Home NEWS Review realme C51, Standar Baru Ponsel Sejutaan

Review realme C51, Standar Baru Ponsel Sejutaan

realme C51

tabloidpulsa.id – Menciptakan ponsel dengan harga terjangkau itu seperti menyusun satu bangunan dengan jumlah kepingan LEGO yang terbatas. Harus ada penyesuaian, ketika tetap ingin menampilkan sejumlah hal positif di dalamnya. Hal ini dilakukan oleh realme C51 yang tetap menampilkan 4 hal menarik di perangkat terjangkau untuk pasar yang lebih luas.

Bersamaan dengan hadirnya realme 11 dan ulang tahun realme ke-5, juga diperkenalkan satu perangkat untuk kelas yang lebih rendah yaitu C51. Produk ini dijual dengan harga mulai dari Rp 1.699.000 untuk varian 64GB dan Rp 1.899.000 untuk varian 128GB.

Kalau Anda tertarik bisa langsung membelinya via toko online realme mulai pukul 12.00 WIB siang ini, setelah tulisan ini pertama kali tayang.

Harga: Rp 1.899.000 (4+4 GB / 128 GB), Rp 1.699.000 (4+4 GB / 64 GB)
Pilihan Warna: Mint Green, Carbon Black
Paket Penjualan: Ponsel realme C51, Silicon Case, Charger adapter SuperVOOC 33 W, kabel data USB Type-C, manual card, kartu garansi

SPESIFIKASI

Dimensi & Berat (mm&gram)167.2 x 76.7 x 8 mm / 186 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)realme UI T berbasis Android 13
Supported storage eksternalYa, MicroSD hingga 2 TB
Layar inci – Tipe Screen6.74 inci, ~85.5% screen-to-body ratio, 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio; IPS LCD
Prosesor/ CPUUnisoc Tiger T612 (12nm); CPU Octa-core (2×1.8 GHz Cortex A78 + 6×2.0 GHz Cortex A55), GPU: Mali-G57
RAM & Internal Storage4 GB RAM (+4GB) / 128 GB Storage
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Dual:
50 MP Main Camera F/1.7
0.3 MP B/W

Video: 1080p@30fps

Depan Single: 5MP F/2.22
Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh Lithium (non-removable), SuperVOOC 33W

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyTidak4K video recordingTidak
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

KELEBIHANKEKURANGAN
Harga terjangkauUI versi T, dibalik tampilannya yang bersih, tidak membawa sejumlah fitur yang biasa hadir di realme, semisal clone phone
Menawarkan besaran memori internal 128 GB, cukup besar di kelasnyaSilicon case berwarna gelap kurang cocok untuk produk warna mint green
Desain dengan bentukan tepian yang kotak klasik dan warna yang menarik
Hadirnya NFC di ponsel sejutaan 
SuperVOOC 33W dengan kapasitas baterai 5000 mAh 
Kamera mumpuni untuk mengabadikan momen spontan di pencahayaan yang cukup 
Slot memori eksternal mendukung hingga 2TB 

Desain

Baca Juga:  ASUS TUF Gaming A15, Laptop Gaming Andalan Para Gamers

Satu hal positif yang tetap dipertahankan oleh realme C51 adalah desainnya yang serius. Ponsel ini membawa bentukan layaknya smartphone lain yang beredar di pasar. Layar lebar memenuhi bagian permukaan ponsel dan back cover yang didesain sedemikian rupa sehingga tetap tampil atraktif.

Kali ini realme C51 membawa dua pilihan warna, yakni mint green dan carbon black. Produk yang kami review adalah warna mint green, di mana back cover berwarna hijau muda dengan tekstur berpasir di bawah lapisan clear. Tak terlihat kalau kita tidak benar-benar fokus memperhatikannya.

Ukuran ponsel ini terasa pas untuk ukuran tangan pengguna yang termasuk sedang ke besar. Setiap sudut bisa terjangkau jemari meskipun harus sedikit berupaya lebih saat mencoba meraih titik layar teratas dengan satu tangan.

Ponsel ini kembali membawa desain tepian yg tegas alias kotak. Kita bisa meletakkan ponsel ini berdiri dengan bagian tepiannya di atas meja yang rata. Sekotak itu.

Baca Juga:  Ulang Tahun Ke-9, Telegram Hadirkan Update Terbaru

Dan seperti biasa, realme menyertakan casing silikon untuk melindungi bagian ponsel dari benturan minim dan goresan dengan permukaan benda lainnya.

Kali ini berwarna gelap transparan, tidak lagi terang. Sehingga positifnya jadi terlihat lebih keren, tapi khusus untuk warna mint green akan menutupi keindahan warna casing aslinya.

Masih di bagian back cover, kali ini lensa kamera kembali ditampilkan membulat dan terpisah satu sama lain. Seperti gelembung air yang dibiarkan mengambang di udara.

Smartphone realme C51 membawa sensor sidik jari yang bergabung dengan fungsi tombol power di sisi kanan ponsel. Satu sisi yang sama dengan tombol volume.

Sementara di bagian berlawanan kita hanya akan menemukan slot kartu SIM dan MicroSD Card. Dan port USB type-C ditemani oleh port audio 3.5 mm hadir di bagian bawah ponsel.

Display dan UI

Smartphone realme C51 membawa layar dengan bentangan cukup luas, yakni 6.74 inci dengan panel IPS dan framerate 90Hz.

Resolusi layarnya ada di angka 720 x 1600 pixel atau setara dengan HD+. Tidak ada yg salah dengan resolusi segini karena gambar baik video maupun foto masih tertampil solid. Terutama jika dibandingkan dengan ukuran diagonal layar yang dibawa.

Seperti smartphone entry level realme lain, UI yang dibawa ponsel ini juga merupakan UI versi hemat yang diberi nama realme UI T version berbasis Android 13.

Sejumlah fitur semisal gallery digantikan oleh Google Photo, juga beberapa fungsi lain yg bikin Anda betah di ponsel realme sebelumnya, mungkin akan hilang digantikan oleh fitur bawaan Google, mengingatkan kita pada UI Android One.

Baca Juga:  realme Bangun Pusat Riset dan Pengembangan Baru

Menariknya, realme C51 membawa fitur notifikasi berbentuk Mini Capsule. Memungkinkan layar ponsel untuk menampilkan notifikasi dalam desain poni ikonik di bagian atas layar, sekilas mengingatkan kita pada poni layar ponsel dari kubu OS berbeda.

Secara kosmetik memang terlihat menarik. Ditambah dengan fitur NFC, maka ponsel ini akan menjadi senjata untuk membuat hidup penggunanya lebih praktis. Baik itu untuk bertransaksi, maupun untuk menghubungkan dengan perangkat lain tanpa protocol yang ribet.

Memori dan Performa

Selain membawa desain tipis dengan tepian kotak yang epik, realme C51 juga termasuk merupakan ponsel sejutaan dengan kapasitas memori internal yang besar. Terutama untuk ponsel yang tengah kami review.

realme C51 menyediakan produk dengan memori internal 128 GB. Dengan RAM 4 GB yang bisa ditingkatkan menggunakan fitur dynamic RAM menjadi 8 GB.

Dengan besaran RAM yang sama, Anda bisa mendapatkan varian lain dengan memori internal 64 GB.

Keduanya telah didukung dengan memori tambahan hingga 2TB. Anda visa menyimpan banyak foto, video dan dokumen di ponsel ini.

Sementara untuk chipsetnya, meskipun terdengar seperti salah satu kepingan LEGO yang ‘dikorbankan’, realme telah cermat memilih chipset UniSoC Tiger T612. Dengan fabrikasi masih 12 nm, chipset ini membawa CPU 8 intu, terfiti fati 2 chip cortex A78 dan 6 chip cortex A55. Lumayan up to date.

Hanya saja clock speednya seragam di 1.8 GHz, yang membuatnya sangat bisa diandalkan untuk kegiatan sehari-hari, semisal multitasking dan perponselan biasa, namun harus berupaya lebih keras ketika masuk ke performa yang lebih demanding.

Sejauh yang kami rasakan, tidak ada masalah saat kita melakukan kegiatan memotret, merekam video, mengetik, menonton dan mengedit foto. Tapi untuk bermain game, kita harus menahan diri dan menyesuaikan dengan kemampuan GPU yang dibawa, yaitu Mali-G57.

Dari hasil Benchmark kita bisa melihat data berikut.

GeekBench 5: 344 (single core), 1420 (multi-core) RAM 4+4GB

AnTuTu: 242.437

Baterai dan Pengisian Daya Cepat

Smartphone realme C51 membawa baterai berkapasitas besar 5000 mAh. Kapasitas standar ponsel kekinian yang membutuhkan koneksi data seharian.

Menariknya, meskipun harganya sejutaan, ponsel ini telah membawa teknologi pengisian baterai SuperVOOC 33W. Mampu mengisi baterai 0 sampai 50% dalam waktu 28-30 menitan saja.

Kamera

realme C51 membawa dua kamera di bagian belakang. Terdiri dari kamera 50MP f/1.7 dan kamera B/W 0.3 MP.

dua kamera utama dan lampu flash

Dalam suasana pencahayaan yang melimpah, hasilnya cukup memuaskan. Kita bisa bermain dengan sudut obyek dan pencahayaan agar bisa mendapatkan foto yang proper untuk dibagikan di sosial media.

Kami pun mencoba menggunakannya untuk memotret kondisi pasar malam dan hasilnya masih oke.

Sementara di bagian depan, realme C51 membawa kamera 5 MP dengan f/2.22.

kamera Selfie

Berikut hasil foto ponsel ini yang telah kami ubah ukurannya, tanpa editing.

Kesimpulan

Selain desain yang tetap apik, realme C51 juga membawa fitur-fitur kekinian yang sudah muali dibutuhkan oleh pengguna ponsel masa kini. Performa yang cukup bisa diandalkan, NFC, baterai besar dengan pengisian daya yang cepat SuperVOOC 33W, sensor sidik jari, besaran memori internal 128 GB terbesar di kelasnya, dan kamera yang akan siap mendukung merekam momen special.

Itu semua bisa didapatkan dengan harga sejutaan saja. Anda bisa mendapatkan produk ini di seluruh kanal penjualan resmi realme secara online seperti Shopee dan realme.com, juga offline mulai 28 Agustus 2023.

Previous articleDJI Osmo Action 4 Resmi Hadir di Jaringan Ritel Erajaya
Next articleJ&T Express Sukses Kolaborasikan Seni, Musik, dan Kreativitas
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here