Home Blog Page 374

Riset Samsung: 7 dari 10 Konsumen Online Asia Tenggara adalah Gamer

Samsung Gaming Insight Study

tabloidpulsa.id – Samsung Electronics Co. Ltd mengumumkan temuan dari penelitian Southeast Asia and Oceania (SEAO) Gaming Insight Study, yang menemukan bahwa 7 dari 10 konsumen online di wilayah ini adalah gamer. Dilakukan dalam kemitraan dengan ONE Esports, lebih dari 6.800 konsumen berusia 18 hingga 49 tahun di tujuh pasar (Australia, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam) disurvei pada kuartal terakhir tahun 2022, menunjukkan kecintaan yang tinggi terhadap gaming baik di rumah ataupun saat sedang mobile.  

Di seluruh wilayah, bermain untuk menghilangkan stres dan bersantai disebutkan sebagai alasan utama untuk bermain game (74%), dengan rata-rata 7 jam seminggu dihabiskan untuk bermain game. Sebagian besar gamer (92%) lebih suka bermain game dengan nyaman di rumah, dan lebih dari separuh gamer (58%) menghabiskan rata-rata USD $30 per bulan untuk pembelian terkait game seperti konten online eksklusif, tiket turnamen esports, langganan streamer, skin, dan koleksi merchandise.

Gaming Insight Study ini mengidentifikasi empat kepribadian gamer yang berbeda di kalangan penggemar game di wilayah ini – Hardcore Gamer, Gaming Enthusiast, Casual Gamer & Spectator, serta Casual Gamer, berdasarkan total waktu yang mereka habiskan untuk bermain game dan menonton konten game atau esports. Studi tersebut menemukan bahwa lebih dari separuh gamer Indonesia yang disurvei (54%) melakukan hobi ini setidaknya beberapa kali dalam seminggu, yang terdiri dari Hardcore Gamer dan Gaming Enthusiast, seperti digambarkan pada bagan berikut:

Gaming Enthusiast dan Hardcore Gamer sangat menekuni hobi mereka, di mana aktivitas gaming yang paling sering mereka lakukan termasuk menonton video seputar gaming, mendiskusikan game dengan orang lain, membaca update dan berita seputar game, membelanjakan uang untuk benda-benda terkait game, dan terakhir, mengikuti persona gaming di sosial media.

Carl Nordenberg, Regional Head of Mobile Experience Business, Samsung Electronics Asia Tenggara dan Oseania, menjelaskan, “Saat ini bermain game lebih dari sekadar hobi – ini adalah pengisi waktu luang yang menyatukan orang-orang. Wilayah Asia Tenggara dan Oseania memiliki komunitas gamer yang sangat besar, dan penelitian ini menyoroti kebutuhan dan kebiasaan bermain game mereka yang unik, baik sebagai pemain maupun sebagai penggemar e-sports. Dengan pemahaman ini, kami dapat terus memberdayakan pengguna Samsung untuk menikmati passion mereka sepenuhnya. Baik di perangkat Galaxy, QLED TV atau monitor gaming kami yang mumpuni, Samsung menghadirkan pengalaman gaming terunggul, baik untuk casual gamer maupun hardcore.”

Jane Guo, Vice President, Analytics & Insights, ONE Esports, berkata, “Kami sangat senang dapat bermitra dengan Samsung dalam studi ini, didukung oleh consumer insight pihak pertama di perusahaan kami. Studi ini mengungkap pasar besar penggemar game dan fans hardcore esports di wilayah SEAO, yang mencari performa unggul dan pengalaman bermain game dan menonton yang superior saat memilih perangkat dan aksesori seperti smartphone, laptop, headphone, dan monitor. Rangkaian perangkat gaming inovatif Samsung memungkinkan mereka terhubung dengan konsumen ini secara meyakinkan.”

Dirancang untuk setiap kebutuhan gaming Anda

Main Screen 7,6 inci Galaxy Z Fold4 dengan refresh rate adaptif 120Hz memberikan pengalaman bermain game yang imersif di mana pun Anda berada.

Mobile gamer yang ingin bermain game di mana saja tanpa mengorbankan gameplay dan kualitas grafis dapat mencoba perangkat serbaguna dan mumpuni seperti Galaxy S23 Series, Galaxy Z Fold4, Galaxy Tab S8 Ultra dan Galaxy A Series.

Gamer PC dan konsol dapat memilih dari monitor terbaik Samsung, Odyssey Ark dan Odyssey OLED, sementara mereka yang menginginkan pengalaman gaming yang benar-benar imersif di layar besar, terdapat pilihan Samsung Neo QLED QN90.

Di sisi lain, mereka yang suka menonton konten game dapat mempertimbangkan perangkat seperti Samsung Galaxy Z Flip4, Smart Monitor M8, dan The Sero. 

OPPO Reno8 T 5G Sudah Bisa Dipesan di Awal Maret

reno8 t 5g AI Color portrait

tabloidpulsa.id – Awal Maret ini OPPO langsung menggebrak dengan membuka secara resmi pemesanan perangkat Reno8 T 5G sebagai bagian dari lini seri Reno8. Perangkat paling premium dari Reno8 T ini membawa layar premium 3D Curved 120Hz dan dukungan kamera portrait 108MP yang menghasilkan foto beresolusi tinggi dengan dukungan 67W SUPERVOOC dan kapasitas baterai 4800 mAh.

Layar 3D Curved 120Hz Hadirkan Pengalaman Visual & Tampilan Kelas Flagship

Reno8 T 5G menawarkan pengalaman terbaik tampilan smartphone flagship dengan layar 3D curved screen yang memberikan keseimbangan yang sempurna antara visual imersif dan kenyamanan saat digenggam. Visual imersif pada Reno8 T 5G terwujud melalui layar AMOLED 6,7 inci FHD+ dengan refresh rate 120Hz. Sementara, kenyamanan dalam gengaman didapatkan dengan material penampang belakang OPPO Glow yang ikonik dan bebas sidik jari. Berat perangkat ini hanya 171 gram dan ketebalan 7,7mm.

Kamera Portrait 108MP & Ultra-Clear Imaging System untuk Gambar Ultra Detail

Reno8 T 5G dilengkapi kamera portrait 108MP pertama dari OPPO, kamera microlens 40x, kamera depth 2MP, dan kamera selfie 32MP untuk membuka era baru fotografi smartphone. Kamera portrait 108MP Reno8 T 5G  mampu menangkap gambar yang sangat jernih dengan resolusi tinggi dalam kondisi apa pun. Kamera microlens dilengkapi dengan kemampuan perbesaran hingga 40 kali menawarkan detail yang luar biasa saat pengguna ingin menjelajahi dunia mikroskopis.

Dengan konfigurasi kamera yang sangat kuat ini, Reno8 T 5G tetap menyediakan berbagai fitur favorit perangkat Reno series seperti Selfie HDR, Bokeh Flare Portrait, Dual-View Video dan masih banyak lagi untuk menghasilkan foto berkualitas profesional yang mengekspresikan gaya dan kreativitas pengguna.

Performa Bertenaga dengan Pengisian Super Cepat & Memori Ekstra Besar

Peningkatan pada pengisian daya ultra cepat 67W SUPERVOOCTM membuat Reno8 T 5G dapat diisi daya hingga 100% hanya dalam 44 menit. Reno8 T 5G dilengkapi RAM 8GB dengan ekspansi RAM hingga 8GB. Sementara internal perangkat ini memiliki pilihan penyimpanan 128GB atau 256GB dan didukung ekspansi kartu SD hingga 1TB.

Pemesanan Perangkat Reno8 T 5G

OPPO Reno8 T 5G tersedia dalam varian 8GB RAM/128GB ROM yang dibandrol dengan Rp 5.999.000 dan varian 8GB RAM/256GB ROM dengan harga Rp 6.499.000. Perangkat ini dapat dipesan mulai tanggal 1 hingga 9 Maret 2023 di seluruh OPPO Store, partner retail resmi OPPO di seluruh Indonesia, dan e-commerce terkemuka seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, TikTok Shop, Akulaku, Bukalapak. Selama masa pemesanan, konsumen akan mendapatkan langsung OPPO Band dan penawaran spesial seperti cashback hingga Rp750.000 dan bunga 0% untuk cicilan bank sampai dengan 12 bulan dari BCA, BNI, BSI,BRI, Digibank, Mandiri, OCBC NISP, CIMB Niaga,Bank Mega, Allobank, Traveloka PayLater, Shopee Paylater dan Kredivo.

Konsumen juga dapat menikmati keuntungan tambahan dari aplikasi My OPPO berupa Ekstra 3500 Poin My OPPO, voucher diskon Rp25.000 dari Bobobox Hotel, voucher diskon Rp50.000 dari Bobocabin, voucher diskon 15% hingga Rp100.000 dari Fitbar, voucher diskon Rp40.000 dari lavojoy, voucher diskon 50% hingga Rp50.000 dari MAKUKU, gratis Medical Facial Treatment senilai Rp1,7 juta dari Skin+ Clinic, voucher beli 1 gratis 1 minuman dari TOMORO, dan voucher diskon hotel hingga Rp500.000 dari Traveloka.

Untuk pemensanan dan informasi mengenai Reno8 T 5G dapat melalui tautan: https://www.oppo.com/id/events/reno8t-series-5g-launch/

HUAWEI WATCH GT 3 SE dan HUAWEI FreeBuds 5i Mulai Tersedia Hari Ini

HUAWEI WATCH GT 3 SE Indonesia

tabloidpulsa.id – Huawei Device Indonesia baru saja meluncurkan dua wearables yang mengadopsi teknologi kelas atas di harga terjangkau terbaru ke pasar Indonesia, yakni HUAWEI WATCH GT 3 SE,  smartwatch super ringan dengan daya tahan baterai 14 hari, dan HUAWEI FreeBuds 5i, TWS Hi-Res Audio dengan harga terjangkau. Mulai hari ini (01/03), kedua produk wearables terbaru Huawei ini sudah dapat dibeli oleh para pelanggan di Indonesia. 

Untuk berbagai kegiatan sehari-hari, mayoritas masyarakat selalu mencari kenyamanan untuk berbagai kegiatan sehari-hari dari berbagai aspek termasuk perangkat teknologi pendukung seperti  wearables.

Kenyamanan penggunaan menjadi hal yang penting untuk membantu pengguna mencapai tujuan yang diinginkan, seperti saat berolahraga, bekerja, belajar, hingga mendengarkan musik.

Memahami kebutuhan tersebut, HUAWEI WATCH GT 3 SE dan HUAWEI FreeBuds 5i membawa kualitas teknologi kelas atas yang menjadikan kedua perangkat ini merupakan perpaduan sempurna yang dapat menunjang kenyamanan untuk setiap kegiatan penggunanya.

Patrick Ru, Country Head of Huawei Devices Indonesia mengatakan, “Kenyamanan pengguna merupakan aspek penting dalam setiap perkembangan teknologi yang kami hadirkan terutama untuk pasar Indonesia, selain fitur canggih, desain stylish, dan harga yang bersaing. Peluncuran HUAWEI WATCH GT 3 SE dan HUAWEI FreeBuds 5i merupakan dua wearables terbaru kami yang didesain khusus dengan mengoptimalkan teknologi pada fitur-fitur di berbagai perangkat flagship dengan kualitas premium, namun hadir dengan harga yang terjangkau. Dengan ini kami yakin dapat memberikan pengalaman yang semakin berkesan, manfaat yang nyata, serta kenyamanan saat menggunakan produk digital berkualitas dari Huawei yang dapat menunjang keseharian pengguna.”

HUAWEI WATCH GT 3 SE sudah bisa dibeli dengan harga Rp2.199.000 selama masa promosi hingga 15 Maret mendatang dengan cashback serta hadiah berupa timbangan digital dengan total nilai Rp399.000.

Mulai hari ini, pelanggan sudah dapat membeli secara langsung smartwatch super ringan dengan daya tahan baterai selama 2 minggu ini pada laman Huawei Official Store di e-commerce – e-commerce terkemuka di Indonesia, seperti ShopeeTokopediaLazada, dan Blibli secara eksklusif. 

Sementara HUAWEI FreeBuds 5i sudah bisa didapatkan seharga Rp999.000 selama masa promosi dari tanggal 1 Maret hingga 15 Maret mendatang. Pelanggan juga akan mendapatkan cashback dan hadiah silicon case Freebuds 5i resmi dengan total nilai Rp229.000.

HUAWEI FreeBuds 5i juga sudah bisa di beli secara langsung di laman Huawei Official Store di Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Blibli secara eksklusif. Untuk varian Ceramic White, pelanggan juga bisa mendapatkannya secara offline di HUAWEI Authorized Experience Store terdekat.

Selama periode penjualan pertama, pelanggan dapat klaim early bird voucher dan langsung dapat digunakan untuk setiap pembelian HUAWEI WATCH GT 3 SE sebesar Rp50 Ribu dan voucher sebesar Rp20 Ribu untuk setiap pembelian HUAWEI FreeBuds 5i yang berlaku hingga 15 Maret 2023.

Indosat Kembangkan Mitigasi Berbasis Seluler untuk Isu Perubahan Iklim

Mitigasi Berbasis Seluler

tabloidpulsa.id – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Global System for Mobile Communications Association (GSMA) menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) untuk meningkatkan ketahanan lingkungan dan ekonomi Indonesia dengan mengembangkan mitigasi berbasis seluler untuk berbagai isu perubahan iklim.

Berdasarkan MoU tersebut, IOH dan GSMA melakukan program konservasi mangrove dan upaya peningkatan produktivitas pembudidaya udang dan kepiting menggunakan teknologi Internet of Things (IoT) di Kalimantan Utara, Indonesia.

Kemitraan ini akan dijalankan melalui Mobile Innovation Hub GSMA, yang dibuat dalam kemitraan dengan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ), yang ditugaskan oleh Kementerian Federal Jerman untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ). Penandatanganan MOU berlangsung di Mobile World Congress (MWC) Barcelona 2023.

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan “Indonesia terus memainkan peranan pentingnya untuk mendorong pengendalian perubahan iklim dunia. Isu-isu prioritas yang telah dibahas pada Climate Sustainability Working Group (CSWG) sebagai rangkaian G20 lalu, menjadi dasar kerja sama kami dengan GSMA. Kami yakin aksi nyata yang memanfaatkan teknologi digital ini akan meningkatkan ketahanan lingkungan serta ekonomi masyarakat sekitar di Kalimantan Utara. Program berkelanjutan ini juga akan membawa dampak positif bagi pelestarian alam Indonesia sekaligus meningkatkan perekonomian bangsa di masa depan.”

Chief Regulatory Officer at GSMA and PresidenMobile for Development Foundation, John Giusti, menambahkan “GSMA memperkuat komitmennya untuk mengatasi tantangan iklim global dengan mendukung program nyata yang memanfaatkan inovasi digital untuk mengatasi dampak iklim. Kami melakukan pekerjaan ini bersama dengan dukungan kami yang lebih luas terhadap upaya industri seluler untuk mencapai Net Zero. Kolaborasi antara Indosat Ooredoo Hutchison dan GSMA Mobile Innovation Hub, adalah contoh yang bagus tentang bagaimana seluler dapat memainkan peran penting dalam menghubungkan komunitas yang rentan dengan solusi digital yang memungkinkan mereka meningkatkan ketahanan iklim. Konservasi hutan bakau adalah kebutuhan global di banyak komunitas pesisir, dan program percontohan seperti ini membawa pembelajaran tak ternilai yang dapat diterapkan dan ditingkatkan.”

Program kerja sama IOH dengan GSMA dalam mengembangkan mitigasi berbasis seluler akan dilakukan di Provinsi Kalimantan Utara dalam dua bentuk kegiatan.

Kegiatan pertama yaitu Pemetaan Partisipatif Laut dan Pesisir yang menggunakan teknologi geospasial untuk meningkatkan perencanaan wilayah dan pembuatan kebijakan terutama untuk lahan pertanian rumput laut.

Kegiatan yang kedua berupa Digitalisasi Budidaya Udang yang Ramah Lingkungan dengan menggunakan alat pemantauan berbasis IoT agar produktivitasnya meningkat.

Kedua kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh adanya deforestasi hutan bakau karena perluasan pertanian rumput laut dan udang yang tidak teratur dan mengancam ekosistem lingkungan hidup.

“Sebagai perusahaan pascamerger yang didorong oleh tujuan, IOH tidak hanya menghubungkan masyarakat Indonesia, namun juga memberdayakan masyarakatnya dengan pemanfaatan teknologi digital. Dengan membawa semangat Gotong Royong, kami akan terus menjadi kolaborator utama bagi kemitraan strategis dalam mencapai tujuan tersebut seiring mendorong pelestarian lingkungan bagi generasi penerus,” tutup Vikram.

Ratusan Unit iPhone 14 Ludes Diserbu Pengunjung BCA Expoversary 2023

BCA Expoversary 2023

tabloidpulsa.id – Penjualan iPhone Series 14 di booth iBox di BCA Expoversary 2023 menyebabkan antrean mengular sejak pagi hari. Dari sekian banyak merchant yang hadir di BCA Expoversary 2023 di BSD, Tangerang, iBox merupakan salah satu yang konsisten dikerubungi pengunjung.

Tidak hanya iPhone saja, produk Apple lain seperti iPad, MacBook, serta aksesoris lain turut laris diborong oleh pelanggan. Antusiasme tinggi pengunjung terhadap produk Apple menghasilkan nilai transaksi hingga miliaran rupiah hingga akhir perhelatan BCA Expoversary 2023. 

“Aku tahu info mengenai promosi dan cashback iBox ini dari instagram sejak 20 Februari kemarin. Setau aku memang iPhone 14 Series itu lumayan langka apalagi yang Promax. Aku sudah lama banget mengincar iPhone series ini. Beruntung banget di sini mereka stok banyak dan kita masih bisa dapet cashback, seneng banget lah pokoknya,” ujar Arif salah satu pembeli iPhone 14 Promax yang ditemui saat mengantre di iBox BCA Expoversary 2023.

BCA dan iBox memberikan berbagai promo atraktif di perayaan spesial ini. Untuk setiap pembelian unit iPhone 14 Series, iPad Air 5, dan MacbBook Air M2, pelanggan bisa menghemat hingga Rp1.660.000, jika berbelanja menggunakan kartu kredit BCA. Pelanggan dapat menikmati bebas 1 bulan cicilan dengan cicilan 0% selama 12 bulan, tanpa surcharge dan biaya layanan. 

Menutup perhelatan BCA Expoversary 2023, tercatat lebih dari 500 unit iPhone 14 Promax sudah terjual, jauh melebihi stok awal yang disediakan. Faktor lain yang membuat booth iBox ini terus ramai oleh para pengunjung selama penyelenggaraan adalah unitnya yang terus tersedia. Hal ini cukup berbeda jika dibandingkan dengan ketersediaan unit terbaru di pasar yang bahkan terkadang harus indent terlebih dahulu.

BCA secara konsisten akan memberikan nilai tambah kepada nasabah dengan menghadirkan beragam promo menarik di berbagai segmen kebutuhan nasabah, berkolaborasi dengan mitra-mitra ternama. BCA berharap nasabah dapat menikmati penawaran spesial dalam rangka peringatan ulang tahun BCA.

Cara Gampang Mengunci Aplikasi di OPPO Reno8 T

O-Fans Jajal Reno8 T Series aplikasi kunci
ilustrasi

tabloidpulsa.id – Buat Anda pengguna OPPO Reno8 T, ternyata smartphone ini juga dibekali dengan fitur privasi dan keamanan bawaan lainnya yakni App Lock. Sesuai namanya, App Lock dapat mengunci aplikasi penting yang ada di Reno8 T sehingga orang lain tidak dapat membuka aplikasi tersebut tanpa izin. Dengan fitur tersebut, informasi maupun percakapan penting yang dilakukan pada aplikasi tersebut akan tetap terjaga.

Dan jika ingin membuka aplikasi yang telah dikunci menggunakan fitur App Lock, pengguna harus menggunakan kunci yang telah dibuat melalui halaman Privacy di aplikasi Settings bawaan Reno8 T.

Berikut cara mengunci aplikasi di Reno8 T

1. Akses aplikasi Settings di Reno8 T.

2. Pilih menu Privacy.

3. Pada bagian Privacy, masuk ke menu App Lock.

4. Tekan tombol toggle AppLock ke posisi aktif.

5. Apabila baru pertama kali mengaktifkannya, maka tekan tombol Settings pada menu pop-up Set a privacy password first.

6. Masukkan kode keamanan bisa berupa Password, PIN, atau Pattern.

7. Kamu diminta menjawab pertanyaan keamanan yang nantinya digunakan apabila lupa kunci tersebut.

8. Tekan tombol centang.

9. Kemudian cari dan pilih aplikasi mana saja yang dikunci.

10. Geser tombol ke posisi aktif.

Tentunya setelah semua aplikasi dikunci maka pengguna harus memasukkan Password, PIN, maupun Pattern pada saat ingin mengakses aplikasi tersebut. Jika baru pertama kali mengunci aplikasi, biasanya akan muncul menu pop-up App locked. Use fingerprint unlock for this app? yang akan menanyakan apakah ingin membuka aplikasi tersebut dengan sensor fingerprint agar lebih praktis.

Jika ingin mematikan fitur App Lock pada beberapa aplikasi dapat mengikuti langkah yang sama dan menekan tombol toggle aplikasi tersebut ke posisi mati. anda dapat juga menonaktifkan sementara fitur App Lock agar aplikasi bisa diakses secara bebas tanpa perlu memasukkan kunci yang dibutuhkan.

Cara menonaktifkan sementara fitur App Lock

1. Pada halaman Home Screen, sapu layar dari atas ke bawah dengan satu jari hingga muncul Quick Settings.

2. Cari dan tekan tombol App Lock.

3. Masukkan kunci yang telah dibuat pada pengaturan App Lock sebelumnya.

4. Tombol App Lock pun akan jadi tidak menyala.

5. Anda tidak perlu otentikasi keamanan untuk membuka aplikasi yang telah dikunci.

Selanjutnya pada saat ingin mengaktifkan kembali fitur App Lock, maka dapat langsung melakukan langkah yang sama hingga fitur App Lock menyala kembali. Mudah bukan?

Gandeng AYO, BINUS International Gelar Pelatihan CyberSecurity

asean binus

tabloidpulsa.id – BINUS International bekerja sama dengan ASEAN Youth Organization, baru-baru ini, menggelar acara pelatihan keamanan siber (cybersecurity) dengan tema “ASEAN Cybersecurity Skilling Programme”. Bertujuan untuk menangkal banyaknya hoax atau kabar bohong yang beredar di internet, acara ini diadakan di kampus JWC @ Senayan BINUS International, Jalan Hang Lekir I Nomor 6, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Kerja Sama dengan ASEAN Youth Organization

ASEAN Youth Organization merupakan organisasi non-pemerintah (NGO) internasional yang memiliki misi untuk meningkatkan pemahaman para pemuda dan pemudi di wilayah Asia Tenggara tentang isu terkini. Hal tersebut bertujuan untuk menjunjung motto organisasi ASEAN, yaitu satu visi, satu identitas, dan satu komunitas, sebab mereka percaya bahwa upaya peningkatan dunia dimulai dari generasi muda.

“Kami senang sekali bisa bekerja sama dengan AYO (ASEAN Youth Organization),” ucap Ardimas Andi Purwita, S.T., M.T., Ph.D., selaku Subject Content Coordinator dari BINUS International. “Karena jangkauan organisasi ini sangat luas dan misinya sangat mulia, terlebih dengan kemajuan teknologi sekarang.”

Ardimas mengungkapkan bahwa ajang kerja sama dengan AYO semakin mengukuhkan status BINUS International sebagai perguruan tinggi yang memiliki global experience. Dengan kurikulum teknologi terkini dan track record yang sudah terbukti, tidak mengherankan apabila kampus BINUS dipilih sebagai ajang pelatihan Cybersecurity Skilling Programme.

Tentang Acara ASEAN Cybersecurity Skilling Programme

ASEAN Cybersecurity Skilling Programme adalah acara pelatihan yang berlangsung selama satu hari mulai dari pukul 9.00 hingga 12.00 WIB. Acara yang bertajuk “Cybersecurity Skilling Programme dalam Menangkal Hoax di Dunia Maya” ini berisi sejumlah sesi pemaparan materi tentang keamanan siber dan literasi digital dari para ahli teknologi.

Beberapa pembicara yang menghadiri seminar tersebut adalah Ardimas Andi Purwita dari BINUS International serta Saur Parulian, seorang Master Trainer dari ASEAN Youth Organization. Setiap sesi diisi penjelasan tentang apa itu cybersecurity, perannya dalam kehidupan sehari-hari, metode serangan yang paling umum, serta cara mencegahnya.

Senjaya Mulia, yang merupakan pendiri dari ASEAN Youth Organization, memaparkan bahwa tema yang berkaitan dengan hoax di internet sengaja dipilih karena banyaknya kabar bohong yang beredar di kalangan masyarakat. Hal ini tentunya selaras dengan urgensi keadaan darurat keamanan digital di Asia Tenggara maupun Indonesia.

“Saat puncak pandemi [COVID-19] kemarin, kita melihat ada ribuan berita bohong yang tersebar setiap harinya sehingga meresahkan masyarakat,” ujar Senjaya Mulia ketika ditanya apa yang melandasi topik acara pelatihan kali ini sebelum menambahkan, “Dalam konteks itu, [berita bohong] seperti itu dari oknum tidak bertanggung jawab bisa membahayakan nyawa.”

Perlunya Upskill untuk Cybersecurity

Baik Senjaya maupun Ardimas percaya bahwa kunci dari mencegah dampak buruk hoax di internet dimulai dari pengetahuan mendasar. Selain itu, kehidupan sehari-hari generasi muda saat ini sudah tidak terpisahkan dari teknologi serta dunia maya. Maka dari itu, mereka harus mampu meningkatkan keterampilan dalam menelusuri dunia online, terutama dari segi literasi keamanan siber.

Harapannya, acara pelatihan ASEAN Cybersecurity Skilling Programme mampu membekali generasi muda dengan skill serta ilmu yang mumpuni untuk menjadi Master Trainer. Kemudian, sebagai Master Trainer, mereka bisa menyebarkan informasi tentang pentingnya mengetahui cara memilah dan mencerna informasi yang beredar di internet secara kritis. Pada akhirnya, inisiatif ini akan meningkatkan literasi digital Indonesia dalam kancah dunia.

“Tidak bisa dimungkiri kalau internet itu memang sangat kuat,” ujar Ardimas ketika ditanya mengapa ajang pelatihan seperti ini sangat diperlukan, baik untuk sivitas akademika BINUS International yang menghadirinya, maupun masyarakat umum yang berpartisipasi secara online.

“Teknologi ini seperti pisau bermata dua. Kalau sampai salah digunakan, yang ada merugikan diri sendiri dan masyarakat. Jadi, kita harus pandai-pandai menggunakannya, dimulai dengan berpikir kritis dulu saat berinternet,” ujar Ardimas menutup.

Menyadari pentingnya pemahaman tentang cybersecurity pada zaman sekarang, BINUS International merangkul ASEAN Youth Organization untuk menggelar acara ASEAN Cybersecurity Skilling Programme. Pelatihan berdurasi tiga jam ini diadakan secara hybrid di Kampus JWC Senayan, Jakarta Pusat, pada 25 Februari 2023.

Sebagai perguruan tinggi dengan global experience dalam bidang teknologi, BINUS International memandang event ini sebagai kehormatan dan kesempatan untuk menciptakan generasi muda yang mampu menggunakan teknologi secara kritis demi memajukan bangsa.

3 Hal Penting yang Perlu Diketahui Tentang Redmi

Lini Produk Redmi di Indonesia

tabloidpulsa.id – Sebagai perusahaan elektronik dan teknologi pintar, Xiaomi selalu menghadirkan inovasi dan layanan yang berfokus pada pengalaman konsumen. Hal tersebut didedikasikan untuk memenuhi kebutuhan mereka yang terus berkembang dengan karakteristik yang unik dan beragam. 

Melalui lini produk Redmi, Xiaomi telah berhasil merangkul lebih banyak konsumen dalam mewujudkan aspirasi hidup mereka melalui inovasi produk berkualitas dengan harga sebenarnya pada jajaran entry-level dan mid-range di Indonesia. Telah hadir sejak 2014, Redmi kini berevolusi menjadi lini produk smartphone yang semakin kuat dalam mendukung kelancaran aktivitas sehari-hari serta kebutuhan gaya hidup yang berkualitas bagi penggunanya.

“Redmi telah melahirkan rangkaian portofolio produk dengan inovasi yang selalu ditingkatkan dalam menghadirkan makna yang berarti bagi pengalaman konsumen, khususnya di Indonesia. Mulai dari lini smartphone yang selalu mengusung fitur-fitur terbaik di kelasnya seperti pada kamera, layar, performa, serta baterai, hingga pada rangkaian perangkat AIoT yang menjadikan Redmi sebagai lini produk yang didesain untuk memungkinkan pengguna menjadi luar biasa dalam menjalani keseharian mereka agar lebih baik lagi,” ungkap Wentao Zhao, Country Director Xiaomi Indonesia.

Melanjutkan strategi Smartphone x AIoT yang diusung oleh Xiaomi untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada 2023, Redmi semakin memperluas rangkaian inovasi dan layanan yang mengutamakan kualitas pengalaman pengguna, inovasi strategis yang memungkinkan pengguna melakukan lebih banyak hal di kehidupan mereka, serta dapat diakses dengan mudah oleh seluruh konsumen di Indonesia.

Redmi, Komitmen akan Inovasi dan Layanan Berkualitas

Untuk mendukung pengalaman hidup yang lebih baik bagi pengguna, Redmi senantiasa menghadirkan inovasi yang selalu relevan bagi kebutuhan konsumen untuk waktu penggunaan yang lebih lama. Seperti pada pengalaman lini smartphone yang mendukung pembaruan software jangka panjang, sehingga pengguna dapat tetap nyaman memaksimalkan smartphone kesayangan mereka.

Selain itu, sistem operasi MIUI semakin memperkaya pengalaman mobile konsumen dengan beragam kemampuan esensial yang terus diperbaharui untuk mendukung aktivitas harian pengguna yang semakin dinamis, dimana telah meningkatkan pengalaman lebih dari 29,3 juta pengguna di tahun 2022.

Terkait dengan layanan yang mendukung kualitas hidup pengguna, Xiaomi telah memiliki lebih dari 400 titik layanan purna jual yang tersebar di seluruh Indonesia guna memberikan akses lebih dekat dan mudah terhadap rangkaian inovasi produk terbaru dari smartphone dan AIoT Xiaomi dan Redmi, pembelian aksesoris, hingga layanan perbaikan produk yang mudah dijangkau oleh konsumen.

Redmi, Smartphone x AIoT Untuk Smart Living Experience

Teknologi persembahan Redmi dirancang untuk memungkinkan penggunanya melakukan banyak hal pada kehidupan keseharian mereka. Mulai dari smartphone pada lini entry level hingga mid range yang memiliki rangkaian fitur esensial seperti kamera beresolusi tinggi yang didukung dengan memori besar untuk menangkap dan menyimpan momen berharga, baterai tahan lama untuk dapat terkoneksi sepanjang hari, layar jernih yang memperkaya pengalaman entertainment pengguna, hingga teknologi yang mendukung jaringan 5G yang kini semakin terjangkau bagi semua konsumen.

Inovasi tersebut dapat dimaksimalkan melalui penggabungan fungsi smartphone dengan perangkat AIoT yang akan semakin memudahkan aktivitas pengguna. Seperti terkoneksi dengan Redmi Smart Band 2 yang memungkinkan pengguna untuk selalu up-to-date dengan gaya hidup aktif mereka, Redmi Buds Essentials yang memadukan konektivitas telepon dan entertainment melalui musik, hingga pemantauan sebagai antisipasi keamanan melalui Xiaomi Smart Camera C200 terbaru yang memungkinkan pengguna untuk mengawasi dari jarak jauh hanya dengan menggunakan smartphone.

Redmi, Inovasi Terjangkau untuk Kualitas Hidup Lebih Baik

Sejak hadirnya Xiaomi pada industri elektronik dan teknologi pintar, Xiaomi senantiasa berkomitmen dalam menghadirkan produk berkualitas dengan harga yang sebenarnya, yang berarti kami berupaya untuk menyediakan inovasi yang terjangkau sehingga dapat merangkul lebih banyak konsumen di Indonesia. 

“Lini produk Redmi merupakan salah satu wujud nyata komitmen tersebut yang akan terus kami hadirkan melalui lini entry level serta mid range yang telah disambut sangat baik oleh seluruh Xiaomi Fans. Kami sangat bersemangat untuk meneruskan cerita pengalaman konsumen bersama Xiaomi, khususnya lini produk Redmi. Untuk itu, nantikan informasi mengenai inovasi terbaru Redmi sepanjang tahun 2023 yang akan mendukung kualitas hidup lebih baik bagi seluruh konsumen di Indonesia,” tutup Wentao Zhao.

IOH dan Huawei Siap Komersialisasikan SRv6 Skala Besar

Indosat & Huawei SRv6

tabloidpulsa.id – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan penyedia solusi TIK global Huawei tentang inovasi bersama SRv6 di ajang Mobile World Congress (MWC) 2023.

Berdasarkan perjanjian tersebut, kedua pihak akan bersama-sama melakukan penelitian dan verifikasi SRv6, sambil juga mempromosikan komersialisasi SRv6 skala besar untuk mempercepat transformasi ke arsitektur jaringan otomatis dan cerdas.

MoU tersebut ditandatangani oleh Desmond Cheung, Chief Technology Officer IOH, dan Daniel Wu, Director of Huawei Indonesia IOH Account. Acara penandatanganan ini juga dihadiri oleh Vikram Sinha, President Director and CEO IOH, Gary Lu, President of Huawei’s Network Marketing and Solution Sales Department, Linda Cui, President of Hutchison Global Key Account Dept, dan Long, CEO of Huawei Indonesia Tech Investment.

Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung, mengatakan, “Kerja sama antara IOH dan Huawei akan sangat mendorong perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia. Kami akan bekerja sama untuk menyediakan layanan jaringan berkualitas lebih tinggi dengan pengalaman pelanggan yang lebih baik melalui konvergensi jaringan IP, konvergensi arsitektur jaringan, dan pengoptimalan arsitektur jaringan. Ini juga akan membantu IOH memelopori transformasi digital cerdas dan menetapkan tolok ukur untuk ekonomi digital global.”

Sementara itu, Gary Lu dari Huawei menekankan bahwa pemimpin teknologi global itu akan terus berinovasi dan mendorong batas.

Dengan teknologi terdepan dalam transportasi konvergensi IP cerdas dan pengalaman luas dalam komersialisasi, Huawei akan membantu IOH membuat terobosan dalam aplikasi SRv6 dan memberikan layanan komunikasi yang lebih beragam bagi pengguna lokal.

Pengembangan berbasis informasi mengarah pada pertumbuhan eksplosif aplikasi Internet di seluruh dunia.

Dengan meningkatnya skala jaringan dan munculnya era cloud, semakin banyak layanan jaringan yang muncul.

Pada gilirannya, layanan ini memberlakukan lebih banyak persyaratan pada jaringan. SRv6, sebagai protokol transport IP generasi berikutnya, terikat untuk memimpin pengembangan industri.

Huawei berharap dapat bekerja sama dengan mitra industri dan memanfaatkan keunggulannya dalam inovasi teknologi SRv6 dan pengalaman penerapan SRv6 untuk memberdayakan berbagai industri dan memfasilitasi pengembangan ekonomi digital.

Huawei siap mendukung IOH mengejar tujuannya untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan mempercepat transformasi digital bangsa.

Dengan visinya untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling disukai di Indonesia, IOH terus mendorong pertumbuhan baik di industri telekomunikasi maupun ekonomi digital Indonesia melalui kinerjanya yang solid pada tahun 2022, tahun pertama sejak merger.

IOH telah bekerja dengan Huawei di berbagai bidang sejak 2005 dan mulai membangun jaringan transportasi konvergensi 5G-ready berbasis SRv6 pertama di kawasan Asia-Pasifik bersama dengan Huawei pada tahun 2020.

MWC Barcelona 2023 berlangsung dari 27 Februari hingga 2 Maret di Barcelona, Spanyol. Huawei memamerkan produk dan solusinya di stand 1H50 di Fira Gran Via Hall 1.

Bersama dengan operator global, profesional industri, dan pemimpin opini, Huawei menyelami topik-topik seperti kesuksesan bisnis 5G, peluang 5,5G, pengembangan hijau, transformasi digital, dan visinya menggunakan cetak biru bisnis GUIDE untuk meletakkan dasar bagi 5,5G dan membangun kesuksesan 5G untuk kemakmuran yang lebih besar.

Erajaya Active Livestyle Buka 6 Gerai Baru

Gerai baru Erajaya

tabloidpulsa.idErajaya Active Lifestyle melanjutkan ekspansi ritel mereka pada tahun ini dengan membuka enam gerai baru selama bulan Januari-Maret di sejumlah kota seperti Jakarta, Palembang, Samarinda dan Banjarmasin.

Langkah ini dilakukan untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan produk lifestyle gadget yang tepercaya dengan sejumlah manfaat seperti harga resmi dan perlindungan garansi.

Djohan Sutanto, CEO Erajaya Active Lifestyle mengatakan “Erajaya Active Lifestyle memastikan komitmennya untuk menjadi pemain terdepan di kategori active lifestyle dengan terus memperluas jaringan ritel-nya. Ekspansi ritel ini juga diiringi dengan makin kayanya portofolio produk unggulan dari brand-brand terkemuka untuk menunjang gaya hidup dan kebutuhan produk teknologi agar pengguna bisa lebih produktif. Kami yakin, digabung dengan kehadiran layanan e-commerce yang inovatif, peresmian gerai baru ini akan memberikan customer experience yang positif.” 

Pada tanggal 24 Februari 2023, Erajaya Active Lifestyle membuka 4 gerai baru Urban Republic dan 1 gerai Garmin Brand Store sekaligus, yakni UR Palembang Square, UR BIG Mall Samarinda, UR Puri Indah Mall Jakarta dan GBS BIG Mall Samarinda.

EAL sebelumnya juga telah meresmikan UR Mall Ciputra Jakarta pada bulan Januari dan pada bulan Maret mendatang akan membuka UR Duta Mall Banjarmasin.

Peresmian gerai baru ini akan membawa jumlah toko Urban Republic menjadi 32 toko dan toko Garmin Brand Store menjadi 15 toko di akhir bulan Maret 2023.  

Pembukaan gerai baru Urban Republic dan Garmin Brand Store dimeriahkan dengan beragam promo yang ditawarkan pada tanggal 24-26 Februari berupa diskon, merchandise eksklusif dan cicilan 0% sampai 24 bulan dengan bank pilihan.

Editor's Pick