Home TIPS & TRICK Tips Meningkatkan Kecepatan Wifi Rumah secara Mandiri

Tips Meningkatkan Kecepatan Wifi Rumah secara Mandiri

tabloidpulsa.id – Internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita, dan kecepatan WiFi yang cepat dan stabil sangatlah penting untuk menjalankan berbagai aktivitas online di rumah.

Namun, seringkali kita menghadapi masalah dengan kecepatan WiFi di rumah, seperti koneksi yang lambat atau sinyal yang lemah.

Hal ini dapat mengganggu pengalaman kita dalam menjelajahi web, streaming video, bermain game online, atau bahkan bekerja dari rumah. Jika Anda merasa bahwa koneksi WiFi di rumah Anda perlu ditingkatkan, jangan khawatir!

Sebagai salah satu perusahaan infrastruktur digital terintegrasi unggulan di Indonesia, Biznet menguasai trik dalam meningkatkan speed WiFi di rumah. Penasaran? Berikut 5 cara efektif untuk meningkatkan kecepatan WiFi di rumah Anda.

1. Posisikan Router dengan Tepat

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan speed WiFi adalah memastikan bahwa router ditempatkan dengan tepat. Letakkan router di area yang terbuka dan bebas dari hambatan fisik, seperti tembok tebal atau peralatan elektronik besar.

Hindari menyimpan router di dalam lemari atau sudut ruangan yang tertutup, karena hal ini dapat membatasi jangkauan sinyal. Posisikan router secara strategis di tengah-tengah rumah Anda untuk memastikan cakupan sinyal yang lebih baik ke seluruh area rumah.

Baca Juga:  Raih 4 ISO Sekaligus, Biznet Gio Siap Bersaing dengan Merek Global

Selain itu, pastikan router ditempatkan pada ketinggian yang tepat. Letakkan router di atas permukaan yang tinggi, seperti meja atau rak, agar sinyal dapat menyebar lebih jauh dan mencapai lantai atas dengan lebih baik.

Jika rumah Anda memiliki lebih dari satu lantai, pertimbangkan untuk menggunakan repeater WiFi atau powerline adapter untuk memperluas jangkauan sinyal.

2. Perbarui Firmware Router Anda

Firmware adalah perangkat lunak yang berjalan di router Anda dan mengontrol fungsi dan kinerja perangkat tersebut.

Memastikan bahwa firmware router Anda selalu diperbarui adalah langkah penting untuk meningkatkan keamanan dan kinerja WiFi.

Saat produsen merilis pembaruan firmware baru, biasanya mereka juga melakukan perbaikan dan peningkatan kecepatan.

Untuk memeriksa pembaruan firmware, Anda perlu masuk ke pengaturan router melalui web browser. Cari tahu model dan merek router Anda, lalu kunjungi situs web produsen untuk mencari pembaruan terbaru. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh produsen untuk memperbarui firmware dengan benar.

3. Lindungi Jaringan WiFi Anda dengan Sandi yang Kuat

Keamanan jaringan WiFi adalah hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Jika jaringan Anda tidak dilindungi dengan sandi yang kuat, orang asing atau tetangga yang tidak bertanggung jawab dapat mengakses jaringan Anda dan mengurangi kecepatan internet Anda.

Baca Juga:  4 Tips Penting dalam Memilih Smartphone yang Baik

Pastikan Anda menggunakan kata sandi yang kompleks, terdiri dari kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol.

Selain itu, gunakan metode enkripsi yang kuat, seperti WPA2 atau WPA3, untuk mengamankan jaringan WiFi Anda. Hindari menggunakan opsi enkripsi WEP karena dianggap lebih mudah untuk ditembus oleh peretas.

4. Atur Jadwal Restart Rutin untuk Router

Router yang bekerja terus-menerus dalam waktu yang lama dapat mengalami kinerja yang menurun. Salah satu cara sederhana untuk meningkatkan speed WiFi adalah dengan mengatur jadwal restart rutin untuk router Anda.

Dengan merestart router secara teratur, Anda membantu membersihkan cache dan menghapus sisa-sisa yang dapat mempengaruhi kinerja perangkat.

Beberapa router memiliki fitur untuk mengatur jadwal restart otomatis, sehingga Anda dapat mengatur waktu kapan router akan merestart sendiri.

Pilihlah waktu yang tepat, misalnya saat Anda tidur atau tidak menggunakan internet, agar jadwal restart tidak mengganggu aktivitas online Anda.

Baca Juga:  Begini Cara Bikin Konten FYP di Tiktok Versi Hendy Kurnia dan OPPO

5. Batasi Jumlah Perangkat yang Terhubung

Semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi Anda, semakin terbagi pula bandwidth yang tersedia. Ini dapat menyebabkan koneksi internet menjadi lambat dan tidak stabil.

Agar speed WiFi meningkat, pertimbangkan untuk membatasi jumlah perangkat yang terhubung secara bersamaan, terutama jika Anda merasakan bahwa koneksi menjadi lemah ketika banyak perangkat digunakan.

Anda juga dapat prioritaskan penyedia internet yang memiliki layanan jaringan khusus untuk rumah dan bisnis. Dalam hal ini, layanan Biznet Home dapat menjadi pilihan utama.

Jaringan Biznet Fiber yang dimiliki masih akan terus diperluas untuk menjangkau setiap rumah di seluruh area dan kota di Indonesia.

Di tahun 2023 sendiri, jaringan distribusi Biznet Fiber telah mencapai lebih dari 100,000 KM rute Fiber Optic, 2,300,000 Homepass dan 8,400 gedung/perumahan.

Tersedianya Biznet Fiber di suatu area dan kota juga mencakup beberapa pilihan paket layanan Internet yang hadir sesuai dengan kebutuhan aktivitas digital masyarakat Indonesia mulai dari untuk aktivitas bisnis dan aktivitas digital di perumahan serta apartemen.

Demikian 5 cara efektif dari Biznet untuk meningkatkan kecepatan WiFi secara mandiri di rumah Anda.

Previous articlePerlunya Etika di Ranah Artificial Intelligence (AI Ethics)
Next articleResmi! Indosat, Asianet dan MNC Play Lakukan Akuisisi Strategis
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here