Home NEWS Review OPPO Reno10 Pro+ 5G, Kembali dengan Telefoto Terbaik

Review OPPO Reno10 Pro+ 5G, Kembali dengan Telefoto Terbaik

review oppo reno10 pro+ 5G telefoto

tabloidpulsa.id – Teknologi telefoto dengan teknik memanfaatkan desain lensa yang disusun layaknya periskop pertam akali muncul di OPPO seri Reno, yakni Reno 10x Zoom. Setelah sekian lama teknologi itu hadir di seri flagship, khususnya seri Find X, kini teknoligi tersebut kembali hadir ke seri Reno, melalui Reno10 Pro+ 5G. Berikut Review kami.

Pertemuan kami dengan perangkat ini terbilang bersejarah. Kami mencoba ponsel Reno10 Series 5G varian tertinggi ini dimulai sejak di Bali beberapa bulan lalu. Sejak saat itu kami banyak menggunakannya untuk keperluan fotografi sehari-hari, bahkan saat meliput berita.

Harganya relatif tinggi. Tapi masih lebih rendah dari ponsel flagship OPPO sebelumnya. Jadi bisa dibilang ini Reno rasa flagship dengan sejumlah fitur yang biasa hadir di ponsel kelas atas. Langsung saja.

OPPO Reno10 Pro + 5G Series

Harga: Rp 10.999.000
Pilihan Warna: Silver Gret, Glossy Purple
Paket Penjualan: Ponsel OPPO Reno10 Pro+ 5G, hard silicon case, Charger adapter SuperVOOC 100W, Kabel data USB C, pin ejector, dokumen

SPESIFIKASI

Dimensi & Berat (mm&gram)162.9 x 74 x 8.3 mm, 194 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 5G, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi
Sistem Operasi (OS)ColorOS 13.1 berbasis Android 13
Supported storage eksternalTidak
Layar inci – Tipe Screen6.74 inci, ~90.6% screen-to-body ratio, 1240 x 2772 pixels, 20:9 ratio (~451 ppi density), AMOLED 120 Hz, HDR 10+, 1400nits
Prosesor/ CPUQualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 (4nm); CPU Octa-core (1×3.0 GHz Cortex-X2 + 3×2.75 GHz Cortex-A710 + 4×2.0 GHz Cortex-A510), GPU: Adreno 730
RAM & Internal Storage12 GB RAM/ 256 GB ROM
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Dual:
50 MP Main Camera F/1.8
68 MP Telephoto periscope Camera F/2.5
8 MP UltraWide Camera F/2.2
Video: 4K@30/60fps, 1080p@30/60/120/240/480fps, gyro-EIS, OIS, HDR  

Depan Single: 
32MP F/2.4
Video: 1080p@30fps, gyro-EIS
Baterai jenis (jenis)4700 mAh Lithium (non-removable), SuperVOOC 100W

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalTidak
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerYa
5G ReadyYa4K video recordingYa
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortTidak

KELEBIHANKEKURANGAN
Kamera telefoto dengan lensa periskop bisa diandalkanHarga relatif tinggi untuk seri Reno Modern
Layar AMOLED 3D curved membuatnya tampil mewah dan enak dilihatMode HDR membuat hasil foto tampak optimal di layar device
Rekam video 4K 60fps
Marisilicon X menambah kemampuan prosesing kamera 
SuperVOOC 100W 
Chipset kelas atas dengan pendingin terbaik di kelas Reno 
 

Desain Anyar

Baca Juga:  Tips Memotret Produk dengan Ponsel ala Gentanala x OPPO A95

Pendekatan desain seri Reno10 mengalami perubahan secara signifikan. Tata letak kamera kini dibuat berada dalam bentukan mirip kapsul. Separuh di atas berisi lensa kamera dan flash light, dan separuh di bawah memuat lensa kamera telefoto yang berdesain periskop. Jenis lensa seperti ini kita bisa temukan di OPPO Reno 10X Zoom, Find X2 Pro, hingga Find X6 Pro.

Kalau diperhatikan, bagian kapsul kamera berbeda dengan bagian back cover di sekelilingnya. Hal ini dikarenakan bahan di sekitar kamera merupakan bahan alumunium yang tahan terhadap benturan dan korosi. Sehingga aman untuk kamera belakang ponsel.

Sementara di bagian lain back cover dilapisi kaca Gorilla Glass 5. Prosesnya masih menggunakan proses OPPO Glow. Jadi meskipun terasa licin, tapi bagian ini tidak mudah meninggalkan jejak sidik jari, tahan goresan dan juga memperlihatkan perpaduan glitter yang mengkilap.

OPPO menyertakan silicon cover tambahan yang memiliki warna sama dengan warna back cover ponsel. Hanya saja lebih doff, dan keras. Alias tidak lembek seperti silicon case biasanya. Memberikan proteksi lebih, juga membuat ponsel lebih nyaman digenggam, tanpa rasa bersalah.

Ponsel ini memilih menggunakan desain layar yang melengkung, alias layar 3D curved. Jadi tepian kanan dan kiri akan berasa separuh kaca, separuh bezel. Secara tampilan akan terlihat mewah dan menyenangkan. Terlebih kalau kita mengoptimalkan tepian layar ini untuk menyajikan cahaya bergerak untuk notifikasi.

Baca Juga:  Telkomsel Hadirkan Showcase Pemanfaatan 5G di Puncak KTT G20

Selebihnya, tidak ada port audio di ponsel ini. Hanya ada port USB C ditemani dengan slot kartu SIM dan speaker di bagian bawah ponsel.

Layar 3D CURVED denggan DragonTrail

Berbeda dengan kaca pelindung di Back Cover, bagian layar OPPO Reno10 Pro+ 5G dilindungi oleh kaca pelindung dari pabrikan lain, yakni Dragonrail Star 2. Kaca pelindung ini dikenal memiliki kekuatan 20% lebih baik dari Gorilla Glass 5, yang diaplikasi di back cover.

Masuk akal mengapa hal ini ditempuh mengingat ada bagian layar yang menjorok ke bagian tepi ponsel. Hal ini mewajibkan perlindungan ekstra untuk mengurangi efek buruk saat terjadi benturan di bagian tepi ponsel.

Karena desain layar curved ini, maka bezel pun jadi tidak terlalu banyak hadir, alias sangat tipis.  Layar dengan bentangan 6.74 inci ini merupakan layar AMOLED yang memancarkan resolusi 2772 x 1240 pixel dengan aspek 20.1:9 dan kontras mencapai 2 juta berbanding 1.

Sejumlah fitur layar premium hadir di sini. Termasuk di antaranya adalah HDR 10+, refresh rate 120 Hz dan gamur warna 100% DCI-P3.

ColorOS 13.1

OPPO Reno10 Pro+ 5G membawa UI terbaru, yakni ColorOS 13.1. Menarik karena banyak fitur baru juga yang diperkenalkan di ponsel Reno, khususnya. Semisal Infrared Remote Control. Juga multi screen Connect yang membuat ponsel langsung terhubung PC, Smart AoD juga Auto pixelate. Bagi mereka yang suka mengabadikan layar chating, sistem akan segera melakukan pikselisasi atau ngeblur bagian-bagian yang dianggap sensitif.

Semisal foto profil, nomor rekening dan sebagainya. Dan masih banyak fitur lain yang kami gunakan sehari-hari yang mempermudah kehidupan kami.

Chipset Flagship dengan Pendingin Terbaik OPPO

Kali ini OPPO Reno10 Pro+ 5G membawa chipset besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 8+ Gen 1. Memiliki fabrikasi 4nm sehingga memiliki efisiensi daya hingga 30%. Chipset ini membawa CPU 8 inti yang akan kita bahas di paragraf selanjutnya, juga modem 5G dengan antena independen anti jamming, ditenagai RAM 12 GB yang mampu meningkatkan kualitas multitasking hingga 44 aplikasi terbuka dalam waktu bersamaan.

Baca Juga:  OVO Hadirkan Program Cashback Menarik 9.9 Fantastic Sale

Soal CPU, ada konfigurasi ARM 3 cluster. 1 cluster tertinggi terdiri dari 1 inti prosesor Cortex-X2 dengan speed 3 GHz, lalu cluster berikutnya teridri dari 3 inti Cortex-A710 dengan speed 2.75 GHz dan cluster terakhir atau cluster efisiensi terdiri dari 4 inti Cortex-A510 dengan soeed 2 GHz. Di atas kertas sangat menjanjikan.

Tapi, dengan spek CPU speerti itu, maka panas yang dihasilkan pun akan cukup tinggi. Untuk itu, OPPO menyiapkan teknik pendinginan terbaik di seri Reno, berupa grafit ultra konduktif dan pendingin cari di bagian permukaan diperluas hingga 92% lebih bedar dari reno sebelumnya.

Hal ini akan memastikan ponsel tetap dingin di bawah beban pemrosesan yang beratm semisal game, perekanan video dan menjaga performa keseluruhan agar tetap stabil.

Baterai dan Pengisian Daya Super Cepat

Kembali teknologi SUPERVOOC menjadi highlight saat kita membicarakan soal baterai, daya tahan baterai dan pengisian ulang daya. Karena kali ini OPPO menyertakan teknologi SUPERVOOC yang mampu mengalirkan daya hingga 100W.

Membawa baterai dual cell 4700 mAh, maka dengan kekuatan 100W, baterai ponsel bisa terisi dari 1% hingga 50% dalam waktu hanya 9 menit 30 detik. Cepat namun OPPO telah memastikan bahwa ini aman. Karena OPPO menggunakan mode Ultra-low Temperature Charging Mode, alias mode mengisi daya dengan suhu ultra rendah sehhingga tidak terjadi over heat saat melkaukan pengisian daya. Kemudian SUPERVOOC memiliki chip Power Management yang memungkinkan pengenalan fungsi charging, discharging, decoding, reset, battery protection dan power outage hanya dengan satu chip saja.

Dengan tambahan battery Helath Engine, baterai ponsel dijamin bakal terus sehat selama 4 tahun pemakaian. Selama Anda melakukan charging hanya menggunakan adapter dan kabel bawaan atau yang direkomendasikan oleh OPPO.

Kamera Flagship dengan Chip Marisilicon X dan Lensa Periskop

Sejak pertama kami terima produk review ini, sudah ratusan foto kami ambil dan jarang sekali ada yang mengecewakan. Terutama saat kita gunakan fitur Portrait dalam perbesaran 3X alias teleportrait atau saat digunakan sebagai gear utama untuk meliput sebuah acara.

Akhirnya lensa periskop kembali lagi di OPPO Reno Series. Teknik menumpuk lensa dengan sudut 90º memungkinkan pengambilan gambar yang lebih stabil, menjangkau jarak yang lebih jauh, tanpa membuat ponsel menjadi tebal.

Kamera ponsel ini menggunakan sensor Sony IMX890. Dengan resolusi 50MP dan OIS untuk pemotretan low light yang lebih baik.

Lalu ada kamera telefoto. Dengan lensa 64MP mampu meraih perbesaran gambar secara optikal hingga 3x. dan terakhir ada kamera ultrawide 8MP sebagai pelengkap.

Hasilnya sudah kami posting beberapa bulan lalu (link) kami akan perlihatkan kembali di sini.

3x Zoom Portrait Telephoto Reno10 Pro + 5G
3x Zoom Portrait Telephoto Reno10 Pro + 5G
6x Zoom Telephoto Reno10 Pro + 5G
6x Zoom Telephoto Reno10 Pro + 5G

Kesimpulan

Harganya memang terbilang tinggi untuk ponsel Reno. Tapi melihat semua fitur yang dibawa, OPPO Reno10 Pro+ menjadi alternatif terbaik saat Anda tidak tertarik untuk mengeluarkan uang lebih membeli ponsel flagship semisal Find X Series.

Dengan layar premium sebagai jendela utama, desain back cover yang nyaman digenggaman, chipset kelas flagship dengan pendingin yang optimal serta kamera telefoto yang menjanjikan, tidak ada alasan mengapa kita tidak menggunakannya sebagai daily driver saat Anda mendapatkan akses ke ponsel ini.

Anda bisa membeli ponsel ini di link berikut (OPPO).

Previous articleXiaomi Catatkan Pertumbuhan Laba Bersih 147% di Q2 2023
Next articleDOKU dan EasyEat Hadirkan Pengalaman Dine-In Kekinian
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here