Home REVIEW Review Redmibook 15, Laptop Pertama Langsung Menggoda

Review Redmibook 15, Laptop Pertama Langsung Menggoda

Redmibook 15

Mungkin banyak yang belum tahu jika Xiaomi bukan hanya memproduksi smartphone. Perusahaan yang dibangun oleh Lei Jun itu kini punya menghasilkan banyak jenis produk elektronik. Nah, yang paling anyar yang masuk ke Indonesia secara resmi adalah laptop atau notebook. Ya, Xiaomi mengenalkan Redmibook 15 yang pertama kalinya di Indonesia, sekaliggus menandakan peluncuran globalnya.

Semenjak diluncurkan pada Redmibook 15 sudah mulai digemari, ini bisa dilihat dari beberapa momen flash sale pada platform e-commerce mitra resmi Xiaomi yang beberapa kali kehabisan stock. Harga menjadi hal yang paling menarik dari Redmibook 15 ini karena dengan harga promo Rp6 juta, laptop ini menawarkan spek yang menggiurkan.

Nah, untuk lebih dekat dengan produk ini, kami akan mengulas apa saja sisi menarik dari pendatang baru di industri computer portable di Indonesia ini.

Disain  

Bodi Redmibook 15

Sesuai namanya Redmibook 15 mengadopsi layar sebesar 15,6 inci. Namun, Anda tak akan mengira bahwa perangkat ini tetap ringan dan layar yang besar ini tak membuat Redmibook 15 terlihat bongsor. Bahkan ukurannya bisa dibilang setara dengan laptop 14 inci keluaran beberapa tahun lalu. Mengapa? Karena layar Redmibook 15 ini memiliki bezel atau bingkai yang cukup tipis.

Selain itu, penggunaan battery jenis lithium polymer membuat Redmibook terlihat langsing. Tebalnya hanya 19.9 mm atau kurang lebih 2cm dengan bobot 1.8 kg saja. Seperti halnya laptop atau notebook keluaran terbaru, Redmibook 15 mengadopsi baterai tanam yang tidak mudah dilepas. Berkat ini pula, disian Redmibook 15 terlihat simple.

Soal penampilan, Redmibook 15 gak malu-maluin¸keren dengan warna polos selaras. Logo Redmi-nya tidak mencolok, ukuran font-nya tidak terlalu besar dengan warna chrome yang cantik berpadu dengan warna dasar doft. Perangkat yang kami uji memiliki warna Dark Grey atau Abu-abu tua dengan nuansa metalik menjadikannya terlihat mewah.

Baca Juga:  Review Amazfit GTR 3: Desain Stylish, Fitur Kesehatan Komplit
disain yang simpel dan elegan

Memiliki bidang yang cukup lebar dimanfaatkan untuk menyuguhkan papan ketik dengan tombol yang lengkap. Susunan tombolnya pun familiar dengan keyboard laptop kebanyakan. Namun, Redmibook 15 punya keunggulan dengan menampilkan papan sentuh yang lebih lebar dengan 126mm × 82,6mm, mudah digunakan dan akan meningkatkan produktivitas Anda.

Di sisi kanan kiri terdapat port-port konektivitas selain port charger. Ada port HDMI, 2 buah port USB 3.0 dan satu buat port USB 2.0, port audio, mic, microSD reader, port LAN dan port untuk kunci pengaman, pokoknya lengkap.

Dibagian atas layar terdapat kamera yang bisa Anda manfaatkan untuk panggilan video. Kameranya sangat jernih dan detail dengan resolusi HD 720p. Output suara juga cukup baik dengan speaker stereo 2W + 2W. Ideal untuk rapat online atau presentasi di dalam ruangan. Secara keseluruhan, disain Redminook 15 ini cukup keren.

Layar

Mengadopsi layar berukuran 15,6 inci, Redmibook 15 terasa lapang dan nyaman digunakan untuk berbagai pekerjaan. Mengedit gambar misalnya, atau membuat makalah dengan Word, tampilannya yang lega dan membuat Anda terlalu sering menggeser layar.  Apalagi untuk menonton film atau memainkan game, terasa lebih puas.

Resolusi layanrya Full HD (1920 x 1080 piksel), dan sudah mendukung DC Dimming. DC Dimming ini adalah fitur yang bisa mengatur secara otomatis tingkat kecerahan cahaya agar bebas flicker dengan mengontrol daya yang dipasok ke sirkuit panel.

Panel layar Redmibook 15 masih menggunakan jenis LCD, kecerahannya cukup baik. Meskipun untuk di luar ruang terasa kurang greget. Tapi itu tak masalah, karena penggunaan laptop sendiri lebih banyak di dalam ruang, berbeda dengan smartphone yang layarnya masih cukup sering dipandang di bawah paparan sinar matahari.       

Baca Juga:  Review OPPO A16k | Smartphone Pemula Berbodi Tipis

Kinerja

Meski hanya dibanderol Rp6 jutaan, spek yang ditawarkan Redmibook 15 tak bisa diibilang murahan. Berbekal CPU Intel Core i3 generasi terbaru (generasi ke-11) dengan clockspeed hingga 3.0 GHz, Redmibook 15 nyaman digunakan untuk berbagai keperluan. Cocok buat Anda yang mencari perangkat untuk mendukung kegiatan sekolah/kuliah juga untuk dipakai bekerja.

Apalagi dengan RAM 8GB, sangat mumpuni untuk mengolah aplikasi kantoran, browsing, menikmati huburan, juga editing gambar dengan Photoshop. Meski tidak diciptakan sebagai laptop gaming, Redmibook 15 yang dibekali GPU Intel Iris UHD masih nyaman untuk memainkan beberapa judul game.Kami mencoba memainkan game Pointblank, Counterstike dan Valorant, tidak ada kendala.

hasl benchmark

Memori penyimpanan Redmibook 15 ini menggunakan tipe SSD dengan kapasitas 256 GB. Loading OS terasa lancar dan relative cepat, hanya sekitar 8-9 detik saja. Harga jual Redmibook 15 ini sudah termasuk sistem operasi Microsoft Windows 10 Home. Jadi Anda tak perlu kuatir harus menambah budget untuk membeli lisensi OS.

Koneksi ke Internet dengan Wifi 5, terasa lebih ngebut asalkan wifi router Anda juga sudah menggunaan teknologi yang sama. Selain Wifi, Redmibook 15 memiliki koneksi Bluetooth yang bisa Anda gunakan untuk mentransfer data dan juga untuk menikmati suara dengan Bluetooth wireless headphone.

Kualitas speaker Redmibook 15 cukup memuaskan. Ini berkat speaker stereo yang sudah didukung dengan teknologi surround DTS. Mendengarkan musik atau menikmati film menjadi lebih menyenangkan.  Oh ya, buat yang sering melakukan presentasi, port HDMI bisa Anda gunakan untuk menghubungkan Redmibook 15 ke layar eksternal dan proyektor.

Baca Juga:  Berikut Daftar Ponsel Penerima Peningkatan MIUI 15

Daya tahan baterai

Sebagai sebuah perangkat mobile, daya tahan baterai menjadi sangat penting. Nah Redmibook 15 ini memiliki kapasitas baterai 46 Wh, yang diklaim mampu bertahan hingga 10 jam dalam sekali pengisian baterai.

Menurut pengalaman kami ketika menggunakan Redmibook 15 ini, baterainya mampu bertahan hingga 8 jam lebih dengan berbagai aplikasi yang digunakan seperti mengedit gambar, menulis,menonton film dan sesekali bermain game. Ini sudah lebih dari cukup buat Anda yang mengidamkan laptop dengan baterai yang tahan lama. Oh ya, waktu pengujian setingan layar diset pada kecerahan 95%.

Pengisian baterainya pun terbilang cepat. Perangkat pengisian dayanya mendukung hingga daya 65W. Pengisian daya hingga dari 15 persen ke 100 persen memakan waktu 2 jam 15 menit, ini berarti cukup cepat. Dalam waktu 2 jam pengisian saja, baterai Redmibook sudah diposisi 90 persen. Jadi buat yang terburu-buru untuk menggunakan Redmibook 15 ini, tak butuh waktu lama untuk mendapatkan beberapa jam waktu standby.

Kesimpulan

Sebagai pendatang baru di pasar computer jinjing, Redmibook 15 boleh diperhitungkan. Harga yang ditawarkan vs fitur yang disuguhkan, menjadi Redmibook 15 perangkat yang affordable untuk berbagai keperluan. RAM besar, layar lega, baterai tahan lama, CPU terbaru serta disain yang keren merupakan fitur menarik yang patut dipertimbangkan untuk meminang Redmibook 15. Selain itu kualitas perangkat ini yang sudah dijamin dengan masa garansi hingga 2 tahun, dan 1 tahun untuk baterai. (*)

Previous articleProyektor Nirkabel Mini Canon MP250 untuk Kerja dan Hiburan
Next articleLaba Bersih Erajaya Meningkat 5 Kali Lipat Sepanjang Semester 1 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here