Home Blog Page 427

Ulang Tahun Keenam, Jenius Ajak Masyarakat Digital Savvy Rayakan #langkahkecilhariini

TabloidPulsa.id – Pada Agustus 2022, Jenius dari Bank BTPN genap berusia enam tahun. Sejak diluncurkan pada 2016 lalu, Jenius terus bertumbuh bersama masyarakat digital savvy di Indonesia, serta terus berkomitmen menghadirkan layanan finansial yang lengkap dan relevan melalui proses kokreasi dan kolaborasi. Pada tahun ini, Jenius merayakan ulang tahun keenam dengan mempersembahkan beragam hadiah dan inovasi bagi para teman Jenius. 

“Terima kasih atas kepercayaan dan dukungan yang telah diberikan oleh masyarakat kepada Jenius. Selama enam tahun perjalanan penuh makna ini, lebih dari 3,9 juta masyarakat digital savvy Indonesia telah menjadi pengguna Jenius. Pada momen ulang tahun yang keenam ini, Jenius ingin mengajak teman Jenius untuk turut merayakan #langkahkecilhariini dengan berbagai hadiah dan inovasi yang juga berangkat dari hasil kokreasi dan kolaborasi bersama teman Jenius,” jelas Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN.

Dengan membawa semangat kokreasi sejak awal berdiri, saat ini sudah hampir sebanyak 40.000 teman Jenius yang bergabung menjadi kokreator pada CoCreate.id dan membagikan suara, masukan, serta ide mereka untuk pengembangan Jenius sebagai solusi life finance di Indonesia. Proses kokreasi ini juga telah Jenius lakukan melalui lebih dari 830 survei daring, diskusi kelompok terpumpun (DKT), dan wawancara mendalam yang melibatkan lebih dari 96.000 anggota masyarakat digital savvy sebagai responden. 

“Selama enam tahun perjalanan Jenius, kami menerima banyak cerita inspiratif dari teman Jenius tentang bagaimana Jenius dapat membantu mereka memulai #langkahkecilhariini. Cerita inspiratif, ide, dan masukan tersebut kami wujudkan dalam beragam fitur yang memudahkan teman Jenius dalam mengelola keuangan sehingga dapat mencapai mimpi mereka. Fitur tersebut membantu mereka dalam bertransaksi, menabung, mengelola arus kas, melakukan perjalanan atau traveling, hingga berinvestasi,” imbuh Waasi.

Salah seorang Teman Jenius dan Creative Content Creator yang aktif berkreasi pada platform YouTube serta Instagram, Aulia Rizsa Wirizqi, turut membagikan bagaimana Jenius membantu memulai langkah kecilnya. “Sejak pertama mengenal Jenius, saya sudah tertarik dengan fitur-fiturnya yang berbeda. Beberapa fitur yang menjadi favorit saya adalah Jenius Pay, Moneytory, dan Dream Saver. Untuk berbelanja pada platform e-commerce, saya biasanya pakai fitur pembayaran Jenius Pay, karena sangat memudahkan–hanya perlu memasukkan $Cashtag saya pada halaman pembayaran dan langsung mengonfirmasi transaksi pada aplikasi Jenius, tidak perlu lagi transfer atau memasukkan informasi kartu debit/kredit. Kemudian fitur lainnya yang membantu saya sehari-hari adalah Moneytory, untuk memantau uang saya terpakai untuk apa saja, sehingga jadi bisa lebih bijak mengatur pengeluaran. Selain itu, fitur lainnya yang berhasil membantu saya memulai langkah kecil untuk dapat menabung secara rutin adalah Dream Saver, hingga akhirnya waktu itu tercapai tabungan untuk mentraktir keluarga besar makan bersama. Harapannya pada ulang tahun Jenius yang keenam ini, ke depannya Jenius terus menghadirkan fitur-fitur inovatif yang dapat membantu teman Jenius untuk memulai #langkahkecilhariini,” kata Aulion, sapaan akrabnya.

Pada ulang tahun keenam ini, Jenius mempersembahkan berbagai hadiah melalui program ‘PUNDI Jenius’ dan #FlexiRasaMaxi. Program #FlexiRasaMaxi adalah sebuah program menabung dengan hadiah langsung melalui fitur Flexi Saver di aplikasi Jenius. Melalui program #FlexiRasaMaxi, pengguna bisa mendapatkan bunga tabungan di muka dalam bentuk hadiah langsung yang bisa dipilih sendiri sesuai dengan periode menabung yang dipilih—mulai dari cashback hingga Rp100.000.000, logam mulia (emas), gadget/elektronik sesuai pilihan, hingga mobil. Program #FlexiRasaMaxi berlangsung sejak 4 Juli hingga 30 September 2022.

Sementara program undian berhadiah, ‘PUNDI Jenius’, hadir kembali setelah sebelumnya mendapat antusiasme positif pada periode pertama dan kedua. Pada periode ketiga ini, pengguna Jenius berkesempatan memenangkan total 6.900.000 GarudaMiles untuk 115 pemenang sebagai hadiah harian dan 20 unit Vespa LX 125 i-Get sebagai hadiah utama dengan cara menaikkan saldo rata-rata setiap bulannya dan melakukan dua jenis transaksi “Booster” untuk meningkatkan kesempatan memenangkan hadiah. Sebagai hadiah harian, masing-masing pemenang akan mendapatkan 60.000 GarudaMiles, setara dengan tiket perjalanan pulang-pergi Jakarta–Bangkok untuk dua orang. Teman Jenius juga dapat memilih penerbangan ke destinasi yang diinginkan dengan fleksibel atau upgrade dari kelas ekonomi ke bisnis dengan menggunakan GarudaMiles. Program ‘PUNDI Jenius’ yang ketiga ini berlangsung sejak 1 Juni hingga 30 September 2022.

Masih dalam perayaan ulang tahun, Jenius juga menghadirkan berbagai inovasi yang dapat membantu pengelolaan cash flow menjadi lebih rapi. Jenius memberikan keleluasaan dan pilihan dalam melakukan pembayaran. Selain pilihan bayar sekarang yang telah tersedia, Jenius menghadirkan tiga pilihan bayar dengan cicilan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pengguna. Tiga fitur tersebut antara lain adalah Flexi Cash, dana fleksibel yang proses dan penarikannya dapat dilakukan secara fully-digital melalui aplikasi Jenius dengan beragam fleksibilitas, mulai dari memilih jumlah penarikan hingga penentuan tenor cicilan. Split Pay, fitur terbaru Jenius yang membantu pengguna mengubah transaksi yang telah terjadi menjadi cicilan, sehingga pengeluaran terasa lebih ringan. Cicilan Jenius Pay untuk membantu pengguna berbelanja online dengan cicilan. 

Sebelumnya, pengguna dapat memilih tiga sumber dana ketika bertransaksi menggunakan Jenius Pay, yaitu dari Saldo Aktif, e-Card atau x-Card. Kini, pengguna juga bisa memilih Flexi Cash sebagai sumber dana ketika bertransaksi pada platform belanja e-Commerce menggunakan Jenius Pay. Informasi lebih lanjut mengenai inovasi cicilan dari Jenius dapat dicek melalui laman https://www.jenius.com/pages/inovasi-cicilan. 

“Pencapaian selama enam tahun ini menjadi semangat bagi Jenius untuk terus menghadirkan inovasi layanan finansial. Untuk semakin melengkapi pilihan metode pembayaran masyarakat digital savvy, berikutnya Jenius akan menghadirkan produk Kartu Kredit Jenius. Sebuah solusi pengaturan arus transaksi teman Jenius dengan lebih simpel, cerdas, dan serba digital. Kami harap melalui inovasi-inovasi yang kami hadirkan, masyarakat digital savvy dapat memulai dan merayakan #langkahkecilhariini menuju capaian hidup dan finansial yang lebih baik,” tutup Waasi.

Bantu UMKM Kembangkan Usaha, GoTo Luncurkan Website Mitra Usaha GoTo

Website Mitra Usaha GoTo

tabloidpulsa.id – GoTo meluncurkan situs web Mitra Usaha GoTo, www.mitrausahagoto.com. Situs webini merupakan pusat informasi yang terintegrasi bagi UMKM lokal dari berbagai bidang, termasuk belasan juta mitra usaha di dalam ekosistem GoTo, meliputi pelaku usaha di Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial.

Dengan semangat persatuan, situs web ini menyediakan seluruh informasi mengenai berbagai program, solusi dan inisiatif dari ekosistem GoTo untuk mendukung pertumbuhan UMKM. Tersedianya informasi yang bermanfaat bagi mitra usaha GoTo secara terintegrasi tersebut merupakan wujud sinergi ekosistem GoTo dalam memberi manfaat bagi semua pihak di dalam ekosistem, termasuk lebih dari 15,1 juta mitra usaha GoTo dan pelaku usaha lainnya yang tertarik menjadi mitra usaha.

Nila Marita, Chief of Corporate Affairs GoTo, menjelaskan, “Kini pelaku UMKM dapat semakin mudah mengetahui seluruh informasi mengenai program, solusi dan inisiatif dari GoTo, cukup dengan mengunjungi www.mitrausahagoto.com. Kami berharap kemudahan mendapat informasi ini dapat membantu pelaku UMKM untuk semakin produktif dalam mengembangkan usahanya.”

“Sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia, kami berkomitmen menghadirkan layanan solusi bisnis paling komprehensif bagi semua pelaku usaha agar dapat tumbuh bersama-sama dengan bantuan teknologi digital. Situs web Mitra Usaha GoTo menjadi penegasan misi GoTo untuk terus membuka peluang bagi pelaku UMKM dan pelaku usaha lainnya dalam setiap fase pertumbuhan. Selain itu, peluncuran situs web ini juga menandai dukungan kami terhadap Presidensi Indonesia G20 2022, dimana transformasi digital menjadi kunci  pemulihan ekonomi nasional.”

Situs web ini juga menjadi pusat pengenalanlayanan solusi bisnis komprehensif GoTo untuk para pelaku UMKM dan pelaku usaha lainnya. Beberapa di antaranya yakni:

  1. Layanan untuk membantu efisiensi operasional dan administrasi seperti GoBiz, Selly, Moka, dan GoKasir.
  2. Layanan pembayaran digitalmelalui Midtrans, GoPay, dan GoBiz PLUS. 
  3. Layanan marketplace dan discovery produk melalui Tokopedia, GoFood, dan GoStore.
  4. Layanan logistik melalui GoSend dan pemenuhan pesanan (fulfillment) melalui Dilayani Tokopedia.
  5. Layanan permodalan untuk pengembangan usaha melalui GoModal by Findaya dan Modal Toko by Dhanapala.

Di dalam situs web ini, UMKM juga dapat menemukan berbagai seri edukasi bisnis dan peningkatan kapasitas pelaku usaha yang berkelanjutan, baik melalui kelas hingga komunitas mitra usaha seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Keluarga Tokopedia (K-Top) dan Komunitas Partner Retail GoTo Financial (KONTAG). 

Sejak pandemi COVID-19, sudah lebih dari empat juta mitra usaha baru bergabung ke dalam ekosistem GoTo. Dengan memanfaatkan solusi bisnis GoTo, para mitra usaha di berbagai pelosok nusantara mampu mencetak pertumbuhan transaksi bisnis dengan mendorong efisiensi operasional dan menjangkau lebih banyak pelanggan. Pertumbuhan ini juga tercermin dari kinerja layanan dalam ekosistem GoTo. 

Tokopedia misalnya, mencatatkan Kabupaten Pasangkayu (Sulawesi Barat), Pakpak Bharat (Sumatera Utara), Banggai Kepulauan (Sulawesi Tengah), Teluk Bintuni (Papua Barat) dan Kepulauan Anambas (Kepulauan Riau) sebagai beberapa daerah dengan kenaikan jumlah penjual paling tinggi di Tokopedia selama setahun ke belakang (Agustus 2021-Agustus 2022). Hal ini terlihat juga pada peningkatan pertumbuhan layanan teknologi finansial dari GoTo sebesar 91% secara kuartal pada Q1 2022.

Tak hanya bagi perusahaan, para mitra usaha akan menerima manfaat situs web ini. William Christiansen, Pemilik Usaha Space Roastery dan perwakilan Mitra Usaha GoTo menjelaskan “Setiap solusi bisnis yang kami gunakan dalam ekosistem GoTo sangat membantu Space Roastery baik dari sisi penjualan, operasional, program loyalitas, hingga pembayaran online. Space Roastery dapat meningkatkan penjualan hingga 143% pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya, hal ini tentu tidak lepas dari peran solusi digital ekosistem GoTo. Kami berharap situs web ini  dapat terus  memudahkan pelaku usaha menemukan solusi digital yang tepat untuk kembangkan bisnisnya, serta memiliki kesempatan untuk berkolaborasi antar pelaku usaha melalui kelas dan komunitas di ekosistem GoTo.”

Dalam acara peresmian Situs web ini, Talkah Badrus, Sekretaris Deputi Bidang Kewirausahaan, Kementerian Koperasi dan UKM menjelaskan “Selaras dengan semangat Presidensi Indonesia pada G20 2022, transformasi digital menjadi kunci penting mewujudkan pemulihan ekonomi yang inklusif pascapandemi. Masih dalam semangat Hari UMKM Nasional 2022, kami mengapresiasi akselerasi pemanfaatan teknologi digital yang dilakukan GoTo bagi UMKM melalui berbagai kolaborasi strategis antara GoTo dan Kementerian Koperasi dan UKM, termasuk website ini. Dengan peranan penting yang dipegang UMKM dalam menggerakan ekonomi sektor riil, UMKM lokal harus bisa memanfaatkan peluang dari layanan GoTo ini sehingga dapat mengembangkan kapasitas dan keterampilan yang akhirnya dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat.“

Di sisi lain, usaha kolaboratif antar berbagai pihak diperlukan untuk mendukung peran utama UMKM dalam pemulihan ekonomi. Mendukung visi pemerintah tersebut, GoTo bersama 15,1 juta mitra usaha GoTo, dan 2,6 juta mitra pengemudi, serta lebih dari 59,3 juta pengguna bertransaksi tahunan membuka jalan bagi demokratisasi kegiatan ekonomi di Indonesia secara digital. 

Puput Hidayat, VP of Seller Experience Tokopedia menjelaskan, “UMKM adalah penyokong lebih dari 60% pendapatan negara, maka tumbuh-kembangnya menjadi tanggung jawab bersama, terlebih demi mendorong pemulihan ekonomi nasional yang kini terdampak pandemi. Website Mitra Usaha GoTo yang lahir dari kolaborasi antar setiap platform di dalam ekosistem GoTo diharapkan dapat semakin membantu UMKM dalam mendapatkan informasi, edukasi, dan inspirasi untuk peningkatan daya saing mereka di pasar serta berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi negeri. UMKM lokal dari berbagai daerah di Indonesia juga akan lebih dipermudah untuk ikut serta dalam berbagai inisiatif yang mengusung pendekatan Hyperlocal melalui situs web Mitra Usaha GoTo.” 

Untuk memaksimalkan dampak sosial yang diciptakan, GoTo telah berkolaborasi dengan Pemerintah dan Regulator untuk berbagai program. Lebih lanjut, Puput menambahkan “Contohnya, mulai dari kelas pengembangan usaha untuk UMKM seperti GoTo UMKM Center dan Kelas Maju Digital, hingga inisiatif Garda Transformasi Formal Usaha Mikro (Transfumi) hasil kolaborasi dengan Kemenkop UKM RI untuk memfasilitasi pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB). UMKM dengan NIB terdaftar nanti bisa mendapat kemudahan pengembangan usaha diantaranya sertifikasi halal, akses peminjaman modal, program bantuan pemerintah, dan masih banyak lagi.”

Sinergi melalui website ini menjadi penting untuk mendorong adopsi teknologi digital baik melalui platform online maupun fintech bagi UMKM lebih luas lagi. Novi Tandjung, Head of Merchant Platform GoTo Financial, menjelaskan, “Situs web  Mitra Usaha GoTo ini menjadi katalog digital dengan informasi bisnis lengkap untuk mendorong kemajuan bagi UMKM dan pelaku usaha melalui pemenuhan kebutuhan operasional, pemasaran bisnis dan peningkatan kapasitas usahanya. Kami berharap, kehadiran Situs web ini dapat dijadikan one stop solution untuk menjawab kebutuhan mitra usaha, baik sebagai direktori untuk mencari solusi teknologi yang tepat maupun tempat bagi mitra usaha meningkatkan kompetensi dan membangun jejaring sebagai pengusaha lewat program edukasi dan komunitas yang dihadirkan GoTo.”

Aplikasi PINTU Jadi Sponsor Resmi Film Mencuri Raden Saleh

aplikasi pintu mencuri raden saleh

TabloidPulsa.id – PT Pintu Kemana Saja dengan brand PINTU platform jual beli dan investasi aset crypto terus aktif dalam mengenalkan investasi crypto ke masyarakat Indonesia. Kali ini aplikasi PINTU berkesempatan menjadi sponsor resmi film yang dibesut oleh Sutradara ternama Angga Dwimas Sasongko berjudul Mencuri Raden Saleh yang dibintangi oleh berbagai aktor dan aktris ternama Indonesia.

Jeth Soetoyo, Founder & CEO PINTU mengungkapkan, “Tujuan kami untuk membawa aset crypto ke jutaan masyarakat Indonesia terus kami tuangkan melalui berbagai kolaborasi dengan banyak industri. Mulai dari industri makanan, e-sports, sepak bola, hingga yang terkini kerja sama kami di industri film dengan menjadi sponsor resmi film Mencuri Raden Saleh. Melalui kerja sama ini kami yakin tayangan film Mencuri Raden Saleh tidak hanya memberikan hiburan bagi penonton, namun film ini mampu menjadi salah satu wadah baru untuk masyarakat lebih dekat dan mengenal investasi aset crypto,”

Angga Dwimas Sasongko, Sutradara film Mencuri Raden Saleh menyambut baik kehadiran aplikasi PINTU sebagai sponsor, “Kolaborasi yang dibangun antara industri crypto dan film ternyata bisa saling mendukung satu sama lain. Adegan penggunaan cryptocurrency di dalam film memberi nuansa yang beda dari film-film lainnya dan menjadikan film terasa lebih mengikuti zamannya. Kami berterima kasih kepada PINTU atas dukungannya kepada kami sehingga proses shooting dapat berjalan dengan baik. Kami berharap penonton nantinya bisa menyaksikan dan merasakan keseruan dari film drama & action dengan alur cerita yang menarik yang dibintangi oleh aktor dan aktris hebat di Indonesia,”

Film Mencuri Raden Saleh besutan Sutradara Angga Dwimas Sasongko dan ditulis oleh Huesin M. Atmodjo, merupakan film bergenre drama & action menceritakan tentang sekelompok anak muda yang ingin mencuri sebuah lukisan bersejarah Raden Saleh di Istana Presiden.

Sekelompok anak muda tersebut adalah Piko (The Forger) yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan, Ucup (The Hacker) diperankan oleh Angga Yunanda, Fella (The Negotiator) oleh Rachel Amanda, Gofar (The Handyman) oleh Umay Shahab, Tuktuk (The Driver) oleh Ari Irham, dan Sarah (The Brute) diperankan oleh Aghniy Haque. Serta dibintangi juga oleh aktor ternama seperti Tio Pakusadewo, Dwi Sasono, hingga Atiqah Hasiholan.

Angga Yunanda, di kanal media sosial PINTU membagikan pengalamannya sebagai Ucup di film Mencuri Raden Saleh, “Dari sudut pandang karakter Ucup di film ini, Ucup sangat tertarik dengan dunia crypto, dan saya pribadi semenjak memerankan Ucup di film Mencuri Raden Saleh banyak banget dapat insight baru tentang crypto dari pemeran lain yang sudah lebih dulu berkecimpung di dunia crypto. Selama proses shooting saya mendapatkan banyak sekali pengalaman baru, selain tentang investasi crypto, pengalaman berharga bagi saya adalah berkesempatan beradu akting dengan enam komplotan yang diisi dengan aktor dan aktris ternama. Hanya di film Mencuri Raden Saleh ini bisa menyatukan para aktor dan aktris ini. Jadi untuk masyarakat Indonesia khususnya pecinta film genre drama & action jangan melewatkan kesempatan untuk menonton langsung film ini di bioskop, karena Anda akan mendapatkan experience yang tidak terlupakan dari keseruan film ini,”

Film Mencuri Raden Saleh akan tayang resmi pada hari Kamis, 25 Agustus 2022 serentak di bioskop seluruh Indonesia. Namun pada tanggal 17 Agustus lalu sudah diputar secara terbatas di beberapa kota Indonesia khusus edisi Hari Kemerdekaan Indonesia.
“Masih dalam suasana memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77, kami harap semangat kemerdekaan melalui kehadiran film Mencuri Raden Saleh ini dapat membawa warna baru industri perfilman Indonesia serta dapat meningkatkan awareness tentang investasi aset crypto,” tutup Jeth Soetoyo, Founder & CEO PINTU.

Review OPPO Reno8 | Varian 4G dengan Tampilan yang Tak Asing

review oppo reno8

tabloidpulsa.id – Saat peluncuran OPPO Reno8 Series beberapa waktu lalu, OPPO Indonesia memperkenalkan seluruh produk yang masuk dalam lini ini dan memastikan dua di antaranya untuk hadir lebih dulu dari yang lain. Salah satunya adalah OPPO Reno8 yang membawa teknologi jaringan 4G. Tersedia sebagai varian terendah, ponsel ini membawa fitur-fitur cemerlang yang pernah diapresiasi di seri sebelumnya, dengan peningkatan di sisi OS, yang sudah bakal dipastikan mendapat update ColorOS 13 di akhir tahun 2022 ini.

Membicarakan OPPO Reno8 tidak akan lepas dari ponsel serupa di generasi sebelumnya, yakni OPPO Reno7 4G. Melakukan pendekatan desain yang berbeda, sejumlah hal yang kami sukai di produk terdahulu tetap dibawa dan bahkan mengalami perbaikan, terutama yang berhubungan dengan kamera, software dan AI.

Harga: Rp 4.999.000
Ketersediaan Warna: Dawnlight Gold, Starlight Black
Paket penjualan: Ponsel OPPO Reno8, Charger adapter SuperVOOC 33W, Kabel data USB Type-C, Silicon case, buku manual, Pin Ejector

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)160 x 73.4 x 7.67 mm/ 181 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)ColorOS 12.1, berbasis Android 12
Supported storage eksternalYes, MicroSD card
Layar inci – Tipe Screen6.43 inci, ~90.8% screen-to-body ratio, 1080 x 2400 pixels, AMOLED, 90Hz, Corning Gorilla Glass 5
Prosesor/ CPUQualcomm Snapdragon 680 (6nm); CPU Octa-core (4×2.4 GHz Kryo 265 Gold + 4×1.9 GHz Kryo 265 Silver), GPU: Adreno 610
RAM & Internal Storage8 GB RAM/ 256 GB ROM  
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Triple:
64 MP f/1.7 Main Camera
2 MP f/3.3, Mikroskop
2 MP f/2.4 Mono
Video: 1080p 30fps, 720p 30fps  

Depan Single:
32 MP f/2.4
Video: 1080p@30fps, 720p 30fps
Baterai jenis (jenis)4500 mAh Li-ion (non-removable), SuperVOOC 33W

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerTidak
5G ReadyTidak4K video recordingTidak
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

PLUSMINUS

KELEBIHANKEKURANGAN
Kamera depan dengan sensor IMX709Performa bukan yang terbaik di kelas harga yang ditawarkan jika hanya dilihat di atas kertas dan benchmarking
Fitur Kamera mumpuni terutama untuk kebutuhan portrait dan malam hariBelum memiliki speaker stereo
Fitur kamera mikroskop
Chipset 4G terkini dengan efisiensi daya yang lebih baik 
Layar AMOLED 90Hz 
SuperVOOC 33W 
  

Desain Lawas dengan Warna Baru

OPPO Reno8 hadir dengan pewarnaan yang segar, layaknya setiap produk OPPO terbaru. Meski tanpa pendekatan bahan back cover dengan tekstur kulit seperti sebelumnya, Reno8 hadir dengan dua pilihan warna, yakni Dawnlight Gold dan Starlight Black. Keduanya memperlihatkan warna dengan sedikit glitter dan gradasi yang bakal berubah tergantung sudut datangnya cahaya.

Meski terbilang tanpa tekstur yang ekstrim, permukaan bagian belakang ponsel ini tetap tahan goresan dan tidak mudah kotor karena sidik jari.

Sama seperti produk Reno8 lain produk ini dibuat kotak, memiliki bagian tepian yang tegas. Tidak lagi melandai 2.5D seperti sebelum-sebelumnya. Dengan bagian kamera yang diletakkan di  sebuah permukaan lebih tinggi. Bakal tidak asing bagi mereka yang mencintai produk sebelumnya.

tombolpower oppo reno8 review

Layout tata letak lensa kamera, juga hadirnya ring light di lensa paling bawah memang tidak mengalami perubahan. Kami yakin dari sisi ketersediaan fitur pun bakal sama. Ada kemampuan foto microscopic di ponsel ini.

kamera oppo reno8 orbit light

Layar AMOLED 90Hz

OPPO Reno8 membawa layar dalam bentangan 6,4 inci. Sesuai dengan jenis panel yang digunakan, maka kedalaman warna hitam atau nilai kontras pun bisa diharapkan tinggi sekali. Sehingga memancarkan warna yang lebih hidup, atau istilahnya popped up, mencuat ke permukaan.

Tidak ada yang perlu dikeluhkan di sisi ini. Bahkan dengan membawa refresh rate 90Hz, maka proses menikmati video Reels di Instagram maupun TikTok jadi lebih terasa lancar dan memanjakan mata.

layar oppo reno8

Layar ini hadir dengan meminimalisir margin alias hampir bezeless. Karena kamera depan juga diletakkan dalam desain single punch hole, maka bagian margin terbesar hanya ada di sis bawah. Namun ini dapat dimengerti mengingat bagian ini banyak digunakan untuk kebutuhan kontroling menggunakan gesture.

ColorOS 12.1 Sejak Diluncurkan

Salah satu kelebihan produk baru adalah kemungkinan untuk mengadopsi sistem software terbaru sejak diaktifkan pertama kali. Dan hal ini tidak dipungkiri menjadi salah satu kelebihan Reno8 dibandingkan produk terdahulu. Dan yang terpenting, kabar menggembirakan datang sehari setelah 17-an kemarin, bahwa perangkat ini bakal mendapat update ColorOS 13 berbasis Android 13 di tahun ini juga.

Jadi, secara software produk ini sih sudah future proof alias masih bisa digunakan hingga 5G benar-benar sempurna diaplikasikan ke masyarakat.

Ada hal yang menarik yang perlu dibahas nih di bagian ColorOS 12.1. Pertama adalah sistem keamanan location yang diperbaiki. Sistem memiliki fitur Fuzzy Location yang memungkinkan informasi lokasi asli hanya bisa digunakan oleh aplikasi-aplikasi penting yang membutuhkannya. Sementara untuk aplikasi lain akan diarahkan ke titik yang berubah-ubah sehingga memberi keamanan berlapis.

Selebihnya User Interface yang ada di ponsel ini akan mengingatkan kita pada produk ColorOS lain, termasuk hadirnya RAM expansion hingga 5GB, OPPO Share, fitur Games, NFC dan sebagainya.

Qualcomm Snapdragon 680 4G

Untuk ponsel yang masih menggunakan jaringan 4G, chipset yang dibawa ini merupakan sudah yang terbaik, tertama untuk mereka yang dijual di kelas medium yang premium. Snapdragon 680 membawa CPU 8 inti, Triple ISP, GPU kelas tinggi, dan sejumlah dukungan maksimal dengan kebutuhan daya yang relatif efisien dan rendah.

Dari yang kami sebutkan di atas, memberi pengaruh pada performa, pengeksekusian program, pemrosesan gambar, juga render tayangan dengan efisiensi daya yang optimal. Karena Chipset ini mengalami fabrikasi 6nm.

Ditambah dengan kombinasi RAM 8 GB, plus RAM Expansion hingga 5 GB, sehingga kita bisa memiliki total RAM 13 GB ketika dibutuhkan, juga kapasitas memori internal 256 GB, mestinya sih semua program bisa berjalan dengan lancar.

Khusus untuk game mungkin kita tidak bisa berharap senyaman bermain di ponsel flagship, tapi untuk kelas menengah seperti ini pengalamannya sudah mumpuni. OPPO melalui ColorOS 12.1 juga telah menyediakan fitur-fitur pendukung demi kenyamanan bermain game yan lebih maksimal.

Ada Quick Stratup yang memungkinkan kita untuk kembali ke game yang sering dimainkan dengan cepat tanpa harus loading dari awal lagi, lalu ada AI Frame Rate Stabilization yang memungkinkan kita untuk bermain game seru dengan framerate yang stabil, tidak tersendat, terutama di momen yang chaos. Semisal dikeroyok 5 hero sekaligus dalam satu layar.

Kamera Mumpuni untuk Portrait

Dulu di lini Reno7 Series, kami mengapresiasi OPPO Reno7 yang notabene dijual dengan harga paling murah, namun memperlihatkan kemampuan fotografi yang paling menonjol di antara ketiga produk yang dirilis saat itu. Kini, kami bisa bilang bahwa kualitas yang sama masih dibawa oleh Reno8 4G.

Kami belum bisa bilang apakah ia yang terbaik di antara ke-4 produk Reno8 yang diluncurkan, namun price to performance, dengan bantuan Software yang ada, fitur microskopis yang kembali hadir dan juga foto malam yang menarik, maka untuk fotografi Reno8 4G ini masih bisa disebut salah satu yang terbaik.

Membawa 3 lensa utama, yakni 64 MP kamera portrait, 2MP MicroLens dan 2MP depth camera, maka kita bisa menghasilkan foto yang beragam. Dari foto portrait dengan bantuan filter AI semisal Bokeh Flare Portrait, hingga foto artistik menggunakan microlens yang bisa melakukan perbesaran hingga 30x dengan bantuan pencahayaan dari Orbit Light.

Sementara untuk pemotretan selfie, OPPO kembali menyematkan sensor Sony Flagship hasil kerja sama dengan OPPO yakni IMX709. Mampu menangkap ccahaya dengan lebih baik, sehingga foto selfie bisa dilakukan dalam kondisi cahaya yang kurang optimal sekalipun.

Hasilnya bisa dilihat di gambar-gambar berikut ini.

Baterai Dual Cell dengan SuperVOOC 33W

OPPO Reno8 membawa baterai dengan kapasitas 4500 mAh. Dengan pengisian daya cepat SuperVOOC 33W yang memungkinkannya terisi penuh dari nol dalam waktu sekitar 70 menit. Membawa sistem yang tertutup memungkinkan proses pengisian daya dapat dijamin aman. Selama menggunakan adapter dan kabel bawaan ya.

Kesimpulan

Seri Reno8 jelang akhir tahun 2022 ini kami mulai dengan mereview produk paling rendah, OPPO Reno8 (4G). Membawa nostalgia kehebatan produk setara di generasi sebelumnya, terutama di sisi fotografi. Dengan dukungan software yang lebih segar, dan bahkan dipastikan bakal mendapat update masih di tahun yang sama, nampaknya Reno8 akan kembali menjadi favorit di lini Reno8.

EufyCam 2C Punya Baterai yang Tahan Hingga 6 Bulan

EufyCam 2C

tabloidpulsa.id – Merek yang menyasar kebutuhan rumah tangga dari ANKER, eufy, kembali hadir dengan solusi praktis nan hemat untuk keamanan rumah dan properti Anda. eufyCam 2C punya segala kelebihan yang akan membuat hati dan pikiran Anda lebih tenang; mulai dari bebas biaya bulanan berlangganan cloud, kualitas audio/video mumpuni serta keamanan data yang terjamin.

Paket ini terdiri dari dua buah kamera dan sebuah perangkat peladen bernama HomeBase. Penggunaan peladen ini mutlak karena kamera tidak dapat digunakan tanpa HomeBase tersebut. Lewat perangkat ini, kamera akan terhubung sehingga Anda dapat mengaksesnya via aplikasi eufySecurity pada ponsel.

Kamera yang disertakan sudah memiliki sertifikasi IP67 sehingga Anda bisa memasangnya di mana saja, baik di dalam rumah maupun di pekarangan yang terkena panas dan hujan sekalipun. “Kamera ini punya baterai yang mampu bertahan selama 6 bulan. Artinya dalam setahun, Anda cuma perlu ngecas kameranya dua kali,” ujar Ridwan Hidayat, Business Manager ANKER Indonesia untuk eufy.

Ngisi baterainya juga ga ribet kok. Kayak ngisi baterai hape aja via port microUSB. Dan ga perlu khawatir karena port-nya dilindungi penutup karet sehingga aman ketika hujan,” lanjutnya. Hidayat mengingatkan terdapat garansi selama 12 bulan jika produk mengalami kerusakan ketika digunakan secara normal sesuai buku panduan. 

Color Night Vision

eufyCam 2C mampu menghasilkan gambar Full HD yang tentunya menghadirkan ketajaman gambar lebih baik dari kamera yang hanya menawarkan resolusi HD 720p atau bahkan VGA. Hal ini penting terutama ketika kamera merekam kejadian penting, di mana resolusi yang lebih tinggi akan menawarkan detil yang lebih baik pula, sehingga memudahkan dalam penyelidikan lebih lanjut.

Layaknya kamera keamanan pada umumnya, eufyCam 2C juga memiliki mode penglihatan malam yang memungkinkannya merekam dalam kegelapan total sekalipun. Namun hebatnya, selain merekam dalam modus normal hitam putih, modus malam pada eufyCam 2C ini juga bisa merekam dengan hasil full color!

Lensa 135 derajat yang dimiliki eufyCam 2C mampu menangkap bidang pengamatan yang lebih luas. Sementara itu, teknologi pengenalan obyek akan menghindarkan Anda dari alarm palsu saat hewan mendekat ke kamera alih-alih manusia. Anda juga bisa mengatur tingkat sensifitas perangkat pada gerakan, apakah rendah, sedang maupun tinggi.

Kontrol berbagai fitur maupun melihat file yang sudah direkam bisa dilakukan dengan sangat mudah dari smartphone. Semua file video disimpan dalam HomeBase yang memiliki kapasitas ruang simpan sebesar 16GB. Artinya, semua data Anda disimpan secara aman di lokasi Anda sendiri. Tak perlu mengeluarkan biaya bulanan untuk membayar langganan di cloud.

Meski disimpan secara lokal, namun ANKER dan eufy menjamin keamanan data-data penting Anda yang tersimpan di HomeBase berkat digunakannya “Military-Grade Data Security.” Dengan segala kelebihan yang dimiliki, banderol Rp5 juta nampaknya sebanding dengan keamanan yang Anda peroleh. Apalagi ada diskon lebih dari 40% menjadi Rp3,4 jutaan saja di Official Store eufy Indonesia.

“Ingat, jangan tunggu sesuatu terjadi dulu baru kepikiran buat masang CCTV. Di zaman seperti sekarang, langkah pencegahan sangat penting dilakukan dari jauh-jauh hari. Syukur-syukur jika memang ga ada kejadian tidak mengenakkan yang terjadi. At least kita sudah bersiap untuk menghadapi berbagai situasi, bukan?” tutup Hidayat seraya mengingatkan.

Adu Fitur | Oppo Reno7 5G vs Reno8 5G

adu fitur reno8 5g vs reno7 5g

tabloidpulsa.id – Salah satu dari lini seri Reno8 yang pertama dijual adalah OPPO Reno8 5G. Dilihat dari harganya, ponsel ini bakal menggantikan produk Reno7 5G, yang di masanya merupakan varian tertinggi dari OPPO Reno7 series. Kalau dilihat dari penampilannya saja, keduanya memang terlihat berbeda, lalu apakah dalamnya juga demikian?

OPPO kembali melanjutkan SAGA-nya melalui perangkat seri Reno terbaru di Tanah Air, yakni seri Reno8. Kali ini OPPO Indonesia menghadirkan tidak hanya 3 varian seperti sebelumnya, namun lengkap, 4 varian akan hadir di pasar Indonesia. Di gelombang pertama ini OPPO memulai dengan Reno8 4G dan Reno8 5G.

Nah, yang menarik di seri Reno8 ini OPPO melakukan perubahan desain di Reno8 5G. Menggoda kami untuk melakukan adu fitur antara Reno8 5G dengan prouk setara di generasi sebelumnya, OPPO Reno7 5G.

Harga

Saat diperkenalkan pertama kali Oppo Reno7 5G dijual dengan harga Rp 7,499 juta. Harga ini masih bertahan sampai tulisan ini dibuat. Sementara OPPO Reno8 5G dijual seharga Rp 7,999 juta. Beda sekitar 500 ribu Rupiah.

Desain dan Layar

OPPO Reno8 5G didesain menyerupai produk flagship OPPO Find X5 Pro, dimana bagian back cover terbuat dari plastik keras yang dibentuk beda tinggi secara unibodi. Melalui proses pewarnaan 3 lapis dan jadilah sebuah bentukan yang nyaman di genggaman.

Bagian tepinya terasa kotak, berbeda dengan Reno7 5G yang masih membuat sudut pada bagian tepi ponsel. Desain anyar di Reno8 5G ini merupakan penyempurnaan desain sebelumnya yang sepertinya bakal hadir di produk-produk OPPO selanjutnya.

Reno7 5G menyediakan warna menarik yakni starry black dan startrails blue. Sementara Reno8 5G meyediakan pewarnaan baru yang disebut Shimmer Black dan Shimmer Gold.

Oppo Reno7 5G dan Oppo Reno8 5G sama-sama memiliki layar AMOLED 6.4 inchi 90Hz, HDR10+ dengan resolusi 1080 x 2400 piksel rasio 20:9 (~409 ppi density), 430 nits hingga 800 nits (peak) dan perlindungan Corning Gorilla Glass 5. Artinya tidak ada yang berbeda di sisi display.

Chipset

Menariknya, kedua produk menengah ke atas Reno7 5G dan Reno8 5G menggunakan chipset besutan Mediatek. Generasinya sama, hanya beda seri. Di mana Reno7 5G membawa chipset Dimensity 900, sementara Reno8 5G membawa Dimensity 1300. Keduanya memiliki desain cluster CPU berbeda. Di mana Dimensity 900 membawa 2 cluster CPU, sementara Dimensity 1300 membawa 3 cluster.

Untuk dukungan software, keduanya membawa ColorOS 12. Hanya saja Reno8 5G membawa versi paling update yakni ColorOS 12.1 berbasis Android 12.

Kamera

Untuk kamera, telah dikonfirmasi bahwa OPPO Reno8 5G menggunakan dual flagship sensor. Artinya untuk kamera belakang OPPO telah menyematkan sensor Sony IMX 766, sementara untuk kamera depan ada sensor Sony IMX 709 hasil kerja sama OPPO dengan Sony.

Sementara untuk resolusi kamera, Oppo Reno7 5G memiliki kamera utama 64 megapiksel (wide), 8 megapiksel (ultrawide) dan 2 megapiksel (macro). Sedangkan Oppo Reno8 5G memiliki kamera utama 50 megapiksel (wide), 8 megapiksel (ultrawide) dan 2 megapiksel (macro). Untuk kamera depan, keduanya dilengkapi dengan kamera 32 megapiksel (wide). Cek perbandingan hasil kamera 2 ponsel ini di sini (baca di sini).

Memori

Untuk urusan memori, Oppo Reno7 5G dan Reno8 5G membawa kapasitas yang sama. Yaitu sama-sama membawa RAM 8GB dan internal 256GB. Perbedaan hanya terletak pada jenis flash storage yang lebih update yakni versi 3.1 di Reno8 5G. Masuk akal karena ponsel ini lebih baru.

Oh iya karena didesain berdasarkan produk flagship, maka kita tidak menemukan slot memori tambahan di Reno8 5G. Hal ini juga berlaku pada slot audio 3.5 mm, yang juga hilang di ponsel ini.

Baterai

Oppo Reno7 5G memiliki baterai 4500 mAh dengan fitur fast charging 65W, terisi penuh (100%) dalam waktu 31 menit dan reverse charging. Sedangkan Oppo Reno8 5G juga memiliki baterai 4500 mAh namun dengan fitur fast charging 80W, terisi penuh (100%) dalam waktu 28 menit dan reverse charging. 

Samsung Rilis Ringtone Over the Horizon Remix Terbaru oleh Suga BTS

Ringtone Over the Horizon

tabloidpulsa.id – Kabar gembira buat kalian para Army, penggemar BTS, Samsung hadirkan kembali ringtone legendaris Over the Horizon, versi remix buatan Suga, ikon pop abad ke-21 anggota band BTS telah rilis. Menyusul kesuksesan di Galaxy Unpacked tahun lalu, kali ini adalah kesempatan kedua Suga untuk remake ringtone “Over the Horizon” secara eksklusif hanya untuk perangkat Samsung Galaxy Z Fold4 dan Z Flip4 5G. Suga memberikan sentuhan baru pada tema musik khas Samsung “Over the Horizon” tahun 2022 ini, Suga ingin menyampaikan tentang hal-hal positif dan kecerahan masa depan. Dikomposisikan khusus untuk para pendengar merasa semangat dan penuh harapan, sehingga mendorong orang-orang untuk memimpikan masa depan yang cerah dan membayangkan kegembiraan seperti apa yang menunggu di cakrawala. Samsung telah berkolaborasi dengan beberapa artis untuk menata ulang tema musiknya dan menciptakan suara khas yang memotivasi pengguna untuk menantang batas mereka.

Ringtone “Over the Horizon” tahun 2022 ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang bertema rock, versi terbaru ini memiliki ciri khas unik dari tema aslinya, menggabungkan genre lintas zaman, mulai dari pop orkestra, fusion jazz, dan bahkan Nordic orchestra inspired spin. Samsung rilis remix ringtone terbaru yang diproduseri oleh Suga BTS “Over the Horizon” mencerminkan inovasi yang terus diperbarui, dan kemitraan yang dijalin dengan seniman hebat di kelasnya untuk memadukan tema spirit of openness and collaboration yang menggarisbawahi filosofi Galaxy.

Dalam rangka menyambut peluncuran perangkat Galaxy Foldables terbaru, Samsung dengan senang hati mengajak SUGA berkolaborasi untuk kembali membuat versi remix baru dan membuat video musik “Over the Horizon 2022 Produced by SUGA of BTS”. Selain itu, “Over the Horizon 2022 Produced by SUGA of BTS” akan tersedia sebagai nada dering melalui pembaruan software yang akan datang pada perangkat Galaxy.

Bebas berekspresi seperti BTS dengan kecanggihan Galaxy Z Flip4 5G

“Samsung terus berkomitmen dalam menghadirkan inovasi terdepan yang selaras dengan tren masa kini. Maka dari itu, kami menghadirkan perangkat yang sesuai dengan kebutuhan generasi muda saat ini dan mendorong mereka dalam berekspresi dan berkreasi seperti yang dihadirkan oleh Suga BTS untuk ringtone “Over the Horizon”, semoga hal ini dapat menginspirasi para generasi muda untuk be greater everyday. Karena selain fitur-fitur yang canggih, smartphone juga merupakan perangkat untuk mengekspresikan diri dan berkreasi”, ujar Selvia Gofar, Head of Product Marketing Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

Samsung Galaxy Z Flip4 5G menghadirkan inovasi foldable smartphone yang tepat bagi pengguna untuk mengekspresikan diri lebih baik, dilengkapi dengan desain ultra-compact, slimmer hinge,dan tampilan yang unik. Dengan desain yang unik ini, para pengguna dapat melakukan kustomisasi secara utuh dan personalized dengan Galaxy Themes pada Cover Screen dan Main Screen yang dilengkapi dengan font, icon, dan desain yang dapat disesuaikan dengan gaya sehari-hari. Bahkan, pengguna dapat membuat personalized Cover Screen berbeda dari yang lain dengan desain jam baru, berbagai format background mulai dari gambar, GIF, hingga video.

Galaxy Z Flip4 5G mendorong pengguna untuk menampilkan greater self-expression dengan berbagai macam pilihan warna serta desain premium yang iconic, mulai dari Bora Purple sebagai hero color dan Graphite, serta dua varian warna baru yaitu Pink Gold dan Blue. Tidak hanya ini saja, Galaxy Z Flip4 5G juga menghadirkan Bespoke Edition yang tersedia di 28 negara seluruh dunia, Samsung menawarkan 75 kombinasi warna yang dapat dipilih pengguna. Cocok bagi para pengguna yang ingin menunjukkan gaya stylish, berani berekspresi, mengikuti tren kekinian dan menjadi content creator masa kini. Selain warna merah-putih kebanggaan bangsa Indonesia, Galaxy Flip4 5G Bespoke Edition memiliki pilihan paduan warna lain yaitu Black-Green-Green, Gold-Yellow-White, Silver-Navy-Navy, dan Silver-White-White.

DItambah dengan kamera 12 MP yang berbeda dari smartphone lainnya, Galaxy Flip4 5G mampu menciptakan greater content berkat fitur Flex Mode yang dapat menyempurnakan pengalaman pengguna dalam content making sehari-hari, mulai dari foto dan video secara seamless, handsfree, dan simple saat mengambil foto sendiri maupun group selfie dengan berbagai angle terbaik. Pengguna dapat membuat konten video TikTok, Instagram Reels, serta merekam vlog dengan pengalaman lebih baik #DoGreaterThanNow.

Pre-order Galaxy Z Flip4 5G sekarang dan dapatkan ringtone ekslusif buatan Suga BTS terbaru!

Galaxy Z Flip4 5G dibanderol dengan harga mulai dari Rp13.999.000, periode pre-order berlaku mulai dari 10 Agustus hingga 1 September 2022, jam 20.00 WIB dan dapat dilakukan melalui www.samsung.com/id, dan mitra Samsung yaitu Blibli, Lazada, Shopee, Tokopedia, JD.ID, Eraspace, Dinomarket, Akulaku, dan Tiktok Shop. Dapatkan berbagai penawaran terbaik antara lain 1 Year Full Protection by Samsung Care+ senilai Rp. 2,7 jutaan, e-voucher Rp.1.000.000, cicilan 0% hingga 36 bulan dan cashback hingga Rp. 750.000 dari mitra bank.

Untuk semakin menunjang produktivitas dan mengekspresikan diri lebih baik, pengguna bisa melengkapi Galaxy Z Flip4 5G dengan lini perangkat Galaxy Ecosystem terbaru, yaitu Galaxy Watch5|Watch5 Pro dan Galaxy Buds2 Pro yang bisa didapat melalui pre-order yang berlangsung sampai 1 September 2022. Galaxy Watch5 tersedia dengan harga mulai dari Rp3.499.000. Galaxy Watch5 Pro bisa didapat dengan harga Rp6.499.000. Pelanggan pun bisa mendapatkan Galaxy Buds2 Pro dengan harga Rp2.799.000. Selama periode pre-order, setiap pembelian Galaxy Watch5|Watch5 Pro atau Galaxy Buds2 Pro bersama dengan Galaxy Z Fold4 5G, pelanggan bisa mendapatkan cashback hingga Rp1.499.000.

Perbandingan Hasil Foto Malam OPPO Reno8 5G vs Reno7 5G

foto malam reno8 5g vs reno7 5g

tabloidpulsa.id – Tulisan ini seharusnya muncul setelah kami membuka data Adu Fitur antara OPPO Reno8 5G vs OPPO Reno7 5G. Kedua ponsel ini sudah tersedia di pasar dengan harga tidak terlalu jauh berbeda. Hanya saja untuk Reno8 5G, masih dalam masa pre-order, tapi sudah mendekati jadwal first sale. Dua ponsel ini menggunakan sensor kamera yang berbeda, bagaimana perbandingan hasil foto malam keduanya?

Ketika kita membandingkan hasil foto malam, maka secara otomatis kita akan langsung menuju ke perbedaan spesifikasi kamera. Sensor apa yang digunakan, berapa resolusinya, hingga bagaimana hasil akhirnya ketika digunakan di kondisi yang sama.

Tapi dua produk yang kita bahas kali ini cukup menarik. OPPO Reno7 5G, merupakan mantan varian tertinggi di kelas Reno sebelumnya (Reno7 series), sementara OPPO Reno8 5G merupakan produk yang digadang bakal menggantikan posisi Reno7 5G. Terlihat dari harga yang ditawarkan.

Untuk kamera, telah dikonfirmasi bahwa OPPO Reno8 menggunakan dual flagship sensor. Artinya untuk kamera belakang OPPO telah menyematkan sensor Sony IMX 766, sementara untuk kamera depan ada sensor Sony IMX 709 hasil kerja sama OPPO dengan Sony. Dari sini kita bisa berharap banyak akan hasil foto yang ditangkap kedua sensor ini.

Sementara untuk OPPO Reno7 5G, kami tidak menemukan informasi tepatnya, namun bisa dipastikan sensor yang dibawa merupakan kelas yang ada di bawah dua sensor tersebut. Akan kami bahas di Adu Fitur antara kedua produk ini.

Berikutnya tinggal bagaimana ColorOS di masing-masing ponsel, Image Processor alias ISP yang ada di masing-masing chipset, AI, RAM dan sejumlah fungsi lain yang mendukung.

Hasil Foto

Disclaimer: tidak ada editing selain mengubah ukuran gambar

Menurut Kami

Dari perbandingan foto yang kami sajikan di atas, terlihat bagaimana sensor yang dibawa oleh OPPO Reno8 5G mampu menangkap lebih banyak cahaya. Meskipun pemotretan dilakukan di waktu yang sama, hasil foto kamera OPPO Reno8 5G terlihat lebih terang, memunculkan detail yang lebih baik dengan peredaman noise yang apik di bagian-bagian tertentu yang tidak kedapatan cahaya. Juga HDR yang lebih baik. Terlihat dari detail yang ada di obyek yang membelakangi cahaya juga tetap dimunculkan.

Sebaliknya di Reno7 5G, gambar cenderung lebih gelap. Meskipun tetap memperlihatkan detail foto yang apik. Bahkan ketika bertemu dengan cahaya yang melawan arah pun tetap tidak ditampilkan dengan baik, cukup memberikan peredaman sehingga flare nya tetap terlihat rapi.

Menurut kami, OPPO Reno8 5G lebih dapat mengabadikan suasana pencahayaan lowlight, sesuai dengan aslinya. Warna yang ditangkap lebih mendekati warna yang kami lihat dengan mata kepala kami sendiri saat itu. Foto-foto yang ditangkap di suasa pergantian malam akan terlihat dramatis, sesuai dengan yang kita alami di kondisi sebenarnya.

Sayangnya ada beberapa hal yang mengganjal. Terutama di sisi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pemrosesan gambar. Seperti yang telah kami bahas di tulisan sebelumnya (baca di sini), bahwa tanpa NPU tambahan seperti MariSilicon X di OPPO Reno8 Pro 5G, proses pengambilan gambar di suasana minim cahaya OPPO Reno8 5G membutuhkan waktu yang cukup signifikan.

Pun demikian saat dibandingkan dengan OPPO Reno7 5G, yang notabene juga tanpa NPU terpisah, mampu melakukan upaya pemotretan dengan tanpa jeda. Meskipun gambar yang dihasilkan oleh OPPO Reno8 5G bisa lebih bagus, namun dalam momen-momen tertentu Reno8 5G akan butuh sedikit waktu loading sesaat setelah kita memotret.

Apakah mengganggu? Tentu saja tidak. Karena sebenarnya tidak begitu lama. Hanya saja, kami jadi bisa mengerti dan mengapresiasi tujuan hadirnya NPU terpisah semisal MariSilicon X di Reno8 Pro 5G.

PT Denka Pratama Indonesia Luncurkan 3 Mikrofon Saramonic

mikrofon saramonic

tabloidpulsa.id – Diakselerasi oleh hadirnya pandemi 2 tahun lalu, dan juga semakin mudahnya berbagi konten ke khalayak, maka jumlah pembuat konten alias content creator pun semakin bertumbuh. Tidak terbatas di sisi video landscape, tetapi juga di pembuatan video portrait dan audio podcast. Untuk memenuhi kebutuhan para kreator ini tentu diperlukan perangkat audio yang mumpuni. Tidak hanya bagus, tetapi juga cukup terjangkau semisal deretan mikrofon dari Saramonic berikut.

PT Denka Pratama Indonesia, yang sebelumnya kami laporkan menjadi distributor kamera aksi Insta360 di tulisan ini (Baca di sini), kini kembali melihat peluang di atas dengan menghadirkan seri mikrofon profesional dari Saramonic secara resmi ke Indonesia. Sebagai penyempurnaan dari seri sebelumnya, mereka merilis Saramonic Blink 100 dengan 6 varian, Saramonic Blink Go dengan 4 varian, dan Saramonic WiTalk WT5D.

Endra sebagai Chief Marketing Office PT. Denka Pratama Indonesia, melihat permintaan masyarakat Indonesia akan kebutuhan perangkat audio seperti mikrofon jadi hal penting “Sebab semakin banyak konten kreator yang mulai memerhatikan kualitas audionya, bukan hanya itu kegiatan belajar-mengajar & presentasi kerjaan pun mulai banyak yang menggunakan mikrofon wireless”

Saramonic Blink 100

Saramonic Blink 100 hadir dengan varian B1, B2, B3, B4, B5, dan B6 merupakan, perangkat mikrofon nirkabel dua-saluran dengan kekuatan 2.4GHz terbaru yang dapat menghasilkan suara jernih dan luar biasa. Dengan desain yang ringan dan ringkas membuatnya mudah dibawa dan digunakan, serta kompatibel dengan berbagai device seperti kamera, laptop, hp, tablet dan perangkat lain yang mendukung port USB type C.

saramonic Blink 100 B4

Sudah dilengkapi dengan noice cancellation yang membuatnya dapat dipakai di ruangan terbuka dengan tetap menjaga kejernihan suaranya. Dan memiliki kapasitas baterai 90mAh yang dapat bertahan hingga 10 jam.

Saramonic Blink Go

Perangkat mikrofon nirkabel dua-saluran dengan kekuatan 2.4GHz menawarkan empat varian, Saramonic Blink Go-D1, D2, U1, & U2. Membawa desain yang ramping dan ringan, juga memiliki fitur yang sama dengan Saramonic Blink 100, dan dapat digunakan sampai jarak 50 meter serta mudah untuk dioperasikan.

saramonic blink go u4

Saramonic WiTalk WT5D

Saramonic WiTalk WT5D Microphone dengan sistem headset interkom nirkabel full-duplex yang menawarkan komunikasi dua arah hingga jarak 400 meter tanpa delay. Dengan satu master headset dan empat headset jarak jauh, memungkinkan hingga lima orang berkomunikasi secara bersamaan.

Dengan desain hands-free WiTalk WT5D sangat ideal untuk tim e-sports, pembuatan film, acara olahraga dan lain sebagainya yang membutuhkan tangan untuk melakukan hal lain.

Sederet produk mikrofon Saramonic hadir di Indonesia mulai 22 Agustus 2022 dengan harga untuk Saramonic Blink 100-B1, B3, & B5 Rp. 1.350.000 sedangkan untuk Saramonic Blink 100-B2, B4, & B6 Rp. 1.900.000. Saramonic Blink Go-D1 dibanderol Rp. 1.150.000, D2 Rp. 1.650.000, U1 Rp. 900.000, dan U2 Rp. 1.300.000 . Dan untuk Saramonic WiTalk WT5D Dibanderol dengan harga Rp. 29.500.000 untuk 5 mikrofon. Untuk semua produk mikrofon Saramonic memiki garansi resmi 2 tahun dari PT. Denka Pratama Indonesia.

Pada peluncuran mikrofon Saramonic ini PT. Denka Pratama Indonesia mengusung Tema #GESER (Gebyar Saramonic? Emang Racun!). “ Kami akan memberikan hadiah di setiap bulannya sampai akhir Desember nanti, dengan total hadiah hingga seratus juta rupiah bagi siapa saja yang melakukan pembelian produk Saramonic berkesempatan untuk mendapatkan hadiahnya” tutup Endra.

JBL Hadirkan 2 TWS Anyar, Live Free 2 dan Live Pro 2

JBL TWS Live

tabloidpulsa.id – Ketika berbicara tentang perangkat True Wireless Stereo (TWS), maka kita tidak akan berhenti hanya membicarakan tentang kualitas audio, atau codec yang dibawa hingga rentang frekuensi yang mampu dikeluarkan. Lebih dari itu sebuah TWS kini sudah harus memenuhi segala kesesuaian dengan penggunanya, mulai dari fashion, kenyamanan, hingga reliabilitas. JBL salah satu merek audio ternama, termasuk yang memperhatikannya di TWS anyar mereka, Live Free 2 dan Live Pro 2.

Ada sebuah fakta, meskipun terasa disambung-sambungin dan kurang relevan dengan kondisi di Indonesia, bahwa survey yang dilakukan oleh Audio Visual equipment website AVSForum, dengan responden lebih dari 800 orang tentang persepsi mereka akan penggunaan earphone di lingkungan kerja. Lebih dari seperempat responden mengatakan bahwa kolega mereka ingin sendiri, fokus, sibuk atau sedang mendengarkan musik ketika mereka mengenakan headphone di kantor.

Dengan kebutuhan akan headphone yang semakin versatile, headphone semakin digemari dan berbagai jenis headphone dengan spesifikasi yang berbeda-beda mulai bermunculan di pasaran untuk memenuhi kebutuhan user. JBL yang unggul dengan perangkat audio nya juga memiliki rangkaian produk headphone yang inovatif dan canggih. Diantaranya adalah 2 produk TWS unggulan JBL yaitu, Live Free 2 & Live Pro 2 yang disertai fitur-fitur yang sangat memudahkan penggunanya, menjadikan nya pilihan yang cocok untuk pekerja kantoran yang aktif dengan mobilitas tinggi, hingga pemakaian sehari-hari.

JBL Live Free 2 & Live Pro 2 dilengkapi enam mikrofon beamforming yang dapat mengurangi gangguan angin dan kebisingan sehingga suara user selalu terdengar keras dan jelas. Kedua produk TWS dari JBL ini dilengkapi dengan VoiceAware, yang memungkinkan user mengatur seberapa jelas suara saat mereka berbicara, dan True Adaptive Noise Cancelling yang secara otomatis dapat menyesuaikan dengan lingkungan user, menghilangkan gangguan untuk suara yang lebih baik dimanapun user berada.

Fitur Smart Ambient juga hadir jika user perlu fokus pada lingkungan sekitar tanpa melepas earbud. Hanya dengan 15 menit Speed Charge mampu memberi user waktu pakai hingga 4 jam. Multi point connection memungkinkan anda beralih dari device satu ke perangkat lain nya dengan cepat dan mudah, ditambah lagi dengan water resistant & sweatproof dengan IPX5 nya yang membuat TWS ini aman dari gangguan air, keringat, hingga debu.

Live Free 2 dirancang dengan tabung oval, ujung silikon oval, dan desain berbentuk pil yang ramping agar pas dengan sempurna–memastikan peredam bising yang lebih baik dan kualitas audio yang lebih kuat. Dengan masa pakai baterai 35 jam yang kompatibel dengan wireless charging Qi (7 jam di earbud + 28 jam di casing).

Live Pro 2 memiliki desain Oval Tubes dan ujung silikon oval agar pas dengan sempurna. Desain stick tertutup dengan tabung oval memastikan peredam bising yang lebih baik dan kualitas audio yang ditingkatkan bagi mereka yang lebih menyukai estetika yang rapi. Cocok juga untuk pengguna wanita yang aktif karena bentuk bud-nya lebih kecil. Dengan masa pakai baterai 40 jam yang kompatibel dengan wireless Qi (termasuk 10 jam di earbud + 30 jam di casing).

JBL juga menyediakan aplikasi khusus dimana user dapat mengenali ukuran ujung telinga mana yang lebih sesuai dengan bentuk telinga user melalui fitur Check my Best Fit dengan mengikuti tes penyegelan untuk memastikan user mendapatkan yang paling pas dari tiga ukuran ujung telinga yang disertakan untuk meningkatkan kenyamanan, kualitas suara, dan isolasi kebisingan.

Untuk memiliki kedua produk ini silahkan kunjungi id.jbl.com atau temukan dealer resmi dan marketplace JBL pada e-store JBL, kemudian situs e-commerce berikut: Blibli, Lazada, Shopee, Tokopedia, Zalora, serta semua toko retail resmi JBL store di Indonesia.

Editor's Pick