Home Blog Page 463

TikTok Luncurkan Kampanye Edukasi “#SerunyaBelajar Ada di TikTok”

TikTok Luncurkan Kampanye Edukasi "#SerunyaBelajar Ada di TikTok"
TikTok Luncurkan Kampanye Edukasi "#SerunyaBelajar Ada di TikTok"

TabloidPulsa.id – TikTok, platform distribusi video pendek terdepan, meluncurkan kampanye edukasi terbaru bertajuk “#SerunyaBelajar Ada di TikTok”. Setelah sebelumnya sukses dengan kampanye #SamaSamaBelajar, kampanye edukasi kali ini mendorong terciptanya konten edukasi yang seru dan bermanfaat, sekaligus menyemarakkan kegiatan edukatif yang mengajak partisipasi aktif dari komunitas TikTok. Untuk memupuk semangat belajar dengan cara yang menyenangkan dan menghibur, kampanye ini menunjuk Cinta Laura Kiehl sebagai Campaign Ambassador atau wajah kampanye “#SerunyaBelajar Ada di TikTok”.

Sebagai lima kategori teratas di Indonesia, kategori konten edukasi berkembang dengan sangat pesat di TikTok, termasuk konten seputar life-hacks, tips karier, belajar hingga bisnis. Hal ini terlihat dari beberapa data, antara lain kampanye edukasi #SamaSamaBelajar yang sebelumnya diluncurkan di TikTok dan berhasil mendapatkan lebih dari 95 miliar views. Sejalan dengan pembelajaran melalui platform digital, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) juga turut mendorong penyediaan konten pembelajaran yang dibuat secara mandiri oleh kreator konten. Metode pengajaran digital ini juga menjadi upaya Kemendikbudristek untuk menciptakan lingkungan internet yang sehat sebagai media sumber pembelajaran.

Sebagai rumah kreativitas dari para kreator, TikTok ingin terus membangun semangat belajar yang kreatif dan menyenangkan, salah satunya melalui kampanye edukasi ini. “Di platform TikTok, semua orang bisa belajar dan berbagi informasi bermanfaat dengan cara yang seru dan menyenangkan, melalui kekuatan komunitas. Kami senang sekali semangat yang sama juga diusung oleh sosok figur publik seperti Cinta Laura Kiehl yang sangat memperhatikan pendidikan dan pertumbuhan konten edukasi. Harapannya, kampanye “#SerunyaBelajar Ada di TikTok” dapat semakin menginspirasi serta meningkatkan kreativitas komunitas dan kreator sebagai penggerak utama konten edukasi,” ungkap Kevin Chandra, Education & Lifestyle Creators Partnership Lead, TikTok Indonesia.

Kampanye edukasi terbaru dari TikTok kali ini fokus mengajak pengguna untuk sama-sama menikmati dan berbagi semangat belajar dengan cara seru. Untuk menyebarluaskan semangat ini, figur publik Cinta Laura Kiehl juga ditunjuk sebagai Campaign Ambassador untuk #SerunyaBelajar Ada di TikTok. “Bagi saya, proses belajar adalah perjalanan yang tidak akan ada habisnya. Untuk itu, saya senang sekali bisa menjadi bagian dari kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok. Saya ingin ikut berbagi proses dan pengalaman belajar pribadi saya dengan cara yang seru dan menghibur kepada komunitas TikTok dan masyarakat yang lebih luas,” tutur sosok yang peduli pada pendidikan ini.

Bersama Cinta Laura Kiehl, kampanye “#SerunyaBelajar Ada di TikTok” akan menghadirkan berbagai kegiatan menarik bagi komunitas TikTok dan masyarakat lebih luas. Beberapa di antaranya adalah kompetisi konten edukasi #SerunyaBelajar di platform TikTok, kegiatan luring di MBloc Space, Jakarta Selatan yang akan diramaikan dengan berbagai diskusi bersama para ahli dan top kreator TikTok sekaligus disiarkan secara daring melalui TikTok LIVE, pertunjukan musik, instalasi seni menarik, dan beragam kegiatan seru lainnya.

Tak hanya kehadiran Cinta Laura Kiehl yang memberi warna baru dalam kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok, kreasi video kreatif dari kreator kategori edukasi di TikTok tentu menjadi kunci sukses kampanye. Tjokro Wimantara atau Pak Win, kreator dan Pemenang TikTok Awards 2020 kategori Best of Learning & Education, yang sering menyampaikan informasi terkait bisnis dan keuangan menyampaikan, “Saya mengapresiasi komitmen TikTok di dalam kampanye edukasi. Melalui kreativitas para kreator dan komunitas TikTok, konten edukasi dapat dikemas dengan cara yang seru, sehingga dapat menggugah semangat belajar di diri kita. Semoga kehadiran kampanye edukasi terbaru #SerunyaBelajar ini dapat meningkatkan motivasi semua teman-teman kreator untuk terus menghadirkan lebih banyak lagi konten bermanfaat dan turut membangun ekosistem platform digital yang positif.”

Kreator yang berbagi konten karier dan pengembangan diri, sekaligus Pemenang TikTok Awards 2021 kategori Best of Learning & Education, Vina Muliana juga menuturkan, “Saya senang dapat ikut menjadi bagian dari komunitas berbagai latar belakang yang saling berbagi pengetahuan dan informasi lewat konten-konten edukasi di TikTok. Hadirnya kampanye edukasi terbaru #SerunyaBelajar Ada di TikTok ini menjadi semangat baru bagi saya dan sesama kreator untuk berbagi informasi terkini, khususnya seputar dunia kerja, kepada komunitas TikTok dan masyarakat luas. Serta mampu berkontribusi untuk ekosistem platform digital yang lebih positif.”

Seluruh kegiatan kampanye “#SerunyaBelajar Ada di TikTok” akan dilaksanakan mulai tanggal 27 Juni hingga 10 Juli 2022. Kegiatan ini meliputi kompetisi hashtag challenge untuk semua pengguna TikTok di atas usia 18 tahun, serial TikTok LIVE dengan tema #SerunyaBelajar Bangun Masa Depan pada 29 Juni hingga 7 Juli 2022, dan kegiatan di MBloc Space yang diisi dengan Creative Edu Exhibition dan Networking Party. Acara yang berlangsung mulai 4 hingga 10 Juli 2022 ini terbuka bagi seluruh masyarakat, dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Konten-konten edukasi yang inspiratif dan menghibur di TikTok dapat diakses melalui tagar #SerunyaBelajar di laman discovery TikTok atau melalui tautan ini. Untuk informasi lebih lengkap terkait kegiatan kampanye “#SerunyaBelajar Ada di TikTok” di TikTok.

ShopeePay Ajak Keluarga Indonesia Kelola Finansial dengan Cerdas

Kelola Finansial ala ShopeePay

tabloidpulsa.id – Bertepatan dengan Hari Keluarga Nasional, ShopeePay mengajak keluarga Indonesia kelola finansial dengan cerdas, salah satunya melalui pemanfaatan fitur Transfer ShopeePay. Fitur ini memungkinkan keluarga Indonesia untuk melakukan transferdengan bebas biaya admin, langsung sampai ke rekening tujuan (real-time),dan tanpa batas kuota transfer harian, baik ke sesama pengguna ShopeePay maupun ke berbagai rekening bank. Sehingga, kebutuhan finansial rumah tangga termasuk pengelolaan keuangan dapat terpenuhi dengan nyaman dan praktis. Kepraktisan fitur ini pun sejalan dengan data Statistik Telekomunikasi Indonesia 2020 oleh Badan Pusat Statistik (BPS), di mana 98,76% rumah tangga di perkotaan dan perdesaan telah menggunakan telepon seluler sebagai media untuk mengakses internet. 

Melalui diskusi bertajuk ‘Keluarga Kompak Tanpa Batas Bersama ShopeePay’, Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay mengatakan, “ShopeePay menyadari adanya beragam kebutuhan transaksi yang harus dipenuhi oleh keluarga. Tak hanya itu, keluarga juga mengemban tanggung jawab untuk melakukan edukasi dan membangun literasi keuangan dalam lingkup keluarga. Pasalnya, berdasarkan data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2019, diketahui indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 38,03% dan indeks inklusi keuangan sebesar 76,19%. Berangkat dari hal tersebut, kami harap fitur Transfer ShopeePay dan ragam inisiatif yang kami luncurkan dapat memberikan kemudahan bagi keluarga Indonesia dalam memenuhi kebutuhan finansial dan pengelolaan keuangan dengan lebih baik guna mewujudkan literasi keuangan yang mumpuni.”

Fitur ini hadir untuk semakin mendukung produktivitas serta memudahkan pengguna dalam memenuhi kebutuhan harian, terutama bagi anggota keluarga yang mengemban tugas sebagai pengelola keuangan keluarga. Melalui fitur Transfer ShopeePay ini, pengguna dapat dengan mudah mendistribusikan pos budget, melakukan pembayaran langsung ke berbagai rekening bank maupun akun ShopeePay, hingga rekap pengeluaran yang tercatat pada fitur Riwayat Transaksi dengan praktis dan efisien. Pada kesempatan yang sama, Eka pun menginformasikan bahwa per tanggal 1 Juli mendatang, para pemegang akun ShopeePay Plus dapat menikmati limit saldo yang lebih tinggi yaitu sebesar Rp20.000.000, sehingga transaksi sehari-hari semakin aman, mudah, dan memuaskan.

Pasangan public figure Mona Ratuliu & Indra Brasco mengaku sangat terbantu dengan hadirnya fitur Transfer ShopeePay. Terlebih, keluarganya memiliki kebutuhan transfer harian yang beragam. Berikut tips kelola finansial dari Mona Ratuliu & Indra Brasco agar keluarga makin kompak:

Buat pos budget sesuai kebutuhan serta lakukan evaluasi keuangan secara berkala

Membuat rancangan pengeluaran adalah salah satu strategi utama yang dilakukan oleh Mona dan Indra agar pengeluaran keluarga dapat terkontrol dengan baik. Untuk strategi satu ini, Mona menekankan bahwa setiap keluarga pasti memiliki kebutuhan dan rencana keuangan yang berbeda-beda. Untuk itu, suami dan istri ada baiknya mendiskusikan terlebih dahulu besaran pos budget sesuai dengan tujuan keluarga masing-masing.

“Ketika mengelola keuangan keluarga, kami berdua menerapkan strategi alokasi budget berdasarkan kategori kebutuhan agar pengeluaran bisa lebih terkontrol. Jadi, setiap bulannya aku buat rancangan pos budget, mulai dari kebutuhan harian, tabungan dan investasi, dana pendidikan, rekreasi dan hiburan, biaya transportasi, hingga kebutuhan esensial lainnya. Nah, untuk memenuhi kebutuhan transfer yang beragam tersebut, aku memanfaatkan fitur Transfer ShopeePay karena bisa transfer berkali-kali dan tetap gratis biaya admin. Dengan begitu, di akhir bulan kami bisa melakukan evaluasi pengeluaran dengan mudah melalui riwayat transaksi ShopeePay, sehingga proses pengelolaan keuangan pun makin teratur dan terukur,” ujar Mona Ratuliu.

Manfaatkan teknologi untuk permudah urusan finansial harian

Mona dan Indra mengaku bahwa kehadiran teknologi sangat membantu kelola finansial keluarganya. Selain membantu keduanya jadi makin produktif dan dapat beraktivitas dengan efisien, Mona dan Indra juga merasa sangat terbantu dengan keunggulan fitur dan juga promo yang ditawarkan. “Ibu-ibu pasti paham kalau setiap harinya ada saja kebutuhan keluarga yang harus ditransfer sana-sini, mulai dari uang belanja dapur, bayar uang sekolah dan les anak, uang saku anak, iuran bulanan kompleks, gaji pegawai, sampai iuran arisan keluarga dan jadwal staycation. Untungnya, sekarang ada fitur Transfer ShopeePay yang praktis dan gratis biaya admin, jadi aku bisa bebas melakukan transfer ke mana pun tanpa ribet dan pastinya tetap hemat,” lanjut Mona.

Libatkan seluruh anggota keluarga dalam proses perencanaan keuangan

Menambahkan sang istri, Indra Brasco mengatakan, “Bagi saya, teamwork dan saling percaya merupakan salah satu kunci untuk mencapai perencanaan keuangan keluarga yang kuat. Untuk itu, saya dan Mona selalu berusaha untuk melibatkan anak-anak dalam mencapai tujuan finansial bersama dengan sesekali memberikan kepercayaan kepada mereka untuk mengatur keuangan masing-masing. Namun, layaknya sebuah tim, dalam keluarga juga tentu memerlukan pembagian tugas yang jelas. Kalau untuk urusan keuangan keluarga, sudah pasti saya percayakan kepada Mona yang memang lebih teliti,  memahami secara detail mengenai kebutuhan keluarga, dan tentunya cerdas memilih promo yang menguntungkan.”

Annisa Steviani, Certified Financial Planner membenarkan, bahwa salah satu kunci sukses kelola finansial keluarga adalah dengan menyamakan persepsi seputar finansial dengan pasangan dan bahkan anggota keluarga. Menurutnya, ideal bagi keluarga apabila mampu menyisihkan 10% dari pemasukan per bulan untuk menabung atau investasi. Terlebih dengan kehadiran teknologi yang semakin memudahkan pengelolaan keuangan keluarga, seperti fitur Transfer ShopeePay. Ketika fondasi finansial keluarga kuat, tujuan dan impian yang dimiliki pun dapat dicapai secara efektif dan strategis. “Memperkuat fondasi finansial keluarga juga termasuk pada literasi finansial anak. Alih-alih mengajarkan pentingnya menabung, orang tua bisa mulai mengedukasi anak cara berbelanja dengan bijak. Dengan begitu, anak bisa membedakan harga mahal dan murah, mengenali kualitas barang, belajar menghitung ketika berbelanja, dan pada akhirnya terdorong untuk menabung,” pungkas Annisa. 

Selain gratis biaya admin, seluruh pengguna fitur Transfer ShopeePay juga berkesempatan untuk mendapatkan total bonus 7 miliar hingga tanggal 10 Juli nanti dan berbagai promo spesial lainnya. Coba fitur Transfer ShopeePay dan cek promo selengkapnya di sini.

Untuk melengkapi kebutuhan keluarga lainnya, kampanye Shopee 7.7 Mega Elektronik Sale masih berlangsung hingga 7 Juli mendatang. Seluruh pengguna akan dimanjakan dengan beragam promo dan penawaran menarik, termasuk untuk produk elektronik seperti handphone, komputer, perlengkapan rumah tangga, dan masih banyak lagi. Selama kampanye berlangsung, pengguna dapat memanfaatkan promo seperti Garansi ORI Cicilan 0%, Pesta Diskon 77%, hingga Gratis Ongkir di Semua Toko.

Tips Menciptakan Konten Makanan yang Menggugah Selera

tabloidpulsa.id – Jika semula media sosial hanyalah sebuah platform untuk berbagi tulisan ataupun terhubung dengan kerabat, kini fungsinya semakin berkembang menjadi platform untuk membagikan berbagai jenis konten, mulai dari konten visual seperti foto maupun konten audio-visual seperti video. Tidak hanya itu, media sosial juga telah menjadi sumber dan referensi untuk mendapatkan informasi yang mengedukasi serta menghibur, salah satunya adalah konten kuliner atau yang berkaitan dengan makanan sedang diminati saat ini. Dengan berkembangnya jenis konten yang dapat dibagikan pada media sosial, maka semakin banyak orang untuk menuangkan sisi kreatifnya ke dalam sebuah karya visual. 

Salah satu hal yang sering ditemukan saat ini adalah kebiasaan orang untuk mengabadikan makanan yang hendak mereka santap dalam sebuah foto maupun video. Kebiasaan ini menginspirasi banyak orang untuk membuat konten visual dengan objek makanan. Selain menarik untuk ditonton, konten-konten makanan yang ada pada berbagai media juga sangat informatif serta menggugah selera. Maka dari itu, food photographer atau food content creator semakin dicari dan memiliki peranan penting dalam menghasilkan sebuah karya konten makanan yang tidak hanya menarik namun memiliki nilai visual. 

Oleh karena itu, Shopee menghadirkan BincangShopee 7.7 Mega Elektronik Sale – Gugah Selera Lewat Kreasi Konten Makanan. Bersama MGDALENAF (Content Creator) dan Silva Sandiarini (Food Photographer), BincangShopee kali ini membahas mengenai langkah mudah saat ingin mulai membuat kreasi konten makanan serta memberikan tips dan trik untuk membuat konten visual dengan objek makanan yang menarik.

Putri Lukman, Head of Electronics & FMCG Shopee Indonesia mengatakan, “Tanpa kita sadari, konten yang menampilkan makanan sangat sering kita jumpai, baik pada papan iklan di jalanan, menu makanan di restoran, hingga konten visual di platform media sosial. Hal ini menjadi sebuah peluang serta wadah kreasi bagi masyarakat yang memiliki hobi fotografi untuk menciptakan kreasi konten dengan objek makanan. BincangShopee kali ini merupakan dukungan kami untuk masyarakat agar dapat semakin bebas menuangkan kreativitasnya dalam pembuatan konten dan mendapatkan inspirasi serta trik yang tepat. Kami harap inisiatif dalam menyambut hari puncak 7.7 Mega Elektronik Sale yang akan datang, dapat melahirkan kreator-kreator baru dari dalam negeri serta semakin memperkaya kreasi konten visual.”

Perjalanan untuk membuat konten makanan bisa dimulai dengan sangat sederhana. Memotret makanan tiap sebelum makan bisa menjadi langkah awal, lho. MGDALENAF, Content Creator menambahkan, “Punya ketertarikan dan suka mengabadikan makanan yang dimakan bisa jadi awal mula kamu untuk menjadi kreator konten makanan, sama seperti aku saat memulai dulu. Setelahnya baru kamu bisa mulai pelajari teknik-teknik untuk membuat hasil visualnya lebih menarik agar objek makanan nya dapat menggugah selera. Jangan lupa selain teknik dan skill, alat-alat fotografi atau videografi yang dipakai juga bisa membantu hasil konten kamu. Momen Shopee 7.7 Mega Elektronik Sale tepat sekali bagi kamu yang mau mulai investasi alat-alat dan perlengkapan elektronik untuk mempercantik hasil kreasi konten makanan. Kapan lagi kan beli barang elektronik sambil dapat keuntungan?”

Menciptakan kreasi konten makanan mungkin terlihat mudah. Berbekal smartphone maupun kamera, siapapun bisa membuat konten dimanapun dan kapanpun. Namun, untuk membuat hasil konten makanan yang menarik memerlukan teknik tertentu karena objek utama yang digunakan adalah objek tak bergerak. Pada BincangShopee 7.7 Mega Elektronik Sale – Gugah Selera Lewat Kreasi Konten Makanan kali ini, Silva Sandiarini sebagai pakar Food Photography membagikan tips dan trik untuk membuat konten makanan yang dapat menggugah selera, antara lain:

  1. Siapkan peralatan fotografi atau videografi yang tepat 

Agar sesi pengambilan gambar menjadi efektif, peralatan yang tepat harus disiapkan. Yang paling utama adalah menyiapkan kamera untuk melakukan pengambilan gambar, baik foto maupun video. Kamera yang dapat digunakan pun beragam, bisa menggunakan kamera profesional dengan lensa yang tidak terlalu wide untuk hasil visual maksimal, seperti lensa 50mm, 85mm serta 105mm. Selain kamera profesional, kamu juga bisa menggunakan smartphone yang dilengkapi dengan kamera memadai. Selain itu, properti pendukung seperti triplek dan karton putih untuk digunakan sebagai latar belakang foto dan properti lain yang mempercantik seperti daun kering maupun variasi mangkuk atau piring juga harus diperhatikan untuk mencapai hasil yang maksimal. Untuk menciptakan hasil konten yang stabil, kamu dapat menggunakan bantuan tripod sebagai penopang kamera atau smartphone yang digunakan.

  1. Teknik pencahayaan yang sesuai membuat hasil lebih menarik

Salah satu unsur paling penting dalam pengambilan gambar adalah pencahayaan. Dengan menggunakan teknik pencahayaan yang tepat, maka hasil visual yang diinginkan pun akan menjadi lebih baik. Ada beberapa teknik penggunaan cahaya seperti Artificial Lighting dan Natural Lighting. Yang paling mudah digunakan adalah teknik Natural Lighting, karena teknik ini menggunakan cahaya alami seperti matahari untuk dapat mempercantik objek makanan. Namun jika lokasi pengambilan gambar tidak mendapatkan cahaya matahari alami yang baik, Artificial Lighting atau cahaya tambahan juga dapat digunakan. Posisi cahaya juga ikut mempengaruhi visual yang dihasilkan serta tone dan mood dari visual tersebut. Untuk menciptakan nuansa visual dimana bayangan foto tidak menyeluruh, kamu bisa meletakkan pencahayaan dari samping objek atau side light. Teknik pencahayaan dari belakang objek atau rim light maupun cahaya dari ¾ objek atau oval light juga bisa digunakan dan disesuaikan dengan nuansa yang diinginkan.

  1. Tentukan sudut pengambilan gambar yang tepat

Agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam sesi pengambilan gambar, kamu harus cermat dalam menentukan bagian makanan apa yang hendak ditonjolkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur sudut pengambilan atau angle gambar agar hasil visual yang dihasilkan memiliki nilai lebih dan mampu membuat audiens tertarik untuk mencicipi makanan tersebut. Sudut pengambilan gambar terbaik untuk makanan adalah dari sudut 0°, 10-20°, 45°, dan 90° maupun dari sudut sejajar mata atau eye-level. Contohnya, jika ingin memperlihatkan nasi campur yang berisi bermacam lauk pauk di atas piring, kamu bisa gunakan sudut 45° agar seluruh isi piring dapat diperlihatkan.

  1. Plating dan properti pendukung memberikan sentuhan akhir yang cantik

Tidak hanya makanan yang dapat menggugah selera, properti pendukung yang tertata rapi hingga penataan makanan di piring atau mangkuk juga dapat menambah nilai visual dari konten. Dengan teknik food styling yang tepat, kamu bisa mendapatkan hasil visual yang maksimal dari objek makanan yang kamu gunakan. Pertama-tama, kamu harus memahami terlebih dahulu objek makanannya, kemudian menyusun properti pelengkap sedemikian rupa dan disesuaikan penempatannya agar terlihat presisi pada hasil akhir konten makanan tersebut. Beberapa contoh properti pelengkap yang bisa kamu gunakan adalah piring, peralatan makanan seperti garpu dan sendok, cut board kayu, dan lain sebagainya. Cukup kamu sesuaikan dengan jenis makanannya, maka kamu akan mendapatkan hasil visual yang lebih menarik.

Nikmati berbagai penawaran menarik pada rangkaian kampanye Shopee 7.7 Mega Elektronik Sale hingga 7 Juli 2022 mendatang untuk mencari dan melengkapi kebutuhan elektronik untuk kreasi konten milikmu! Dapatkan Garansi Ori Cicilan 0%, Pesta Diskon 77%, dan Gratis Ongkir Semua Toko untuk beragam kategori produk elektronik setiap harinya.

Cara Mudah Membuat Foto Light Trails di OPPO Reno7

light trails reno7

tabloidpulsa.id – OPPO Reno7 (4G) dikenal memiiki banyak fitur fotografi. Termasuk yang paling diandalkan adalah foto portrait dengan beberapa efek yang memudahkan penggunanya untuk mengambil foto apik dengan upaya yang seminim mungkin. Tapi berbeda dengan produk flagship OPPO semisal Find X5 Pro, OPPO Reno7 tidak membawa fitur Long Exposure, membuat kita harus berupaya lebih untuk menghasilkan foto dengan teknik tersebut, salah satunya adalah light trails.

Light trails sendiri merupakan salah satu tipe pengambilan gambar yang memanfaatkan exposure yang panjang alias long exposure yang memfokuskan pada gerakan cahaya. Dengan cara membuka shutter kamera dalam waktu yang lebih lama dari biasanya, maka cahaya yang masuk sensor akan semakin banyak, dan jika cahaya tersebut bergerak maka akan dihasilkan sebuah pola pergerakan cahaya yang berkelanjutan.

Beberapa contoh foto light trails banyak memperlihatkan garis cahaya di tengah keramaian lalu lintas, semisal di jalan tol, atau jalan raya yang relatif lancar dengan pergerakan kendaran yang stabil. Atau ada juga yang berkonsentrasi untuk menciptakan jejak cahaya berupa huruf dan kata-kata bermakna menggunakan cahaya senter yang dibuka-tutup. Anda pastinya pernah melihat tipe foto seperti ini, bukan?

Sejumlah produsen ponsel dengan kamera yang mumpuni, sempat membawa fitur ini sehingga kita bisa melakukan pemotretan long exposure hanya dengan memilih fitur ini, lalu jepret, tahan dan fotonya jadi sesuai dengan keinginan kita.

Bagaimana kalau di Reno7? Untuk menciptkan foto light trails di OPPO Reno7 dan ponsel-ponsel lain yang tidak memiliki fitur Long Exposure, maka Anda bisa melakukan pengambilan gambar seperti ini secara manual. Mudah kok. Berikut tips dari kami.

Pertama, siapkan tripod yang mumpuni. Pengambilan gambar secara long exposure membutuhkan kestabilan tingkat tinggi. Kalau bergerak sedikit saja, akan mengakibatkan gambar yang tidak fokus, atau jejak cahaya yang tidak sesuai keinginan.

Kedua, gunakan mode PRO atau manual. Kalau di Reno7 kita bisa menemukan pilihan mode ini di bagian MORE atau SELENGKAPNYA. Pilih PRO untuk memunculkan settingan Shutter speed, ISO, White Blance, Exposure Value dan sebagainya.

Ketiga, fokus pada ISO dan Shutter speed. Atur ISO ke angka terendah yang bisa diraih kamera ponsel. Biasanya sih kami atur ke angka 100. Nilai ISO meruapkan nilai sensitivitas kamera terhadap cahaya. Semakin rendah maka akan semakin kurang sensitivitasnya. Kita membutuhkan pengaturan ISO rendah karena kita akan menangkap lebih banyak cahaya dari pada pemotretan normal.

Keempat, beralih ke Shutter speed. Anda bisa mengatur kecepatan shutter dalam membuka dan menutup lensa ke kecepatan yang rendah. Mulai dari 1 detik hingga 5 atau 10 detik jika diperlukan. Semakin besar atau lama kecepatan shutter speed, maka akan semakin lama lensa menangkap cahaya.

Kelima, sentuh titik fokus di salah satu cahaya atau titik terang yang muncul di viewfinder. Saat kita atur ISO dan Shutter speed seperti di atas, jangan heran karena viewfinder akan terlihat gelap. Jika Anda memotret menggunakan tripod, maka upayakan untuk tidak memindahkan arah kamera, lalu tekan salah satu cahaya yang tertangkap, baru tekan tombol shutternya.

Lensa akan membuka-tutup dalam waktu sesuai dengan yang kita atur sebelumnya. Dan hasilnya akan muncul di salah satu sudut viewfinder, tergantung Anda memposisikan ponsel.

Anda bisa menghasilkan foto yang apik jika dilakukan di kondisi yang tidak terlalu terang, dengan obyek yang kontras tingkat kecerahannya, dan pergerakan yang signifikan. Dan jangan lupa, sering-sering lah berlatih.

Oh iya, teknik ini juga bisa Anda gunakan untuk melakukan foto portrait. Alias ada obyek manusi di depan cahaya yang bergerak tadi. Tapi upayakan obyek manusia tidak banyak bergerak dan dijatuhi cahaya yang cukup.

Mudah, bukan?

Indosat Ooredoo Hutchison Gelar RUPST, Ini Agendanya!

RUPST Indosat Ooredoo Hutchison

tabloidpulsa.id Indosat Ooredoo Hutchison hari ini menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) secara elektronik di Kantor Pusat Perseroan. RUPST membahas dan memutuskan beberapa agenda, sebagai berikut:

  1. Persetujuan laporan tahunan dan pengesahan laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021.
  2. Persetujuan penggunaan laba bersih Perseroan untuk tahun buku yang berakhir di 31 Desember 2021.
  3. Persetujuan penetapan remunerasi Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun 2022.
  4. Persetujuan penunjukan Akuntan Publik Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022.

Direktur Utama Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan “Kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh pelanggan kami dan para mitra atas kepercayaan dan loyalitas berkelanjutan yang memberikan keyakinan besar kepada Perseroan. Kami berhasil menjaga momentum pertumbuhan yang positif, sambil terus memperkuat kerja sama strategis dengan mitra global, dan juga senantiasa berkomitmen mendukung agenda transformasi digital Pemerintah Indonesia.”

Perseroan resmi menjadi Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) pada 4 Januari 2022. Sejak saat itu, IOH berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman pelanggan lewat integrasi dua entitas yang saling melengkapi. Hal ini termasuk integrasi jaringan yang tengah dilakukan di 43 ribu pemancar jaringan dengan target selesai pada akhir tahun 2022.

Selain itu, IOH juga mendorong inovasi dan percepatan layanan digital baru. Pada bulan Maret lalu, IOH telah meluncurkan UCan dan Bima Kredit yang digunakan untuk pemberdayaan komunitas UMKM dan nelayan di Mandalika.

IOH membawa dampak signifikan bagi bisnis, industri, dan Indonesia. Hal ini terlihat dari kinerja perusahaan di kuartal pertama 2022 yang mencatatkan pertumbuhan kuat di total pendapatan serta EBITDA.

Belum lama ini, IOH juga mengumumkan lahirnya BDx Indonesia menjawab permintaan yang terus meningkat akan data center berstandar global di Indonesia. IOH juga melakukan peran penting dalam mendukung agenda strategis Indonesia untuk mendorong pemulihan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi di ajang MotoGP Mandalika, Jakarta E-Prix, dan Pertemuan G20. 

“IOH akan melanjutkan fokusnya dalam mempercepat proses integrasi sehingga seluruh pelanggan dapat segera menikmati manfaat dari hadirnya IOH di Indonesia. Kami juga ingin menciptakan nilai bersama yang lebih besar bagi pemegang saham untuk memberdayakan Indonesia melalui pemberdayaan talenta digital, perempuan, dan UMKM. Hal ini juga sejalan dengan misi IOH untuk memberikan pengalaman digital kelas dunia, menghubungkan, dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” tutup Vikram.

Wagely Kenalkan Platform Kesejahteraan Finansial

Wagely

tabloidpulsa.id – wagely memperkenalkan platform kesejahteraaan finansial di ajang Indonesia HR Summit 2022. Setelah dua tahun tertunda, konferensi sumber daya manusia paling bergengsi ini kembali dalam format offline dan virtual. Berfokus pada semangat transformasi digital dan keberlanjutan bisnis, tema konferensi tahun ini sejalan dengan aspirasi wagely untuk membantu karyawan mencapai kesejahteraan finansial melalui teknologi.

Selama dua tahun terakhir, pandemi telah membawa dampak luar biasa terhadap kesejahteraan finansial di Indonesia. Studi YouGov menunjukkan bahwa 72% orang Indonesia secara aktif memangkas pengeluaran mereka sebagai imbas dari pandemi. Sebanyak 35% juga telah menggunakan tabungan mereka untuk pengeluaran, sementara satu dari sepuluh orang harus menambah utang. Tekanan finansial ini berdampak signifikan pada karyawan secara fisik, emosional, mental, dan sosial. Akibatnya, kegiatan bisnis perusahaan juga terdampak termasuk dalam area produktivitas, retensi, kehadiran, dan keterlibatan karyawan secara keseluruhan.

“Selama kami bermitra dengan beberapa perusahaan terbaik di Indonesia, kami melihat bahwa karyawan mencari tempat kerja yang dapat mendukung kebutuhan finansial mereka dan fleksibilitas dalam mendapatkan gaji. Namun, akses langsung ke gaji hampir tidak pernah berkembang seiring dengan pertumbuhan pesat layanan yang serba on-demand, padahal karyawan menyadarinya. wagely hadir untuk memenuhi kebutuhan akan akses langsung tersebut melalui solusi earned wage access yang memungkinkan karyawan mitra perusahaan mengakses gaji yang telah mereka peroleh sebelum tanggal gajian tiba.” ujar Tobias Fischer, CEO wagely.

wagely menyediakan platform bagi perusahaan untuk memungkinkan karyawan mengakses gaji yang telah mereka peroleh kapan pun tanpa mengubah proses penggajian yang ada. Karyawan yang kesulitan memenuhi pengeluaran tak terduga tidak perlu lagi berhutang dengan pinjol ilegal atau meminjam dari teman dan keluarga, karena bisa menarik gaji mereka melalui aplikasi wagely. Selain itu, karyawan memiliki akses ke sumber literasi keuangan komprehensif untuk membantu mereka membuat keputusan keuangan yang lebih cerdas.

Selain dapat menarik sebagian gaji yang telah mereka peroleh dan kemudian memindahkannya ke rekening bank, karyawan juga diberikan pilihan untuk mengirimkan gaji ke dompet digital mereka, seperti OVO, GoPay, ShopeePay, Dana, dan LinkAja. Fitur yang diluncurkan awal tahun ini memberikan kemudahan kepada karyawan yang lebih memilih uang elektronik daripada uang tunai. Menurut studi YouGov, lebih dari 60% orang Indonesia mengatakan mereka menggunakan opsi pembayaran tanpa kontak sebisa mungkin.

Di sisi lain, perusahaan menyadari karyawan yang mengalami stres akibat kondisi keuangan cenderung menghabiskan lebih banyak waktu untuk menangani masalah keuangan mereka daripada bekerja. Hasilnya, produktivitas dan keterlibatan berkurang. Lebih jauh, studi PwC menunjukkan, karyawan yang tertekan secara finansial lebih cenderung mencari pekerjaan baru. Mengingat tingginya biaya dari perputaran karyawan dan produktivitas yang rendah, sebuah program benefit karyawan inovatif yang membantu menarik dan mempertahankan talenta sangat penting untuk menghemat biaya operasional HR.

Ada lebih dari 100 mitra perusahaan yang mempekerjakan lebih dari 150.000 karyawan yang telah menggunakan platform wagely, termasuk perusahaan-perusahaan terkemuka dari berbagai industri seperti Medco Power Indonesia, Kencana Energy. Mustika Ratu, Ranch Market, dan masih banyak lagi.

“Selain fitur earned wage access, mitra kami mengungkapkan bahwa halaman literasi keuangan dan fitur transparansi pendapatan yang tersedia di aplikasi juga membuat perbedaan nyata dalam membantu karyawan mereka meningkatkan kesejahteraan finansial. Karyawan merasa termotivasi untuk bekerja karena mereka dapat melihat gaji yang mereka peroleh secara real time. Artinya, mereka dapat menyusun anggaran dengan lebih baik, mengontrol pengeluaran, dan lebih berhemat,” tambah Tobias.

Sudah banyak perusahaan-perusahan yang telah menerapkan teknologi HR dalam berbagai aspek operasional mereka. Mulai dari perekrutan dan orientasi karyawan baru, hingga keterlibatan, alat-alat ini telah membuat alur kerja HR lebih mudah bagi divisi tersebut dan setiap karyawan yang terlibat. Namun, satu hal penting yang tidak berubah adalah bagaimana karyawan dapat mengakses gaji, dan itulah masalah yang ingin diatasi wagely untuk membantu mereka membangun kesejahteraan finansial, sekaligus membantu HR dalam meningkatkan pengalaman karyawan. 

Soundcore Life Note E, TWS dengan Suara Bass Memukau

Soundcore Life Note E

tabloidpulsa.id –  Tren penggunaan earphone TWS (True Wireless Sound) di masyarakat belum meredup. Dari segi kepraktisan, desain, hingga kebutuhan masyarakat itu sendiri akan aksesoris yang dapat menunjang komunikasi maupun hiburan membuat berbagai produsen seakan berlomba dalam menghadirkan produk canggih tersebut ke publik.

Setelah berbagai varian dan seri yang diluncurkan diterima baik di masyarakat, kali ini Soundcore kembali hadir dengan seri Souundcore Life Note E yang punya beberapa fitur menarik dengan harga lebih terjangkau, tentu saja dengan tetap mempertahankan kualitas yang telah dipercaya.

Desain Life Note E sangat ringkas; kecil dan ringan dengan bobot tak sampai 5 gram. Kesan minimalis namun elegan terpancar jelas, baik pada tiap bud maupun pada kotak penyimpannya. Meski begitu, daya tahan baterainya sangat bisa diandalkan. Yakni 8 jam penggunaan nonstop dengan perpanjangan hingga 32 jam saat disimpan di kotaknya.

Menggunakan koneksi Bluetooth v5.2, daya jangkau Life Note E akan lebih stabil meski berbeda ruangan bahkan saat berbeda lantai sekalipun. Sehingga Anda tak perlu selalu membawa serta ponsel Anda saat menikmati berbagai jenis audio sambil melakukan pekerjaan lain. Sangat ideal untuk digunakan di tempat kerja.

Berbekal mikrofon dengan kecerdasan buatan, Anda juga dapat melakukan percakapan telepon dengan suara yang selalu jernih. Hal in karena teknologi yang digunakan mampu meredam kebisingan di sekitar Anda sehingga lawan bicara dapat mendengar suara Anda lebih jelas. Saat Anda berpindah dari tempat yang berisik ke ruangan yang lebih tenang, maka fitur ini akan otomatis menyesuaikan.

Teman di Berbagai Kondisi

Soundcore telah membekali Life Note E dengan kemampuan tahan berbagai kondisi termasuk terguyur hujan maupun menemani Anda berolah raga hingga berkeringat hebat. Selama tidak terendam air, Life Note E dijamin tetap mampu berfungsi secara optimal menemani berbagai kegiatan Anda di segala kondisi. Sertifikasi IPX5 pun sudah dikantonginya.

Untuk kualitas suara tentu jangan diragukan. Tersedia 3 mode penyeimbang suara alias ekualiser yang bisa Anda sesuaikan dengan jenis audio yang didengar; Soundcore Signature yang merupakan pengaturan andalan Soundcore, Bass Boosted yang akan meningkatkan suara rendah, serta Podcast yang cocok untuk mendengarkan obrolan.

Kualitas suara Life Note E terasa menakjubkan berkat pengantar suara yang dibenamkan. “Terdapat driver berukuran besar yakni 10mm sebanyak tiga lapis di dalam Life Note E dari Soundcore,” jelas Ridwan Hidayat, Business Manager ANKER Indonesia mewakili Soundcore. “Suara yang dihasilkan pun menjadi lebih bertenaga dengan bass 50% lebih besar.”

“Berbagai testimoni pengguna menyebutkan bahwa suara Life Note E tidak bocor saat digunakan, baik dari dalam keluar maupun sebaliknya. Para hijaber juga bisa menggunakannya dengan nyaman untuk berkomunikasi karena mikrofon yang dimiliki memiliki sensifitas yang baik, sebaik dalam meredam kebisingan,” tutupnya.

Untuk mendapatkan SoundcoreLife Note E, Anda hanya cukup menyediakan dana tak sampai Rp400 ribu cukup 375 ribu. Anda bisa mendapatkan TWS ini di Official Store online ANKER Indonesia. Tokopedia dan Shopee. Garansi selama 18 bulan siap melindungi perangkat Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan pabrik.

Ini Dia Foto Portrait Siang vs Malam OPPO Reno7

portrait Reno7 siang malam

tabloidpulsa.id – Kamera merupakan salah satu keunggulan OPPO Reno7. Selain desain yang menawan, harga yang relatif paling bersaing di antara Reno7 Series lainnya dan fitur-fitur unik yang jarang ditemukan di ponsel lain, kamera Reno7 diakui mampu menghasilkan foto portrait malam yang lebih solid. Untuk membuktikannya, kami melakukan serangkaian pemotrtean.

OPPO Reno7 dibekali dengan kamera belakang dan depan yang mumpuni. Meski selama ini pihak OPPO cenderung lebih mempromosikan sensor IMX709 yang ada di kamera depan (selfie) ponsel ini, kami mendapati bahwa kamera utamanya pun mampu menghasilkan foto yang apik, bahkan ketika dibandingkan dengan seri Reno7 lainnya.

OPPO Reno7 Warna RGBW SuperVOOC 33W

Pewarnaan yang lebih solid, serta noise yang minim menjadi salah satu hal yang kami perhatikan di awal-awal penggunaan. Namun selain itu, sejumlah perbaikan software juga terasa pada kinerja sensor dan AI kamera dalam mengenali bagian background dan foreground sehingga terlihat lebih rapi dibandingkan ponsel Reno generas sebelumnya.

Kami sengaja melakukan pemotretan di dua waktu berbeda. Yakni siang sampai sore hari, di mana cahaya masih cukup berlimpa, dan malam hari dengan beberapa catatan. Juga sebagai disclaimer nih ya!

Pertama, bahwa hasil pemotretan yang Anda lihat berikut tidak mengalami editing di aspek warna, kecerahan dan sebagainya. Kami hanya melakukan penyesuaian ukuran saja, agar lebih bersahabat dengan tampillan website.

Kedua, fotografi sangat dipengaruhi oleh cahaya. Pada dasarnya fotografi bisa berlangsung dengan baik ketika ada cahaya. Namun bagaimana sebuah kamera dapat menangkap cahaya tersebut dan mengolahnya menjadi gambar digital sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Jadi ketika kita menyatakan hasil foto malam, bukan berarti kami melakukannya di tengah-tengah kegelapan yang absolut. Di sini kemampuan portrait Reno7 akan diuji, baik bagaimana sensor dapat memanfaatkan cahaya lampu yang ada, ataupun bagaimana AI mampu mengubah cahaya tersebut menjadi lebih estetik.

Ketiga, karena pemotretan pada ponsel lebih banyak menggunakan AI, alias kecerdasan buatan, maka jepretan yang dilakukan pada waktu bersamaan, dengan obyek yang sama dan semua hal sama bisa menghasilkan gambar berbeda. Kita harus melakukan pemotretan setidaknya 3 sampai 5 kali untuk mendapatkan hasil bagus, terutama di kondisi malam. Hal ini pun dipengaruhi oleh getaran saat memotret. Sedikit saja getaran saat menekan tombol shutter dapat mempengaruhi kualtas foto.

Keempat, terkait dengan faktor getaran di atas, foto yang kami tampilkan berikut tidak menggunakan alat bantu semisal tripod. Ini pun agar kita bisa mengukur kemampuan kamera Reno7 ketika digunakan dalam dua waktu berbeda.

OPPO Reno7 membawa kamera utama dengan konfigurasi 3 kamera. Di mana kamera pertama merupakan kamera dengan resolusi 64MP (f/1.7), lalu ada kamera 2MP (f/3.3) untuk kebutuhan micro photography dan ketiga adalag kamera 2MP (f/2.4) mono.

Sementara di depan ada kamera selfie 32 MP dengan sensor dari Sony hasil kerja sama dengan OPPO yakni IMX709.

DAY Portraits (kamera belakang)

DAY Portraits (kamera selfie)

NIGHT portraits Reno7 (kamera belakang)

NIGHT Portrait Reno7 (kamera selfie)

Estech Schematics, Aplikasi Perbaikan Ponsel Hadir Lebih Canggih

estech schematics app

tabloidpulsa.id – PT Essential Teknologi Multimedia mengenalkan Estech Schematics, sebuah aplikasi berbasis Windows yang diperuntukan bagi para teknisi HP sebagai panduan dalam perbaikan ponsel Android maupun Apple.

Dengan aplikasi Estech diharapkan tidak ada lagi metode perbaikan dengan cara mencoba-coba. Di dalam aplikasi Estech schematics, terdapat puluhan merk dan ribuan sistem skematik ponsel, seperti Samsung, Apple, Huawei, Oppo, Vivo dan lain-lain.

Ada banyak fitur yang dapat diakses dalam aplikasi ini seperti GuideLines, Schematics dan Datasheet, PCBs Bitmap serta PCBs Multilayer.

Estech Schematics hadir untuk menyempurnakan sistem schematics yg saat ini ada. Beberapa keunggulan Estech Schematics antara lain pada fitur qualitas gambar, kecepatan download dan interface yang lebih user friendly serta lebih hemat dalam penggunaan memori.

Fitur unggulan dari Estech schematics diantaranya:

  • Photo PCBs yang beresolusi tinggi sehingga pada saat diperbesar masih terlihat sangat jelas.
  • Kecepatan dalam mengakses konten-konten di dalamnya, sehingga sangat nyaman digunakan.
  • Fitur PCBs Bitmap konten disajikan dalam bentuk 2D, sehingga terlihat lebih jelas.
  • Hadirnya PCBs Multilayer, yang diharapkan dapat membantu para teknisi yang sudah lebih berpengalaman.
  • Fitur dualview, fitur yg menkombinasikan dua bagian penting dalam sebuah skema, yaitu layout dan diagram. Fitur ini akan bekerja lebih maksimal jika menggunakan dua monitor PC.

Dalam rilis berita yang diterima Tabloidpulsa.id, Direktur Utama PT. Essential Teknologi Multimedia, Bayu Timur, mengatakan aplikasi Estech schematics adalah hasil karya anak bangsa yang bertujuan untuk menjadikan para teknisi HP yang smart dan ahli dalam profesinya.

Nantinya, para teknisi HP yang ingin menggunakan aplikasi ini cukup membayar aktivasi sebesar Rp.250.000/tahun, dan dapat diperpanjang kembali setelah masa berlakunya habis.

Token aktivasi aplikasi ini dapat dibeli melalui www.estechtrader.com Untuk keterangan lebih lanjut masyarakat dapat menghubungi 6281388001180/ estechschematics.com (sumber: press release)

Sony Hadirkan Pembaruan Firmware Alpha 1 dan Alpha 7S III

Sony Alpha 1 Pembaruan Firmware

tabloidpulsa.id Sony mengumumkan pembaruan firmware v1.3 untuk kamera andalannya, Alpha 1 full-frame mirrorless interchangeable lens, dengan menambahkan perekaman 8K 4:2:2 10bit serta S, M, dan L dalam RAW terkompresi lossless untuk foto.    

Menggunakan kapabilitas 8K 4:2:2 10bit yang baru ditambahkan, para pembuat film dan sinematografer dapat lebih menyesuaikan vibrancy dan colour grading dari hasil perekaman. Dikombinasikan dengan 8.6K oversampling dari Alpha 1 untuk menghasilkan resolusi 8K yang luar biasa, perekaman 4:2:2 10bit yang baru ditambahkan memungkinkan pembuat film dan konten untuk merealisasikan visi kreatifnya dengan realisme serta warna yang luar biasa.

Pembaruan firmware ini juga turut menambahkan Lossless Compressed RAW files dalam ukuran file Small, Medium, dan Large. Dengan memilih ukuran L, pengguna dapat mempertahankan kualitas gambar yang sama seperti format RAW yang belum dikompres sembari mengurangi ukuran file secara signifikan. Ukuran M dan S merekam piksel yang lebih sedikit dibanding ukuran L, hal ini memberikan file RAW yang lebih dapat diatur.

Dengan Alpha 1 v1.3, pengguna dapat secara bebas mengkombinasikan JPEG dan pilihan Lossless Compressed RAW berdasarkan kegunaannya. Hal ini sangat menguntungkan kebutuhan pengguna untuk menghasilkan file JPEG dengan cepat, namun tetap membutuhkan file RAW untuk in-depth editing.

Pembaruan untuk Alpha 7S III

Pembaruan firmware v2.1 baru untuk kamera full-frame mirrorless dengan interchangeable lens dari Sony, Alpha 7S III, juga tersedia untuk diunduh segera. Hal yang terpenting, pembaruan terbaru ini mencakup pengenalan perekaman proxy selama koneksi komputer jarak jauh dan peningkatan kinerja Eye AF (autofokus).

Ketersediaan

Alpha 1 v1.3 telah tersedia sekarang dan dapat diunduh melalui link di bawah ini:

Alpha 7S III v2.1 telah tersedia sekarang dan dapat diunduh melalui link di bawah ini:

Editor's Pick