Home NEWS Sinergi Mitra Mandiri Informatika dan IBM Majukan Kesadaran Perlindungan Data dan Kepatuhan...

Sinergi Mitra Mandiri Informatika dan IBM Majukan Kesadaran Perlindungan Data dan Kepatuhan Regulasi di Indonesia

tabloidpulsa.id — Masalah kebocoran data pribadi di Indonesia adalah tantangan serius yang semakin meresahkan tidak hanya untuk individu tapi juga mencakup organisasi maupun instansi pemerintahan. Dalam mengatasi masalah ini, Mitra Mandiri Informatika telah menjadi pelopor dalam menyediakan solusi perlindungan data selama 31 tahun. Keahlian dalam menyediakan solusi teknologi informasi menjadikan Mitra Mandiri Informatika  telah menjadi salah satu IBM system integrator yang terpercaya sejak tahun 1996. Dengan dukungan dari IBM dalam perjalanan perusahaan, Mitra Mandiri Informatika menyelenggarakan acara berjudul “Building Resilient Data Security: Technology’s Key Role in Enterprise Personal Data Protection” sekaligus memperkenalkan IBM Security Guardium dan IBM Security QRadar yang merupakan platform yang berfokus dalam menjaga integritas dan keamanan data, serta membantu organisasi mematuhi regulasi yang berlaku. Acara yang diselenggarakan pada 7 November 2023, di Hotel Mulia Senayan menegaskan komitmen Mitra Mandiri Informatika untuk menjaga keamanan data di era yang dipenuhi data, menyoroti bagaimana solusi keamanan tingkat lanjut dari IBM dapat mempermudah pemenuhan standar Perlindungan Data Pribadi, melindungi data yang sensitif, dan mendukung pembentukan budaya etika data dalam organisasi.

Pentingnya penyimpanan data pribadi pelanggan, khususnya dalam sektor keuangan dan layanan, tak dapat diabaikan dalam menghadapi pertumbuhan ekonomi digital yang sangat menjanjikan di Indonesia. Sebagaimana disoroti oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, proyeksi pertumbuhan ekonomi digital mencapai 150 miliar dolar AS atau sekitar Rp2.333 triliun pada tahun 2025 menjadi tanda yang tak bisa diabaikan. Dalam era digital yang mengubah lanskap bisnis, data pelanggan menjadi aset yang sangat berharga. Namun, dengan begitu banyaknya informasi yang beredar secara online, terjadi disrupsi besar-besaran dalam penggunaan teknologi internet yang mencakup hampir seluruh aspek kehidupan. Sebagai pelopor dalam penyediaan solusi perlindungan data, Mitra Mandiri Informatika membantu bisnis-bisnis di Indonesia untuk memahami, melindungi, dan mengelola data pribadi dengan cermat, memainkan peran penting dalam menciptakan ekosistem bisnis yang kokoh dan menjaga integritas informasi. Dengan demikian, penyimpanan data pribadi pelanggan dalam bisnis menjadi kunci sukses dalam membentuk masa depan yang aman dan berkelanjutan di tengah pesatnya perkembangan ekonomi digital Indonesia.

Baca Juga:  Majukan Industri Quantum Computing, LG Electronics Gabung di IBM Quantum Network

Deni Subhan, Chief Operating Officer Mitra Mandiri Informatika menyampaikan, “Melalui acara Building Resilient Data Security, kami berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan data pribadi dalam era digital yang semakin kompleks. Dengan ini, Mitra Mandiri Informatika bertekad untuk membantu perusahaan melindungi data sensitif mereka dengan solusi terkini seperti IBM Security Guardium dan IBM Security QRadar. Kolaborasi erat kami dengan IBM dan juga dukungan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) adalah bukti nyata komitmen kami untuk menciptakan ekosistem digital yang lebih aman dan etis, menjaga integritas data, dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. Dengan upaya ini, kami percaya bahwa kami akan membantu masyarakat dan perusahaan untuk lebih siap menghadapi tantangan masa depan yang semakin terdigitalisasi.”

Baca Juga:  Infinix Smart 6 Plus, Smartphone Sejutaan dengan Layar Lebar dan Baterai Besar 

Drs. Slamet Aji Pamungkas, M.Eng, Deputi Bidang Keamanan Siber dan Sandi Perekonomian BSSN menyatakan, “Terkait pentingnya perlindungan data pribadi, kami meyakini bahwa sinergi antara Mitra Mandiri Informatika dan teknologi inovatif dari IBM menjadi tonggak penting dalam membentuk kesadaran tentang urgensi UU Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi (PDP).  Kerjasama antara Mitra Mandiri Informatika dan IBM tidak hanya sebatas memberikan pemahaman mengenai pentingnya kepatuhan terhadap UU PDP, tetapi juga mendorong terwujudnya solusi yang praktis dan efisien untuk membantu perusahaan-perusahaan dalam mengimplementasikan ketentuan hukum tersebut. Dalam dunia yang semakin terdigitalisasi, menjaga privasi dan keamanan data pribadi adalah prioritas utama, dan kolaborasi ini memiliki potensi besar untuk memastikan bahwa perusahaan dapat memenuhi standar ini dengan tepat. Kami berharap bahwa kerjasama ini akan menjadi dasar yang kokoh dalam memastikan bahwa data pribadi dikelola dan dilindungi secara tepat, sehingga hak privasi individu tetap terjaga sementara perusahaan tetap mematuhi peraturan yang berlaku.”

Dalam upaya mendukung kesadaran akan pentingnya kepatuhan terhadap Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP), Mitra Mandiri Informatika, dengan dukungan kuat dari IBM, telah menghadirkan acara “Building Resilient Data Security.” Acara ini dirancang sebagai wadah untuk memahami peran sentral perlindungan data pribadi dalam tengahnya transformasi digital yang semakin meluas sekaligus memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya UU PDP. Tujuannya untuk memastikan bahwa perusahaan-perusahaan dapat memahami secara komprehensif regulasi tersebut dan mengimplementasikannya secara efektif dalam operasi mereka. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana melaksanakan UU PDP, perusahaan dapat membangun ekosistem digital yang lebih aman dan etis, menjaga kepercayaan pelanggan, serta memitigasi risiko yang terkait dengan kebocoran data. Dalam era yang semakin terdigitalisasi, pemahaman tentang perlindungan data pribadi merupakan faktor penting dalam memastikan integritas dan keamanan data dalam ekosistem bisnis.

Baca Juga:  Motherboard GIGABYTE B760, Buka Performa Memori DDR5 7600 seperti Z790

Dalam kesempatan ini, Mitra Mandiri Informatika turut memperkenalkan dua solusi unggulan dari IBM, yaitu IBM Security Guardium dan IBM Security QRadar. IBM Security Guardium adalah platform keamanan data yang modern dan scalable, dirancang untuk melindungi data sensitif dan teratur di berbagai lingkungan awan. Platform ini tidak hanya memastikan kepatuhan dengan regulasi yang berlaku, tetapi juga mampu menemukan lokasi data sensitif, serta mengurangi risiko yang terkait dengan pelanggaran data. Di sisi lain, IBM Security QRadar adalah solusi keamanan informasi yang memanfaatkan pembelajaran mesin dan analisis perilaku pengguna untuk memberikan para analis dengan peringatan yang lebih akurat dan diprioritaskan. Dengan pendekatan yang lebih cerdas dalam mendeteksi ancaman, QRadar memungkinkan tindakan perbaikan yang lebih cepat, yang pada akhirnya membantu organisasi menjaga efisiensi biaya mereka. Kedua layanan ini adalah perpaduan yang kuat dalam menjaga keamanan data dan mengatasi ancaman di era digital yang semakin kompleks, memberikan perlindungan yang handal sambil menjaga keunggulan operasional perusahaan.

Previous articleSamsung Galaxy M34 5G Hadirkan Baterai 6.000mAh dan Kamera Anti-Blur
Next articleOPPO Find N3 di Mata Andira Pramanta
The key objective of a Journalist is to gather information, write news pieces, and present the news in an honest and balanced manner. In addition to investigating and reporting on current events, they also work on articles and features that update and influence public opinion.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here