Home REVIEW Review OPPO Reno6: Sajikan Pengalaman Baru Dalam Memotret

Review OPPO Reno6: Sajikan Pengalaman Baru Dalam Memotret

foto utama reno6

tabloidpulsa.id – Akhirnya OPPO Reno6 diluncurkan secara resmi di Indonesia. Setelah sebulan lebih menggunakan produk ini, semenjak namanya masih dirahasiakan, hingga kini kami bisa membahas produk ini secara lengkap sebagai informasi tambahan yang mungkin bisa mengkonfirmasi apa yang selama ini Anda pikirkan mengenai produk ini.

OPPO Reno6 merupakan produk pembaharu seri Reno sebelumnya, yakni OPPO Reno5. Meski di beberapa sisi mungkin Anda menemukan kesamaan, tapi sebagai pembaharu produk ini tentunya membawa sejumlah update yang layak Anda coba.

Ponsel ini mungkin akan terlihat lebih tepat ditujukan bagi penggemar OPPO yang sempat melewatkan Reno5 karena berbagai alasan. Tapi bukan berarti terlarang bagi pemilik Reno5 yang berniat upgrade. Review ini akan menjawab pertanyaan ini.

Harga: Rp 5.199.000,-

Pilihan Warna: Aurora, Stellar Black

Paket Pembelian: Ponsel OPPO Reno6, Silicon Case, Charger Adapter, kabel data USB Type C, PIN ejector, Buku manual, Kartu garansi

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)159.1 x 73.3 x 7.8 mm / 173 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G
Sistem Operasi (OS)ColorOS 11.1 berbasis Android 11
Supported storage eksternalYa MicroSD
Layar inci – Tipe Screen6.4 inci, 1080 x 2400 pixels (~411 ppi density), AMOLED 90 Hz, 180 Hz touch sampling rate, in display fingerprint sensor
Prosesor/ CPUQualcomm Snapdragon 720G (8 nm) (Octacore: 2×2.3 GHz Kryo 465 Gold, 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver), GPU Adreno 618
RAM & Internal Storage8 GB RAM LPDDR4X/ 128 GB ROM UFS 2.1
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Quad: 64 MP, f/1.7 (wide); 8 MP f/2.2, Ultra-wide; 2 MP Macro camera, f/2.4, 2 MP Mono Camera F/2.4
Video:  4K@30, 1080p@30/60 fps, 720p@30/60fps  

Depan Single: 44 MP, f/2.4 (wide), 1080p@60fps
Baterai jenis (jenis)4310 mAh, 50W SuperVOOC

FITUR CHECK LIST:

Removable batteryTidakGPSYa
MultitouchYaFingerprintYa
Dual SIMYaDual Kamera DepanTidak
3G HSDPAYaMemory externalYa
4G LTEYaGyroscopeYa
5GTidakQuad Kamera BelakangYa
NFCYa4K video recordingYa
InfraredTidakVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
KelebihanKekurangan
Layar AMOLED 90Hz
Baterai besar dengan flash charging 50W
NFC
Penuh dengan fitur kamera dan mudah diaplikasikan
Tipis dan ringan
OS ringan dan lancar
RAM Expansion  
Spek hardware tidak mengalami perubahan dibandingkan OPPO Reno sebelumnya  

Desain Material Back Cover Anti Bekas Sidik Jari

Teknologi Reno Glow yang digunakan sebagai pewarnaan utama ponsel-ponsel OPPO Reno kembali hadir di OPPO Reno6. Sebuah pendekatan menarik dimana back cover akan terlihat berkilau namun tidak membutuhkan lapisan ponsel yang berkaca.

Terutama di OPPO Reno6 ini, kita bisa dengan mudah mengapresiasi tampilan back cover ponsel yang mampu memberikan friksi namun tetap terlihat mengkilap dan dipercaya tahan goresan. Kurang apa lagi kan? Pemilik tangan berkeringat akan segera merasakan kenyamanan ponsel ini tanpa menggunakan casing sekalipun.

Ada dua pilihan warna yang disediakan OPPO Indonesia, yakni Aurora yang Anda lihat di review kali ini dan juga Stellar black yang tidak kalah menarik. Warna Aurora ini akan memberikan efek warna oranye ketika dijatuhi cahaya dan akan bergerak sesuai dengan arah cahaya tersebut.

Baca Juga:  Review OPPO Enco Buds2 | Terjangkau Tapi Tetap Berkualitas

Sementara stellar black tidak benar-benar hitam, karena ketika tertimpa cahaya akan memberikan warna biru tua yang mentereng. Apapun pilihannya, Anda akan disuguhi permainan warna yang apik.

Tidak banyak yang bisa di bahas pada bagian back cover ini. Selain tentu saja warna dan material tadi, dan juga bagian kamera di sudut kiri atas. Kelihatannya Cuma membawa 3 lingkaran kamera, tapi ternyata ada 4 kamera di sana plus lampu flash LED ketika benar-benar dibutuhkan.

Beralih ke bagian depan, kembali Reno6 menyajikan layar dengan desain single punch hole. Menyisakan satu lubang kecil untuk kamera di sudut kiri atas layar, sehingga tidak terlalu mengganggu kegiatan kita saat berponsel. Layar ini menguasi 91.7% bagian permukaan ponsel. Jadi kebayangkan gimana luasnya?

Untuk tombol dan portasi, seri Reno ini terkenal paling lengkap. Selain tombol volume dan power yang diletakkan di sisi yang saling berseberangan, juga menyediakan port audio 3.5mm dan port USB Type C. Memberikan kemungkinan yang lebih luas untk terhubung dengan perangkat lain dan menikmati flie audio kesukaan menggunakan earphone favorit koleksi Anda.

Layar AMOLED dengan Refresh Rate Tinggi

OPPO Reno6 membawa layar dalam bentangan 6.4 inci, menutupi 91,7% bagian permukaan ponsel. Anda bisa membayangkan bahwa ponsel ini memiliki bezel yang sangat tipis, dengan bagian kamera yang tidak mengganggu area pandang dalam desain single punch hole.

Sudah tahu kan, kelebihan layar AMOLED? Warna yang dihasilkan akan tampak mencolok dan natural. Karena tingkat hitam yang benar-benar hitam. Jika di panel IPS warna hitam dihasilkan dari campuran warna, maka di AMOLED warna hitam dihasilkan oleh sekelompok lampu LED yang sengaja tidak diaktifkan. Kebayang kan senatural apa?

Memanfaatkan panel jenis ini, Reno6 pun kembali menyediakan fitur in display fingerprint sensor. Menemani fitur penguncian menggunakan password dan Face Detection, cara membuka kunci layar menggunakan sensor di atas layar ini juga bisa dilakukan dengan baik tanpa ada masalah yang bisa dilaporkan. Terutama jjika kita menggabungkan 3 cara unlock layar ini sehingga akan memberikan pengalaman membuka kunci layar yang lebih nyaman.

Layar ponsel ini juga telah mendukung refresh rate 90Hz. Merupakan standar resfresh rate layar ponsel kelas menengah ke atas, akan mempresentasikan gerakan animasi pada layar menu dengan lebih halus. Juga berguna ketika kita bermain game yang membutuhkan refresh rate layar yang tinggi.

Soal responsifitas pun tak jadi soal, karena layar AMOLED OPPO Reno6 juga memiliki response Touch Sampling hingga 180Hz. Sehingga jemari kita akan bisa lebih mudah terigistrasi oleh sistem, ketika bermain game, fitur ini dapat mengurangi kemungkinan kalah karena tombol yang tidak merespon dengan baik.

Layar ponsel ini memiliki resolusi 2400 x 1080 pixel dalam ratio 20:9. Nyaman untuk menonton film-film layar lebar melalui layanan streaming langganan Anda. Bahkan untuk Netflix dan Amazon Prime Video layar ponsel ini sudah mendapatkan sertifikasi HD streaming.

ColorOS Terupdate Kaya Fitur

Baru-baru ini ColorOS milik OPPO dianugerahi sebagai Custom UI dengan performa terbaik versi Benchmark Master Lu. Unggul dari sejumlah UI custom milik merek-merek ponsel lain. Dan seperti yang selalu kami bahas di setiap review OPPO, UI milik mereka ini memang mengalami perkembangan yang signifikan di tiap versi nya.

Baca Juga:  Review realme narzo 50, Smartphone Gaming Pemula Berlayar 120Hz

Nah OPPO Reno6 ini membawa ColorOS versi terupdate untuk saat ini, yakni ColorOS 11.1. Berbasis Android 11. Semua fitur yang dibawa oleh ColorOS 11.1 sudah ada di ponsel ini termasuk fitur RAM expansion yang baru diperkenalkan pada awal tahun 2021 ini. Fitur ini akan meningkatkan kinerja ponsel dengan cara meminjam memori dari ROM untuk dijadikan sebagai RAM sementara.

Selain itu, sejumlah fitur terkait kenyamanan menatap layar dalam waktu berlama-lama pun tetap hadir di OPPO Reno6. Mengurangi efek samping negatif terhadap mata pengguna yang kebanyakan diakibatkan oleh pengguna di kondisi cahaya yang berubah-ubah.

Yang menarik, ponsel ini juga menyematkan teknologi pintar yang terkait UI, AI dan kamera depan. Yakni Air Gesture dimana kita bisa mengangkat telepon tanpa menyentuh layar, Adaptive sleep yakni pendeteksi mata pengguna, sehingga akan tetap menyalakan layar ketika kita sedang membaca atau menonton misalnya, dan terakhir Anti-Peeping, yang akan mendeteksi apabila ada orang lain yang mengintip layar ponsel Anda.

Fitur lawas yang selalu hadir di ponsel OPPO seri Reno, maupun ponsel-ponsel OPPO dengan ColorOS tetap mewarnai ponsel ini. Semisal Game Space, SoLoop, O Relax dan Music Party. Masing-masing akan menemani Anda untuk bermaingame, menciptakan video untuk sosial media Anda, membantu Anda untuk relaksasi sesuai dengan preferensi dan berbagi musik dengan perangkat OPPO lain.

Chipset yang Teruji di Kelas Menengah

Salah satu faktor yang akan menghubungkan kita dengan ponsel seri Reno terdahulu ada di sisi penggunaan SoC alias Chipset. Reno6 kembali menggunakan chipset besutan Qualcomm Snapdragon 720G. Chipset yang sama dengan yang digunakan di OPPO Reno5 4G.

Tapi pihak OPPO punya jawaban sendiri mengapa mereka masih mengguna chipset ini. Selain tentu saja bahwa chipset ini sudah teruji tangguh baik di produk OPPO Reno sebelumnya maupun di produk-produk ponsel lain yang sudah diluncurkan di Indonesia.

Diakui oleh OPPO bahwa pihak R&D mereka terus melakukan pengembangan untuk meningkatkan kemampuan SoC yang digunakan. Mengintegrasikan semua fitur yang ada di chipset untuk bisa dioptimalkan dengan fitur bawaan OPPO dan ColorOS 11. Sehingga meskipun mungkin jenis chipsetnya sama, performanya akan terasa berbeda.

Terutama untuk fitur-fitur yang terkait langsung dengan penggunaan ponsel sehari-hari. Hal ini lah yang membuat Reno6 terasa lebih lancar dalam membuka aplikasi-aplikasi berat, dan hadirnya fitur Hyperboost anyar adalah salah satu bukti paling nyata.

Secara sepesifikasi teknis tentu tidak ada yang berbeda. Bahwa ini adalah SoC yang membawa CPU 8 inti. Terdiri dari 2 inti Kryo 465 Gold berkecepatan 2.3GHzz dan 6 inti Kryo 465 silver dalam kecepatan 1.8GHz. Karena melalui proses fabrikasi 8nm, maka lebih banyak part di SoC ini, termasuk untuk keperluan imaging yang lebih baik dan kebutuhan keamanan.

Perlu diingaty bahwa SoC ini juga membawa GPU kelas menengah ke atas, Adreno 618. Mendukung API game-game terbaru dengan performa yang lebih baik 75% dari seri Adreno terdahulu, juga dukungan tayangan HDR.

Tidak ada yang salah dengan SoC ini. Bahkan dengan optimalisasi yang dilakukan OPPO dan ColorOS 11, penggunaan daya di Reno6 pun terasa efisien.

Baca Juga:  OPPO A53 Varian Baru Hadir di Indonesia

Ditambah dengan besaran RAM 8GB serta penyimpanan internal 128GB berjenis UFS 2.1, juga sistem pendingin Multi-cooling system yang memadukan desain dan pemilihan material oeredam panas, maka di sisi performa ponsel ini bisa dibilang mumpuni untuk ponsel kelas menengah ke atas.

Baterai Besar dengan VOOC Flash Charge

OPPO Reno6 dibuat sangat tipis dan ringan untuk ukuran ponsel dengan kemampuan kamera dan performa yang tinggi di kelasnya. Tapi siapa sangka, dengan ukuran tipis tersebut ponsel ini juga membawa baterai dengan kapasitas cukup besar.

Merupakan standar keamanan VOOC, ponsel ini membawa baterai berkapasitas 4310 mAh. Dengan kemampuan pengisian super cepat 50W, memungkinkan ponsle ini untuk terisi penuh dari nol dalam waktu hanya 45 menit.

Seperti halnya ponsel-ponsel dengan VOOC Flash Charge lain, ponsel ini sudah aman dari kemungkinan short, atau over heating, selama kabel dan charger adapter yang digunakan merupakan kabel dan adapter bawaan atau yang sesuai dengan spesifikasi ponsel.

Pengisian cepat ini juga merupakan salah satu daya tarik, jika Anda membutuhkan perangkat ini sebagai ponsel untuk ngegame selama beraktivitas di rumah. Cukup istirahat 5 menit sambil melakukan pengisian daya, semisal mengambil cemilan dan minuman ringan dari dapur lalu kembali ke kamar, ponsel Anda sudah bisa digunakan lagi untuk 3 jam berikutnya.

Kamera Penuh Fitur AI

Sebagai pengguna OPPO flagship, saya sendiri sedikit cemburu dengan fitur-fitur kamera yang sudah ada dibenamkan di ponsel Reno6 ini. Lebih banyak fitur untuk melakukan pemotretan dan shooting video, untuk menghasilkan konten menarik di jejaring sosial kita.

Memang sudah merupakan gen turunan seri Reno, kamera menjadi kanvas putih untuk OPPO berkreasi menciptakan fitur-fitur unik di bidang imaging. Memanfaatkan chip ISP pada SoC yang dibawa, mengoptimalkannya dengan chip AI, lalu menciptakan interface yang apik lewat ColorOS dan lahirlah fitur anyar berupa efek video sinematik Bokeh Flare.

Tapi sejujurnya, bukan hanya fitur bokeh flare portrasit saja yang menjadi favorit di ponsel ini. Tapi sebelumnyam seperti biasa kita akan lihat konfigurasi kamera yang dibawa oleh ponsel ini baik di belakang sebagai kamera utama, maupun di depan sebagai kamera selfie.

Kita mulai dari belakang. Di sini OPPO membawa 4 lensa kamera yang dilindungi oleh area persegi panjang. Saat ponsel dalam keadaan berdiri dan menghadap ke belakang, kita bisa melihat ada kamera 8MP Superwide camera di posisi paling atas. Membawa Aperture f/2.2 dengan kemampuan menangkap gambar dalam sudut 119 derajat.

Lalu di samping kanannya, merapat dfengan lampu flash LED, adalah kamera 2MP Mono F/2.4. Biasanya sih digunakan untuk mendeteksi jarak antara foreground dengan background.

Turun ke bawah, alias lensa besar kedua dari atas, ada lensa utama 64MP, merupakan kensa 6P omnivision dengan aperture f/1.7. Melihat bukaannya, kamera ini bisa diandalkan untuk menghasilkan gambar yang apik di kondisi pencahayaan yang minim.

Lalu kamera paling bawah, merupakan kamera makro 2MP dengan aperture f/2.4 memungkinkan kita untuk memotret benda dalam jarak dekat hingga 4cm.

Sementara di bagian depan, ada kamera selfie 44MP dengan bukaan f/2.4. Baik kamera belakang maupun depan sudah bisa merekam video dengan ultra steady mode berbasis EIS.

Untuk resolusi, kamera depan hanya bisa merekam dalam ukuran 1080p dan 720p di 60fps. Sementara kamera belakang bisa merekam hingga resolusi 4K 30fps.

Selain efek bokeh flare pada video dan foto, kamera ponsel OPPO Reno6 juga tetap mempertahankan fitur AI Color Portrait yang akan memisahkan warna obyek dengan warna latar, lalu ada AI Highlight yang akan membantu Anda menghasilkan foto/video dalam beragam skenario pencahayaan tanpa mengurangi kualitas.

Fitur-fitur seperti Flash Snapshot juga akan mengurangi kegagalan memotret pada percobaan pertama. Memungkinkan kita mengambil gambar dengan cepat, atau memotret momen spontan yang berjalan cepat dengan lebih baik lagi.

Fitur-fitur pada kamera ini akan kami jelaskan pada tulisan yang lain. Dan siap-siap, kalau Anda sudah memiliki OPPO Reno6, kami bahkan akan memberi tips-tips mudah untuk menghasilkan foto istimewa hanya berbekal ponsel ini.

Kesimpulan

Upaya OPPO untuk meningkatkan kemampuan SoC yang dibawa, agar bisa lebih baik dari pengalaman yang dirasakan pada produk sebelumnya terbukti berhasil. Ponsel dengan kemampuan kamera yang terbilang lengkap ini memungkinkan penggunanya untuk menciptakan foto dan video menarik, bahkan dengan pewarnaan yang seragam melalui AI Palletes, layaknya isi instagram selebriti Tanah Air.

Tapi selain fitur kamera yang mempermudah hidup Anda, ponsel ini juga menawarkan performa yang teruji, juga semua fitur pintar yang dibutuhkan untuk kehidupan Anda sehari-hari. Semisal NFC dan pengisian daya super cepat.

Previous articleTelkomsel Mitra Inovasi Konsisten Perkuat Pemberdayaan Ekosistem Startup di Indonesia
Next articleXiaomi Luncurkan Redmi Note 10 5G dan RedmiBook 15
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here