Home NEWS Adu Fitur OPPO Reno5 vs OPPO Reno5 5G – Apa yang Berbeda?

Adu Fitur OPPO Reno5 vs OPPO Reno5 5G – Apa yang Berbeda?

adu fitur oppo reno5
ilustrasi

tabloidpulsa.id – Dalam waktu yang hampir tidak terpaut jauh, OPPO Indonesia merilis dua produk keluarga Reno5, yakni Reno5 biasa atau 4G dan Reno5 5G. Hal ini tentu akan memunculkan pertanyaan di kalangan pembaca PULSA mengenai perbedaan keduanya. Adu fitur OPPO reno5 vs OPPO reno5 5G kali ini akan membahasnya lebih lanjut untuk Anda.

Bukan kami belum membahasnya, beberapa kali PULSA menuliskan perbedaan ini di beberapa tulisan berita mengenai Reno5 5G. Namun di tulisan ini kami akan mencoba membedakannya secara lebih detil lagi, supaya kita semua tidak penasaran.

Adu Harga

Diawali dengan harga. Produk Reno5 varian 5G dijual dengan harga yang lebih mahal dari Reno5 biasa. Dalam catatan kami, Reno5 dijual dengan harga Rp 4.999.000, sementara Reno5 5G berada di angka Rp 6.999.000. 

Maka silakan sesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Karena keduanya memberikan pengalaman yang hampir setara tapi tentu saja tetap dengan perbedaan yang kentara.

Tapi yang pasti, silakan cek secara reguler situs resmi OPPO untuk mendapatkan paket penawaran menarik terkait dua produk ini. Seperti saat Valentine kemarin, produk ini ditawarkan dengan bonus aksesoris yang menggiurkan.

Adu Desain, Pilihan Warna ADA yang Berbeda

Ada yang menarik di pilihan warna kedua ponsel ini. Terutama di pilihan warna terang. Di mana Reno5 menawarkan warna Fantasy Silver, sementara Reno5 5G menyuguhkan warna Galactic Silver.

Awalnya kami berpikir itu hanya berbeda penamaan saja, tetapi lebih dari itu, kedua warna ini memiliki pendekatan yang tidak sama. Meskipun keduanya mampu memantulkan warna-warna menarik dan berubah-ubah ketika kita lihat dari sudut yang berbeda.

Perbedaannya terletak pada tekstur lapisan diamond yang memantulkan cahaya pada back casing keduanya. Di mana milik Reno5 5G potongan-potongan cermin halus ini disediakan lebih kecil dibanding Reno5 sehingga perubahan proyesi warnanya bisa berjalan lebih halus.

Kehadiran pecahan cermin-cermin reflektif yang sangat kecil ini juga menghilangkan efek kotor akibat sidik jari. Sehingga sangat cocok untuk pengguna Reno5 dan Reno5 5G yang tidak mau menggunakan casing silikon bawaan.

Perbedaan pada Kinerja

Sesuai dengan nama produknya, OPPO Reno5 5G sudah dibekali dengan chipset Qualcomm anyar, yang merupakan chipset 5G untuk ponsel kelas menengah Qualcomm SM7250 Snapdragon 765G (7nm). 

Berbeda dengan OPPO Reno5 yang menggunakan SoC generasi sebelumnya yang belum 5G yakni Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8nm). Meskipun untuk soal kinerja, keduanya sama-sama menawarkan kinerja ponsel terkini. Baik untuk bermain game maupun untuk multimedia. Tidak terlalu berbeda, tapi tetap ada perbedaan.

Fabrikasi 765G yang lebih kecil (7nm) memungkinkan Qualcomm untuk meletakkan lebih bayak fitur dalam satu chip. Terutama untuk kebutuhan AI dan pembuangan panas yang lebih efektif. Jadi wajar saja apabila performa OPPO Reno5 5G berada satu tingkat di atas Reno5.

Jadi, meskipun fitur 5G yang dimiliki mungkin belum dapat dinikmati dalam waktu dekat, kita masih bisa memanfaatkan kinerjanya yang apik. Terutama bagi gamer kompetitif yang membutuhkan produk kelas menengah untuk dapat berprestasi.

Kapasitas Memori Internal dan Slot Memori Tambahan

Secara umum, Oppo Reno5 4G dan Oppo Reno5 5G memiliki RAM 8GB dengan storage internal 128GB. Bedanya Oppo Reno5 4G didukung slot tambahan microSDXC sedangkan Oppo Reno5 5G tidak. 

Hal ini bisa dijadikan pertimbangan, terutama bagi mereka yang membutuhkan ruang kapasitas memori lebih besar dari 128GB dalam kehidupannya. Jika Anda termasuk mereka yang menyimpan file sangat besar, maka Reno5 bisa dijadikan pilihan karena menawarkan slot memori tambahan.

Tapi jika Anda seperti kebanyakan teman saya yang sudah mengkombinasikan media penyimpanan fisik dan layanan cloud, maka 128GB akan terasa lebih dari cukup. Dan Reno5 5G bisa jadi pilihan paling tepat untuk Anda.

Kualitas Kamera vs Fitur AI Bawaan

Untuk urusan kamera belakang, baik Oppo Reno5 4G maupun Oppo Reno5 5G sama-sama dilengkapi kemampuan quad kamera dengan 64 megapiksel (wide), 8 megapiksel (ultrawide), 2 megapiksel (macro) dan 2 megapiksel (depth). Namun untuk kamera depan, Oppo Reno5 4G dilengkapi dengan kamera tunggal 32 megapiksel sedangkan Oppo Reno5 5G menggunakan kamera tunggal dengan resolusi 44 megapiksel. 

Apa artinya? OPPO Reno5 5G di atas kertas mampu menghasilkan foto selfie yang lebih baik. Meskipun secara genetis kedua Reno5 ini sama-sama mewarisi kemampuan selfie OPPO yang legendaris. 

Tapi begitu masuk lebih dalam ke fitur AI kamera, Reno5 justru menampilkan pilihan yang lebih banyak (sampai tulisan ini dibuat). Video double exposure (AI Mixed Portrait), AI color Portrait Photo/Video dan sejumlah fitur menarik di Reno5 tidak lagi bisa ditemukan di Reno5 5G.

Hal yang sebenarnya dapat dimengerti, mengingat kebutuhan waktu yang cukup panjang untuk mengoptimalkan fitur-fitur AI tersebut di chipset anyar Snapdragon 765G.

Kapasitas Baterai dan Pengisian Daya

Untuk urusan sumber daya, baik Oppo Reno5 4G maupun Oppo Reno5 5G sama-sama didukung oleh baterai berkapasitas 4.310mAh. Perbedaannya, Oppo Reno5 4G didukung oleh fitur SuperVOOC fast charging 50W plus reverse charging sedangkan Oppo Reno5 5G dilengkapi fitur SuperVOOC 2.0 fast charging 65W plus reverse charging. 

Dengan fitur ini, Reno5 5G hanya membutuhkan waktu 35 menit. Tentunya teknologi Super VOOC 2.0 65W ini juga menjadi alasan Oppo Reno5 5G lebih mahal. Sebaliknya Reno5 sebenarnya tidak kalah dengan Reno5 5G karena ukuran 50W dalam pengisian daya sudah terbilang super cepat. (Aldrin/USI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here