Home TIPS & TRICK Tips Gaya Belajar Efektif dengan Metode Zenius

Tips Gaya Belajar Efektif dengan Metode Zenius

Gaya Belajar Zenius

tabloidpulsa.id – Ternyata, tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan korelasi antara konsep gaya belajar dengan efektivitas belajar Anda. Mitos tentang gaya belajar sudah bukan hal yang asing untuk kalangan siswa maupun guru.

Sayangnya, masih banyak orang yang percaya dengan mitos tentang gaya belajar ini. Lalu, bagaimana cara belaKjar yang efektif? Zenius akan memberikan tips dan metode-metode belajar yang bisa diterapkan. Namun sebelumnya, mari kita jabarkan mitos gaya belajar-belajar ini.

Saat ini, banyak yang membagi gaya belajar menjadi empat, yaitu: visual, auditori, reading/writing, dan kinestetik, atau yang lebih dikenal dengan VARK. Buat Anda yang memiliki tipe visual akan lebih mudah belajar dengan melihat atau menonton materi. Lalu reading/writing akan lebih mudah belajar dengan membaca/menulis, dan auditori akan lebih mudah belajar lewat mendengar. Sementara siswa dengan tipe kinestetik perlu melakukan gerakan atau sentuhan agar bisa mengingat materi.

Pembagian gaya belajar ini sangat populer, tapi masih sering dipertanyakan oleh berbagai ilmuwan. Hingga saat ini, belum ada bukti ilmiah yang membenarkan konsep pembagian gaya belajar tersebut. Pada 2019, American Psychology Association menyatakan bahwa banyak orang percaya bahwa gaya belajar telah ditentukan sejak kelahiran dan mampu memprediksi kesuksesan akademis dan karir meskipun tidak ada bukti ilmiah yang mendukung mitos ini.

Baca Juga:  Zenius Gelar Kompetisi Terbuka Berhadiah Total 1 Miliar

Tidak ada bukti yang menyatakan jika siswa yang mengikuti preferensi ini akan membuahkan hasil yang lebih optimal. Penerapan gaya belajar yang sama untuk semua bidang pelajaran itu dianggap kurang tepat.

Justru, ketika Anda sudah mulai mempercayai konsep gaya belajar yang Anda miliki, ini akan membahayakan proses belajar secara keseluruhan. Misalnya, Anda percaya jika Anda memiliki gaya belajar visual, Anda akan memiliki sugesti jika Anda hanya akan mengerti pelajaran dengan baik jika guru menerangkan dengan gambar-gambar atau slideshow. Sementara jika guru menerangkan dengan berbicara, Anda akan kurang bisa menangkap karena Anda merasa Anda adalah tipe visual, bukan tipe auditori.

Sugesti seperti ini akan mencegah Anda untuk belajar secara optimal melalui media lain. Selain itu, konsep gaya belajar ini juga tidak bisa dicocokkan dengan semua bidang pelajaran. Misalnya, ketika Anda sedang belajar geografi, lalu ada pembahasan mengenai topografi, mau tidak mau Anda harus belajar secara visual, bukan auditori, atau kinestetik. Sugesti tersebut akan mencegah Anda untuk bisa belajar secara optimal melalui media lain.

Baca Juga:  Coba-Coba Belanja Aksesoris di OPPO Store

Lalu, bagaimana gaya belajar yang efektif? Berikut beberapa tips dan metode dari Zenius yang dapat membantumu dalam belajar:

1. Cari sumber belajar yang berkualitas

Jika Anda tidak memiliki sumber belajar yang berkualitas, atau bahkan menyesatkan, usaha belajar Anda tidak akan maksimal atau malah makin jauh dari tujuan. Lalu, pastikan sumber belajar Anda menekankan pemahaman konsep materi dan mengajak berpikir kritis, bukan sekadar hafalan.

2. Ciptakan lingkungan belajar yang suportif

Anda harus mencari lingkungan yang aktif saling membantu dan membuatmu termotivasi. Hindari lingkungan yang memicu perasaan negatif dan tidak kondusif. Selain itu, Anda juga harus mencari lingkungan yang nyaman di mana Anda tidak akan merasa takut untuk gagal. Dekatkan diri dengan orang-orang yang bisa membantumu untuk melewati kegagalan tersebut.

3. Susun agenda belajar dengan baik

Sesuaikan agenda dan rencana belajarmu dengan kondisi progressmu, jangan memaksa diri untuk cepat-cepat mengerti materi rumit jika belum memahami materi dasar. Lalu, Anda juga harus membuat target belajar yang terus meningkat, Misalnya minggu ini Anda menargetkan untuk belajar 20 soal per hari, minggu depan harus naik 30 soal per hari.

Baca Juga:  ZeniusLand Hadirkan Petualangan Belajar Spesial bertema Disney

4. Praktekkan cara belajar yang efektif

Ada banyak teknik belajar yang bisa digunakan agar materi pelajaran bisa diterima dengan baik, di antaranya adalah:

• Merangkum
• Menandai beberapa bagian penting di buku
• Membaca ulang materi
• Mempelajari berbagai konsep materi atau topik sekaligus
• Melakukan uji coba langsung/tryout
• Latihan soal secara berkala

Kebanyakan dari Anda belajar dengan cara yang kurang efektif karena masih menggunakan teknik merangkum, menandai beberapa bagian penting di buku, mempelajari berbagai konsep materi atau topik sekaligus, atau bahkan membaca ulang materi. Sementara, cara belajar yang paling efektif itu adalah melakukan uji coba langsung dan latihan soal secara berkala.

Founder dan CEO Zenius Sabda PS mengatakan, “Hal terpenting dalam belajar adalah bukan bagaimana informasi itu disajikan, tapi bagaimana kita menggabungkan semua gaya belajar kita, sesuai dengan materi yang sedang kita hadapi. Siswa akan bisa belajar dengan lebih baik apabila mereka mendapatkan sumber pelajaran yang bisa memercikkan kecintaan mereka akan belajar. Nah sumber pelajaran ini bisa datang dari berbagai sumber, seperti guru, buku, atau bahkan video.”

Previous articleOPPO Reno10 Akan Segera Masuk Indonesia?
Next articleASUS Siap Luncurkan ROG Phone 7 Series di Indonesia
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here