Home REVIEW Review Infinix Hot 40i: Pilihan Oke Smartphone Gaming 1 Jutaan

Review Infinix Hot 40i: Pilihan Oke Smartphone Gaming 1 Jutaan

Review Infinix Hot 40i

tabloidpulsa.id – Menyambut tahun 2024 ini, Infinix kembali membombardir pasar smartphone di Indonesia lewat sejumlah produk unggulan, dan salah satunya akan kami review berikut ini, Infinix Hot 40i.

Smartphone ini resmi hadir di Indonesia berbarengan dengan Hot 40 Pro dan Infinix Smart 8 Pro, yang juga sudah tersedia di pasaran.

Infinix memposisikan Hot 40i sebagai smartphone gaming lewat tagline “Gaming Anti Ngelag” berkat dukungan spesifikasi terbaik di kelasnya.

Tidak hanya itu, para anak muda yang mendambakan smartphone murah berdesain ‘mewah’ pun bisa menjadikan Hot 40i sebagai pilihan menarik yang tentunya juga ramah di kantong.

Di review kali ini, hampir sepekan tim tabloidpulsa.id mengeksplorasi fitur-fitur unggulan Infinix Hot 40i dan berikut ulasan lengkapnya.

Harga: Rp 1.699.000
Pilihan Warna: Starlit Black, Palm Blue, Horizon Gold, Starfall Green
Paket Penjualan: Handset Infinix Hot 40i, Silikon case, Charger adapter, Kabel data USB-C, buku manual, kartu garansi, PIN Ejector

SPESIFIKASI:

Dimensi & Berat (mm&gram)163.6 x 75.6 x 8.3 mm / 190 gram
SIM & JaringanDual Nano SIM, 4G LTE/HSPA+/3G/2G, WiFi a/b/g/n/ac
Sistem Operasi (OS)XOS v13.0, berbasis Android 13
Supported storage eksternalYes, MicroSD card up to 1TB
Layar inci – Tipe Screen6.56 inches, 103.4 cm2 (~83.6% screen-to-body ratio), 720 x 1612 pixels, 20:9 ratio (~269 ppi density), IPS LCD, 90Hz, 480 nits (peak)
Prosesor/ CPUUnisoc T606 (12 nm); Octa-core (2×1.6 GHz Cortex-A75 & 6×1.6 GHz Cortex-A55), GPU: Mali-G57 MP1
RAM & Internal Storage8 GB + 8 GB RAM/ 256 GB ROM 
Kamera (MP/fitur) belakang/depanBelakang Dual:
50 MP, f/1.6, (wide), AF + AI Camera; Quad-LED flash, HDR, panorama
Camera Video: 1080p@30fps

Depan Single:
32 MP, f/2.2, (wide); Dual-LED flash
Video: 1080p@30fps
Baterai jenis (jenis)5000 mAh Li-po (non-removable); 18W Charging (5V/2A)

FITUR:

Removable batteryTidakFingerprintYa
MultitouchYaDual Kamera DepanTidak
Dual SIMYaMemory externalYa
3G HSDPAYaGyroscopeYa
4G LTEYaStereo SpeakerTidak
5G ReadyTidak4K video recordingTidak
NFCYaVideo playerYa
USB On-the-goYaMusic playerYa
GPSYa3.5 Audio PortYa

PLUSMINUS

KELEBIHANKEKURANGAN
Layar dengan Refresh rate 90HzTidak mendukung jaringan 5G
Memori luas, RAM 8 GB + 8 GB ExtendedLayar IPS LCD
Baterai tahan lama, Fast charging 18WResolusi Layar Masih HD+
Kamera utama 50MPTidak stereo speaker
Magic RingChipset Unisoc
NFC 

Desain

Seperti pendahulunya Hot 30i, Infinix kembali menyuguhkan desain terbaik di Hot 40i. Smarphone entry-level ini dibalut dengan tampilan yang modern dan trendi. Struktur bodinya flat seperti kebanyakan smartphone kelas menengah kekinian.

Kesan mewah terpancar dari bodi belakang Hot 40i yang memiliki struktur unik dengan pulasan efek warna atraktif saat terpapar cahaya. Selain itu, desain yang disebut dengan istilah Glow Line ini juga memiliki sisi bodi yang berkilau dan menambah kesan elegan.

Perlu diketahui, smartphone ini hadir dengan empat pilihan warna trendi yakni Starlit Black, Palm Blue, Horizon Gold dan Starfall Green.

Khusus varian warna Strarfall Green, akan memancarkan warna hijau glowing layaknya cahaya fluorescent saat di tempat ‘gelap’ dan menghadirkan efek ‘bintang jatuh’ seperti Aurora. Cukup menarik.

Baca Juga:  Review Redmi 13C: 1 Jutaan dengan Standar Baru, Layak Beli!

Selain memiliki warna-warna yang menarik, bodi belakang Hot 40i juga dipercantik oleh konsep modul kamera yang saat ini banyak diterapkan pada smartphone flagship, termasuk iPhone terbaru.

Terdapat tiga lingkaran besar yang berada di dalam kotak. Isinya dua sensor kamera dan Quad-LED flash. Posisinya di pojok kiri atas dan hampir menghabiskan tiga per empat bagian atas bodi belakang.

Seperti beberapa produk Infinix sebelumnya, rancang bangun Hot 40i juga masih menyisakan bagian yang terkesan kurang solid. Saat diketuk-ketuk, cover belakang seperti memiliki sedikit rongga yang tidak padat.

Namun secara keseluruhan, bodi berbahan plastik Hot 40i ini masih tergolong nyaman digunakan dan ditenteng menggunakan satu tangan. Bobotnya juga terasa cukup ringan dengan dimensi yang pas di genggaman tangan.

Sayangnya, Infinix tidak membalut desain Hot 40i dengan teknologi perlindungan khusus semacam kaca anti gores atau bodi yang tahan benturan. Jadi, sebaiknya untuk sedikit berhati-hati saat menggunakan dan meletakan smartphone ini.

Sebisa mungkin, gunakan pula softcase khusus yang telah disediakan dalam paket penjualannya untuk sekadar melindungi bodi Hot 40i.

Masih di sisi bodi. Infinix meletakkan sejumlah tombol control dan port koneksi di samping dan bawah bodi. Sebelah kana nada tombol volume dan juga lockscreen atau tombol power yang juga berfungsi sebagai panel sidik jari (fingerprint).

Di sisi sebrangnya, Hot 40i meletakan kompartemen kartu yang isinya terdiri dari 2 slot kartu SIM operator dan satu baki untuk kartu microSD sebagai ruang memori ekspansi.

Bergeser ke bagian bawah, ada audio jack 3,5mm, mikrofon, USB-C dan corong speaker. Sayangnya, Hot 40i tidak mendukung speaker stereo.

Layar

Sektor ini sepertinya tidak banyak peningkatan yang dihadirkan oleh Infinix. Pasalnya, spesifikasi layar yang diusung Hot 40i tercatat masih sama seperti pendahulunya, terutama Hot 30i.

Layar IPS LCD yang diusungnya masih berukuran 6,56 inci berkonsep punch hole dengan resolusi HD+ dengan rasio aspek 20:9 dan memiliki tingkat kecerahan layar mencapai 480 nits.

Meski begitu, untuk menampilkan konten multimedia semacam streaming video muapun saat bermain game, masih tergolong cukup apik dan nyaman di mata.

Soal kenyamanan ini, layar Hot 40i telah disokong teknologi DRE (Dark Region Enhancement) yang memungkinkan tampilan layar tetap terlihat jelas meski digunakan langsung di bawah sinar matahari.

Tidak hanya itu, layar Hot 40i juga sudah mendukung refresh rate 90Hz dan touch sampling rate mencapai 180Hz, yang mampu menghadirkan kenyamanan dan kelancaran saat jari jemari menelusuri di permukaan layar untuk membuka menu maupun mencari aplikasi.

Poin plusnya, berkat antarmuka XOS 13.0 Anda bisa mengatur pilihan refresh rate layar sesuai kebutuhan. Mulai yang paling tinggi 90Hz, yang standar 60Hz, atau Anda juga bisa mengaturnya secara otomatis dengan memilih opsi Auto-switch Refresh Rate.

Untuk Anda yang hobi nonton video streaming semisal Netflix, Hot 40i ternyata cuma mendukung sertivikasi WIDVINE L3+ yang berarti hanya sanggup menampilkan konten video berkualitas SD (480p).

Baca Juga:  Samsung Galaxy Tab A8 | Ukuran dan Performa Pas untuk Nikmati Konten

Oiya, satu keunikan yang dimiliki oleh Hot 40i terkait display adalah dukungan fitur Magic Ring. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan beragam notifikasi di bagian atas layar dengan bentuk yang menyerupai Dynamic Island di iPhone 15 Series.

Di sini, Anda bisa mengatur notifikasi Face Unlock, Background call, Charging Animation, Charge Complete Reminder dan Low Battery Reminder. Anda bisa menemukan pengaturan Magic Ring ini di opsi Special Function.

Kamera

Infinix Hot 40i hadir dengan konfigurasi kamera yang sama persis dengan Hot 30i. DI bagian belakang, dibekali sensor kamera berkekuatan 50MP yang cukup besar untuk ukuran smartphone murah meriah, dan satu lagi adalah AI Camera yang secara teknis tidak diungkapkan oleh pihak Infinix.

Seperti yang sudah-sudah, kemampuan kamera di smartphone Infinix tergolong cukup piawai dalam menghasilkan foto-foto berkualitas baik di lokasi dengan pencahayaan melimpah. Namun, kualitasnya sedikit menurun jika di tempat minim cahaya.

Beruntung, Hot 40i menyertakan Quad-LED flash yang setidaknya bisa mendongkrak performa kamera untuk kebutuhan tersebut. Selain itu, smartphone ini juga mendukung pengaturan otomastis untuk opsi Night view. Jadi, ketika Anda berada di lokasi yang gelap, maka secara otomatis sistem kamera akan mendeteksi cahaya di sekitar dan mengaturnya ke opsi Night view untuk menghasilkan jepretan yang lebih baik.

Anda juga bisa memilih mode Super Night jika ingin mengambil foto di kondisi yang benar-benar minim cahaya. Soal kualitas, cukup oke lah untuk ukuran smartphone sejutaan.

Antarmuka kamera tampil standar dan memudahkan pengguna untuk mengeksplorasi semua fungsi yang disediakan. Sayangnya, tidak ada pilihan mode Pro atau manual di perangkat ini.

Bagi yang hobi vlogging, kamera belakang Hot 40i juga bisa dimanfaatkan merekam video dengan kualitas Full HD 1080 @30fps.

Sementara untuk yang ingin selfie, kamera depan berkekuatan 32MP perangkat ini sudah didukung kecerdasan buatan (AI). Hasil jepretan foto diri ini akan terlihat lebih mulus dan kinclong.

Supaya lebih maksimal, Anda juga bisa mengaktifkan filter, efek beauty serta mode portrait yang dapat membuat gambar latar terlihat ngeblur.

Penasaran dengan hasil foto Infinix Hot 30i, bisa melihatnya di bawah ini.

Performa

Untuk dapur pacu, Hot 40i sejatinya tidak jauh beda dengan Hot 30i. Sama-sama menggunakan chipset dengan pabrikasi 12nm. Hanya saja, Hot 40i menggunakan Unisoc T606 yang tersusun atas prosesor Octa-core (2×1.6 GHz Cortex-A75 & 6×1.6 GHz Cortex-A55) dan dikombinasikan dengan grafis Mali-G57 MP1.

Soal performa, beda-beda tipis lah dengan chipset milik Hot 30i yang menggunakan MediaTek Helio G37.

Untuk mendongkrak kinerja jeroannya ini, Hot 40i menyertakan memori yang cukup lega. RAM default-nya 8GB yang dapat diperluas menggunakan fitur MemFusion yang menjadikan sebagian storage sebagai virtual RAM dengan pilihan hingga 8GB. Jadi, Hot 40i seolah-olah memiliki kapsitas RAM total 16GB.

Sementara untuk ruang penyimpanan internal, unit Infinix Hot 40i yang kami review memiliki storage 256GB. Untuk Anda yang hobi menyimpan beragam file di smartphone, jangan khawatir karena Hot 40i juga dilengkapi slot memori ekspansi microSD dengan dukungan kapasitas hingga 1TB.

Baca Juga:  Infinix Hot 20 5G Resmi Hadir di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan

Kolaborasi dari spesifikasi jeroan ini menjadikan kinerja Hot 40i anti ngelag, sesuai tagline yang diusungnya. Akselerasi dalam menjalankan beragam aplikasi, termasuk proses multitasking pun bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Untuk membuktikannya sebagai smartphone gaming, di review Infinix Hot 40i ini kami juga mencoba sejumlah game. Untuk Free Fire, Mobile Legends, COD Mobile, AoV, PUBG Mobile bisa dieksekusi dengan optimal.

Bahkan, untuk pengaturan grafis di beberapa game tersebut bisa diatur ke level paling maksimal loh.

Bagi yang hobi bermain game petualangan semacam Genshin Impact, Hot 40i pun masih bisa menjalankannya dengan baik.

Kemampuan ini juga tidak lepas dari dukungan fitur X-Boost yang dimiliki Infinix Hot 40i. Gaming engine generasi terbaru hasil pengembangan dari tim R&D Infinix ini mampu mengkalibrasi frame by frame untuk kinerja game yang lebih mulus.

Serupa beberapa smartphone Infinix sebelumnya, Hot 40i juga menyertakan game mode yang memungkinkan penggunanya terbebas dari segala notifikasi saat bermain game. Lewat pop-up khusus, pengguna juga bisa mengatur untuk menyembunyikan notifikasi, merekam layar saat bermain game, call reject dan sebagainya.

Masih penasaran dengan performa Infinix Hot 40i di review kali ini? Berikut kami lampirkan juga hasil benchmark menggunakan beberapa aplikasi, dan hasilnya saat menggunakan AnTuTu v10.2.1 Hot 40i membukukan skor mencapai 260 ribuan. Setingkat lebih baik dari pendahulunya Infinix Hot 30i yang rata-rata hanya mencapai 144 ribuan.

Berikut daftar benchmark lebih lengkapnya:

Baterai

Kapasitas baterai yang besar dan tahan lama masih menjadi salah satu pertimbangan konsumen memilih smartphone, dan Infinix Hot 40i mengakomodasinya dengan baik.

Smartphone entry-level terbaru Infinix ini menanamkan baterai berkapasitas 5000 mAh, yang untuk penggunaan norma saja bisa bertahan lebih dari satu hari untuk sekali pengisian daya. Kemampuan ini berkat sistem manajemen power yang andal, serta dukungan sejumlah fitur penghemat baterai yang komplit.

Di Hot 40i, Infinix menghadirkan Power Marathon yang sudah menjadi fitur khasnya dan tersedia di hampir sebagian besar smartphone yang dirilisnya. Di dalamnya, Anda bisa menemukan sejumlah opsi penting terkait optimalisasi sumber power. Ada pilihan Power Boost, Ultra Power Saving dan Battery Saving.

Berdasarkan data teknis, baterai smartphone ini bisa menyediakan waktu bermain game selama 9 jam, 30 jam streaming video, 45 jam telpon, dan standby hingga lebih dari 34 hari.

Bahkan di mode Ultra Power Saving, baterai 5% Hot 40i diklaim bisa menyediakan waktu standby selama 24 jam dan 2 jam telpon.

Infinix Hot 40i sendiri dibekali pula dengan teknologi pengisian daya cepat, yang mendukung daya 18W via kabel USB-C. Di review Infinix Hot 40i ini kami mencoba teknologi fast charging-nya dan untuk pengisian hingga 15% hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit saja.

Fitur lain

Selain yang sudah disebutkan di atas, Infinix Hot 40i masih menyertakan sejumlah fitur unggulan lain yang pastinya cukup berguna bagi konsumen. Pertama adalah NFC, dengan fitur ini pengguna bisa memanfaatkannya untuk mengecek dan mengisi saldo (top-up) e-money. Cocok nih untuk yang suka traveling menggunakan transportasi umum semacam Commuter Line, Busway, MRT, bahkan yang kerap keluar-masuk jalan Tol.

Fitur lain yang juga cukup bermanfaat adalah Radio FM yang saat ini sudah jarang ditemukan keberadaannya di smartphone. Di Hot 40i, Anda bisa menikmati radio FM dengan menancapkan headset (wire/kabel) yang berfungsi sebagai antenna.

Fitur lain yang juga disertakan oleh Hot 40i adalah kemampuannya untuk meningkatkan volume speaker hingga 200% yang dapat menyebar ke segala arah. Hanya saja, speaker internal Hot 40i sendirin hanya mendukung kualitas Mono alias tidak stereo. Cukup berguna buat yang hobi menikmati multimedia, termasuk bermain game.

Kesimpulan

Infinix Hot 40i dirancang dengan desain modern dan kekinian, serta didukung spesifikasi mumpuni di kelasnya. Menjadikan smartphone ini pilihan yang menarik bagi konsumen pemula yang memiliki dana terbatas.

Jargon “Gaming Anti Ngelag” yang diusungnya pun terbukti mampu diakomodasi dengan maksimal, dan setidaknya bisa membawa penggunanya untuk meraih kemenangan saat mabar.

Selain gaming, masih banyak lagi kemampuan smartphone ini yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari, dan sepertinya bakal menjadikan Hot 40i sebagai produk paling kompetitif di level harga sejutaan.

Untuk yang tertarik, Infinix Hot 40i bisa didapatkan dengan banderolan harga Rp 1.699.000 di seluruh toko-toko ponsel di kota Anda, atau bisa juga melalui official store Infinix di e-commerce kesayangan Anda.


Cek berita teknologi terkini, review gadget, rekomendasi ponsel, tips & trick, tren lifestyle dan video tabloidpulsa.id di Google News.

Previous articlePiala by.U 2024 Wujudkan Mimpi Bersama Pendekar United
Next articleAlodokter Perkuat Kemitraan dengan Asuransi Kesehatan
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here