Home GADGET Review OPPO Enco Buds2 | Terjangkau Tapi Tetap Berkualitas

Review OPPO Enco Buds2 | Terjangkau Tapi Tetap Berkualitas

enco buds2

tabloidpulsa.id – Selain merilis beberapa ponsel dalam seri Reno8, OPPO juga memperkenalkan 2 TWS terbaru. Dua TWS ini menempati dua ceruk berbeda namun dengan semangat yang sama, yakni mempersembahkan kualitas audio terbaik di kelasnya. Salah satu TWS tersebut sudah masuk dalam meja redaksi kami dan inilah review OPPO Enco Buds2.

Sesuai namanya OPPO Enco Buds2 merupakan produk pembaharu Enco Buds terdahulu, namun dengan tetap membawa kualitas audio yang mumpuni. Menargetkan suara yang ngebass ketika mendengarkan musik atau konten video, namun juga nyaman saat digunakan untuk bercakap di telepon.

Harga: Rp 399.000
Pilihan Warna: Moonlight (putih)
Paket Penjualan: TWS Enco Buds2, charging case, 3 ukuran pilihan eartips, Buku manual

Spesifikasi

  
Dimensi & Berat (mm&gram)57 x 57 x 25,6 / 38 (casing) ; 35,2 x 20,3 x 23,2 /4 (earbuds)
SensorBluetooth 5.2 Binaural Audio
SeritifikasiIPX4
AppHey Melody
Driver10 mm dynamic driver, 101 dB@1kHz, 20 Hz – 20 kHz
Prosesor/ CPU
BateraiLi-ion 40 mAh (earbuds), 460 mAh (Charging case); 90 menit pengisian earbuds, 200 menit pengisian case
KELEBIHANKEKURANGAN
Ringan dengan eartips yang bisa dipilih sesuai ukuranBelum ada ANC, meskipun sangat mudah dimaafkan karena harganya terjangkau
Suara ngebas, cocok untuk basshead dan penyuka musik hip hop (dance) 
Mic apik dengan AI Noise Cancellation untuk panggilan 
Daya tahan baterai cukup lama 

Desain Mungil

Baca Juga:  Dipastikan Hadir, OPPO Buka Situs Pendaftaran Reno10 Series

Enco Buds2 didesain dengan bentukan earphone bergagang. Alias ada stem yang memanjang ke arah bawah, sehingga memberikan konektivitas sinyal Bluetooth dan penerimaan Mic yang lebih baik.

Tapi ngomongin TWS pasti akan membahas dua perangkat. Yaitu earphone nya dan charging case dari TWS tersebut. Saat ini OPPO hanya menyediakan warna putih alias Moonlight. Tapi berdasarkan info warna lain mungkin hadir di beberapa bulan ke depan.

Kedua perangkat ini, terbuat dari bahwa plastik ringan. Baik eraphone maupun casingnya terbilang ringan, saat digunakan maupun di simpan di saku celana. Bahkan saat kita gunakan beberapa lama, kita mungkin akan lupa kalau sedang mengenakan Enco Buds2. Saking ringannya.

Seperti biasa Enco Buds2 menawarkan 3 ukuran eartip. Ini penting, karena setiap manusia memiliki ukuran lubang telinga yang berbeda. Untuk kami pribadi karena lubang telinganya besar, jadi harus menggantinya dengan ukuran terbesar yang disediakan, yakni XL.

Tapi biasanya sudah terpasang ukuran sedang. Ini biasanya cocok untuk hampir semua ukurna telinga. Dan kalau ukuran eartip bawaan bikin telinga kita sakit, segera ganti dengan ukuran yang paling kecil.

Ketika menemukan ukuran eartip yang tepat, akan terasa isolasi yang pas di telinga kita. Jadi meskipun tanpa teknologi Active Noise Cancellation, kita masih bisa memanfaatkan teknologi pasive NC yang dihadirkan oleh eartips yang tepat ini.

Baca Juga:  ASUS Buka Pre-Order Tiga Laptop AI di Indonesia

Sementara itu, untuk melakukan kontrol pada volume, memainkan musik dan menghentikannya kita bisa memanfaatkan area sentuh yang ada di bagian earbuds. Menariknya, kita pun bisa menggunakan area ini untuk memotret foto selfie, tanpa menekan tombol shutter.

Ukuran Driver dan Teknologi Bluetooth

OPPO Enco Buds2 membawa ukuran driver 10 mm. Ini merupakan ukuran yang relatif besar untuk sebuah TWS. Secara teori akan menghasilkan suara yang “besar” alias ngebass dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi.

Driver berbahan aloy dengan proses titanisasi (disaturasi menggunakan titanium) berukuran 10 mm ini kemudian diarahkan menuju chamer alias ruangan yang didesain mampu menggaungkan suara bass menjadi lebih dalam lagi ketika menuju ke rongga telinga kita.

Jadi bisa dibulang TWS ini akan cocok buat mereka yang menyukai suara bass, yang mendalam tanpa meninggalkan sisi melodik yang akurat. Alias tidak meleyot di frekuensi-frekeunsi tertentu.

TWS ini membawa teknologi Bluetooth 5.2 yang menawarkan latensi rendah dan koneksi yang stabil. Codec Bluetooth yang didukung adalah SBC dan AAC. Jangkauan maksimal dari koneksi Bluetooth ini secara teori ada di angka 10 meter.

Saat kita hubungkan dengan perangkat ponsel OPPO, TWS ini pun mampu terhubung dengan mudah dengan interface apik ‘flash connect’. Akan memperlihatkan status Enco Buds2 lengkap dengan charging case nya.

Baca Juga:  HUAWEI Band 9 Sudah Bisa Dibeli Mulai Hari Ini

Kualitas Suara untuk Musik dan Bercakap

Untuk mendengarkan musik dan bermain game, sudah disebutkan bahwa secara teori suara yang bakal terkirim ke telinga kita adalah bakal ngebass. Tapi kita tidak tahu sebass apa dan sekencang apa. Untuk itu kami mencobanya sambil menaiki MRT dari Senayan ke Lebak Bulus dan kembali lagi.

Sepanjang jalan, kami menggunakan Enco Buds2 untuk mendengarkan musik favorit. Dari berbagai genre, termasuk Rock, Pop dan sejumlah musik dance. Dan benar, sesuai spesfikasi kami mersakan suara bas yang optimal. Bulat, tidak pecah saat menyentuh frekuensi terendah.

Ketika digunakan merekam suara atau bercakap pun kami merasakan suara yang penuh. Tidak lagi terrdengar seperti robot, meskipun OPPO Enco Bud2 ini membawa teknologi Noise Cancellation untuk panggilan atau percakapan telepon.

Teknologi AI Deep Noise Cancellation yang dibawa oleh Enco Buds2 ini mampu meredam suara bising di sekitar kita agar suara kita mampu terdengar dengan baik oleh lawan bicara. Memisahkan suara berbisik dan suara-suara berulang lain di background dengan tetap fokus pada suara yang berasal dari mulut kita.

Ketika terdengar oleh lawan bicara pun jadi terdengar baik. Bahkan kalau kita mendengarkannya dengan Enco Buds2 juga maka suranya terdengar bulat. Kalaupun ada gangguan, biasanya datang dari kualitas koneksi bukan dari Bluetooth TWS nya.

Kami melakukan percobaan ini saat singgah di beberapa stasiun MRT sepanjang jalur uji coba kami.

Durasi Baterai

Enco Buds2 didukung oleh baterai lithium berkapasitas 40 mAh pada earbuds dan 460 mAh pada charging case. Dengan kombinasi ini kita bisa mengharapkan Enco Buds2 untuk mampu mendukung aktivitas kita hingga 28 jam.

Kesimpulan

Harga yang ditawarkan sangat terjangkau untuk sebuah TWS dengan banyak fitur seperti ini. Kualitas suara yang dihasilkan, desain yang menarik serta daya tahan yang cukup lama akan menjadi bonus dan menjadika TWS ini sebagai TWS utama kita dalam penggunaan sehari-hari.

Previous articleXiaomi TV A2 43 Inch FHD Diluncurkan dengan Harga Rp2.999.000
Next articleIni Ragam Codec Bluetooth yang Disupport Reno8 Pro 5G
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here