Home NEWS Ini Pilihan GaN Fast Charger Wajib untuk Travelers

Ini Pilihan GaN Fast Charger Wajib untuk Travelers

UGREEN GaN Fast Charger

tabloidpulsa.id – Kemudahan akses pengisian daya smartphone saat bepergian (traveling) sudah menjadi kebutuhan sebagian besar masyarakat saat ini. Selain kian beragamnya dukungan perangkat pengisian daya portable, teknologi yang disematkan ke perangkat-perangkat tersebut pun semakin canggih saja. Salah satunya adalah GaN Fast Charger.

Sebagai informasi, saat ini GaN Fast Charger mulai banyak digunakan para produsen gadget sebagai terobosan baru teknologi pengisian daya perangkat.

Pertanyaannya, apa sih GaN itu? Untuk yang belum tahu, GaN Fast Charger merupakan teknologi pengisian daya cepat generasi paling baru yang dikembangkan menggunakan material Gallium Nitride.

Ketimbang teknologi pengisian daya cepat sebelumnya, GaN memang terbilang lebih mahal dalam hal produksi.

Wajar jika perangkat pengisian daya yang menerapkan GaN ini dijual dengan banderolan sedikit lebih mahal dibanding teknologi silikon saat ini.

Lantas, apa saja sih keunggulannya dibanding teknologi fast charging serupa?

Pengisian Daya Lebih Cepat dan Efisien

Secara teknis, GaN memiliki celah pita (bandgap) lebih lebar ketimbang silikon. Hal ini berimbas pada kemampuannya dalam menghantarkan tegangan yang juga lebih tinggi dibanding silikon. Artinya GaN Fast Charger bisa menghantarkan daya lebih besar dan lebih cepat.

Baca Juga:  Erajaya Digital Resmikan Apple Premium Partner Ketiga di Indonesia

Dengan kemampuannya ini, tentunya proses pengisian daya jadi jauh lebih efisien dengan memangkas waktu pengisian yang umumnya membutuhkan durasi berjam-jam.

Dimensi Perangkat Lebih Kecil

Di pengisian daya berbasis silikon, semakin besar kapasitas daya yang diusungnya kerap berimbas pada kian besarnya perangkat Adaptor yang digunakan. Beda halnya dengan GaN, yang dengan kemampuan melakukan tegangan jauh lebih tinggi tidak memerlukan banyak komponen.

Bahkan, beberapa pabrikan mengklaim semakin tinggi efisiensi daya yang dihasilkan GaN, komponen yang dibutuhkan pun semakin dikit. Inilah yang mebuat perangkat pengisian daya berbasis GaN memiliki ukuran yang lebih kecil.

Proses Pengisian tetap Dingin dan Aman

Teorinya, Gallium Nitride (GaN) juga merupakan bahan semikonduktor yang sanggup menangani tegangan tinggi dan arus panas layaknya silikon. Hanya saja, GaN mampu mengoptimalkan kemampuannya dalam mentrasfer daya dengan lebih sedikit energi yang tersisa di pengisian daya serta meminimalisir pembuangan dalam bentuk panas berlebih.

Inilah yang menjadikan pengisian daya menggunakan GaN tetap terasa dingin dan aman untuk jangka waktu yang lama.

Baca Juga:  Mengenal Teknologi Pengisian Cepat Nirkabel Qi Anker MagGo

Dari ketiga keunggulan tersebut, lalu apakah di pasaran perangkat pengisian daya yang menggunakan teknologi GaN Fast Charger ini mudah didapatkan? Terutama untuk para travelers. Jawabannya, sudah banyak kok tersedia di e-commerce tanah air.

Beberapa diantaranya bisa dijadikan pilihan menarik seperti UGREEN GaN X 100w, yang berdasarkan data spesifikasi sanggup memberikan daya hingga 100 Watt untuk mengisi baterai dari segala jenis perangkat dengan cepat.

UGREEN GaN X 100w sendiri menggunakan Navitas GaN Power IC yang memiliki komponen dan PCBA lebih kecil sehingga mampu memberikan daya lebih tinggi dan efisien dalam bentuk yang tetap compact.

Selain itu, Adaptor charger ini juga memiliki perlindungan yang cukup lengkap agar selalu aman saat digunakan dari proteksi kelebihan panas, korsleting, kelebihan voltase, hingga kelebihan arus listrik.

Poin plusnya, UGREEN GaN X 100w dibekali 3 port USB-C dan satu USB-A, yang mana port USB-C1 dan USB-C2 mendukung output hingga 100 Watt, sedangkat USB-C3 dan USB-A hanya mendukung keluaran maksimal 22,5 Watt.

Baca Juga:  Acer Luncurkan Swift 3 Infinity 4 Ocean Blue

Adaptor charger ini sendiri mendukung beragam protokol pengisian daya cepat seperti Power Delivery 3 hingga Quick Charge 4+ untuk memberikan pengisian daya paling optimal.

Untuk penggunaan sehari-hari, Adapter ini mendukung perangkat elektronik seperti smartphone, tablet maupun laptop yang memiliki tegangan yang sama.

Selain GaN X 100w, UGREEN sendiri juga punya perangkat GaN Fast Charger lain yang lebih terjangkau yakni UGREEN GaN X 65w.

Adaptor ini dilengkapi tiga port konektor yang terdiri dari 2 USB-C dan 1 USB-A. Kedua port USB-C mendukung output daya hingga 65 Watt, sementara USB-A hanya mendukung kekuatan aya 22,5 Watt.

UGREEN GaN X 65w juga didukung sejumlah proteksi penting dan juga mendukung protocol pengisian daya cepat lain layaknya Ugreen GaN X 100w.

Untuk yang hobi traveling, Ugreen juga melengkapi lini produknya dengan UGREEN USB-C Cable Aluminum Case.

Kabel data ini memiliki panjang sekitar 2 meter yang tentunya akan memberikan keleluasan bagi para travelers saat menggunakannya.

Menariknya, kabel data USB-C Ugreen ini memiliki daya tahan yang mumpuni, bahkan mendukung fast charging 100 Watt juga loh.

Previous articleSony Luncurkan Mikrofon Shotgun ECM-G1, Cocok untuk Vlogging
Next articleKecanggihan Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G yang Bikin Auto Ganti Ponsel
Tech Reviewer, Journalist, Blogger, Traveling Enthusiast and Nature Lover. Pokoknya suka apa saja yang bisa menenangkan hati dan pikiran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here