anda download dari Play Store atau OPPO Market.
Ini hanya satu dari sekian banyak opsi personalisasi yang hadir di OPPO A95 dan Ponsel dengan ColorOS 11.1 lainnya. Untuk membuat ponsel terlihat fresh dan benar-benar berbeda, Anda bisa mengubah semua pilihan yang ada, mulai dari walpaper hingga fontasi di ponsel ini. Mudah, bukan?
tabloidpulsa.id – Ponsel yang memiliki harga 3 jutaan sudah dianggap sebagai ponsel kelas menengah, atau Midrange to Low. Rentang harga segini didominasi oleh perangkat-perangkat yang memiliki performa menyeluruh, tidak hanya untuk memotret, tapi juga sudah bisa diandalkan untuk bermain game. Lalu jika Anda punya uang 3 jutaan, kira-kira produk realme apa saja yang kami rekomendasikan?
Seperti sudah disebutkan sebelumnya, ponsel 3 jutaan sudah mampu memenuhi kebutuhan berponsel Anda. Tidak hanya kebutuhan mendasar, namun juga bisa menjawab kebutuhan yang lebih tinggi, semisal bermain game, berkomunikasi di jejaring sosial, dan sebagainya.
Sejalan dengan penurunan harga micro conductor, maka vendor bisa berkreasi lebih bebas untuk menciptakan produk menawan di harga yang lebih rendah. Dan ini dia beberapa produk dari realme yang kami rekomendasikan di angka 3 jutaan.
realme 8i Harga: Rp 2.999.000 (6/128 GB) Rilis November 2021
Dijual dengan harga pas 3 juta, realme 8i varian 6/128 merupakan pilihan terbaik untuk saat ini. Selain merupakan produk baru dengan stok yang aman, juga dukungan software terbaru dengan sejumlah fungsi yang up to date telah dibawa oleh ponsel ini.
Yang menjadi paling menarik tentu saja adalah realme UI v.2.0. Dimana kita bisa meningkatkan kapasitas RAM melalui fitur virtual RAM, ketika dibutuhkan sehingga performa ponsel ini bisa dijamin lancar setiap saat. Sayangnya fitur ini hanya hadir di varian 6/128 GB ini, dengan pertimbangan teknis yang masuk akal.
Realme 8i dipersenjatai dengan chipset besutan Mediatek yakni Helio G96 yang merupakan seri gaming Helio mediatek paling update, dengan RAM 6GB dan ROM 128GB. Layar 120 Hz, desain yang stylish serta kamera yang mumpuni di kondisi yang penuh cahaya.
realme 8 Harga Rp 3.549.000 (8/128 GB) Rilis April 2021
Sebelumnya sudah hadir realme 8. Pada bulan April 2021. Harganya memang sedikit lebih mahal dari 8i, sekitar terpaut 600 ribuan. Namun menawarkan performa yang lebih baik terutama di sisi pengisian daya yang menggunakan fast charging 30W. Baterai 5000 mAh dan hadirnya fitur NFC.
Meskipun menggunakan chipset yang lebih lawas ketimbang 8i, yakni Mediatek G95, namun kehadiran sejumlah fitur yang mungkin bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari kita itu bisa menjadi salah satu alasan memilih di antara keduanya. Ditambah dengan besaran RAM yang lebih besar, yakni 8GB.
realme 8 5G Harga: Rp 3.149.000 (8/128 GB) Rilis Juni 2021
Nah, kalau Anda termasuk yang mencari ponsel 3 jutaan dengan kemampuan 5G ready, maka realme 8 5G ini adalah jawabannya. Dibanderol dengan harga hanya 3,2 jutaan, bahkan kurang, ponsel ini menawarkan kinerja realme 8 ditambah dengan kemungkinan untuk mempertahankan ponsel ini sampai layanan 5G berjalan di Indonesia.
Ponsel ini membawa chipset 5G Mediatek Dimensity 700 dual 5G dengan baterai 5000 mAh dan fast charging 18W. Laysr 90Hz berpanel IPS, dan realme UI 2.0 yang memuat banyak fitur efisiensi sehingga penggunaan ponsel bisa jadi lebih lama ketimbang ponsel-ponsel lain.
tabloidpulsa.id – Dalam kesempatan penyerahan penghargaan PULSA Editors’ Choice 2021 kepada pihak POCO Indonesia secara simbolis beberapa hari lalu, kami berkesempatan ngobrol dengan Head of Marketing POCO Indonesia, Andri Renreng. Membahas perjalanan POCO Indonesia sepanjang 2021 dan rencana mereka yang penuh kejutan di tahun 2022 mendatang.
Seperti yang telah Anda ketahui, POCO Indonesia telah menjadi brand independen di awal tahun 2021. Berpisah dari sister company mereka, Xiaomi dan sedikit banyak memberi mereka keleluasaan untuk menentukan sikap dan strategi.
Salah satunya adalah keputusan untuk mendirikan toko offline, yang sejatinya berbeda dengan strategi POCO secara global.
“Secara global, strategi (Red: pemasaran) POCO adalah online,” jelas Andi. “Tapi kita tahu bahwa di Indonesia toko offline masih berpengaruh secara besar. Makanya kita membuat gebrakan mendirikan POCO store pertama di Dunia”.
Pada bulan Agustus 2021, POCO telah membuka secara resmi gerai offline pertamanya, mengusung konsep pop-up di lokasi yang sangat tematik. Menyesuaikan dengan target pasar produk-produk POCO yang terdiri dari Gen Z dan Milenial yang melek teknologi, suka ngegame dan mampu menginspirasi orang-orang yang ada di sekitar mereka.
Toko offline perdana ini menawarkan penjualan produk POCO dengan pembayaran yang bisa disesuaikan, juga pusat service dan penjualan aksesoris.
Tahun 2022, POCO menargetkan 10 POCO Store baru yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan tema yang mungkin akan berbeda antar satu store dengan store lainnya.
Jayapura dan Makassar adalah dua kota yang disebut Andi bakal menjadi target POCO Store berikutnya di tahun 2022 ini.
Kejutan di Tahun 2022
Selain membangun 10 Gerai Resmi POCO di seluruh Indonesia, POCO Indoneisa juga tetap bakal merilis produk-produk Smartphone yang mengusung janji “Extreme Performance, Extreme Price”.
Di Tahun 2022, produk POCO seri sebelumnya yang telah hadir akan tetap diperbaharui dengan seri yang sama. Semisal seri M, F dan X mereka.
“Yang pasti seri M, F dan X akan tetap ada suksesornya,” kata Andi. “Lalu bakal ada juga seri-seri baru di tahun depan. Yang pasti akan lebih banyak produk baru kita nanti.”
Soal harga, Andi tetap menyebut janji company POCO, yakni “Extreme Performance, Extreme Price”.
“Extreme Price di sini bukan harganya murah banget ya, namun kalau dibandingkan dengan spesifikasi dan performa yang dibawa, harganya bisa lebih bersaing (dari produk lain)”, terang Andi.
Andi: When Nothing is Sure, Everything is Possible
Lalu ketika ditanya apakah tahun 2022 POCO akan merilis produk-produk gadget di luar ponsel atau kejutan lainnya, Andi menjawab dengan satu kalimat, bahwa “When nothing is sure, everything is possible (ketika belum ada yang pasti, maka semuanya MUNGKIN (bisa saja terjadi)”.
tabloidpulsa.id – POCO selalu ingin menginspirasi para POCO Fans termasuk dalam merayakan tahun baruan di rumah sesuai dengan anjuran dari pemerintah. Melalui smartphone dengan performa ekstrem, kini POCO Fans bisa menikmati berbagai game android sesuai dengan genre kegemaran mereka, salah satunya dengan POCO X3 GT.
“Akhir tahun tidak harus selalu dirayakan di luar rumah, tapi juga bisa dinikmati dengan berbagai keceriaan tahun baruan bersama keluarga di rumah saja, misalnya dengan bermain game yang bisa melibatkan kebersamaan secara virtual melalui smartphone performa ekstrem yang dihadirkan POCO,” kata Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia.
Produk “Go Turbo” besutan brand yang independen ini mampu melibas semua game mobile, termasuk game bergenre online multiplayer yang notabene memerlukan kinerja smartphone yang ekstrem. Berikut ini beberapa rekomendasi game online multiplayer yang bisa dinikmati bersama keluarga dan kerabat dalam merayakan akhir tahun di rumah.
Among Us
Setelah dirilisnya Among Us, sepertinya masa keemasan game Android benar-benar telah tiba. Salah satu game yang paling banyak dimainkan di tahun 2021 ini, telah melampaui beberapa game paling populer dan telah menduduki puncak tangga game terpopuler seluruh dunia. Ini adalah game online multiplayer dengan tema deduksi sosial yang unik. Omong-omong, game ini juga dapat dimainkan melalui WiFi lokal dengan 4 hingga 10 pemain. Nah, dengan kemampuan dual 5G ditambah WiFi 6.0 yang dimiliki chipset Dimensity 1100 pada POCO X3 GT, pengguna akan dapat bermain lebih lancar memainkan game ini di jaringan 5G maupun WiFi yang tersedia.
PUBG Mobile
PUBG Mobile tidak diragukan lagi adalah salah satu game online multiplayer di Android terbaik. Datang ke permainan, ini adalah permainan battle royale di mana 100 pemain turun di sebuah pulau untuk mengumpulkan senjata, dan berjuang untuk menjadi orang (atau regu) terakhir yang bertahan. Gim ini memiliki mode solo, mode duo, dan mode skuad sehingga Anda dapat bekerja sama dengan teman dan bertarung untuk Chicken Dinner. PUBG Mobile memiliki mode Arkade, beberapa peta baru, dan banyak lagi. Ditambah selalu ada event baru yang menyenangkan di dalam game (terutama di Erangel).
POCO Fans akan dapat menikmati pengalaman bermain PUBG Mobile yang imersif dengan POCO X3 GT karena memiliki rasio refresh 120Hz dan rasio touch sampling 240H. Selain itu, terdapat fitur DynamicSwitch untuk menghindari ketidaksesuaian rasio refresh dan rasio frame yang dapat menyebabkan gambar terlambat ditampilkan dan secara akurat mencocokkan rasio refresh dengan rasio frame film, video, dan konten lainnya dari 30Hz hingga 120Hz. Perbedaan antara layar ini dan layar dengan rasio refresh rendah akan terlihat jelas terutama saat menonton film dan bermain game.
Fortnite
Fortnite adalah salah satu game online multiplayer populer lainnya dengan sistem battle royale terbaik yang sangat menyenangkan untuk dimainkan bersama keluarga maupun kerabat. Fortnite sangat berbeda dari PUBG karena menggunakan grafik kartun dan banyak elemen menyenangkan untuk membuat permainan terkesan imut-imut. Plus ada mekanisme membuat bangunan yang tidak ditawarkan oleh game online multiplayer di Android lainnya. Sehingga, dalam memainkan game ini dibutuhkan sebuah smartphone dengan performa ekstrem seperti yang dimiliki oleh POCO X3 GT. Dengan keunggulan utama pada chipset Dimensity 1100 yang dikombinasikan dengan GPU ARM Mali-G77 MC9 yang berjalan di 836 MHz, smartphone ini mampu memberikan pengalaman bermain Fortnite yang menyenangkan bersama keluarga di rumah maupun kerabat sepermainan.
Garena Free Fire
Free Fire – Battlegrounds juga bisa menjadi game online multiplayer yang bisa menemani tahun baruan bersama di rumah. Dalam game ini, semua kontrol ada di layar dan mudah dinavigasi, tetapi yang paling menarik adalah pemain harus melawan 49 pemain lainnya dalam waktu 10 menit untuk bertahan hingga akhir. Ini merupakan game multiplayer cepat untuk mengasah keterampilan pemain dalam pertempuran yang intens. Dasar-dasar mode battle royale semuanya tetap sama. Anda akan jatuh di pulau terpencil dan harus menemukan senjata yang bagus, serta medkit, dan tetap berada di dalam zona aman untuk memenangkan pertempuran. Dengan banyaknya pemain bertumpuk dalam satu lokasi dalam game, pemain akan mendapatkan pengalaman bermain yang imersif dengan POCO X3 GT yang telah dilengkapi dengan speaker stereo dual Dolby Atmos. Speaker ini akan memberikan pengalaman suara kualitas tinggi yang jernih dan jelas.
Mobile Legends: Bang Bang
Walaupun bukan game baru, MLBB merupakan game online multiplayer yang terus populer dimainkan dan cocok untuk menemani akhir tahun bersama keluarga dan kerabat di rumah. Game ini memberikan sensasi pertempuran 5vs5 secara real time dengan pemain dari seluruh dunia di peta MOBA klasik. Mobile Legends juga menghadirkan dukungan kecerdasan buatan untuk membantu karakter pemain beraksi saat terputus koneksi, membuktikan mengapa ini adalah salah satu game MOBA terbaik untuk Android. Dengan dukungan teknologi Turbo Charging 67W untuk mengisi ulang daya baterai 5000mAh, POCO X3 GT bisa menemani permainan lebih lama. “POCO selalu berkomitmen mendobrak pasar dengan menghadirkan smartphone performa ekstrem dengan harga ekstrem. Hanya dengan 4 jutaan saja, pengguna sudah bisa menikmati berbagai keunggulan yang dimiliki prosesor kelas flagship Dimensity 1100, pengalaman mobile yang sangat baik dengan POCO X3 GT ini, khususnya untuk memainkan berbagai game untuk menemani akhir tahun di rumah,” pungkas Andi.
tabloidpulsa.id – Pencapaian Xiaomi sepanjang tahun 2021 dihiasi dengan sejumlah catatan menarik yang dirangkum dalam angka, dan Xiaomi sendiri siap menyambut tahun 2022 dengan sejumlah rencana srtan kejutan bagi Xiaomi Fans di Indonesia.
“Terima kasih atas dukungan Anda kepada Xiaomi Indonesia selama tahun 2021. Tahun ini sarat dengan peristiwa penting bagi kami, diisi oleh tantangan maupun pencapaian,” kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.
Sepanjang tahun 2021, Xiaomi memperkenalkan smartphone serta produk AIoT untuk pasar Indonesia demi menghadirkan inovasi bagi semua. Tercatat sebanyak 16 modelsmartphone diperkenalkan pada 2021, mulai Redmi 9T yang menjadi Jawara Batre Gedehingga Mi 11 Ultra yang menghadirkan inovasi terbaik dari sisi prosesor, kamera, baterai, dan layar.
Pada tahun 2021, Xiaomi menghadirkan fitur pengisian daya tercepat melalui teknologi 120W Xiaomi HyperCharge yang ada di Xiaomi 11T Pro, mampu mengisi penuh baterai 5.000 mAh dari posisi 2-100% dalam waktu 17 menit#. Penghobi fotografi dimanjakan selama tahun 2021 karena Xiaomi menghadirkan 5 model smartphone dengan kamera 108MP untuk merekam detail terbaik dari momen sehari-hari yaitu Redmi Note 10 Pro, Mi 11 Ultra, Mi 11, Xiaomi 11T, dan Xiaomi 11T Pro.
Xiaomi juga serius menggarap segmen produk AIoT demi menghadirkan kualitas hidup yang lebih baik melalui inovasi teknologi. Dalam satu tahun sudah ada 49 produk ekosistem baru yang diperkenalkan untuk Indonesia mulai dari Mi Smart Band 6 yang mendukung gaya hidup aktif dan Mi Smart Air Fryer 3.5L yang memperkenalkan cara memasak pintar, hingga aksesoris lainnya. Termasuk juga kategori baru yang diperkenalkan tahun ini seperti tablet dan laptop.
Hingga hari terakhir tahun 2021, produk Xiaomi serta POCO mengumpulkan 114 penghargaan serta rekomendasi dari berbagai lembaga pemberitaan. Xiaomi 11T dan POCO M3 Pro merupakan smartphone yang paling banyak mendapatkan apresiasi atas inovasi yang dihadirkan oleh Xiaomi untuk pengguna di Indonesia.
Membangun jaringan ritel di Indonesia merupakan salah satu prioritas bagi Xiaomi agar memudahkan pengguna dalam mendapatkan produk. Hari ini, ada lebih dari 400 Xiaomi Store termasuk Xiaomi Shop serta 4000 lebih Xiaomi Preferred Partner. Cakupan ritel akan terus dikembangkan pada tahun 2022 mendatang dengan fokus untuk membangun pengalaman berbelanja yang lebih baik lagi.
Begitu pula untuk layanan after sale yang terus berbenah dalam melayani pengguna. Xiaomi menjadi brand dengan cakupan layanan purna jual terbaik di Indonesia melalui 150+ service center. Untuk memanjakan pengguna, sejumlah Xiaomi Store dan Xiaomi Shop juga ditunjuk menjadi collection point sehingga pengguna secara keseluruhan bisa memanfaatkan 400+ service point untuk mendapatkan layanan yang dekat dengan rumah mereka.
Sebagai perusahaan yang selalu mendengarkan apa kata penggunanya, Xiaomi membangun Xiaomi Community untuk menjadi rumah bersama bagi pengguna yang berasal dari beragam latar belakang untuk saling berinteraksi. Pada tahun 2021, jumlah anggotanya mencapai 2,1 juta, dengan percakapan intens mencapai 446.090 threadterdiri dari berbagai topik. Anggota Xiaomi Community juga rutin menggelar pertemuan yang mencapai sebanyak 442 sesi meetup.
Media sosial menjadi platform bagi Xiaomi untuk terhubung dengan penggunanya dan membangun interaksi dalam menerima masukan dan apresiasi sekaligus menginformasikan produk terbaru maupun penawaran menarik paling dahulu untuk Xiaomi Fans. Saat ini akun Instagram Xiaomi Indonesia memiliki 2 juta pengikut yang memudahkan untuk terhubung dengan pengguna.
28% pangsa pasar adalah pencapaian yang mengantarkan Xiaomi menjadi brand smartphone nomor 1 di Indonesia pada Q2 2021 dengan pertumbuhan tercepat 112% tahun ke tahun. Inilah momen bersejarah bagi Xiaomi di Indonesia yang terjadi pada tahun 2021.
Xiaomi menyiapkan sejumlah rencana untuk tahun 2022: memperkenalkan lebih banyak smartphone flagship, lebih banyak lagi produk AIoT, jaringan ritel lebih luas disertai layanan yang makin baik, serta layanan after sale yang memberi rasa tenang bagi pengguna. Nantikan kabar terbaru dari Xiaomi Indonesia.
tabloidpulsa.id – 3 Indonesia bersinergi bersama Rumah Zakat menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak oleh bencana alam banjir lahar dingin dan erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur. Bantuan disalurkan dalam bentuk pemberian paket darurat seperti makanan siap saji, air mineral, perlengkapan sekolah, serta perlengkapan bayi dan balita. Paket bantuan diberikan di dua titik lokasi pengungsian di Desa Penanggal dan Desa Sumbermujur.
M. Buldansyah, Deputy Presiden Direktur dan Chief Sales Officer 3 Indonesia mengatakan, “Kami turut berduka cita yang mendalam kepada seluruh korban dan masyarakat yang terdampak bencana alam erupsi Gunung Semeru. Melalui aktivitas Tri Peduli ini kami berharap dapat sedikit membantu dan meringankan beban para korban sekaligus sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat khususnya pelanggan 3 disana, agar kuat menghadapi musibah ini dan dapat segera kembali beraktivitas secara normal. Kami juga senantiasa memastikan layanan 3 di Kabupaten Lumajang dan sekitarnya berjalan dengan baik agar masyarakat dapat berkomunikasi lancar dengan kerabat dan keluarga mereka.”
Seperti yang kita ketahui, pada awal Desember 2021 lalu telah terjadi bencana alam erupsi dan banjir lahar dingin di sekitar Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Bencana tersebut telah berdampak pada pada dua kecamatan, menyebabkan kerusakan pada rumah warga, fasilitas dan infrastruktur. Dampak dari guguran awan panas gunung Semeru juga menyebabkan ribuan korban mengalami luka-luka dan 48 korban meninggal dunia.
3 Indonesia berkomitmen untuk terus hadir memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, tidak hanya kebutuhan digital dan akses telekomunikasi yang kuat dan luas, melainkan kebutuhan untuk program kemanusiaan sebagai bentuk dukungan perusahaan kepada masyarakat di tanah air yang terdampak bencana alam.
tabloidpulsa.id – Kinerja yang baik di tahun 2021 menjadi landasan untuk merumuskan strategi OPPO di 2022 mendatang, apalagi merek ini dapat menguasai market share di urutan teratas pada kuartal 3 tahun 2021 yang dikonfirmasi langsung oleh dua firma besar IDC dan Counterpoint. Menurut kedua laporan tersebut OPPO memiliki market share diatas 22%. OPPO disebut menguasai pasar perangkat smartphone dengan rentan harga antara 100 – 300 USD.
Selain itu, menurut data yang dihimpun melalui internal, ternyata perangkat A95 memberikan kontribusi market share OPPO di Indonesia sebesar 30%, angka yang cukup besar untuk perangkat smartphone yang dijual dengan harga hampir 4 juta rupiah. Berbagai macam kolaborasi seperti dengan game developer, UMKM hingga sponsorship dalam perhelatan akbar AFF Suzuki Cup dituding menjadi penyebab tingginya respon konsumen Indonesia terhadap perangkat ini.
“Berbagai pencapaian di tahun 2021 membuktikan bagaimana strategi kami semakin lama semakin baik dalam mengenal pasar smartphone di Indonesia. Kedepan, di tahun 2022 kami menjadikan 5G sebagai landasan pengembangan strategi di Indonesia seiring komitmen pemerintah terhadap perkembangan layanan ini yang mulai terlihat semakin serius, apalagi didukung beberapa event berskala internasional seperti MotoGP 2022 dan KTT G20 yang akan jadi pembuktian jaringan 5G di Indonesia,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.
Di 2022, strategi OPPO terutama pada produk akan lebih berfokus pada 5G. Apalagi, OPPO merupakan pionir panggilan video dengan jaringan 5G pertama di Indonesia. Tahun depan akan banyak smartphone 5G yang menarik untuk dihadirkan tentunya dengan teknologi baru yang mebuatnya dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat. Kehadiran berbagai prosesor 5G baru membuat kompetisi pasar 5G semakin tinggi yang membawa keuntungan untuk memungkinkan produsen smartphone membuat harga perangkat 5G menjadi lebih terjangkau lagi. Perkembangan jaringan 5G juga akan membuat peningkatan konsumsi perangkat – perangkat Internet of Things (IoT) di sisi masyarakat. OPPO akan lebih leluasa untuk memasarkan perangkat IoT yang lebih beragam seiring tumbuhnya jaringan 5G di Indonesia.
“Di kuartal pertama tahun 2022, kami sudah menyiapkan beberapa perangkat 5G dan IoT yang akan meluncur di Indonesia, begitupula di kuartal kedua. Kurang lebih produksi perangkat 5G akan memakan porsi yang lebih banyak jika dibandingkan tahun sebelumnya. Yang terpenting, OPPO akan menyediakan perangkat 5G yang sesuai dengan jaringan yang digunakan di Indonesia dan perangkat – perangkat ini dapat secara otomatis langsung digunakan pada jaringan 5G jika menggunakan kartu teregistrasi 5G dan berada di jaringan 5G dengan operator yang telah melakukan komersialisasi layanan ini,” tambah Aryo.
Selain itu, di tahun depan, OPPO bertujuan untuk dapat kembali memenangkan hati konsumen Indonesia dengan mendekatkan diri melalui pelayanan kepada konsumen baik melalui layanan penjualan maupun layanan purna jual secara lebih profesional. OPPO juga akan menginisiasi semua yang terlibat dalam ekosistemnya termasuk para dealer dan frontilner dalam memanfaatkan layanan digital untuk edukasi produk kepada konsumennya. Beberapa penghargaan di 2021 seperti Superbrand untuk kategori smartphone & SWA Customer Experience Champions 2021 menjadi landasan OPPO di Indonesia untuk meningkatkan kembali loyalitas dan pengalaman konsumen yang lebih menyenangkan terhadap produk – produknya.
Walaupun OPPO tidak terpengaruh permasalahan kelangkaan chipset, namun OPPO tetap berkomitmen untuk menjamin ketersediaan produk dan juga kemudahan mendapatkannya melalui jaringan luring mapun daring, toko resmi OPPO Store, toko – toko yang menjual perangkat OPPO, situs e-dagang baik situs terkemuka di Indonesia ataupun yang dikelola mandiri seperti pada aplikasi OPPO Store yang sudah otomatis terpasang di setiap smartphone OPPO.
“Konsumen akan menjadi pusat pengembangan OPPO di tahun depan. Teknologi dan Inovasi baru akan terus digali dengan tujuan membawa kebaikan bagi seluruh umat manusia di dunia.” tutup Aryo.
tabloidpulsa.id – Pandemi COVID-19 yang sudah hampir dua tahun melanda dunia telah menuntut pelaku UMKM seperti Ramona Marisi, pemilik usaha kuliner rumahan please.inc, untuk memutar otak mencari berbagai cara untuk mempertahankan usaha mereka. Digitalisasi, kreativitas dalam mengolah produk, hingga kejelian memanfaatkan momen-momen tertentu seperti perayaan Natal dan pergantian tahun menjadi pendorong mereka bangkit dari kesulitan ekonomi.
“Banyak masyarakat yang rindu mengirimkan hampers kepada kerabat mereka saat Natal dan tahun baru karena tidak dapat bertemu akibat pandemi, namun juga terbentur keterbatasan dana. Saya terpikir untuk menawarkan hampers yang terjangkau namun kemasannya tetap terlihat apik bahkan juga ramah,” tutur Ramona, yang dulu bekerja di bidang advertising.
Para pelanggan please.inc dapat memesan hampers cantik berbagai makanan Asia, mulai dari masakan khas Korea hingga China, hanya dengan mengeluarkan dana mulai dari Rp. 77.000 Uniknya, kemasan yang digunakan Ramona bukan hanya menarik dipandang, namun juga terbuat dari pelepah, yaitu produk ramah lingkungan non kayu hutan.
Semangat dan kreativitas pelaku UMKM seperti Ramona ini membuahkan hasil bagi usaha mereka. Menurut Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), pada penghujung tahun ini, industri ritel diprediksi tumbuh sekitar 3 persen sampai 3,5 persen secara tahunan (yoy) pada periode Oktober hingga Desember 2021, meningkat positif dibanding tahun sebelumnya.
Di tengah meningkatnya penjualan, Ramona tidak khawatir keluarganya akan berisiko terpapar COVID-19. “Transaksi mudah dan aman secara prokes karena saya sudah digitalisasi, jadi para pelanggan tinggal scan QRIS yang saya kirimkan melalui ponsel. Pesan jasa ojol untuk pengiriman pun saya bayar dengan uang elektronik seperti OVO,” tutur ibu dua anak ini.
Awalnya, Ramona mengadopsi pembayaran digital untuk memudahkan proses pencatatan penjualan. Saat itu, usaha yang dirintisnya di tahun 2016 dengan menawarkan pesanan ke sanak saudara maupun kerabat mulai menarik minat pelanggan lainnya.
“Pesanan yang mulai banyak berdatangan membuat saya agak kewalahan. Digitalisasi membantu saya mengelola pemasukan maupun pengeluaran untuk modal usaha,” kenang Ramona.
Saat ini survei Mandiri Institute di kuartal II 2021 menemukan bahwa baru 24 persen usaha yang menggunakan e-wallet dalam bertransaksi usaha, walau pembayaran digital terbukti mampu meningkatkan penjualan UMKM. Hal ini penting mengingat ada lebih dari 60 juta UMKM yang menyumbangkan lebih dari 60 persen PDB Indonesia.
“Jeli melihat peluang dan mengasah kreativitas usaha itu penting, tapi tanpa digitalisasi, tidak terbayang bagaimana caranya bisa menjangkau pelanggan baru dan melakukan transaksi secara aman di tengah pandemi. Platform e-commerce, media sosial, dan uang elektronik sangat membantu menopang usaha saya,” tutur Ramona.
Ramona bersyukur usahanya masih dapat bertahan hingga saat ini. Besar harapannya bahwa pelaku UMKM lainnya pun dapat tetap melangsungkan usaha mereka.
“Semoga teman-teman pejuang UMKM lainnya juga dapat terus bertahan dan bangkit di tahun 2022,” doa Ramona.
tabloidpulsa.id – Pandemi COVID-19 yang sudah hampir dua tahun melanda dunia telah menuntut pelaku UMKM seperti Ramona Marisi, pemilik usaha kuliner rumahan please.inc, untuk memutar otak mencari berbagai cara untuk mempertahankan usaha mereka. Digitalisasi, kreativitas dalam mengolah produk, hingga kejelian memanfaatkan momen-momen tertentu seperti perayaan Natal dan pergantian tahun menjadi pendorong mereka bangkit dari kesulitan ekonomi.
“Banyak masyarakat yang rindu mengirimkan hampers kepada kerabat mereka saat Natal dan tahun baru karena tidak dapat bertemu akibat pandemi, namun juga terbentur keterbatasan dana. Saya terpikir untuk menawarkan hampers yang terjangkau namun kemasannya tetap terlihat apik bahkan juga ramah,” tutur Ramona, yang dulu bekerja di bidang advertising.
Para pelanggan please.inc dapat memesan hampers cantik berbagai makanan Asia, mulai dari masakan khas Korea hingga China, hanya dengan mengeluarkan dana mulai dari Rp. 77.000 Uniknya, kemasan yang digunakan Ramona bukan hanya menarik dipandang, namun juga terbuat dari pelepah, yaitu produk ramah lingkungan non kayu hutan.
Semangat dan kreativitas pelaku UMKM seperti Ramona ini membuahkan hasil bagi usaha mereka. Menurut Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), pada penghujung tahun ini, industri ritel diprediksi tumbuh sekitar 3 persen sampai 3,5 persen secara tahunan (yoy) pada periode Oktober hingga Desember 2021, meningkat positif dibanding tahun sebelumnya.
Di tengah meningkatnya penjualan, Ramona tidak khawatir keluarganya akan berisiko terpapar COVID-19. “Transaksi mudah dan aman secara prokes karena saya sudah digitalisasi, jadi para pelanggan tinggal scan QRIS yang saya kirimkan melalui ponsel. Pesan jasa ojol untuk pengiriman pun saya bayar dengan uang elektronik seperti OVO,” tutur ibu dua anak ini.
Awalnya, Ramona mengadopsi pembayaran digital untuk memudahkan proses pencatatan penjualan. Saat itu, usaha yang dirintisnya di tahun 2016 dengan menawarkan pesanan ke sanak saudara maupun kerabat mulai menarik minat pelanggan lainnya.
“Pesanan yang mulai banyak berdatangan membuat saya agak kewalahan. Digitalisasi membantu saya mengelola pemasukan maupun pengeluaran untuk modal usaha,” kenang Ramona.
Saat ini survei Mandiri Institute di kuartal II 2021 menemukan bahwa baru 24 persen usaha yang menggunakan e-wallet dalam bertransaksi usaha, walau pembayaran digital terbukti mampu meningkatkan penjualan UMKM. Hal ini penting mengingat ada lebih dari 60 juta UMKM yang menyumbangkan lebih dari 60 persen PDB Indonesia.
“Jeli melihat peluang dan mengasah kreativitas usaha itu penting, tapi tanpa digitalisasi, tidak terbayang bagaimana caranya bisa menjangkau pelanggan baru dan melakukan transaksi secara aman di tengah pandemi. Platform e-commerce, media sosial, dan uang elektronik sangat membantu menopang usaha saya,” tutur Ramona.
Ramona bersyukur usahanya masih dapat bertahan hingga saat ini. Besar harapannya bahwa pelaku UMKM lainnya pun dapat tetap melangsungkan usaha mereka.
“Semoga teman-teman pejuang UMKM lainnya juga dapat terus bertahan dan bangkit di tahun 2022,” doa Ramona.
tabloidpulsa.id – Tulisan ini merupakan lanjutan dari pembahasan mengenai OPPO A Series yang hadir sepanjang tahun 2021. Hanya sekitar 6 dari total 14 produk OPPO yang hadir tahun ini. Sebagai sebuah pengingat di penghujung tahun, kali ini kami juga akan menyebutkan beberapa produk OPPO lainnya dari Reno Series dan Flagship mereka di 2021.
OPPO Reno5 – Membuka Roadmap OPPO di 2021
Harga Terkini: *Discontinued dengan harga terakhir Rp 4.999.000
Pada Januari 2021, OPPO menggebrak pasar ponsel Tanah Air dengan produk menarik OPPO Reno5 yang mengandalkan kamera apik dengan fitur AI yang menarik, lengkap dengan chipset mumpuni untuk melibas game yang ada ditemani layar AMOLED 90Hz dan fitur NFC, yang membuatnya produk midrange menjanjikan di masanya.
Memiliki baterai 4010 mAh dengan pengisian daya cepat 50W, sehingga akan membuat penggunaan ponsel jadi makin efisien karen atidak banyak waktu terbuang hanya untuk megisi daya ponsel hingga penuh.
Ponsel ini membawa SoC Qualcomm Snapdragon 720G dengan RAM 8GB dan ROM 128GB. Dengan sistem operasi ColorOS 11.1 berbasis Android 11. Pihak OPPO juga telah mengkonfirmasi bahwa produk ini bakal mendapatkan update ke ColorOS 12 dalam waktu dekat.
OPPO Reno5 Marvel Edition – Versi Kolaborasi nan Menjanjikan
Harga Terkini: *Discontinued dengan harga terakhir Rp 5.699.000
Ponsel ini merupakan ponsel limited Edition satu-satunya yang masuk ke pasar Indonesia dan mampu menarik perharian pengguna ponsel, pecinta Marvel universe dan juga para kolektor. Dengan desain yang dipikirkan masak-masak, ponsel yang jeroannya sama dengan OPPO Reno5 ini dijual hanya dalam waktu dan jumlah terbatas.
OPPO Reno5 5G – Pertama Tawarkan 5G di OPPO Midrange
Harga Terkini: *Discontinued dengan harga terakhir Rp 5.999.000
Memiliki banderol lebih mahal 1 juta dari varian 4G, OPPO Reno5 5G hadir sebagai perangkat midrange OPPO pertama yang menawarkan kemampuan jaringan 5G di 2021. Meskipun saat itu pemerintah masih berwacana soal komersialisasi 5G di Tanah Air, ponsel ini dirilis dengan tetap berkoordinasi denga pihak regulator sehingga menjadi contoh bagi ponsel-ponsel 5G ready yang hadir setelahnya.
Berbeda dengan OPPO Reno5 4G, ponsel ini membawa chipset Qualcomm 765G, yang merupakan chipset kelas midrange generasi terbaru di masanya. Tetap membawa RAM 8GB dan ROM 128GB namun tanpa slot memori eksternal.
Seperti halnya OPPO Reno5 4G ponsel ini juga menjalankan ColorOS 11.1 yang dapat diupgrade ke ColorOS 12.
OPPO Reno5 F – Versi Alternatif, Paling Ramah di Kantong
Harga Terkini: Rp 4.099.000
Di Reno5 Series, OPPO juga menawarkan satu produk yang harganya paling ringan, yakni OPPO Reno5 F. Membawa chipset besutan Mediatek, Helio P95, RAM tetap di 8GB dan ROM 128GB, ada beberapa fitur yang tidak dihadirkan di Reno5 F, semisal NFC. Tapi selebihnya, ponsle ini tetaplah ponsle tipis nan stylish dengan fitur kamera yang bisa diandalkan.
OPPO Reno6 – Bukan Ponsel Gaming tapi Nyaman untuk Ngegame
Harga Terkini: Rp 5.199.000
Seri Reno terbaru yang diperkenalkan pada pertengahan tahun 2021 ini menjadi standar baru bagi produk-produk OPPO Reno Series. Selain membawa sejumlah fitur apik di sisi kamera, ponsel ini juga memiliki performa yang dapat diandalakan, lengkap dengan sistem operasi yang mendukung pengalaman ekstrim tersebut. Untuk itu tidak heran jika OPPO Reno6 juga digunakan sebagai ponsel resmi dalam sejumlah turnamen game mobile.
Mengandalkan sejumlah fitur pada videografi, ponsel yang membawa chipset Snapdragon 720G ini juga dilengkapi dengan RAM 8GB dan ROM 128GB. Dengan ColorOS 11.1 yang kini sudah bergulir untuk update ke ColorOS 12, maka ponsel ini termasuk produk Reno yang bakal menjalakan OS anyar tersebut pertama kali di Indonesia, sebelum Reno7 masuk secara resmi.
OPPO Reno6 5G – Varian 5G dengan Dimensity 900
Harga Terkini: Rp 7.999.000
Reno6 Series juga memiliki sejumlah varian lain, salah satunya adalah OPPO Reno6 5G yang desainnya mengotak klasik seperti ponsel-ponsel pintar jaman dulu. Selain berbeda pada desain tulang samping, ponsel ini juga membawa chipset 5G milik Mediatek, yakni Dimensity 900. Dengan RAM 8GB dan ROM 128GB tanpa slot memori eksternal.
Ponsel ini membawa baterai berkapasitas 4300 mAh dengan SuperVOOC 2.0 yang menghantarkan listrik sebesar 65Watt.
OPPO Reno6 5G Pro – Reno Seharga Flagship
Harga Terkini: Rp 10.999.000
Nah ini dia varian tertinggi dari Reno6 Series. Adalah OPPO Reno6 5G Pro yang dibanderol dengan harga lebih dari 10 juta Rupiah. Kalau kita membandingkannya dengan seri Reno3, 4 dan 5, nampaknya harga ini agak asing untuk dibanderolkan pada sebuah ponsle Reno. Tapi ingat, dulu ponsel Reno di awal-awal memang memilki harga premium. Dan Reno6 5G Pro ini mengingatkan pada prdouk-produk Reno awal tersebut.
Berbeda dengan OPPO Reno6 5G, varian pro ini membawa desain tulang ponsel yang tidak terlalu kotak. Memberikan sudut yang landai pada tiap permukaan layaknya OPPO Reno6 4G. Ini sih hanya soal selera ya.
Tapi yang pasti produk Reno premium ini membawa chipset Snapdragon 870. Chipset 5G seri 8 nya Qualcomm yang memang sudah masuk dalam kategori affordable flagship. Dengan RAM 12GB dan ROM 256GB. Tanpa memori eksternal. Ponsel ini juga membawa baterai berkapasitas 4500 mAh dengan SuperVOOC 2.0 65Watt
OPPO Find X3 Pro – Produk Flagship yang Kompetitif
Harga Terkini: Rp 15.999.000
Dulu, mungkin ketika Anda bersiap melepas uang 16 juta untuk sebuah ponsel, OPPO tidak terlintas di benak Anda. Namun berkat reputasi OPPO Find X dan Find X2 Series yang mendapatkan respon positif, maka seri OPPO Find X3 pun tidak lagi malu-malu hadir sebagai ponsel flagship yang mampu bersaing dengan ponsel dengan harga yang sama.
Selain desain yang dibuat sedemikian rupa hingga terlihat elegan dan mahal sejak pandangan pertama, ponsel ini telah diisi dengan sejumlah fitur mutakhir di dunia ponsel saat ini. Chipset Snapdragon 888, RAM 12GB, ROM 256GB, ColorOS 12 sejak diluncurkan, dan sejumlah kemampuan kamera yang tidak sekedar hadir untuk sebuah gimik, menjadi fitur unggulan dan sekali lagi bisa diadu dengan produk berharga setara.
Demikian, sudah kita bahas sekitar 14 produk OPPO dari yang termurah di A series hingga termahal di Reno Series dan Find X3 Pro yang masuk ke Indonesia secara resmi sepanjang tahun 2021. Semoga tahun depan, kita bisa melihat produk yang lebih baik, sesuai dengan kebutuhan, sesuai dengan anggara, bisa memperoleh produk incaran, jika ada, dan semoga susana pandemi ini segera membaik. Tetap semangat dan selamat tahun baru 2022.