Home NEWS Ini Dia 5 Perbedaan OPPO A16 dengan A16e

Ini Dia 5 Perbedaan OPPO A16 dengan A16e

A16 vs A16e

tabloidpulsa.id – Baru saja kami mereview produk OPPO untuk kelas terendah OPPO A16e. Yang digadang-gadang mampu memperbaiki kemampuan kamera dan daya tahan baterai dari produk terdahulu OPPO A16. Keduanya merupakan produk yang bisa diandalkan, meskipun harganya satu jutaan. Tapi ada beberapa perbedaan pada fitur yang dibawa oleh keduanya, A16 vs A16e. Apa saja itu dan apa pengaruhnya?

OPPO A16 dirilis hampir setahun lalu, atau tepatnya pada bulan Juli-Agustus 2021. Sementara A16e dirilis pada April 2022. Perbedaan waktu yang cukup jauh tersebut tidak membuat salah satu produk “ketinggalan” teknologi. Dari pengamatan kami dari sisi software keduanya sama-sama kuat karena disokong oleh OS yang sama.

Berikut perbedaan mencolok di antara keduanya:

Harga

Meskipun hadir lebih awal OPPO A16 sampai sekarang masih dibanderol dengan harga yang lebih tinggi dari A16e. Yaitu Rp 1.999.000 untuk varian dengan RAM dan ROM yang sama. Faktanya, saat ini OPPO hanya menyisakan penjualan OPPO A16 varian RAM 4GB dan ROM 64 GB yang dijual di atas Rp 2 jutaan. Sementara varian yang sama sudah sulit ditemukan di pasaran.

Varian

OPPO A16e hanya memiliki satu varian untuk saat ini. Yakni RAM 3GB dan ROM 32GB. Sementara A16 seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memiliki dua varian yakni 3/32GB dan 4/64GB dengan kondisi yang masih ditemukan di pasaran hanya tersisa yang varian 4/64 GB saja.

Chipset

OPPO A16e membawa chipset dari Mediatek Helio P22. Hal ini berbeda dengan OPPO A16 yang meskipun sama-sama Mediatek namun dianggap lebih gacor untuk bermain game yakni Helio G35. Sebenarnya perbedaan di antara keduanya tidak begitu signifikan. Hanya saja dari pengalaman kami, Helio P22 lebih cocok untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari, semisal produktivitas, browsing internet dan nonton video.

Sementara itu Helio G35 lebih cocok untuk mereka yang mencari performa gaming di harga yang ditawarkan. Meskipun tetap harus mawas diri, tidak bisa sampai kenyamanan yang maksimal. Kalau kemudian OPPO A16 lebih banyak digunakan sebagai produk untuk berbisnis online misalnya, keberadaan chipset antara kedua produk, A16 dan A16e bisa dibilang setara.

Kamera

OPPO A16 membawa kamera utama yang lebih banyak. Ada tiga kamera yang dibawanya, untuk 3 kebutuhan berbeda. Yakni kamera utama 13MP, kamera 2MP untuk makro dan kamera 2MP untuk depth. Sementara OPPO A16e hanya membawa satu kamera utama, yakni kamera 13MP. Namun saat kami coba hasilnya tetap memuaskan dengan kemampuan menangkap gambar dalam cahaya redup yang sama baiknya.

Hanya saja OPPO A16e tidak memiliki kemampuan fotografi makro. Semantra untuk kamera depan pun demikian, meskipun OPPO A16e membawa kamera yang memiliki resolusi lebih kecil dari A16, yakni 5MP dibandingkan 8MP, tetapi hasil fotonya tidak terlalu mengecewakan. Dan bisa dibilang hampir mendekati.

Baterai

Satu perbedaan lagi yang ada di OPPO A16e adalah kapasitas baterai yang dibawa. Ketika OPPO A16 membawa baterai berkapsitas 5000 mAh, maka OPPO A16e diperkuat baterai berkapasitas 4320 mAh. Di atas kertas sih terlihat bahwa OPPO A16 bakal lebih bertahan lama dibanding A16e.

Kenyataannya tidak juga. Dengan update ColorOS 11.1, OPPO A16e tetap memberikan daya tahan yang sama kuat dengan sejumlah faktor efisiensi daya yang dilakukan oleh software. Hanya saja, colokan charger OPPO A16 lebih mutakhir, yakni menggunakan colokan USB Type-C. Sementara OPPO A16e masih menggunakan MicroUSB.

Previous articleInfinix Note 12 Resmi Hadir di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan 
Next articleReview Sharp HP-BC50 Wireless Bone Conduction, Tidak Bikin Telinga Nyeri
Bergabung bersama Pulsa sejak 2004. Reviewer, Tech enthusiast. Manga, anime, idol and fantasy lover.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here