Home NEWS Prediksi Ethereum 2024 dan Pengaruhnya pada Pasar Aset Digital

Prediksi Ethereum 2024 dan Pengaruhnya pada Pasar Aset Digital

tabloidpulsa.id – Pada Kamis 7 Maret 2024 pukul 11.22 WIB harga Ethereum terpantau US $3790 menurut data Fasset. Harga Ethereum tercatat mengalami kenaikan dalam kurun waktu satu minggu. Sebagai kripto yang menempati posisi kedua dalam CoinMarketCap, Ethereum terbukti tetap berada dalam zona positif dan terus melanjutkan peningkatan harga. 

Mufti Faraz Adam selaku Director Ethics & Impact dari Fasset mengatakan bahwa Ethereum tetap menempati posisi kedua karena ia menganggap Ethereum sendiri bukan hanya kripto biasa. Ethereum merupakan platform yang kuat, fungsional, dan memiliki potensi yang cukup besar jika dibandingkan dengan altcoin lainnya.

“Ethereum adalah platform untuk membuat program terdesentralisasi (DApps) yang memungkinkan pembuatan program tidak dikendalikan oleh hanya satu orang. Dengan menggunakan mekanisme konsensus, Ethereum awalnya menggunakan Proof-of-Work (PoW) dan kemudian beralih ke Proof-of-Stake (PoS) pada tahun 2022. Ether (ETH), aset digital utama di ekosistem Ethereum, tidak hanya berfungsi sebagai mata uang digital, tetapi juga sebagai “gas” yang memfasilitasi transaksi dan kontrak pintar,” kata Mufti Faraz.

Baca Juga:  Telkomsel PayLater Hadirkan Kemudahan Bagi Pelanggan

Mufti Faraz pun menambahkan Ethereum menggunakan teknologi blockchain yang juga merupakan teknologi dasar Bitcoin. Namun, blockchain Bitcoin hanya digunakan untuk transfer nilai sementara blockchain Ethereum dapat digunakan untuk banyak tujuan berbeda.

“Kehebatan inti Ethereum terletak pada inovasi smart contracts, sebuah perangkat lunak yang berjalan secara otomatis sesuai yang diprogramkan, dengan syarat perjanjian yang ada tidak dapat diubah di ledger yang terdesentralisasi. Smart contract ini membuat segalanya menjadi lebih mudah dan transparan. Jika suatu syarat dan kondisi yang telah ditentukan terpenuhi, kontrak pintar akan secara otomatis melakukan tindakan yang sesuai baik itu pencairan dana, pendaftaran properti dll. Model automasi ini tidak hanya mengurangi ketergantungan pada perantara tetapi juga memperkuat integritas, karena tidak ada ruang untuk pemalsuan pihak ketiga atau adanya interpretasi yang bias,” jelas Mufti Faraz.

Berbicara mengenai lanskap pasar digital pada tahun 2023, Mufti Faraz berpendapat bahwa tahun ini merupakan tahun pemulihan setelah peristiwa-peristiwa turbulen tahun 2022. Pasar Ethereum telah mengalami fluktuasi signifikan selama bertahun-tahun, dengan utilitas dan adopsi yang tumbuh seiring dengan ekspansi dan fluktuasi pasar kripto secara keseluruhan. Pada tahun 2023, fokus pasar sebagian besar adalah pada antisipasi upgrade lebih lanjut ke jaringan, perkembangan regulasi, dan integrasi teknologi blockchain ke keuangan tradisional dan industri-industri lainnya.

Baca Juga:  Aplikasi PINTU: Adopsi Crypto akan Terus Tumbuh Pesat pada Tahun 2023

“Masuk ke tahun 2024, pasar Ethereum mengantisipasi beberapa tren penting dan proyeksi yang didasarkan pada dasar yang kuat seperti dampak berlanjut dari event Merge Ethereum, yaitu transisi ke Proof of Stake yang terus membentuk ekosistem Ethereum. Efisiensi energi yang ditingkatkan dan potensi peningkatan skalabilitas menjanjikan keuntungan lingkungan dan keberlanjutan jangka panjang. Pemeriksaan Regulasi dimana semakin banyak pemerintah di seluruh dunia berupaya mengembangkan kerangka regulasi untuk pasar kripto. Bagaimana regulasi ini berkembang akan cukup berpengaruh dalam Ethereum. Pertumbuhan DeFi, dimana sistem keuangan terdesentralisasi adalah salah satu aplikasi paling menarik yang dibangun di atas Ethereum, dan domain ini kemungkinan akan mengalami pertumbuhan berkelanjutan pada tahun 2024 dengan munculnya protokol dan alat keuangan baru.” jelas Mufti Faraz.

Baca Juga:  iQOO Z7x 5G Resmi Diboyong ke Indonesia, Dijual Mulai 3 Jutaan

Mufti Faraz menambahkan bahwa perkembangan NFT juga patut untuk diwaspadai. Mengingat tren NFT ini sempat mengalami ledakan pada tahun 2021, dan meskipun hype telah mereda, inovasi NFT cukup menjanjikan di sektor-sektor seperti seni digital dan manajemen hak properti. Ethereum tetap menjadi pusat dalam ranah yang sedang berkembang ini.

“Secara keseluruhan, proyeksi pasar untuk Ethereum pada tahun 2024 cenderung positif karena minat investor institusional meningkat meskipun tingkat volatilitas pasar yang tinggi juga cukup berisiko. Bagi para pengembang, pengusaha, dan pengguna sehari-hari, Ethereum menawarkan jalur baru untuk inovasi dan pemberdayaan. Penting bagi pengguna untuk memahami kemampuan dan batasan Ethereum dan menggunakan platform ini secara bertanggung jawab,” tutup Mufti Faraz.

Seiring dengan pertumbuhan Ethereum, sangat mungkin peran yang signifikan dalam masa depan teknologi dan keuangan. Baik itu menciptakan sistem pemungutan suara terdesentralisasi, revolusi industri real estate, atau bahkan menciptakan layanan ride sharing peer-to-peer, Ethereum berdiri di garis depan teknologi blockchain.

Previous articleAyoconnect dan SOS Children’s Villages Hadirkan Fitur Donasi Berulang
Next articleBikin Konten Makin Serius dengan Lenovo AI Engine+ di Yoga 7i dan Yoga Pro 7i
The key objective of a Journalist is to gather information, write news pieces, and present the news in an honest and balanced manner. In addition to investigating and reporting on current events, they also work on articles and features that update and influence public opinion.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here