Home NEWS Sejarah OPPO Reno Memadukan Konsep Seni, Teknologi & Kreativitas

Sejarah OPPO Reno Memadukan Konsep Seni, Teknologi & Kreativitas

sejarqah oppo reno

tabloidpulsa.id – Seri Reno besutan OPPO sudah hadir lebih dari 2 tahun lamanya. Menggantikan dan menggabungkan dua seri lawas, yakni OPPO Seri F dan Seri R, meski baru 2 tahun produk OPPO Reno telah sukses menorehkan sejarah. Masuk akal sih, karena sejak 2019 produk OPPO Reno selalu menjadi lahan untuk berkreasi, terutama saat memindahkan fokus dari hanya kamera selfie ke kebutuhan yang lebih luas di sisi multimedia.

Produk-produk OPPO Reno kerap menjadi perpaduan konsep seni, dengan kemajuan teknologi yang tengah di gandrungi di masanya. Mendorong kreativitas hingga ke batas yang, bahkan belum berani dilakukan oleh ponsel-ponsel lain.

Tulisan ini akan memperlihatkan kepada Anda, sejumlah produk Reno yang pernah hadir dan membawa kreasi serta teknologi anyar untuk dunia perponselan.

OPPO Reno

OPPO Reno – April 2019
Tahun 2019, OPPO memperkenalkan produk menarik yang mampu melampaui cara pandang kita terhadap ponsel berlayar sentuh. Saat itu, produk ponsel tengah berlomba mendesain poni di bagian layar depan sehingga bisa meningkatkan area pandang pada layar ponsel. OPPO Reno lahir dengan 100% area pandang di layar. Menghilangkan desain poni, dan menyembunyikan kamera depan dalam sebuah mekanisme berbentuk sirip hiu.

OPPO Reno 5G – Mei 2019
Seiring dengan diperkenalkannya chipset yang mendukung jaringan 5G di awal 2019, OPPO tak mau ketinggalan dengan membangun produk 5G mereka yang berbasis pada produk OPPO Reno yang baru saja dirilis. Sebulan setelah OPPO Reno diperkenalkan, OPPO Reno 5G hadir untuk ikut meramaikan kebutuhan jaringan 5G di masanya. Ponsel ini tercatat mampu melakukan transfer data dengan kecepatan 1,86 Gbit/s melalui jaringan milik Swisscom.

OPPO Reno 10x Zoom – Juni 2019
Memadukan desain pop up sirip hiu untuk menyembunyikan kamera depan, menyediakan layar yang super luas tanpa halangan dan teknologi baru dalam menciptakan gambar besar melalui teknologi lensa periskop, OPPO Reno 10x Zoom dikenal sebagai ponsel Reno paling inovatif di masanya. Menyentuh level flagship, hingga kini produknya masih banyak dicari oleh warganet Tanah Air.

OPPO Reno FC Barcelona Edition – Juli 2019
Tepat 2 tahun lalu, OPPO global mulai menempuh jalan ninja yang baru, yakni ponsel edisi khusus yang tidak hanya sebatas berubah di kardus doang. Juli 2019 OPPO global melakukan kerja sama dengan FC Barcelona, dan produk OPPO Reno FC Barcelona Edition pun lahir. Memadukan pewarnaan yang apik, khas warna FC Barcelona dan sudah telihat pada saat itu bahwa OPPO akan serius kalau mereka merilis produk kolaborasi lagi berikutnya.

OPPO Reno 2 – Agustus 2019
Selang 4 bulan setelah sukses memperkenalkan OPPO Reno untuk pertama kalinya, OPPO kembali memamerkan produk Reno baru yang dikenal sebagai OPPO Reno2. Dengan konsep desain yang kurang lebih sama, produk ini merupakan produk pertama OPPO Reno yang menitikberatkan pada kemampuan videografi, yakni pada ultra steady video dan Ultra Dark mode.

OPPO Reno 3 Pro – Maret 2020
Saat wabah Corona mulai menganggu industri ponsel, saat untuk pertama kalinya Mobile World Congress Barcelona dibatalkan Maret 2020, ada satu produk Reno baru yang diperkenalkan OPPO, yakni OPPO Reno 3 Pro. Percaya atau tidak, saya termasuk salah satu yang beruntung mampu menjajal kemampuan ponsel ini saat perjalanan ke Barcelona menuju MWC, yang akhirnya dialihkan ke Italia dan Swiss karena acara MWC-nya batal dan penyebaran Corona yang cukup meningkat di dataran Eropa saat itu.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, OPPO Reno berubah desain. Tidak lagi membawa kamera depan dalam mekanisme pop-up, tetapi memiih untuk membawa kebutuhan kamera profesional untuk foto dan video dalam desain yang super tipis dan ringan. Ponsel ini mampu menghasilkan foto super besar dengan teknologi ultra clear 108MP.

OPPO Reno 4 pro – Juli 2020
Masih dalam kondisi yang kurang menguntungkan, karena wabah Covid-19 juga telah menjadi permasalahan di Indonesia, OPPO tetap pada timeline mereka memperkenalkan OPPO terbaru saat itu, OPPO Reno 4 Pro. Masih dengan desain tipis dan ringan, ponsel ini menjadi sejarah karena untuk pertama kalinya OPPO membawa teknologi layar 90Hz ke seri Reno, juga AI Color Portrait yang fenomenal.

OPPO Reno 5 5G – Januari 2021
Tahun 2021 dimulai dengan semangat dan ekspektasi yang tinggi untuk sebuah tahun yang lebih baik. Saat ini OPPO mulai memperkenalkan keluarga produk Reno5. Dan melakukan sejumlah lobi dengan pihak operator dan regulator untuk merilis produk 5G mereka OPPO Reno5 5G di Indonesia.

Selain teknologi jaringan 5G, di ponsel ini OPPO juga terlihat meningkatkan kemampuan AI kamera untuk kebutuhan yang lebih luas, yakni videografi. Semua fitur yang bisa ditemukan di Reno 4 kembali hadir tidak hanya untuk foto, tetapi juga video yang apik. Sejumlah fitur baru semisal AI Highlight mulai dihadirkan di sini.

OPPO Reno6 – Juli 2021
Nah ini dia. Produk Reno terbaru dan menurut kami adalah yang terbaik, karena telah memadukan teknologi-teknologi yang selama ini dibangun sejak Reno 4. Untuk kemudian menghasilkan pengalaman menggunakan kamera di ponsel tipis dan ringan yang lebih baik. Cek reviewnya di sini.

Dari tulisan sejarah OPPO Reno ini, terlihat sekali perubahan seri Reno sejak awal, mengalami perubahan desain dan pengembangan teknologi yang dilakukan oleh OPPO terhadap seri ini dari waktu ke waktu. Menarik, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here