Home Blog Page 483

Rekomendasi Smartphone POCO untuk Maksimalkan Momen Lebaran

POCO M4 Pro Lebaran

tabloidpulsa.id – Hari Raya Idul Fitri merupakan waktu yang baik untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Dalam hitungan hari, semua umat Islam menantikannya mengingat dua Lebaran sebelumnya terpaksa menahan rindu bertemu orang tua tercinta dan saudara di rumah akibat pandemi COVID-19.

Perayaan Idul Fitri tahun ini tentu menjadi sangat spesial, karena kamu bisa merasakan lagi sensasi mudik ke kampung halaman meski harus bermacet-macetan di jalan atau repot berburu tiket kereta api. Semua itu dengan ikhlas dijalani agar bisa sungkem dan meminta maaf langsung kepada orang tua atas segala khilaf yang kita perbuat.

Kamu juga bisa merasakan lagi serunya berkumpul bersama keluarga besar di rumah dan mencicipi ketupat plus opor ayam khas Lebaran buatan ibunda tercinta. Momentum spesial itu tentunya akan sangat sayang kamu lewati tanpa terdokumentasi dengan baik. 

Jangan sampai berbagai keseruan mudik dan bercengkrama bareng keluarga berlalu begitu saja, karena dengan dua smartphone seri terbaru dari POCO semuanya bisa kamu abadikan dalam foto dan video berkualitas tinggi.

POCO M4 Pro | Maximize Your Fun

POCO M4 Pro

Berbekal lensa kamera utama 64MP beresolusi tinggi, momen haru meminta maaf kepada orang tua bisa kamu abadikan dalam bentuk foto atau video yang tak akan terlupakan. Ditambah lagi lensa ultra-wide angle 8MP dan lensa makro 2MP yang beroperasi dengan kecerdasan buatan mampu membuat triple kamera tersebut merekam foto dan video berkualitas dengan detail terbaik.

POCO M4 Pro kini juga telah menggunakan layar 90 Hz Super AMOLED untuk memaksimalkan kebahagiaan kamu loh! Hasilnya, foto dan video yang kamu rekam bisa tersaji dengan rentang warna yang lengkap dengan sinematik dan kontras yang sangat tinggi.

Tampilan layarnya pun tetap nyaman di mata, karena dalam seri tersebut tersemat sensor responsif yang dapat mendeteksi perubahan sensitif pada cahaya sehingga mampu menyesuaikan kecerahan layar secara berkala. 

Tidak hanya nyaman digunakan untuk membaca, menonton video, atau bermain game pada lingkungan dengan cahaya redup, tampilan dilayarnya pun tetap jelas di bawah terik sinar matahari. POCO M4 Pro juga memiliki fitur Eye Care Display yang mampu meminimalkan dampak cahaya biru ke mata kamu.

Tenang saja, kamu dijamin tidak akan melewatkan satu momen pun saat acara kumpul keluarga cuma karena low-bat atau kehabisan memori ponsel. Sebab, POCO M4 Pro memiliki kapasitas baterai 5.000mAH yang awet banget, namun juga bisa melakukan pengisian daya secara cepat berkat teknologi MMT 33W Pro Fast Charging.

POCO Seri M paling ringan dan tipis dengan berat 179,5 gram dan tebal hanya 8,09 mm ini juga dibekali RAM LPDDR4X sebesar 6GB dan 8GB yang dapat ditambah hingga 11GB, serta ROM UFS2.2 hingga 256GB yang membuat pengoperasian aplikasi lebih cepat 139% dari UFS2.1.

Semua kemewahan yang dihadirkan POCO M4 Pro tersebut didukung oleh dapur pacu CPU Octa-core berperforma tinggi berkat kombinasi ARM Cortex-A76 dan Cortex-A55 yang bikin performa ponsel ini semakin stabil dan lancar.

POCO M3 Pro 5G | Faster, Reliable

Poco M3 Pro 5G

Buat kamu yang masih harus menyelesaikan beberapa pekerjaan freelance di kota kelahiran, jangan manyun dulu dong. Kan sekarang ada POCO M3 Pro 5G yang bisa banget kamu andalkan dalam segala hal. 

Apalagi ponsel ini didesain untuk mampu beroperasi pada jaringan 5G yang bikin proses download dan upload pekerjaan menjadi super ngebut dengan latensi rendah. Untuk urusan dapur pacu, POCO menyematkan prosesor MediaTek Dimensity 700 yang pastinya berkinerja hebat dengan efisiensi terbaik di kelasnya. 

Tak cuma bisa diandalkan untuk urusan pekerjaan, layar FHD+ dengan Corning Gorilla Glass pada POCO M3 Pro 5G bikin kamu tambah nyaman bermain game atau menonton video. 

Sensor ganda di bagian depan dan belakang ponsel mampu mendeteksi cahaya 360°, sehingga mampu menyesuaikan kecerahan layar secara presisi untuk mengurangi ketegangan pada mata. Layar POCO M3 Pro 5G juga bisa beradaptasi secara otomatis dengan 90Hz, 60Hz, 50Hz dan 30Hz sesuai konten yang kamu lihat untuk efisiensi penggunaan baterai.

Ngomong-ngomong soal baterai, ponsel 5G ini mampu bertahan hidup selama lebih dari 2 hari berkat baterai berkapasitas 5.000mAh yang mampu mengisi daya 18W secara cepat loh. 

Dengan sederet spesifikasi canggih tadi, perayaan Lebaran tahun ini jadi semakin maksimal karena kedua seri ponsel POCO dibanderol dengan harga yang sangat nyaman di kantong.

POCO M4 Pro (6GB + 128GB) bisa ditebus dengan harga mulai dari Rp2.999.000. Sedangkan untuk membawa pulang POCO M3 Pro 5G (4GB + 64GB) ke kampung halaman, cukup siapkan budget Rp2.699.000 saja. Buruan beli sekarang, dan maksimalkan momen lebaran seru dengan smartphone POCO terbaru!

PermataBank Umumkan Pemenang PermataYouthPreneur 2022

PermataYouthPreneur

tabloidpulsa.id PermataBank melalui inisiatif Corporate Social Responsibility, PermataHati, mengumumkan pemenang program PermataYouthPreneur (PYP) 2022 bersamaan dengan sesi kelulusan 10 Tim Finalis yang akhirnya maju di Babak Grand Final dari total 849 siswa peserta yang berasal dari 28 provinsi yang tersebar di 127 kota di Indonesia. Sebelumnya, para peserta telah menjalankan berbagai rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan dengan modul e-learning bersama mentor-mentor muda profesional dan berpengalaman terkait dengan topik inovasi, digital, dan teknologi yang sudah dimulai sejak Maret-April 2022. Mengangkat tema “Unleash Your Future”, PermataYouthPreneur 2022 memiliki 4 (empat) kategori ide bisnis yang salah satunya dapat dipilih oleh tim peserta, di antaranya Financial Technology, Education Technology, Game, dan Augmented Reality/Virtual Reality.

PYP merupakan salah satu program flagship PermataHati, bekerja sama dengan Fazztrack serta didukung juga oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, & Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek RI) yang dihadirkan untuk mengasah kemampuan, inovasi dan kreativitas siswa-siswi SMA/K dan sederajat lainnya menjadi calon pemimpin startup yang inspiratif.

Sama halnya dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya, seluruh kegiatan PYP 2022 dilakukan secara online, dan berfokus pada kegiatan mentoring serta pelatihan untuk mengasah kompetensi peserta dalam hal coding, penyusunan rencana program, literasi keuangan, pembuatan Pitching Deck, hingga Soft Skills, seperti teknik presentasi untuk menyampaikan produk inovasi berbasis digital mereka. Tahun ini, untuk pertama kalinya peserta yang berhasil masuk ke babak Grand Final mendapatkan pendampingan intensif tambahan selama dua hari untuk memaksimalkan produk inovasi mereka sebelum dipresentasikan di hadapan panelis juri.

Richele Maramis, Head of Corporate Affairs PermataBank mengungkapkan, “PermataYouthPreneur merupakan salah satu langkah nyata dari komitmen kami dalam mendukung kemajuan pendidikan nasional dan literasi keuangan untuk mewujudkan Indonesia yang siap bersaing di tengah Revolusi Industri 4.0. Selain agar dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas, berkualitas, dan melek teknologi, kami juga ingin berkontribusi dalam menciptakan para entrepreneur penggagas startup profesional yang inspiratif di masa depan. Program PermataYouthPreneur sendiri telah kami laksanakan secara konsisten sejak tahun 2018 dan dengan terlaksananya PermataYouthPreneur 2022 ini, kami telah memberikan kesempatan kepada lebih dari 1.800 anak muda Indonesia untuk mengasah potensi dan mengejar aspirasi mereka menjadi calon pendiri startup dan calon leader di bidang teknologi.”

Indonesia membutuhkan minimal 2% dari penduduknya menjadi pengusaha untuk menjadi negara maju. Kenyataannya, hingga tahun 2020 persentase pengusaha di Indonesia masih berada di angka 0,18%. Program PYP hadir untuk mendukung lahirnya generasi penerus yang siap menjadi pemimpin dunia digital yang kompeten, serta turut berkontribusi terhadap negeri dengan terbentuknya lapangan pekerjaan melalui digitalpreneurship.  

Alfa Putra Kurnia, Founder & CEO Fazztrack menyampaikan, “Apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya kepada PermataBank, Kemdikbudristek, OJK dan Bank Indonesia yang setiap tahunnya selalu mendukung penyelenggaraan PermataYouthPreneur ini. Kesempatan dan dorongan dari semua pihak sangatlah penting, terutama bagi teman-teman yang saat ini masih duduk di bangku Sekolah Menengah, yang masih dalam fase pencarian jati diri dan potensi. Melalui program PermataYouthPreneur, para peserta diharapkan dapat menemukan potensi dan tujuan hidupnya sehingga dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan Indonesia.”

Horas V.M. Tarihoran, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan memaparkan, “Sebagai lembaga pemerintah yang salah satu fokusnya adalah literasi keuangan untuk generasi muda, kami sangat berterima kasih dan sangat bangga kepada PermataBank yang secara konsisten memberikan literasi keuangan dan pendidikan vokasi kepada anak-anak muda Indonesia. Seperti yang kita sadari bersama bahwa masa depan negara kita berada ditangan anak muda Indonesia. Melalui program PYP 2022, artinya kita sudah mempersiapkan sebagian dari generasi muda Indonesia dalam memasuki abad emas, Indonesia emas. Nantinya, mereka akan melanjutkan estafet kehidupan bernegara kita, terutama kehidupan ekonomi dan keuangan. Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada adik-adik yang menjadi pemenang. Namun, yang perlu dicatat adalah menang dan kalah itu hanya sekedar urutan, yang terpenting adalah sudah mendapatkan ilmu dan bekal untuk memasuki dunia kerja dan bekal agar dapat mengembangkan usaha sendiri dengan menggunakan ilmu yang telah didapatkan melalui program PYP 2022 ini. Satu pesan saya untuk para generasi muda yang telah mengikuti program ini, yaitu supaya tidak pelit untuk berbagi ilmu kepada rekan-rekan yang lain, terutama ilmu literasi keuangan.”

Nita Ariastuti Muelgini, Kepala Divisi PSBI Departemen Komunikasi Bank Indonesia menjelaskan, “Kondisi pandemi memberikan dampak yang sangat signifikan bagi perekonomian global, terutama Indonesia. Dengan mengoptimalkan semua potensi yang dimiliki oleh Indonesia, harapannya tujuan Indonesia untuk menjadi negara maju pada tahun 2045 dapat segera kembali sesuai rencana. Terlebih lagi, bonus demografi Indonesia yang didominasi oleh penduduk usia muda dimana hampir 53% dari penduduk Indonesia adalah generasi z dan millennials. Untuk mengoptimalkan bonus demografi ini diperlukan sinergi dan kolaborasi semua pihak untuk mempersiapkan generasi muda agar dapat menjadi entrepreneur sekaligus menjadi penggerak ekonomi sehingga dapat mendorong terciptanya daya saing ekonomi untuk mewujudkan Indonesia maju tersebut. Maka dari itu, kami sangat mengapresiasi PermataBank dan mendukung penuh program PermataYouthPreneur yang telah diselenggarakan selama 5 tahun berturut-turut. Kemudian, untuk adik-adik generasi penerus bangsa, kami ingin menyampaikan bahwa menang atau kalah hanya soal waktu, yang terpenting adalah tekad dari adik-adik untuk bisa berkembang dan menjadi role model bagi anak muda lainnya. Kami meyakini bahwa kapasitas SDM yang unggul merupakan aspek yang sangat penting bagi Indonesia, terutama bagi para pemuda agar dapat terus mengakselerasi peningkatan SDM unggul. Hal ini harus dilakukan secara terencana dan terarah guna meningkatkan kompetensi individu untuk mengembangkan karakter generasi muda agar menjadi entrepreneur yang siap menggerakkan ekonomi Indonesia sehingga pada akhirnya diharapkan dapat berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia maju pada tahun 2045.”

Saryadi Guyatno, Plt. Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Mitras DUDI) Kemdikbudristek RI menyampaikan, “Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi selalu menyambut baik inisiatif atau program yang mendukung pengembangan pendidikan dalam membantu mencerdaskan anak bangsa, seperti program PermataYouthPreneur 2022 ini. Kami ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas komitmen dan dedikasi PermataBank untuk mendukung pengembangan talenta-talenta digital Indonesia. Program yang sudah dilakukan selama kurun waktu beberapa tahun terakhir ini menjadi program yang sangat positif karena kehadirannya mampu menjadi platform bagi generasi muda Indonesia untuk menggali kemampuan dan sekaligus mengembangkan kompetensi dalam hal digital maupun entrepreneur. Program PermataYouthPreneur ini pun sangat sejalan dengan kebijakan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi dalam hal pengembangan pendidikan vokasi dan kompetensi peserta didik yang selalu up-to-date dengan perkembangan dunia usaha dan dunia industri. Semoga kegiatan ini dapat berlanjut dan tentunya dapat membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan pengembangan Indonesia.”

PYP 2022 “Unleash Your Future” diikuti oleh total 849 siswa atau 283 tim peserta pada babak awal, dan kemudian disaring menjadi 45 tim peserta yang mendapatkan pelatihan dan pendampingan online bersama mentor-mentor muda dari berbagai institusi dan startup ternama, seperti Kitabisa.com; Flip ID; DANA Indonesia; Bukalapak; hingga Kemdikbudristek RI. Pada penyisihan berikutnya, 10 tim dengan penilaian terbaik terpilih sebagai finalis yang kemudian mempresentasikan inovasi mereka pada babak Grand Final di hadapan para juri.

“Dari tahun ke tahun, semangat belajar yang ditunjukkan para peserta PermataYouthPreneur serta dukungan yang kami dapatkan dari OJK, BI, Kemdikbudristek, media, dan pihak-pihak lainnya menguatkan komitmen kami dan mendorong kami untuk terus melanjutkan serta mengembangkan program ini. Tentunya kami berharap ilmu dan pengalaman yang didapatkan peserta selama mengikuti PermataYouthPreneur dapat mereka aplikasikan untuk mencapai cita-cita mereka dalam bidang teknologi dan digitalpreneurship.” lanjut Richele.

Keempat pemenang PYP 2022 dipilih oleh dewan juri berdasarkan orisinalitas dan keunikan ide inovasi mereka, aspek kualitas presentasi, relevansi produk, monetisasi, kualitas desain produk, kenyamanan menggunakan produk, fitur, dan akumulasi nilai selama mentoring.

Berikut daftar keempat tim pemenang PYP 2022 “Unleash Your Future”:

  1. Tim Candatawa Project dari SMK Telkom Malang memiliki produk u.Digi, sebuah aplikasi mobile yang akan mengintegrasikan seluruh e-money pengguna. u.Digi akan membantu memantau seluruh transaksi e-money pengguna dan melakukan transfer antar e-money dari pengembang yang berbeda. u.Digi juga menyediakan akses ke pembayaran tagihan seperti internet, listrik, air dan lainnya. Berkat produk u.Digi ini, tim Candatawa Project berhasil menjadi juara pertama dalam program PYP 2022 kali ini.
  1. Selanjutnya ada tim ORBIT dari SMKN 4 Bandung yang berhasil meraih juara kedua dengan aplikasi andalannya Marcha Social Payment App, aplikasi transaksi keuangan yang terdiri dari berbagai fitur untuk mengirim uang menggunakan scan QR code, pembayaran dengan menggunakan split bill, group payment, fitur membuat tagihan, hingga laporan keuangan.
  1. Untuk juara ketiga dimenangkan oleh tim KNOW yang berasal dari SMK Wikrama Bogor dengan aplikasi Learnica yang membantu proses pendidikan untuk masa depan lebih modern serta dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Aplikasi ini adalah bahan alternatif belajar tanpa harus bertemu tatap muka.
  1. Kemudian untuk pemenang kategori Honorable Mention jatuh kepada tim M-One asal SMAN 4 Yogyakarta dengan aplikasi Kampung Freelance yang menyediakan tempat untuk menghubungkan freelancer dengan konsumen.

UCan Tawarkan Pinjaman Digital dengan Tenor Fleksibel

UCan

tabloidpulsa.id – Ramadan tahun ini menjadi waktu yang tepat untuk mewujudkan berbagai rencana yang telah lama tertunda karena segala keterbatasan. Melihat situasi terkini, bulan Ramadan tahun ini telah diberikan cukup kelonggaran dalam berkegiatan dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan perubahan ini, semakin leluasa dan turut meningkat pula biaya yang kita butuhkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan di bulan yang suci, seperti belanja kebutuhan pangan untuk hidangan berbuka puasa maupun sahur, mengikuti acara buka puasa bersama kerabat, membeli tiket untuk mudik sekaligus liburan di saat Lebaran, berbagi THR ke sanak saudara hingga belanja baju yang diimpikan untuk hari Idul Fitri.

Tentunya kita ingin memaksimalkan dana agar seluruh agenda dapat terwujudkan, namun terkadang terkendala dengan dana yang tidak cukup. Untuk itu, kita perlu menentukan prioritas pengeluaran. Sementara untuk kebutuhan yang mendesak, kita dapat memanfaatkan pinjaman keuangan digital dengan mengukur kemampuan bayar dan disesuaikan dengan pendapatan.

Dengan kemajuan teknologi yang menyediakan layanan pinjaman keuangan digital, kini kita bisa lebih mudah memenuhi segala kebutuhan dengan memanfaatkan pinjaman jangka pendek. Salah satunya dengan UCan, layanan pinjaman keuangan digital instan yang aman dan terpercaya, eksklusif bagi pengguna IM3, dari PT Bank QNB Indonesia Tbk bekerja sama dengan Indosat Ooredoo Hutchison.

Melalui pinjaman digital UCan, pengguna bisa memiliki anggaran cadangan untuk dapat memenuhi segala jenis kebutuhan dan keperluan dengan maksimal. Untuk merayakan bulan Ramadan dengan maksimal, UCan juga menyediakan penawaran khusus bagi seluruh pengguna, seperti diskon bunga 15% (diskon bunga 20% spesial untuk pengguna Pascabayar), bonus kuota internet hingga 50GB dan limit pinjaman mencapai Rp15 juta.

UCan juga menawarkan tenor fleksibel hingga 12 bulan dengan persyaratan yang mudah dan persetujuan yang instan. Dua fitur utama yang ditawarkan UCan adalah Cash Withdrawal dan Instalment.

  • Cash Withdrawal adalah fitur tarik tunai yang dapat ditransfer ke rekening bank pengguna. Pembayaran dari pinjaman tarik tunai ini dapat dilakukan secara angsuran dengan berbagai pilihan tenor yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Sementara itu, fitur Instalment dapat dimanfaatkan untuk membeli produk paket data Indosat Ooredoo Hutchison yang tersedia secara eksklusif untuk pengguna UCan. Metode pembayaran untuk paket eksklusif UCan mencakup paket cicilan mulai dari 3 hingga 6 bulan, di mana pelanggan harus membayar uang muka terlebih dulu di awal untuk pembayaran pertama.

Pengguna Indosat dapat dengan mudah mengakses UCan melalui aplikasi myIM3 dan menikmati beragam fitur yang tersedia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai UCan, kunjungi qnb.co.id. 

Alibaba Dinobatkan sebagai Pemain Utama CDN Komersial Global 

Alibaba Cloud CDN Komersial

tabloidpulsa.id – Alibaba diposisikan sebagai Pemain Utama di IDC MarketScape: Worldwide Commercial Content Delivery Network Services 2022 Vendor Assessment, yang menganalisa 10 provider jaringan distribusi konten (CDN) berdasarkan kemampuan distribusi secara global dan strategi pertumbuhan.

Berdasarkan laporan tersebut, “CDN Alibaba Cloud memiliki basis yang kokoh di Tiongkok dengan adanya titik penyebaran dan kemampuan pengiriman konten media dan web yang luas.” Saat ini, CDN milik Alibaba Cloud mendukung 80% situs web populer di Tiongkok dan sebanyak 1,5 juta nama situs domain yang dipercepat setiap harinya. Berbagai kolaborasi yang mereka lakukan dengan beberapa penyedia layanan internet global di luar negeri untuk memastikan setiap pengguna memiliki akses yang konsisten di berbagai layanan terlepas dimanapun lokasi mereka berada.

CDN menjadi infrastruktur teknologi yang memfasilitasi pengiriman konten ke pengguna, sehingga fitur khusus diperlukan untuk memastikan pengalaman yang andal. Keunggulan Alibaba Cloud dalam protokol berlatensi rendah dan video end-to-end lifecycle management serta aplikasi edge yang mendukung IoT di perkotaan, aplikasi internet industri, gim cloud, dan platform computing visual telah mendapatkan pengakuan.

Pengimplementasian sistem edge computing berperan pada peningkatan sistem control plane dan aliran sistem data ke kontainer cloud, mendukung operator dengan sistem yang dinamis, distribusi sesuai permintaan, dan elastisitas yang lebih luas guna meningkatkan stabilitas pengalaman interaksi dalam CDN.

“Pendistribusian konten yang andal dan hemat biaya menjadi aspek penting pada perekonomian digital, dan kami melihat permintaan akan layanan ini meningkat di masa depan. Dengan adanya pengakuan dari IDC MarketScape sebagai Pemain Utama di lanskap CDN menjadi motivasi dan pengakuan terbesar untuk setiap usaha yang kami lakukan hingga saat ini,” kata Jeff Zhang, President of Alibaba Cloud Intelligence. “Komitmen kami dalam memenuhi kebutuhan media dan konten web perusahaan di Tiongkok dan di seluruh dunia semakin menguat dalam beberapa tahun terakhir dan kami berharap dapat terus berinovasi pada layanan kami demi mendukung pertumbuhan para pelanggan di masa mendatang.”

IDC memperkirakan pasar CDN komersial mampu mencapai USD18,8 miliar pada tahun 2025, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan 5 tahunan sebesar 17,1% dan berkisar di sekitar lima area layanan: video over-the-top; web, email, dan data; gim online; file sharing; dan keamanan.

Dengan lebih dari 2.800 node tersebar di enam benua dan bandwidth 150 Tbps yang terhubung dengan fitur cloud-native termasuk horizontal service scaling, console yang dapat dikustomisasi, API dalam jumlah banyak, dan simple architecture scaling, Alibaba Cloud berada di posisi yang tepat untuk memanfaatkan peluang pertumbuhan ini dengan menghadirkan pengalaman istimewa kepada para pelanggan global saat menggunakan CDN.

Secara konsisten, CDN milik Alibaba Cloud mampu menjawab kebutuhan di ajang Festival Belanja Global 11.11 dari Alibaba Group, yang terus bertumbuh dari tahun ke tahun. Sepanjang fase pelaksanaan festival, CDN Alibaba Cloud memberikan pengalaman yang stabil bagi pedagang dan konsumen dengan memperkirakan volume lalu lintas secara akurat ataupun mendukung aktivitas yang membutuhkan jaringan intensif seperti livestreaming.

Kapabilitas CDN Alibaba Cloud telah terbukti di berbagai hal termasuk mendukung salah satu perusahaan media terbesar seperti MNC Group dan platform pembelajaran online Ruangguru dalam memastikan semua konten digital secara lancar terkirim ke pengguna. Begitu juga dengan Kumu, platform hiburan livestreaming terkemuka di Filipina, yang menggunakan CDN Alibaba Cloud untuk mendukung berbagai kebutuhan video di platformnya.

Nielsen Identity System Diperkuat untuk Layanan Digital Ad Ratings di Indonesia

Nielsen Identity System

tabloidpulsa.id – Pada 1 April, Nielsen akan meningkatkan metodologi open web-nya di Indonesia untuk Rating Iklan Digital melalui Nielsen Identity System, bersama tujuh pasar lainnya, yakni Jerman, Australia, Jepang, Spanyol, India, Kanada, dan Brasil.

Nielsen Identity System merevolusi bagaimana kampanye iklan digital diukur dalam ekosistem media yang berubah pesat.

Nielsen Identity System diluncurkan di Indonesia setelah sukses diluncurkan di Italia, Prancis, dan Inggris awal tahun ini.

Hellen Katherina, Executive Director Nielsen Indonesia mengatakan, “Kami memimpin dalam mengatasi fragmentasi konsumen digital. Mulai dari pengukuran detail terkecil hingga yang berskala besar, informasi yang kami berikan dapat membantu pengiklan mengukur, mengelola dan mengoptimalkan anggaran dan hasil kampanye mereka”

Selain itu, dengan peluncuran ini, Nielsen mengembalikan opsi Visibilitas untuk impresi open web yang memberikan wawasan unik kepada klien kami tentang visibilitas iklan kepada audiens.”  

Layanan Digital Ad Ratings yang telah didukung oleh Nielsen Identity System, memungkinkan pengiklan dan pemilik situs/ media untuk mengukur jangkauan dan frekuensi audiens mereka dengan lebih meyakinkan. Digital Ad Ratings memberikan informasi demografi telah dideduplikasi perhitungannya lintas perangkat telepon seluler dan PC untuk mendapatkan metric yang berbasis orang/ konsumen.

Sarah Miller, SVP, Product Management di Nielsen berkomentar, “Dengan peningkatan pada Sistem Identitas kami, kami mengambil langkah pentingguna memastikan kesinambungan pengukuran iklan di tengah ekosistem digital yang berkembang pesat.  Nielsen melaju lebih cepat dari jadwal semula dan mempercepat peluncuran di berbagai pasar.”

Sistem ini mengukur kampanye digital untuk open web selain integrasi yang sudah ada untuk walled garden. Nielsen Identity System menghubungkan impresi iklan digital untuk open web dengan data demografis milik Nielsen dan juga milik penyedia data pihak ketiga. Sistem ini didukung oleh lebih dari 2 miliar pengenal perangkat di seluruh dunia dan terus-menerus diperbarui. Khusus untuk Indonesia, akan ada lebih dari 125 juta pengenal.

Nielsen terus bekerja sama dan memperluas hubungannya dengan penyedia data global dan juga lokal untuk memperkuat Nielsen Identity System.

Ini adalah tonggak penting dimana kami terus mengembangkan teknologi dan metodologi kami untuk bergerak menuju strategi global Nielsen ONE kami, yang mendukung kemampuan pengukuran digital kuat yang membantu perwujudan visi lintas platform sebenarnya yang mengukur semua layar.

Smartphone dengan Baterai Besar Bikin Mudik Lebih Nyaman, Ini Pilihannya!

tabloidpulsa.id – Selain kamera dan performa chipset yang mumpuni, masih banyak faktor lain yang mempengaruhi konsumen untuk membeli smartphone, satu diantaranya adalah baterai besar.

Performa maksimal yang didukung dengan kapasitas baterai besar, menjadikan aktivitas penggunanya semakin leluasa. Terlebih, di momen mudik lebaran yang sebentar lagi akan berlangsung.

Selama mudik lebaran, umumnya masyarakat memanfaatkan waktu luang dengan menikmati beragam konten multimedia semisal menonton streaming video, akses sosial media hingga browsing kuliner.

Kehadiran smartphone dengan kapasitas baterai besar yang mampu memberikan waktu penggunaan panjang, menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam mendukung aktivitas tersebut.

OPPO sebagai salah satu produsen smartphone dengan market share terbesar di tanah air, sangat mengerti kebutuhan konsumen akan perangkat yang dapat mendukung momen mudik lebaran.

Untuk memberikan pilihan bagi konsumen yang berniat mengganti perangkat baru sebagai teman  mudik lebaran, berikut daftar smartphone OPPO dengan baterai besar yang wajib masuk keranjang belanja.

OPPO A55

OPPO A55

Smartphone ini hadir dengan konsep desain yang cukup stylish, punya bodi 3D curve yang memberikan kenyamanan dalam gengaman satu tangan, apalagi dengan bingkai tengah yang lebih tipis dan beratnya yang hanya 193 gram saja.

Meski berbodi slim dengan ketebalan hanya sekitar 8,40mm, nyatanya OPPO A55 ini membawa baterai berkapasitas besar yakni 5000 mAh.

Baterai ini diklaim sanggup menghadirkan waktu yang panjang untuk streaming video online hingga 16,3 jam, dan untuk mendengarkan musik non-stop 24 jam. Sangat cocok untuk pemudik yang kampung halamannya jauh.

Poin plusnya, perangkat ini juga telah dilengkapi teknologi pengisian daya cepat (fast charging) dengan daya 18W, yang dapat mengisi ulang baterai hingga 33% selama 30 menit saja. Menariknya lagi, OPPO A55 juga didukung opsi Mode Hemat Daya Super yang sanggup menghadirkan daya baterai ekstra panjang.

Smartphone yang mengandalkan chipset MediaTek Helio G35 ini juga mengunggulkan True 50MP AI Camera, 2MP kamera bokeh dan 2MP kamera makro. Di pasaran tersedia dalam pilihan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB dengan opsi perluasan dengan kartu MicroSD hingga 256GB di harga Rp 2.699.000.

OPPO A76

oppo a76

Hadir dengan tagline “Performa Cepat, Kapasitas Ekstra” bukan lagi hanya sebagai harapan, tapi dengan OPPO A76 hal tersebut dapat diakomodasi dengaan baik.

Smartphone yang tampil mewah dengan dukungan teknologi OPPO Glow ini dibekali layar HD 6,56 inci punch-hole dengan screen-to-body ratio sebesar 89,9% yang cukup luas, serta dikolaborasikan dengan refresh rate 90Hz dan touch sampling 180Hz membuat pengalaman imersif ketika bermedia sosial, menikmati konten multimedia hingga bermain game sepanjang mudik lebaran.

Serupa beberapa A Series sebelumnya, perangkat ini juga disokong baterai berdaya 5000 mAh. Namun kelebihannya, OPPO A76 sudah mengadopsi teknologi SUPERVOOC 33W yang dapat mengisi baterai 55% dalam waktu 30 menit, serta pengisian 5 menit untuk menonton video selama 2 jam.

Untuk memberikan performa terbaik kepada pengguna, OPPO melengkapi prosesor baru Snapdragon 680, RAM 6GB, ROM Internal 128GB, tambahan microSD hingga 1TB plus fitur RAM Expansion serta ROM Expansion yang memungkinkan perangkaat ini menyimpan data aplikasi sistem dan media sosial ke kartu microSD.

Smartphone yang dilengkapi kamera belakang 13MP + 2MP dan kamera depaan 8MP ini bisa didapatkan dengan banderolan harga Rp 3.399.000.

OPPO A96

pertama oppo a96

Ini merupakan seri A paling gress yang ada di pasaran tanah air. OPPO A96 membawa sejumlah fitur unggulan dan pertama di A Series seperti dukungan layar dengan refresh rate tinggi 90Hz di panel IPS LCD yang dilengkapi Adaptive refresh rate.

Ada juga kapasitas ROM super besar di seri A yakni 256GB yang didukung dengan ROM Expansion hingga 1TB. Kolaborasi ini tentunya akan menghadirkan performa terbaik di segala fungsi. Apalagi dengan digunakannya prosesor Snapdragon 680.

Seperti yang disinggung dalam ulasan di atas, daya tahan baterai menjadi fokus utama artikel ini dan OPPO A96 membawa sistem manajemen power yang cukup handal di kelasnya. Baterai 5000 mAh perangkat ini dilengkapi teknologi pengisian daya 33W SUPERVOOC.

Ada juga fitur Super Power Saving Mode dan Optimized Night Charging yang memungkinkan untuk mempelajari pola tidur pengguna dan menjadwalkan rencana pengisian baterai tersegmentasi pada malam hari. Dijamin, kegiatan mudik lebaran jadi lebih menyenangkan.

Satu lagi yang menarik dari OPPO A96 adalah dukungan fitur Bokeh Flare Portait yang sebelumnya ada di seri Reno Series. Fitur ini mampu menghasilkan foto Portrait yang lebih estetik. Oiya sebagai informasi, perangkat ini hadir dengan kamera belakang 50MP + 2MP dan kamera selfie 16MP.

OPPO A96 bisa didapatkan seharga Rp 4.299.000 dengan pilihan warna Pearl Pink dan Starry Black.

Demikian daftar smartphone OPPO dengan baterai besar yang kami rekomendasikan untuk menemani mudik lebaran. Kira-kira, mana yang jadi pilihan Anda?

Sambut Siaran Digital, Sharp Luncurkan Set Top Box Terjangkau

Sharp Set Top Box

tabloidpulsa.id –  Dalam hitungan hari pemerintah Indonesia akan segera menjalankan kebijakan Analog Switch Off (ASO) dengan menghentikan siaran tv analog dan beralih ke siaran tv digital. Kebijakan ini secara bertahap akan segera di mulai pada tanggal 30 April 2022 mendatang, di tahap pertama nanti, 56 wilayah di Indonesia akan segera merasakan siaran digital yang sudah di canangkan sejak beberapa waktu silam. Dilatari oleh kebutuhan tersebut, Sharp Indonesia meluncurkan Set Top Box tipe STB-DD001i guna memfasilitasi konsumen agar dapat menyaksikan tayangan tv siaran digital dengan nyaman.

Set Top Box merupakan sebuah alat yang dapat menangkap sinyal siaran digital yang kemudian diproyeksikan ke tv analog. Perangkat ini tidak membutuhkan jaringan internet, karena hanya terhubung dengan siaran tv free to air, sehingga tidak memerlukan biaya tambahan. Adapun perbedaannya dengan siaran analog, kualitas gambar siaran digital jauh lebih baik dan juga jernih. 

“Saat ini  beberapa model produk tv Sharp  sudah ada yang dapat menangkap tayangan siaran digital, konsumen dapat menikmati siaran digital tanpa harus menggunakan alat Set Top Box ini, namun kami memberikan kemudahan bagi konsumen kami yang belum memiliki seri tv digital dengan menghadirkan Set Top Box, dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar IDR 250.000,-, konsumen tetap dapat menonton siaran digital dengan tv kesayangan mereka,” ucap Ardy, Head of AUVI Marketing Product Strategy Division.

Set Top Box berjenis DVB-T2 ini mampu menangkap siaran digital dengan sangat baik. Konsumsi dayanya yang relatif rendah, hanya 20 watt membuat konsumen tidak perlu khawatir tagihan listrik akan membengkak.  Dilengkapi dengan port untuk HDMI dan RCA, alat transmitter ini juga memiliki fitur menawan, seperti port USB yang dapat digunakan untuk memutar film maupun musik pilihan.

Selain itu produk dengan seri STB-DD001i ini juga disematkan fitur Early Warning System sesuai ketentuan dari pemerintah, yang dapat berguna untuk memberikan informasi dini mengenai potensi bencana alam yang terjadi. Standar tinggi yang diterapkan oleh Sharp Indonesia ini turut diakui oleh lembaga pemerintah Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengeluarkan sertifikat dengan nomor 81056/SDPPI/2022 yang menyatakan jika produk Set Top Box dari Sharp benar aman dan berkualitas.

“Sertifikasi ini sangat penting untuk penilaian konsumen, sebab saat ini banyak ketersediaan Set Top Box, namun kita tidak mengetahui kualitasnya dan berpotensi merugikan konsumen. Melalui sertifikasi ini, pihak pemerintah melalui Kominfo telah memberikan jaminan, bahwa Set Top Box kami dapat menerima siaran dan memenuhi standar kualitas,” terang Ardy. Mengutip informasi dari laman resmi Kominfo, kebijakan Analog Switch Off (ASO) akan dilaksanakan pada 3 tahap, yaitu pada 30 April 2022, 25 Agustus 2022, dan terakhir pada 2 November 2022. “Melihat waktu peralihan yang semakin dekat, kami menyarankan para konsumen setia kami untuk segera bersiap melakukan peralihan, guna mendapatkan kualitas tayangan yang lebih baik,” tutup Ardy.

Unggul di Solusi SD-WAN, Indosat Raih Status Gold Provider Partner Cisco di Indonesia

Gold Provider Partner Cisco

tabloidpulsa.id Indosat Ooredoo Hutchison diakui sebagai perusahaan telekomunikasi pertama di Indonesia yang meraih status Gold Provider Partner Cisco. Pengakuan tersebut menandai keunggulan dan keahlian perusahaan dalam memberikan solusi as-a-service dan managed service berdasarkan Cisco Power Services (CPS), khususnya Cisco SD-WAN dan Meraki SD-WAN.

Pada tahun 2021, Cisco memperkenalkan Cisco Partner Program, kerangka terpadu yang mengakui dan memberikan penghargaan terhadap investasi mitra dan nilainya bagi pelanggan, berdasarkan empat peran utama mitra: integrator, provider, developer, dan advisor. Program tersebut tersedia dalam tiga level: Gold, Premier, dan Select. Tahun ini, Indosat Business berhasil mendapatkan sertifikasi sebagai Gold Provider Partner.

Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Bayu Hanantasena, mengatakan “Kami bahagia diakui sebagai Perusahaan Telekomunikasi pertama di Indonesia yang meraih Gold Provider Partner Cisco yang menunjukkan posisi kami sebagai mitra penyedia as-a-service dan managed service yang terdepan di industri. Seiring para pelaku bisnis beralih ke solusi Software-as-a-Service (SaaS), managed service, dan cloud-based service, kami berkomitmen untuk menghadirkan solusi konektivitas next-generation berbasis cloud untuk membantu pelanggan bisnis terhubung dengan lancar di lingkungan cloud apa pun dan optimalisasi kinerja operasional mereka.”

“Sebagai Gold Provider Partner Cisco di Indonesia, pelanggan bisnis Indosat Ooredoo Hutchison yang sedang membutuhkan solusi SaaS dan managed service kini dapat memanfaatkan Managed SD-WAN dari perusahaan. Cisco membawa berbagai teknologi seperti 5G, WiFi6, dan IoT terintegrasi dengan kerangka kerja IT policy dan security perusahaan. Misalnya untuk pekerjaan hybrid, pekerja jarak jauh yang terhubung dengan expert on demand, memungkinkan peningkatan kolaborasi dengan WebEx. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan 5G untuk koneksi aset jarak jauh dengan SD-WAN, sementara pada saat yang sama, melindungi infrastruktur penting dengan kamera Cisco Meraki dan sensor IoT yang terhubung ke solusi AI video melalui 5G,” ujar Sanjay Kaul, President, APJ Service Provider, Cisco.

Solusi Managed SD-WAN Indosat Business menawarkan beragam manfaat bagi pelanggan bisnis:

  1. Solusi SD-WAN hadir dengan harga yang kompetitif seiring Indosat Business menjadi Gold Provider Partner Cisco.
  2. One-stop solution untuk semua layanan SaaS dan managed service yang disediakan melalui model subscription yang fleksibel, didukung oleh konektivitas jaringan Indosat Ooredoo Hutchison yang luas.
  3. Pengurangan biaya CAPEX dan efisiensi biaya operasional seiring solusi ini akan mengoptimalkan akses dan kemudahan kendali terhadap aplikasi bisnis melalui single dashboard berbasis cloud.
  4. Solusi Managed SD-WAN kelas dunia, dengan Cisco yang diakui oleh Gartner sebagai Pemimpin dalam Gartner Magic Quadrant 2021 untuk Infrastruktur WAN Edge.

Sebagai Gold Provider Partner Cisco, Indosat Business menawarkan solusi SaaS dan managed service terdepan di industri bagi para pelanggan bisnis untuk dapat berkembang dalam arsitektur SASE yang mengutamakan cloud. Managed SD-WAN Indosat Business, yang didukung oleh Cisco, merupakan solusi mutakhir bagi para pelanggan bisnis dari semua level, yang menawarkan keandalan akses aplikasi bisnis berbasis cloud ataupun on-premise, hingga mengamankan jaringan dari lanskap ancaman yang terus berkembang.

Grup Modalku Umumkan Co-Investment Bank Index

Grup Modalku

tabloidpulsa.idGrup Modalku resmi mengumumkan investasi bersama Carro, platform jual beli otomotif di Asia Tenggara atas saham Bank Index (PT. Bank Index Selindo). Langkah ini menjadi salah satu tonggak penting Grup Modalku untuk memasuki industri neobank dan sebagai dorongan untuk terus memberikan layanan finansial secara menyeluruh serta menjangkau bisnis yang kurang terlayani secara lebih optimal.

Dengan fokus terhadap segmen UMKM, Bank Index merupakan institusi perbankan nasional milik swasta dengan 52 jaringan kantor di area komersial utama seperti Jabodetabek, Jawa, Sumatera, Bali dan Batam sehingga memiliki jejak nasional yang kuat. Bank Index juga menjalankan bisnis di berbagai rantai pasokan komersial melalui  pelayanan mobile serta internet banking kepada penggunanya. 

Co-Founder & CEO Modalku, Reynold Wijaya, mengatakan, “Kolaborasi bersama Bank Index ini akan mendukung strategi bisnis Grup Modalku ke depannya. Kami melihat bahwa Bank Index adalah partner yang sesuai bagi Modalku karena adanya kesamaan visi untuk memberdayakan dan mengembangkan UMKM. Sejak 2015, Grup Modalku telah menjadi mitra untuk industri perbankan di seluruh wilayah kami beroperasi. Kemitraan kami dengan Bank Index akan membawa kolaborasi fintech dan perbankan ke level yang lebih tinggi. Bersama-sama kami berencana untuk mendukung UMKM dengan lebih baik di lintas perbankan, pembayaran, pinjaman, dan layanan digital.”

Langkah yang diambil Grup Modalku untuk melakukan investasi di Bank Index merupakan salah satu kunci untuk memajukan industri financial technology. Berdasarkan hasil “Annual Members Survey AFTECH 2021,” klaster neobank memiliki potensi untuk tumbuh pesat di masa depan khususnya bagi populasi unbanked dengan perkiraan peningkatan sebesar 51%. Lebih lanjut, survei Ernst & Young (EY) juga mencatat bahwa masyarakat Indonesia memiliki ketertarikan yang cukup tinggi terkait penggunaan super apps termasuk layanan neobank.

Jeremy Ong selaku CEO Carro Indonesia, mengatakan, “Rencana Bank Index terhadap industri financial technology yang lebih maju dengan kontribusi dari sumber daya manusia sejalan dengan visi kami untuk membangun kapabilitas dan infrastruktur dalam hal melayani pelanggan di seluruh ekosistem otomotif baik dalam hal pembelian, pembiayaan UMKM, asuransi, atau yang lainnya. Oleh karena itu, co-investment merupakan pilihan yang natural. Kami sangat percaya dengan nilai kerja sama ini dan bersemangat untuk menjadi bagian dari perjalanan ini ke depan.”

Gimin Sumalim selaku Presiden Direktur Bank Index menambahkan, “Kami sangat terbuka untuk menyambut Grup Modalku serta Carro sebagai pemegang saham Bank Index untuk bersama-sama turut membantu membangun inisiatif strategis sesuai dengan visi dan misi yang sejalan khususnya untuk memberikan pelayanan yang lebih masif. Langkah ini juga menjadi acuan untuk terus melakukan transformasi digital secara komprehensif.”

Modalku menyediakan layanan pendanaan digital, di mana peminjam (UMKM yang berpotensi) bisa mendapatkan pinjaman modal usaha hingga Rp 2 miliar yang didanai oleh pendana platform (individu atau institusi yang mencari pendanaan) melalui pasar digital. Selain di Indonesia, Modalku juga beroperasi di Singapura, Malaysia, dan Thailand dengan nama Funding Societies. Sampai saat ini, Grup Modalku telah berhasil mencapai penyaluran pinjaman usaha sebesar Rp 33,02 triliun kepada lebih dari 5 juta transaksi pinjaman UMKM.

Tips Abadikan Foto Lebaran dengan OPPO A96 Ala GadgetApa

oppo gadgetapa
Aryo Meidianto (PR Manager OPPO Indonesia) dan Mikhail Surjadi (Gadgetapa)

tabloidpulsa.id – Hari terakhir ajang Gadget Invasion Week 2022 yang berlangsung akhir Minggu kemarin kembali dimeriahkan oleh OPPO Indonesia dan seorang Tech Content Creator, Mikhail Surjadi dari akun Gadgetapa. Membongkar kemampuan OPPO A series terbaru, yang ternyata memiliki banyak fitur menarik serta bagaimana memanfaatkannya terutama menjelang lebaran yang akan menghampiri beberapa hari lagi.

Seperti yang sudah kami ulas di review dan tulisan-tulisan lain, OPPO A96 memang memiliki sejumlah keunggulan jika dibandingkan dengan ponsel OPPO lain. Bukan hanya dari A series, melainkan beberapa produk dari Reno Series sekalipun.

Dalam kesempatan diskusi yang dimoderatori oleh Aryo Meidianto Aji, PR Manager OPPO Indonesia, Mikhail GadgetApa menyampaikan sejumlah keunggulan OPPO A96 yang membuatnya cocok banget untuk dijadikan alat membuat konten digital saat lebaran.

Pertama adalah kapasitas yang besar. Menurut Mikhail sejago-jagonya content creator tetap akan membutuhkan waktu dan percobaan merekam dan memfoto obyek lebih dari sekali jepret atau sekali rekam. Atau disebut Mikhail sebagai upaya mengumpulkan footage. Mau tidak mau akan membutuhkan ruang penyimpanan yang besar.

OPPO A96 memiliki kapasitas ROM yang besar yakni 256GB. Ini pun masih bisa ditambahkan dengan kartu memori tambahan hingga besaran 1TB. Plus fitur Expansion ROM yang akan menjadikan kartu memori eksternal, seolah-olah menjadi pseudo ROM, alias memori internal bayangan. Karena hanya untuk kebutuhan beberapa apps saja.

Kedua tentu saja ada di sisi kamera. Karena meskipun masuk ke kelompok A Series, OPPO A96 membawa teknologi kamera yang mumpuni, termasuk bokeh flare portrait. 50MP kamera utama dan 16MP kamera selfie menurut Mikhail sudah cukup untuk membuat konten menarik, juga menggunakannya sebagai alat untuk Live di beberapa aplikasi termasuk TikTok.

Tapi untuk pengambilan gambar yang apik, Mikhail juga punya beberapa tips nih, gan.

Nomor satu adalah kenali Smartphone yang kita gunakan. Menurut Mikhail, kita tidak bisa menggunakan satu ponsel, lalu melakukan sekali saja upaya memfoto atau merekam gambar. Kita harus terus mencoba menggunakan kamera ponsel untuk kemudian bisa mengenali karakter lensa kamera ponsel tersebut, hingga bisa mendeteksi hal-hal yang perlu dihindari.

Dari sini, kemudian kita bisa menggunakan tripod dan lighting. Terutama untuk kebutuhan merekam video. Mikhail menyarankan kita untuk selalu membawa tripod dan pencahyaan yang optimal untuk bisa menghasilkan foto dan video yang apik dari sebuah smartphone, termasuk OPPO A96.

“Selain tripod dan lighting, kita juga harus banyak-banyak melihat ide menarik dari content creator lain. Juga masuk ke komunitas-komunitas, cari temen, dan belajar dari sana”, ujar Mikhail.

Menariknya ketika digunakan untuk berfoto keluarga saat lebaran pun OPPO A96 bisa diandalkan. Menurut Mikhail, cahaya luar ruangan bisa dimanfaatkan saat berfoto bersama. Biar tidak monoton juga bisa aktifkan bokeh flare portrait. Dan berkat sertifikasi IPX4 dan IP5X yang dibawa oleh OPPO A96, kita pun tidak perlu takut saat memotret di luar ruangan ketika tiba-tiba turun hujan misalnya.

Buat Anda yang tertarik untuk membeli ponsel OPPO termasuk OPPO A96 yang digunakan oleh Mikhail Surjadi dari GadgetApa, Anda bisa membelinya sekarang karena saat ini ada promo Semarak Ramadan OPPO Indonesia, di mana Anda berkesempatan memperoleh sejumlah bonus. Cek di link berikut https://www.oppo.com/id/events/ramadan-2022/

Editor's Pick