Home NEWS Adu Fitur: Kamera Malam Find N2 Flip vs Galaxy Z Flip4

Adu Fitur: Kamera Malam Find N2 Flip vs Galaxy Z Flip4

Kamera Malam Find N2 Flip Galaxy Z flip4

tabloidpulsa.id – Sebelumnya OPPO telah menyampaikan beberapa poin kelebihan Find N2 Flip dibandingkan dengan perangkat Flip yang sudah ada sebelumnya. Mulai dari desain yang intuitif, lipatan layar yang lebih tak terlihat, durabilitas yang lebih baik hingga baterai yang mampu bertahan lebih lama. Tapi kami melihat ada potensi yang positif juga di bagian lain, semisal pada kameranya. Karena penasaran, kami mencoba bermain-main dengan kamera Find N2 Flip dibandingkan dengan ponsel flip yang hadir lebih dulu, yakni Galaxy Z Flip4.

Dari penjelasan Pabrik OPPO Indonesia pada saat kami berkesempatan berkunjung ke sana beberapa waktu lalu, dijelaskan pada kami mengenai penggunaan Flexion Hinge yang bau, lebih mungil namun lebih kuat. Teknologi ini berimbas pada banyak hal terkait pemanfaatan ruang yang efisien, semisal memungkinkan untk membawa baterai berkapasitas lebih besar, layar eksternal yang lebih luas, termasuk modul kamera yang lebih kekinian.

Perbandingan Spek Kamera

Di atas kertas, kita bisa melihat bahwa kedua ponsel membawa modul kamera berbeda. Dengan pendekatan masing-masing sehingga mampu bekerja dengan baik sebagai kamera yang bisa diandalkan. Kali ini kita hanya akan membahas kamera belakang saja, dan kami akan membandingkan kameranya dalam skenario yang spesifik, yakni penggunaan di malam hari.

OPPO Find N2 Flip dan Galaxy Z Flip4 sama-sama membawa dua kamera utama. Di mana OPPO membawa kamera 50MP dengan bukaan f/1.8, dan lensa setara dengan lensa 23mm serta ukuran sensor yang sedikit lebih besar di angka 1/1.56 inci. Ditemani oleh kamera ultrawide 8MP dengan bukaan f/2.2.

Baca Juga:  Pentingnya Fitur Touch Optimization Saat Nge Game di OPPO Reno6

Sementara Z Flip4 membawa kombinasi dua kamera yang sama-sama 12MP. Di mana kamera utamanya memiliki bukaan f/1.8 dengan ukuran sensor yang sedikit lebih kecil di angka 1/1.76 inci, dan ukuran lensa setara 24 mm. Ditemani kamera ultrawide 12MP dengan bukaan f/2.2.

Untuk kamera utama, meskipun angkanya memperlihatkan 50MP vs 12MP di atas kertas seharusnya tidak akan mempengaruhi hasil jepret kedua kamera. Karena jika Anda tidak menggunakan mode Hi-Res di kamera 50MP alias penggunaan normal, hasil fotonya memiliki ukuran 12MP juga, namun sedikit lebih besar sekitar 2% dari ukuran gambar yang dihasilkan oleh kamera Z flip4.

Sebaliknya di kamera ultrawide, Samsung Galaxy Z flip4 memiliki spek kamera yang lebih baik. Hal ini mungkin akan terlihat ketika kita mengambil gambar dalam format super wide angle di suasana pencahayaan yang optimal. Tapi Find N2 Flip juga memiliki fitur lain yang tidak kalah penting, yakni perbesaran atau 2X Zoom, fitur yang tidak dimiliki oleh Z Flip4.

Foto Malam

Kita akan mulai membahas kemampuan kamera kedua ponsel dalam menghadapi kondisi malam. Di sini secara teori, OPPO bisa lebih unggul karena hadirnya NPU Marisilicon X yang mampu mengurangi noise ketika memotret obyek dalam ruang yang kurang cahaya. Bahkan kegelapan pun akan ditampilkan dengan hitam pekat.

Baca Juga:  POCO Gelar Fearless Roadshow, Apa Saja Kegiatannya?

Lalu, bagaimana hasilnya. Cek hasil foto berikut. Sekedar informasi, kami melakukan pemotretan sebagai simulasi yang mungkin dilakukan oleh sebagian besar pengguna yang lebih awam terhadap setingan kamera atau boleh dibilang “asal jepret”.

Foto di atas merupakan foto yang sudah diresize sesuai dengan kebutuhan, tanpa mengalami editing di kualitas warna dan sebagainya. Menurut pengamatan kami, lensa kamera Find N2 Flip sedikit lebih wide sehingga mampu menangkap gambar sedikit lebih lebar. Dengan tingkat kecerahan yang lebih tinggi, tanpa ada pengurangan kualitas gambar di sudut-sudut foto. Sementara Z Flip4 terlihat lebih kontras dengan nilai shadow yang lebih rendah sehingga kita akan mendapati beberapa bagian yang gelap dan mengalami penurunan kualitas terutama di bagian sudut dan tepian foto. Hal yang serupa bisa dilihat pada foto berikutnya.

Boleh dibilang kamera OPPO Find N2 Flip mampu menampilkan foto pemandangan yang sesuai dengan apa yang kita lihat saat itu. Tapi, Z Flip4 terlihat fokus pada mereproduksi warna. Dengan melakukan peningkatan pada saturasi (warna) sehingga warna terlihat lebih mencolok, seperti terlihat di beberapa foto di atas, juga di bawah berikut ini.

Khusus untuk foto terakhir, foto ini diambil dalam pencahayaan yang tidak optimal, alias redup. Foto ini memperlihatkan bagaimana OPPO mampu menghilangkan noise dengan lebih baik, meskipun harus dibayar dengan nilai kontras yang tidak terlalu mencolok. Berbeda dengan Z flip4 yang kembali terlihat menaikkan saturasi dan sedikit kontras, namun menyisakan beberapa noise di beberapa bagian. *terutama saat melihat langsung file foto asli.

Baca Juga:  Pelanggan IM3 Bebas Pilih Nomor Cantik dengan Mudah, Caranya?

Kesimpulan

Secara spesifikasi kedua ponsel membawa kamera yang setara, di atas kertas akan saling mengungguli di beberapa bagian. Saat digunakan di pencahayaan minim bisa disimpulkan bahwa keduanya melakukan tugasnya dengan baik, namun dengan pendekatan berbeda. Kemampuan OPPO yang dikenal mampu menangkap malam dengan baik karena NPU terpisah, terbukti di sini. Kita bisa menghasilkan foto malam yang menampilkan foto sesuai dengan warna asli dengan N2 Flip.

Sementara Z Flip4 sesuai dugaan kami senantiasa meningkatkan saturasi. Warna terlihat mencolok, bahkan proses ini dilakukan juga pada lampu warna-warni yang berada jauh di belakang obyek, semisal di pohon kelapa di belakang cafe (foto ke-7), jadi tertampil mencolok, tidak sesuai dengan apa yang kita lihat saat itu. Tergantung preferensi, namun upaya ini cenderung menghasilkan gambar yang over saturated.

Find N2 Flip merupakan ponsel lipat anyar besutan OPPO yang sudah bisa Anda dapatkan hari ini, untuk informasi lebih lengkap silakan cek link berikut OPPO Find N2 Flip.

Previous articleMaksimalkan Long Weekend dengan Fitur Unggulan POCO M5
Next articleNokia C12 Resmi Hadir di Indonesia, Harga Rp 1 Jutaan
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here